Minggu, 19 Mei 2024

Breaking News

  • Catatan Banjir Terparah, Bupati Zukri: Ini Harus jadi Perhatian Pemerintah Pusat   ●   
  • Jalan Sudirman Ujung Tergenang Banjir, PUPR Riau Turunkan Ekskavator Amfibi Bersihkan Parit   ●   
  • Akibat Galian IPAL, Jalan Ahmad Dahlan dan Balam Ujung Pekanbaru Ambruk   ●   
  • Berhasrat Ikut Pilgub Riau, Syamsurizal Incar Septina jadi Wakil
Kelmi April 2024

Pelayanan Publik di Siak Makin Mantap, Tak Lagi Menunggu di Tempat tapi Datang ke Masyarakat
Kamis, 14 Juli 2022 17:44 WIB
Pelayanan Publik di Siak Makin Mantap, Tak Lagi Menunggu di Tempat tapi Datang ke Masyarakat
Alfedri - Husni dalam debat Kandidat

Siak (CAKAPLAH) - Tak terasa sudah genap setahun masa kepemimpinan Alfedri-Husni menjadi Bupati dan Wakil Bupati Siak sejak dilantik Juni 2021 lalu. Segudang prestasi dan program unggulan telah diraih dan dilaksanakan di Kabupaten Siak, gebrakan dari Alfedri-Husni sudah banyak dirasakan oleh masyarakat terutama dalam hal pelayanan publik.

Bupati Siak Alfedri bersama Wakilnya Husni Merza menggagas sebuah inovasi unggulan untuk melayani dan menampung aspirasi masyarakat hingga ke tingkat kampung (sebutan desa di Siak), dengan turun langsung ke suatu kampung dan berkantor di Kantor Kampung seharian. Program itu lalu diberi nama Bujang Kampung (Bupati Kerja dan Ngantor di Kampung).

Program itu dilakukannya untuk mempercepat pembangunan daerah dengan alur komunikasi yang efektif dan efisien dari masyarakat kepada pemerintah secara langsung.

Bujang Kampung mulai dilaksanakan Maret 2022, diagendakan rutin pada Jumat setiap minggunya dengan lokasi kampung yang berbeda-beda. Setiap turun ke kampung Alfedri melibatkan banyak pihak dari instansi atau lembaga vertikal maupun OPD terkait pelayanan di lingkungan Pemkab Siak.

Kegiatan yang dilakukan bupati Alfedri bersama wakilnya Husni di kampung adalah memberikan pelayanan kepada masyarakat seperti mengurus dokumen administrasi kependudukan, pelayanan kesejahteraan sosial, pelayanan kesehatan, pendidikan, kepengurusan dokumen pertanahan, pelayanan dan informasi bagi UMKM, dan pelayanan di bidang keagamaan melibatkan Baznas dan Kemenag.

Segala kepengurusan administrasi dan informasi yang dibutuhkan masyarakat dapat diselesaikan dalam satu hari kerja. Metode menjemput bola dalam pelayanan ini sangat berdampak terhadap masyarakat, apalagi bagi masyarakat kampung yang tempat tinggalnya jauh dari kantor-kantor pelayanan di Kota Siak.

Maklum, bentangan wilayah Kabupaten Siak cukup luas bahkan dari satu kecamatan ke kecamatan lain jaraknya bisa memakan waktu tempuh 1-2 jam, seperti dari kecamatan Siak ke kecamatan Kandis dan Minas.

Terbukti, sejak dilaksanakannya Bujang Kampung pendataan terhadap penduduk sekaligus kendala yang dialami masyarakat di kampung bisa langsung terdeteksi. Saat ini sudah 90 persen orang yang tinggal di Kabupaten Siak sudah mendapat KK dan KTP. Percetakan adminduk bisa langsung terbit oleh Disdukcapil karena tersedia alat perekam yang dibawa petugas, database penduduk juga sudah terintegrasi secara online.

