Selasa, 19 Maret 2024

Breaking News

  • Catatan Banjir Terparah, Bupati Zukri: Ini Harus jadi Perhatian Pemerintah Pusat   ●   
  • Jalan Sudirman Ujung Tergenang Banjir, PUPR Riau Turunkan Ekskavator Amfibi Bersihkan Parit   ●   
  • Akibat Galian IPAL, Jalan Ahmad Dahlan dan Balam Ujung Pekanbaru Ambruk   ●   
  • Berhasrat Ikut Pilgub Riau, Syamsurizal Incar Septina jadi Wakil
Pelantikan Pj Gubri - PT Riau Petroleum
Polling
Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau akan dihelat tahun 2024. Siapa menurut Anda sosok yang tepat memimpin provinsi Riau untuk 5 tahun ke depan? (Urutan nama berdasarkan abjad)

https://green.radenintan.ac.id/max/ https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/ https://143.198.234.52/ sonic77
Budidaya Perikanan Air Payau Semakin Menggeliat di Bengkalis
Senin, 23 April 2018 11:24 WIB
Budidaya Perikanan Air Payau Semakin Menggeliat di Bengkalis
Bupati Bengkalis, Amril Mukminin, panen udang vanname di kolam percontohan milik Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bengkalis, beberapa waktu lalu.

(CAKAPLAH) - Budidaya perikanan air payau merupakan budidaya dengan perpaduan antara air tawar dengan air laut. Budidaya sejenis ini, biasanya berlokasi tidak jauh dari pantai atau berada di kuala sungai (muara). Hal itu guna mempermudah penambahan dan pergantian air kolam, jika diperlukan. Lokasi sangat menentukan keberhasilan budidaya perikanan air payau. 

Belakangan ini, budidaya perikanan air payau sangat menjanjikan bagi sebagian kalangan di pulau Bengkalis. Salah satunya budidaya udang vanname. Kendati permintaan pasar Bengkalis tidak dominan terhadap udang jenis ini, pembudidaya diuntungkan dengan permintaan pasar luar dalam jumlah besar.

Apalagi, udang vanname lebih cepat masa panennya dibanding udang lain. tingkat keberhasilan (hasil panen) yang cukup tinggi membuat para petani petambak udang mengisi kembali kolam-kolam mereka.

Frengky satu dari beberapa pembudidaya perikanan air payau jenis udang vanname mengakui bisnis udang vanname di pulau Bengkalis semakin menggiurkan. Ia yang kini mengoperasi kolam di lahan sekitar seluas 2.78 hektar di Desa Tameran. Frengky mengaku saat ini terus mengembangkan bisnis yang ditekuninya.

Menurutnya, para pengusaha yang terjun di dunia ‘tambak menambak’ semakin ramai. Tidak hanya dari dalam, investor luar juga ikutserta berbisnis vanname di Bengkalis.

“Harus kita akui, beberapa tahun terakhir usaha tambak udang ini sangat booming. Tak hanya warga Bengkalis banyak juga investor dari luar yang membangun tambak di tempat kita," katanya.

Berbicara panen, pria keturunan Tionghoa ini sangat bersemangat sekali. Dikatakan ia, untuk panen udang vanname hanya membutuhkan waktu 100 hari atau lebih. Hasil panen dijual ke penampung asal Medan. Penampung itu datang ke lokasi tambak dan melakukan soteran dari udang yang dipanenkan.

"Semangatnya ketika melihat loncatan udang ketika panen berlangsung," katanya.

Frengky menuturkan salah satu support yang bisa dilakukan oleh pemerintah daerah agar para investor tertarik dan berminat berinvestasi di Bengkalis adalah dengan menyiapkan infrastruktur yang lebih refresentatif, termasuk ketesediaan listrik.

Pengusaha tambak udang di bawah bendera Koperasi Bantan Kartika ini mengatakan, pasaran udang di belahan Eropa dan Amerika sangat menjanjikan. Saat ini negara pengekspor terbesar udang ke Eropa dan Amerika masih dipegang oleh India, Thailand dan beberapa negara lainnya.

