Senin, 17 Desember 2018

Breaking News

  • Insiden Perusakan Baliho Demokrat, AHY Susul SBY ke Riau   ●   
  • Plt Gubri: Hari Pahlawan Momentum Menebar Rasa Cinta Tanah Air   ●   
  • Hari Ini Riau Masih Berpotensi Diguyur Hujan   ●   
  • Walikota Terbitkan SE Moratorium PNS Pindah Masuk ke Pemko Pekanbaru   ●   
  • Waspadai HIV/AIDS dan LGBT, Disdik Minta Guru dan Orang Tua Awasi Anak Didik   ●   
  • Selundupkan Sabu-sabu dari Malaysia, Warga Asal Aceh Diciduk KPPBC Dumai   ●   
  • Tak Bayar Pajak, Bapenda Segel Tiang Reklame di Pekanbaru   ●   
  • Pemkab Bengkalis Galang Dana Rp263 Juta untuk Korban Bencana di Sulteng   ●   
  • PAN Riau Sayangkan DPRD Kuansing Lambat Memproses PAW Andi Nurbay   ●   
  • BPBD Riau Kirim Kantong Mayat dan Bantuan Logistik ke Daerah Siaga Darurat Banjir
Muhibbah
Polling
polling presiden 2019 Siapakah Pasangan Capres dan Cawapres 2019 Pilihan Anda?


Sinmardi Taman, Prajurit Terakhir dari Tanjung Belit
Senin, 20 Maret 2017 16:49 WIB
Sinmardi Taman, Prajurit Terakhir dari Tanjung Belit
Sinmardi Taman/Pek Sing Tjong/ Alek

Mengenal Sosok Veteran Tionghoa Riau, Sinmardi Taman (Pek Sing Tjong/ Alek)

Rabu, (15/3) Pukul 04.15 WIB, Sinmardi Taman/ Pek Sing Tjong/ Alek menghembuskan nafas terakhir. Ia wafat dalam usia 89 Tahun di kediaman Jalan Ir. H. Juanda 45 Pekanbaru. Semasa hidupnya, Sianmardi tidak hanya dikenal sebagai seorang pengusaha sukses, namun juga dermawan yang memiliki jiwa social tinggi. Ia juga tercatat sebagai veteran dari etnis Tionghoa yang ikut memperjuangakan dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia dalam penjajahan bangsa asing.

Sinmardi Taman merupakan sosok pribadi yang tangguh, gigih, ulet dan pantang menyerah. Ia juga dikenal sebagai pengusaha yang sukses. Dari tangan dinginnya berhasil mendirikan sejumlah perusahaan bisnis. Pria kelahiran Desa Tanjung Belit (Bengkalis) 12 Juni 1928 ini juga dikenal sebagai sosok yang peduli dalam bidang social dan masyarakat.

Pak Alek begitu sapaan akrabnya ini adalah putra dari pasangan Pek Tiam Po (alm) dan Tan Kim Huat (almh). Anak kedua dari Lima bersaudara ini menyelesaikan pendidikan di Sekolah Desa pada Tahun 1943 di Desa Lubuk Muda tempat kelahirannya. Masa kecilnya itu dibayang-bayangi penjajahan Jepang yang masuk ke Indonesia. Anak-anak setempat tidak dibenarkan sekolah dan wajib masuk Militer menjadi tentara Hai Ho, termasuk dirinya. Namun Alek bersama para pemuda waktu itu dengan gigihnya berjuang mengusir penjajahan Jepang. Kala itu, ia tidak langsung melakukan kontak senjata dengan tentara Jepang. Ia sebagai pedagang yang dipercayakan untuk mencari senjata dari negeri seberang (Malaysia dan Singapura).

Ia juga mendapat kepercayaan mempersiapkan perbekalan dan kebutuhan lainnya untuk para pejuang. Dia banyak membantu dalam penyediaan bahan makanan maupun pasokan senjata dalam mengusir penjajah sampai Indonesia merdeka.

