Jumat, 17 Agustus 2018

Breaking News

  • BNN Amankan 2 Kg Sabu-sabu dan 24 Ribu Pil Ekstasi di Pekanbaru   ●   
  • KEIN RI Gelar Seminar 'Literasi Pariwisata dan Strategi Pengembangan Kawasan Pariwisata Unggulan di Riau   ●   
  • Baterai Traffic Light di Bengkalis Hilang Digondol Maling   ●   
  • KARIB Berharap Andi Rachman Bisa Duduk Bersama Syamsuar-Edy   ●   
  • Dua JCH Asal Pekanbaru Diisolasi di KKHI   ●   
  • Gubernur Andi Belum Bicarakan Soal 'Nyaleg' ke Wagubri   ●   
  • BPS Sebut Jumlah Orang Miskin di Riau Berkurang   ●   
  • BNN Riau Musnahkan 10 Kg Sabu Senilai Rp15 Miliar   ●   
  • Walikota Pekanbaru Mutasi Pejabat Eselon III dan IV   ●   
  • 40 Anggota Paskibra Pekanbaru Siap Tampilkan yang Terbaik di HUT RI
Muhibbah

Kulit Buah Melinjo Sebagai Penurun Kadar Asam Urat
Selasa, 13 Juni 2017 17:50 WIB
Kulit Buah Melinjo Sebagai Penurun Kadar Asam Urat
JAKARTA (CAKAPLAH) - Asam urat merupakan senyawa kimia hasil akhir dari metabolisme purin dalam tubuh. Mamalia selain primata tingkat tinggi memiliki uratase yang mampu mengubah asam urat menjadi alantoin yang merupakan produk larut air.

Manusia tidak memiliki uratase, sehingga produk akhir metabolisme purin adalah asam urat. Kadar asam urat yang melebihi batas kelarutannya, akan menyebabkan kristalisasi natrium urat di jaringan lunak dan sendi yang disebut gout.

Pengobatan gout umumnya dilakukan dengan obat yang dapat menghambat aktivitas enzim xantin oksidase. Salah satu obat sintetis yang digunakan untuk terapi asam urat adalah allopurinol.

Obat ini memiliki beberapa efek samping, seperti demam, menggigil, leukopenia, serta gangguan pencernaan. Perlu adanya obat alternatif yang memiliki aktivitas pengobatan lebih baik dan rendah efek samping. Obat tradisional yang berasal dari tumbuhan umumnya memiliki efek samping yang lebih rendah dibandingkan obat-obatan kimia.

Atas hal tersebut Chintia Ayu Puspita mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) melalui Program Kreativitas Mahasiswa – Penelitian (PKM-P) bersama tim yang terdiri dari Syfa Zulaeha, dan Dandung Wasana terdorong melakukan penelitian untuk mencari bahan potensial alami penurun kadar asam urat dari bahan kulit melinjo.

“Kalau dalam istilah keseharian orang menyebut asam urat itu penyakit, padahal asam urat itu senyawa bukan penyakitnya, penyakitnya itu namanya pirai kalo dalam ilmiahnya gout. Pirai itu sendiri karena kadar asam urat dalam darahnya tinggi. Manusia membutuhkan asam urat sebagai anti-oksidan, apabila kadarnya berlebihan dalam tubuh lama-lama akan mengkristal akhirnya mengendap bisa di persendian, ginjal dan jantung,” ungkap mahasiswi Departemen Biokimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) IPB ini, Selasa (6/13).

Melinjo dikenal sebagai tanaman yang memicu peningkatan kadar asam urat, namun berbagai kandungan senyawa dalam kulit melinjo diduga dapat menurunkan kadar asam urat.

Kulit melinjo yang memiliki daya inhibisi terhadap aktivitas xantin oksidase terbesar dalam penelitian Wulandari (2012) adalah ekstrak etanol kulit melinjo muda mentah dan direbus.

