Sabtu, 18 Mei 2024

Breaking News

  • Catatan Banjir Terparah, Bupati Zukri: Ini Harus jadi Perhatian Pemerintah Pusat   ●   
  • Jalan Sudirman Ujung Tergenang Banjir, PUPR Riau Turunkan Ekskavator Amfibi Bersihkan Parit   ●   
  • Akibat Galian IPAL, Jalan Ahmad Dahlan dan Balam Ujung Pekanbaru Ambruk   ●   
  • Berhasrat Ikut Pilgub Riau, Syamsurizal Incar Septina jadi Wakil
Kelmi April 2024

Politeknik Kampar Cetak Mahasiswa Siap Kerja, Ternyata Mahasiswanya Kini Berasal dari Aceh Hingga Papua
Kamis, 27 Juli 2023 20:51 WIB
Politeknik Kampar Cetak Mahasiswa Siap Kerja, Ternyata Mahasiswanya Kini Berasal dari Aceh Hingga Papua
Direktur Politeknik Kampar Nina Veronika, ST, M.Sc

BANGKINANG (CAKAPLAH) - Politeknik Kampar (Polkam) merupakan salah satu perguruan tinggi di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Perguruan tinggi yang kini telah memiliki lima program studi dan dalam proses penambahan tiga program studi lagi ternyata menjadi salah satu kampus yang diincar oleh putra putri dari berbagai penjuru daerah di Indonesia. Ada yang berasal dari Aceh, Kalimantan, Sulawesi hingga Papua.

Direktur Politeknik Kampar Nina Veronika, ST, M.Sc didampingi Wakil Direktur III Politeknik Kampar Muhammad Ridwan, ST, MT dalam bincang-bincangnya dengan wartawan di ruang kerjanya, Kamis (27/7/2023) mengungkapkan, Politeknik Kampar sejak awal fokus kepada ilmu tentang kelapa sawit, pengolahan maupun bisnis kelapa sawit karena potensi pasar kelapa sawit sangat tinggi dan potensi kebutuhan tenaga kerja sektor ini juga tinggi.

Dikatakan, Politeknik Kampar memiliki lima program studi yaitu Program Studi D2 Teknik Pengolahan Kelapa Sawit, D3 Teknik Pengolahan Sawit, D3 Perawatan dan Perbaikan Mesin dan D3 Teknik Informastika dan D4 Administrasi Bisnis Internasional.

Saat ini Politeknik Kampar sedang melaksanakan proses penerimaan mahasiswa baru yang telah memasuki gelombang ketiga. Penerimaan mahasiswa baru dilaksanakan melalui tiga jalur yaitu jalur reguler, jalur KIP Kuliah Kemendikbudristek dan jalur beasiswa dari BPDPKS (Badan Pengeola Dana Perkebunan Kelapa Sawit) dibawah Kementerian Keuangan yang berkoordinasi dengan Kementerian Pertanian dibawah Direktorat Jenderal Perkebunan. Kegiatan perkuliahan tahun 2022/2023 akan dimulai September mendatang.

Jalur beasiswa dari BPDPKS sangat bergengsi dan proses seleksinya cukup ketat. Politeknik Kampar tahun ini kembali mendapatkan kuota melalui jalur ini sebanyak 180 orang mahasiswa untuk empat program studi. Tahun ini merupakan tahun kelima Politeknik Kampar mendapatkan kepercayaan melaksanakan program ini.

Pada tahun pertama, Politeknik Kampar mendapatkan kuota sebanyak 90 orang mahasiswa, tahun kedua 75 orang, tahun ketiga 80 orang, tahun keempat sebanyak 120 orang dan tahun kelima sebanyak 180 orang.

Proses seleksi melalui jalur beasiswa BPDPKS terbuka untuk putra putri se-Indonesia. Hal itu pulalah yang menyebabkan mahasiswa di Politeknik Kampar tidak hanya berasal dari putra putri daerah di Kampar maupun Riau, namun berasal dari berbagai daerah di Indonesia. "Dari Aceh sampai Papua ada mahasiswa kita. Ada anak dari Sulawesi dan Jawa juga," cakap Nina.