“Di pulau Bengkalis ini sangat potensial untuk dibangun tambak udang dan masih bisa dibangun lebih banyak tambak lagi di pulau ini. Multiplier effect-nya luar biasa, selain peningkatan PAD juga bisa menampung tenaga kerja yang tidak sedikit,” kata pengusaha asal Desa Temeran ini.

Ke depan kata Frengky, juga sedang direncanakan membangun Cold Storight di pulau Bengkalis. Hal itu katanya tergantung hasil panen para petani tambak di Bengkalis.

”Kalau sudah ada ada cold storight, penyerapan tenaga kerja pasti ribuan dan tentunya tambaknya juga ribuan,” imbuh Frengky seraya berharap ke depan dibentuk semacam asosiasi petambak udang, demi keberlangsungan para pengusaha tambak

Pemkab Siap Mendukung

Kabid Budidaya Perikanan, Susi Feniyanti.

Pemerintah Kabupaten Bengkalis mengakui pembudidaya tambak udang vanname menjamur. Setidaknya, 29 pelaku usaha budidaya udang vanname tercatat di Pulau Bengkalis dengan luas lahan tergarap 43 hektar, Enam diantara dalam tahap persiapan lahan. 

Sebagian besar tambak udang berada di Kecamatan Bantan, Bengkalis dan pulau Rupat. Menjamurnya pembudidaya ini, dikarenakan pulau Bengkalis sangat strategis dijadikan lokasi pengembangan udang vanname.

"Secara teknis lokasi pengembangan itu berada strategisnya dari Desa Perapat Tunggal, Air Putih sampai Sekodi. Belakangan memang perkembangan budidaya udang vanname semakin berkembang, ini selain faktor keuntungan berbisnis vanname dengan permintaan pasar besar, perairan di pulau Bengkalis masih belum tercemar. Artinya masih sangat aman untuk bisnis ini, "ujar Kepala Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bengkalis Herliawan melalui Kepala Bidang Budidaya Perikanan Susi Feniyanti.

Dinas Perikanan sendiri, katanya sangat siap memberikan dukungan demi perkembangan investasi sektor perikanan di Bengkalis, apalagi investasi yang berdampak pada Pendapatan Asli Daerah (PAD). Dukungan itu sebut Susi Feniyanti, berupa pendampingan teknis mulai dari penebaran benih hingga panen. Pemerintah siap mendampingi memberikan tunjuk ajar cara berbudidaya yang baik sesuai SOP.

"Kita dari dinas punya SOPnya berbudidaya itu, kita tidak memaksa pembudidaya mengikuti itu. Tapi bilamana mereka meminta dinas mendampingi dengan SOP yang kami punya, maka kami siap,"tegasnya.

Investasi berbisnis udang diakui Susi Feniyanti memang memerlukan modal sangat besar. Pendampingan dari ahli teknis sangat penting demi keberlangsungan usaha agar tetap berjalan baik.

"Contoh di Desa Senggoro, itu dari awal sampai panen kita dampingi. Pendampingan itu penting termasuk dengan pengelolaan limbah, apabila kolam terkena penyakit maka akan menjalar ke kolam kawan yang lain,"tandasnya.

Berhasil Tambah Pundi PAD

Panen udang di Bengkalis

Dinas Kelautan dan Perikanan tidak hanya asal bicara pentingnya pendampingan teknis budidaya udang vanname dari pihaknya. Pasalnya, keberhasilan budidaya udang vanname sudah dirasakan betul oleh Dinas Kelautan dan Perikanan.

Dinas ini memiliki tambak udang percontohan pengembangan udang vanname terletak Unit Pelaksana Teknis (UPT) di Desa Penebal, Kecamatan Bengkalis. Tambak udang ini seluas 3.22 hektar dengan 8 kolam.

Dua tahun terakhirnya, keberhasilan budidaya udang vanname menunjukan peningkatan signifikan. Keberhasilan pengembangan udang vanname itu tentunya tidak terlepas dari SOP yang mereka punya.

Menurut Susi Feniyanti, tahun 2016 lalu Dinas Kelautan dan Perikanan menarget Rp300 juta dari pengembangan budidaya perikanan di tiga UPT salah satunya tambak udang vanname Desa Penebal. Namun hasilnya melebihi target yakni Rp400 juta lebih, pasca panen. Udang mendominasi pencapaian target.

