Senin, 08 Agustus 2022

Breaking News

  • Kendaraan Roda Dua di Riau sudah Pakai Plat Warna Putih   ●   
  • 8 Kabupaten di Riau sudah Terjangkit PMK   ●   
  • Kaca Mayang Fashion Street Bakal Digelar di Pekanbaru, Terinspirasi CFW   ●   
  • Vaksin Dosis Keempat di Riau Tunggu Arahan Pusat   ●   
  • Sri Indarti Terpilih Sebagai Rektor Unri Periode 2022-2026   ●   
  • Penduduk Miskin Riau Capai 485 Ribu Orang   ●   
  • Komnas HAM Surati Gubri Minta Selesaikan Persoalan 100 Honorer K2 Lulus CPNS 2014   ●   
  • Peresmian Tol Pekanbaru - Bangkinang Tunggu Persetujuan Presiden   ●   
  • Pembunuh Suami Istri di Rohil Terancam Hukuman Mati   ●   
  • Pakai Gelang 20 Emas Rp45 Juta saat Berkendara, Warga Pekanbaru Jadi Korban Jambret
Yamaha 8-10 Agustus 2022
Polling
Pemko Pekanbaru berencana menaikkan tarif parkir tepi jalan umum September 2022. Untuk kendaraan roda dua jadi Rp 2.000 dan roda empat Rp 3.000. Bagaimana menurut Anda?


5 Keterampilan Sosial Emosional yang Perlu Dikembangkan Guru dalam Penerapan Kurikulum Merdeka
Rabu, 27 Juli 2022 12:47 WIB
5 Keterampilan Sosial Emosional yang Perlu Dikembangkan Guru dalam Penerapan Kurikulum Merdeka

(CAKAPLAH) - Kurikulum pembelajaran di Indonesia terus mengalami perubahan dan penyempurnaan dari masa ke masa menuju ke arah yang lebih baik. Hal ini menjadi sebuah kebutuhan, mengingat perkembangan zaman yang juga berubah. Kurikulum terus diadaptasi dan dikembangkan sesuai konten dan karakteristik peserta didik yang tentunya berbeda antara dulu dan sekarang. Jika kita kembali membaca sejarah, pergantian kurikulum ini telah beberapa kali terjadi. Kurikulum pertama yang sekali diterapkan di Indonesia yaitu Kurikulum 1947 dan yang terbaru saat ini adalah Kurikulum Merdeka.

Pada Kurikulum Merdeka, kegiatan pembelajaran terpusat pada peserta didik (student centre). Peserta didik diberi keleluasaan untuk mengeksplorasi potensinya sedangkan pendidik atau guru berperan sebagai fasilitator. Berubahnya paradigma ini tentu menuntut guru untuk terus mengembangkan kompetensi yang dimiliki, khususnya dalam pengembangan keterampilan sosial emosional.

Keterampilan Sosial Emosional dapat diartikan sebagai keterampilan yang berhubungan dengan pengetahuan, belajar dan sikap mengenai aspek sosial dan emosional. Adapun keterampilan sosial emosional (KSE) yang perlu dikembangkan guru dalam menerapkan kurikulum merdeka yaitu :

1. Kesadaran diri (Self Awarness)

Self awareness merupakan sebuah kondisi atau keadaan dimana seseorang bisa memahami dirinya sendiri dengan sebaik-baiknya, yaitu kesadaran terhadap pikiran, evaluasi diri, dan perasaan. Seseorang yang mempunyai kesadaran diri yang baik akan lebih bisa mengatur emosinya dengan mudah. Selain itu, mereka akan lebih bisa membaca situasi di sekitar dan lebih mudah memahami orang lain serta mengerti harapan atau ekspektasi orang lain terhadap dirinya (Listyowati, 2008).

Keterampilan Self awarness ini membantu seseorang dalam memahami kekuatan, kelemahan, dorongan, hingga nilai-nilai yang ada di dalam dirinya sendiri dan juga orang lain. Terdapat dua Self awarness; pertama self awarness internal yaitu bagaimana cara individu memandang dirinya sendiri, mengetahui passion-nya ada dimana, nilai-nilai yang ia anut dan bagaimana cara individu berperan dalam lingkungan. Kedua Self awarness external merupakan cara seseorang melihat bagaimana orang lain memandang dirinya. Seseorang yang memiliki kesadaran diri eksternal yang tinggi dimungkinkan memiliki empati yang juga tinggi.