Layanan kesehatan bagi ibu hamil juga tersedia di Bujang Kampung, Bupati Alfedri mendatangkan dokter spesialis kandungan untuk melakukan USG dan memeriksa kandungan. Pihak BPJS Kesehatan juga turut dilibatkan dalam program ini sehingga masyarakat juga bisa mendaftar kepesertaan tanpa perlu jauh-jauh ke Kota Siak.

Selain itu bantuan pendidikan bagi sekolah negeri dan keagamaan juga diberikan dalam kegiatan itu lewat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud). Serupa dengan bantuan sosial dari Dinas Sosial dan Baznas.

Setiap instansi atau OPD yang dilibatkan punya peran masing-masing sesuai tupoksinya, sebagai contoh Diskop-UMKM yang dilibatkan pada Bujang Kampung membuka bazar mini bagi pelaku UMKM tempatan sebagai sarana mempromosikan produk usahanya. Alfedri bermaksud mendorong perekonomian di suatu kampung lewat gerakan UMKM, seperti yang diketahui masyarakat di kampung khususnya sangat terdampak dari pandemi Covid-19 dari sektor ekonomi. Untuk itu diperlukan langkah agar perekonomian di kampung pulih. Berdasarkan data Diskop-UMKM tahun ini pertumbuhan UMKM di Siak sangat signifikan mencapai 25.000 UMKM, dibanding tahun 2021 masih diangka 16.000an.

Foto: Penyerahan KK milik Mukri saat kegiatan Bujang Kampung, Jumat (17/6/2022) di Kampung Mengkapan, Kecamatan Sungaiapit.

Layanan lain yang tak kalah penting yakni kepengurusan dokumen perceraian dan pembagian harta warisan di Pengadilan Agama (PA), masyarakat di kampung bisa mendapat informasi terkait persyaratan untuk mengurus surat-surat yang dibutuhkan. Dan tentunya masih banyak layanan lain yang dihadirkan dalam rangka mempermudah masyarakat mengurusnya.

Program Bujang Kampung itu banyak mengundang simpati dan antusias masyarakat, bahkan masyarakat malah menginginkan untuk menambah pelayanan yang ada saat ini. Aspirasi itu disampaikan masyarakat Kampung Belutu, Kecamatan Kandis sewaktu Alfedri mengantor di sana, Jumat (10/6/2022).

"Saya dapat masukan dari masyarakat kalau bisa tidak hanya pelayanan dari Pemkab saja, kalau bisa juga pelayanan Surat Izin mengemudi (SIM) dan KIR uji kendaraan. Jadi, saya akan konsultasi dengan Kapolres tentang pelayanan SIM di kampung, cuma tesnya seperti apa nanti akan dibicarakan ke depannya," kata Alfedri.

Kabar baiknya, tahun ini Pemkab Siak membangun Mal Pelayanan Publik (MPP) di sekitar perkantoran berdekatan dengan Kantor Bupati Siak di Kecamatan Mempura. Pembangunan MPP ditargetkan rampung tahun ini sehingga dapat digunakan untuk tahun depan.

"Tujuannya supaya masyarakat semakin mudah dan cepat dalam mengurus surat menyurat, dokumen dan perizinan. Jadi masyarakat cuma perlu datang ke satu tempat semua bisa diurus di sana," katanya.

Di bawah kepemimpinan Alfedri-Husni, Kabupaten Siak melalui DPMPTSP baru-baru ini dianugerahi penghargaan tentang Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik (P4) dari Kemenpan-RB bersama Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Komunikasi dan Informatika di Jakarta.

Hal ini sejalan dengan komitmen kampanye Alfedri-Husni yang memprioritaskan kemajuan pelayanan publik, tak lagi nunggu ditempat tapi datang ke masyarakat.

Cara lain demi menunjang pelayanan masyarakatnya, Alfedri-Husni bekerjasama dengan pihak kepolisian dengan menghibahkan pembangunan MPP di Markas Kepolisian Resor (Polres) Siak tahun ini dari sumber APBD. Hal ini diharapkan masyarakat mudah dalam mengurus surat menyurat dan dokumen dari kepolisian seperti SIM, SKCK dan lainnya.

