Jumat, 29 Maret 2024

Breaking News

  • Catatan Banjir Terparah, Bupati Zukri: Ini Harus jadi Perhatian Pemerintah Pusat   ●   
  • Jalan Sudirman Ujung Tergenang Banjir, PUPR Riau Turunkan Ekskavator Amfibi Bersihkan Parit   ●   
  • Akibat Galian IPAL, Jalan Ahmad Dahlan dan Balam Ujung Pekanbaru Ambruk   ●   
  • Berhasrat Ikut Pilgub Riau, Syamsurizal Incar Septina jadi Wakil
Agung Nugroho - Ramadan 2024M

Gerakan Sekolah Rohil Dalam Program Adiwiyata
Senin, 03 Desember 2018 20:43 WIB
Gerakan Sekolah Rohil Dalam Program Adiwiyata
ROHIL (CAKAPLAH) - Adiwiyata adalah salah satu program Kementerian Lingkungan Hidup dalam upaya rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dahulu dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Dalam program ini diharapkan setiap warga sekolah dapat ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat dan menghindarkan dampak lingkungan yang negatif.

Tujuan Program Adiwiyata adalah menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah agar menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah (guru, murid dan pekerja lainnya), sehingga dikemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggung jawab dalam upaya – upaya penyelamatan lingkungan dan pembangunan berkelanjutan.

Untuk menjadi sekolah adiwiyata nasional, tentu bukanlah sebuah perkara yang mudah. Dibutuhkan partisipasi dari semua stakeholder, mulai dari tenaga pendidik dan kependidikan, peserta didik, komite sekolah, masyarakat sekitar dan pihak – pihak lainnya.

Sekolah adiwiyata nasional diberikan apabila telah melewati seleksi sekolah adiwiyata tingkat kota/kabupaten, provinsi, dan nasional. Dalam penilaian adiwiyata, ada beberapa kriteria yang digunakan, diantaranya: kebijakan berwawasan lingkungan, pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan, kegiatan lingkungan berbasis partisipatif, dan pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan.

Untuk memenuhi keempat kriteria di atas, ada beberapa langkah yang dapat ditempuh, diantaranya: Pertama. Menetapkan visi, misi, dan tujuan sekolah yang berwawasan lingkungan dan diketahui oleh seluruh warga sekolah.

Kedua. Mengintegrasikan aspek lingkungan hidup ke dalam kegiatan pembelajaran di sekolah. Struktur kurikulum di sekolah wajib memuat pelestarian fungsi lingkungan, mencegah terjadinya pencemaran dan kerusakan lingkungan.

Hal ini berarti setiap guru, baik untuk kelompok mata pelajaran wajib (adaptif, normatif, produktif), maupun muatan lokal dan pengembangan diri wajib memasukkan unsur lingkungan ke dalam rencana pelaksanaan maupun selama kegiatan pembelajaran.

Ketiga. Menyelenggarakan kegiatan berbasis lingkungan yang melibatkan multipihak. Pihak yang dimaksud meliputi tenaga pendidik dan kependidikan, peserta didik, komite sekolah, masyarakat sekitar, dan pihak-pihak terkait lainnya seperti institusi pendidikan, Badan Lingkungan Hidup, Dinas Pendidikan, Unit Pengelolaan Sampah (Bank Sampah), media, dan lain – lain.

Keempat. Mengembangkan sarana pembelajaran yang ramah lingkungan seperti ruang kelas yang memiliki ventilasi yang baik. Selain itu, kondisi di luar ruang kelas juga harus nyaman dan sehat misalnya dengan menyediakan ruang terbuka hijau, toilet yang bersih, sekolah yang bebas dari polusi dan pencemar, adanya kantin sehat, dan sistem sanitasi yang baik.

Kelima. Mengembangkan kreativitas dan inovasi dalam mencegah dan mengatasi masalah lingkungan hidup. Kreativitas dan inovasi ini misalnya dalam bentuk pengelolaan limbah, pemanfaatan sumber energi alternatif, maupun penemuan teknologi terbaru.

Keenam. Warga sekolah diminta secara aktif berpartisipasi dalam mengikuti maupun menyelenggarakan kegiatan berbasis lingkungan. Kegiatan ini bisa dalam bentuk aksi bersih, penanaman, pengolahan limbah, maupun kegiatan lomba – lomba bertemakan lingkungan.

Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Rokan Hilir (Rohil) siap menjadikan daerah Rohil sebagai sekolah Kabupaten Adiwiyata di Propinsi Riau.