2. Manajemen diri (Self Management)

Manajemen diri adalah kemampuan untuk mengelola emosi, pikiran, dan perilaku diri secara efektif dalam berbagai situasi untuk mencapai tujuan dan aspirasi. Tanyakan pada diri apakah selama ini saya mengelola emosi atau dikuasai emosi?

Emosi, pikiran dan perilaku manusia ketiganya saling terhubung erat, mempengaruhi satu dengan yang lainnya. Jika emosi sedang menguasai diri, maka salah satu kuncinya untuk memenej diri adalah mengambil jeda sebentar dari situasi itu. Hentikan perilaku atau pekerjaan yang membuat diri stres. Ambil “jeda” sejenak untuk menata pikiran. Hal ini dapat dilakukan dengan cara istirahat, relaksasi, berwudhu, berdoa mendekatkan diri kepada Tuhan ataupun pergi rekreasi bersama keluarga.

3. Kesadaran sosial (Social awarness)

Kesadaran sosial adalah kemampuan untuk memahami sudut pandang orang lain dan bagaimana merasakan apa yang orang lain rasakan, dengan kata lain yaitu empati. Social Awarness ini penting dimiliki oleh seorang guru, mengingat guru akan bertemu dengan murid, orang tua, teman sejawat ataupun masyarakat umum lainnya yang memiliki latar belakang sosial, budaya, ekonomi yang berbeda sehingga hal ini akan mempengaruhi sudut pandang dan sikap yang berberda atas suatu hal. Jika guru sudah terlatih bersikap empati terhadap orang-orang disekitarnya, dunia pendidikan akan semakin indah.

4. Keterampilan berelasi

Keterampilan berelasi yaitu keterampilan membangun dan mempertahankan hubungan yang sehat dan suportif. Keterampilan ini berupa kemampuan menghargai, bersikap jujur, membangun kepercayaan, berkompromi, memberikan dukungan, pengertian dan fleksibel.  Keterampilan ini dapat terus diasah dengan meningkatkan kemampuan berkomunikasi efektif dan penuh empati, memahami perspektif orang lain dari sudut berbeda.

Adapun teknik komunikasi yang dapat diterapkan untuk mengembangkan keterampilan ini yaitu teknik 3 C ( Clear, Confident, Calm). Pertama, Sampaikan informasi dengan bahasa yang jelas (Clear). Kedua, lakukan dengan penuh percaya diri dan tanpa ragu-ragu (Confident). Ketiga berbicara dengan tenang (Calm).

Selain teknik diatas, ada teknik lainnya juga dapat diaplikasinya dalam keterampilan  berelasi yakni “ I Statement”. Contoh “ Jika tugas tidak dikumpulkan tepat waktu, ibu tidak akan memberi nilai” . Dalam teknik “ I Statement” pesan diatas kita jadikan pernyataan yang positif, seperti “ Ibu sangat senang bila tugas ini dikumpulkan tepat waktu dan kalian akan mendapatkan nilai yang terbaik”

Komunikasi yang baik akan memudahkan kita untuk menjaga hubungan, bekerjasama dengan tim, berkolaborasi, memecahkan masalah, memimpin dan dipimpin.

5. Kesadaran penuh (Mindfullness)

Kesadaran penuh (Mindfullness) adalalah bagaimana seseorang memberikan perhatian dengan sengaja terhadap kondisi yang terjadi saat ini, penuh penerimaan, pengenalan terhadap  semua pikiran, emosi dan perasaan fisik apapun, memaknai sesuatu dengan kebaikan dan rasa kebersyukuran. Mindfullness membantu menerima dan mengatasi pikiran, perasaan, atau sensasi yang menyakitkan atau mengganggu untuk dimaknai menjadi hal yang positif.

