Sabtu, 20 Juli 2024

Breaking News

  • Catatan Banjir Terparah, Bupati Zukri: Ini Harus jadi Perhatian Pemerintah Pusat   ●   
  • Jalan Sudirman Ujung Tergenang Banjir, PUPR Riau Turunkan Ekskavator Amfibi Bersihkan Parit   ●   
  • Akibat Galian IPAL, Jalan Ahmad Dahlan dan Balam Ujung Pekanbaru Ambruk   ●   
  • Berhasrat Ikut Pilgub Riau, Syamsurizal Incar Septina jadi Wakil
Kelmi April 2024

5 Keterampilan Sosial Emosional yang Perlu Dikembangkan Guru dalam Penerapan Kurikulum Merdeka
Rabu, 27 Juli 2022 12:47 WIB
5 Keterampilan Sosial Emosional yang Perlu Dikembangkan Guru dalam Penerapan Kurikulum Merdeka

(CAKAPLAH) - Kurikulum pembelajaran di Indonesia terus mengalami perubahan dan penyempurnaan dari masa ke masa menuju ke arah yang lebih baik. Hal ini menjadi sebuah kebutuhan, mengingat perkembangan zaman yang juga berubah. Kurikulum terus diadaptasi dan dikembangkan sesuai konten dan karakteristik peserta didik yang tentunya berbeda antara dulu dan sekarang. Jika kita kembali membaca sejarah, pergantian kurikulum ini telah beberapa kali terjadi. Kurikulum pertama yang sekali diterapkan di Indonesia yaitu Kurikulum 1947 dan yang terbaru saat ini adalah Kurikulum Merdeka.

Pada Kurikulum Merdeka, kegiatan pembelajaran terpusat pada peserta didik (student centre). Peserta didik diberi keleluasaan untuk mengeksplorasi potensinya sedangkan pendidik atau guru berperan sebagai fasilitator. Berubahnya paradigma ini tentu menuntut guru untuk terus mengembangkan kompetensi yang dimiliki, khususnya dalam pengembangan keterampilan sosial emosional.

Keterampilan Sosial Emosional dapat diartikan sebagai keterampilan yang berhubungan dengan pengetahuan, belajar dan sikap mengenai aspek sosial dan emosional. Adapun keterampilan sosial emosional (KSE) yang perlu dikembangkan guru dalam menerapkan kurikulum merdeka yaitu :

1. Kesadaran diri (Self Awarness)

Self awareness merupakan sebuah kondisi atau keadaan dimana seseorang bisa memahami dirinya sendiri dengan sebaik-baiknya, yaitu kesadaran terhadap pikiran, evaluasi diri, dan perasaan. Seseorang yang mempunyai kesadaran diri yang baik akan lebih bisa mengatur emosinya dengan mudah. Selain itu, mereka akan lebih bisa membaca situasi di sekitar dan lebih mudah memahami orang lain serta mengerti harapan atau ekspektasi orang lain terhadap dirinya (Listyowati, 2008).

Keterampilan Self awarness ini membantu seseorang dalam memahami kekuatan, kelemahan, dorongan, hingga nilai-nilai yang ada di dalam dirinya sendiri dan juga orang lain. Terdapat dua Self awarness; pertama self awarness internal yaitu bagaimana cara individu memandang dirinya sendiri, mengetahui passion-nya ada dimana, nilai-nilai yang ia anut dan bagaimana cara individu berperan dalam lingkungan. Kedua Self awarness external merupakan cara seseorang melihat bagaimana orang lain memandang dirinya. Seseorang yang memiliki kesadaran diri eksternal yang tinggi dimungkinkan memiliki empati yang juga tinggi.

2. Manajemen diri (Self Management)

Manajemen diri adalah kemampuan untuk mengelola emosi, pikiran, dan perilaku diri secara efektif dalam berbagai situasi untuk mencapai tujuan dan aspirasi. Tanyakan pada diri apakah selama ini saya mengelola emosi atau dikuasai emosi?