Karena dinilai menjanjikan, Dinas Kelautan dan Perikanan menggenjot target pada tahun 2017. Alhasil, target itu tercapai dan kembali melebihi target.

"Sedangkan perdesember 2017 ini, tiga UPT menghasilan PAD untuk Bengkalis mencapai Rp900 juta dari target kita Rp708 juta," ungkap Susi Feniyanti.

keberhasilan budidaya yang dijalankan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bengkalis memang diiringi dengan sarana yang memadai. Selain itu, penampungan pasar udang budidaya jenis vanname sudah tersedia.

Dikatakan Kabid Budidaya Perikanan, hasil panen udang sudah ada pihak yang siap menampungnya. Pihak itu disebut berasal dari Sumatera Utara yang menjadi langganan jual hasil panen.

"Dua tahun ini kita hanya sekali dalam setahun panen. Hasil panen kita jual ke Sumut, ada penampungan kita di sana,"sebutnya.

Pada tahun 2018 ini, tambah Susi Feniyanti, Dinas Kelautan Perikanan Kabupaten Bengkalis menarget 2 kali lipat dari target sebelumnya. Bilamana 2016 target budidaya di tiga UPT Rp300 juta menghasilkan Rp400 juta dan 2017 target Rp708 juta menghasil Rp900 juta, pada tahun 2018 Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bengkalis menarget Rp1,5 miliar dari budidaya perikanan tersebut.

Target itu bukan tanpa alasan, dukungan Bupati dan DPRD Kabupaten Bengkalis menjadi motivasi Dinas Kelautan dan Perikanan dan UPT sebagai pengelola di lapangan.

Dukungan itu dibuktikan tidak dirasionalisasinya anggaran budidaya perikanan di OPD tersebut. Alasan lain dari target 2018 ini adalah ketersedian pasar yang menampung hasil panen. Penampung hasil panen siap menerima kapan saja hasil budidaya itu dijual.

"Alhamdulillah, kita didukung rekan-rekan di DPRD Kabupaten Bengkalis. Anggaran kita Diperuntuk budidaya tidak di kurangi," imbuh Susi Feniyanti Kepala Bidang Budidaya Perikanan.

Rencananya ungkap Susi, guna mengenjot PAD dan mencapai target Rp1,5 miliar pada tahun 2018 pihaknya akan melengkapi sarana dan prasarana operasional baik budidaya tambak udang dan dua budidaya perikanan lainnya.

Kemudian, siklus panen akan ditingkatkan yang semula satu kali dalam setahun menjadi dua kali dalam satu tahun.

"Tentunya upaya kita untuk mencapai target Rp1,5 itu, kita akan melengkapi sarana dan prasarana operasionalnya serta meningkatkan siklus panen dari 1 kali dalam satu tahun menjadi 2 kali dalam satu tahun," terangnya.

Harus Jadi Sentral Produksi Udang

Anggota DPRD Bengkalis Azmi Rozali

Pemerintah Kabupaten Bengkalis diminta terus memberikan dukungan terhadap pengembangan investasi di bidang budidaya tambak udang. Menurut anggota DPRD Kabupaten Bengkalis Azmi Rozali, investasi semacam itu berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

"Didorong masyarakat itu untuk berinvestasi di bidang itu (budidaya perikanan). karena apa? karena pembeli itu sudah nampak, tinggal komunikasi tersedia sekian ton bulan sekian panen. Mereka datang," ungkapnya.

Azmi Rozali menyebutkan di beberapa desa seperti Desa Tameran saat ini merupakan sentral produksi udang. Desa seperti ini atau desa lainnya, kata Azmi harus didorong, ditawarkan menjadi sentral produksi udang tentunya dengan cara memperbanyak kolam bagi desa yang siap menerima investasi.

"Ini tujuannya mensejahterakan masyarakat. Pengusaha bisa hidup, masyarakat juga bisa hidup," terang Azmi.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini mengakui keberhasilan kolam udang vanname percontohan milik Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bengkalis yang berhasil menambah pundi PAD.
"Saya sangat respek karena itu menghasilakn PAD. Kita sangat mendukungnya, tetapi jika Pemkab Bengkalis bisa menghasilan pengusaha baru di Bengkalis ini, itu lebih dahsyat lagi," tantang Azmi Rozali.