Adapun manfaat dari mindfulness ini bagi individu yaitu dapat menumbuhkan kesadaran diri dengan cara menyadari emosi dan pikiran yang dirasakan, membantu mengendalikan diri, membuat sesorang lebih berempati kepada orang lain dan membantu individu untuk membangun relasi yang lebih baik sehingga dapat membuat keputusan yang bijak untuk kepentingan orang banyak.

Guru perlu terus menigkatkan keterampilan sosial emosional ini. Dalam banyak program untuk anak-anak, remaja, dan dewasa telah dipelajari bahwa penerapan keterampilan sosial emosional terbukti bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan psikologis (Psychological well being) seseorang. Selain itu juga mendukung terwujudnya hubungan yang positif dengan orang lain. Sehingga dalam menjalani hidup lebih ringan, tidak banyak stres, penuh penerimaan, dan juga bisa memaknai hidup dengan penuh rasa syukur. Guru senang, murid bahagia sehingga implementasi kurikulum merdeka dapat dilakasanakan sebagaimana mestinya.***

Penulis : Fatmawati, Guru BK SMKN Pertanian Terpadu Provinsi Riau, Mahasiswa S2 Psikologi UIN Suska Riau
Editor : Jef Syahrul
Kategori : Kampus
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Polling
Pemko Pekanbaru berencana menaikkan tarif parkir tepi jalan umum September 2022. Untuk kendaraan roda dua jadi Rp 2.000 dan roda empat Rp 3.000. Bagaimana menurut Anda?

Artikel Terkait
0 Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Selasa, 02 November 2021
DPR Ingin Seleksi Calon Anggota KPU-Bawaslu Ciptakan Demokrasi Lebih Baik
Selasa, 02 November 2021
Terima Aspirasi PPPK Guru, DPR Desak Peserta Yang Memenuhi Passing Grade Diluluskan
Senin, 01 November 2021
Komisi III DPR Dukung Langkah Kapolri Perbaiki Institusi Polri
Senin, 01 November 2021
Pimpinan DPR Sebut Kita Bersyukur Indonesia Jabat Presidensi G20

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan
Minggu, 06 Januari 2019
Alam Mayang, Liburan Tak Mesti Keluar Kota

CAKAPLAH TV lainnya ...
Senin, 08 Agustus 2022
Indonesia Juara Umum ASEAN Para Games 2022, Puan: Terima Kasih Pahlawan Olahraga
Senin, 08 Agustus 2022
Sempat Misterius, Akhirnya Manajemen PT TUM Menunjukkan Diri
Senin, 08 Agustus 2022
Bertemu Investor Jepang, Bupati Rohil Sebut Tahun 2023 Internasional Fish Market akan Dibangun di Bagansiapiapi
Senin, 08 Agustus 2022
Hingga Juli 2022, Serapan APBD Pelalawan Rp 668 Miliar dari Total Rp1,5 Triliun

Serantau lainnya ...
Kamis, 04 Agustus 2022
Nasabah Unit Imambonjol Dapat Honda Brio pada Pengundian PHS BRI
Minggu, 31 Juli 2022
Hadir di Pekanbaru, HijabChic Sambut Antusiasme Fashion Kaum Hawa dengan Tema Romantis
Sabtu, 30 Juli 2022
Ingin Make Over Gaya Rambut Ala Korea atau Jepang? Yuk.. Ke Haoon Hair Dressing
Kamis, 21 Juli 2022
Armada Band akan Meriahkan Hiburan Rakyat Hari Jadi ke-65 Provinsi Riau

Gaya Hidup lainnya ...
Selasa, 26 Juli 2022
Hari Mangrove Sedunia, Gubri Tanam 200.000 Bibit Mangrove di Bengkalis
Senin, 25 Juli 2022
GALERI FOTO: Buka MTQ XL Provinsi Riau di Rohil, Gubri: Mari Syiarkan Alquran di Bumi Melayu
Jumat, 10 Juni 2022
Tutorial Mengubah Alamat Warga di Kecamatan Pemekaran, Disdukcapil Pekanbaru Beri Kemudahan
Kamis, 09 Juni 2022
Disdukcapil Pekanbaru Gencar Sosialisasikan Perubahan Adminduk

Advertorial lainnya ...
Minggu, 07 Agustus 2022
iPhone 14 Pro Ucapkan Selamat Tinggal Notch
Kamis, 04 Agustus 2022
Sukses Dihelat di Pekanbaru, STEAM Cup Sumatera Direncanakan Digelar Setiap Tahun
Selasa, 19 Juli 2022
Bengkalis Creative Network MoU dengan Meet Up Co-Working dan Founders Live
Senin, 27 Juni 2022
Fenomena Planet Sejajar Akan Terjadi Lagi 28 Juni 2022!

