Selasa, 16 Juli 2019

Breaking News

  • 5 Bulan Menunggak, Dewan Minta Penghuni Rusunawa Yos Sudarso Taat Aturan   ●   
  • Bawang Merah Sebabkan Inflasi di Riau 0,11 Persen   ●   
  • 100 Hari Pertama sebagai Gubernur, Syamsuar Disibukkan dengan Kampanye Capres   ●   
  • Penculik Anak di Siak Ternyata Sering Cabuli Anak Tirinya   ●   
  • Kasus Rommy, Tiga Pejabat Kemenag Diperiksa KPK   ●   
  • Warga Bengkalis Tewas Disambar Petir Saat Menanam Kacang   ●   
  • Demokrat Riau Kampanye Akbar 11 April di Pekanbaru, SBY dan AHY Tak Hadir   ●   
  • KPK Ingatkan Pemilih Jangan Minta Uang ke Caleg   ●   
  • Amril Mukminin Sampaikan 13 Program Strategis Pemkab Bengkalis   ●   
  • Komisi IV DPRD Riau Minta PUPR Cek Dugaan Retak Flyover Mal SKA
Muhibbah

DPRD Bengkalis Sepakat Tetapkan Ranperda Penyertaan Modal ke BRK Jadi Perda
Kamis, 20 Juni 2019 10:01 WIB
DPRD Bengkalis Sepakat Tetapkan Ranperda Penyertaan Modal ke BRK Jadi Perda
Ketua Pansus Ranperda Penyertaan Modal Kepada PT Bank Riau Kepri, Hendri, menyerahkan laporan Pansus ke Ketua DPRD Bengkalis, Abdul Kadir.

BENGKALIS (CAKAPLAH) - Dewan Perwakilan Daerah Rakyat (DPRD) Kabupaten Bengkalis menggelar sidang Paripurna penyampaian laporan Panitia Khusus (Pansus) tentang Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) penyertaan modal ke Bank Riau Kepri, Selasa 18 Juni 2019.

Rapat paripurna dimulai pukul 14.30 WIB. Dipimpin langsung Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis Abdul Kadir SAg, sidang dihadiri Bupati Bengkalis Amril Mukminin yang diwakili Asisten Administrasi Umum Maryansyah Oemar.

Setidaknya 31 dari 45 anggota DPRD Kabupaten Bengkalis dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Daerah Bengkalis mengikuti persidangan penyampaian laporan pansus penyertaan modal ke Bank Riau Kepri.

Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis Abdul Kadir mengatakan, Ranperda penyertaan modal ke Bank Riau Kepri diajukan Pemerintah Kabupaten Bengkalis pada rapat paripurna 28 November 2019 lalu. Menindaklanjuti Ranperda tersebut, DPRD membentuk Pansus dan melakukan sejumlah agenda kerja.

"Sebagaimana diketahui bersama bahwa pada rapat paripurna hari Rabu 28 November 2018 telah disampaikan Ranperda penyertaan modal Bank Riau kepri," kata Ketua DPRD.

Kerja yang ditempuh Pansus penyertaan modal ke Bank Riau Kepri diantaranya berkonsultasi dengan pihak kementerian terkait dan melakukan studi banding ke sejumlah pihak.

"Setelah Pansus DPRD melakukan rapat Pansus, dan berkonsultasi ke Kementerian dalam Negeri di Jakarta dan melakukan studi banding di luar daerah Riau maka pada hari ini melaporkan hasil kerjanya," terang Abdul Kadir lagi.

Laporan Pansus

Pansus penyertaan modal ke Bank Riau Kepri diketuai Hendri SAg. Hendri adalah politisi dari Partai Golkar asal Daerah Pemilihan (Dapil) Mandau.

Dalam laporannya Hendri mengatakan, dengan adanya pelaksanaan otonomi daerah yang nyata dan bertanggung jawab pihaknya menganggap perlu mengoptimalkan potensi sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD). Hal itu guna mendukung pembiayaan penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan menuju kemandirian daerah.

Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkalis, ucap anggota DPRD asal Dapil Mandau ini, sebagai pemegang saham di PT Bank Riau Kepri terakhir kali melakukan penyertaan modal kepada PT Bank Riau Kepri Kepri pada tahun 2012. Adapun anggaran yang digelontorkan sebesar Rp20 miliar.

"Sehingga sampai dengan tahun 2018 penyertaan modal pemerintah daerah di PT Bank Riau Kepri sebesar Rp121.606.200," ucapnya.

Disampaikan, Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkalis sudah 6 tahun berturut-turut tidak melakukan penyertaan modal kepada PT Bank Riau Kepri. Hal itu disebabkan selama 2 tahun terakhir telah mengalami penurunan penerimaan dividen.
Karena Pemerintah kabupaten kota lain terus menambah penyertaan modalnya untuk meningkatkan penerimaan daerah dari deviden penyertaan modal, pihaknya Pemkab dan DPRD mengambil langkah-langkah konkrit.

"Berdasarkan pemikiran tersebutlah panitia khusus penyertaan modal kepada PT Bank Riau Kepri melakukan langkah-langkah konkret sehingga pembahasan Ranperda ini dititikberatkan kepada sejauh mana dividen pemegang saham yang akan diterima akan berpengaruh positif pada peningkatan pendapatan asli daerah, " cakapnya lagi.

Penyertaan modal kepada PT Bank Riau Kepri tidak hanya dilihat dari prospek keuntungan bagi daerah. Agar tidak salah langkah, prestasi bank ini juga menjadi perhatian Pansus dalam pembahasan Ranperda.

Dari tahun ke tahun, terang Ketua Pansus, PT Bank Riau Kepri berhasil melakukan pembenahan-pembenahan. Sebelum berbenah total dari segi service pada tahun 2015 PT Bank Riau Kepri berada pada urutan ke-8. Kemudian pada tahun 2016 berhasil berada di posisi ketiga selanjutnya pada tahun 2017 prestasi PT Bank Riau Kepri terlihat konsisten dan mampu berada pada urutan kedua.

Seterusnya, pada tahun 2018 bank berlogo tiga layar terkembang ini mampu menjadi yang terbaik dari seluruh BPD se-Indonesia.

"PT Bank Riau Kepri berhasil meraih peringkat 1 nasional service excellent Bank Pembangunan Daerah (BPD) Indonesia tahun 2018. Ini menambah keyakinan Pansus untuk menambah penyertaan modal kepada PT Bank Riau Kepri," terang Hendri.

Panitia khusus berpendapat bahwa sesungguhnya Ranperda penyertaan modal merupakan antisipasi terhadap berbagai perkembangan di masyarakat. Pada awal pembahasan panitia khusus telah mengisyaratkan dan mengingatkan akan pentingnya landasan hukum dan referensi serta regulasi rencana penyertaan modal ini.

"Sehingga Pansus meminta kepada eksekutif untuk memasukkan seluruh kewenangan daerah dalam sistem modal kode PT Bank Riau Kepri," tegasnya.

10 Catatan Pansus

Stelah mendengar dan mengamati bahwa dalam penyertaan modal ke PT Bank Riau Kepri oleh pemerintah daerah adalah untuk meningkatkan pendapatan asli daerah melalui penerimaan dividen pemegang saham yang nantinya akan diterima oleh pemerintah daerah, maka kesempatan yang baik itu ada beberapa catatan penting yang dikemukakan Pansus.

1. Pernyataan modal Pemerintah Kabupaten Bengkalis pada PT Bank Riau Kepri baik berupa uang saham dan barang milik daerah ditetapkan sebesar Rp300 miliar

2. Penyertaan modal Pemerintah Kabupaten Bengkalis sebagai dimaksud pada poin (1) di atas penganggarannya disesuaikan dengan kondisi keuangan daerah sampai tercapainya target sebesar Rp300 miliar.

