Sabtu, 20 April 2024

Breaking News

  • Catatan Banjir Terparah, Bupati Zukri: Ini Harus jadi Perhatian Pemerintah Pusat   ●   
  • Jalan Sudirman Ujung Tergenang Banjir, PUPR Riau Turunkan Ekskavator Amfibi Bersihkan Parit   ●   
  • Akibat Galian IPAL, Jalan Ahmad Dahlan dan Balam Ujung Pekanbaru Ambruk   ●   
  • Berhasrat Ikut Pilgub Riau, Syamsurizal Incar Septina jadi Wakil
Kelmi April 2024

Sinmardi Taman, Prajurit Terakhir dari Tanjung Belit
Senin, 20 Maret 2017 16:49 WIB
Sinmardi Taman, Prajurit Terakhir dari Tanjung Belit
Sinmardi Taman/Pek Sing Tjong/ Alek

Mengenal Sosok Veteran Tionghoa Riau, Sinmardi Taman (Pek Sing Tjong/ Alek)

Rabu, (15/3) Pukul 04.15 WIB, Sinmardi Taman/ Pek Sing Tjong/ Alek menghembuskan nafas terakhir. Ia wafat dalam usia 89 Tahun di kediaman Jalan Ir. H. Juanda 45 Pekanbaru. Semasa hidupnya, Sianmardi tidak hanya dikenal sebagai seorang pengusaha sukses, namun juga dermawan yang memiliki jiwa social tinggi. Ia juga tercatat sebagai veteran dari etnis Tionghoa yang ikut memperjuangakan dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia dalam penjajahan bangsa asing.

Sinmardi Taman merupakan sosok pribadi yang tangguh, gigih, ulet dan pantang menyerah. Ia juga dikenal sebagai pengusaha yang sukses. Dari tangan dinginnya berhasil mendirikan sejumlah perusahaan bisnis. Pria kelahiran Desa Tanjung Belit (Bengkalis) 12 Juni 1928 ini juga dikenal sebagai sosok yang peduli dalam bidang social dan masyarakat.

Pak Alek begitu sapaan akrabnya ini adalah putra dari pasangan Pek Tiam Po (alm) dan Tan Kim Huat (almh). Anak kedua dari Lima bersaudara ini menyelesaikan pendidikan di Sekolah Desa pada Tahun 1943 di Desa Lubuk Muda tempat kelahirannya. Masa kecilnya itu dibayang-bayangi penjajahan Jepang yang masuk ke Indonesia. Anak-anak setempat tidak dibenarkan sekolah dan wajib masuk Militer menjadi tentara Hai Ho, termasuk dirinya. Namun Alek bersama para pemuda waktu itu dengan gigihnya berjuang mengusir penjajahan Jepang. Kala itu, ia tidak langsung melakukan kontak senjata dengan tentara Jepang. Ia sebagai pedagang yang dipercayakan untuk mencari senjata dari negeri seberang (Malaysia dan Singapura).

Ia juga mendapat kepercayaan mempersiapkan perbekalan dan kebutuhan lainnya untuk para pejuang. Dia banyak membantu dalam penyediaan bahan makanan maupun pasokan senjata dalam mengusir penjajah sampai Indonesia merdeka.

Pangkat terakhir Pek Sing Tjong adalah Anggota Perhubungan NRP dengan jabatan Supply Persenjataan/ Perbekalan Yon II Res IV Div IX, Yon III Sub ter V. Pek Sing Tjong juga merupakan anggota TNI/ KPG (1974-1949). Atas jasa-jasanya yang sangat besar dalam memperjuangkan dan mempertahankan RI, Sinmardi Taman dianugerahi Bintang Veteran RI oleh Pemerintah Indonesia serta empat penghargaan. Anggota Veteran sejak 17 Agustus 1945 ini juga dianugerahi beberapa piagam.

