Jumat, 19 April 2024

Breaking News

  • Catatan Banjir Terparah, Bupati Zukri: Ini Harus jadi Perhatian Pemerintah Pusat   ●   
  • Jalan Sudirman Ujung Tergenang Banjir, PUPR Riau Turunkan Ekskavator Amfibi Bersihkan Parit   ●   
  • Akibat Galian IPAL, Jalan Ahmad Dahlan dan Balam Ujung Pekanbaru Ambruk   ●   
  • Berhasrat Ikut Pilgub Riau, Syamsurizal Incar Septina jadi Wakil
Kelmi April 2024

Bergizi Tinggi dan Bantu Cegah Stunting, Naget So Good Jadi Favorit Keluarga
Sabtu, 10 September 2022 22:30 WIB
Bergizi Tinggi dan Bantu Cegah Stunting, Naget So Good Jadi Favorit Keluarga
Imay menyiapkan bekal berupa naget, sayuran, dan susu Real Good untuk Adel.

IMAY bergerak ligat di dapur rumahnya yang minimalis. Di luar matahari belum sepenuhnya muncul. Suara orang-orang di masjid dekat rumahnya di Jalan Muhajirin, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, masih terdengar ramai usai tuntas Salat Subuh.

Kedua kalinya wanita berumur 32 tahun dengan nama panjang Siti Maimunah ini, melirik jam dinding. Dia harus berburu dengan waktu. Sambil membungkus aneka jajanan yang harus dia jual pagi ini, dia juga harus menyiapkan bekal untuk Adel, putrinya yang masih duduk di bangku kelas 2 Sekolah Dasar (SD).

Adel masuk sekolah pukul 07.30 WIB. Sementara kakak sulungnya, Vivi, yang duduk di kelas IV, kebagian shift kelas siang, masuk pukul 12.30 wib.

Jarak antara rumah Imay dan sekolah dua putrinya itu memang tidak jauh, namun dia tidak ingin Adel terlambat sampai ke sekolah karena harus menunggu mamanya tuntas mengemas dagangan dan bekal.

“Adel, bangun nak,” kata Imay setengah berteriak ke arah pintu kamar depan.

Adel bangun. Sembari mengucek mata, Ia bergegas ke dapur begitu melihat mamanya tengah mengemas kotak bekal makan siangnya.

“Ma, Adel mau yang Dino ya hari ini,” pesannya ke sang mama. Maksud Adel adalah jenis naget yang ingin dia jadikan makan siang di sekolah.

Kemarin Adel sudah berbekal Naget Ikan Original dari So Good produksi PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (Japfa). Hari ini dia ingin Naget Ayam yang varian Dino Bites Original.

“Iya, ada. Ini mama masak dua jenis. Goreng agak banyak, buat sarapan kita semua ini,” sahut Imay sembari membawa sepiring  naget yang telah digoreng ke ruang tamu. Ia, Adel, dan Vivi akhirnya sarapan bersama pagi itu.

Baik naget dan sosis dari So Good sudah jadi menu rutin di rumah Imay. Kesibukannya setiap pagi sebagai pedagang sarapan keliling membuatnya harus ekstra simple soal masak memasak, namun tetap memenuhi gizi untuk 3 anaknya yang masih dalam tahap pertumbuhan.

Imay menyiapkan sarapan keluarga dan bekal favorit anak-anaknya untuk dibawa ke sekolah.

Seperti pagi ini, Sabtu (10/9/2022), Imay bergegas memasukkan tambahan Susu Real Good ke tas bekal Adel, lalu menyerahkannya dan bergegas menuju sekolah Adel dengan sepeda motor.

Usai mengantar Adel, Imay kembali ke rumah sejenak untuk mengambil aneka jajanan dan sarapan yang akan dia jajakan dengan sepeda motor.

Sebelum berangkat, ia sudah berpesan ke putri sulungnya, Vivi, agar memandikan adiknya, Angga, begitu ia bangun dan langsung sarapan dengan naget dan susu yang telah ia siapkan.

Tiga anak Imay sangat suka dengan Naget dan Sosis dari So Good. Selain karena rasanya yang enak, kandungan protein hewaninya sangat baik untuk mendukung pertumbuhan anak, mencegah resiko stunting.

“Produk-produk So Good sangat disukai di rumah ini. Anak-anak selalu bilang, nagetnya enak dan lembut di mulut. Nah, kalau dari sayanya, selain gampang disajikan, halal, dan gizinya sangat tinggi,” sebut Imay.

Bagi Imay, memilih makanan dengan kandungan gizi tinggi, terutama protein hewani yang baik adalah pilihan mutlak untuk ketiga buah hatinya.

