Senin, 08 Agustus 2022

Breaking News

  • Kendaraan Roda Dua di Riau sudah Pakai Plat Warna Putih   ●   
  • 8 Kabupaten di Riau sudah Terjangkit PMK   ●   
  • Kaca Mayang Fashion Street Bakal Digelar di Pekanbaru, Terinspirasi CFW   ●   
  • Vaksin Dosis Keempat di Riau Tunggu Arahan Pusat   ●   
  • Sri Indarti Terpilih Sebagai Rektor Unri Periode 2022-2026   ●   
  • Penduduk Miskin Riau Capai 485 Ribu Orang   ●   
  • Komnas HAM Surati Gubri Minta Selesaikan Persoalan 100 Honorer K2 Lulus CPNS 2014   ●   
  • Peresmian Tol Pekanbaru - Bangkinang Tunggu Persetujuan Presiden   ●   
  • Pembunuh Suami Istri di Rohil Terancam Hukuman Mati   ●   
  • Pakai Gelang 20 Emas Rp45 Juta saat Berkendara, Warga Pekanbaru Jadi Korban Jambret
Yamaha 8-10 Agustus 2022
Polling
Pemko Pekanbaru berencana menaikkan tarif parkir tepi jalan umum September 2022. Untuk kendaraan roda dua jadi Rp 2.000 dan roda empat Rp 3.000. Bagaimana menurut Anda?


Pelayanan Publik di Siak Makin Mantap, Tak Lagi Menunggu di Tempat tapi Datang ke Masyarakat
Kamis, 14 Juli 2022 17:44 WIB
Pelayanan Publik di Siak Makin Mantap, Tak Lagi Menunggu di Tempat tapi Datang ke Masyarakat
Alfedri - Husni dalam debat Kandidat

Siak (CAKAPLAH) - Tak terasa sudah genap setahun masa kepemimpinan Alfedri-Husni menjadi Bupati dan Wakil Bupati Siak sejak dilantik Juni 2021 lalu. Segudang prestasi dan program unggulan telah diraih dan dilaksanakan di Kabupaten Siak, gebrakan dari Alfedri-Husni sudah banyak dirasakan oleh masyarakat terutama dalam hal pelayanan publik.

Bupati Siak Alfedri bersama Wakilnya Husni Merza menggagas sebuah inovasi unggulan untuk melayani dan menampung aspirasi masyarakat hingga ke tingkat kampung (sebutan desa di Siak), dengan turun langsung ke suatu kampung dan berkantor di Kantor Kampung seharian. Program itu lalu diberi nama Bujang Kampung (Bupati Kerja dan Ngantor di Kampung).

Program itu dilakukannya untuk mempercepat pembangunan daerah dengan alur komunikasi yang efektif dan efisien dari masyarakat kepada pemerintah secara langsung.

Bujang Kampung mulai dilaksanakan Maret 2022, diagendakan rutin pada Jumat setiap minggunya dengan lokasi kampung yang berbeda-beda. Setiap turun ke kampung Alfedri melibatkan banyak pihak dari instansi atau lembaga vertikal maupun OPD terkait pelayanan di lingkungan Pemkab Siak.

Kegiatan yang dilakukan bupati Alfedri bersama wakilnya Husni di kampung adalah memberikan pelayanan kepada masyarakat seperti mengurus dokumen administrasi kependudukan, pelayanan kesejahteraan sosial, pelayanan kesehatan, pendidikan, kepengurusan dokumen pertanahan, pelayanan dan informasi bagi UMKM, dan pelayanan di bidang keagamaan melibatkan Baznas dan Kemenag.

Segala kepengurusan administrasi dan informasi yang dibutuhkan masyarakat dapat diselesaikan dalam satu hari kerja. Metode menjemput bola dalam pelayanan ini sangat berdampak terhadap masyarakat, apalagi bagi masyarakat kampung yang tempat tinggalnya jauh dari kantor-kantor pelayanan di Kota Siak.

