Minggu, 04 Desember 2022

Breaking News

  • Kades di Meranti Berharap Perseteruan Bupati dan Gubri Tidak Berlanjut   ●   
  • Wamendes: Kemajuan Desa Mandiri di Riau Melejit   ●   
  • Riau Tetapkan Status Siaga Banjir dan Longsor 2022 sampai Akhir Desember   ●   
  • Kasus Covid-19 Menanjak, Gubri Perintahkan Gesa Vaksinasi Booster   ●   
  • Paling Lambat 3 Desember, Pemprov Riau Ingatkan 8 Daerah segera Usulkan Draf APBD 2023   ●   
  • Kapolda Pertama yang Turun Langsung ke Lokasi Gempa Cianjur, Irjen Iqbal Bawa 9 Truk Sembako   ●   
  • Sensus Terkini, Pertumbuhan Islam di Inggris Meroket   ●   
  • Oknum Staf KUA Diduga Lecehkan Siswi MTs di Siak Ditangkap   ●   
  • UMK 2023 Kepulauan Meranti Naik 8,03 Persen, Jadi Rp3,224 Juta   ●   
  • Satpol PP Pekanbaru Turunkan 100 Personel Amankan Tour de Siak
Yamaha 27-30 November 2022

Merindu Wajah Indah Pekanbaru, Muflihun Optimis Raih Piala Adipura
Senin, 05 September 2022 12:25 WIB
Merindu Wajah Indah Pekanbaru, Muflihun Optimis Raih Piala Adipura

PEKANBARU (CAKAPLAH) - Wajah Kota Pekanbaru semakin cantik. Sampah-sampah yang dulu sering ditemui menghiasi wajah Ibu Kota Provinsi Riau ini kini jarang ditemui berserakan. Pekanbaru saat ini memang terus berbenah mengatasi persoalan sampah yang sejak beberapa tahun terakhir selalu menjadi Pekerjaan Rumah (PR) besar.

Sang Nahkoda baru, Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun menjadikan persoalan sampah menjadi salah satu prioritas yang harus diselesaikan. Berbagai program penanganan sampah terus digalakkan. Setiap hari tim bekerja keras untuk menjadikan Pekanbaru bebas dari sampah.

"Saat saya dilantik oleh Gubernur Riau pada bulan Mei lalu, ada tiga program prioritas yang disampaikan gubernur Riau kepada saya. Salah satunya penanganan sampah," ujar Pj Walikota Pekanbaru Muflihun, Senin (5/9/2022).

Ia mengatakan jika dirunut sekitar 10 tahun yang lalu, Pekanbaru adalah kota yang paling bersih. Setiap tahunnya selalu mendapatkan Adipura. Bahkan kota/kabupaten di Provinsi lain ke sini untuk studi banding melihat kebersihan Pekanbaru.

Namun saat ini, sama-sama bisa dilihat, dimana-mana sekarang ada sampah bertumpuk. Di kecamatan, di kelurahan, bahkan jalan protokol ada juga sampah bertumpuk.

"Maka saya heran juga kenapa. Untuk itu hari ini saya mengajak kita semua, karena masalah sampah ini adalah masalah nasional. Tak bisa dilakukan hanya oleh Walikota, Gubernur seorang diri. Tentu harus mendapat support dari seluruh elemen masyarakat semua dan juga seluruh stakeholder untuk sama-sama menjaga kebersihan," Cakapnya.

Lanjut Muflihun, sampah ini juga membuat banjir. Ketika sampah dibiarkan dan tidak dikontrol atau diawasi, maka akan bertumpuk di parit ataupun drainase.

"Itu di Arifin Ahmad sudah kami lakukan pengerukan dan pembongkaran drainase. Ternyata memang di Jalan Arifin Ahmad, di bawah jembatan beton depan ruko, banyak sampah bertumpuk sehingga air tak bisa jalan. Makanya ketika hujan 3-4 jam, kota ini banjir," sebutnya.

Ia mengaku sangat rindu melihat Pekanbaru bersih kembali. Guna mewujudkan impian itu, dirinya akan bekerja keras dengan melibatkan berbagai elemen masyarakat guna menangani sampah.

"Saya sudah meminta para kepala dinas, camat, dan lurah melakukan aksi di lapangan. Kami ajak semua elemen masyarakat untuk ikut serta membenahi persoalan sampah dan banjir," sebutnya.