Emosi, pikiran dan perilaku manusia ketiganya saling terhubung erat, mempengaruhi satu dengan yang lainnya. Jika emosi sedang menguasai diri, maka salah satu kuncinya untuk memenej diri adalah mengambil jeda sebentar dari situasi itu. Hentikan perilaku atau pekerjaan yang membuat diri stres. Ambil “jeda” sejenak untuk menata pikiran. Hal ini dapat dilakukan dengan cara istirahat, relaksasi, berwudhu, berdoa mendekatkan diri kepada Tuhan ataupun pergi rekreasi bersama keluarga.

3. Kesadaran sosial (Social awarness)

Kesadaran sosial adalah kemampuan untuk memahami sudut pandang orang lain dan bagaimana merasakan apa yang orang lain rasakan, dengan kata lain yaitu empati. Social Awarness ini penting dimiliki oleh seorang guru, mengingat guru akan bertemu dengan murid, orang tua, teman sejawat ataupun masyarakat umum lainnya yang memiliki latar belakang sosial, budaya, ekonomi yang berbeda sehingga hal ini akan mempengaruhi sudut pandang dan sikap yang berberda atas suatu hal. Jika guru sudah terlatih bersikap empati terhadap orang-orang disekitarnya, dunia pendidikan akan semakin indah.

4. Keterampilan berelasi

Keterampilan berelasi yaitu keterampilan membangun dan mempertahankan hubungan yang sehat dan suportif. Keterampilan ini berupa kemampuan menghargai, bersikap jujur, membangun kepercayaan, berkompromi, memberikan dukungan, pengertian dan fleksibel.  Keterampilan ini dapat terus diasah dengan meningkatkan kemampuan berkomunikasi efektif dan penuh empati, memahami perspektif orang lain dari sudut berbeda.

Adapun teknik komunikasi yang dapat diterapkan untuk mengembangkan keterampilan ini yaitu teknik 3 C ( Clear, Confident, Calm). Pertama, Sampaikan informasi dengan bahasa yang jelas (Clear). Kedua, lakukan dengan penuh percaya diri dan tanpa ragu-ragu (Confident). Ketiga berbicara dengan tenang (Calm).

Selain teknik diatas, ada teknik lainnya juga dapat diaplikasinya dalam keterampilan  berelasi yakni “ I Statement”. Contoh “ Jika tugas tidak dikumpulkan tepat waktu, ibu tidak akan memberi nilai” . Dalam teknik “ I Statement” pesan diatas kita jadikan pernyataan yang positif, seperti “ Ibu sangat senang bila tugas ini dikumpulkan tepat waktu dan kalian akan mendapatkan nilai yang terbaik”

Komunikasi yang baik akan memudahkan kita untuk menjaga hubungan, bekerjasama dengan tim, berkolaborasi, memecahkan masalah, memimpin dan dipimpin.

5. Kesadaran penuh (Mindfullness)

Kesadaran penuh (Mindfullness) adalalah bagaimana seseorang memberikan perhatian dengan sengaja terhadap kondisi yang terjadi saat ini, penuh penerimaan, pengenalan terhadap  semua pikiran, emosi dan perasaan fisik apapun, memaknai sesuatu dengan kebaikan dan rasa kebersyukuran. Mindfullness membantu menerima dan mengatasi pikiran, perasaan, atau sensasi yang menyakitkan atau mengganggu untuk dimaknai menjadi hal yang positif.

Adapun manfaat dari mindfulness ini bagi individu yaitu dapat menumbuhkan kesadaran diri dengan cara menyadari emosi dan pikiran yang dirasakan, membantu mengendalikan diri, membuat sesorang lebih berempati kepada orang lain dan membantu individu untuk membangun relasi yang lebih baik sehingga dapat membuat keputusan yang bijak untuk kepentingan orang banyak.