“Alasan kami memakai kulit melinjo adalah karena melinjo itu sendiri kan mengandung purin yang tinggi, jadi anggapan masyarakat apapun komponen melinjonya misalkan daunnya, kulitnya, bijinya itu bisa meningkatkan kadar asam urat, padahal kulit melinjonya sendiri itu memiliki fungsi kebalikannya. Sebenarnya yang bisa menaikkan kadar asam urat itu cuma bijinya, kalau kulitnya malah dapat menurunkannya,” tutur Chintia.

Chintia menambahkan, selama ini belum pernah ada yang meneliti secara invivo. “Sebenarnya sudah ada penelitian tentang kandungannya. Kandungan yang dapat menurunkannya itu flavonoidnya, dan ternyata itu tinggi di kulit melinjo yang muda makanya kita pilih selain untuk mengubah anggapan masyarakat itu tadi,” ujarnya.

Uji coba
Tim ini melakukan percobaan dengan menggunakan 25 ekor tikus putih (Rattus norvegicus) jantan. “Kita menggunakan hewan uji coba secara langsung, kita gunakan tikus putih. Awalnya kulit melinjo kita keringkan dan kita bikin ekstrak. Bikin ekstraknya kita pakai cara maserasi, itu simpel cuma dikasih pelatuknya terus di-shaker selama 3 kali 24 jam lalu dipekatkan. Ekstraknya berbentuk pasta. Setelah pekat, itulah yang kita gunakan untuk perlakuan dicekokin ke tikusnya,” ujar Chintia.

Sebanyak 25 ekor tikus dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok standar yang terdiri dari 5 ekor tikus dan kelompok yang terdiri dari 20 ekor tikus. Kelompok standar diberikan pakan standar. Kelompok 20 ekor tikus dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu kelompok kontrol positif, kontrol negatif dan perlakuan.

Kelompok kontrol positif terdiri dari 5 ekor tikus yang diberi pakan tinggi purin dan allopurinol. Kelompok kontrol negatif terdiri dari 5 ekor tikus yang diberi pakan tinggi kadar purin tanpa diberi ekstrak kulit buah melinjo maupun allopurinol.

Kelompok perlakuan merupakan kelompok tikus yang diberikan pakan tinggi purin dan juga ekstrak kulit buah melinjo. Kelompok perlakuan dibagi kembali menjadi dua kelompok berdasarkan dosis ekstrak kulit buah melinjo menurut Safwan (2016), yaitu dosis 6.48 mg/kgBB dan 51.8 mg/kgBB dengan masing-masing dosis diberikan pada 5 ekor tikus.

“Perlakuannya itu beda-beda, kelompok tikus normal itu tanpa perlakuan, kelompok kontrol positif perlakuannya dikasi obat sintetis allopurinol, kontrol negatif tidak diberi obat. Kemudian kelompok perlakuan dosis satu diberi obat yang kita uji, kelompok dosis dua sama tapi dosis ekstraknya dua kali lipat dari dosis pertama. Pemberiannya itu dicekok (oral). Setelah diberi perlakuan ditunggu satu jam, lalu dicek darah untuk melihat penurunan kadar asam uratnya, yang diberi ekstrak dengan yang diberi obat itu lebih efektif mana dalam menurunkan kadar asam urat. Setelah itu kita uji menggunakan kit terus tikusnya dihistopatologi untuk melihat gout-nya. Saat ini kita masih sampai tahap induksi,” paparnya.

Percobaan dibagi menjadi masa adaptasi selama dua minggu dan perlakuan selama empat minggu. Selama percobaan dilakukan pengukuran bobot dan pengambilan darah satu kali seminggu dan dilakukan pengujian darah untuk mengetahui kandungan asam urat pada tikus tersebut.