"Sekolah Adiwiyata merupakan sekolah yang unggul dalam Pendidikan Lingkungan Hidup serta kepedulian sekolah terhadap lingkungan tempat tinggalnya. Saat ini ada 18 sekolah yang sedang dilakukan pembinaan untuk tingkat Kabupaten dan 16 sekolah untuk pembinaan tingkat nasional," kata Suwandi.

Dijelaskan Suwandi, tujuan dari program adiwiyata ini adalah menjadikan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan, sehingga semua warga sekolah harus peduli terhadap lingkungan dan berbudaya lingkungan.

Program ini dicanangkan untuk mengembangkan lingkungan belajar yang sehat, aman, nyaman,dan menyenangkan, sehingga diharapkan adiwiyata mampu menciptakan Lingkungan belajar yang ideal dan baik untuk memperoleh segala ilmu pengetahuan dan berbagai norma dan etika. Dengan adanya ilmu yang dimiliki masing-masing siswa kiranya dapat diterapkan di rumah dan di Lingkungan tempat tinggalnya.

"Alhamdulillah Tahun 2018 ini Pemkab Rohil melalui Dinas Lingkungan Hidup mengusulkan calon sekolah Adiwiyata Propinsi Riau sebanyak 6 sekolah. Rohil siap menjadi sekolah Kabupaten Adiwiyata Propinsi Riau," ujarnya.

50 Sekolah Adiwiyata Terprogram
 
Suwandi juga menjelaskan, dari data yang ada di DLH Kabupaten Rohil sampai tahun ini sudah hampir 50 Sekolah Adiwiyata terprogram, baik dari tingkat Kabupaten, maupun Tingkat Provinsi, bahkan Tingkat Nasional, maka dari itu sudah layak kabupaten Rokan Hilir untuk dicanangkan sebagai sekolah Kabupaten Adiwiyata.

"Pencanangan Program Adiwiyata ini akan kita laksanakan pada saat hari Lingkungan Hidup Sedunia tingkat Kabupaten Rohil," kata Suwandi.
 
 
Adapun 6 sekolah yang masuk dalam usulan calon sekolah Adiwiyata Propinsi Riau Tahun 2018 adalah SD Negeri 008 Teluk Pulau Hulu, MTs Negeri Ujung Tanjung Filial Bagan Sinembah, SMA Negeri 2 Pujud, SMK Negeri 1 Rimba Melintang, SD Swasta Harapan Bangko Pusako dan SD Swasta Bina Siswa Balam Sempurna Kecamatan Balai Jaya.

Sebanyak enam sekolah di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) mendapatkan penghargaan Adiwiyata tingkat nasional oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Kepala Dinas DLH Rohil, Suwandi, S.Sos akan mendampingi sekolah guna menerima penghargaan bergengsi itu dari Menteri KLHK.

Menurut keterangan Suwandi, DLH Rohil mengajukan 12 sekolah untuk mengikuti program sekolah Adiwiyata tingkat nasional. Namun, hanya 6 sekolah yang berhasil menyabet penghargaan sekolah Adiwiyata mandiri tersebut.

"Alhamdulillah, dari 12 sekolah Adiwiyata yang kita usulkan untuk mengikuti lomba sekolah Adiwiyata tingkat Nasional, 6 sekolah berhasil memperoleh sertifikat Sekolah Adiwiyata Nasional. Hal itu kami ketahui dari surat pemberitahuan hasil verifikasi administrasi dari Pusat Pelatihan Masyarakat Dan Pengembangan Generasi Lingkungan KLH Nomor: S.402/LATMAS/PGL/SDM.2/11/2018," kata Suwandi.

Dirinya menyebutkan, untuk penyerahan sertifikat rencananya akan dilaksanakan pada bulan Desember 2018 nanti di Kementerian Lingkungan Hidup. Biasanya, sekolah yang mendapatkan sertifikat akan diundang.

Untuk tahun ini, selain 6 sekolah yang memperoleh sertifikat sekolah Adiwiyata Nasional, juga ada 5 sekolah yang memperoleh sertifikat Adiwiyata provinsi yang dimulai  dari jenjang sekolah SD, SMP dan SMU.

Adapun tujuan dari program sekolah Adiwiyata sejak digalakan oleh pemerintah pada Tahun 2006, dijelaskan Suwandi untuk menjadikan pendidikan yang berbasis lingkungan. Program sekolah Adiwiyata tersebut baru diterapkan di Rokan Hilir pada Tahun 2014.