Pangkat terakhir Pek Sing Tjong adalah Anggota Perhubungan NRP dengan jabatan Supply Persenjataan/ Perbekalan Yon II Res IV Div IX, Yon III Sub ter V. Pek Sing Tjong juga merupakan anggota TNI/ KPG (1974-1949). Atas jasa-jasanya yang sangat besar dalam memperjuangkan dan mempertahankan RI, Sinmardi Taman dianugerahi Bintang Veteran RI oleh Pemerintah Indonesia serta empat penghargaan. Anggota Veteran sejak 17 Agustus 1945 ini juga dianugerahi beberapa piagam.

Pek Sing Tjong bertemu Tan Ka Ho (almh) di Tanjung Belit. Tepat 12 Desember 1949, Pek Sing Tjong mempersunting Tan Ka Ho. Menjadi istrinya. Dari pernikahan ini, mereka dikaruniai lima anak. Yakni Pek Yi Choon, Pek Cuan Siong, Pek Li Chu, Pek Ming Chiok, dan Pek Che Gi. Kemudian, Pek Sing Tjong bertemu dengan Rosna (Rusnah). Mereka menikah pada 18 Oktober 1962 di Desa Tanjung Belit Kecamatan Bukit Batu Kabupaten Bengkalis. Dari pernikahan ini, Sinmardi dan Rosna dikarunia lima anak. Yakni Pek Popo, Pek Ana, Pek Ik Chen, Pek Sanho dan Pek I Lim.

Sebagai peagang, Alek/ Sinmardi Taman sering bolak balik dari Tanjung Belit ke Pekanbaru atau ke Singapura. Bisa beberapa hari bahkan berbulan-bulan. Selain bersagang, Sinmardi taman (alm) dan istrinya Rosna waktu itu juga berprofesi sebagai penyadap karet. Mereka juga membeli karet dari masyarakat. Ia juga memiliki kapal bernama Hameda yang membawa penumpang dari Pekanbaru ke Bengkalis.

Tahun 1963 terjadi peristiwa konfrontasi Indonesia dengan Malaysia. Alek pun ikut bergabung bersama Pemuda Lubuk Muda, tanjung Belit. Mereka bersama-sama mengganyang Malaysia keluar dari Indonesia sehingga menjadi aman. Saat pecah pemberontakan G30S PKI tahun 1965, Beliau juga ikut berperan sampai negeri aman.

Tahun 1967, Sinmardi Taman terjun ke dunia usaha perkayuan, mengekspor beberapa jenis kayu. Usahanya itu tidak di rintis sendiri namun bergabung dengan Kasim/ Ke Kok Heng (alm). Pada Tahun 1975-1987 ia juga ikut bergabung sebagai pemegang saham di PT. Siak Raya Timber sekaligus menjadi Direktur Utama PT. Siak Raya Timber. Bersama Rosna, Sinmardi Taman merintis usaha bersama pabrik Sawmill PT. Siak Pakan Raya (1992). Setelah anaknya Ana (Mariya) remaja dan menyelesaikan pendidikan di Singapura, Sinmardi Taman membimbing Mariya dalam merintis usaha. Tahun 1987 PT. Siak Pakan Raya mendapatkan HPH di Duri dan Pasir Pengaraian seluas 46.000 hektare. Sinmardi Taman bersama Rosna pada Tahun 1982 membangun Pabrik Sawmill di KM 18 dengan luas 20 Ha dan pada Tahun 1985 membangun pabrik Sawmill seluas 30 hektare di Simpang Bangko, ia juga mendirikan pabrik Sawmill seluas 4.5 hektare di Teluk Megah. Selanjutnya, Tahun 1988 dia mendirikan Sawmill di daerah Air Panas Pasir Pengaraian seluas 2 hektare.

