Selasa, 16 Juli 2019

Breaking News

  • 5 Bulan Menunggak, Dewan Minta Penghuni Rusunawa Yos Sudarso Taat Aturan   ●   
  • Bawang Merah Sebabkan Inflasi di Riau 0,11 Persen   ●   
  • 100 Hari Pertama sebagai Gubernur, Syamsuar Disibukkan dengan Kampanye Capres   ●   
  • Penculik Anak di Siak Ternyata Sering Cabuli Anak Tirinya   ●   
  • Kasus Rommy, Tiga Pejabat Kemenag Diperiksa KPK   ●   
  • Warga Bengkalis Tewas Disambar Petir Saat Menanam Kacang   ●   
  • Demokrat Riau Kampanye Akbar 11 April di Pekanbaru, SBY dan AHY Tak Hadir   ●   
  • KPK Ingatkan Pemilih Jangan Minta Uang ke Caleg   ●   
  • Amril Mukminin Sampaikan 13 Program Strategis Pemkab Bengkalis   ●   
  • Komisi IV DPRD Riau Minta PUPR Cek Dugaan Retak Flyover Mal SKA
Muhibbah

Sebelum Dilantik jadi Gubernur, Syamsuar Pamitan di 14 Kecamatan se Kabupaten Siak
Selasa, 12 Februari 2019 16:15 WIB
Sebelum Dilantik jadi Gubernur, Syamsuar Pamitan di 14 Kecamatan se Kabupaten Siak
SIAK (CAKAPLAH) - Jelang dilantik sebagai Gubernur Riau, Bupati Siak H Syamsuar melaksanakan kunjungan kerja sekaligus berpamitan dengan masyarakat di 14 Kecamatan se Kabupaten Siak. Acara itu diawali  mulai Kecamatan Sabak Auh hingga ke Kecamatan Bunga Raya sebagai kecamatan 14 yang dikunjunginya.

Selain membawa istrinya Misnarni Syamsuar, Ketua DPRD Siak Indra Gunawan, Sekda Siak TS Hamzah, serta sejumlah kepala OPD di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Siak. Dari acaranya tersebut, Syamsuar juga turut hadir serta melakukan peresmian beberapa proyek pembangunan di masing-masing kecamatan yang di kunjunginya.

Di Sabak Auh, syamsuar meresmikan Agrowisata BJ Go Green tepatnya di bawah jembatan Sultan Abdul Djalil Rahmadsyah, atau jembatan Teluk Mesjid, selain itu, ia juga meresmikan proyek air bersih bantuan dari Kementerian Energi Sumber Daya Mineral yang ada di Kampung Rempak, juga meresmikan beberapa proyek pembangunan di Sabak Auh.

Pamitan kedua dilaksanakan di Kecamatan Lubuk Dalam (10/1/2019) pagi, di sana syamsuar meresmikan 13 proyek pembangunan baik dari dana APBD Kabupaten sampai dana APBN. Diantaranya peresmian rumah layak huni di beberapa kampung. Beliau juga mendapat aspirasi dari masyarakat bahwa sesuai dengan janji beliau sewaktu kampanye Pilgubri dulu, ia pernah berjanji jika itu terpilih beliau akan memindahkan Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II ke Kabupaten Siak.

"Insya Allah, kita sudah bicarakan ini dengan bapak Presiden Jokowi, beliau berjanji akan merealisasikan rencana itu jika ia terpilih kembali menjadi Presiden RI," kata Syamsuar saat itu.

Di hari yang sama, Syamsuar melakukan silaturahmi dan pamitan di Kecamatan Kerinci Kanan, di sana Bupati Siak dua periode itu meresmikan Rumah Sakit tipe D, dengan rumah sakit itu menjadi harapan besar bagi masyarakat karena Kecamatan yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Pelalawan merupakan salah satu Kecamatan dengan jarak tempuh yang jauh ke pusat Ibu Kota Kabupaten, rumah sakit itu juga dilengkapi dengan beberapa dokter spesialis.
 