Tak hanya itu saja, terkait soal pengangkutan sampah di wilayah setempat, Pj Walikota Pekanbaru juga meminta agar pihak ketiga dalam hal ini PT Samhana Indah (SHI) dan PT Godang Tua Jaya (GTJ) untuk bisa menyelesaikan tugasnya dengan baik.

Ia akan memastikan bahwa rekanan dapat bekerja secara benar sesuai dengan kontrak yang sudah disepakati. Bahkan jika tak sanggup menjalankan tugasnya dengan baik, Pemko siap melakukan putus kontrak.

Targetkan Raih Adipura

Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun menargetkan Kota Pekanbaru kembali meraih penghargaan Adipura. Untuk itu saat ini dirinya terus bekerja keras sehingga apa yang menjadi tekadnya tersebut bisa terwujud. Muflihun yakin, Pekanbaru bisa kembali meraih kembali Piala Adipura yang sempat hilang beberapa tahun belakangan.

"Target saya Pekanbaru kembali meraih adipura," sebut Muflihun.

Agar Pekanbaru kembali meraih predikat Adipura, Camat dan Lurah se-Kota Pekanbaru diinstruksikan untuk menginventarisir tumpukan sampah di wilayah kerjanya masing-masing.

"Di awal saya menjabat kemarin, saya langsung perintahkan seluruh Camat, lurah untuk melaporkan keberadaan titik sampah di Pekanbaru. Alhamdulillah semua data sudah masuk dan saat ini kita terus menggesa supaya Pekanbaru bisa bersih dan akhirnya mampu meraih Piala Adipura," harapnya.

Disampaikan Muflihun, salah satu aksi nyata dalam penanganan sampah ini adalah beberapa waktu lalu Pemko Pekanbaru mencanangkan Pekanbaru Bebas Sampah. Apel persiapan Pekanbaru Bebas Sampah dengan melibatkan Babinsa dan Bhabinkamtibmas digelar di halaman Rumah Tuan Kadi, pinggiran Sungai Siak, Minggu (19/6/2022).

"Kegiatan itu merupakan aplikasi nyata dari Pemko. Kami mencanangkan Pekanbaru Bebas Sampah," kata Muflihun.

Dalam apel itu, masing-masing kecamatan diminta segera beraksi membersihkan sampah di kawasannya. Pembersihan sampah tak perlu dilakukan dalam waktu serentak. Waktu pembersihan sampah di tiap kecamatan dapat dilakukan di waktu berbeda. Tak hanya pihak kecamatan, Pemko juga melibatkan instansi vertikal seperti TNI dan Polri. Anggota Babinsa dan Bhabinkamtibmas dilibatkan dalam aksi Pekanbaru Bebas Sampah ini.

Selesaikan Sampah Melalui Empat Aksi

Penyelesaian persoalan sampah menjadi penanganan prioritas Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun. Penyelesaian ini diwujudkan Dinas Lingkungan Hidup (DLHK) Kota Pekanbaru melalui empat rencana aksi.

Langkah pertama penyelesaian persoalan persampahan Pekanbaru adalah dengan Pencanangan Gerakan Pekanbaru Bebas Sampah.

"Sebagai upaya mencintai kota Pekanbaru yang bersih indah dan tertata rapi. Kami Penjabat Walikota Pekanbaru, forkopimda dan tokoh masyarakat bertekad mewujudkan Pekanbaru bersih sampah," kata Muflihun.

Usai pencanangan ini, penyelesaian persoalan sampah lalu dilakukan DLHK Kota Pekanbaru melalui empat rencana aksi yang keseluruhannya sudah berjalan sejak Juni 2022 lalu.

Empat rencana aksi ini adalah, pertama, mengurangi dan meminimalisir titik dan tumpukan sampah di sepanjang jalan protokol.

"Kita menempatkan Staf THL pada beberapa titik tumpukan sampah sepanjang jalan protokol. Staf THL bertugas mengawasi dan melarang warga membuang sampah pada lokasi tersebut dan mengalihkan pada TPS mobile yang disediakan," sebut Muflihun.

Langkah kedua adalah penyediaan TPS Mobile. Yakni menyediakan armada pengangkut sampah truk colt diesel sebagai TPS mobile dibeberapa titik pada pukul 19.00 WIB-23.00 WIB.

