Rabu, 18 Mei 2022

Breaking News

  • Turunkan Harga TBS Sepihak, PKS di Riau Bisa Disanksi Tegas   ●   
  • Kuala Lumpur Kembali Dilanda Banjir Bandang   ●   
  • Harga Sawit di Riau Rp3.919,87 Perkilogram, PKS Diminta Tidak sewenang-wenang Tetapkan Harga   ●   
  • PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei   ●   
  • Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang   ●   
  • ASN Pemko Pekanbaru Wajib Ingat! Bawa Mobil Dinas saat Lebaran Bakal Disanksi   ●   
  • Tol Pekanbaru Bangkinang Dibuka untuk Mudik, Polisi Dikerahkan untuk Pengamanan   ●   
  • Pengamanan Nataru Riau Kerahkan 2.527 Personel Gabungan   ●   
  • Varian Omicron Belum Ditemukan di Riau   ●   
  • Dinsos Riau Tak Punya Data Anak Yatim Piatu Terdampak Covid-19
Yamaha 11-13 Mei 2022
Polling
Masa jabatan Walikota dan Wakil Walikota Pekanbaru, Firdaus - Ayat Cahyadi, akan berakhir 22 Mei tahun 2022. Bagaimana menurut Anda kinerja mereka selama memimpin Pekanbaru?


Perkembangan Ekonomi di Masa Pandemi Menuju Pemulihan 2022
Sabtu, 29 Januari 2022 11:02 WIB
Perkembangan Ekonomi di Masa Pandemi Menuju Pemulihan 2022

Perkembangan ekonomi di masa pandemi masih mengalami penurunan. Adanya pandemi Covid 19 memiliki pengaruh luar biasa yang terus berdampak hingga kini. Tahun lalu seluruh dunia mengalami penurunan perekonomian yang berujung pada kontraksi mendalam. Hal ini akibat pembatasan mobilitas secara ketat. Banyak negara yang melakukan pengetatan hingga lockdown yang menimbulkan konsekuensi perekonomian merosot tajam.

Perekonomian dunia mengalami tekanan berat sehingga melalui pertumbuhan ekonomi negatif sejak triwulan 1 tahun 2020 hingga kini. Semula yang berimbas negatif pada kesehatan, ke masalah sosial hingga berujung pada permasalahan ekonomi Negara.

Data dan Perkembangan Ekonomi masa Pandemi 2020 hingga Sekarang

Jika dilihat dari perekonomian tahun 2020 lalu, pembatasan berskala besar memberikan dampak besar pada proses produksi, distribusi serta kegiatan operasional lainnya yang mengganggu kinerja perekonomian. Terutama dari triwulan II yang menjadi puncak kelesuan ekonomi semua sektor.

Terbatasnya mobilitas serta aktivitas masyarakat memberikan pengaruh sehingga terjadi penurunan permintaan domestik. Penghasilan masyarakat menurun akibat aktivitas sektor usaha berkurang dan tutup. Terlebih tingkat pengangguran yang semakin meningkat.

Indonesia dihadapkan pada masalah ekonomi yang berlanjut di tahun 2021. Pada tahun kedua masalah ekonomi terus membayangi dengan angka pengangguran dan kemiskinan yang meningkat. Sehingga mendorong pemerintah untuk melakukan perbaikan dan pemulihan secara bertahap.

Data Perekonomian di Indonesia

Menurut perhitungan dari tahun ke tahun perkembangan ekonomi di masa pandemi triwulan pertama tahun 2020 lalu menunjukkan pelemahan dengan data hanya 2,97 %.

Jika dibandingkan tahun 2019 yang mencapai 5,07%, pada tahun 2020 mengalami penurunan tajam. Sementara data pada triwulan II juga mengalami kemunduran sebesar -5,32% terburuk sejak tahun 1999.

Menurut data triwulan ketiga menunjukkan kontraksi pertumbuhan 3,49%. Sedangkan triwulan keempat kontraksi pertumbuhan hingga 2, 19%. Hal ini karena dampak menurunnya persentase ekonomi akibat peningkatan angka pengangguran serta penduduk miskin masa pandemi.

Seperti yang telah dijelaskan oleh Menkeu, bahwa dunia mengalami kontraksi minus 3,2% segi pertumbuhan ekonominya. Akibat dari pembatasan mobilitas kemudian menciptakan kemerosotan ekonomi. Hal tersebut juga karena pembatasan perdagangan dunia. Tercatat kontraksi pertumbuhan minus 8,3 %.

Data Perkembangan dan Pemulihan Perekonomian Melalui Program Pemerintah

Program pemerintah sejak 2019 yang diprioritaskan mulai dari pembangunan infrastruktur, pembangunan SDM, penyederhanaan regulasi, birokrasi serta transformasi ekonomi.