 
Sepekan setelah itu, pada 17 Januari 2019 melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Koto Gasib, gubernur Riau terpilih itu pun disambut antusias masyarakat di sana, dengan jumlah ratusan masyarakat yang hadir, ia menyampaikan kembali bahwa komitmen untuk memperjuangkan Bandara SSK II itu pindah ke Kabupaten Siak. Selain itu, ia juga meresmikan GOR di Tasik Seminai dan beberapa proyek lainnya.

Sorenya di hari yang sama, masyarakat Kecamatan Mempura dikunjungi oleh mantan Camat Siak itu, meski diguyur hujan lebat, tidak menyurut hati masyarakat untuk datang. Diakhir acara, salah seorang ibu-ibu terlihat menangis saat bersalaman dengan Syamsuar, beliau sedih karena Syamsuar sebentar lagi akan meninggalkan Siak. "Saya sedih pak, bapak Kejap lagi meninggalkan kami," kata ibu itu, dengan logat melayunya.

Pada 21 Januari 2019, masyarakat Kecamatan Sungai Apit disambangi Syamsuar, Kecamatan kelahiran ketua DPRD Siak itu juga sempat meresmikan beberapa proyek pembangunan, salah satunya peresmian balai seni di Kampung Sungai Kayu Ara, uniknya masyarakat setempat memberi nama balai seni tersebut dengan nama Syamsuar dan Istrinya Misnarni.

Di lain kegiatan, ia menyempatkan diri untuk mengunjungi Pondok Pesantren yang ada di Kampung Lalang, beberapa aspirasi yang disampaikan pengurus Pondok Pesantren direspon langsung oleh Syamsuar, ia berjanji akan merealisasikan apa yang menjadi aspirasi dari pengurus Pondok Pesantren tersebut.

Sorenya, Syamsuar berkunjung ke Kecamatan Pusako, tepatnya di Kampung Sungai Limau, meski diguyur hujan lebat, tidak menyulut hati masyarakat untuk datang, masyarakat menunggu kabar bahagia dari Syamsuar tentang pembagian program lahan TORA. Bak gayung bersambut, Syamsuar menjelaskan sebanyak 4000 TORA dibagi ke masyarakat, ia mengimbau agar masyarakat yang memperoleh lahan TORA tersebut agar tidak menjualnya.

Kemudian dilanjutkan ke kecamatan terjauh di Kabupaten Siak, Kecamatan Kandis. Sebelum Syamsuar dilantik menjadi Gubernur Riau Februari mendatang, dan akan meninggalkan jabatannya sebagai Bupati Siak, Syamsuar meninggalkan Pekerjaan Rumah (PR) yang harus diselesaikan ke depannya.

"Tadi saya diskusi dengan Camat, Kandis ini meminta jalan baru dibuka untuk memangkas jarak tempuh kalau ke Siak. Saat ini dari Kandis-Siak 3 jam bahkan lebih, semoga nanti adanya jalan baru nanti bisa memangkas waktu itu," kata Syamsuar, saat melakukan silaturahmi sekaligus pamitan dengan masyarakat Kecamatan Kandis menjelang beliau dilantik menjadi Gubernur Riau, Rabu (23/1/2019) lalu.
 
 
Syamsuar mengatakan, selain itu juga ke depannya masyarakat Kandis juga ingin mempermudah tempat pelayanan kesehatan di wilayahnya. "Ini akan menjadi PR juga bagi kita untuk mendirikan Rumah Sakit tipe D di Kandis ini. Pasalnya pembangunan Puskesmas dari Provinsi sampai sekarang belum juga selesai-selesai," kata Syamsuar.

Selain itu Syamsuar juga mengatakan, di Kandis ada Rest Area, ia berharap sesuai dengan arahan presiden, supaya tempat tersebut dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berjualan makan minum, selain itu juga produksi usaha masyarakat juga bisa diletakan di situ untuk dijual.