Maklum, bentangan wilayah Kabupaten Siak cukup luas bahkan dari satu kecamatan ke kecamatan lain jaraknya bisa memakan waktu tempuh 1-2 jam, seperti dari kecamatan Siak ke kecamatan Kandis dan Minas.

Terbukti, sejak dilaksanakannya Bujang Kampung pendataan terhadap penduduk sekaligus kendala yang dialami masyarakat di kampung bisa langsung terdeteksi. Saat ini sudah 90 persen orang yang tinggal di Kabupaten Siak sudah mendapat KK dan KTP. Percetakan adminduk bisa langsung terbit oleh Disdukcapil karena tersedia alat perekam yang dibawa petugas, database penduduk juga sudah terintegrasi secara online.

Layanan kesehatan bagi ibu hamil juga tersedia di Bujang Kampung, Bupati Alfedri mendatangkan dokter spesialis kandungan untuk melakukan USG dan memeriksa kandungan. Pihak BPJS Kesehatan juga turut dilibatkan dalam program ini sehingga masyarakat juga bisa mendaftar kepesertaan tanpa perlu jauh-jauh ke Kota Siak.

Selain itu bantuan pendidikan bagi sekolah negeri dan keagamaan juga diberikan dalam kegiatan itu lewat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud). Serupa dengan bantuan sosial dari Dinas Sosial dan Baznas.

Setiap instansi atau OPD yang dilibatkan punya peran masing-masing sesuai tupoksinya, sebagai contoh Diskop-UMKM yang dilibatkan pada Bujang Kampung membuka bazar mini bagi pelaku UMKM tempatan sebagai sarana mempromosikan produk usahanya. Alfedri bermaksud mendorong perekonomian di suatu kampung lewat gerakan UMKM, seperti yang diketahui masyarakat di kampung khususnya sangat terdampak dari pandemi Covid-19 dari sektor ekonomi. Untuk itu diperlukan langkah agar perekonomian di kampung pulih. Berdasarkan data Diskop-UMKM tahun ini pertumbuhan UMKM di Siak sangat signifikan mencapai 25.000 UMKM, dibanding tahun 2021 masih diangka 16.000an.

Foto: Penyerahan KK milik Mukri saat kegiatan Bujang Kampung, Jumat (17/6/2022) di Kampung Mengkapan, Kecamatan Sungaiapit.

Layanan lain yang tak kalah penting yakni kepengurusan dokumen perceraian dan pembagian harta warisan di Pengadilan Agama (PA), masyarakat di kampung bisa mendapat informasi terkait persyaratan untuk mengurus surat-surat yang dibutuhkan. Dan tentunya masih banyak layanan lain yang dihadirkan dalam rangka mempermudah masyarakat mengurusnya.

Program Bujang Kampung itu banyak mengundang simpati dan antusias masyarakat, bahkan masyarakat malah menginginkan untuk menambah pelayanan yang ada saat ini. Aspirasi itu disampaikan masyarakat Kampung Belutu, Kecamatan Kandis sewaktu Alfedri mengantor di sana, Jumat (10/6/2022).

"Saya dapat masukan dari masyarakat kalau bisa tidak hanya pelayanan dari Pemkab saja, kalau bisa juga pelayanan Surat Izin mengemudi (SIM) dan KIR uji kendaraan. Jadi, saya akan konsultasi dengan Kapolres tentang pelayanan SIM di kampung, cuma tesnya seperti apa nanti akan dibicarakan ke depannya," kata Alfedri.

Kabar baiknya, tahun ini Pemkab Siak membangun Mal Pelayanan Publik (MPP) di sekitar perkantoran berdekatan dengan Kantor Bupati Siak di Kecamatan Mempura. Pembangunan MPP ditargetkan rampung tahun ini sehingga dapat digunakan untuk tahun depan.