“Untuk tikusnya ada masa adaptasi, induksi dan perlakuan. Masa adaptasi dua minggu dan masa induksi selama tujuh hari. Untuk meningkatkan kadar asam uratnya kita pakai dua cara, pakai hati ayam dan senyawa kalium oksonat yang bisa menghambat enzim urikase, enzim yang dapat mengubah asam urat menjadi senyawa larut air sehingga asam urat tidak mengendap dan dikeluarkan lewat urin, sedangkan tikus itu punya enzim urikase,” ungkap Chintia.

Penelitian ini diharapkan dapat memicu penelitian lanjutan mengenai pembuatan produk obat herbal dari kulit buah melinjo untuk penderita gout serta memberikan kontribusi dalam bidang kesehatan dan ilmu pengetahuan. “Harapannya semoga hasil kita ini bagus, bisa terbukti bahwa kulit melinjo bisa menurunkan kadar asam urat. Inovasi selanjutnya bisa dijadikan produk makanan atau apa pun yang bisa dikonsumsi manusia,” tutur Chintia.

Editor : Jef Syahrul
Sumber : republika.co.id
Kategori : Kesehatan dan Keluarga
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Artikel Terkait
Minggu, 18 Maret 2018 15:50 WIB
Waspada, Sering Merokok Berisiko Tuli
0 Komentar
Berita Pilihan
Rabu, 15 Agustus 2018
PBNU: Mahfud Itu Bukan NU Tapi MD
Rabu, 15 Agustus 2018
Pejabat Mundur Setelah Dilantik, Ini Komentar 'Menohok' Walikota Pekanbaru
Rabu, 15 Agustus 2018
Pemerintah Arab Saudi Nyatakan Jual Beli Bitcoin Ilegal
Jumat, 10 Agustus 2018
Walikota Pekanbaru akan Rombak Lagi Kabinetnya
Jumat, 10 Agustus 2018
LAM Riau Diminta Tepuk Tepung Tawar Cawapres Sandiaga Uno, Ini Alasannya
Jumat, 10 Agustus 2018
Sempat Tertinggal, PSPS Riau Harus Berbagi Poin dengan Persis Solo
Jumat, 10 Agustus 2018
Ini Realisasi Pencairan Bansos Pendidikan Pemprov Riau
Jumat, 10 Agustus 2018
Ini Alasan Suhardiman Amby Pilih Mengincar Kursi DPRD Riau Ketimbang DPR RI
Rabu, 08 Agustus 2018
Tiga Napi Lapas Bengkalis Kedapatan Simpan 1 Kilo Daun Ganja Kering, Kok Bisa?
Rabu, 08 Agustus 2018
BNN Amankan 2 Kg Sabu-sabu dan 24 Ribu Pil Ekstasi di Pekanbaru
Rabu, 08 Agustus 2018
Ini yang Membuat KEIN Tertarik Terhadap Pariwisata Riau
Rabu, 08 Agustus 2018
Ini Jadwal Pengumuman DCS Bacaleg Riau
Rabu, 08 Agustus 2018
Alek Kurniawan Tak Disebut Dalam Pelantikan Pejabat Esselon III dan IV, Non Job?
Rabu, 08 Agustus 2018
Gubri: Bujang Dara akan Jadi Duta Budaya Riau
Rabu, 08 Agustus 2018
PDIP Bocorkan Identitas Cawapres Jokowi: Sosok Religius
Rabu, 08 Agustus 2018
Komitmen SBY Turun Gunung Menangkan Prabowo
Rabu, 08 Agustus 2018
Jelang Pelantikan, 98 ASN Pekanbaru Padati Aula Kantor Bappeda
Rabu, 08 Agustus 2018
Baterai Traffic Light di Bengkalis Hilang Digondol Maling
Rabu, 08 Agustus 2018
KARIB Berharap Andi Rachman Bisa Duduk Bersama Syamsuar-Edy
Rabu, 08 Agustus 2018
Bahas Program Sanitasi, Dinas Perkim Gelar Rakor Bersama KSM dan TFL
Rabu, 08 Agustus 2018
