Selasa, 16 Juli 2019

Breaking News

  • 5 Bulan Menunggak, Dewan Minta Penghuni Rusunawa Yos Sudarso Taat Aturan   ●   
  • Bawang Merah Sebabkan Inflasi di Riau 0,11 Persen   ●   
  • 100 Hari Pertama sebagai Gubernur, Syamsuar Disibukkan dengan Kampanye Capres   ●   
  • Penculik Anak di Siak Ternyata Sering Cabuli Anak Tirinya   ●   
  • Kasus Rommy, Tiga Pejabat Kemenag Diperiksa KPK   ●   
  • Warga Bengkalis Tewas Disambar Petir Saat Menanam Kacang   ●   
  • Demokrat Riau Kampanye Akbar 11 April di Pekanbaru, SBY dan AHY Tak Hadir   ●   
  • KPK Ingatkan Pemilih Jangan Minta Uang ke Caleg   ●   
  • Amril Mukminin Sampaikan 13 Program Strategis Pemkab Bengkalis   ●   
  • Komisi IV DPRD Riau Minta PUPR Cek Dugaan Retak Flyover Mal SKA
Muhibbah

Gerakan Sekolah Rohil Dalam Program Adiwiyata
Senin, 03 Desember 2018 20:43 WIB
Gerakan Sekolah Rohil Dalam Program Adiwiyata
ROHIL (CAKAPLAH) - Adiwiyata adalah salah satu program Kementerian Lingkungan Hidup dalam upaya rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dahulu dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Dalam program ini diharapkan setiap warga sekolah dapat ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat dan menghindarkan dampak lingkungan yang negatif.

Tujuan Program Adiwiyata adalah menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah agar menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah (guru, murid dan pekerja lainnya), sehingga dikemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggung jawab dalam upaya – upaya penyelamatan lingkungan dan pembangunan berkelanjutan.

Untuk menjadi sekolah adiwiyata nasional, tentu bukanlah sebuah perkara yang mudah. Dibutuhkan partisipasi dari semua stakeholder, mulai dari tenaga pendidik dan kependidikan, peserta didik, komite sekolah, masyarakat sekitar dan pihak – pihak lainnya.

Sekolah adiwiyata nasional diberikan apabila telah melewati seleksi sekolah adiwiyata tingkat kota/kabupaten, provinsi, dan nasional. Dalam penilaian adiwiyata, ada beberapa kriteria yang digunakan, diantaranya: kebijakan berwawasan lingkungan, pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan, kegiatan lingkungan berbasis partisipatif, dan pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan.

Untuk memenuhi keempat kriteria di atas, ada beberapa langkah yang dapat ditempuh, diantaranya: Pertama. Menetapkan visi, misi, dan tujuan sekolah yang berwawasan lingkungan dan diketahui oleh seluruh warga sekolah.

Kedua. Mengintegrasikan aspek lingkungan hidup ke dalam kegiatan pembelajaran di sekolah. Struktur kurikulum di sekolah wajib memuat pelestarian fungsi lingkungan, mencegah terjadinya pencemaran dan kerusakan lingkungan.

Hal ini berarti setiap guru, baik untuk kelompok mata pelajaran wajib (adaptif, normatif, produktif), maupun muatan lokal dan pengembangan diri wajib memasukkan unsur lingkungan ke dalam rencana pelaksanaan maupun selama kegiatan pembelajaran.

Ketiga. Menyelenggarakan kegiatan berbasis lingkungan yang melibatkan multipihak. Pihak yang dimaksud meliputi tenaga pendidik dan kependidikan, peserta didik, komite sekolah, masyarakat sekitar, dan pihak-pihak terkait lainnya seperti institusi pendidikan, Badan Lingkungan Hidup, Dinas Pendidikan, Unit Pengelolaan Sampah (Bank Sampah), media, dan lain – lain.

Keempat. Mengembangkan sarana pembelajaran yang ramah lingkungan seperti ruang kelas yang memiliki ventilasi yang baik. Selain itu, kondisi di luar ruang kelas juga harus nyaman dan sehat misalnya dengan menyediakan ruang terbuka hijau, toilet yang bersih, sekolah yang bebas dari polusi dan pencemar, adanya kantin sehat, dan sistem sanitasi yang baik.