Sinmardi Taman dan MAriya juga mendirikan enam perusahaan Developer perumahan. Yakni Peputra Jaya di Sungai Mintan (1993-1994), Peputra Raya Jalan Karya I marpoyan (1995), Peputra Maju Jalan Yos Sudarso KM 18 Rumbai (1996), Peputra Indah Jalan Utama Simpang Tiga (1996), Peputra Garden/Taman Peputra Jalan Karya Indah Riau Ujung dan Peputra Wirabima Permai Pasir Putih.

Berada dipuncak kejayaan dan kesuksesan, Penasehat Walubi ini tidak lupa menoleh kebawah. Disamping kesibukan sebagai pengusaha, ia juga terlibat aktif dalam bidang keagamaan. Keinginannya begitu tinggi untuk menjunjung amanat dan ajaran orangtuanya. Ia bersama istrinya Rosna pada Tahun 1982-1985 mendirikan Kelenteng Cetiya Dewa Loka Kiu Sian Tian dengan Dewi Utama Kiu Tian Hian De Cin Sian di kilometer 18 dekat dengan pabrik Sawmillny, PT. Siak Pakan Jaya. Ia juga ikut melakukan pemugaran Kelenteng Ding Yong King dengan altara Utama Dewi Kiu Thian Hian De Cin Sian di tanjung Belit pada Tahun 1992.

Melihat antusiasme masyarakat dan untuk memenuhi kebutuhan umat Buddha dalam melaksanakan ibadah sembahyang serat terima kasih kepada Dewi Kiu Hian De, Sinmardi Taman dan Rosna serta anak ketujuhnya Mariya mendirikan tempat ibadat yang cukup megah di Jalan Karya Indah Riau Ujung, Tampan dengan altar utama Dewi Kiu Thian Hian De Cin Sakti/ Giok Ong Kiu Sian Tian perayaan ulang tahun dirayakan dua kali yaitu pada bulan 9 tanggal 9 Imlek dan bulan 1 tanggal 15 Imlek.

Ia tercatat sebagai donator untuk pembangunan beberapa Vihara, sekolah dan organisasi lainnya. Yakni membantu pembangunan T.I.TD Vihara Sam Ong Huu Selat Panjang. T.I.TD Vihara Hock Poh Kiong Desa Pedekik Bengkalis, T.I.TD Vihara Shin Wi King Duri, pembangunan Sekolah Dharma Loka Pekanbaru, Vihara Sam Ong Huu Pekanbaru dan Vihara Lo Cia Kong. Ia juga menghibahkan tanahnya untuk Yayasan Panca Bhakti Pekanbaru. Sinmardi Taman juga tercatat sebagai pelopor berdirinya Majelis Rohaniawan Tridharma Seluruh Indonesia dan perhimpunan Tempat Ibadah se-Indonesia Komisariat Daerah Provinsi Riau yang berdiri pada Tahun 1988. Ia juga menjabat sebagai Ketua PTITD dan Martrisia Komda Riau (1998-2003) dan masa carateker hingga 2006. Pada masa kepemimpinannya berhasil merangkul 66 tempat Ibadat tridharma yang berada di Pekanbaru, Bengkalis, Siak Kecil, Sungai pakning, tanjung Balai, tanjung Pinang dan pulau Buru.

Diusianya yang sudah lanjut, sebelum wafat, Sinmardi Taman juga aktif dalam kegiatan Martrisia dan PTITD Komda Riau. Ia menjabat sebagai penasehat PTITD dan Martrisia Komda Riau periode 2006 hingga akhir hayatnya. Pak Alek berpesan kepada anaknya Mariya “Kembangkan dan jaga semua TITD dan Dewa Dewi dan Hian De Ma dengan baik jangan sampai ada masalah jika ada masalah di TITD dan Dewa Dewi, anda harus turun tangan membantu dan terus berjuang untuk Tridharma. Dan saat ini, PTITD dan Martrisia diketuai oleh Mariya anaknya.

Di akhir hayatnya, Sinmardi Taman (Pek Sing Tjong) alias pak Alek meninggalkan seorang istri, 10 anak, 26 cucu dan 13 cicit. Selamat jalanthe last soldier Thionghoa dari tanjugn Belit. Jasamu akan dikenang sepanjang masa.