Dua JCH Asal Pekanbaru Diisolasi di KKHI
Rabu, 08 Agustus 2018
Gubernur Andi Belum Bicarakan Soal 'Nyaleg' ke Wagubri
Rabu, 08 Agustus 2018
Kata BPS, Jumlah Orang Miskin di Riau Berkurang
Rabu, 08 Agustus 2018
Siap-siap, Pendaftaran CPNS 2018 Dibuka Sebentar Lagi
Rabu, 08 Agustus 2018
Bantah Isu Tarik Dukungan Jokowi, PBNU Tegaskan Bukan Parpol
Selasa, 07 Agustus 2018
Mantan Pimpinan Cabang BRI Agro Pekanbaru Diperiksa Jaksa
Selasa, 07 Agustus 2018
Plt Kepala BKD Pekanbaru Temui Firdaus di Bandara, Terkait Mutasi?
Selasa, 07 Agustus 2018
Usai Diperiksa KPK, Wako Dumai Ngaku Tak Tahu Aliran Dana Kasus Mafia Anggaran
Selasa, 07 Agustus 2018
Pemko Pekanbaru Larang Bangunan Ruko Berjejer di Jalan Soekarno-Hatta
Selasa, 07 Agustus 2018
Ustaz Abdul Somad Sampaikan Pentingnya Ekonomi Umat
Selasa, 07 Agustus 2018
Ini Alasan Penunjukan Riau Petroleum Kelola PI 10 Persen di Blok Siak
Selasa, 07 Agustus 2018
Budayawan Sebut Gedung Perkantoran Tenayan Raya Tak Cerminkan Budaya Melayu
Selasa, 07 Agustus 2018
Setelah Blok Siak, Riau akan Kejar PI 10 Persen di Ladang Minyak Lainnya
Selasa, 07 Agustus 2018
'Lompat Pagar', Tiga Kader PAN Pekanbaru di-PAW
Selasa, 07 Agustus 2018
Sekdaprov Sarankan Tim Transisi Gubernur Terpilih Surati DPRD Riau
Selasa, 07 Agustus 2018
KPK Panggil Bupati Kampar dan Walikota Dumai
Selasa, 07 Agustus 2018
Curva Nord 1955 Galang Dana untuk Bantu Finansial PSPS Riau
Selasa, 07 Agustus 2018
Rumah Kapitra Ampera Dimolotov, Empat Pelaku Terekam CCTV
Minggu, 05 Agustus 2018
31 Titik Panas Kepung Sumatera
Minggu, 05 Agustus 2018
Hujan Lebat, Rumah Janda 75 Tahun di Desa Domo Kampar Roboh
Minggu, 05 Agustus 2018
Israel Buldoser Lahan Warga Palestina di Selatan Bethlehem
Minggu, 05 Agustus 2018
Dovizioso Rebut Pole, Rossi Start di Depan Marquez
Sabtu, 04 Agustus 2018
Timnas Indonesia U-16 Raih Tiket ke Semifinal Piala AFF
Sabtu, 04 Agustus 2018
Buronan Korupsi Rp1,3 triliun Asal Riau Ditangkap di Bali
Sabtu, 04 Agustus 2018
Budayawan Asia Tenggara Ramaikan HPI di Istana Kerajaan Rantau Kampar Kiri-Gunung Sahilan
Sabtu, 04 Agustus 2018
Jokowi: Kalau di Sana Militan, di Sini Harus Lebih Militan!
Sabtu, 04 Agustus 2018
Majukan Pekanbaru, Pengusaha Diajak Contoh Malaysia dan Singapura
Sabtu, 04 Agustus 2018
4.286 Siswa Pekanbaru Menolak Imunisasi MR
Sabtu, 04 Agustus 2018
Jusuf Kalla: Jangan Bicara Politik di Masjid
Sabtu, 04 Agustus 2018
Sudah Enjoy Berdakwah, Jangan Seret-seret UAS ke Politik
Sabtu, 04 Agustus 2018
Firdaus: Kantor Sekretariat Pemko Pekanbaru Juga akan Pindah
Sabtu, 04 Agustus 2018
Diduga Pakai Sabu, Pilot Batik Air dan Regent Airways Diciduk
Rabu, 01 Agustus 2018
Wako Pekanbaru Desak Pemprov Riau Teken RTRW
Rabu, 01 Agustus 2018
Ingat! Mulai Hari Ini, Buang Sampah Sembarangan Didenda Rp2,5 Juta
Selasa, 31 Juli 2018