"Penerapan program sekolah Adiwiyata sejak digalakkan pemerintah dari tahun 2006. Hanya saja, Rokan Hilir baru menerapkan program tersebut pada Tahun 2014 dibeberapa sekolah yang bertujuan untuk menjadikan pendidikan yang berbasis lingkungan.

Diharapkan peserta didik dapat memberikan contoh dan teladan yang baik bagaimana mengelola lingkungan disekolah yang bermuara pada pengembangan cinta lingkungan sampai ke lingkungan rumah tempat tinggal, tingkat RT sampai tingkat Kepenghuluan yang disebut Proklim," katanya.
 
 
2021 Seluruh Sekolah Ditarget Raih Sekolah Adiwiyata

Suwandi  menargetkan, pada tahun 2021 semua sekolah yang ada di Rokan Hilir diharapkan akan menjadi sekolah Adiwiyata. Prestasi yang diperoleh sejak diterapkan program sekolah Adiwiyata di Rohil dari Tahun 2014-2018 sudah memperoleh 26 sekolah Adiwiyata Nasional, 41 sekolah Adiwiyata provinsi dan 70 sekolah Adiwiyata Kabupaten. Untuk itulah Bupati Rohil mencanangkan Kabupaten Rohil menjadi Kabupaten Adiwiyata.

"Dengan prestasi yang diperoleh, diharapkan pada tahun 2021 semua sekolah di Rohil menjadi sekolah Adiwiyata. Untuk itulah DLH Rohil minta bantuan Bupati untuk mencanangkan kabupaten Rohil menjadi kabupaten Adiwiyata," harapnya.

Kepala Dinas lingkungan Hidup Rohil Suwandi mengatakan, keikut sertaan kabupaten Rohil mulai Tahun 2014 sampai tahun ini, Rohil telah memiliki 63 sekolah Adiwiyata disebut tingkatan, dimulai dari SD, SMP, SMA sederajat, yang terdiri dari 8 sekolah Adiwiyata Nasional, 26 sekolah Adiwiyata provinsi dan 29 sekolah Adiwiyata kabupaten

Pada tahun 2018 ini juga kami sudah membina dan menilai sebanyak 20 sekolah Adiwiyata kabupaten dan untuk provinsi kita sudah mengusulkan 5 sekolah Adiwiyata dan sudah selesai dinilai oleh TIM provinsi beberapa bulan yang lalu. Pada bulan agustus 2018 kita akan mengusulkan sekolah Adiwiyata tingkat Nasional, Rohil mempunyai 26 sekolah yang bisa diusulkan jadi sekolah Adiwiyata tingkat Nasional.

“Oleh sebab itu kepada Bupati Rokan Hilir untuk mencanangkan Rokan Hilir sebagai Kabupaten Adiwiyata," pinta suwandi

Berikut 20 sekolah Adiwiyata tingkat kabupaten Rokan Hilir Tahun 2018 yang menerima penghargaan :

1. MAN 1 Rokan Hilir kecamatan Bangko dengan nilai 72
2. SMP. Negeri 3 Bangko kecamatan Bangko dengan Nilai 72
3. SMP.Negeri 4 Bangko kecamatan Bangko dengan Nilai 72
4. SD.Negeri 006 Raja Bejamu kecamatan sinaboi dengan Nilai 72
5. SD.Negeri 007 serusa mati kecamatan sinaboi dengan nilai 71
6. SD.Negeri 12 Tanjung Medan kecamatan Tanjung Medan dengan nilai 71
7. SD.Negeri 006 Bagan Barat kecamatan Bangko dengan Nilai 70,5
8. SMA. Negeri 3 Bangko Pusako kecamatan Bangko pusako dengan Nilai 69
9. SD. Negeri 001 Bagan Kota kecamatan Bangko dengan Nilai 69
10. MTS Darul Taqwa sekeladi kecamatan Tanah putih dengan Nilai 68,75
11. SD Negeri 017 Bagan punak meranti kecamatan Bangko dengan Nilai 68
12. SD Negeri 028 serusa kecamatan Bangko dengan Nilai 68
13. SD Negeri 003 Bagan Hulu kecamatan Bangko dengan Nilai 66,5
14. SMK Negeri 1 Bangko kecamatan Bangko dengan Nilai 65
15. MTS Nurul pitri Bangko Pusako kecamatan Bangko pusako dengan Nilai 60,5
16. SD Negeri 016 Pematang singkatkecamatan Rimba melintang dengan Nilai 59
17. SD 017 Negeri 011 parit Aman kecamatan Bangko dengan Nilai 59
18. SD Negeri 005 Teluk Dalam kecamatan pujud dengan Nilai 58,5
19. SMP Negeri 5 Rimba melintang kecamatan Rimba melintang dengan Nilai 57
20. SD Negeri 008 suak Temenggung kecamatan pekaitan Nilai 57

Selanjutnya penerima penghargaan sekolah Adiwiyata tingkat sekolah kabupaten Rokan Hilir Tahun 2017

1. SD swasta Harapan Bangko kecamatan Bangko dengan Nilai 68,75
2. SD Swasta Bina Siswa kecamatan Balai jaya dengan Nilai 65,25.