Demikian perjalanan hidup Alek/ Sinmardi Taman/ Pek Sing Tjong 1928-2017 yang begitu bijaksana, begitu mulia, begitu besar jasa pahalanya terhadap Negara. Kiranya almarhum Alek/ Sinmardi Taman/ Pek Sing Tjong dapat diterima disisi Tuhan dan Kiu Thian Hian De ditempat Kiu Thian Sing Thu.

PERJALANAN KARIR

Anggota Pejuang 45 (1945-1947)

Anggota TNI/KPG (1947-1949)

Berdagang (1950-1974)

Direktur PT Siak Raya Timber (1975-1987)

Direktur Utama PT Taman Ros Indah (1985-2003)

Direktur Utama PT Siak Pakan Raya (1987-1993)

Direktur Utama PT Tamaros Master Indo (1993-2003)

Direktur Utama PT Peputra Masterindo (1993-2003)

Direktur Utama PT Peputra Supra Jaya (1995-2003)

Komisaris Utama PT Marita Makmur Jaya (1997-2008)

Ketua Perhimpunan Tempat Ibadah Tridharma Se-Indonesia dan Majelis Rohaniwan Tridharma Seluruh Indonesia Komisariat Daerah Provinsi Riau periode 1998-2003

Carateker Ketua Perhimpunan Tempat Ibadah Tridharma Se-Indonesia dan Majelis Rohaniwan Tridharma Seluruh Indonesia Komisariat Daerah Provinsi Riau hingga tahun 2006.

Penasehat Perhimpunan Tempat Ibadah Tridharma Se-Indonesia dan Majelis Rohaniwan Tridharma Seluruh Indonesia Komisariat Daerah Provinsi Riau periode 2006-2017

Pendiri dan Ketua Yayasan Vihara Tridharma Dewu Sakti

Panesahat Vihara Shin Wi King Duri (2006-2017)

Penasehat di Organisasi Walubi

Penasehat Organisasi Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia Pekanbaru

Penasehat Organisasi Ikatan Keluarga Tionghoa Pekanbaru

Penasehat Organisasi Ikatan Keluarga Panguyuban Tionghoa Bengkalis

PENGHARGAAN

Tanda Penghargaan dari Menteri Pertahanan Republik Indonesia menyatakan Peng Sing Tjong dengan pangkat : Anggota Perhubungan, dengan jabatan Supply Persenjataan/perbekalan yon II Res IV Div. IX. Dianugrahi “Satya Lantjana Peristiwa Perang Kemerdekaan ke I” 5 Oktober 1958

Surat Tanda Penghargaan Menteri Pertahanan Republik Indonesia memberikan anugrah Stya Lantjana peristiwa perang Kemerdekaan Negara ke 2 dengna jabatan supplay Persendjataan/pembekalan yon III sub. Terr. V Riau, tanggal 5 Oktober 1958.

Piagam dari Presiden Republik Indonesia. Surat Tanda Djasa Oahlawan. Atas Jasanya di dalam perjuangan gerilya membela Kemerdekaan Negara. Jabatan supplay persenjataan/perbekalan, tanggal 5 Oktober 1958

Departeman Pertahanan Keamanan Petikan Surat Keputusan No. skep/VIII/1981 tentang pengakuanm pengesahan dan penganugrahan gelar kehormatan Veteran pejuang kemerdekaan RI jeoada Oek Sing Tjong tanggal 15 Agustus 1981.

Piagam dari “Pimpinan Pusat Legiun Veteran Republik Indonesia” nomor skep-II/MBLV/V/2/1988 jabatan: Donatur/Anggota LVRI Macab LVRI Kodya Pekanbaru, yang dianugrahi Satya Lencana Legiun Veteran Republik Indonesia tanggal 29 Desember 1995.

Mendapat penghargaan berupa tanah dari pemerintah sebidang tanah dengan No. Kapling 4328/1995

Editor : arya
Sumber : Riau Pos
Kategori : Advertorial
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Polling
Siapakah Pasangan Capres dan Cawapres 2019 Pilihan Anda?

