Jumat, 29 Maret 2024

Breaking News

  • Catatan Banjir Terparah, Bupati Zukri: Ini Harus jadi Perhatian Pemerintah Pusat   ●   
  • Jalan Sudirman Ujung Tergenang Banjir, PUPR Riau Turunkan Ekskavator Amfibi Bersihkan Parit   ●   
  • Akibat Galian IPAL, Jalan Ahmad Dahlan dan Balam Ujung Pekanbaru Ambruk   ●   
  • Berhasrat Ikut Pilgub Riau, Syamsurizal Incar Septina jadi Wakil
Agung Nugroho - Ramadan 2024M

Paska Kunjungan KKN, Bupati Pelalawan Ingin Kerjasama dengan IPB University
Rabu, 03 Agustus 2022 13:39 WIB
Paska Kunjungan KKN, Bupati Pelalawan Ingin Kerjasama dengan IPB University

PELALAWAN (CAKAPLAH) - Bupati Pelalawan H Zukri Misran, Selasa (2/8/2022) menerima rombongan mahasiswa IPB University seusai melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) selama 40 hari di Kabupaten Pelalawan. Pada kesempatan tersebut Bupati Zukri berharap ke depannya, kerjasama dengan IPB University.

Rombongan ini dipimpin Fran Indra Prawansyah, mahasiswa Manajemen Hutan Fakutas Kehutanan, alumni SMA 1 Pangkalan Kerinci bertemu dan berdialog bersama Bupati Zukri yang didampingi oleh salah satu pegawai Pemda Pelalawan alumni IPB Bogor yang juga Wakil Ketua Himpunan Alumni IPB (HA IPB)– Riau, Ferry Admiral serta Lurah Pangkalan Kerinci Timur Ridho Afalda.

Rombongan mahasiswa IPB melaporkan hasil KKN yang telah dilaksanakan di Kelurahan Pangkalan Kerinci Timur dengan tema dan lokus materi KKN adalah “Pengembangan UMKM yang partisipatif, Sosialisasi Pengetahuan Masyarakat terkait imunisasi dan hubungannya dengan stunting serta digitalisasi Sistem Informasi dalam Menunjang Kelurahan 4.0.”.

Di antara hasil KKN yang sudah dibuat dan disampaikan ke Bupati Pelalawan adalah telah dibangunnya, Sistem Informasi berupa website beserta pelatihan operatornya untuk Kelurahan Pangkalan Kerinci Timur sebagai sarana informasi, publikasi dan pelayanan berbasis online untuk pengurusan Surat Domisili, Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dan lainnya yang menjadi ranah Kelurahan.

Pelayanan berbasis online Kelurahan ini merupakan Kelurahan perdana di Kabupaten Pelalawan. Pembuatan website tersebut berkoordinasi dengan Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Pelalawan untuk hosting dan sub domainnya.

Koordinator website, Tio Ramadhan yang merupakan mahasiswa Jurusan Ilmu Komputer FMIPA IPB menyatakan bahwa website ini template nya sudah diserahkan ke Dinas Kominfo Pelalawan dan siap untuk direplikasi dan diterapkan oleh semua Kelurahan dan Kecamatan di wilayah Kabupaten Pelalawan dan Tim mahasiswa IPB akan siap membantu pasca selesainya KKN apabila tenaganya dibutuhkan untuk itu.

Selain website, juga dilaporkan ke Bupati Pelalawan tentang Digital Marketing yakni pembuatan akun- akun media sosial seperti facebook, whatsapp business, shopee, IG yang terintegrasi yang bertujuan agar kelompok UMKM di Pangkalan Kerinci Timur dapat memasarkan produknya secara lebih luas dan konsumen dapat lebih mudah mengetahui informasi tentang produk pada UMKM.

Saran dari Tim KKN Mahasiswa IPB yang mereka juga adalah alumni SLTA Kabupaten Pelalawan dan Putra Pelalawan tersebut, digital marketing ini sebaiknya diterapkan di tingkat yang lebih tinggi, yakni Kecamatan dan hingga Kabupaten Pelalawan sehingga lebih efektif dan efisien terhadap pencapaian tujuan yang diharapkan bersama terhadap UMKM Pelalawan.

Untuk link terkait digitalisasi Sistem Informasi ini bisa ditautkan atau ditampilkan di “Klik Pelalawan” sehingga dapat untuk lebih mudah dan cepat diakses oleh yang terkait dan yang membutuhkan.