"Ada lagi, di Kandis ini masih terdapat 2 dusun yang masih belum terkait listrik, nanti kita akan minta ke pihak PLN untuk menyambung aliran listrik ini ke kedua dusun ini," kata Syamsuar.

Selain itu, Syamsuar juga mengatakan PR baginya kedepan adalah pembangun beberapa jalan yang ada di Kecamatan Kanids. Ia mengatakan jika nanti anggaran Kabupaten tidak cukup untuk pembangunan tersebut, maka ia akan bantu melalui dana Provinsi.

Bupati Siak H. Syamsuar dihadapan masyarakat Minas mengatakan, bahwa tugas melaksanakan pembangunan itu tidak mengenal kata usai. Syamsuar juga menyebut meskipun nantinya telah dilantik menjadi Gubernur Riau, ia akan tetap mengawal progres pembangunan yang ada di Kabupaten Siak.

"Saya sudah berpesan kepada Pak Wakil Bupati H. Alfedri, karena beliau nanti akan mengantikan saya menjadi bupati, saya bilang masa jabatan kita hingga tahun 2021. Saya akan tetap mengawal pembangunan di Kabupaten Siak, supaya apa yang menjadi kepentingan masyarakat bisa diakomodir " jelas Syamsuar, saat melakukan kunjungan kerja dan silaturahmi dengan masyarakat Kecamatan Minas, di Gedung Serba Guna Kantor camat Minas, Rabu (23/1/2019).

Lanjut kata bupati dua priode itu, terkait konflik sengketa tanah antara masyarakat dengan perusahaan yang kerap kali terjadi. Ia meminta kepada camat, penghulu dan lurah segera menginventarisir tanah yang masih berada dalam kawasan hutan.

Ia juga berpesan kepada masyarakat Kecamatan Minas untuk tidak mudah menjual aset tanah yang dimiliki, dengan alasan masa depan sebagai alasan pertimbangan. "Jangan mudah tergiur untuk menjual tanah, tanah tidak bertambah, justru yang bertambah anak cucu kita nanti", sebut Syamsuar.

Di akhir sambutannya Syamsuar, juga berharap rampungnya jalan tol Pekanbaru-Dumai, yang sedang dibangun pemerintah pusat dapat mendatangkan manfaat langsung bagi masyarakat.

Kunjungan kerja Bupati Siak H. Syamsuar di Minas selain bersilahturrhmi dan berpamitan dengan masyarakat tersebut, ditutup dengan agenda meresmikan sejumlah proyek pembangunan pemerintah diantaranya Proyek pembangunan Rumah Sakit tipe D, dengan melakukan seremonial penandatanganan batu prasasti.

Camat Minas Hendra Adi Nugraha mengatakan, masyarakat Minas dengan penuh sukacita mengantarkan Bupati Siak dua periode H Syamsuar untuk menjadi Gubernur Riau. Karenanya kata dia, acara kunjungan kerja ini dikemas sekaligus sebagai syukuran atau pesta rakyat.

"Kami masyarakat Minas berbahagia dan siap mendukung bapak menjalankan tugas sebagai Gubernur Riau. Besar harapan kami bapak agar tetap memperhatikan pembangunan di Kecamatan Minas ini" sebut Hendra dalam sambutannya.

100 Persen Desa Teraliri Listrik

Akhirnya, seluruh masyarakat di Kabupaten Siak sudah teraliri listrik, setelah Bupati Siak H Syamsuar hari ini meresmikan 100 persen listrik desa di Kabupaten Siak, Kamis (31/1/2019) di Kampung Muara Kelantan Kecamatan Sungai Mandau.
 
 
Pemerintah terus mengejar pemerataan pembangunan di seluruh desa di kabupaten Siak, salah satunya dengan peningkatan rasio elektrifikasi ke seluruh kampung (desa). Sampai dengan Desember 2018 Rasio Elektrifikasi (RE) di Kabupaten Siak mencapai 98,98 persen.