“Mereka kan masa pertumbuhan, jangan sampai stunting. Makanya saya sangat pemilih soal makanan untuk anak. Mereka juga rutin saya berikan Dusu Real Good,” jelasnya sembari menyebut, putra bungsunya lah yang paling suka meminum Real Good.

Dari penuturan Imay, dua putrinya itu punya obsesi di masa depan, untuk bisa terbang bersama di sebuah pesawat. Vivi yang saat ini cita-citanya menjadi pramugari, membuat Adel ingin benar-benar menjadi pilot wanita.

“Vivi tingginya sampai 145 cm saat ini. Di sekolah dia ikut ekskul Paskibra. Sesuailah, dia tinggi,” ulang Imay.

Karena hal itu, Imay mengaku, walau keadaan ekonomi masih kurang baik pasca pandemi, produk-produk dari Japfa akan terus dia usahakan bisa mengisi kulkas rumahnya.

“Pas Covid-19 kemarin, selama 2 tahun suami tidak bisa kerja normal. Terpaksalah memutar otak agar tetap ada penghasilan,” jelasnya.

Suami Imay berkerja sebagai pemasok aneka sayuran dan buah ke pedagang-pedagang dan rumah makan di Malaysia. Saat Covid-19, suaminya sama sekali tidak bisa masuk ke negara itu.

“Agar tetap ada penghasilan, suami kerja bantu-bantu kakaknya di toko,” jelas Imay.

“Saya yang kala itu belum dagang sarapan pagi, juga ikut membantu menjualkan barang-barang toko itu,” ungkapnya

Bahkan di tengah kondisi sulit saat itu, Imay tetap bersikeras menghadirkan Nugget dan Sosis dari So Good untuk buah hatinya. Karena menurut Imay, manfaat yang bisa anak-anaknya peroleh dari kebaikan makanan berprotein itu sangat bernilai. Membantu mereka sehat dan tumbuh maksimal menjadi generasi penerus bangsa.

Pola fikir Imay ini sudah seharusnya dimiliki para ibu di Kota Pekanbaru dan di tanah air. Karena untuk menghadirkan generasi yang bebas stunting, butuh para ibu yang sadar apa saja nutrisi dan gizi yang dibutuhkan anak-anaknya.

Menekan Kasus Stunting di Pekanbaru

Saat ini, kasus stunting di Kota Pekanbaru memang mengalami penurunan. Dari 303 kasus sebelumnya di awal tahun, saat ini tinggal 285.

"Kasus stunting di Pekanbaru terus mengalami penurunan. Dari 303 kasus sekarang ini menurun jadi 285," ujar Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Disdalduk KB) Kota Pekanbaru M Amin, Jumat (9/9/2022) kemarin.

Tak hanya kasus stunting saja yang mengalami penurunan, untuk resiko stunting di wilayah setempat juga mengalami penurunan.

"Kondisi resiko stunting kita itu di awal kemarin 132 ribu, sekarang ini setelah dilakukan kegiatan Tim Pendamping Keluarga (TPK) di lapangan saat ini sudah turun hampir 70 ribuan," sebutnya lagi.

Diharapkan hingga akhir tahun ini, jumlah kasus stunting di Pekanbaru terus menurun. 

"Karena ini tergantung pada faktor keluarga yang paling utama, kemudian juga dari faktor Calon pengantinnya. Apa mereka memeriksakan diri sebelum menikah atau tidak," imbuhnya.

Dikatakan Amin sebenarnya untuk Pekanbaru, tingkat prevelensi stunting sudah dibawah target nasional. 

Imay dan dua putrinya; Adel dan Vivi duduk di ruang tamu sambil sarapan.

"Kita sudah dibawah 14 persen ya untuk angka prevalensi. Pemerintah pusat sudah menargetkan di tahun 2024 itu di angka 14 persen. Tapi sekarang ini kita sudah di angka 11.4 persen. Itu dari hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) tahun ini ya," pungkasnya.

Protein Hewani Mencegah Stunting

Ahli Gizi Kesehatan Masyarakat dan Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Prof. Dr. drg. Sandra Fikawati, MPH mengungkapkan, prevalensi kasus stunting di Indonesia kian menunjukkan penurunan sejak beberapa tahun belakangan.

Meskipun demikian, penurunan angka stunting tersebut masih jauh dari target nasional yaitu sebesar 14% pada tahun 2024.

"Stunting menjadi masalah genting sebab memiliki dampak jangka panjang yang berkontribusi pada produktivitas ekonomi dan pertumbuhan negara. Padahal salah satu pencegahannya dapat dilakukan dengan cara mengonsumsi makanan yang mengandung protein hewani. Namun, sayangnya total konsumsi protein hewani di Indonesia masih tergolong rendah," ujar Sandra Fikawati di Surabaya, Rabu (3/8/2022).