3. Diminta kepada Bupati Bengkalis untuk segera menindaklanjuti Ranperda yang akan disepakati pengesahannya ini ke dalam peraturan-peraturan teknis terutama dalam bentuk Peraturan Bupati sehingga segera dapat dilaksanakan.

4. Diminta kepada saudara Bupati Bengkalis memerintahkan kepada kepala UPTD terkait agar segera melakukan kerjasama dengan PT Bank Riau Kepri untuk seterusnya harus dipelajari dan dikaji lebih detail bagaimana agar penerimaan dividen pemegang saham tidak melanggar aturan perundang-undangan yang berlaku.

5. Perlu adanya payung hukum yang jelas terkait dengan besaran dividen yang akan diterima oleh pemegang saham yang tentu perlu diatur secara lebih rinci dengan peraturan bupati yang diselaraskan dengan kebijakan.

6. Penggunaan modal yang telah ditetapkan oleh pemerintah daerah kabupaten Bengkalis menjadi tanggung jawab PT Bank Riau Kepri.

7. Penyertaan modal yang bersumber dari deviden saham dan barang daerah yang dinilai dengan uang akan ditambah menjadi tambahan setoran penyertaan modal.

8. Meminta kepada PT Bank Riau Kepri dalam pelaksanaan program CSR agar diperbanyak dan diprioritaskan pada pengembangan kewirausahaan serta dapat teralokasi dengan tepat sasaran.

9. Panitia khusus meminta kepada rapat paripurna DPRD supaya rancangan peraturan daerah Kabupaten Bengkalis tentang penyertaan modal kepada PT Bank Riau Kepri ditetapkan menjadi peraturan daerah kabupaten Bengkalis.

10. Setelah rancangan peraturan daerah ditetapkan dengan peraturan daerah kabupaten Bengkalis kepada saudara Bupati Bengkalis diminta segera melakukan sosialisasi secara menyeluruh substansi peraturan daerah ini agar ketika peraturan daerah ini dilaksanakan tidak mendapat hambatan dan kendala dalam pelaksanaannya

Diharapkan ke depan dividen yang diterima pemegang saham dari pernyataan modal pada PT Bank BTPN dapat dijadikan pendorong dalam meningkatkan pendapatan asli daerah Kemudian peraturan teknis yang dibuat harus berdasarkan dasar hukum dan regulasi dari peraturan perundang-undangan yang berlaku

Semua Fraksi Sepakat

Usai pembacaan laporan Pansus tentang Ranperda penyertaan modal ke Bank Riau Kepri, semua Fraksi-fraksi di DPRD Kabupaten Bengkalis menyatakan sepakat Ranperda tersebut disahkan menjadi Peraturan Daerah (Perda).

Ketua DPRD menanyakan tanggapan satu persatu fraksi yang ada di DPRD.

"Izin pimpinan, kami menyetujui dan sepakat Ranperda penyertaan modal ke Bank Riau Kepri disahkan menjadi Perda," ungkap Indrawan Sukmana dari Fraksi Gerindra Garuda Yaksa.

Selain laporan penyampaian penyertaan modal ke Bank Riau Kepri, di waktu yang sama juga dilakukan penyampaian laporan pansus terhadap tiga Ranperda lainnya dan satu rekomendasi DPRD.

Tiga Ranperda dimaksud adalah Ranperda tentang penyertaan modal ke PT. Bumi Siak Pusako (BSP), Ranperda tentang perubahan peraturan daerah nomor 4 tahun 1994 tentang PDAM Tirta Terubuk, Ranperda tentang pembiayaan tranportasi jemaah haji dan monitoring serta identifikasi permasalahan BUMD.

Pemkab Berikan Apresiasi

Bupati Bengkalis Amril Mukminin melalui Asisten Administrasi Umum Maryansyah Oemar memberikan apresiasi disetujuinya Ranperda penyertaan modal ke Bank Riau Kepri untuk dibahas selanjutnya menjadi sebuah Perda

"Terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada saudara ketua, para wakil ketua dan anggota dewan yang telah menetapkan beberapa Rancangan Peraturan Daerah menjadi Peraturan Daerah," ucapnya.

