Jumat, 17 Mei 2024

Breaking News

  • Catatan Banjir Terparah, Bupati Zukri: Ini Harus jadi Perhatian Pemerintah Pusat   ●   
  • Jalan Sudirman Ujung Tergenang Banjir, PUPR Riau Turunkan Ekskavator Amfibi Bersihkan Parit   ●   
  • Akibat Galian IPAL, Jalan Ahmad Dahlan dan Balam Ujung Pekanbaru Ambruk   ●   
  • Berhasrat Ikut Pilgub Riau, Syamsurizal Incar Septina jadi Wakil
Kelmi April 2024

Baca Potensi Kemenangan, Mantan Bupati Kampar Burhanuddin Pastikan Ikut Kontestasi Pilkada
Rabu, 01 Mei 2024 10:57 WIB
Baca Potensi Kemenangan, Mantan Bupati Kampar Burhanuddin Pastikan Ikut Kontestasi Pilkada

BANGKINANG (CAKAPLAH) - Nama Drs H Burhanuddin Husin MM tak asing lagi bagi masyarakat Kabupaten Kampar. Ia pernah memimpin Negeri Serambi Mekkah pada periode 2006-2011.

Saat itu pria yang akrab disapa Bang Boy berpasangan dengan politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) H Teguh Sahono. Meskipun kalah ketika maju untuk kedua kalinya pada periode 2011-2016, namun ternyata banyak cerita bagus dan kenangan manis yang ditinggalkan Bang Boy dan itu selalu menjadi buah bibir di masyarakat maupun pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kampar saat ini.

Saat itu para pegawai dinilai lebih tenang dalam bekerja, tidak ada tekanan terhadap pegawai maupun terhadap kepala desa dan berbagai program pembangunan juga terlaksana dengan baik serta bagusnya kualitas proyek pembangunan pada saat itu. Boy juga mengayomi semua suku dan agama serta wilayah di Kabupaten Kampar. Hal itu dibuktikan dengan kegiatan dan pembangunan yang telah dilaksanakan.

Isu terakhir, sehubungan dengan anjloknya peringkat Kampar pada Musabaqah Timawatil Qur’an (MTQ) tingkat Provinsi Riau yang baru saja ditutup di Dumai akhir pekan lalu, justru di masa kepemimpinan Burhanuddin Husin, Kabupaten Kampar bisa mempertahankan gelar juara umum tiga kali berturut-turut.

Dari situ pula kata Burhanuddin Husin masih banyak masyarakat Kabupaten Kampar menginginkan kembali agar dirinya memimpin Kabupaten Kampar dengan maju di Pilkada tahun 2024.

Dalam bincang-bincang santainya dengan sejumlah wartawan, Senin (29/4/2024) di Bangkinang, Burhanuddin Husin didampingi istri Hj Mimi Gusneti dan putranya Fabio Angriawan mengungkapkan, walaupun ia banyak menghabiskan waktu berada di rumah, namun ia selalu mendapatkan kunjungan dari berbagai pihak, masyarakat, baik, para tokoh baik tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda mantan pejabat dan kalangan aparatur sipil negara (ASN).

“Mereka menyampaikan situasi perkembangan yang terjadi di Kabupaten Kampar. Melihat Kampar hari ini, Kampar dalam kondisi tidak baik-baik saja. Itu pengertiannya luas. Itu tak muncul di permukaan, tapi beredar di kalangan masyarakat. Menjadi buah bibir masrayakat,” cakapnya mengawali cerita.

Berdasarkan kunjungan-kunjungan dari berbagai pihak dan kunjungannya ke masyarakat, Boy mengaku, sampai saat ini banyak orang mendorongnya untuk maju pada Pilkada Kampar 2024.

“Kalau ditanyakan pribadi, umur saya sudah 66 tahun, termasuk tua. Mestinya dengan usia itu menikmati masa tua, tetapi sebagai warga negara, orang Kampar, ada keprihatinan saya, sebab saya dulu ikut membangun Kampar. Saya pernah ada 'kakok tangan'. Saya rasa zaman saya memimpin telah meletakkan pondasi dan sistem tata kelola pemerintahan yang baik dan menurut saya merujuk ke kaedah norma yang berlaku,” ujarnya.