"Tujuannya supaya masyarakat semakin mudah dan cepat dalam mengurus surat menyurat, dokumen dan perizinan. Jadi masyarakat cuma perlu datang ke satu tempat semua bisa diurus di sana," katanya.

Di bawah kepemimpinan Alfedri-Husni, Kabupaten Siak melalui DPMPTSP baru-baru ini dianugerahi penghargaan tentang Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik (P4) dari Kemenpan-RB bersama Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Komunikasi dan Informatika di Jakarta.

Hal ini sejalan dengan komitmen kampanye Alfedri-Husni yang memprioritaskan kemajuan pelayanan publik, tak lagi nunggu ditempat tapi datang ke masyarakat.

Cara lain demi menunjang pelayanan masyarakatnya, Alfedri-Husni bekerjasama dengan pihak kepolisian dengan menghibahkan pembangunan MPP di Markas Kepolisian Resor (Polres) Siak tahun ini dari sumber APBD. Hal ini diharapkan masyarakat mudah dalam mengurus surat menyurat dan dokumen dari kepolisian seperti SIM, SKCK dan lainnya.

Si Bujang Kampung Ditunggu Warga

Program Bujang Kampung yang digagas Bupati Siak itu menyentuh langsung ke masyarakat yang disasar, terlihat dari semua pelayanan yang disediakan selalu dikerumuni warga. Alasan yang selalu dikemukakan yaitu kemudahan dalam mengurus dokumen dan administrasi yang mereka butuhkan dalam satu hari kerja.

Mukri, warga Kampung Mengkapan Kecamatan Sungaitapit merasakan manfaat program Bujang Kampung itu untuk menyelesaikan urusan administrasi kependudukannya. Mukri dan keluarganya merupakan orang pindah dari Jambi dan menetap di Mengkapan sejak 2 tahun lalu.

"Saya mengurus Kartu Keluarga dan KTP elektronik. Saya pindah ke sini maka saya harus perbarui data di KK dan KTP kami," kata Mukri saat hadir dalam Bujang Kampung, Jumat (17/6/2022).

Awalnya ia mengira pelayanan hanya sebatas mengantarkan berkas saja. Namun Mukri tampak heran saat petugas Disdukcapil memintanya agar menunggu sebentar. Karena ramainya warga yang mengurus keperluan administrasi kependudukannya maka ia ikut antre di sana.

"Tidak sampai dua jam nama saya dipanggil dan semua keperluan saya selesai. Saya kaget kok cepat amat, biasanyakan berhari-hari," kata Mukri.

Teranyar Bujang Kampung di Muara Kelantan Kecamatan Sungai Mandau yang merasakan kemudahan dalam pelayanan kesehatan. Salah satu pasien yang memeriksakan diri, Andi Jonaidi mengaku dirinya ke tempat layanan ini hanya untuk periksa saja. Warga Muara Kelantan ini periksa semuanya karena tak dipungut biaya.

"Saya mengecek mana tahu ada gula dan semua dicek mumpung gratis. Kalau ke Puskesmas sibuk sekali, tersita waktu. Kalau ke sini sekali saja bisa juga untuk urus semuanya," ujarnya.

Masih di Kampung Muara Kelantan, seorang warga bernama Rahmalia Syafitri (23) mengaku senang bisa mendapatkan layanan gratis untuk memeriksa kandungannya. Dan ini merupakan pemeriksaan kedua kalinya.

"Saya USG, hamil sudah tujuh bulan, tahunya ada Bujang Kampung ini dari masyarakat setempat. Kita periksa saja karena di Puskesmas tak ada USG," katanya.

Program unggulan Bupati Siak ini mendapat respon positif dari berbagai kalangan. Seperti yang diutarakan oleh tokoh masyarakat di Kecamatan Sungai Mandau, Muslim MY. Ia melihat dampak luar biasa dalam kegiatan Bujang Kampung yang membuka macam-macam layanan bagi masyarakat di kampung-kampung. Menurutnya kalau pada hari biasa layanan tersebut kadang harus melewati beberapa meja baru siap.