Kelima. Mengembangkan kreativitas dan inovasi dalam mencegah dan mengatasi masalah lingkungan hidup. Kreativitas dan inovasi ini misalnya dalam bentuk pengelolaan limbah, pemanfaatan sumber energi alternatif, maupun penemuan teknologi terbaru.

Keenam. Warga sekolah diminta secara aktif berpartisipasi dalam mengikuti maupun menyelenggarakan kegiatan berbasis lingkungan. Kegiatan ini bisa dalam bentuk aksi bersih, penanaman, pengolahan limbah, maupun kegiatan lomba – lomba bertemakan lingkungan.

Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Rokan Hilir (Rohil) siap menjadikan daerah Rohil sebagai sekolah Kabupaten Adiwiyata di Propinsi Riau.

"Sekolah Adiwiyata merupakan sekolah yang unggul dalam Pendidikan Lingkungan Hidup serta kepedulian sekolah terhadap lingkungan tempat tinggalnya. Saat ini ada 18 sekolah yang sedang dilakukan pembinaan untuk tingkat Kabupaten dan 16 sekolah untuk pembinaan tingkat nasional," kata Suwandi.

Dijelaskan Suwandi, tujuan dari program adiwiyata ini adalah menjadikan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan, sehingga semua warga sekolah harus peduli terhadap lingkungan dan berbudaya lingkungan.

Program ini dicanangkan untuk mengembangkan lingkungan belajar yang sehat, aman, nyaman,dan menyenangkan, sehingga diharapkan adiwiyata mampu menciptakan Lingkungan belajar yang ideal dan baik untuk memperoleh segala ilmu pengetahuan dan berbagai norma dan etika. Dengan adanya ilmu yang dimiliki masing-masing siswa kiranya dapat diterapkan di rumah dan di Lingkungan tempat tinggalnya.

"Alhamdulillah Tahun 2018 ini Pemkab Rohil melalui Dinas Lingkungan Hidup mengusulkan calon sekolah Adiwiyata Propinsi Riau sebanyak 6 sekolah. Rohil siap menjadi sekolah Kabupaten Adiwiyata Propinsi Riau," ujarnya.

50 Sekolah Adiwiyata Terprogram
 
Suwandi juga menjelaskan, dari data yang ada di DLH Kabupaten Rohil sampai tahun ini sudah hampir 50 Sekolah Adiwiyata terprogram, baik dari tingkat Kabupaten, maupun Tingkat Provinsi, bahkan Tingkat Nasional, maka dari itu sudah layak kabupaten Rokan Hilir untuk dicanangkan sebagai sekolah Kabupaten Adiwiyata.

"Pencanangan Program Adiwiyata ini akan kita laksanakan pada saat hari Lingkungan Hidup Sedunia tingkat Kabupaten Rohil," kata Suwandi.
 
 
Adapun 6 sekolah yang masuk dalam usulan calon sekolah Adiwiyata Propinsi Riau Tahun 2018 adalah SD Negeri 008 Teluk Pulau Hulu, MTs Negeri Ujung Tanjung Filial Bagan Sinembah, SMA Negeri 2 Pujud, SMK Negeri 1 Rimba Melintang, SD Swasta Harapan Bangko Pusako dan SD Swasta Bina Siswa Balam Sempurna Kecamatan Balai Jaya.

Sebanyak enam sekolah di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) mendapatkan penghargaan Adiwiyata tingkat nasional oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Kepala Dinas DLH Rohil, Suwandi, S.Sos akan mendampingi sekolah guna menerima penghargaan bergengsi itu dari Menteri KLHK.

Menurut keterangan Suwandi, DLH Rohil mengajukan 12 sekolah untuk mengikuti program sekolah Adiwiyata tingkat nasional. Namun, hanya 6 sekolah yang berhasil menyabet penghargaan sekolah Adiwiyata mandiri tersebut.

"Alhamdulillah, dari 12 sekolah Adiwiyata yang kita usulkan untuk mengikuti lomba sekolah Adiwiyata tingkat Nasional, 6 sekolah berhasil memperoleh sertifikat Sekolah Adiwiyata Nasional. Hal itu kami ketahui dari surat pemberitahuan hasil verifikasi administrasi dari Pusat Pelatihan Masyarakat Dan Pengembangan Generasi Lingkungan KLH Nomor: S.402/LATMAS/PGL/SDM.2/11/2018," kata Suwandi.