"Dari 131 Kampung yang ada, saat ini telah teraliri listrik PLN sebanyak 127 Kelurahan/ Kampung dan 4 (empat) kampung sisanya akan kami resmikan hari ini" ungkap Syamsuar dihadapan masyarakat Kecamatan Sungai Mandau.

Pelayanan infrastruktur dasar, lanjut Syamsuar merupakan program utamanya bersama Wakil Bupati Siak Alfedri pada periode sebelumnya. Infrastruktur dasar ini seperti pembangunan jalan, sarana air bersih, kesehatan, pendidikan dan pemerataan listrik di setiap kampung.

Ia menambahkan, untuk memenuhi kebutuhan listrik bagi masyarakat telah membangun jaringan listrik Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 315,48 Kms dan Pembangunan Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 506,59 Kms, Trafo 88 unit, pengadaan genset, serta bantuan PLTS dan SHS sebanyak 1.565 unit, serta memasang ratusan PJUTS di beberapa kampung dan kelurahan, yang bersumber dana dari APBN.

Selain dana APBD/APBN, kata dia, Pemerintah Kabupaten Siak berkerjasama dengan Perusahaan Lokal melalui program Corporate Sosial Responsibility (CSR) PT. BSP dalam hal membantu Rumah Tangga Miskin dengan membantu unit perangkat Listrik Mandiri Rakyat. Serta melalui Badan Amil Zakat Kabupaten Siak meluncurkan Program Siak Peduli, yaitu program berkelanjutan pemasangan listrik gratis untuk kaum dhu'afa di Kabupaten Siak.
 
 
General Manajer PLN Riau dan Kepulauan Riau M Irwansyah Putra mengatakan, dengan pengoperasian infrastruktur listrik desa tersebut dapat mendorong laju pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Dirinya mengajak seluruh masyarakat agar memanfaatkan energi listrik secara optimal sehingga bisa meringankan pekerjaan rumah tangga.
"Kerjasama dengan Pemkab Siak, PLN telah menyelesaikan pembangunan 35,7 Kms jaringan tegangan menengah, 19,3 Kms jaringan tegangan rendah dan 722 Kva travo distribusi dengan nilai investasi sebesar Rp 19,3 Milyar" tutur Irwansyah.

Dia menjelaskan untuk tahun depan, pihaknya sudah menargetkan seluruh desa di Riau akan mendapatkan pelayanan listrik PLN. Dengan peningkatan jaringan listrik sampai ke desa, artinya perekonomian menjadi semakin baik. "Pada hari ini dapat diselesaikan 4 desa terakhir yang ada di kabupaten Siak, artinya sudah 100 persen listrik sudah teraliri di kabupaten Siak" jelasnya.

Pada kesempatan itu secara bersama-sama dilakukan penekanan tombol sirine tanda seluruh desa di kabupaten Siak sudah teraliri listrik.
Kemudian dilakukan penandatangan sejumlah prasasti diantaranya pembangunan gedung futsal Muara Kelantan. Penyerahan 1 unit Ambulance dari dana desa untuk kampung Bencah Umbai dan penyerahan bantuan PLN peduli berupa 100 paket sembako untuk masyarakat fakir miskin dan dhuafa dengan total Rp 15 juta.

Penyerahan penghargan PLN UP3 oleh GM PLN Riau Kepri kepada Bupati Siak atas dukungannya menjadikan kabupaten Siak tertib bayar rekening listrik tahun 2018.

Selanjutnya Bupati Syamsuar berbicara dengan Penghulu Tasik Betung Khairul Anas dan penghulu Teluk Lanus melalui video conference terkait listrik desa.

Pamitan dengan Masyarakat Tualang

Dengan jumlah penduduk terpadat di Kabupaten Siak, Kecamatan Tualang juga selama ini mendapat porsi yang berlebih dari Kecamatan lain. Saat beliau melakukan pamitan di Tualang, disambut ratusan masyarakat yang hadir untuk menyaksikan Syamsuar silaturahmi di Kecamatan yang dijuluki kota Industri itu.