Pencapaian dalam dua tahun terakhir ditunjukkan dengan angka kontraksi ekonomi minus 2,07 persen. Hal ini menjadikan Indonesia menempati peringkat keempat di antara negara G20. Hal ini karena dorongan pemerintah dalam pengendalian pandemi Covid 19.

Pemulihan Perkembangan ekonomi di masa pandemi semakin tumbuh memasuki tahun 2021 lalu. Penguatan pengendalian pandemi mampu mendorong ekonomi untuk tumbuh sebesar 7,07% pada triwulan II 2021.

Menjadi pertumbuhan tertinggi selama 16 tahun terakhir. Secara nyata konsumsi pemerintah sangat berperan aktif dalam triwulan II 2021. Upaya yang dilakukan mampu mendorong peningkatan komponen investasi dan konsumsi rumah tangga.

Perkembangan ekonomi juga semakin membaik dari sisi permintaan domestik yang mendorong perbaikan produksi. Dari hal ini membuat sektor lainnya mengalami pertumbuhan yang positif.

Pada triwulan II 2021 menunjukkan pemulihan sektor perdagangan, industri pengolahan, konstruksi dan transportasi. Semuanya mencerminkan aktivitas ekonomi yang semakin baik dan bangkit secara perlahan.

Upaya menjaga daya beli masyarakat terwujud karena inflasi yang terjaga secara stabil di level rendah. Pengendalian inflasi oleh segenap stakeholder dan pemerintah berada di level 1,68%. Pada September 2021 inflasi masih terjaga stabil di level 1,60%.

Perkembangan ekonomi di masa pandemi semua tidak lepas dari perhatian pemerintah dalam membenahi fundamental ekonomi melalui perbaikan infrastruktur. Begitu juga perkembangan ekonomi semakin pulih terlihat dari investasi baik penanaman modal dalam negeri atau modal asing. Pada semester I 2021 terlihat kenaikan 3,5% dan 16,8%. Hasil tersebut terpengaruh dari adanya transformasi perekonomian.

Menjelang akhir 2021 semua leading indicator menunjukkan perkembangan yang baik. Dampak lonjakan kasus pandemi dapat dimitigasi sehingga aktivitas ekonomi kembali menguat Pada September 2021.

Segi kemiskinan dan pengangguran sempat meningkat akibat lonjakan Covid 19. Namun dengan berbagai upaya, kembali pulih dan dapat diturunkan. Terkait data yang ada menunjukkan bahwa angka kemiskinan turun dari 10,19% pada September 2020 menjadi 10,14% pada bulan Maret 2021.

Sementara itu tingkat pengangguran turun dari 9,77 juta orang pada bulan Agustus 2020 menjadi 8,75 juta orang pada Februari 2021. Perkembangan ekonomi menunjukkan peningkatan baik terlebih dari peningkatan harga komoditas global dan pemulihan permintaan global yang mendorong komponen ekspor dan impor dapat tumbuh secara signifikan.

Dari upaya pemerintah untuk tingkatkan perkembangan ekonomi di masa pandemi di bidang ekspor dan impor sangat membantu industri berorientasi ekspor demi memanfaatkan peluang peningkatan harga komoditas global selama masa pandemi ini. Upaya yang cukup keras membuat kinerja neraca perdagangan berhasil mencatatkan surplus dalam 17 bulan berturut-turut.

Jika dipelajari, kinerja yang impresif terkait neraca perdagangan menjadi penopang kinerja transaksi berjalan negara. Nyatanya defisit transaksi berjalan tahun 2020 serta semester 1 tahun 2020 yang tetap berada di level rendah.

Seiring dengan perbaikan sisi ekonomi, juga dilakukan perbaikan dari segi kesehatan. Dari upaya penguatan sisi hulu dan hilir maka mampu menekan penyebaran virus Covid 19. Melalui strategi pembatasan mobilitas masyarakat serta akselerasi vaksinasi maka menekan laju penyebaran.

Sebagai langkah dalam memulihkan kepercayaan masyarakat dalam aktivitas ekonomi maka pemerintah sendiri berkomitmen secara terus-menerus mempercepat proses vaksinasi. Melalui kerja sama dengan pihak swasta berhasil mendorong percepatan program vaksinasi gotong royong. Demi pemulihan ekonomi maka perlu penekanan vaksinasi hingga 80% .

Kebijakan dan Strategi Pemulihan Ekonomi

Pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk pemulihan ekonomi dalam rangka menghadapi ancaman yang membahayakan perekonomian Nasional. Peraturan yang baru mengatur kebijakan keuangan baik pendapatan, perpajakan, belanja negara serta pembiayaan.