Asisten menyadari, menyelesaikan sebuah Ranperda tidaklah mudah butuh kerja keras dan komunikasi inten agar hal yang dihasilkan dapat menjadi produk yang baik dan memiliki kekuatan hukum

"Kami sadari kerja keras pansus dalam menyelesaikan Ranperda dimaksud tidaklah mudah. kami juga mengharapkan kepada pimpinan dan anggota DPRD Bengkalis yang terhormat agar dapat memberikan sumbang saran dan masukkan yang konstruktif, sehingga dapat dijadikan pegangan untuk perbaikan penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Kabupaten Bengkalis ke depan," pungkas Maryansyah Oemar.

Berikut susunan Pansus Ranperda penyertaan modal ke Bank Riau Kepri DPRD Kabupaten Bengkalis.

Hendri, SAg (Ketua), Firman (Wakil Ketua), Andriyan Pratama Putra (anggota), Ita Azmi (anggota), Syaiful Ardi (anggota), Syahrial ST (anggota), H. Asmara (anggota), H. Azmi (anggota), Susianto SR (anggota), Sofyan S.Pd.i (anggota), Febriza Luwu (anggota), Indrawan Sukmana (anggota), Zamzami Harun (anggota), Nur Azmi Hasyim (anggota), Pipit Lestary (anggota), Zulkifli (anggota).

Penulis : Agus Setiawan
Editor : Ali
Kategori : Advertorial
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Artikel Lainnya
0 Komentar
Berita Pilihan
Sabtu, 22 Juni 2019
Heboh, Warga Siak Temukan Bayi Baru Lahir dalam Kantong Plastik
Sabtu, 22 Juni 2019
Gubernur Riau Batalkan Kerjasama Pembuatan Aplikasi Pengaduan dengan Telkomsel
Sabtu, 22 Juni 2019
Supporter Tuding Gubernur Tak Serius Bantu PSPS Riau
AMSI
Topik
Jumat, 22 Maret 2019
Plastik Masih Menjadi Permasalahan Utama Pencemaran Lingkungan di Kuansing
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan

CAKAPLAH TV lainnya ...
Senin, 15 Juli 2019
FWL DPRD Riau akan Gelar Pengenalan Jurnalistik di SMAN 1 Pekanbaru
Senin, 15 Juli 2019
Cegah Karhutla, TNI Gelar Patroli Hingga ke Pelosok TNTN
Minggu, 14 Juli 2019
Walikota Pariaman dan Firdaus Diskusikan Konsep Smart City Madani
Minggu, 14 Juli 2019
Stan Pemprov Riau Juara II Pameran Lingkungan Terbesar di Indonesia

Serantau lainnya ...
Selasa, 25 Juni 2019
Tips Memilih Setting Spray yang Sesuai dengan Jenis Kulit
Kamis, 20 Juni 2019
Baju Warna Ini Membuat Perempuan Tampak Lebih Memikat di Mata Pria
Sabtu, 25 Mei 2019
5 Hadiah Menarik Pengganti Uang THR Bagi Anak-Anak
Kamis, 09 Mei 2019
5 Kebiasaan yang Dapat Diubah untuk Mencegah Kerontokan Rambut

Gaya Hidup lainnya ...
Jumat, 28 Juni 2019
Zulkifli As Ajak Warga Tingkatkan Pendalaman, Penghayatan dan Pengamalan Alquran
Rabu, 26 Juni 2019
17 Anggota Komisi V DPR RI Berkunjung ke Kawasan Megaproyek Technopark Pelalawan
Minggu, 23 Juni 2019
DPRD Gelar Rapat Paripurna HUT ke-235 Kota Pekanbaru
Jumat, 21 Juni 2019
Pemkab Bengkalis Terus Pertahankan Tradisi Lampu Colok