Tampak hadir sejumlah anggota DPRD Siak dapil Tualang, serta sejumlah tokoh masyarakat dan tokoh agama. Beliau saat itu juga melakukan peresmian Rumah Sakit tipe D, rumah sakit tersebut sangat la perlu bagi Masyarakat, karena Kecamatan Tualang dengan masyarakat yang ramai juga salah satu catatan yang jarak tempuh ke pusat Ibu Kota juga termasuk jauh.

Pamitan di Dayun, Syamsuar Dipakai Blangkon dan Bicara Pengelolaan Ladang Minyak CPP Block Dikelola Daerah Bupati Siak H Syamsuar kembali melakukan silaturahmi ke setiap Kecamatan di Kabupaten Siak, kali di Kecamatan Dayun, Syamsuar disambut dengan Reog dan dipakai Blangkon oleh masyarakat, Jumat (25/1/2019).

Acara dipusatkan di lapangan Sepak Bola Kampung Banjar Seminai, Syamsuar didampingi istri serta sejumlah OPD dilingkungan Pemerintahan Kabupaten Siak sebelumnya meresmikan Puskesmas Kecamatan Dayun.

"Alhamdulillah, suatu kehormatan bagi kami bisa memakai blangkon, saya juga termasuk keluarga dari suku Jawa, karena mertua saya orang Jawa," kata Syamsuar.
 
 
Di hadapan masyarakat dalam sambutannya, Syamsuar mengatakan tak dapat membayangkan seandainya pengelolaan ladang minyak CPP Blok tidak dikelola oleh perusahaan milik daerah PT Bumi Siak Pusako (BSP). Andai hal tersebut terjadi kata dia, tentu masyarakat akan ikut terkena dampaknya.

"Saya tidak terbayang jika ladang minyak CPP Blok ini dikelola oleh perusahan lain, sementara di BSP ada 85 persen anak Riau yang mengabdikan diri termasuk anak Kabupaten Siak, mungkin diantaranya termasuk anak kita asal Dayun yang bisa terkena PHK," ucapnya.
Untuk itu, kesempatan yang diberikan pemerintah pusat kepada BSP untuk mengelola sendiri ladang minyak di daerah perlu disyukuri, agar daerah semakin dapat merasakan berkah dari kekayaan dalam perut bumi sendiri.

Syamsuar juga bercerita, saat melaksanakan ibadah umroh beberapa waktu lalu didepan Ka'bah ia berdoa agar Kabupaten Siak diberikan jalan oleh Allah untuk meningkatkan kesejahteraan daerah.
"Alhamdulillah doa kita diijabah, Presiden melalui Menteri ESDM memberikan kesempatan agar ladang minyak yang ada di daerah ini bisa kita kelola secara mandiri" kenangnya.

Kata dia, kesempatan ini seterusnya akan mendatangkan berkah bagi masyarakat di Kecamatan Dayun, yang tinggal berdekatan langsung dengan PT BSP. "Saya ingin pimpinan PT BSP memberikan kesempatan kepada putra putri di Kecamatan Dayun, agar mereka bisa mengabdikan diri di BSP, karena ladang minyak ini langsung berhadapan dengan tempat tinggal mereka" pintanya.

Syamsuar yang tampil dengan penampilan khas kemeja putih lengan panjang dan celana hitam itu juga mengatakan, selama lima tahun dirinya memimpin Siak telah berupaya membangun jalan poros desa yang seringkali terkendala persoalan anggaran daerah.

Namun kata Gubernur terpilih ini berkat bantuan pemerintah pusat yang dikucurkan lewat dana DAK, sebagian besar dari seluruh kecamatan kini sudah bisa menikmatinya.

