Kamis, 21 November 2019

Breaking News

  • Pemprov Riau Bebaskan Denda Pajak Daerah   ●   
  • Riset: Buzzer di Indonesia Digerakkan oleh Agensi   ●   
  • Tim Gabungan Akan Beri Efek Jera untuk Korporasi Pembakar Lahan   ●   
  • PTPN V Remajakan 914 Hektare Sawit Rakyat di Rohil   ●   
  • Tahun Depan, KIT Pekanbaru Sudah Bisa Dijual   ●   
  • 3 Fraksi DPRD Riau Sepakat Sebut Paripurna Pembentukan AKD Cacat Prosedural   ●   
  • Pemko Pekanbaru Bentuk Tim Percepatan KIT   ●   
  • Meubelair Gedung Mapolda Riau Senilai Rp10,5 Miliar Tahap Lelang   ●   
  • LAMR akan Kumpulkan Elemen Masyarakat Bahas Blok Rokan   ●   
  • Unilak Wisuda 1.044 Mahasiswa
DJP

Pemkab Rohil Optimis Capai Kabupaten Layak Anak
Jum'at, 08 November 2019 20:48 WIB
Pemkab Rohil Optimis Capai Kabupaten Layak Anak

ROHIL (CAKAPLAH) -- Kabupaten/Kota Layak Anak adalah Kabupaten/Kota yang mempunyai sistem pembangunan berbasis hak anak melalui pengintegrasian komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha, yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam kebijakan, program dan kegiatan untuk menjamin terpenuhinya hak dan perlindungan anak.

Indikator tentang Kota Layak Anak (KLA) seperti disebutkan dalam Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak No.12 tahun 2011, antara lain persentase anak yang teregistrasi dan mendapatkan Kutipan Akta Kelahiran, tersedia fasilitas informasi layak anak dan jumlah kelompok anak, termasuk Forum Anak, yang ada di kabupaten/kota, kecamatan dan desa/kelurahan.


Selanjutnya dalam pasal 9 disebutkan indikator KLA untuk klaster lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif meliputi persentase usia perkawinan pertama di bawah 18
(delapan belas) tahun, tersedia lembaga konsultasi bagi orang tua/keluarga tentang pengasuhan dan perawatan anak dan tersedia lembaga kesejahteraan sosial anak serta berbagai indicator lainnya.

Rohil Menuju Kabupaten Layak Anak

Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) melalui Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Rohil, dengan gugus tugas optimis akan meraih predikat Kabupaten Layak Anak (KLA) 2019.

Kepala DP2KBP3A Ir Sri Rahayu mengatakan, bahwa tahun 2019 ini pihaknya memang harus optimis dapat meraih predikat Kabupaten Layak Anak. Maka pihaknya untuk hal itu akan menjalin koordinasi dengan OPD dan lembaga terkait dalam hal ini.

"Kita akan menbentuk forum anak di setiap kecamatan dan juga gugus tugas. Ada sekolah ramah anak, puskesmas ramah anak. Apsai akan dibentuk, sekaligus pertemuan dalam susunan pengurus. Karena dari 17 hanya tiga yang hadir maka lain waktu akan diundang kembali untuk pembentukan kepenggurusan.

Laksanakan Berbagai Sosialisasi

Dinas Pemberdayaan Perempuan, Keluarga Berencana, Pengendalian Penduduk dan Perlindungan anak (P2KBP3A) Rohil, melaksanakan Sosialisasi Kota Layak Anak (KLA) tahun 2019.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Asisten III Rohil Suwandi, yang mewakili Bupati Rohil yang berhalangan hadir, dan diikuti peserta dari Kepala Puskesmas ramah anak dan Kepala Sekolah ramah anak.

Kepala Dinas P2KBP3A Rohil melalui Kabid Tumbuh Kembang dan Perlindungan Anak Syamsul Kidul menyampaikan bahwa target Kota Layak Anak sebenarnya sudah tahun kemarin, tapi setelah dilakukan evaluasi oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) melalui nilai yang kita kirimkan secara online, kita mendapatkan nilai mandiri sebesar 458. Dan nilai tersebut tidak mencukupi untuk meraih predikat KLA dengan nilai yang ditentukan sebesar 500. “Mudah-mudahan di tahun 2020 nanti semua OPD yang sudah dirangkum dalam buku gugus tugas menuju KLA, agar bisa bekerja sama dan sama-sama bekerja” harap Syamsul.

Kemudian lanjutnya, langkah-langkah menuju KLA sudah kita lakukan, diantaranya sekolah ramah anak di Rohil sudah mencapai 25 sekolah, mulai dari SD sampai SMP, dan dalam waktu dekat ini kita juga akan melakukan program sekolah PAUD dan TK ramah anak, nanti kita akan minta bantu Dinas Pendidikan. “Untuk SMA begitu juga, walaupun SMA bukan kewenangan kabupaten, tapi dalam menetapkan sekolah tersebut ramah anak, kita bisa bekerja sama dengan provinsi karena sekolah tersebut berada diwilayah kita,” ujarnya.