Dirinya menyebutkan, untuk penyerahan sertifikat rencananya akan dilaksanakan pada bulan Desember 2018 nanti di Kementerian Lingkungan Hidup. Biasanya, sekolah yang mendapatkan sertifikat akan diundang.

Untuk tahun ini, selain 6 sekolah yang memperoleh sertifikat sekolah Adiwiyata Nasional, juga ada 5 sekolah yang memperoleh sertifikat Adiwiyata provinsi yang dimulai  dari jenjang sekolah SD, SMP dan SMU.

Adapun tujuan dari program sekolah Adiwiyata sejak digalakan oleh pemerintah pada Tahun 2006, dijelaskan Suwandi untuk menjadikan pendidikan yang berbasis lingkungan. Program sekolah Adiwiyata tersebut baru diterapkan di Rokan Hilir pada Tahun 2014.

"Penerapan program sekolah Adiwiyata sejak digalakkan pemerintah dari tahun 2006. Hanya saja, Rokan Hilir baru menerapkan program tersebut pada Tahun 2014 dibeberapa sekolah yang bertujuan untuk menjadikan pendidikan yang berbasis lingkungan.

Diharapkan peserta didik dapat memberikan contoh dan teladan yang baik bagaimana mengelola lingkungan disekolah yang bermuara pada pengembangan cinta lingkungan sampai ke lingkungan rumah tempat tinggal, tingkat RT sampai tingkat Kepenghuluan yang disebut Proklim," katanya.
 
 
2021 Seluruh Sekolah Ditarget Raih Sekolah Adiwiyata

Suwandi  menargetkan, pada tahun 2021 semua sekolah yang ada di Rokan Hilir diharapkan akan menjadi sekolah Adiwiyata. Prestasi yang diperoleh sejak diterapkan program sekolah Adiwiyata di Rohil dari Tahun 2014-2018 sudah memperoleh 26 sekolah Adiwiyata Nasional, 41 sekolah Adiwiyata provinsi dan 70 sekolah Adiwiyata Kabupaten. Untuk itulah Bupati Rohil mencanangkan Kabupaten Rohil menjadi Kabupaten Adiwiyata.

"Dengan prestasi yang diperoleh, diharapkan pada tahun 2021 semua sekolah di Rohil menjadi sekolah Adiwiyata. Untuk itulah DLH Rohil minta bantuan Bupati untuk mencanangkan kabupaten Rohil menjadi kabupaten Adiwiyata," harapnya.

Kepala Dinas lingkungan Hidup Rohil Suwandi mengatakan, keikut sertaan kabupaten Rohil mulai Tahun 2014 sampai tahun ini, Rohil telah memiliki 63 sekolah Adiwiyata disebut tingkatan, dimulai dari SD, SMP, SMA sederajat, yang terdiri dari 8 sekolah Adiwiyata Nasional, 26 sekolah Adiwiyata provinsi dan 29 sekolah Adiwiyata kabupaten

Pada tahun 2018 ini juga kami sudah membina dan menilai sebanyak 20 sekolah Adiwiyata kabupaten dan untuk provinsi kita sudah mengusulkan 5 sekolah Adiwiyata dan sudah selesai dinilai oleh TIM provinsi beberapa bulan yang lalu. Pada bulan agustus 2018 kita akan mengusulkan sekolah Adiwiyata tingkat Nasional, Rohil mempunyai 26 sekolah yang bisa diusulkan jadi sekolah Adiwiyata tingkat Nasional.

“Oleh sebab itu kepada Bupati Rokan Hilir untuk mencanangkan Rokan Hilir sebagai Kabupaten Adiwiyata," pinta suwandi

Berikut 20 sekolah Adiwiyata tingkat kabupaten Rokan Hilir Tahun 2018 yang menerima penghargaan :