Ketiga, DLHK Kota Pekanbaru juga membuka akses TPS trans depo yang dikelola oleh dua pihak ketiga. "Kita sudah memerintahkan kepada pihak Ketiga untuk membuka akses TPS trans depo agar masyarakat dapat membuang sampah pada TPS tersebut," jelasnya.

Lokasi TPS trans depo ini adalah untuk zona 1 di TPS trans depo Jalan Riau Ujung. Dan untuk zona dua adalah di TPS trans depo Jalan Palembang.

Terakhir, rencana aksi dijalankan dengan terus mensosialisasikan jam buang sampah dan pewadahan sampah. Dengan membuat surat edaran Walikota Pekanbaru tentang Jam Buang Sampah dan Pewadahan Sampah.

DLHK Lakukan Langkah Atasi Sampah Pekanbaru

Sementara itu Kepala Dinas LHK Kota Pekanbaru Hendra Afriadi mengatakan semenjak Muflihun menjadi Penjabat Wali Kota (Pekanbaru), pihaknya memang sudah diingatkan untuk mengatasi sampah ini. Menurutnya, penjabat wali kota juga sudah memonitor sejumlah langkah dalam penanganan sampah tersebut.

Hendra mengatakan sudah berupaya maksimal salam menangani permasalahan sampah. Dia mengakui kalau soal sampah sudah puluhan tahun menjadi persoalan di Kota Pekanbaru.

"Ini kan bukan pertama kali. Pj Wali Kota yang sekarang sudah memaksimalkan penanganan sampah ini. Buktinya, sudah berkurang tidak seperti dulu lagi," kata Hendra.

Hendra menjelaskan sejak Pj Wali Kota Muflihun menjabat, pihaknya sudah melakukan beberapa langkah terkait penanganan sampah ini. Pertama, melakukan upaya mengurangi sampah yang ada di ruas-ruas jalan protokol dan pemukiman padat penduduk di antaranya mulai mengoptimalkan kinerja pengangkutan sampah.

Menurut dia, pengangkutan sampah dilakukan berkala sesuai waktu yang sudah ditentukan.

"Kami juga menambah armada untuk mengangkut sampah," kata Hendra.

Dia menjelaskan pengangkutan sampah dimulai pukul 05.00 WIB subuh dengan menyisir jalan protokol. "Kemudian Pukul 09.00 WIB itu harus sudah tuntas penyisiran lalu membuang sampah ke TPA yang membutuhkan waktu kurang lebih setengah jam," kata dia.

Setelah jalan protokol, pengangkutan sampah dilanjutkan pada pukul 10.00 WIB dengan melakukan penyisiran di jalan arteri, pemukiman, dan pasar. "Kalau kawasan itu subuh masih padat. Makanya, diangkut pada pukul 10.00 WIB ke atas," kata Hendra.

Pada umumnya, kata Hendra, masyarakat membuang sampah mulai pukul 19.00 WIB hingga pukul 05.00 WIB. Selain memaksimalkan pengangkutan, personel DLHK juga sudah dikerahkan untuk memantau lokasi pembuangan sampah liar yang berada di median jalan protokol.

Dia menyebut ada permasalahan yang dihadapi terkait masih terjadi tumpukan sampah di beberapa titik. "Setelah mobil mengangkut sampah, masih ada lagi mobil, becak masyarakat pengangkut sampah mandiri yang membuang sampah di tempat pembuangan sampah liar itu," beber Hendra.

Oleh karena itu, DLHK Pekanbaru ke depan melalui pihak ketiga bertugas untuk mengangkut sampah akan membangun tempat pembuangan sampah (TPS).

"Alasan masyarakat ini kan selalu tidak ada TPS di dekat tempat mereka tinggal. Maka dari itu, kami akan bangun TPS. Nanti harus buang di sana. Jangan ada lagi tempat pembuangan sampah liar," tegas Hendra.

Selain itu, Pemko Pekanbaru belakangan ini juga bekerja sama dengan Kodim dan masyarakat untuk bersama-sama membersihkan sampah di sekitar tempat tinggal masing-masing.

"Kami sudah tiga minggu ini melaksanakan gotong royong bersama personel Kodim dan masyarakat," tuturnya.

Hendra menambahkan ke depan personel Babinsa, Babinkamtibmas, dan Satpol PP akan melakukan pemantauan di titik rawan pembuangan sampah sembarangan.