Artikel Lainnya
1 Komentar

Soeharjono Adjie Soerjo


Minggu, 26 Maret 2017 08:22 WIB
Kami sangat terkesan atas perjuangan dan pengorbanan jiwa raga untuk Kemerdekaan Indonesia,yang tak pernah Menyerah. Sungguh bangga atas. Perjuangan nya,maka bagaimana pun juga engkaulah salah satunya diantara Pahlawan2x Nasional lainnya. Yang Berjasa bagi Bangsa & Negara. Selamat Jalan Pahlawanku Alm. Bpk.Sinmardi Taman.....Kami doakan semoga Bahagia bersama Tuhan YME. Dan Kelg.yg ditinggal kan diberi Ketabahan Lahir bathin. Amin...Amin... Turut bela sungkawa , kami,Soeharjono Adjie Soerjo.

Berita Pilihan
Sabtu, 01 Desember 2018
Bertambah Satu Lagi, Sudah 8 Mayat Ditemukan Mengapung di Perairan Bengkalis
Sabtu, 01 Desember 2018
Mogok, Wanita Cantik Ini Gendong Sepeda Motor Menuju Rumah
Sabtu, 01 Desember 2018
PP P3K Sudah Diteken, Guru Usia 35 Tahun Bisa Jadi Pegawai Pemerintah
Sabtu, 01 Desember 2018
Nelayan Kembali Temukan Tiga Mayat di Perairan Bengkalis
Rabu, 21 November 2018
Setelah Jalani Tes Psikometrik dan FGD, Besok Calon Anggota KPU Diwawancara
Rabu, 21 November 2018
Korupsi Dana UED-SP, Mantan Kades Putri Sembilan Dituntut 7 Tahun Penjara
Rabu, 21 November 2018
Ini Nama-nama Pejabat Pemko Pekanbaru yang Baru Dilantik
Rabu, 21 November 2018
300 Guru dari 12 Sekolah Upgrade Pengetahuan Tentang Generasi Z
Rabu, 21 November 2018
Masih Ada Pejabat Pekanbaru yang Tolak Dilantik, Ini Kata Sekda
Rabu, 21 November 2018
Petahana Banyak Gagal, Timsel KPU Sebut Itu Soal Personal
Rabu, 21 November 2018
Pengusaha Reklame Nunggak Pajak, Walikota: Ikuti Aturan yang Berlaku di Pekanbaru
Rabu, 21 November 2018
Sepekan Kedepan, Harga TBS di Riau Turun Rp104,94/Kg
Rabu, 21 November 2018
Realisasi APBD Riau 2018, Fisik 78,48 Persen dan Keuangan 61,34 Persen
Rabu, 21 November 2018
Dugaan Kredit Fiktif Rp43 Miliar, Dadang Wahyudi Diperiksa Jaksa
Rabu, 21 November 2018
Buntut Transfer Coutinho, Barcelona Dilarang Rekrut Pemain Liverpool
Rabu, 21 November 2018
Mulai Membusuk, 8 Ton Bawang Merah Ilegal Dimusnahkan
Rabu, 21 November 2018
Polsek Mandau, Bengkalis Tangkap Oknum Polisi Terlibat Kasus Shabu
Rabu, 21 November 2018
DPRD dan Pemprov Riau Teken KUA PPAS APBD 2019, Berikut Rinciannya
Rabu, 21 November 2018
Realisasi Penerimaan PKB di Riau Capai Rp912 Miliar
Rabu, 21 November 2018
Kades Baru di Bengkalis Tak Bisa Langsung Ganti Perangkat Desa
Rabu, 21 November 2018
Sebelum Curi Kotak Infak Musholla, Aldi Pura-Pura Sholat Dhuha
Rabu, 21 November 2018
TKD Jokowi-Ma'ruf Amin Berencana Datangkan Jusuf Kalla ke Riau