1. MAN 1 Rokan Hilir kecamatan Bangko dengan nilai 72
2. SMP. Negeri 3 Bangko kecamatan Bangko dengan Nilai 72
3. SMP.Negeri 4 Bangko kecamatan Bangko dengan Nilai 72
4. SD.Negeri 006 Raja Bejamu kecamatan sinaboi dengan Nilai 72
5. SD.Negeri 007 serusa mati kecamatan sinaboi dengan nilai 71
6. SD.Negeri 12 Tanjung Medan kecamatan Tanjung Medan dengan nilai 71
7. SD.Negeri 006 Bagan Barat kecamatan Bangko dengan Nilai 70,5
8. SMA. Negeri 3 Bangko Pusako kecamatan Bangko pusako dengan Nilai 69
9. SD. Negeri 001 Bagan Kota kecamatan Bangko dengan Nilai 69
10. MTS Darul Taqwa sekeladi kecamatan Tanah putih dengan Nilai 68,75
11. SD Negeri 017 Bagan punak meranti kecamatan Bangko dengan Nilai 68
12. SD Negeri 028 serusa kecamatan Bangko dengan Nilai 68
13. SD Negeri 003 Bagan Hulu kecamatan Bangko dengan Nilai 66,5
14. SMK Negeri 1 Bangko kecamatan Bangko dengan Nilai 65
15. MTS Nurul pitri Bangko Pusako kecamatan Bangko pusako dengan Nilai 60,5
16. SD Negeri 016 Pematang singkatkecamatan Rimba melintang dengan Nilai 59
17. SD 017 Negeri 011 parit Aman kecamatan Bangko dengan Nilai 59
18. SD Negeri 005 Teluk Dalam kecamatan pujud dengan Nilai 58,5
19. SMP Negeri 5 Rimba melintang kecamatan Rimba melintang dengan Nilai 57
20. SD Negeri 008 suak Temenggung kecamatan pekaitan Nilai 57

Selanjutnya penerima penghargaan sekolah Adiwiyata tingkat sekolah kabupaten Rokan Hilir Tahun 2017

1. SD swasta Harapan Bangko kecamatan Bangko dengan Nilai 68,75
2. SD Swasta Bina Siswa kecamatan Balai jaya dengan Nilai 65,25.

Tahun 2018 ini Dinas Lingkungan Hidup menargetkan beberapa Program unggulan yang harus kita sukseskan bersama, antara lain:

1. Menjadikan 20 sekolah Adiwiyata juara tingkat Nasional, dan 2 sekolah menjadi Adiwiyata Mandiri,serta Proklim Rohil berprestasi kembali di tingkat Nasional.

2. Kembali Beroperasi Laboratorium Lingkungan untuk dapat meraih Predikat Akreditasi, sehingga semua pelaku usaha bisa melakukan uji sampel di Lab yang ada di Rohil sehingga bisa meningkatkan PAD.

3. Melakukan Pembinaan kepada  pelaku usaha termasuk PKS agar taat dan patuh dalam pengelolaan Lingkungan, termasuk memberikan peringatan dan Hukuman terhadap pelaku usaha yang lalai dalam mengelola limbah dan Merusak Lingkunga. (ADV/HUMAS)

Penulis : Sagala
Editor : Jef Syahrul
Kategori : Advertorial
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Artikel Terkait
0 Komentar
Berita Pilihan
Sabtu, 22 Juni 2019
Heboh, Warga Siak Temukan Bayi Baru Lahir dalam Kantong Plastik
Sabtu, 22 Juni 2019
Gubernur Riau Batalkan Kerjasama Pembuatan Aplikasi Pengaduan dengan Telkomsel
Sabtu, 22 Juni 2019
Supporter Tuding Gubernur Tak Serius Bantu PSPS Riau
AMSI
Topik
Jumat, 22 Maret 2019
Plastik Masih Menjadi Permasalahan Utama Pencemaran Lingkungan di Kuansing
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan

CAKAPLAH TV lainnya ...
Senin, 15 Juli 2019
FWL DPRD Riau akan Gelar Pengenalan Jurnalistik di SMAN 1 Pekanbaru
Senin, 15 Juli 2019
Cegah Karhutla, TNI Gelar Patroli Hingga ke Pelosok TNTN
Minggu, 14 Juli 2019
Walikota Pariaman dan Firdaus Diskusikan Konsep Smart City Madani
Minggu, 14 Juli 2019
Stan Pemprov Riau Juara II Pameran Lingkungan Terbesar di Indonesia

Serantau lainnya ...
Selasa, 25 Juni 2019
Tips Memilih Setting Spray yang Sesuai dengan Jenis Kulit
Kamis, 20 Juni 2019
Baju Warna Ini Membuat Perempuan Tampak Lebih Memikat di Mata Pria
Sabtu, 25 Mei 2019
5 Hadiah Menarik Pengganti Uang THR Bagi Anak-Anak
Kamis, 09 Mei 2019
5 Kebiasaan yang Dapat Diubah untuk Mencegah Kerontokan Rambut