Guru perlu terus menigkatkan keterampilan sosial emosional ini. Dalam banyak program untuk anak-anak, remaja, dan dewasa telah dipelajari bahwa penerapan keterampilan sosial emosional terbukti bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan psikologis (Psychological well being) seseorang. Selain itu juga mendukung terwujudnya hubungan yang positif dengan orang lain. Sehingga dalam menjalani hidup lebih ringan, tidak banyak stres, penuh penerimaan, dan juga bisa memaknai hidup dengan penuh rasa syukur. Guru senang, murid bahagia sehingga implementasi kurikulum merdeka dapat dilakasanakan sebagaimana mestinya.***

Penulis : Fatmawati, Guru BK SMKN Pertanian Terpadu Provinsi Riau, Mahasiswa S2 Psikologi UIN Suska Riau
Editor : Jef Syahrul
Kategori : Kampus
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Artikel Terkait
0 Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Jumat, 29 September 2023
Komisi II Usul Kementerian ATR/BPN dan KLHK Kolaborasi Selesaikan Redistribusi Tanah
Jumat, 29 September 2023
Setjen DPR Berikan Perhatian Terhadap Pensiunan Melalui P3S
Kamis, 28 September 2023
TikTok Shop Cs Dilarang, Ketua DPR Berharap Aturan Baru Ciptakan Keseimbangan Pasar Digital dan Konvensional
Kamis, 21 September 2023
Ancaman DBD Meningkat, Puan Dorong Sosialisasi Masif Tekan Risiko Kematian

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 07 November 2023
Riau Terima Penghargaan Bhumandala Award 2023
Senin, 12 Desember 2022
Kapolda Riau Resmikan Kantor Pelayanan Terpadu Polres Rohil di Bagansiapiapi
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'

CAKAPLAH TV lainnya ...
Jumat, 19 Juli 2024
Dengar Pendapat Publik Perubahan RUU Keimigrasian: Regulasi Baru untuk Menjawab Tantangan Masa Kini dan Masa Depan
Jumat, 19 Juli 2024
MyTelkomsel Super App Hadir untuk Penuhi Gaya Hidup Digital Pelanggan
Jumat, 19 Juli 2024
Narasumber di Seminar Nasional Sultan HB II, Rektor Unilak Sebut Naskah Kuno sebagai Peradaban Bangsa
Kamis, 18 Juli 2024
Riau Luncurkan Gerakan Pembagian Bendera Merah Putih 2024, Ini Tujuannya

Serantau lainnya ...
Sabtu, 13 Juli 2024
Nagita Slavina dan Raffi Ahmad Meriahkan Grand Opening "Scoo Beauty" Cabang Pertama di Kota Pekanbaru
Selasa, 02 Juli 2024
Tingkatkan Akselerasi Pelaku Usaha Kuliner di Pekanbaru, Bank Raya Terus Gencarkan Adopsi QRIS Bisnis
Jumat, 07 Juni 2024
"Villa Nafa" Hadir Sebagai Hunian Bernuansa Modern dan Alami di Pekanbaru
Rabu, 22 Mei 2024
Budaya 'Tumpuk Tengah', Kebiasaan Baik yang Viral di Media Sosial

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 02 Maret 2023
Wadah Menyalurkan Bakat, Ketua DPRD Riau Yulisman Hadiri Festival Musik Akustik di SMA Negeri 1 Pasir Penyu Inhu
Rabu, 01 Maret 2023
Rapat Paripurna, DPRD Provinsi Riau Umumkan Reses Masa Persidangan I Tahun 2023
Selasa, 28 Februari 2023
Kunjungi Kemendikbud, Komisi V DPRD Riau Bahas Persoalan PPDB
Kamis, 23 Februari 2023
Disdik Gelar Pelatihan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru SD Se-Kota Pekanbaru

Advertorial lainnya ...
Senin, 15 Juli 2024
Laptop Terbaik Untuk Segala Segala Kegiatan, ASUS Zenbook Duo UX8406!
Jumat, 21 Juni 2024
Konten Video Animasi Bisa Meningkatkan Penjualan Hingga 2 Kali Lipat!
Jumat, 21 Juni 2024
5 Rekomendasi Case Samsung Galaxy S24, Paling Keren dan Awet dari Spigen!
Rabu, 12 Juni 2024
Redmi 13 4G Hadirkan Kamera 108MP, Cukup Rp2 Jutaan Saja