Hingga 2041, Pertamina Bakal Investasi Rp 980 Triliun di Blok Rokan
Selasa, 31 Juli 2018
Jika Riau Tak Dilibatkan, LAMR Ancam Tutup Blok Rokan
Selasa, 31 Juli 2018
Wako Firdaus Sebut Mutasi Pejabat Dilakukan Awal Agustus
Selasa, 31 Juli 2018
Mantan Kasatpol PP Kampar Divonis 18 Bulan Penjara
Selasa, 31 Juli 2018
Blok Rokan Diserahkan ke Pertamina, Ini Keinginan LAM Riau
Selasa, 31 Juli 2018
Sekda Kuansing Hadiri Rakornas Pemajuan Kebudayaan
Selasa, 31 Juli 2018
Keren, Ketua DPRD Riau Bilang Jajemon Rasanya Nikmat, Baik Buat Kesehatan
Selasa, 31 Juli 2018
SPN di Kampar Mulai Dibangun, Kapolda Riau dan Wabup Letakkan Batu Pertama
Selasa, 31 Juli 2018
Akhirnya Blok Rokan, Ladang Minyak Raksasa RI, Diserahkan ke Pertamina
Selasa, 31 Juli 2018
Bisakah Pembangunan Mapolda Riau dan Kejati Selesai Hingga Akhir Tahun?
Selasa, 31 Juli 2018
887 Personel Gabungan Amankan Pawai Api Obor Asian Games di Riau
Selasa, 31 Juli 2018
Pemko akan Bongkar Bangunan Masjid di Perbatasan Pekanbaru-Kampar
Selasa, 31 Juli 2018
Cadangan Minyak Blok Rokan Sebesar 2,875 Juta Barel
Selasa, 31 Juli 2018
Proyek Pembangunan TPA di Kuansing Bermasalah, Satker PSPLP Lakukan Lelang Ulang
Selasa, 31 Juli 2018
Pengakuan Mahasiswi yang Beasiswanya Dicabut karena Pindah Agama
Selasa, 31 Juli 2018
Ketua DPRD Benarkan Tujuh Proyek Multiyears Bengkalis Dipending
Rabu, 25 Juli 2018
Rektor UIR Sarankan Syamsuar Hidupkan Kembali Dewan Riset Riau
Rabu, 25 Juli 2018
Untuk Idul Adha, Riau Butuh 23 Ribu Ekor Sapi Kurban
Rabu, 25 Juli 2018
Polsek Bantan Bengkalis Tangkap 4 Pemuda
Rabu, 25 Juli 2018
Marhalim Zaini Pentaskan “Hikayat Orang Laut”
Rabu, 25 Juli 2018
Ini Pesan LAM Riau Kepada Gubernur Terpilih
Rabu, 25 Juli 2018
DPRD Minta Perusahaan Akomodir Pencari Kerja Tamatan SMA/SMK
Rabu, 25 Juli 2018
Bau Busuk Resahkan Warga, Begini Penjelasan DLHK Pekanbaru
Rabu, 25 Juli 2018
Heboh... Warga Pekanbaru Keluhkan Bau Busuk Menyengat
Rabu, 25 Juli 2018
DBH tak Kunjung Ditransfer, Pemprov Riau Belum Pastikan Angka Rasionalisasi
Rabu, 25 Juli 2018
Setelah Prabowo, SBY Akan Bertemu Zulkifli Hasan
Rabu, 25 Juli 2018
Ilmuwan Temukan Janin Mungil, Bayi Alien?
Rabu, 25 Juli 2018
Murid Sekolah Banting Teman Hingga Tewas Lalu Bunuh Diri
Rabu, 25 Juli 2018
Geger, Banyaknya Pelecehan Seksual di Gereja Katolik Cile Terbongkar
Selasa, 24 Juli 2018
Sah Menang Pilgubri, Ini Janji Kampanye Syamsuar-Edy
Selasa, 24 Juli 2018
Kejati Kawal 116 Kegiatan Pembangunan di Riau
Selasa, 24 Juli 2018
'Nyaleg' Lewat PDIP, Kapitra Ampera Persilahkan Panggil Dirinya Cebong
AMSI
Topik
Jumat, 03 Agustus 2018
Kasus Video Mesum Luna Maya dan Cut Tari Dipraperadilankan
Rabu, 25 Juli 2018
Kisah Natalie Sarah dari Mualaf Kini Berhijab
Kamis, 19 Juli 2018
OMG! Satu Koleksi Tas Prilly Latuconsina Bisa Buat Pergi Umrah
Rabu, 18 Juli 2018
Dinar Candy Kapok Buka Baju di Jalan