"Tahun lalu kami telah menyelesaikan jalan poros sepanjang 4 km, yang anggarannya bersumber dari dana DAK pusat. Selanjutnya peningkatan jalan poros Kampung Berumbung Baru sepanjang 3,4 Km sedang dalam proses tender. Begitu juga peningkatan jalan di Suka Mulya Pangkalan Makmur sepanjang 3,24 km dan peningkatan jalan Buana Makmur Sri Gading Kampung Lubuk Dalam sepanjang 500 meter, ke semuanya menggunakan dana Alokasi Khusus (DAK) APBN," kata Syamsuar.

Siak Sri Indrapura jadi Kecamatan ke-13 Dikunjungi Syamsuar Bupati Siak H Syamsuar, (1/2/2019) saat berkunjung ke Kecamatan Siak Sri Indrapura menyampaikan keberhasilan beliau di dalam membangun Kabupaten Siak, ia menyampaikan salah satu contoh dalam bidang pariwisata, dulu orang yang berkunjung ke Kota Istana itu hanya hitungan ribuan dalm setahun, kini dari data yang diperoleh jumlah orang datang ke Siak untuk berwisata sudah sampai angkat 300 ribu lebih, hal itu sejalan dengan visi misi beliau yang di ruang di dalam RPJMD 2016-2021, untuk menjadi Kabupaten Siak sebagai pusat pariwisata tertinggi se Sumatera.

Sementara itu, Kecamatan Bunga Raya menjadi Kecamatan terakhir yang dikunjungi Syamsuar, Syamsuar menyampaikan saat ini orang luar banyak ingin belajar tentang pertanian di Siak, karena petani Bunga Raya selalu sukses dan berhasil menanam padi.

"Siak kini sudah menjadi barometer Riau, banyak orang luar yang ingin belajar menanam padi di Bunga Raya ini, tentu ini menjadi kebanggan tersendiri bagi kita," kata Syamsuar, ketika itu.
Penulis : CK7
Editor : Jef Syahrul
Kategori : Advertorial
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Artikel Terkait
0 Komentar
Berita Pilihan
Sabtu, 22 Juni 2019
Heboh, Warga Siak Temukan Bayi Baru Lahir dalam Kantong Plastik
Sabtu, 22 Juni 2019
Gubernur Riau Batalkan Kerjasama Pembuatan Aplikasi Pengaduan dengan Telkomsel
Sabtu, 22 Juni 2019
Supporter Tuding Gubernur Tak Serius Bantu PSPS Riau
AMSI
Topik
Jumat, 22 Maret 2019
Plastik Masih Menjadi Permasalahan Utama Pencemaran Lingkungan di Kuansing
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan

CAKAPLAH TV lainnya ...
Senin, 15 Juli 2019
FWL DPRD Riau akan Gelar Pengenalan Jurnalistik di SMAN 1 Pekanbaru
Senin, 15 Juli 2019
Cegah Karhutla, TNI Gelar Patroli Hingga ke Pelosok TNTN
Minggu, 14 Juli 2019
Walikota Pariaman dan Firdaus Diskusikan Konsep Smart City Madani
Minggu, 14 Juli 2019
Stan Pemprov Riau Juara II Pameran Lingkungan Terbesar di Indonesia

Serantau lainnya ...
Selasa, 25 Juni 2019
Tips Memilih Setting Spray yang Sesuai dengan Jenis Kulit
Kamis, 20 Juni 2019
Baju Warna Ini Membuat Perempuan Tampak Lebih Memikat di Mata Pria
Sabtu, 25 Mei 2019
5 Hadiah Menarik Pengganti Uang THR Bagi Anak-Anak
Kamis, 09 Mei 2019
5 Kebiasaan yang Dapat Diubah untuk Mencegah Kerontokan Rambut

Gaya Hidup lainnya ...
Jumat, 28 Juni 2019
Zulkifli As Ajak Warga Tingkatkan Pendalaman, Penghayatan dan Pengamalan Alquran
Rabu, 26 Juni 2019
17 Anggota Komisi V DPR RI Berkunjung ke Kawasan Megaproyek Technopark Pelalawan
Minggu, 23 Juni 2019
DPRD Gelar Rapat Paripurna HUT ke-235 Kota Pekanbaru
Jumat, 21 Juni 2019
Pemkab Bengkalis Terus Pertahankan Tradisi Lampu Colok