Si Bujang Kampung Ditunggu Warga

Program Bujang Kampung yang digagas Bupati Siak itu menyentuh langsung ke masyarakat yang disasar, terlihat dari semua pelayanan yang disediakan selalu dikerumuni warga. Alasan yang selalu dikemukakan yaitu kemudahan dalam mengurus dokumen dan administrasi yang mereka butuhkan dalam satu hari kerja.

Mukri, warga Kampung Mengkapan Kecamatan Sungaitapit merasakan manfaat program Bujang Kampung itu untuk menyelesaikan urusan administrasi kependudukannya. Mukri dan keluarganya merupakan orang pindah dari Jambi dan menetap di Mengkapan sejak 2 tahun lalu.

"Saya mengurus Kartu Keluarga dan KTP elektronik. Saya pindah ke sini maka saya harus perbarui data di KK dan KTP kami," kata Mukri saat hadir dalam Bujang Kampung, Jumat (17/6/2022).

Awalnya ia mengira pelayanan hanya sebatas mengantarkan berkas saja. Namun Mukri tampak heran saat petugas Disdukcapil memintanya agar menunggu sebentar. Karena ramainya warga yang mengurus keperluan administrasi kependudukannya maka ia ikut antre di sana.

"Tidak sampai dua jam nama saya dipanggil dan semua keperluan saya selesai. Saya kaget kok cepat amat, biasanyakan berhari-hari," kata Mukri.

Teranyar Bujang Kampung di Muara Kelantan Kecamatan Sungai Mandau yang merasakan kemudahan dalam pelayanan kesehatan. Salah satu pasien yang memeriksakan diri, Andi Jonaidi mengaku dirinya ke tempat layanan ini hanya untuk periksa saja. Warga Muara Kelantan ini periksa semuanya karena tak dipungut biaya.

"Saya mengecek mana tahu ada gula dan semua dicek mumpung gratis. Kalau ke Puskesmas sibuk sekali, tersita waktu. Kalau ke sini sekali saja bisa juga untuk urus semuanya," ujarnya.

Masih di Kampung Muara Kelantan, seorang warga bernama Rahmalia Syafitri (23) mengaku senang bisa mendapatkan layanan gratis untuk memeriksa kandungannya. Dan ini merupakan pemeriksaan kedua kalinya.

"Saya USG, hamil sudah tujuh bulan, tahunya ada Bujang Kampung ini dari masyarakat setempat. Kita periksa saja karena di Puskesmas tak ada USG," katanya.

Program unggulan Bupati Siak ini mendapat respon positif dari berbagai kalangan. Seperti yang diutarakan oleh tokoh masyarakat di Kecamatan Sungai Mandau, Muslim MY. Ia melihat dampak luar biasa dalam kegiatan Bujang Kampung yang membuka macam-macam layanan bagi masyarakat di kampung-kampung. Menurutnya kalau pada hari biasa layanan tersebut kadang harus melewati beberapa meja baru siap.

"Saya sudah sampaikan ke Pak Bupati kalau dari dulu kita lakukan seperti ini, maka masalah pertanahan dan perizinan kita aman. kadang ke kabupaten ada dua meja dilalui, seperti mengurus akte kelahiran dan surat tanah, kartu keluarga," katanya.

Foto: Andi Jonaidi, warga Kampung Muara Kelantan, Kecamatan Sungai Mandau saat periksa kesehatan dalam kegiatan Bujang Kampung

Muslim yang juga Ketua Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Sungai Mandau ini mengharapkan kegiatan itu bisa dilakukan tiap tahun sehingga segala pengurusan cepat.

"Kadang orang di sini KK pun tak punya, padahal untuk lanjut sekolah perlu akte kelahiran dan KTP. Ada salah satu anak ke sekolah bergengsi diminta akta kelahiran, akhirnya tak jadi karena anak itu jadi minder," ceritanya.