Program ini juga bisa diikuti oleh putra putri Kabupaten Kampar dengan syarat dari latar belakang orang tuanya bekerja di sektor kelapa sawit atau memiliki kebun sawit maksimal 4 hektare.

Empat program studi yang mendapatkan jatah penerimaan mahasiswa melalui jalur beasiswa BPDPKS adalah Program Studi D2 Teknik Pengolahan Kelapa Sawit, D3 Teknik Pengolahan Sawit, D3 Perawatan dan Perbaikan Mesin dan D3 Teknik Informastika. Peminat program beasiswa BPDPKS ini sangat tinggi. Untuk tahun ini ada sekira 5.000 orang calon mahasiswa yang bersaing untuk memperebutkan sekira 2.000 kuota.

"Ini merupakan tahun kelima dipercaya Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit sebagai pelaksana program pendidikan untuk pengembangan sumber daya manusia dibidang sawit. Karena ini dari sawit maka anak-anak yang berada di sektor perkebunan sawit, mulai pemilik kebun maksimal empat hektare, pekerja di kebun dan industri sawit dan di koperasi bisa ikut," ujar Nina.

Menurutnya, beasiswa ini sangat seksi, karena biaya yang ditanggung oleh pemerintah sangat lengkap sehingga sangat diminati. Biaya yang ditanggung pemerintah mulai dari biaya keberangkatan dari daerah asal, baik melalui jalur darat, laut dan udara, uang saku rutin setiap bulan, uang buku setiap semester, pakaian, asuransi, pelaksanaan wisuda sampai kembali lagi ke daerah asal. Mereka hanya datang untuk belajar dan mengembangkan diri," ulas Nina.

Kuliah di Politeknik Kampar memiliki beberapa keunggulan. Salah satu keunggulannya adalah bahwa Politeknik Kampar fokus kepada ilmu tentang kelapa sawit, mulai dari hulu sampai ke produk hilir sawit. Mahasiswa Politeknik Kampar diakhir masa perkuliahanya telah berhasil memproduksi minyak goreng, pomade, hingga sawit merah dan termasuk alat alat yang dihasilkan mahasiswa seperti dari Prodi Teknik Perawatan Mesin. "Kalau dari Prodi Teknik Informtika menghasilkan program-program yang menghasilkan untuk bisnis sawit," ulasnya.

Nina juga mengungkapkan bahwa fasilitas pendidikan di Politeknik Kampar cukup lengkap. Di Politeknik Kampar terdapat workshop untuk mesin dilengkapi alat manufaktur, labor, ruang kelas yang sangat memadai, dilengkapi tv, android, ac. Sarana prasarana yang cukup lengkap memberikan dukungan yang bagus untuk menunjangbpraktek kerja bagi mahasiswa.
"Untuk praktek semuanya mencukupi. Kita juga punya kebun sawit pendidikan, luasnya empat hektare," bebernya.
Ia menggaransi bahwa alumni Politeknik Kampar siap memasuki dunia kerja.

Terhadap para alumninya juga pihak Politeknik Kampar juga turut berupaya menjadikan alumninya terserap di dunia kerja alias tidak menganggur. Oleh sebab itu, penyerapan tenaga kerja terhadap alumni Politeknik Kampar saat ini cukup tinggi, yakni mencapai 80 persen. Mereka sudah bekerja di sektor industri, baik industri kelapa sawit maupun industri lainnya dengan masa tunggu 0 hingga tiga bulan. Mereka tidak hanya bekerja di perusahaan pengolahan kelapa sawit namun juga bekerja di perusahaan atau pabrik lainnya. Karena para alumninya dari berbagai daerah di Indonesia, maka mereka kini juga tersebar bekerja di berbagai perusahaan di berbagai daerah di Indonesia.