Untuk perkembangan ekonomi di masa pandemi menjadi lebih baik,dengan kebijakan stabilitas sistem keuangan meliputi kebijakan penanganan permasalahan lembaga keuangan yang membahayakan perekonomian Nasional. Tujuannya untuk mempertahankan serta meningkatkan kemampuan ekonomi para pelaku usaha dari sektor riil serta keuangan dalam menjalankan usahanya selama masa pandemi.

Pemerintah daerah memiliki peran strategis dalam mendorong percepatan dan efektivitas pemulihan ekonomi. Strategi peningkatan ekonomi melalui peningkatan konsumsi dalam negeri, menjaga stabilitas ekonomi dan ekspansi moneter serta peningkatan aktivitas dunia usaha.

Sehingga salah satu penggerak ekonomi nasional adalah konsumsi dalam negeri karena semakin banyak konsumsi maka ekonomi semakin naik. Konsumsi tersebut sangat Memiliki peran penting dengan daya beli masyarakat.

Dana tersebut disalurkan melalui kartu pra kerja, bantuan langsung tunai, pembebasan listrik dan bantuan lainnya yang dapat membantu perekonomian yang terkena dampak pandemi.

Perkembangan ekonomi di masa pandemi hingga saat ini telah mengalami pemulihan dengan sangat baik. Harapannya dapat terus bangkit dan mencapai perekonomian yang normal kembali.

(NB: Isi tulisan menjadi tanggung jawab penulis) 

Penulis : Nelsya Amanda Surya (STIE Syariah Bengkalis)
Editor : Ali
Kategori : Kampus
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Polling
Masa jabatan Walikota dan Wakil Walikota Pekanbaru, Firdaus - Ayat Cahyadi, akan berakhir 22 Mei tahun 2022. Bagaimana menurut Anda kinerja mereka selama memimpin Pekanbaru?

Artikel Lainnya
0 Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Selasa, 02 November 2021
DPR Ingin Seleksi Calon Anggota KPU-Bawaslu Ciptakan Demokrasi Lebih Baik
Selasa, 02 November 2021
Terima Aspirasi PPPK Guru, DPR Desak Peserta Yang Memenuhi Passing Grade Diluluskan
Senin, 01 November 2021
Komisi III DPR Dukung Langkah Kapolri Perbaiki Institusi Polri
Senin, 01 November 2021
Pimpinan DPR Sebut Kita Bersyukur Indonesia Jabat Presidensi G20

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan
Minggu, 06 Januari 2019
Alam Mayang, Liburan Tak Mesti Keluar Kota

CAKAPLAH TV lainnya ...
Selasa, 17 Mei 2022
200 Aparatur Desa dan PPID Rokan Hulu Ikuti Sosialisasi Implementasi UU KIP
Selasa, 17 Mei 2022
Kabupaten Rohil Kembali Raih Opini WTP dari BPK RI
Selasa, 17 Mei 2022
5 Calon Sekda Padang Jalani Asesmen di UPT Penilaian Kompetensi BKD Riau
Selasa, 17 Mei 2022
Soal Gugatan Hak Cipta Tabungan Emas, Begini Tanggapan Pegadaian

Serantau lainnya ...
Selasa, 17 Mei 2022
Sepuluh Peserta Siap Unjuk Gigi di Asik Bang BNPT Festival 2022
Rabu, 11 Mei 2022
Jadi Motivator Hidup Hemat, Pria Ini Malah Habiskan Rp 14 Juta Sehari Buat Makan
Jumat, 06 Mei 2022
Hari Pertama Tayang Doctor Strange 2 Langsung Dulang Rp 394 Miliar
Rabu, 27 April 2022
THR sudah Cair? Jangan Boros! Kelola dengan Cara Ini

Gaya Hidup lainnya ...
Senin, 18 April 2022
Masjid Paripurna Pekanbaru Sebagai Pusat Perekonomian dan Pembinaan Masyarakat
Jumat, 15 April 2022
Capaian Vaksin Tertinggi di Riau, Walikota Pekanbaru Terima Penghargaan dari Wakapolri
Kamis, 14 April 2022
Layanan Berkelas Dunia, Pemko Pekanbaru Lakukan Perluasan MPP
Jumat, 08 April 2022
Memudahkan Pembayaran Pajak, Bapenda Punya Smart Tax Pekanbaru