Pek Sing Tjong bertemu Tan Ka Ho (almh) di Tanjung Belit. Tepat 12 Desember 1949, Pek Sing Tjong mempersunting Tan Ka Ho. Menjadi istrinya. Dari pernikahan ini, mereka dikaruniai lima anak. Yakni Pek Yi Choon, Pek Cuan Siong, Pek Li Chu, Pek Ming Chiok, dan Pek Che Gi. Kemudian, Pek Sing Tjong bertemu dengan Rosna (Rusnah). Mereka menikah pada 18 Oktober 1962 di Desa Tanjung Belit Kecamatan Bukit Batu Kabupaten Bengkalis. Dari pernikahan ini, Sinmardi dan Rosna dikarunia lima anak. Yakni Pek Popo, Pek Ana, Pek Ik Chen, Pek Sanho dan Pek I Lim.

Sebagai peagang, Alek/ Sinmardi Taman sering bolak balik dari Tanjung Belit ke Pekanbaru atau ke Singapura. Bisa beberapa hari bahkan berbulan-bulan. Selain bersagang, Sinmardi taman (alm) dan istrinya Rosna waktu itu juga berprofesi sebagai penyadap karet. Mereka juga membeli karet dari masyarakat. Ia juga memiliki kapal bernama Hameda yang membawa penumpang dari Pekanbaru ke Bengkalis.

Tahun 1963 terjadi peristiwa konfrontasi Indonesia dengan Malaysia. Alek pun ikut bergabung bersama Pemuda Lubuk Muda, tanjung Belit. Mereka bersama-sama mengganyang Malaysia keluar dari Indonesia sehingga menjadi aman. Saat pecah pemberontakan G30S PKI tahun 1965, Beliau juga ikut berperan sampai negeri aman.

Tahun 1967, Sinmardi Taman terjun ke dunia usaha perkayuan, mengekspor beberapa jenis kayu. Usahanya itu tidak di rintis sendiri namun bergabung dengan Kasim/ Ke Kok Heng (alm). Pada Tahun 1975-1987 ia juga ikut bergabung sebagai pemegang saham di PT. Siak Raya Timber sekaligus menjadi Direktur Utama PT. Siak Raya Timber. Bersama Rosna, Sinmardi Taman merintis usaha bersama pabrik Sawmill PT. Siak Pakan Raya (1992). Setelah anaknya Ana (Mariya) remaja dan menyelesaikan pendidikan di Singapura, Sinmardi Taman membimbing Mariya dalam merintis usaha. Tahun 1987 PT. Siak Pakan Raya mendapatkan HPH di Duri dan Pasir Pengaraian seluas 46.000 hektare. Sinmardi Taman bersama Rosna pada Tahun 1982 membangun Pabrik Sawmill di KM 18 dengan luas 20 Ha dan pada Tahun 1985 membangun pabrik Sawmill seluas 30 hektare di Simpang Bangko, ia juga mendirikan pabrik Sawmill seluas 4.5 hektare di Teluk Megah. Selanjutnya, Tahun 1988 dia mendirikan Sawmill di daerah Air Panas Pasir Pengaraian seluas 2 hektare.

Sinmardi Taman dan MAriya juga mendirikan enam perusahaan Developer perumahan. Yakni Peputra Jaya di Sungai Mintan (1993-1994), Peputra Raya Jalan Karya I marpoyan (1995), Peputra Maju Jalan Yos Sudarso KM 18 Rumbai (1996), Peputra Indah Jalan Utama Simpang Tiga (1996), Peputra Garden/Taman Peputra Jalan Karya Indah Riau Ujung dan Peputra Wirabima Permai Pasir Putih.

Berada dipuncak kejayaan dan kesuksesan, Penasehat Walubi ini tidak lupa menoleh kebawah. Disamping kesibukan sebagai pengusaha, ia juga terlibat aktif dalam bidang keagamaan. Keinginannya begitu tinggi untuk menjunjung amanat dan ajaran orangtuanya. Ia bersama istrinya Rosna pada Tahun 1982-1985 mendirikan Kelenteng Cetiya Dewa Loka Kiu Sian Tian dengan Dewi Utama Kiu Tian Hian De Cin Sian di kilometer 18 dekat dengan pabrik Sawmillny, PT. Siak Pakan Jaya. Ia juga ikut melakukan pemugaran Kelenteng Ding Yong King dengan altara Utama Dewi Kiu Thian Hian De Cin Sian di tanjung Belit pada Tahun 1992.