Tahun 2018 ini Dinas Lingkungan Hidup menargetkan beberapa Program unggulan yang harus kita sukseskan bersama, antara lain:

1. Menjadikan 20 sekolah Adiwiyata juara tingkat Nasional, dan 2 sekolah menjadi Adiwiyata Mandiri,serta Proklim Rohil berprestasi kembali di tingkat Nasional.

2. Kembali Beroperasi Laboratorium Lingkungan untuk dapat meraih Predikat Akreditasi, sehingga semua pelaku usaha bisa melakukan uji sampel di Lab yang ada di Rohil sehingga bisa meningkatkan PAD.

3. Melakukan Pembinaan kepada  pelaku usaha termasuk PKS agar taat dan patuh dalam pengelolaan Lingkungan, termasuk memberikan peringatan dan Hukuman terhadap pelaku usaha yang lalai dalam mengelola limbah dan Merusak Lingkunga. (ADV/HUMAS)

Penulis : Sagala
Editor : Jef Syahrul
Kategori : Advertorial
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Artikel Terkait
Sabtu, 11 Mei 2019 15:08 WIB
Disdukcapil Rohil Terus Benahi Pelayanan
0 Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Jumat, 29 September 2023
Komisi II Usul Kementerian ATR/BPN dan KLHK Kolaborasi Selesaikan Redistribusi Tanah
Jumat, 29 September 2023
Setjen DPR Berikan Perhatian Terhadap Pensiunan Melalui P3S
Kamis, 28 September 2023
TikTok Shop Cs Dilarang, Ketua DPR Berharap Aturan Baru Ciptakan Keseimbangan Pasar Digital dan Konvensional
Kamis, 21 September 2023
Ancaman DBD Meningkat, Puan Dorong Sosialisasi Masif Tekan Risiko Kematian

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 07 November 2023
Riau Terima Penghargaan Bhumandala Award 2023
Senin, 12 Desember 2022
Kapolda Riau Resmikan Kantor Pelayanan Terpadu Polres Rohil di Bagansiapiapi
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'

CAKAPLAH TV lainnya ...
Jumat, 29 Maret 2024
Ombudsman Sebut Jakarta Tetap jadi Daerah Khusus Meski RI Sudah Pindah Ibukota
Jumat, 29 Maret 2024
Ikafe Unri Bagikan Ratusan Paket Sembako Ramadhan
Jumat, 29 Maret 2024
Iwapi Riau Berbagi Kasih di Bulan Ramadan, 100 Paket Sembako Dibagikan
Kamis, 28 Maret 2024
Jelang Pilkada, Subdit Politik Dir Intelkam Polda Riau Silaturahmi dengan Pengurus Partai Gelora Rohul

Serantau lainnya ...
Jumat, 29 Maret 2024
Pengusaha Wanita di Riau Bagi-bagi Takjil Gratis kepada Pengguna Jalan
Kamis, 28 Maret 2024
RAFI 2024, Telkomsel Berbagi Harapan dan Perkuat Semangat Kebersamaan
Rabu, 27 Maret 2024
Kick Off Riau Sharia Week 2024, BI Gelar Capacity Building Nazhir Wakaf Produktif
Kamis, 21 Maret 2024
Eka Hospital Pekanbaru Beri Kiat Olahraga Saat Puasa

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 02 Maret 2023
Wadah Menyalurkan Bakat, Ketua DPRD Riau Yulisman Hadiri Festival Musik Akustik di SMA Negeri 1 Pasir Penyu Inhu
Rabu, 01 Maret 2023
Rapat Paripurna, DPRD Provinsi Riau Umumkan Reses Masa Persidangan I Tahun 2023
Selasa, 28 Februari 2023
Kunjungi Kemendikbud, Komisi V DPRD Riau Bahas Persoalan PPDB
Kamis, 23 Februari 2023
Disdik Gelar Pelatihan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru SD Se-Kota Pekanbaru