Advertorial lainnya ...
Selasa, 17 Mei 2022
Penyebab Colokan Listrik Tiap Negara Berbeda-Beda
Selasa, 10 Mei 2022
Perhatikan! Ini 5 Tips Memilih MicroSD yang Awet dan Bagus
Rabu, 27 April 2022
Bulan Ramadan Momen Tepat Ganti Smartphone?
Minggu, 13 Maret 2022
Perlu Upaya Penyelamatan, Kenali 4 Tanaman Endemik yang Terancam Punah di Indonesia

Tekno dan Sains lainnya ...
Selasa, 17 Mei 2022
Perlukah Saus Cabe Botolan Disimpan di Kulkas?
Sabtu, 14 Mei 2022
KPA Pekanbaru Dukung Program Tri Zero Kemenkes untuk Penanganan Kasus HIV/AIDS
Jumat, 06 Mei 2022
Hepatitis Misterius Merebak Serang Anak-anak, Begini Cara Mencegahnya
Rabu, 27 April 2022
Tips Mudik Agar Aman Selama Perjalanan, Hindari Posting!

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Rabu, 18 Mei 2022
Prof Iwantono Nyatakan Maju Pemilihan Rektor Unri, Klaim Telah Kantongi 31 Suara Senat
Jumat, 13 Mei 2022
IKA Teknik Dorong Dekan Prof Azridjal Aziz Maju Calon Rektor Unri 2022-2026
Jumat, 29 April 2022
Program Doktor Ilmu Hukum UIR Raih SK Akreditasi “Baik”
Senin, 25 April 2022
DW UIR Santuni Puluhan Anak-anak Almarhum Pegawai dan Dosen

Kampus lainnya ...
Minggu, 09 Mei 2021
Ramadan Penuh Berkah, BRI Bagikan Bingkisan ke Panti Asuhan, Panti Werdha, Jurnalis dan Masyarakat
Jumat, 15 Mei 2020
BRI Salurkan Bantuan Rp 22,16 Miliar Hasil Donasi 62 Ribu Karyawan untuk Covid-19
Kamis, 23 April 2020
PT SRL dan Mitra Bagikan 17.500 Paket Sembako di Tiga Provinsi
Senin, 23 Maret 2020
PT Musim Mas Salurkan Bantuan Ternak Sapi untuk Kelompok Tani di Pelalawan

CSR lainnya ...
Polling
Masa jabatan Walikota dan Wakil Walikota Pekanbaru, Firdaus - Ayat Cahyadi, akan berakhir 22 Mei tahun 2022. Bagaimana menurut Anda kinerja mereka selama memimpin Pekanbaru?


Pelantikan Sekda Rohul 20 April 2022
Terpopuler
LAM
Foto
Idulfitri 1443 H APRIL
Waisak 16 Mei 2022 - APRIL
Minggu, 15 Mei 2022
Rasa Bintang Lima Harga Kaki Lima, Burjobar dan Roti Cha Milik Arya Saloka dan Ferry Ardiansyah Hadir di Pekanbaru
Jumat, 13 Mei 2022
Beredar Foto Menag Yaqut Rangkul 'Ragil Mahardika', Ansor: 1000% Editan!
Jumat, 06 Mei 2022
Cantiknya Sophia Latjuba saat Lebaran, Tetap Stylish Walau Pakai Sarung
Rabu, 27 April 2022
Dikira Mualaf, Ternyata Ini Alasan Celine Evangelista Sering Pakai Baju Muslim

Selebriti lainnya ...
Idulfitri 1443 H - UIN SUSKA RIAU
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
PKS Kampar - ucapan Ramadan 1443 H
Rabu, 27 April 2022
Dompet Dhuafa Volunteer Riau Gelar Puncak Serambi
Selasa, 26 April 2022
ACT Riau Tebar Sajian Iftar terbaik untuk Yatim, Penghapal Quran, dan Warga Prasejahtera
Kamis, 21 April 2022
Menjemput Lailatul Qadar
Minggu, 17 April 2022
Bupati Rohil Pastikan akan Gelar Takbir Keliling Malam Lebaran

Religi lainnya ...
Ucapan Ramadan 1443 H
Rabu, 13 April 2022
Pemko Pekanbaru Gelar Rakor Saber Pungli Terkait Penyelenggara Pelayanan Publik
Jumat, 04 Maret 2022
Dispora Pekanbaru Taja Liga Pelajar Futsal 2022, Tim SMAN 12 Sukses jadi Juara
Selasa, 01 Maret 2022
Dibuka Walikota Firdaus, Dispora Pekanbaru Sampaikan Selamat Kepada Sang Juara Taekwondo Cup
Selasa, 22 Februari 2022
Dikunjungi DPRD Limapuluh Kota, Dispora Pekanbaru Berbagi Ilmu Soal Dana Hibah Keolahragaan

ADV lainnya ...
Khas Jumat
Indeks Berita
www www