Advertorial lainnya ...
Senin, 15 Juli 2019
Ini Bocoran Harga Galaxy Note10 Series yang Paling Murah
Minggu, 14 Juli 2019
ASUS ROG Terbaru Ini Pakai Desain BMW dan Intel Gen 9
Minggu, 14 Juli 2019
Wow! Black Shark 2 akan Dijual Resmi di Indonesia
Kamis, 11 Juli 2019
Ini Dia Laptop Gaming 17 Inci Ngebut Tertipis di Dunia

Tekno dan Sains lainnya ...
Minggu, 30 Juni 2019
Khasiat Tomat untuk Kecantikan Kulit Wajah
Kamis, 20 Juni 2019
Jangan Menikahinya, Ini 7 Tanda Dia Bukan Husband Material!
Jumat, 14 Juni 2019
4 Tes Untuk Mencari Tahu Seseorang Mandul atau Tidak
Kamis, 16 Mei 2019
Memahami 5 Jenis Kerutan pada Wajah dan Tips Mengatasinya

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Jumat, 12 Juli 2019
Mahasiswa UNRI Gandeng Pertamina Sei Pakning Tanam Pohon Mangrove di Desa Tanjung Leban
Kamis, 11 Juli 2019
Rektor UIR dan 345 Pimpinan PTIS Hadiri Munas
Kamis, 11 Juli 2019
Univrab Ditunjuk sebagai Tempat Uji Kompetensi Nasional Tenaga Kesehatan
Rabu, 10 Juli 2019
Pertama, UIR Kirim Dosen Visiting Professor ke USANT Filipina

Kampus lainnya ...

PLN
Terpopuler
PTPN5
Foto
Senin, 27 Mei 2019
BRI Pasirpengaraian Berbagi Bahagia dengan Dhuafa dan Anak Yatim
Sabtu, 27 April 2019
PGN Komit Perkuat Bisnis Gas
Jumat, 26 April 2019
Kembangkan Industrialisasi UMKM RAPP Gelar Temu Usaha Pelaku UMKM
Minggu, 07 April 2019
BOB Bantu Ruang Kelas untuk MTs LKMD Kasikan, Kampar

CSR lainnya ...
Kamis, 04 Juli 2019
Via Vallen dan Nella Kharisma Disurati Jaksa Terkait Kasus Kosmetik
Minggu, 30 Juni 2019
Keluar Penjara, Vanessa Angel Tak Disambut Sang Ayah
Selasa, 25 Juni 2019
Kata Gisella Anastasia Soal Kabar Prewedding di Australia
Kamis, 20 Juni 2019
Gus Miftah Beberkan Rencana Deddy Corbuzier Setelah Mualaf

Selebriti lainnya ...
Senin, 22 April 2019
Infrastruktur Jalan, Listrik dan Pendidikan jadi Aduan Masyarakat ke Samsurizal Budi saat Reses
Senin, 22 April 2019
Terkait Persoalan PLN, Ketua DPRD Siak: Wajar Saja Kekesalan Warga Memuncak
Senin, 22 April 2019
Ketua DPRD Berang Pemkab Siak Tak Serius Sikapi Permasalahan Kampung
Senin, 22 April 2019
Ketua DPRD Siak: Gubri Komit Bangun Tanjung Buton

Parlementaria Siak lainnya ...
Rabu, 29 Mei 2019
Dewan: Bayar Zakat Fitrah Jangan Mepet Lebaran
Sabtu, 04 Mei 2019
Ketika Nabi Muhammad Diolok-olok
Selasa, 16 April 2019
Jokowi dan Dua Presiden RI Lainnya yang Mendapat Keistimewaan Bisa Masuk Ka'bah
Selasa, 12 Februari 2019
Bimbang Menentukan Pilihan, Baca Doa Ini

Religi lainnya ...
Indeks Berita
www www