"Itu akan kami lakukan. Kemarin juga sudah ada masyarakat yang tertangkap buang sampah sembarangan. Padahal lokasi itu baru saja kami bersihkan secara gotong royong," ungkap Hendra.

"Kita dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Pekanbaru siap dan mendukung arahan Pj wako Pekanbaru dalam penanganan sampah. Target Pj Walikota adalah Piala Adipura, kita dari Dinas LHK akan bekerja keras agar Pekanbaru bersih dan bebas sampah dalam mewujudkan target Pj wako ini," jelas Hendra.

Disampaikan Hendra, berdasarkan data di sistem informasi pengelolaan sampah nasional, pengelolan sampah yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Pekanbaru melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) sudah terbilang baik.

Penanganan itu, jika dibandingkan dengan Kota Medan dengan persentase sampah yang tidak terkelola sebesar 37,10 persen, Kota Pekanbaru terbilang bagus, dengan sampah yang tidak terkelola atau tidak terangkut ke tempat pembuangan sampah hanya sebesar 5,32 persen.

''Ya jika kita bandingkan dengan kota lain, sesuai dengan data yang ada di sistem informasi pengelolaan sampah nasional, ternyata Kota Pekanbaru ini cukup bagus pengelolaan sampahnya. Dimana kita lihat, secara nasional, Kota Pekanbaru ini sudah melebihi target. Contoh kita lihat, pengelolaan sampah atau pengurangan sampah, target nasional itu baru 16,12 persen, kita sudah 23,14 persen. Dan datanya kita sudah diatas itu,'' sebut Hendra.

Namun tentu peran serta dari semua elemen sangat diperlukan untuk menjadikan Kota Pekanbaru bebas dari tumpukan sampah.

"Persoalan sampah merupakan tugas bersama-sama. Dengan adanya tingkat kepedulian yang tinggi dari elemen masyarakat dan stakeholder lainnya, Pekanbaru akan bebas dari sampah," pungkasnya.

Editor : Yusni
Kategori : Advertorial
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Artikel Terkait
0 Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Selasa, 02 November 2021
DPR Ingin Seleksi Calon Anggota KPU-Bawaslu Ciptakan Demokrasi Lebih Baik
Selasa, 02 November 2021
Terima Aspirasi PPPK Guru, DPR Desak Peserta Yang Memenuhi Passing Grade Diluluskan
Senin, 01 November 2021
Komisi III DPR Dukung Langkah Kapolri Perbaiki Institusi Polri
Senin, 01 November 2021
Pimpinan DPR Sebut Kita Bersyukur Indonesia Jabat Presidensi G20

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan
Minggu, 06 Januari 2019
Alam Mayang, Liburan Tak Mesti Keluar Kota

CAKAPLAH TV lainnya ...
Sabtu, 03 Desember 2022
Kanwil DJPb Riau Dukung Desa Pulau Gadang sebagai Desa Berintegritas dan Anti Korupsi
Sabtu, 03 Desember 2022
Bawaslu Rohil Sosialisasikan Peraturan Pengawasan Pemilu 2024 Kepada Awak Media
Sabtu, 03 Desember 2022
Hadir di FBLE, Ini Tanggapan Zulkifli Indra
Sabtu, 03 Desember 2022
Yuliarso Nakhodai Purna Paskibraka Indonesia Pekanbaru, Pelantikan Digelar Pekan Depan

Serantau lainnya ...
Rabu, 30 November 2022
Resep Martabak Telur Roti Tawar, Simpel dan Enak ala Chef Devina Hermawan
Rabu, 30 November 2022
Forum Maxi Pekanbaru Peduli Gempa Cianjur
Selasa, 29 November 2022
Rinaldi dan Chandra Resmi Pimpin Nmax Owner Communitas Periode 2022 - 2024
Rabu, 23 November 2022
Kenali PHA: Kandungan Skincare untuk Kulit Sensitif