Rabu, 21 November 2018
DPD Pengajian Al Hidayah Riau Laksanakan Pelatihan Penyelenggaraan Jenazah
Rabu, 21 November 2018
Jabatan Kabag Protokol dan Humas Pemko Pekanbaru Dijabat Plt, Ini Nama Pejabatnya
Rabu, 21 November 2018
Jokowi 'Diajari' Beda Grasi dan Amnesti di Kasus Baiq Nuril
Rabu, 21 November 2018
Rapat Paripurna MoU KUA PPAS APBD Riau 2019 Molor
Rabu, 21 November 2018
Wan: TAPD dan Banggar Bekerja Hingga Lima Kali Azan
Rabu, 21 November 2018
Cerita Dua Gharim Berduel dengan Pencuri Kotak Amal di Pekanbaru
Rabu, 21 November 2018
Korsubgah KPK Monitoring Dana Desa, Pendidikan dan Kesehatan di Siak, Bengkalis, Rohil dan Pelalawan
Rabu, 21 November 2018
Timsel Gandeng Polda Riau Tes Psikologi Calon Komisioner KPU Provinsi dan Kabupaten
Jumat, 09 November 2018
KPA Pekanbaru Dukung Usulan FKUB Buat Perda LGBT
Jumat, 09 November 2018
Dengar Guru Honorer Menangis, Sandi Janjikan Ini
Jumat, 09 November 2018
Pendapatan Berkurang, Pemprov Riau Pastikan 2019 Tetap Bisa Membangun
Jumat, 09 November 2018
Politik Memanas, PWNU Riau Imbau Masyarakat Tetap Adem
Jumat, 09 November 2018
Nobar "Hanum dan Rangga", Irvan Herman Ajak Millenial Cintai Film Dalam Negeri
Jumat, 09 November 2018
Rayakan Hari Pahlawan, Persatuan Istri Karyawan Telkomsel Gelar Donor Darah
Jumat, 09 November 2018
Dinilai Abaikan Standar Keselamatan, DPR Desak Pemerintah Cabut Izin Lion Air
Jumat, 09 November 2018
PKS: Penanganan Isu Habib Rizieq oleh Dubes RI Sudah On The Track
Jumat, 09 November 2018
Fotonya Jadi Ikon Perlawanan Palestina, Abu Amr Ditembak Israel
Jumat, 09 November 2018
India Diselimuti Kabut Beracun Usai Perayaan Diwali
Jumat, 09 November 2018
Ditahan Sporting, Arsenal Tetap Melaju dari Babak Grup Liga Europa
Jumat, 09 November 2018
Chelsea Lolos dari Babak Grup Liga Europa
Kamis, 08 November 2018
Mantan Legislator Rohul Ungkap Potensi Kecurangan Pemilu di Wilayah Perusahaan dan Kecurangan Kades
Kamis, 08 November 2018
Pemkab Kuansing Mulai Salurkan Bantuan Bagi Warga Korban Banjir
Selasa, 06 November 2018
Baru Nikah 2 Jam, Pasangan Ini Tewas dalam Kecelakaan Helikopter
Selasa, 06 November 2018
Biadab! Bocah Empat Tahun Diperkosa Massal di RS
Senin, 05 November 2018
Firdaus Izinkan Disnaker 'Jewer' Perusahaan Nakal di Pekanbaru
Senin, 05 November 2018
Paripurna Batal, Septina Kecewa pada Koleganya
Senin, 05 November 2018
Firdaus: Mutasi Akan ada Setiap Waktu
Senin, 05 November 2018
Pedagang di Riau Expo Rugi dan Keluhkan Sepi Pengunjung
Senin, 05 November 2018
Antisipasi Kelangkaan, Polisi Kawal Truk BBM Hingga Pekanbaru