Sama halnya dengan puskesmas, juga diharuskan mempunyai tempat bermain untuk anak, hal ini bertujuan apabila orangtua ingin berobat dan membawa anaknya, maka anak tersebut bisa dititipkan di tempat bermain.

“Para peserta sosialisasi KLA juga diberikan masukan-masukan dari narasumber, misalnya di puskesmas bagaimana batasan-batasan dan kelengkapannya, juga disekolah harus memiliki kantin sehat seperti makanan yang higienis dan tidak dianjurkan makanan-makanan instan,” sebut Kabid.

Pemateri yang dihadirkan ada 3 dari Provinsi Riau, diantaranya Dra Rismawati dari Dinas P3A Provinsi Riau, Tati juga dari Dinas P3A Provinsi Riau, dan Risdayanti, praktisi hukum dan Dosen di Universitas Riau (Unri).

Dikatakannya, untuk forum anak Rohil di seluruh kecamatan sudah terbentuk, cuma belum optimal karena forum anak ini harus diikut sertakan di musrembang kepenghuluan/kelurahan, kecamatan, kabupaten dan provinsi. “Musrembang inikan bertujuan untuk menampung aspirasi dan mereka juga sudah tau apa hak-hak dan keinginan anak sesuai undang-undang, dan ada 31 hak anak yang harus dipenuhi oleh Pemkab Rohil, dan forum anak inilah yang akan menyuarakan di musrembang,” ucapnya.


Kemudian tambah Syamsul lagi, kita juga akan menyiapkan perencanaan-perencanaan untuk mendukung KLA ini, dan untuk ketua gugus tugas menuju KLA adalah Kepala BAPPEDA Rohil itu sendiri, ini sengaja ditunjuk agar segala perencanaan untuk KLA dapat dipenuhi.


Laksanakan Berbagai Perlombaan pada HAN

Menuju layak anak di Rokan Hilir, Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Bencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A) mengadakan lomba gerak jalan beregu dan lomba senam tingkat Sekolah SD dan SMP.

Dalam rangka menuju layak anak Rokan hilir berbagai lomba ditandingkan termasuk lomba gerak jalan beregu dan lomba senam sehat dilepaskan oleh Wakil DPRD Rohil, Basiran Nur Efendi, beberapa waktu lalu.

Kepala Dinas P2KBP3A Rokan Hilir, Ir Sri Rahayu mengatakan bahwa lomba gerak jalan beregu tingkat SMP dan lomba senam sehat tingkat SD ini merupakan rangkaian HAN 2019 bulan September kemaren.

Kegiatan HAN ditunda cuaca kurang kondusif lantaran kabut asap adapun peserta lomba 14 peserta tingkat SMP dan lomba senam sehat 15 peserta tingkat SD. "Sebenarnya lomba gerak jalan beregu dan lomba senam akan diikuti 14 kecamatan karena mengingat panitia tidak menyiapkan segala fasilitas maupun akomodasi mungkin memberatkan kecamatan jauh untuk mengikutinya," kata Hj Sri Rahayu.

Menurut Sri Rahayu peringati HAN merupakan spirit forum anak Kabupaten Rokan Hilir dalam rangka menuju layak anak PUAD hingga SMA ikut berpartisipasi dalam lomba gerak jalan beregu 14 peserta tingkat SMP Sedangkan lomba senam sehat 15 peserta pelajar tingkat SD.

Bahkan, kemaren HAN telah diadakan lomba pidato dan meding tingkat SMA begitu juga PAUD ikuti lomba melukis cermin dan melukis kue hari ulang tahun serta fashion show.

Mengakhiri kegiatan HAN Rokan Hilir tim Pengerak PKK Hj Nur Ainun H Drs Jamiludin dan Kepala Badan P2KBP3A menyerahkan hadiah hadiah pemenang lomba gerak jalan beregu dan lomba senam sehat kepada Sekolah SD dan SMP. (ADV/HUMAS)

Penulis : Sagala
Editor : Jef Syahrul
Kategori : Advertorial
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Artikel Terkait
0 Komentar
Berita Pilihan
Kamis, 03 Oktober 2019
Tokoh Masyarakat Ingin Sekda Riau dari Indragiri, Ini Alasannya
Kamis, 03 Oktober 2019
Sayonara KPK
Jumat, 04 Oktober 2019
Sebelum Ditemukan Meninggal di Mobil, Korban Sempat Senang-senang di Karaoke
Minggu, 06 Oktober 2019
Heboh Penemuan Potongan Mirip Tangan Manusia di Kampar, Ini Penjelasan Polisi
Minggu, 06 Oktober 2019
Marc Marquez Juara Dunia MotoGP 2019
AMSI
Topik
Jumat, 22 Maret 2019
Plastik Masih Menjadi Permasalahan Utama Pencemaran Lingkungan di Kuansing
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan

CAKAPLAH TV lainnya ...
Rabu, 20 November 2019
Jelang Pilkada, Sekda Rohul Sebut Mutasi Pejabat Masih Bisa Dilakukan Hingga 2020
Rabu, 20 November 2019
Sekda Rohul Lantik 129 Pejabat Eslon III dan IV, 6 Diantaranya Camat
Rabu, 20 November 2019
Sudah 455 Orang Daftar CPNS di Rohul, Kebanyakan Tidak Upload Sertifikat Akreditasi Perguruan Tinggi
Rabu, 20 November 2019
Tim Inhu Sabet 16 Medali di Turnamen Indonesia Taekwondo Andalan Championship 2019

Serantau lainnya ...
Selasa, 25 Juni 2019
Tips Memilih Setting Spray yang Sesuai dengan Jenis Kulit
Kamis, 20 Juni 2019
Baju Warna Ini Membuat Perempuan Tampak Lebih Memikat di Mata Pria
Sabtu, 25 Mei 2019
5 Hadiah Menarik Pengganti Uang THR Bagi Anak-Anak
Kamis, 09 Mei 2019
5 Kebiasaan yang Dapat Diubah untuk Mencegah Kerontokan Rambut

Gaya Hidup lainnya ...
Rabu, 13 November 2019
Berdirinya UPTD Metrologi Kuansing: Konsumen Terlindungi, Daerah pun Dapat PAD
Selasa, 12 November 2019
Riau Pertahankan Gelar Juara Umum Porwil Sumatra
Jumat, 08 November 2019
Program Pamsimas Jadikan Pola Hidup Masyarakat Rohil Lebih Bersih
Jumat, 08 November 2019
Pemkab Rohil Optimis Capai Kabupaten Layak Anak

Advertorial lainnya ...
Selasa, 30 Juli 2019
Telkomsel Bundling Smartphone 4G dengan Cashback hingga Rp2 Juta
Minggu, 21 Juli 2019
5 Keunggulan ASUS ROG Mothership, Laptop Gaming Rp130 Jutaan
Jumat, 19 Juli 2019
Dell Rilis Laptop Gaming G7 Seharga Rp27 Jutaan
Kamis, 18 Juli 2019
Xiaomi Resmi Perkenalkan Mi A3, Berapa Harganya?

Tekno dan Sains lainnya ...
Minggu, 06 Oktober 2019
5 Cara Sederhana Turunkan Kolesterol Jahat Dalam
Selasa, 10 September 2019
Hasil Penelitian, Tingkat Stres Mahasiswi Lebih Tinggi dari Mahasiswa
Minggu, 30 Juni 2019
Khasiat Tomat untuk Kecantikan Kulit Wajah
Kamis, 20 Juni 2019
Jangan Menikahinya, Ini 7 Tanda Dia Bukan Husband Material!

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Sabtu, 16 November 2019
BUMDes Tak Berkembang, Fekon Unilak Turunkan Tim Dosen ke Bunut Pelalawan
Jumat, 15 November 2019
Mahasiswa Matematika UIR Gelar Khatam Al-Quran dan Maulid Nabi
Jumat, 15 November 2019
Tim Peneliti Dosen Unilak Ciptakan Electronic Noise
Jumat, 08 November 2019
Enaknya jadi Mahasiswa Unilak, Penerima Beasiswa Dapat Biaya Hidup

Kampus lainnya ...

Iklan Mitsubishi Xpander
Terpopuler

03

Iklan Nasarudin Pelalawan 1
Foto
April HUT 3 Kabupaten
Serindit Boat Race Siak
Selasa, 08 Oktober 2019
Kini Warga Bisa Lakukan Setoran Haji di Kantor Kas BRK Syariah Kemenag Rohul
Minggu, 15 September 2019
PT PSPI Bagikan 2.500 Masker ke Masyarakat Kampar Kiri
Senin, 27 Mei 2019
BRI Pasirpengaraian Berbagi Bahagia dengan Dhuafa dan Anak Yatim
Sabtu, 27 April 2019
PGN Komit Perkuat Bisnis Gas

CSR lainnya ...
Iklan Pelantikan Wahid
Kamis, 03 Oktober 2019
Mengenal Sosok Lora Fadil, Anggota DPR Boyong Tiga Istri Saat Pelantikan hingga Tidur Diruang Paripurna
Minggu, 29 September 2019
Mikha Tambayong: Sehat Itu Murah dan Menyenangkan
Kamis, 04 Juli 2019
Via Vallen dan Nella Kharisma Disurati Jaksa Terkait Kasus Kosmetik
Minggu, 30 Juni 2019
Keluar Penjara, Vanessa Angel Tak Disambut Sang Ayah

Selebriti lainnya ...
Iklan IRMI SYAKIP
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Iklan Pelantikan Andi Rachman
Rabu, 29 Mei 2019
Dewan: Bayar Zakat Fitrah Jangan Mepet Lebaran
Sabtu, 04 Mei 2019
Ketika Nabi Muhammad Diolok-olok
Selasa, 16 April 2019
Jokowi dan Dua Presiden RI Lainnya yang Mendapat Keistimewaan Bisa Masuk Ka'bah
Selasa, 12 Februari 2019
Bimbang Menentukan Pilihan, Baca Doa Ini

Religi lainnya ...
Iklan PLN Pelantikan Kapolres
Indeks Berita
PTPN5
www www