Advertorial lainnya ...
Kamis, 29 Februari 2024
Telkomsel dan ZTE Wujudkan Pengalaman Gigabit yang Andal dan Efisien
Selasa, 20 Februari 2024
Samsung Hadirkan Galaxy S24 Series dengan Kecerdasan Software Canggih
Jumat, 09 Februari 2024
Apple Kembangkan 2 Prototipe iPhone Lipat Bergaya Flip
Kamis, 01 Februari 2024
Samsung Buka-bukaan Soal Keunggulan Exynos 2400 di Galaxy S24 dan S24+

Tekno dan Sains lainnya ...
Kamis, 22 Februari 2024
Pemula di Dunia Yoga? Inilah Panduan Cara Memilih Matras Yoga yang Tepat
Sabtu, 27 Januari 2024
Cegah Resistensi, Gunakan Obat Antibiotik dengan Bijak
Senin, 15 Januari 2024
14 Persiapan Penting Awal Kehamilan untuk Calon Ibunda dan Buah Hati
Minggu, 17 Desember 2023
Liburan Sekolah Makin Meriah, Ratusan Peserta Ikuti Khitanan Massal

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Selasa, 26 Maret 2024
BPH UMRI Gelar Lomba Ibadah Praktis Sesuai Tuntunan HPT
Senin, 25 Maret 2024
Berhadiah Umrah dan Beasiswa, Umri Gelar Lomba Tahfidz Alquran
Kamis, 21 Maret 2024
UPT Promosi dan Penerimaan Mahasiswa Baru UMRI Taja Ifthor Jama’i
Jumat, 08 Maret 2024
Semarakkan Ramadan 1445 H, Umri Undang UAS hingga Santuni Seribu Dhuafa

Kampus lainnya ...
Rabu, 03 Mei 2023
Kompilasi Semarak Silaturahmi Satu HATI, CDN Bangkinang Santuni Anak Yatim
Rabu, 05 April 2023
Safari Ramadan, PT Musim Mas Salurkan Paket Sembako untuk Anak Yatim dan Fakir Miskin
Selasa, 04 April 2023
Telkomsel Siaga Rafi Sumbagteng Salurkan CSR untuk Panti Jompo bersama Dompet Dhuafa Riau
Jumat, 03 Maret 2023
Tingkatkan Kesehatan dan Budaya Lokal, Bank Mandiri Serahkan Bantuan ke Posyandu dan Grup Rebana

CSR lainnya ...
Jumat, 09 Februari 2024
Lika-liku 7 Perjalanan Asmara Ayu Ting Ting hingga Tunangan dengan Anggota TNI
Minggu, 28 Januari 2024
Huh Yunjin Bak Sehati Dengan Han So Hee Kala Cuma Pakai Dalaman Di Trailer LE SSERAFIM
Sabtu, 27 Januari 2024
Gigi Hadid dan Bradley Cooper Tak Sungkan Perlihatkan Kemesraan
Rabu, 24 Januari 2024
Park Ji-hyun Ungkap Persiapan Membinangi Drama Terbarunya

Selebriti lainnya ...

Iklan CAKAPLAH
Terpopuler
Foto
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Senin, 14 Agustus 2023
Pengurus Masjid Nurul Ikhlas Kubang Minta Tunjuk Ajar ke Wagubri
Sabtu, 12 Agustus 2023
Gebyar Kandis Bersholawat Bakal Dihadiri Ribuan Jemaah NU
Senin, 31 Juli 2023
Mualaf Riau Butuh Pembinaan, Begini Caranya...
Sabtu, 29 Juli 2023
Mantan Wawako Pekanbaru, Ayat Cahyadi Turut Saksikan Pengukuhan Pengurus Masjid Al-Hamidah Rejosari

Religi lainnya ...
Rabu, 13 Maret 2024
Kepala BKPSDM Pekanbaru Harapkan Kinerja ASN Maksimal Selama Bulan Ramadan
Jumat, 08 Maret 2024
Pemko Pekanbaru Sudah Tetapkan Jam Kerja ASN Selama Ramadan 1445 H
Rabu, 28 Februari 2024
Pemko Pekanbaru Masih Tunggu Juknis Pusat Terkait Seleksi CPNS dan PPPK
Selasa, 27 Februari 2024
Kepala BKPSDM Dampingi Pj Walikota Terima Penghargaan Anugerah Kualitas Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Tahun 2023

Galeri Foto lainnya ...
Indeks Berita
www www