Tidak hanya berpengaruh terhadap jumlah pengangguran bilamana budidaya perikanan air payau terus dikembangkan, angka kemiskinan juga diyakini berkurang.

"Bengkalis dengan potensi yang ada saat ini harus di dorong menjadi daerah sentral produksi udang, dimana? di Sumatera. Saya menyambut baik bahkan menghimbau agar program perikanan air payau digalakkan lebih masif lagi karena ini nyata," tandasnya. (ADVERTORIAL)

Penulis : Agus Setiawan
Editor : Ali
Kategori : Advertorial
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Polling
Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau akan dihelat tahun 2024. Siapa menurut Anda sosok yang tepat memimpin provinsi Riau untuk 5 tahun ke depan? (Urutan nama berdasarkan abjad)

Artikel Lainnya
0 Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Jumat, 29 September 2023
Komisi II Usul Kementerian ATR/BPN dan KLHK Kolaborasi Selesaikan Redistribusi Tanah
Jumat, 29 September 2023
Setjen DPR Berikan Perhatian Terhadap Pensiunan Melalui P3S
Kamis, 28 September 2023
TikTok Shop Cs Dilarang, Ketua DPR Berharap Aturan Baru Ciptakan Keseimbangan Pasar Digital dan Konvensional
Kamis, 21 September 2023
Ancaman DBD Meningkat, Puan Dorong Sosialisasi Masif Tekan Risiko Kematian

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 07 November 2023
Riau Terima Penghargaan Bhumandala Award 2023
Senin, 12 Desember 2022
Kapolda Riau Resmikan Kantor Pelayanan Terpadu Polres Rohil di Bagansiapiapi
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'

CAKAPLAH TV lainnya ...
Sabtu, 16 Maret 2024
Pegadaian Kembali Gelar Festival Ramadan, Ada Street Food hingga Panggung Emas
Sabtu, 16 Maret 2024
Pemkab Kampar Gelar Safari Ramadan, Tim Pj Bupati dan Pj Sekda Dipisah
Jumat, 15 Maret 2024
Telah Resmi Jalin Kerjasama dengan INHA University, Kini UIR Perluas Kerjasama hingga Fakultas dan Prodi
Jumat, 15 Maret 2024
RCI dan Kombatpol Berbagi Makanan di Palestina

Serantau lainnya ...
Senin, 18 Maret 2024
Jalan-jalan dengan Nyaman Bersama Sinar Jaya: Layanan dan Pemesanan Online
Selasa, 12 Maret 2024
Keunggulan Mukena Dewasa Katun Mikro Premium Traveling 2in1 Ribbon, Mukena Traveling Terlaris
Minggu, 10 Maret 2024
Beberapa Produk yang Bisa Anda Dapatkan di Blibli.com
Kamis, 07 Maret 2024
Pertama di Pekanbaru, Yoshinoya Resto Beef Bowl Hadir di Mal SKA

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 02 Maret 2023
Wadah Menyalurkan Bakat, Ketua DPRD Riau Yulisman Hadiri Festival Musik Akustik di SMA Negeri 1 Pasir Penyu Inhu
Rabu, 01 Maret 2023
Rapat Paripurna, DPRD Provinsi Riau Umumkan Reses Masa Persidangan I Tahun 2023
Selasa, 28 Februari 2023
Kunjungi Kemendikbud, Komisi V DPRD Riau Bahas Persoalan PPDB
Kamis, 23 Februari 2023
Disdik Gelar Pelatihan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru SD Se-Kota Pekanbaru

Advertorial lainnya ...
Kamis, 29 Februari 2024
Telkomsel dan ZTE Wujudkan Pengalaman Gigabit yang Andal dan Efisien
Selasa, 20 Februari 2024
Samsung Hadirkan Galaxy S24 Series dengan Kecerdasan Software Canggih
Jumat, 09 Februari 2024
Apple Kembangkan 2 Prototipe iPhone Lipat Bergaya Flip
Kamis, 01 Februari 2024
Samsung Buka-bukaan Soal Keunggulan Exynos 2400 di Galaxy S24 dan S24+