Ada juga warga yang kehilangan identitas tidak diurusnya karena urusan yang dianggap ribet. Tapi dengan Bujang Kampung ini semua cepat tanggap tinggal ambil surat kehilangan dari kepolisian sektor lalu diserahkan dan selesai.

"Program Bujang Kampung ini saya dengar belum ada di kabupaten lain. Dengan terobosan dari petinggi kita ini masyarakat merasa tak tertinggal lagi, dengan sehari datang bupati di sini banyak yang bisa dilaksanakan," sebut Muslim. (Advetorial Siak)

Penulis : Wahyu/Adv
Editor : Jef Syahrul
Kategori : Serantau
Idulfitri 1445 Riau Petroleum
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Artikel Terkait
0 Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Jumat, 29 September 2023
Komisi II Usul Kementerian ATR/BPN dan KLHK Kolaborasi Selesaikan Redistribusi Tanah
Jumat, 29 September 2023
Setjen DPR Berikan Perhatian Terhadap Pensiunan Melalui P3S
Kamis, 28 September 2023
TikTok Shop Cs Dilarang, Ketua DPR Berharap Aturan Baru Ciptakan Keseimbangan Pasar Digital dan Konvensional
Kamis, 21 September 2023
Ancaman DBD Meningkat, Puan Dorong Sosialisasi Masif Tekan Risiko Kematian

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 07 November 2023
Riau Terima Penghargaan Bhumandala Award 2023
Senin, 12 Desember 2022
Kapolda Riau Resmikan Kantor Pelayanan Terpadu Polres Rohil di Bagansiapiapi
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'

CAKAPLAH TV lainnya ...
Sabtu, 18 Mei 2024
Berlangsung Meriah, Pawai Waisak di Pekanbaru Diikuti Ribuan Peserta
Sabtu, 18 Mei 2024
Kapolres Siak Pimpin Rapat Evaluasi dan Arahan Pengamanan Pilkada 2024
Jumat, 17 Mei 2024
Polemik UKT: Pemuda Muhammadiyah Riau Kritik Negara Gagal Hadirkan Pendidikan Terjangkau
Jumat, 17 Mei 2024
GC Korean BBQ & Hotpot - Cols Froy Mal Pekanbaru Bersertifikat Halal

Serantau lainnya ...
Minggu, 07 April 2024
Pererat Silaturahmi, Siwo PWI Riau Gelar Buka Bersama BJB dan PSSI
Kamis, 04 April 2024
5 Ide Resep Masakan Pakai Rice Cooker, Cocok untuk Anak Kos!
Kamis, 04 April 2024
Rekomendasi Fashion Wanita Zaman Sekarang
Jumat, 29 Maret 2024
Pengusaha Wanita di Riau Bagi-bagi Takjil Gratis kepada Pengguna Jalan

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 02 Maret 2023
Wadah Menyalurkan Bakat, Ketua DPRD Riau Yulisman Hadiri Festival Musik Akustik di SMA Negeri 1 Pasir Penyu Inhu
Rabu, 01 Maret 2023
Rapat Paripurna, DPRD Provinsi Riau Umumkan Reses Masa Persidangan I Tahun 2023
Selasa, 28 Februari 2023
Kunjungi Kemendikbud, Komisi V DPRD Riau Bahas Persoalan PPDB
Kamis, 23 Februari 2023
Disdik Gelar Pelatihan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru SD Se-Kota Pekanbaru

Advertorial lainnya ...
Jumat, 17 Mei 2024
Topup Diamond FF Murah Solusi Hemat untuk Gamer Free Fire
Jumat, 17 Mei 2024
Top Up PUBG untuk Pemula: Panduan Lengkap dan Langkah-Langkah Mudah
Kamis, 25 April 2024
Rekomendasi HP Samsung Terbaik di Harga 2 Jutaan, Apa Saja?
Sabtu, 20 April 2024
7 Keunggulan Samsung Galaxy S23 Ultra, Dapatkan di Blibli