Dalam kesempatan silaturahmi dan audiensi dengan Bupati Pelalawan tersebut, rombongan mahasiswa IPB juga menyampaikan kepada Bupati Pelalawan, Zukri terkait Kegiatan Gebyar Nusantara IPB Bogor tahun 2022 (Genus 2022) yang acara puncaknya pada tanggal 25 September 2022 mendatang.

Genus 2022 adalah Kegiatan yang mengangkat kebudayaan daerah asal masing-masing mahasiswa untuk ditampilkan dan mengenalkan potensi daerahnya baik dari aspek budaya, pariwisata dan produk unggulan.

“Untuk Riau, tema dan daerah yang akan dipilih tahun 2022 adalah Kabupaten Pelalawan. Dalam hal ini yang akan diangkat dari Kabupaten Pelalawan adalah batik khas Pelalawan seperti Batik Bono, produk madu sialang dan wisata Bono itu sendiri serta beberapa hal lain yang memungkinkan’, Mahasiswa Peserta Genus 2022 asal Riau melalui Ikatan Keluarga Pelajar dan Mahasiswa (IKPMR) Bogor akan parade memakai baju batik Bono Pelalawan”, ungkap Gishelle JIvanda Sitorus, Mahasiswa Jurusan Akturia.

Atas kunjungan dan paparan mahasiswa IPB tersebut, Zukri menyampaikan terimakasih atas dipilihnya Kabupaten Pelalawan sebagai lokus KKN yang mana peserta KKN-nya juga adalah putra-putri Riau sendiri khususnya dari Kabupaten Pelalawan yang berasal dari SMAN 1 Pangkalan Kerinci dan SMA Taruna Andalan serta MAN 2 Pekanbaru dan SMA 5 Pekanbaru.

Kehadiran para mahasiswa IPB Bogor berkarya kuiah nyata di daerah asal sangat positif dan memberi warna dengan dapat mengimplementasikan ilmu yang dipelajari di perkuliahan khususnya IPB Bogor dan membantu kemajuan pembangunan Pelalawa meskipun masih pada tarah awal dan berskala kecil.

Untuk yang sudah dibuat di Kelurahan Pangkalan Kerinci Timur akan ditinjau dan dipelajari untuk dapat direplikasi dan diterapkan di kelurahan lainnya atau pada level yang lebih tinggi atau skala yang lebih luas.

Zukri menilai bahwa pengembangan UMKM yang mendorong dan menggerakan perekonomian masyarakat tingkat kecil dan menengah memang perlu effort yang besar dan komprehensif. Upaya digitalisasi marketing memang perlu dilakukan dan juga perlu memperhatikan dan menggali potensi, edukasi dan branding sehingga dapat menjadi inkubator untuk pengembangan selanjutnya. Akan dilakukan tindak lanjut berikutnya seperti HAKI, izin BPOM dan lain sebagainya. Bagaimana memadukan dan meramu pengembangan UMKM sedemikian rupa akan menentukan keberhasilan UMKM itu sendiri.

Adapun untuk teknologi IT yang dipakai itu adalah instrumen mempermudah dan mempercepat tetapi juga perlu ada aspek safety, pengamanan IT yang baik dan handal agar jangan sampai disalahgunakan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab, seperti memakai kartu identitas/ KTP orang lain untuk sistem online dan sebagainya.

“Dengan sudah banyaknya Putra Putri Pelalawan yang kuliah dan nantinya lulus dari IPB University Bogor agar dapat bekerja sama, diskusi secara tim untuk memberikan masukan dan program kegiatan untuk kemajuan pembangunan Kabupaten Pelalawan”, cakap Zukri.

Selanjutnya, Zukri mengharapkan adanya Kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Pelalawan dengan IPB University di domainnya IPB yang disesuaikan dengan potensi yang ada di Kabupaten Pelalawan.

“Saya berharap IPB bisa bekerja sama dengan Kabupaten Pelalawan pasca selesainya KKN mahasiswa IPB ini terutama di sektor pertanian, perkebunan dan madu hutan yang menjadi sektor utama Pelalawan. Tolong disampaikan ke Pak Rektornya ya,"ungkap Zukri.

Pengurus HA IPB Riau yang ikut mendampingi juga akan menyampaikan dan membahas hal tersebut melalui internal organisasi HA IPB Riau dan akan mensinergikan dengan pihak rektorat IPB untuk kemungkinan Kerjasama.