Gaya Hidup lainnya ...
Jumat, 28 Juni 2019
Zulkifli As Ajak Warga Tingkatkan Pendalaman, Penghayatan dan Pengamalan Alquran
Rabu, 26 Juni 2019
17 Anggota Komisi V DPR RI Berkunjung ke Kawasan Megaproyek Technopark Pelalawan
Minggu, 23 Juni 2019
DPRD Gelar Rapat Paripurna HUT ke-235 Kota Pekanbaru
Jumat, 21 Juni 2019
Pemkab Bengkalis Terus Pertahankan Tradisi Lampu Colok

Advertorial lainnya ...
Senin, 15 Juli 2019
Ini Bocoran Harga Galaxy Note10 Series yang Paling Murah
Minggu, 14 Juli 2019
ASUS ROG Terbaru Ini Pakai Desain BMW dan Intel Gen 9
Minggu, 14 Juli 2019
Wow! Black Shark 2 akan Dijual Resmi di Indonesia
Kamis, 11 Juli 2019
Ini Dia Laptop Gaming 17 Inci Ngebut Tertipis di Dunia

Tekno dan Sains lainnya ...
Minggu, 30 Juni 2019
Khasiat Tomat untuk Kecantikan Kulit Wajah
Kamis, 20 Juni 2019
Jangan Menikahinya, Ini 7 Tanda Dia Bukan Husband Material!
Jumat, 14 Juni 2019
4 Tes Untuk Mencari Tahu Seseorang Mandul atau Tidak
Kamis, 16 Mei 2019
Memahami 5 Jenis Kerutan pada Wajah dan Tips Mengatasinya

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Jumat, 12 Juli 2019
Mahasiswa UNRI Gandeng Pertamina Sei Pakning Tanam Pohon Mangrove di Desa Tanjung Leban
Kamis, 11 Juli 2019
Rektor UIR dan 345 Pimpinan PTIS Hadiri Munas
Kamis, 11 Juli 2019
Univrab Ditunjuk sebagai Tempat Uji Kompetensi Nasional Tenaga Kesehatan
Rabu, 10 Juli 2019
Pertama, UIR Kirim Dosen Visiting Professor ke USANT Filipina

Kampus lainnya ...

PLN
Terpopuler
PTPN5
Foto
Senin, 27 Mei 2019
BRI Pasirpengaraian Berbagi Bahagia dengan Dhuafa dan Anak Yatim
Sabtu, 27 April 2019
PGN Komit Perkuat Bisnis Gas
Jumat, 26 April 2019
Kembangkan Industrialisasi UMKM RAPP Gelar Temu Usaha Pelaku UMKM
Minggu, 07 April 2019
BOB Bantu Ruang Kelas untuk MTs LKMD Kasikan, Kampar

CSR lainnya ...
Kamis, 04 Juli 2019
Via Vallen dan Nella Kharisma Disurati Jaksa Terkait Kasus Kosmetik
Minggu, 30 Juni 2019
Keluar Penjara, Vanessa Angel Tak Disambut Sang Ayah
Selasa, 25 Juni 2019
Kata Gisella Anastasia Soal Kabar Prewedding di Australia
Kamis, 20 Juni 2019
Gus Miftah Beberkan Rencana Deddy Corbuzier Setelah Mualaf

Selebriti lainnya ...
Senin, 22 April 2019
Infrastruktur Jalan, Listrik dan Pendidikan jadi Aduan Masyarakat ke Samsurizal Budi saat Reses
Senin, 22 April 2019
Terkait Persoalan PLN, Ketua DPRD Siak: Wajar Saja Kekesalan Warga Memuncak
Senin, 22 April 2019
Ketua DPRD Berang Pemkab Siak Tak Serius Sikapi Permasalahan Kampung
Senin, 22 April 2019
Ketua DPRD Siak: Gubri Komit Bangun Tanjung Buton

Parlementaria Siak lainnya ...
Rabu, 29 Mei 2019
Dewan: Bayar Zakat Fitrah Jangan Mepet Lebaran
Sabtu, 04 Mei 2019
Ketika Nabi Muhammad Diolok-olok
Selasa, 16 April 2019
Jokowi dan Dua Presiden RI Lainnya yang Mendapat Keistimewaan Bisa Masuk Ka'bah
Selasa, 12 Februari 2019
Bimbang Menentukan Pilihan, Baca Doa Ini

Religi lainnya ...
Indeks Berita
www www