Tekno dan Sains lainnya ...
Kamis, 18 April 2024
Ini Dia Manfaat Merawat Gigi, Yuk, Kunjungi Klinik Gigi Terdekat Sekarang!
Kamis, 22 Februari 2024
Pemula di Dunia Yoga? Inilah Panduan Cara Memilih Matras Yoga yang Tepat
Sabtu, 27 Januari 2024
Cegah Resistensi, Gunakan Obat Antibiotik dengan Bijak
Senin, 15 Januari 2024
14 Persiapan Penting Awal Kehamilan untuk Calon Ibunda dan Buah Hati

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Jumat, 17 Mei 2024
UIR Terima Bantuan Dana Pendidikan Sebesar Rp70 Juta dari BSI
Kamis, 16 Mei 2024
Mahasiswa PMI UIN Suska Juara 1 Lomba Presenter Fordakom 2024
Selasa, 07 Mei 2024
Seleksi Ketat Beasiswa Pendidikan di Kota Dumai, 49 Peserta Bersaing dalam Ujian Tertulis dan Wawancara
Selasa, 07 Mei 2024
Wisuda ke-68, Rektor: Unilak Semakin Dipercaya Masyarakat Riau dan Indonesia

Kampus lainnya ...
Rabu, 03 Mei 2023
Kompilasi Semarak Silaturahmi Satu HATI, CDN Bangkinang Santuni Anak Yatim
Rabu, 05 April 2023
Safari Ramadan, PT Musim Mas Salurkan Paket Sembako untuk Anak Yatim dan Fakir Miskin
Selasa, 04 April 2023
Telkomsel Siaga Rafi Sumbagteng Salurkan CSR untuk Panti Jompo bersama Dompet Dhuafa Riau
Jumat, 03 Maret 2023
Tingkatkan Kesehatan dan Budaya Lokal, Bank Mandiri Serahkan Bantuan ke Posyandu dan Grup Rebana

CSR lainnya ...
Jumat, 09 Februari 2024
Lika-liku 7 Perjalanan Asmara Ayu Ting Ting hingga Tunangan dengan Anggota TNI
Minggu, 28 Januari 2024
Huh Yunjin Bak Sehati Dengan Han So Hee Kala Cuma Pakai Dalaman Di Trailer LE SSERAFIM
Sabtu, 27 Januari 2024
Gigi Hadid dan Bradley Cooper Tak Sungkan Perlihatkan Kemesraan
Rabu, 24 Januari 2024
Park Ji-hyun Ungkap Persiapan Membinangi Drama Terbarunya

Selebriti lainnya ...

Iklan CAKAPLAH
Terpopuler
Foto
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Senin, 14 Agustus 2023
Pengurus Masjid Nurul Ikhlas Kubang Minta Tunjuk Ajar ke Wagubri
Sabtu, 12 Agustus 2023
Gebyar Kandis Bersholawat Bakal Dihadiri Ribuan Jemaah NU
Senin, 31 Juli 2023
Mualaf Riau Butuh Pembinaan, Begini Caranya...
Sabtu, 29 Juli 2023
Mantan Wawako Pekanbaru, Ayat Cahyadi Turut Saksikan Pengukuhan Pengurus Masjid Al-Hamidah Rejosari

Religi lainnya ...
Selasa, 30 April 2024
Kepala BKPSDM Pekanbaru Ucapkan Selamat Atas Penabalan Gelar Adat Kepada Kajati Riau
Senin, 29 April 2024
Kepala BKPSDM Pekanbaru Apresiasi Pekanbaru Juara Umum Gelaran MTQ Tingkat Provinsi Riau
Jumat, 26 April 2024
Penerimaan CPNS dan PPPK Pekanbaru Dapat Persetujuan Prinsip dari Kemenpan RB
Senin, 22 April 2024
Kepala BKPSDM Ikut Semarakkan Pawai Taaruf MTQ Riau di Dumai

Galeri Foto lainnya ...
Indeks Berita
www www