“Kami dari HA IPB Riau akan mencoba merumuskan hal – hal apa saja yang bisa disinergikan dan dikerjasamakan antara IPB Bogor selaku institusi, dengan HA IPB dan Pemerintah Kabupaten Pelalawan nantinya. Seperti Pak Bupati inginkan adanya keterlibatan IPB dalam menaikkan produktivitas padi di Kuala Kampar dari IP 100 ke IP 200 dan bahkan IP 300 dengan luas +/- 5000 ha, meninjau kemungkinan di Pelalawan dapat menghasilkan minyak goreng curah dan lain sebagainya, akan disampaikan ke Ketua Umum HA IPB Riau, Mamun Murod. Bisa jadi kami sendiri HA IPB Riau akan melakukan audiensi khusus untuk itu bersama dengan HA IPB Bogor DPC Pelalawan. Di tingkat Pemprov Riau hal ini sudah ada MOU dengan Gubernur dan Kerjasama dengan Kepala OPD terkait, untuk Kabupaten akan kita coba jajaki. Dan apa yang sudah dilakukan oleh oleh adik- adik mahasiswa melalui KKN juga akan menjadi catatan dan masukan untuk tindak lanjut kita ke depan," tandas Ferry.

Sementara, Ridho Afalda Lurah Pangkalan Kerinci Timur akan melakukan tindak lanjut atas apa yang menjadi arahan dan masukan Bupati Pelalawan untuk peningkatan pelayanan masyarakat melalui kegiatan – kegiatan yang sudah dibuat yang selaras dengan program dan inovasi – inovasi yang sudah berjalan di Kelurahan Pangkalan Kerinci Timur.

“Kami selaku aparatur bawahan Bupati akan terus meningkatkan kinerja dan pelayanan yang semakin hari semakin baik untuk tercapainya visi Bupati untuk Pelalawan Maju. Terimakasih saya sampaikan untuk adik-adik peserta KKN IPB University yang sudah selesai menjalankan tugas karya nyatanya," ungkap Ridho.

Penulis : Febri Sugiono
Editor : Yusni
Kategori : Kampus
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Artikel Terkait
0 Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Jumat, 29 September 2023
Komisi II Usul Kementerian ATR/BPN dan KLHK Kolaborasi Selesaikan Redistribusi Tanah
Jumat, 29 September 2023
Setjen DPR Berikan Perhatian Terhadap Pensiunan Melalui P3S
Kamis, 28 September 2023
TikTok Shop Cs Dilarang, Ketua DPR Berharap Aturan Baru Ciptakan Keseimbangan Pasar Digital dan Konvensional
Kamis, 21 September 2023
Ancaman DBD Meningkat, Puan Dorong Sosialisasi Masif Tekan Risiko Kematian

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 07 November 2023
Riau Terima Penghargaan Bhumandala Award 2023
Senin, 12 Desember 2022
Kapolda Riau Resmikan Kantor Pelayanan Terpadu Polres Rohil di Bagansiapiapi
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'

CAKAPLAH TV lainnya ...
Jumat, 29 Maret 2024
Ikafe Unri Bagikan Ratusan Paket Sembako Ramadhan
Kamis, 28 Maret 2024
Jelang Pilkada, Subdit Politik Dir Intelkam Polda Riau Silaturahmi dengan Pengurus Partai Gelora Rohul
Kamis, 28 Maret 2024
HIPMI Pekanbaru Gelar Buka Puasa Bersama dan Santuni Anak Yatim
Kamis, 28 Maret 2024
Pemprov bersama Masjid Annur Riau Serahkan Santunan ke 150 Anak Yatim

Serantau lainnya ...
Kamis, 28 Maret 2024
RAFI 2024, Telkomsel Berbagi Harapan dan Perkuat Semangat Kebersamaan
Rabu, 27 Maret 2024
Kick Off Riau Sharia Week 2024, BI Gelar Capacity Building Nazhir Wakaf Produktif
Kamis, 21 Maret 2024
Eka Hospital Pekanbaru Beri Kiat Olahraga Saat Puasa
Senin, 18 Maret 2024
Jalan-jalan dengan Nyaman Bersama Sinar Jaya: Layanan dan Pemesanan Online

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 02 Maret 2023
Wadah Menyalurkan Bakat, Ketua DPRD Riau Yulisman Hadiri Festival Musik Akustik di SMA Negeri 1 Pasir Penyu Inhu
Rabu, 01 Maret 2023
Rapat Paripurna, DPRD Provinsi Riau Umumkan Reses Masa Persidangan I Tahun 2023
Selasa, 28 Februari 2023
Kunjungi Kemendikbud, Komisi V DPRD Riau Bahas Persoalan PPDB
Kamis, 23 Februari 2023
Disdik Gelar Pelatihan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru SD Se-Kota Pekanbaru