Kerjasama dengan pihak swasta/ perusahaan dalam rangka penyerapan tenaga kerja juga terus dilakukan oleh Politeknik Kampar. Tahun lalu, dua perusahaan, yaitu PT Triputra Agro Persada dan PT Permata Hijau Group melaksanakan proses perekrutan karyawannya di kampus Politeknik Kampar untuk posisi asisten pabrik.

Tahun ini Politeknik Kampar menargetkan penerimaan mahasiswa baru sebanyak 250 orang."Mudah-mudahan lebih banyak karena untuk menuju mandiri dan untuk membuat kampus stabil minimal kita buka sepuluh Prodi dan mahasiswa sekitar seribu orang," beber Nina. Politeknik Kampar akan memulai kuliah perdana pada tahun ini bulan September mendatang dan akan dihadiri oleh Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian, pejabat dari Kementerian Keuangan dan pejabat pemerintah daerah.

Penulis : Akhir Yani
Editor : Jef Syahrul
Kategori : Kampus
Idulfitri 1445 Riau Petroleum
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Artikel Lainnya
0 Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Jumat, 29 September 2023
Komisi II Usul Kementerian ATR/BPN dan KLHK Kolaborasi Selesaikan Redistribusi Tanah
Jumat, 29 September 2023
Setjen DPR Berikan Perhatian Terhadap Pensiunan Melalui P3S
Kamis, 28 September 2023
TikTok Shop Cs Dilarang, Ketua DPR Berharap Aturan Baru Ciptakan Keseimbangan Pasar Digital dan Konvensional
Kamis, 21 September 2023
Ancaman DBD Meningkat, Puan Dorong Sosialisasi Masif Tekan Risiko Kematian

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 07 November 2023
Riau Terima Penghargaan Bhumandala Award 2023
Senin, 12 Desember 2022
Kapolda Riau Resmikan Kantor Pelayanan Terpadu Polres Rohil di Bagansiapiapi
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'

CAKAPLAH TV lainnya ...
Jumat, 17 Mei 2024
Polemik UKT: Pemuda Muhammadiyah Riau Kritik Negara Gagal Hadirkan Pendidikan Terjangkau
Jumat, 17 Mei 2024
GC Korean BBQ & Hotpot - Cols Froy Mal Pekanbaru Bersertifikat Halal
Jumat, 17 Mei 2024
Pj Gubri Dukung Penuh Parade Bhineka Tunggal Ika FPK Riau
Jumat, 17 Mei 2024
SBSI Ajak Disnaker Riau Buka Diskusi Bahas Persoalan Tenaga Kerja

Serantau lainnya ...
Minggu, 07 April 2024
Pererat Silaturahmi, Siwo PWI Riau Gelar Buka Bersama BJB dan PSSI
Kamis, 04 April 2024
5 Ide Resep Masakan Pakai Rice Cooker, Cocok untuk Anak Kos!
Kamis, 04 April 2024
Rekomendasi Fashion Wanita Zaman Sekarang
Jumat, 29 Maret 2024
Pengusaha Wanita di Riau Bagi-bagi Takjil Gratis kepada Pengguna Jalan

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 02 Maret 2023
Wadah Menyalurkan Bakat, Ketua DPRD Riau Yulisman Hadiri Festival Musik Akustik di SMA Negeri 1 Pasir Penyu Inhu
Rabu, 01 Maret 2023
Rapat Paripurna, DPRD Provinsi Riau Umumkan Reses Masa Persidangan I Tahun 2023
Selasa, 28 Februari 2023
Kunjungi Kemendikbud, Komisi V DPRD Riau Bahas Persoalan PPDB
Kamis, 23 Februari 2023
Disdik Gelar Pelatihan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru SD Se-Kota Pekanbaru

Advertorial lainnya ...
Jumat, 17 Mei 2024
Topup Diamond FF Murah Solusi Hemat untuk Gamer Free Fire
Jumat, 17 Mei 2024
Top Up PUBG untuk Pemula: Panduan Lengkap dan Langkah-Langkah Mudah
Kamis, 25 April 2024
Rekomendasi HP Samsung Terbaik di Harga 2 Jutaan, Apa Saja?
Sabtu, 20 April 2024
7 Keunggulan Samsung Galaxy S23 Ultra, Dapatkan di Blibli