Melihat antusiasme masyarakat dan untuk memenuhi kebutuhan umat Buddha dalam melaksanakan ibadah sembahyang serat terima kasih kepada Dewi Kiu Hian De, Sinmardi Taman dan Rosna serta anak ketujuhnya Mariya mendirikan tempat ibadat yang cukup megah di Jalan Karya Indah Riau Ujung, Tampan dengan altar utama Dewi Kiu Thian Hian De Cin Sakti/ Giok Ong Kiu Sian Tian perayaan ulang tahun dirayakan dua kali yaitu pada bulan 9 tanggal 9 Imlek dan bulan 1 tanggal 15 Imlek.

Ia tercatat sebagai donator untuk pembangunan beberapa Vihara, sekolah dan organisasi lainnya. Yakni membantu pembangunan T.I.TD Vihara Sam Ong Huu Selat Panjang. T.I.TD Vihara Hock Poh Kiong Desa Pedekik Bengkalis, T.I.TD Vihara Shin Wi King Duri, pembangunan Sekolah Dharma Loka Pekanbaru, Vihara Sam Ong Huu Pekanbaru dan Vihara Lo Cia Kong. Ia juga menghibahkan tanahnya untuk Yayasan Panca Bhakti Pekanbaru. Sinmardi Taman juga tercatat sebagai pelopor berdirinya Majelis Rohaniawan Tridharma Seluruh Indonesia dan perhimpunan Tempat Ibadah se-Indonesia Komisariat Daerah Provinsi Riau yang berdiri pada Tahun 1988. Ia juga menjabat sebagai Ketua PTITD dan Martrisia Komda Riau (1998-2003) dan masa carateker hingga 2006. Pada masa kepemimpinannya berhasil merangkul 66 tempat Ibadat tridharma yang berada di Pekanbaru, Bengkalis, Siak Kecil, Sungai pakning, tanjung Balai, tanjung Pinang dan pulau Buru.

Diusianya yang sudah lanjut, sebelum wafat, Sinmardi Taman juga aktif dalam kegiatan Martrisia dan PTITD Komda Riau. Ia menjabat sebagai penasehat PTITD dan Martrisia Komda Riau periode 2006 hingga akhir hayatnya. Pak Alek berpesan kepada anaknya Mariya “Kembangkan dan jaga semua TITD dan Dewa Dewi dan Hian De Ma dengan baik jangan sampai ada masalah jika ada masalah di TITD dan Dewa Dewi, anda harus turun tangan membantu dan terus berjuang untuk Tridharma. Dan saat ini, PTITD dan Martrisia diketuai oleh Mariya anaknya.

Di akhir hayatnya, Sinmardi Taman (Pek Sing Tjong) alias pak Alek meninggalkan seorang istri, 10 anak, 26 cucu dan 13 cicit. Selamat jalanthe last soldier Thionghoa dari tanjugn Belit. Jasamu akan dikenang sepanjang masa.

Demikian perjalanan hidup Alek/ Sinmardi Taman/ Pek Sing Tjong 1928-2017 yang begitu bijaksana, begitu mulia, begitu besar jasa pahalanya terhadap Negara. Kiranya almarhum Alek/ Sinmardi Taman/ Pek Sing Tjong dapat diterima disisi Tuhan dan Kiu Thian Hian De ditempat Kiu Thian Sing Thu.