Menurut Sandra, berdasarkan data Food and Agriculture (FAO) pada tahun 2017, total konsumsi protein hewani masyarakat Indonesia hanya sebesar 8%. Angka tersebut berbeda secara signifikan dibandingkan negara Asia lainnya, seperti Malaysia dan Thailand yang tingkat konsumsi protein hewaninya masing-masing mencapai 30% dan 24%. 

Sandra juga menyebutkan bahwa manusia membutuhkan protein yang terdiri atas asam-asam amino sebagai zat pembangun tubuh. Tubuh manusia membutuhkan sebanyak 20 jenis asam amino dan 9 di antaranya adalah asam amino esensial yang harus didapatkan dari makanan. Protein hewani memiliki kandungan asam amino esensial yang lebih lengkap. dibandingkan protein nabati.

"Dalam kaitannya dengan pencegahan stunting, asupan protein hewani tidak hanya dibutuhkan oleh anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Lebih jauh lagi, asupan protein hewani harus dicukupi sejak awal di 1.000 hari pertama kehidupan yakni sejak ibu hamil hingga anak berusia 2 tahun. Periode ini merupakan periode emas pertumbuhan dan perkembangan anak, masa yang menentukan perkembangan fisik dan kecerdasan jangka panjang," tandasnya.

Lebih lanjut Sandra mengungkapkan, selain mengandung asam amino esensial yang lebih lengkap dan lebih banyak dibandingkan protein nabati, protein hewani juga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang beragam serta memiliki kualitas yang lebih baik untuk mendukung daya tahan tubuh manusia. Oleh karenanya, penting agar mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung protein hewani setiap harinya.

Sementara itu, Direktur Corporate Affairs Japfa, Rachmat Indrajaya menyampaikan, sebagai penyedia protein hewani di Indonesia, Japfa berkomitmen memberikan kualitas produk terbaik dengan harga terjangkau. Dalam menjamin kualitas produk, Japfa selalu memperhatikan penerapan Standard Operating Procedure (SOP) yang ketat serta didukung oleh tenaga lapangan yang profesional.

"Sehingga, produk olahan protein hewani yang dihasilkan memenuhi konsep ASUH (Aman, Sehat, Utuh dan Halal). Kami berharap, semakin banyak masyarakat Indonesia yang mengonsumsi protein hewani demi generasi unggul Indonesia di masa mendatang," pungkasnya.

Penulis : Yusni Fatimah Lubis
Editor : Jef Syahrul
Kategori : Kesehatan dan Keluarga
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Artikel Lainnya
0 Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Jumat, 29 September 2023
Komisi II Usul Kementerian ATR/BPN dan KLHK Kolaborasi Selesaikan Redistribusi Tanah
Jumat, 29 September 2023
Setjen DPR Berikan Perhatian Terhadap Pensiunan Melalui P3S
Kamis, 28 September 2023
TikTok Shop Cs Dilarang, Ketua DPR Berharap Aturan Baru Ciptakan Keseimbangan Pasar Digital dan Konvensional
Kamis, 21 September 2023
Ancaman DBD Meningkat, Puan Dorong Sosialisasi Masif Tekan Risiko Kematian

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 07 November 2023
Riau Terima Penghargaan Bhumandala Award 2023
Senin, 12 Desember 2022
Kapolda Riau Resmikan Kantor Pelayanan Terpadu Polres Rohil di Bagansiapiapi
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'

CAKAPLAH TV lainnya ...
Selasa, 16 April 2024
Kapolres Pelalawan Turun Langsung Cek Rumah Warga yang Ditinggal Mudik
Selasa, 16 April 2024
Pembenahan di Pelabuhan RoRo Bengkalis Berdampak Positif ke Pelayanan dan Antrean
Selasa, 16 April 2024
Plt Bupati Asmar Hadiri Halalbihalal di Desa Mengkirau
Sabtu, 13 April 2024
AKBP Asep Sujarwadi Pimpin Patroli ke Perumahan Warga Jaga Keamanan Saat Libur Idulfitri 1445 H

Serantau lainnya ...
Minggu, 07 April 2024
Pererat Silaturahmi, Siwo PWI Riau Gelar Buka Bersama BJB dan PSSI
Kamis, 04 April 2024
5 Ide Resep Masakan Pakai Rice Cooker, Cocok untuk Anak Kos!
Kamis, 04 April 2024
Rekomendasi Fashion Wanita Zaman Sekarang
Jumat, 29 Maret 2024
Pengusaha Wanita di Riau Bagi-bagi Takjil Gratis kepada Pengguna Jalan

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 02 Maret 2023
Wadah Menyalurkan Bakat, Ketua DPRD Riau Yulisman Hadiri Festival Musik Akustik di SMA Negeri 1 Pasir Penyu Inhu
Rabu, 01 Maret 2023
Rapat Paripurna, DPRD Provinsi Riau Umumkan Reses Masa Persidangan I Tahun 2023
Selasa, 28 Februari 2023
Kunjungi Kemendikbud, Komisi V DPRD Riau Bahas Persoalan PPDB
Kamis, 23 Februari 2023
Disdik Gelar Pelatihan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru SD Se-Kota Pekanbaru