Ia melihat, beberapa waktu belakangan kondisi Kabupaten Kampar sudah jauh berubah. Salah satu parameternya bisa dilihat dari aspek pembangunan. Kemudian ekonomi di Kampar saat ini kategori inflasi cukup tinggi.

“Harga bahan pokok melambung, di sisi lain nilai uang kita menurun. Inflasi di Riau 2,5 persen tak sampai, tapi Kampar 4 persen. Kampar bisa tak masuk daerah yang inflasinya tinggi kalau masyarakat memanfaatkan sumber daya yang ada. Seharusnya kita sudah bisa swadaya,” ulasnya.

Parameter yang lain kata Boy adalah tingkat kemiskinan. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) menjadi ukuran. “Saya ambil kesimpulan, kenapa Kampar yang dulu, Kampar pernah jaya. Kenapa ada daerah lain bisa keluar dari itu,” katanya lagi.

Menurut Ketua Pengurus Besar Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (Pengprov PBVSI) Provinsi Riau yang memimpin periode kedua, 2024-2028 ini, Pemkab Kampar perlu melakukan koreksi perbaikan terhadap arah pembangunan dan perbaikan sistem tata kelola pemerintahan.

“Itu memerlukan seseorang yang memiliki kemampuan manajerial tata kelola pemerintahan dan sumber daya, bukan sebuah keinginan untuk maju saja,” ulasnya.

Jika ditanya figur-figur yang mau maju di Pilkada Kampar menurut Boy pasti semuanya punya konsep. Namun yang diperlukan juga adalah bukti. “Tetapi konsepnya seperti apa, semua punya visi misi, niat baik pasti, memiliki tetapi apakah cukup dengan itu,” tegasnya.

Ia membeberkan, selama menjadi Bupati Kampar, periode 2006-2011, ia tidak menerima setoran ketika ada pejabat yang akan dilantik. “Jangan tanya saya, tanya saja kepada pejabat yang pernah saya lantik dan ganti,” tegas pria yang juga pernah menjadi Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Riau dan Kepala Bappeda Kabupaten Bengkalis itu.

“Kalau duduk (mendapatkan jabatan) dikarenakan sesuatu, maka ketika diganti tidak ikhlas diganti, kalau ada setoran tidak terima kalau diganti,” bebernya.

Menurutnya lagi, sistem dalam penempatan pejabat juga perlu dievaluasi. Jika tidak punya kemampuan dibidang tersebut jangan dipaksakan untuk jabatan itu. Begitu juga latar belakang pendidikannya perlu ditinjau.

“Misalnya Kadis Pertanian, minimal S1-nya di Pertanian. Manajemen pemerintahan perlu dibenahi. The right man on the right place, pastikan setiap pejabat, pegawai ditempatkan pada posisi atau peran yang sesuai dengan keterampilan, kemampuan, dan potensi mereka,” ulasnya lagi.

Lantas, apa saja yang telah dilakukan Burhanuddin Husin untuk bisa berlayar mendapatkan perahu di Pilkada Kampar? Hingga Senin (29/4/2024) kemarin, ia telah mengambil formulir pendaftaran sebagai bakal calon Bupati Kampar di tiga partai politik yaitu di PKS, PKB, PDIP dan akan menyusul di PAN dan NasDem.

Ia juga mengungkapkan, kemungkinan dia tidak akan mendaftar di partai yang diprediksi dan berpotensi sudah direbut bakal calon lainnya. Namun dalam kesempatan wawancara ini, Burhanuddin Husin tidak mau menyebutkan namanya.

Sejauh ini dia juga telah melakukan komunikasi politik dengan pimpinan dan pengurus parpol, tokoh agama, tokoh masyarakat, ninik mamak, tokoh pemuda, masyarakat dan itu masih terus dilakukannya.

Mengenai pergerakan politik yang ia lakukan, Burhanuddin tidak ingin pergerakannya dilakukan sepotong-sepotong dan dengan tersenyum ia mengaku juga memiliki gerakan “di bawah tanah”.

“Biar lambat asal jelas. Tak harus tampak di permukaan. Itu strategi masing-masing calon yang penting tujuannya sama. Pergerakan tak mungkin saya sampaikan detil karena ini politik. Saling mengintai hal biasa dalam poltitik,” bebernya lagi.