Senin, 05 November 2018
Tak Hadir, 56 Pelamar CPNS Pekanbaru Gugur
Senin, 05 November 2018
Pemuda Pancasila Tegaskan Netral di Pilpres 2019
Senin, 05 November 2018
Dari 2.735 Peserta CPNS Pemprov Riau Hanya 109 Penuhi Passing Grade
Senin, 05 November 2018
Sebar Hoax Tentang Penculikan Anak, Ibu Muda di Dumai Diamankan Polisi
Senin, 05 November 2018
Dilanda Banjir, Petani Kuansing Terancam Gagal Panen
Senin, 05 November 2018
7.000 Korban Banjir di Kuansing Belum Mengungsi
Senin, 05 November 2018
KPU Pekanbaru Pasang APK 16 Parpol di Purna MTQ
Senin, 05 November 2018
Empat Sepeda Motor Disita Saat Operasi Zebra
Senin, 05 November 2018
Ribuan Rumah dan Lahan Sawah di Kuansing Terendam Banjir, BPBD Riau Tak Bisa Bantu
Jumat, 02 November 2018
NTP Riau Turun 1,46 Persen, Petani Riau Defisit
Jumat, 02 November 2018
Protes Jalan Berlubang, Warga Tanam Pisang di Badan Jalan Lembaga Pemasyarakatan
Jumat, 02 November 2018
Banyak OPD Tidak Ikut Riau Expo Karena tak Ada Anggaran
Jumat, 02 November 2018
Kunjungi, Beragam Acara Ramaikan HUT Mal Pekanbaru ke-15
Jumat, 02 November 2018
BMKG: Hujan Deras, Waspada Jika Keluar Rumah
Jumat, 02 November 2018
Dedet: Katanya Satu Tahun Anggaran, Kok Minta Tambah?
Jumat, 02 November 2018
Sandiaga Respons Balik Jokowi Klaim Harga Pangan Stabil
Jumat, 02 November 2018
Aksi Bela Tauhid Jilid II Desak Pembakar Dijerat Pasal Penistaan Agama
Jumat, 02 November 2018
Pangeran Saudi: Kudeta Terhadap Raja Salman Mungkin Terjadi Dalam Waktu Dekat
Jumat, 02 November 2018
Tiga WNI Diculik Bajak Laut Kongo
Jumat, 02 November 2018
Tanpa Disangka, Pemain Muda Ini Jadi Pahlawan Kemenangan Manchester City
Jumat, 02 November 2018
Hebat, Sudah 399 Hari Kevin/Marcus Kuasai Rangking 1 Dunia
Kamis, 01 November 2018
Pencanangan PKK KKBPK Kesehatan Momentum Tingkatkan Kualitas Keluarga
Kamis, 01 November 2018
UMK Pekanbaru 2019 Belum Ditandatangani Walikota
Kamis, 01 November 2018
Persaingan di Gala Desa Semakin Seru, Sepaktakraw Menuju Semifinal
Kamis, 01 November 2018
Warga Desa Beting Terima Bantuan Zakat Comodity Development
Kamis, 01 November 2018
Bakorpakem Pastikan Bengkalis Aman dari Aliran Meresahkan
Kamis, 01 November 2018
Polsek Pangkalan Kuras Tangkap Dua Pelaku Pengedar Narkoba
AMSI
Topik
Minggu, 09 Desember 2018
Audi Marissa Batasi Endorse
Sabtu, 08 Desember 2018
Vanessa Ponce de Leon Jadi Juara Miss World 2018
Sabtu, 08 Desember 2018
Fans Tak Rela Angela Lee Dekat-dekat Young Lex
Sabtu, 01 Desember 2018
Disinggung soal Luna Maya, Syahrini Beri Jawaban Mengejutkan