Selebriti lainnya ...
Senin, 06 Agustus 2018
'The Batman' Takkan Cerita Asal-usul Manusia Kelelawar Lagi
Senin, 30 Juli 2018
Rahasia Pakai Lipstik Matte Tanpa Cracked ala Nadya Aqilla
Senin, 30 Juli 2018
Kulit Berminyak Jerawatan? Atasi Dengan 'Resep' Rumahan Ini
Rabu, 25 Juli 2018
5 Langkah Mudah dan Alami Menghilangkan Bibir Hitam

Gaya Hidup lainnya ...
Rabu, 08 Agustus 2018
Morning Surge, Biang Kerok Serangan Jantung di Pagi Hari
Kamis, 19 Juli 2018
Sony Xperia XZ3 Sudah Bisa Dipesan
Kamis, 12 Juli 2018
Ahli: Merasa Lebih Muda dari Usia Sesungguhnya Pertanda Otak yang Sehat
Selasa, 26 Juni 2018
Sayuran Ini Ternyata tak Boleh Dijus

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Sabtu, 11 Agustus 2018
Catatkan 415 Inovasi Tahun Ini, IPB Diganjar Anugerah dari Menristek
Jumat, 05 Januari 2018
UIR Bertekad Jadi Perguruan Tertinggi Terkemuka di Asia Tenggara
Rabu, 29 November 2017
Mubarak Bertekad Jadikan UMRI sebagai Kampus Wisata
Rabu, 25 Oktober 2017
Prodi Ilmu Pemerintahan UIR Tuan Rumah ICODAG dan Kongres Kapsipi

Kampus lainnya ...
Senin, 13 Agustus 2018
Galeri: Reses, Irmi Syakip Sambangi Masyarakat Kelemantan Barat Bengkalis
Jumat, 10 Agustus 2018
Wardan Berharap Pembangunan Inhil Merata hingga Pelosok Desa
Kamis, 09 Agustus 2018
Pemkab Inhil Peringati Hari Jadi Provinsi Riau Ke-61
Rabu, 08 Agustus 2018
Bupati Inhil Hadiri Paripurna DPRD Masa Persidangan II 2018

Advertorial lainnya ...
Rabu, 08 Agustus 2018
Di Indonesia, Nokia 1 Dijual di Bawah Rp1 Juta
Rabu, 08 Agustus 2018
Inikah Tampang dan Spesifikasi Ponsel Xiaomi Pocophone?
Senin, 06 Agustus 2018
Samsung Jual Galaxy J8 di Indonesia, Apa Istimewanya?
Senin, 06 Agustus 2018
Dipatok Rp10,9 Juta, Samsung Galaxy Tab S4 Masuk Indonesia

Tekno dan Sains lainnya ...
www www