Gaya Hidup lainnya ...
Selasa, 08 November 2022
Festival Halloween Itaewon Tewaskan 154 Orang, Ini 4 Festival Berdarah Lainnya yang Tercatat dalam Sejarah
Senin, 05 September 2022
Merindu Wajah Indah Pekanbaru, Muflihun Optimis Raih Piala Adipura
Senin, 29 Agustus 2022
Peringatan HUT RI Ke-77 Jadi Momentum Refleksi Perjuangan Para Pendiri Bangsa
Selasa, 16 Agustus 2022
GALERI FOTO: Dalam Rangka Hari Jadi ke-65 Provinsi Riau, Ribuan Masyarakat Hadiri Dzikir Akbar Bersama Ustaz Das'ad Latif

Advertorial lainnya ...
Kamis, 01 Desember 2022
Kuau Raja, Si Burung Bermata Seratus dari Sumbar yang Terancam Punah
Rabu, 30 November 2022
Mengenal Ubur-ubur Kotak, Makhluk Laut Paling Berbisa di Dunia
Rabu, 23 November 2022
Walau Bersayap, 7 Burung Ini Tidak Bisa Terbang
Senin, 21 November 2022
Kemenkominfo Gelar Literasi Digital, "Tips Digital: WhatsApp For Business"

Tekno dan Sains lainnya ...
Rabu, 30 November 2022
Sambiloto: Si Raja Pahit yang Kaya Manfaat bagi Kesehatan
Senin, 28 November 2022
Dinas P3AP2-KB Riau Luncurkan Aplikasi Perlindungan Perempuan dan Anak
Senin, 21 November 2022
Aksesoris Travelling Yang Wajib Anda Bawa Saat Hujan
Jumat, 18 November 2022
Cegah Sakit di Musim Hujan dengan Mengonsumsi 7 Makanan Mengandung Vitamin B6

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Jumat, 02 Desember 2022
5 Jurusan Kuliah yang Paling Banyak Disesali setelah Lulus, Kamu Bagaimana?
Kamis, 01 Desember 2022
Penggunaan Gedung SMK Revolusi 4.0 SMK Abdurrab Pekanbaru Diresmikan
Kamis, 01 Desember 2022
5 Kampus Paling Diminati di Indonesia
Senin, 28 November 2022
Hendriko Dikukuhkan sebagai Guru Besar Pertama di Politeknik Caltex Riau

Kampus lainnya ...
Rabu, 09 November 2022
Wijatmoko Rah Trisno Pimpin Forum CSR Provinsi Riau
Rabu, 12 Oktober 2022
BDI EMP Bersama Bakrie Amanah Salurkan Santunan Pendidikan Tahap II
Senin, 10 Oktober 2022
Wujudkan Kota Dumai Bersih, BRK Syariah Bantu Pengadaan Sarana Angkutan Sampah Lewat Program CSR
Minggu, 09 Oktober 2022
BSI dan BSI Maslahat Bantu Pembuatan Sumur Bor Yayasan Al Muslimin Dumai

CSR lainnya ...

Pegadaian Oktober 2022
Terpopuler

05

Khas Hotel November 2022
Foto
DPRD Riau 2022 1
Diskes Rohul Agustus 2022
Sabtu, 26 November 2022
Indra Prasta Simpati Gempa Cianjur, Lelang Gitar Kesayangan
Senin, 21 November 2022
Blak-blakan Nia Ramadhani kepada Merry Riana; Terjerat Kasus Narkoba Jadi Mukjizat Bagi Pernikahanku
Sabtu, 19 November 2022
DDV dan Aksa Bumi Langit Gelar Nonton Bersama untuk Anak-anak Kurang Beruntung
Sabtu, 19 November 2022
Nia Ramadhani Ungkap Terjerat Narkoba Bukan Akhir Dunia

Selebriti lainnya ...
DPRD Riau 2022 2
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
BSP - HUT Siak 12 Oktober 2022
Jumat, 02 Desember 2022
Lima Waktu Mustajab untuk Berdoa
Jumat, 02 Desember 2022
Amalan Hari Jumat yang Disunnahkan Rasulullah
Jumat, 18 November 2022
Pegadaian Tawarkan Produk Arrum Haji, Cicilan hanya Rp22 Ribu Perhari
Senin, 31 Oktober 2022
Forum Pekanbaru Kota Bertuah Taja Peringatan Maulid Nabi

Religi lainnya ...
DPRD Riau Hari Kesehatan Nasional 2022
Indeks Berita
DPRD Riau HUT BRIMOB 2022DPRD Riau HGN 2022HUT RI 77 - APRIL RAPPPertaminaHUT Riau 2022 - PT SPR
www www