PERJALANAN KARIR

Anggota Pejuang 45 (1945-1947)

Anggota TNI/KPG (1947-1949)

Berdagang (1950-1974)

Direktur PT Siak Raya Timber (1975-1987)

Direktur Utama PT Taman Ros Indah (1985-2003)

Direktur Utama PT Siak Pakan Raya (1987-1993)

Direktur Utama PT Tamaros Master Indo (1993-2003)

Direktur Utama PT Peputra Masterindo (1993-2003)

Direktur Utama PT Peputra Supra Jaya (1995-2003)

Komisaris Utama PT Marita Makmur Jaya (1997-2008)

Ketua Perhimpunan Tempat Ibadah Tridharma Se-Indonesia dan Majelis Rohaniwan Tridharma Seluruh Indonesia Komisariat Daerah Provinsi Riau periode 1998-2003

Carateker Ketua Perhimpunan Tempat Ibadah Tridharma Se-Indonesia dan Majelis Rohaniwan Tridharma Seluruh Indonesia Komisariat Daerah Provinsi Riau hingga tahun 2006.

Penasehat Perhimpunan Tempat Ibadah Tridharma Se-Indonesia dan Majelis Rohaniwan Tridharma Seluruh Indonesia Komisariat Daerah Provinsi Riau periode 2006-2017

Pendiri dan Ketua Yayasan Vihara Tridharma Dewu Sakti

Panesahat Vihara Shin Wi King Duri (2006-2017)

Penasehat di Organisasi Walubi

Penasehat Organisasi Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia Pekanbaru

Penasehat Organisasi Ikatan Keluarga Tionghoa Pekanbaru

Penasehat Organisasi Ikatan Keluarga Panguyuban Tionghoa Bengkalis

PENGHARGAAN

Tanda Penghargaan dari Menteri Pertahanan Republik Indonesia menyatakan Peng Sing Tjong dengan pangkat : Anggota Perhubungan, dengan jabatan Supply Persenjataan/perbekalan yon II Res IV Div. IX. Dianugrahi “Satya Lantjana Peristiwa Perang Kemerdekaan ke I” 5 Oktober 1958

Surat Tanda Penghargaan Menteri Pertahanan Republik Indonesia memberikan anugrah Stya Lantjana peristiwa perang Kemerdekaan Negara ke 2 dengna jabatan supplay Persendjataan/pembekalan yon III sub. Terr. V Riau, tanggal 5 Oktober 1958.

Piagam dari Presiden Republik Indonesia. Surat Tanda Djasa Oahlawan. Atas Jasanya di dalam perjuangan gerilya membela Kemerdekaan Negara. Jabatan supplay persenjataan/perbekalan, tanggal 5 Oktober 1958

Departeman Pertahanan Keamanan Petikan Surat Keputusan No. skep/VIII/1981 tentang pengakuanm pengesahan dan penganugrahan gelar kehormatan Veteran pejuang kemerdekaan RI jeoada Oek Sing Tjong tanggal 15 Agustus 1981.

Piagam dari “Pimpinan Pusat Legiun Veteran Republik Indonesia” nomor skep-II/MBLV/V/2/1988 jabatan: Donatur/Anggota LVRI Macab LVRI Kodya Pekanbaru, yang dianugrahi Satya Lencana Legiun Veteran Republik Indonesia tanggal 29 Desember 1995.

Mendapat penghargaan berupa tanah dari pemerintah sebidang tanah dengan No. Kapling 4328/1995

Editor : arya
Sumber : Riau Pos
Kategori : Advertorial
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Artikel Lainnya
2 Komentar

Soeharjono Adjie Soerjo


Minggu, 26 Maret 2017 08:22 WIB
Kami sangat terkesan atas perjuangan dan pengorbanan jiwa raga untuk Kemerdekaan Indonesia,yang tak pernah Menyerah. Sungguh bangga atas. Perjuangan nya,maka bagaimana pun juga engkaulah salah satunya diantara Pahlawan2x Nasional lainnya. Yang Berjasa bagi Bangsa & Negara. Selamat Jalan Pahlawanku Alm. Bpk.Sinmardi Taman.....Kami doakan semoga Bahagia bersama Tuhan YME. Dan Kelg.yg ditinggal kan diberi Ketabahan Lahir bathin. Amin...Amin... Turut bela sungkawa , kami,Soeharjono Adjie Soerjo.