Advertorial lainnya ...
Senin, 15 Juli 2019
Ini Bocoran Harga Galaxy Note10 Series yang Paling Murah
Minggu, 14 Juli 2019
ASUS ROG Terbaru Ini Pakai Desain BMW dan Intel Gen 9
Minggu, 14 Juli 2019
Wow! Black Shark 2 akan Dijual Resmi di Indonesia
Kamis, 11 Juli 2019
Ini Dia Laptop Gaming 17 Inci Ngebut Tertipis di Dunia

Tekno dan Sains lainnya ...
Minggu, 30 Juni 2019
Khasiat Tomat untuk Kecantikan Kulit Wajah
Kamis, 20 Juni 2019
Jangan Menikahinya, Ini 7 Tanda Dia Bukan Husband Material!
Jumat, 14 Juni 2019
4 Tes Untuk Mencari Tahu Seseorang Mandul atau Tidak
Kamis, 16 Mei 2019
Memahami 5 Jenis Kerutan pada Wajah dan Tips Mengatasinya

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Selasa, 16 Juli 2019
2 Mahasiswa Unilak Bersaing dengan 336 Peserta di National University Debating Championship Surabaya
Jumat, 12 Juli 2019
Mahasiswa UNRI Gandeng Pertamina Sei Pakning Tanam Pohon Mangrove di Desa Tanjung Leban
Kamis, 11 Juli 2019
Rektor UIR dan 345 Pimpinan PTIS Hadiri Munas
Kamis, 11 Juli 2019
Univrab Ditunjuk sebagai Tempat Uji Kompetensi Nasional Tenaga Kesehatan

Kampus lainnya ...

PLN
Terpopuler
PTPN5
Foto
Senin, 27 Mei 2019
BRI Pasirpengaraian Berbagi Bahagia dengan Dhuafa dan Anak Yatim
Sabtu, 27 April 2019
PGN Komit Perkuat Bisnis Gas
Jumat, 26 April 2019
Kembangkan Industrialisasi UMKM RAPP Gelar Temu Usaha Pelaku UMKM
Minggu, 07 April 2019
BOB Bantu Ruang Kelas untuk MTs LKMD Kasikan, Kampar

CSR lainnya ...
Kamis, 04 Juli 2019
Via Vallen dan Nella Kharisma Disurati Jaksa Terkait Kasus Kosmetik
Minggu, 30 Juni 2019
Keluar Penjara, Vanessa Angel Tak Disambut Sang Ayah
Selasa, 25 Juni 2019
Kata Gisella Anastasia Soal Kabar Prewedding di Australia
Kamis, 20 Juni 2019
Gus Miftah Beberkan Rencana Deddy Corbuzier Setelah Mualaf

Selebriti lainnya ...
Senin, 22 April 2019
Infrastruktur Jalan, Listrik dan Pendidikan jadi Aduan Masyarakat ke Samsurizal Budi saat Reses
Senin, 22 April 2019
Terkait Persoalan PLN, Ketua DPRD Siak: Wajar Saja Kekesalan Warga Memuncak
Senin, 22 April 2019
Ketua DPRD Berang Pemkab Siak Tak Serius Sikapi Permasalahan Kampung
Senin, 22 April 2019
Ketua DPRD Siak: Gubri Komit Bangun Tanjung Buton

Parlementaria Siak lainnya ...
Rabu, 29 Mei 2019
Dewan: Bayar Zakat Fitrah Jangan Mepet Lebaran
Sabtu, 04 Mei 2019
Ketika Nabi Muhammad Diolok-olok
Selasa, 16 April 2019
Jokowi dan Dua Presiden RI Lainnya yang Mendapat Keistimewaan Bisa Masuk Ka'bah
Selasa, 12 Februari 2019
Bimbang Menentukan Pilihan, Baca Doa Ini

Religi lainnya ...
Indeks Berita
www www