Tekno dan Sains lainnya ...
Kamis, 07 Juli 2022
Permudah Pasien, Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Pekanbaru Buka Layanan Poliklinik Sore
Rabu, 06 Juli 2022
Pemko Pekanbaru Kejar Target Angka Stunting 6 Persen di 2024, Optimis Tercapai
Minggu, 03 Juli 2022
Penyebab Keputihan Darah yang Perlu Anda Ketahui
Selasa, 28 Juni 2022
Sosialisasi Layanan Kaki Palsu RS Awal Bros, Gubri Serahkan Kaki Palsu ke Pasien

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Senin, 08 Agustus 2022
Mahasiswa KKN Integrasi Unri Bumikan Eco-Enzyme di Kelurahan Air Putih
Minggu, 07 Agustus 2022
Gandeng RRI Pekanbaru, HIMA Humas UMRI Gelar Pelatihan Penyiaran
Sabtu, 06 Agustus 2022
Mahasiwa Kukerta Unri Edukasi Warga Pekanbaru Tentang Stunting
Rabu, 03 Agustus 2022
Paska Kunjungan KKN, Bupati Pelalawan Ingin Kerjasama dengan IPB University

Kampus lainnya ...
Selasa, 07 Juni 2022
7 Perusahaan Keroyokan Bersihkan Sungai Kerumutan Sepanjang 30 Kilometer
Rabu, 01 Juni 2022
MTSN 2 Pangkalan Lesung Dapat Bangunan Baru dari PT Musim Mas
Selasa, 24 Mei 2022
Pentingnya Tingkatkan Perekonomian Masyarakat, Asian Agri Gelar Pelatihan Bagi UMKM Riau, Sumut, dan Jambi
Minggu, 09 Mei 2021
Ramadan Penuh Berkah, BRI Bagikan Bingkisan ke Panti Asuhan, Panti Werdha, Jurnalis dan Masyarakat

CSR lainnya ...
Polling
Pemko Pekanbaru berencana menaikkan tarif parkir tepi jalan umum September 2022. Untuk kendaraan roda dua jadi Rp 2.000 dan roda empat Rp 3.000. Bagaimana menurut Anda?


PCR 2022
Terpopuler
Khas Agustus 2022
Foto
HUT Riau 2022 - PT SPR
Diskes Rohul Agustus 2022
Minggu, 15 Mei 2022
Rasa Bintang Lima Harga Kaki Lima, Burjobar dan Roti Cha Milik Arya Saloka dan Ferry Ardiansyah Hadir di Pekanbaru
Jumat, 13 Mei 2022
Beredar Foto Menag Yaqut Rangkul 'Ragil Mahardika', Ansor: 1000% Editan!
Jumat, 06 Mei 2022
Cantiknya Sophia Latjuba saat Lebaran, Tetap Stylish Walau Pakai Sarung
Rabu, 27 April 2022
Dikira Mualaf, Ternyata Ini Alasan Celine Evangelista Sering Pakai Baju Muslim

Selebriti lainnya ...
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Senin, 04 Juli 2022
FPKB Kembali Salurkan Alquran Untuk Anak - Anak Mengaji di Pekanbaru
Minggu, 26 Juni 2022
Tinjau Kelayakan Pendidikan, Gubri Sambangi Pondok Tahfidz Quran Bengkalis
Jumat, 24 Juni 2022
Peduli Masyarakat Kurang Mampu, LAZISMu Riau Launching Warung Makan 2000
Rabu, 27 April 2022
Dompet Dhuafa Volunteer Riau Gelar Puncak Serambi

Religi lainnya ...
Indeks Berita
www www