Deden


Sabtu, 23 Oktober 2021 22:39 WIB
Semoga almarhum Bapak Sinmardi Taman mendapatkan tempat terbaik di surga, Aamiin YRA. Bapak Alex sangat baik hati juga Ibu Rosna istrinya, dan anak2nya ; Ibu Maria, Ibu Mariyana, Bapak Sanyo Semoga semua Keluarga Besar alm Pek Sin Tjong selalu sehat wal'afiat, mendapatkan keberkahan dan perlindungan dari ALLAH SWT. Aamiin YRA. saya rindu kepada semuanya dan selalu berdoa

cakaplah-mpr.jpeg
Jumat, 29 September 2023
Komisi II Usul Kementerian ATR/BPN dan KLHK Kolaborasi Selesaikan Redistribusi Tanah
Jumat, 29 September 2023
Setjen DPR Berikan Perhatian Terhadap Pensiunan Melalui P3S
Kamis, 28 September 2023
TikTok Shop Cs Dilarang, Ketua DPR Berharap Aturan Baru Ciptakan Keseimbangan Pasar Digital dan Konvensional
Kamis, 21 September 2023
Ancaman DBD Meningkat, Puan Dorong Sosialisasi Masif Tekan Risiko Kematian

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 07 November 2023
Riau Terima Penghargaan Bhumandala Award 2023
Senin, 12 Desember 2022
Kapolda Riau Resmikan Kantor Pelayanan Terpadu Polres Rohil di Bagansiapiapi
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'

CAKAPLAH TV lainnya ...
Jumat, 19 April 2024
Rahmansyah Bacawako Pekanbaru Gelar Halal Bihalal Bersama Masyarakat dan Tokoh
Selasa, 16 April 2024
Kapolres Pelalawan Turun Langsung Cek Rumah Warga yang Ditinggal Mudik
Selasa, 16 April 2024
Pembenahan di Pelabuhan RoRo Bengkalis Berdampak Positif ke Pelayanan dan Antrean
Selasa, 16 April 2024
Plt Bupati Asmar Hadiri Halalbihalal di Desa Mengkirau

Serantau lainnya ...
Minggu, 07 April 2024
Pererat Silaturahmi, Siwo PWI Riau Gelar Buka Bersama BJB dan PSSI
Kamis, 04 April 2024
5 Ide Resep Masakan Pakai Rice Cooker, Cocok untuk Anak Kos!
Kamis, 04 April 2024
Rekomendasi Fashion Wanita Zaman Sekarang
Jumat, 29 Maret 2024
Pengusaha Wanita di Riau Bagi-bagi Takjil Gratis kepada Pengguna Jalan

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 02 Maret 2023
Wadah Menyalurkan Bakat, Ketua DPRD Riau Yulisman Hadiri Festival Musik Akustik di SMA Negeri 1 Pasir Penyu Inhu
Rabu, 01 Maret 2023
Rapat Paripurna, DPRD Provinsi Riau Umumkan Reses Masa Persidangan I Tahun 2023
Selasa, 28 Februari 2023
Kunjungi Kemendikbud, Komisi V DPRD Riau Bahas Persoalan PPDB
Kamis, 23 Februari 2023
Disdik Gelar Pelatihan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru SD Se-Kota Pekanbaru

Advertorial lainnya ...
Kamis, 29 Februari 2024
Telkomsel dan ZTE Wujudkan Pengalaman Gigabit yang Andal dan Efisien
Selasa, 20 Februari 2024
Samsung Hadirkan Galaxy S24 Series dengan Kecerdasan Software Canggih
Jumat, 09 Februari 2024
Apple Kembangkan 2 Prototipe iPhone Lipat Bergaya Flip
Kamis, 01 Februari 2024
Samsung Buka-bukaan Soal Keunggulan Exynos 2400 di Galaxy S24 dan S24+