Selebriti lainnya ...
Kamis, 06 Desember 2018
Usai Dapatkan 10 Bus dari Kemenhub, Ayat Ajak Masyarakat Naik Bus TMP
Rabu, 05 Desember 2018
Bupati Mursini Hadiri Rapurna TMMD TA 2018 di Mabes TNI Cilangkap
Selasa, 04 Desember 2018
Sekda Meranti Ajak Masyarakat Jadi Pendonor Bantu Pasien yang Membutuhkan
Jumat, 30 November 2018
Optimalisasikan Pelayanan, Kades Batang Duku Lantik Perangkat

Gaya Hidup lainnya ...
Sabtu, 10 November 2018
Jerawat Tumbuh di Miss V Kamu? Jangan Dipencet, Bahaya!
Selasa, 06 November 2018
Lakukan 3 Hal Ini Agar Ruang Tidur Bebas dari Penyakit
Jumat, 26 Oktober 2018
Jurnalis dan Dokter Rentan Alami Saraf Terjepit
Senin, 01 Oktober 2018
Sering Salah, Begini Cara Penanganan Gigitan Ular yang Tepat

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Rabu, 12 Desember 2018
STIE Indragiri Rengat Wisuda 336 Mahasiswa
Rabu, 12 Desember 2018
Univrab Inisiasi Seminar Nasional Halal Science
Senin, 10 Desember 2018
100 Mahasiswa Riau Raih Beasiswa RAPP
Senin, 03 Desember 2018
Siswa TK Angkasa Lanud Rsn Panen Sayur Hasil Tanam Sendiri

Kampus lainnya ...
Selasa, 11 Desember 2018
Bupati Bengkalis Terima Penghargaan dari Kemenkumham
Senin, 03 Desember 2018
Upaya Pemkab Rokan Hilir Menuju Kabupaten Layak Anak
Senin, 03 Desember 2018
Gerakan Sekolah Rohil Dalam Program Adiwiyata
Senin, 03 Desember 2018
Bupati Rohil Ingatkan Bendahara dan BUMDes Hati-hati Kelola Anggaran Desa

Advertorial lainnya ...
Sabtu, 01 Desember 2018
Telkomsel Solusi Digitalisasi Bisnis dan Digital Security Perum Peruri
Selasa, 27 November 2018
Nongol di Indonesia, OPPO A7 Dibanderol Rp3,7 Juta
Senin, 26 November 2018
Jangan Download! 13 Apps di Play Store Ini Mengandung Malware
Rabu, 21 November 2018
Galaxy S10, Senjata Samsung Menepis Krisis

Tekno dan Sains lainnya ...
Polling
polling presiden 2019 Siapakah Pasangan Capres dan Cawapres 2019 Pilihan Anda?


Iklan Imbauan Pemkab Bengkalis
Terpopuler
Iklan Germas Diskes Pekanbaru
Foto
UCAPAN MTQ
Kamis, 13 Desember 2018
Telkomsel Berbagi Bersama 5.000 Anak Yatim dan Kaum Dhuafa di 4 Kota
Rabu, 12 Desember 2018
Jelang Akhir Tahun Program EVP PT RAPP Beri Manfaat untuk Warga
Jumat, 07 Desember 2018
Ribuan Pohon Ditanam di Pekanbaru
Rabu, 05 Desember 2018
Program School Improvement Segera Tingkatkan Pendidikan di Kampar

CSR lainnya ...
Minggu, 16 Desember 2018
Duta Lingkungan dan Sahabat Sungai Pekanbaru Gelar Aksi Bersih Sungai Limau
Minggu, 16 Desember 2018
Andina Gustiani Dikukuhkan Sebagai Duta Pariwisata Inhu
Minggu, 16 Desember 2018
38 Wartawan Lulus UKW Angkatan XI PWI Riau
Sabtu, 15 Desember 2018
Meski Menurun, Diskes Pekanbaru Sebut Kasus DBD akan Terus Ada, Ini Penyebabnya

Serantau lainnya ...
Jumat, 23 November 2018
Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Riau Kompleks Berlangsung Semarak
Selasa, 06 November 2018
Keindahan Islam Menginspirasi Desainer Jepang Rancang Hijab
Jumat, 21 September 2018
Ustaz, Kyai: Sebutan di Persia, Pakistan, dan Indonesia
Senin, 17 September 2018
Kandungan Alkohol pada Tapai dan Hukumnya

Religi lainnya ...
Indeks Berita
www www