Kemudian bagaimana figur bakal calon Wakil Bupati yang akan bergandengan dengannya, Burhanuddin mengungkapkan, saat ini dinamika politiknya masih bergerak.

Dikatakannya, ada tiga opsi yang ia tawarkan. “Kalau tak nomor satu, nomor dua dia di partai itu. Last minute masih bisa berubah. Contohnya di Pilpres kemarin. Kenapa nama Gibran bisa muncul,” ulasnya.

Kata Burhanuddin, masih terbuka kemungkinan yang bakal menjadi calon wakilnya adalah dari kalangan politik maupun birokrat. Dia juga mengungkapkan, ia memiliki lima kriteria dalam menentukan bakal calon wakilnya.

“Paling tidak ada lima kriteria. Harus ada chemistry atau kecocokan dan harus memberikan value added atau nilai tambah, akan lebih baik orang itu berbasis parpol, akan lebih baik memiliki basis wilayah atau komunitas dan tergantung hasil survei. Kelima ompa bidin (uang),” katanya tersenyum.**

 

Penulis : Akhir Yani
Editor : Delvi Adri
Kategori : Politik, Kabupaten Kampar
Idulfitri 1445 Riau Petroleum
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Jumat, 29 September 2023
Komisi II Usul Kementerian ATR/BPN dan KLHK Kolaborasi Selesaikan Redistribusi Tanah
Jumat, 29 September 2023
Setjen DPR Berikan Perhatian Terhadap Pensiunan Melalui P3S
Kamis, 28 September 2023
TikTok Shop Cs Dilarang, Ketua DPR Berharap Aturan Baru Ciptakan Keseimbangan Pasar Digital dan Konvensional
Kamis, 21 September 2023
Ancaman DBD Meningkat, Puan Dorong Sosialisasi Masif Tekan Risiko Kematian

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 07 November 2023
Riau Terima Penghargaan Bhumandala Award 2023
Senin, 12 Desember 2022
Kapolda Riau Resmikan Kantor Pelayanan Terpadu Polres Rohil di Bagansiapiapi
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'

CAKAPLAH TV lainnya ...
Kamis, 16 Mei 2024
HUT ke-9, Viera Bantu Branding UMKM Sekitar
Rabu, 15 Mei 2024
Diresmikan Kapolresta Pekanbaru, Polsek Tampan Berubah jadi Polsek Binawidya
Selasa, 14 Mei 2024
Pekan Ini Harga TBS Mitra Plasma Naik, Mitra Swadaya Turun
Selasa, 14 Mei 2024
Pegadaian Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir Bandang Sumbar

Serantau lainnya ...
Minggu, 07 April 2024
Pererat Silaturahmi, Siwo PWI Riau Gelar Buka Bersama BJB dan PSSI
Kamis, 04 April 2024
5 Ide Resep Masakan Pakai Rice Cooker, Cocok untuk Anak Kos!
Kamis, 04 April 2024
Rekomendasi Fashion Wanita Zaman Sekarang
Jumat, 29 Maret 2024
Pengusaha Wanita di Riau Bagi-bagi Takjil Gratis kepada Pengguna Jalan

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 02 Maret 2023
Wadah Menyalurkan Bakat, Ketua DPRD Riau Yulisman Hadiri Festival Musik Akustik di SMA Negeri 1 Pasir Penyu Inhu
Rabu, 01 Maret 2023
Rapat Paripurna, DPRD Provinsi Riau Umumkan Reses Masa Persidangan I Tahun 2023
Selasa, 28 Februari 2023
Kunjungi Kemendikbud, Komisi V DPRD Riau Bahas Persoalan PPDB
Kamis, 23 Februari 2023
Disdik Gelar Pelatihan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru SD Se-Kota Pekanbaru

Advertorial lainnya ...
Kamis, 25 April 2024
Rekomendasi HP Samsung Terbaik di Harga 2 Jutaan, Apa Saja?
Sabtu, 20 April 2024
7 Keunggulan Samsung Galaxy S23 Ultra, Dapatkan di Blibli
Kamis, 29 Februari 2024
Telkomsel dan ZTE Wujudkan Pengalaman Gigabit yang Andal dan Efisien
Selasa, 20 Februari 2024
Samsung Hadirkan Galaxy S24 Series dengan Kecerdasan Software Canggih