Tekno dan Sains lainnya ...
Kamis, 18 April 2024
Ini Dia Manfaat Merawat Gigi, Yuk, Kunjungi Klinik Gigi Terdekat Sekarang!
Kamis, 22 Februari 2024
Pemula di Dunia Yoga? Inilah Panduan Cara Memilih Matras Yoga yang Tepat
Sabtu, 27 Januari 2024
Cegah Resistensi, Gunakan Obat Antibiotik dengan Bijak
Senin, 15 Januari 2024
14 Persiapan Penting Awal Kehamilan untuk Calon Ibunda dan Buah Hati

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Sabtu, 06 April 2024
Rangkaian Ramadan Ceria Umri Berakhir, 5.000 Orang Terima Manfaat
Selasa, 26 Maret 2024
BPH UMRI Gelar Lomba Ibadah Praktis Sesuai Tuntunan HPT
Senin, 25 Maret 2024
Berhadiah Umrah dan Beasiswa, Umri Gelar Lomba Tahfidz Alquran
Kamis, 21 Maret 2024
UPT Promosi dan Penerimaan Mahasiswa Baru UMRI Taja Ifthor Jama’i

Kampus lainnya ...
Rabu, 03 Mei 2023
Kompilasi Semarak Silaturahmi Satu HATI, CDN Bangkinang Santuni Anak Yatim
Rabu, 05 April 2023
Safari Ramadan, PT Musim Mas Salurkan Paket Sembako untuk Anak Yatim dan Fakir Miskin
Selasa, 04 April 2023
Telkomsel Siaga Rafi Sumbagteng Salurkan CSR untuk Panti Jompo bersama Dompet Dhuafa Riau
Jumat, 03 Maret 2023
Tingkatkan Kesehatan dan Budaya Lokal, Bank Mandiri Serahkan Bantuan ke Posyandu dan Grup Rebana

CSR lainnya ...
Jumat, 09 Februari 2024
Lika-liku 7 Perjalanan Asmara Ayu Ting Ting hingga Tunangan dengan Anggota TNI
Minggu, 28 Januari 2024
Huh Yunjin Bak Sehati Dengan Han So Hee Kala Cuma Pakai Dalaman Di Trailer LE SSERAFIM
Sabtu, 27 Januari 2024
Gigi Hadid dan Bradley Cooper Tak Sungkan Perlihatkan Kemesraan
Rabu, 24 Januari 2024
Park Ji-hyun Ungkap Persiapan Membinangi Drama Terbarunya

Selebriti lainnya ...

Mutiara Merdeka Hotel - April 2024
Terpopuler
Iklan CAKAPLAH
Foto
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Senin, 14 Agustus 2023
Pengurus Masjid Nurul Ikhlas Kubang Minta Tunjuk Ajar ke Wagubri
Sabtu, 12 Agustus 2023
Gebyar Kandis Bersholawat Bakal Dihadiri Ribuan Jemaah NU
Senin, 31 Juli 2023
Mualaf Riau Butuh Pembinaan, Begini Caranya...
Sabtu, 29 Juli 2023
Mantan Wawako Pekanbaru, Ayat Cahyadi Turut Saksikan Pengukuhan Pengurus Masjid Al-Hamidah Rejosari

Religi lainnya ...
Rabu, 13 Maret 2024
Kepala BKPSDM Pekanbaru Harapkan Kinerja ASN Maksimal Selama Bulan Ramadan
Jumat, 08 Maret 2024
Pemko Pekanbaru Sudah Tetapkan Jam Kerja ASN Selama Ramadan 1445 H
Rabu, 28 Februari 2024
Pemko Pekanbaru Masih Tunggu Juknis Pusat Terkait Seleksi CPNS dan PPPK
Selasa, 27 Februari 2024
Kepala BKPSDM Dampingi Pj Walikota Terima Penghargaan Anugerah Kualitas Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Tahun 2023

Galeri Foto lainnya ...
Indeks Berita
www www