Tekno dan Sains lainnya ...
Kamis, 04 Juli 2024
8 Makanan Penyebab Bau Badan yang Sebaiknya Dihindari
Kamis, 04 Juli 2024
Sekcam Tenayan Raya Nilai Pendampingan BTPN Syariah Tepat Layani Masyarakat Inklusi di Pekanbaru
Selasa, 28 Mei 2024
Solusi Chatbot WhatsApp untuk Industri Kesehatan dan Layanan Medis
Selasa, 21 Mei 2024
Tips Memilih Klinik Gigi yang Tepat untuk Anda dan Keluarga

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Kamis, 18 Juli 2024
UIR Terima Bantuan Pendidikan Rp145 Juta dari BTN Syariah
Kamis, 18 Juli 2024
Pemprov Riau dan Pengusaha Dukung Sarjana Dua Tahun Program RPL Unilak KSPSI
Rabu, 17 Juli 2024
Sosialisasikan Fatwa P2GP, KUPI dan ALIMAT Gelar Diskusi di Kampus UIN Suska Riau
Selasa, 16 Juli 2024
77 Peserta Ikuti Seleksi Ujian Beasiswa Bidikmisi Bhakti Negeri PCR 2024

Kampus lainnya ...
Rabu, 03 Mei 2023
Kompilasi Semarak Silaturahmi Satu HATI, CDN Bangkinang Santuni Anak Yatim
Rabu, 05 April 2023
Safari Ramadan, PT Musim Mas Salurkan Paket Sembako untuk Anak Yatim dan Fakir Miskin
Selasa, 04 April 2023
Telkomsel Siaga Rafi Sumbagteng Salurkan CSR untuk Panti Jompo bersama Dompet Dhuafa Riau
Jumat, 03 Maret 2023
Tingkatkan Kesehatan dan Budaya Lokal, Bank Mandiri Serahkan Bantuan ke Posyandu dan Grup Rebana

CSR lainnya ...
Kamis, 27 Juni 2024
Harumkan Nama Riau di Ajang Nasional Pesona Batik Nusantara 2024, Gloria Rahita Nababan Disambut Haru di Bandara SSK II
Jumat, 09 Februari 2024
Lika-liku 7 Perjalanan Asmara Ayu Ting Ting hingga Tunangan dengan Anggota TNI
Minggu, 28 Januari 2024
Huh Yunjin Bak Sehati Dengan Han So Hee Kala Cuma Pakai Dalaman Di Trailer LE SSERAFIM
Sabtu, 27 Januari 2024
Gigi Hadid dan Bradley Cooper Tak Sungkan Perlihatkan Kemesraan

Selebriti lainnya ...

LW 2
Terpopuler
Iklan CAKAPLAH
Foto
HUT Pekanbaru Ke-240 - Bank Raya
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Senin, 14 Agustus 2023
Pengurus Masjid Nurul Ikhlas Kubang Minta Tunjuk Ajar ke Wagubri
Sabtu, 12 Agustus 2023
Gebyar Kandis Bersholawat Bakal Dihadiri Ribuan Jemaah NU
Senin, 31 Juli 2023
Mualaf Riau Butuh Pembinaan, Begini Caranya...
Sabtu, 29 Juli 2023
Mantan Wawako Pekanbaru, Ayat Cahyadi Turut Saksikan Pengukuhan Pengurus Masjid Al-Hamidah Rejosari

Religi lainnya ...
Selasa, 28 Mei 2024
BKPSDM Kota Pekanbaru Gelar Ujian Dinas dan Ujian Penyesuaian Kenaikan Pangkat Tahun 2024
Senin, 27 Mei 2024
Kepala BKPSDM Pekanbaru Hadiri Rapat Kerja Perdana Bersama Pj Wali Kota Risnandar
Rabu, 22 Mei 2024
BKPSDM Pekanbaru Gelar Workshop "Recharge Penguatan Iman ASN"
Selasa, 21 Mei 2024
Kepala BKPSDM Pekanbaru Irwan Suryadi Dampingi Sekretaris Kota dalam Audiensi dengan Guru PAI

Galeri Foto lainnya ...
Indeks Berita
www www