Advertorial lainnya ...
Kamis, 29 Februari 2024
Telkomsel dan ZTE Wujudkan Pengalaman Gigabit yang Andal dan Efisien
Selasa, 20 Februari 2024
Samsung Hadirkan Galaxy S24 Series dengan Kecerdasan Software Canggih
Jumat, 09 Februari 2024
Apple Kembangkan 2 Prototipe iPhone Lipat Bergaya Flip
Kamis, 01 Februari 2024
Samsung Buka-bukaan Soal Keunggulan Exynos 2400 di Galaxy S24 dan S24+

Tekno dan Sains lainnya ...
Kamis, 18 April 2024
Ini Dia Manfaat Merawat Gigi, Yuk, Kunjungi Klinik Gigi Terdekat Sekarang!
Kamis, 22 Februari 2024
Pemula di Dunia Yoga? Inilah Panduan Cara Memilih Matras Yoga yang Tepat
Sabtu, 27 Januari 2024
Cegah Resistensi, Gunakan Obat Antibiotik dengan Bijak
Senin, 15 Januari 2024
14 Persiapan Penting Awal Kehamilan untuk Calon Ibunda dan Buah Hati

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Sabtu, 06 April 2024
Rangkaian Ramadan Ceria Umri Berakhir, 5.000 Orang Terima Manfaat
Selasa, 26 Maret 2024
BPH UMRI Gelar Lomba Ibadah Praktis Sesuai Tuntunan HPT
Senin, 25 Maret 2024
Berhadiah Umrah dan Beasiswa, Umri Gelar Lomba Tahfidz Alquran
Kamis, 21 Maret 2024
UPT Promosi dan Penerimaan Mahasiswa Baru UMRI Taja Ifthor Jama’i

Kampus lainnya ...
Rabu, 03 Mei 2023
Kompilasi Semarak Silaturahmi Satu HATI, CDN Bangkinang Santuni Anak Yatim
Rabu, 05 April 2023
Safari Ramadan, PT Musim Mas Salurkan Paket Sembako untuk Anak Yatim dan Fakir Miskin
Selasa, 04 April 2023
Telkomsel Siaga Rafi Sumbagteng Salurkan CSR untuk Panti Jompo bersama Dompet Dhuafa Riau
Jumat, 03 Maret 2023
Tingkatkan Kesehatan dan Budaya Lokal, Bank Mandiri Serahkan Bantuan ke Posyandu dan Grup Rebana

CSR lainnya ...
Jumat, 09 Februari 2024
Lika-liku 7 Perjalanan Asmara Ayu Ting Ting hingga Tunangan dengan Anggota TNI
Minggu, 28 Januari 2024
Huh Yunjin Bak Sehati Dengan Han So Hee Kala Cuma Pakai Dalaman Di Trailer LE SSERAFIM
Sabtu, 27 Januari 2024
Gigi Hadid dan Bradley Cooper Tak Sungkan Perlihatkan Kemesraan
Rabu, 24 Januari 2024
Park Ji-hyun Ungkap Persiapan Membinangi Drama Terbarunya

Selebriti lainnya ...

Mutiara Merdeka Hotel - April 2024
Terpopuler
Iklan CAKAPLAH
Foto
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Senin, 14 Agustus 2023
Pengurus Masjid Nurul Ikhlas Kubang Minta Tunjuk Ajar ke Wagubri
Sabtu, 12 Agustus 2023
Gebyar Kandis Bersholawat Bakal Dihadiri Ribuan Jemaah NU
Senin, 31 Juli 2023
Mualaf Riau Butuh Pembinaan, Begini Caranya...
Sabtu, 29 Juli 2023
Mantan Wawako Pekanbaru, Ayat Cahyadi Turut Saksikan Pengukuhan Pengurus Masjid Al-Hamidah Rejosari

Religi lainnya ...
Rabu, 13 Maret 2024
Kepala BKPSDM Pekanbaru Harapkan Kinerja ASN Maksimal Selama Bulan Ramadan
Jumat, 08 Maret 2024
Pemko Pekanbaru Sudah Tetapkan Jam Kerja ASN Selama Ramadan 1445 H
Rabu, 28 Februari 2024
Pemko Pekanbaru Masih Tunggu Juknis Pusat Terkait Seleksi CPNS dan PPPK
Selasa, 27 Februari 2024
Kepala BKPSDM Dampingi Pj Walikota Terima Penghargaan Anugerah Kualitas Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Tahun 2023

Galeri Foto lainnya ...
Indeks Berita
www www