Tekno dan Sains lainnya ...
Kamis, 18 April 2024
Ini Dia Manfaat Merawat Gigi, Yuk, Kunjungi Klinik Gigi Terdekat Sekarang!
Kamis, 22 Februari 2024
Pemula di Dunia Yoga? Inilah Panduan Cara Memilih Matras Yoga yang Tepat
Sabtu, 27 Januari 2024
Cegah Resistensi, Gunakan Obat Antibiotik dengan Bijak
Senin, 15 Januari 2024
14 Persiapan Penting Awal Kehamilan untuk Calon Ibunda dan Buah Hati

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Jumat, 17 Mei 2024
UIR Terima Bantuan Dana Pendidikan Sebesar Rp70 Juta dari BSI
Kamis, 16 Mei 2024
Mahasiswa PMI UIN Suska Juara 1 Lomba Presenter Fordakom 2024
Selasa, 07 Mei 2024
Seleksi Ketat Beasiswa Pendidikan di Kota Dumai, 49 Peserta Bersaing dalam Ujian Tertulis dan Wawancara
Selasa, 07 Mei 2024
Wisuda ke-68, Rektor: Unilak Semakin Dipercaya Masyarakat Riau dan Indonesia

Kampus lainnya ...
Rabu, 03 Mei 2023
Kompilasi Semarak Silaturahmi Satu HATI, CDN Bangkinang Santuni Anak Yatim
Rabu, 05 April 2023
Safari Ramadan, PT Musim Mas Salurkan Paket Sembako untuk Anak Yatim dan Fakir Miskin
Selasa, 04 April 2023
Telkomsel Siaga Rafi Sumbagteng Salurkan CSR untuk Panti Jompo bersama Dompet Dhuafa Riau
Jumat, 03 Maret 2023
Tingkatkan Kesehatan dan Budaya Lokal, Bank Mandiri Serahkan Bantuan ke Posyandu dan Grup Rebana

CSR lainnya ...
Jumat, 09 Februari 2024
Lika-liku 7 Perjalanan Asmara Ayu Ting Ting hingga Tunangan dengan Anggota TNI
Minggu, 28 Januari 2024
Huh Yunjin Bak Sehati Dengan Han So Hee Kala Cuma Pakai Dalaman Di Trailer LE SSERAFIM
Sabtu, 27 Januari 2024
Gigi Hadid dan Bradley Cooper Tak Sungkan Perlihatkan Kemesraan
Rabu, 24 Januari 2024
Park Ji-hyun Ungkap Persiapan Membinangi Drama Terbarunya

Selebriti lainnya ...

Iklan CAKAPLAH
Terpopuler
Foto
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Senin, 14 Agustus 2023
Pengurus Masjid Nurul Ikhlas Kubang Minta Tunjuk Ajar ke Wagubri
Sabtu, 12 Agustus 2023
Gebyar Kandis Bersholawat Bakal Dihadiri Ribuan Jemaah NU
Senin, 31 Juli 2023
Mualaf Riau Butuh Pembinaan, Begini Caranya...
Sabtu, 29 Juli 2023
Mantan Wawako Pekanbaru, Ayat Cahyadi Turut Saksikan Pengukuhan Pengurus Masjid Al-Hamidah Rejosari

Religi lainnya ...
Selasa, 30 April 2024
Kepala BKPSDM Pekanbaru Ucapkan Selamat Atas Penabalan Gelar Adat Kepada Kajati Riau
Senin, 29 April 2024
Kepala BKPSDM Pekanbaru Apresiasi Pekanbaru Juara Umum Gelaran MTQ Tingkat Provinsi Riau
Jumat, 26 April 2024
Penerimaan CPNS dan PPPK Pekanbaru Dapat Persetujuan Prinsip dari Kemenpan RB
Senin, 22 April 2024
Kepala BKPSDM Ikut Semarakkan Pawai Taaruf MTQ Riau di Dumai

Galeri Foto lainnya ...
Indeks Berita
www www