Tekno dan Sains lainnya ...
Kamis, 18 April 2024
Ini Dia Manfaat Merawat Gigi, Yuk, Kunjungi Klinik Gigi Terdekat Sekarang!
Kamis, 22 Februari 2024
Pemula di Dunia Yoga? Inilah Panduan Cara Memilih Matras Yoga yang Tepat
Sabtu, 27 Januari 2024
Cegah Resistensi, Gunakan Obat Antibiotik dengan Bijak
Senin, 15 Januari 2024
14 Persiapan Penting Awal Kehamilan untuk Calon Ibunda dan Buah Hati

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Jumat, 17 Mei 2024
UIR Terima Bantuan Dana Pendidikan Sebesar Rp70 Juta dari BSI
Kamis, 16 Mei 2024
Mahasiswa PMI UIN Suska Juara 1 Lomba Presenter Fordakom 2024
Selasa, 07 Mei 2024
Seleksi Ketat Beasiswa Pendidikan di Kota Dumai, 49 Peserta Bersaing dalam Ujian Tertulis dan Wawancara
Selasa, 07 Mei 2024
Wisuda ke-68, Rektor: Unilak Semakin Dipercaya Masyarakat Riau dan Indonesia

Kampus lainnya ...
Rabu, 03 Mei 2023
Kompilasi Semarak Silaturahmi Satu HATI, CDN Bangkinang Santuni Anak Yatim
Rabu, 05 April 2023
Safari Ramadan, PT Musim Mas Salurkan Paket Sembako untuk Anak Yatim dan Fakir Miskin
Selasa, 04 April 2023
Telkomsel Siaga Rafi Sumbagteng Salurkan CSR untuk Panti Jompo bersama Dompet Dhuafa Riau
Jumat, 03 Maret 2023
Tingkatkan Kesehatan dan Budaya Lokal, Bank Mandiri Serahkan Bantuan ke Posyandu dan Grup Rebana

CSR lainnya ...
Jumat, 09 Februari 2024
Lika-liku 7 Perjalanan Asmara Ayu Ting Ting hingga Tunangan dengan Anggota TNI
Minggu, 28 Januari 2024
Huh Yunjin Bak Sehati Dengan Han So Hee Kala Cuma Pakai Dalaman Di Trailer LE SSERAFIM
Sabtu, 27 Januari 2024
Gigi Hadid dan Bradley Cooper Tak Sungkan Perlihatkan Kemesraan
Rabu, 24 Januari 2024
Park Ji-hyun Ungkap Persiapan Membinangi Drama Terbarunya

Selebriti lainnya ...

Iklan CAKAPLAH
Terpopuler
Foto
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Senin, 14 Agustus 2023
Pengurus Masjid Nurul Ikhlas Kubang Minta Tunjuk Ajar ke Wagubri
Sabtu, 12 Agustus 2023
Gebyar Kandis Bersholawat Bakal Dihadiri Ribuan Jemaah NU
Senin, 31 Juli 2023
Mualaf Riau Butuh Pembinaan, Begini Caranya...
Sabtu, 29 Juli 2023
Mantan Wawako Pekanbaru, Ayat Cahyadi Turut Saksikan Pengukuhan Pengurus Masjid Al-Hamidah Rejosari

Religi lainnya ...
Selasa, 30 April 2024
Kepala BKPSDM Pekanbaru Ucapkan Selamat Atas Penabalan Gelar Adat Kepada Kajati Riau
Senin, 29 April 2024
Kepala BKPSDM Pekanbaru Apresiasi Pekanbaru Juara Umum Gelaran MTQ Tingkat Provinsi Riau
Jumat, 26 April 2024
Penerimaan CPNS dan PPPK Pekanbaru Dapat Persetujuan Prinsip dari Kemenpan RB
Senin, 22 April 2024
Kepala BKPSDM Ikut Semarakkan Pawai Taaruf MTQ Riau di Dumai

Galeri Foto lainnya ...
Indeks Berita
www www