Advertorial lainnya ...
Kamis, 29 Februari 2024
Telkomsel dan ZTE Wujudkan Pengalaman Gigabit yang Andal dan Efisien
Selasa, 20 Februari 2024
Samsung Hadirkan Galaxy S24 Series dengan Kecerdasan Software Canggih
Jumat, 09 Februari 2024
Apple Kembangkan 2 Prototipe iPhone Lipat Bergaya Flip
Kamis, 01 Februari 2024
Samsung Buka-bukaan Soal Keunggulan Exynos 2400 di Galaxy S24 dan S24+

Tekno dan Sains lainnya ...
Kamis, 22 Februari 2024
Pemula di Dunia Yoga? Inilah Panduan Cara Memilih Matras Yoga yang Tepat
Sabtu, 27 Januari 2024
Cegah Resistensi, Gunakan Obat Antibiotik dengan Bijak
Senin, 15 Januari 2024
14 Persiapan Penting Awal Kehamilan untuk Calon Ibunda dan Buah Hati
Minggu, 17 Desember 2023
Liburan Sekolah Makin Meriah, Ratusan Peserta Ikuti Khitanan Massal

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Selasa, 26 Maret 2024
BPH UMRI Gelar Lomba Ibadah Praktis Sesuai Tuntunan HPT
Senin, 25 Maret 2024
Berhadiah Umrah dan Beasiswa, Umri Gelar Lomba Tahfidz Alquran
Kamis, 21 Maret 2024
UPT Promosi dan Penerimaan Mahasiswa Baru UMRI Taja Ifthor Jama’i
Jumat, 08 Maret 2024
Semarakkan Ramadan 1445 H, Umri Undang UAS hingga Santuni Seribu Dhuafa

Kampus lainnya ...
Rabu, 03 Mei 2023
Kompilasi Semarak Silaturahmi Satu HATI, CDN Bangkinang Santuni Anak Yatim
Rabu, 05 April 2023
Safari Ramadan, PT Musim Mas Salurkan Paket Sembako untuk Anak Yatim dan Fakir Miskin
Selasa, 04 April 2023
Telkomsel Siaga Rafi Sumbagteng Salurkan CSR untuk Panti Jompo bersama Dompet Dhuafa Riau
Jumat, 03 Maret 2023
Tingkatkan Kesehatan dan Budaya Lokal, Bank Mandiri Serahkan Bantuan ke Posyandu dan Grup Rebana

CSR lainnya ...
Jumat, 09 Februari 2024
Lika-liku 7 Perjalanan Asmara Ayu Ting Ting hingga Tunangan dengan Anggota TNI
Minggu, 28 Januari 2024
Huh Yunjin Bak Sehati Dengan Han So Hee Kala Cuma Pakai Dalaman Di Trailer LE SSERAFIM
Sabtu, 27 Januari 2024
Gigi Hadid dan Bradley Cooper Tak Sungkan Perlihatkan Kemesraan
Rabu, 24 Januari 2024
Park Ji-hyun Ungkap Persiapan Membinangi Drama Terbarunya

Selebriti lainnya ...

Iklan CAKAPLAH
Terpopuler
Foto
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Senin, 14 Agustus 2023
Pengurus Masjid Nurul Ikhlas Kubang Minta Tunjuk Ajar ke Wagubri
Sabtu, 12 Agustus 2023
Gebyar Kandis Bersholawat Bakal Dihadiri Ribuan Jemaah NU
Senin, 31 Juli 2023
Mualaf Riau Butuh Pembinaan, Begini Caranya...
Sabtu, 29 Juli 2023
Mantan Wawako Pekanbaru, Ayat Cahyadi Turut Saksikan Pengukuhan Pengurus Masjid Al-Hamidah Rejosari

Religi lainnya ...
Rabu, 13 Maret 2024
Kepala BKPSDM Pekanbaru Harapkan Kinerja ASN Maksimal Selama Bulan Ramadan
Jumat, 08 Maret 2024
Pemko Pekanbaru Sudah Tetapkan Jam Kerja ASN Selama Ramadan 1445 H
Rabu, 28 Februari 2024
Pemko Pekanbaru Masih Tunggu Juknis Pusat Terkait Seleksi CPNS dan PPPK
Selasa, 27 Februari 2024
Kepala BKPSDM Dampingi Pj Walikota Terima Penghargaan Anugerah Kualitas Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Tahun 2023

Galeri Foto lainnya ...
Indeks Berita
www www