Tekno dan Sains lainnya ...
Kamis, 22 Februari 2024
Pemula di Dunia Yoga? Inilah Panduan Cara Memilih Matras Yoga yang Tepat
Sabtu, 27 Januari 2024
Cegah Resistensi, Gunakan Obat Antibiotik dengan Bijak
Senin, 15 Januari 2024
14 Persiapan Penting Awal Kehamilan untuk Calon Ibunda dan Buah Hati
Minggu, 17 Desember 2023
Liburan Sekolah Makin Meriah, Ratusan Peserta Ikuti Khitanan Massal

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Jumat, 08 Maret 2024
Semarakkan Ramadan 1445 H, Umri Undang UAS hingga Santuni Seribu Dhuafa
Senin, 04 Maret 2024
Pengurus IKA Prodi Administrasi Negara/Publik Periode Unri 2023-2027 Dilantik
Jumat, 01 Maret 2024
Tim Evaluasi Lapangan Visitasi Usulan Pembukaan Prodi Kebidanan Umri
Jumat, 01 Maret 2024
Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Abdurrab Juara 1 Tingkat Nasional Seminar Hasil Kosabangsa Kemenristek Dikti 2023

Kampus lainnya ...
Rabu, 03 Mei 2023
Kompilasi Semarak Silaturahmi Satu HATI, CDN Bangkinang Santuni Anak Yatim
Rabu, 05 April 2023
Safari Ramadan, PT Musim Mas Salurkan Paket Sembako untuk Anak Yatim dan Fakir Miskin
Selasa, 04 April 2023
Telkomsel Siaga Rafi Sumbagteng Salurkan CSR untuk Panti Jompo bersama Dompet Dhuafa Riau
Jumat, 03 Maret 2023
Tingkatkan Kesehatan dan Budaya Lokal, Bank Mandiri Serahkan Bantuan ke Posyandu dan Grup Rebana

CSR lainnya ...
Jumat, 09 Februari 2024
Lika-liku 7 Perjalanan Asmara Ayu Ting Ting hingga Tunangan dengan Anggota TNI
Minggu, 28 Januari 2024
Huh Yunjin Bak Sehati Dengan Han So Hee Kala Cuma Pakai Dalaman Di Trailer LE SSERAFIM
Sabtu, 27 Januari 2024
Gigi Hadid dan Bradley Cooper Tak Sungkan Perlihatkan Kemesraan
Rabu, 24 Januari 2024
Park Ji-hyun Ungkap Persiapan Membinangi Drama Terbarunya

Selebriti lainnya ...
Polling
Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau akan dihelat tahun 2024. Siapa menurut Anda sosok yang tepat memimpin provinsi Riau untuk 5 tahun ke depan? (Urutan nama berdasarkan abjad)


Iklan CAKAPLAH
Terpopuler
Foto
Senin, 28 Agustus 2023
Ketua DPRD Siak Ikut Gerakan Tanam Ribuan Bibit Pohon bersama Polri
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil

Parlementaria Siak lainnya ...
Senin, 14 Agustus 2023
Pengurus Masjid Nurul Ikhlas Kubang Minta Tunjuk Ajar ke Wagubri
Sabtu, 12 Agustus 2023
Gebyar Kandis Bersholawat Bakal Dihadiri Ribuan Jemaah NU
Senin, 31 Juli 2023
Mualaf Riau Butuh Pembinaan, Begini Caranya...
Sabtu, 29 Juli 2023
Mantan Wawako Pekanbaru, Ayat Cahyadi Turut Saksikan Pengukuhan Pengurus Masjid Al-Hamidah Rejosari

Religi lainnya ...
Rabu, 13 Maret 2024
Kepala BKPSDM Pekanbaru Harapkan Kinerja ASN Maksimal Selama Bulan Ramadan
Jumat, 08 Maret 2024
Pemko Pekanbaru Sudah Tetapkan Jam Kerja ASN Selama Ramadan 1445 H
Rabu, 28 Februari 2024
Pemko Pekanbaru Masih Tunggu Juknis Pusat Terkait Seleksi CPNS dan PPPK
Selasa, 27 Februari 2024
Kepala BKPSDM Dampingi Pj Walikota Terima Penghargaan Anugerah Kualitas Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Tahun 2023

Galeri Foto lainnya ...
https://green.radenintan.ac.id/max/ https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/ https://143.198.234.52/ sonic77 Indeks Berita
www www