"Saya sudah sampaikan ke Pak Bupati kalau dari dulu kita lakukan seperti ini, maka masalah pertanahan dan perizinan kita aman. kadang ke kabupaten ada dua meja dilalui, seperti mengurus akte kelahiran dan surat tanah, kartu keluarga," katanya.

Foto: Andi Jonaidi, warga Kampung Muara Kelantan, Kecamatan Sungai Mandau saat periksa kesehatan dalam kegiatan Bujang Kampung

Muslim yang juga Ketua Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Sungai Mandau ini mengharapkan kegiatan itu bisa dilakukan tiap tahun sehingga segala pengurusan cepat.

"Kadang orang di sini KK pun tak punya, padahal untuk lanjut sekolah perlu akte kelahiran dan KTP. Ada salah satu anak ke sekolah bergengsi diminta akta kelahiran, akhirnya tak jadi karena anak itu jadi minder," ceritanya.

Ada juga warga yang kehilangan identitas tidak diurusnya karena urusan yang dianggap ribet. Tapi dengan Bujang Kampung ini semua cepat tanggap tinggal ambil surat kehilangan dari kepolisian sektor lalu diserahkan dan selesai.

"Program Bujang Kampung ini saya dengar belum ada di kabupaten lain. Dengan terobosan dari petinggi kita ini masyarakat merasa tak tertinggal lagi, dengan sehari datang bupati di sini banyak yang bisa dilaksanakan," sebut Muslim. (Advetorial Siak)

Penulis : Wahyu/Adv
Editor : Jef Syahrul
Kategori : Serantau
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Polling
Pemko Pekanbaru berencana menaikkan tarif parkir tepi jalan umum September 2022. Untuk kendaraan roda dua jadi Rp 2.000 dan roda empat Rp 3.000. Bagaimana menurut Anda?

Artikel Terkait
0 Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Selasa, 02 November 2021
DPR Ingin Seleksi Calon Anggota KPU-Bawaslu Ciptakan Demokrasi Lebih Baik
Selasa, 02 November 2021
Terima Aspirasi PPPK Guru, DPR Desak Peserta Yang Memenuhi Passing Grade Diluluskan
Senin, 01 November 2021
Komisi III DPR Dukung Langkah Kapolri Perbaiki Institusi Polri
Senin, 01 November 2021
Pimpinan DPR Sebut Kita Bersyukur Indonesia Jabat Presidensi G20

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan
Minggu, 06 Januari 2019
Alam Mayang, Liburan Tak Mesti Keluar Kota

CAKAPLAH TV lainnya ...
Senin, 08 Agustus 2022
Sempat Misterius, Akhirnya Manajemen PT TUM Menunjukkan Diri
Senin, 08 Agustus 2022
Bertemu Investor Jepang, Bupati Rohil Sebut Tahun 2023 Internasional Fish Market akan Dibangun di Bagansiapiapi
Senin, 08 Agustus 2022
Hingga Juli 2022, Serapan APBD Pelalawan Rp 668 Miliar dari Total Rp1,5 Triliun
Minggu, 07 Agustus 2022
Pemilu 2024, Sahidin Siap Maju ke Senayan

Serantau lainnya ...
Kamis, 04 Agustus 2022
Nasabah Unit Imambonjol Dapat Honda Brio pada Pengundian PHS BRI
Minggu, 31 Juli 2022
Hadir di Pekanbaru, HijabChic Sambut Antusiasme Fashion Kaum Hawa dengan Tema Romantis
Sabtu, 30 Juli 2022
Ingin Make Over Gaya Rambut Ala Korea atau Jepang? Yuk.. Ke Haoon Hair Dressing
Kamis, 21 Juli 2022
Armada Band akan Meriahkan Hiburan Rakyat Hari Jadi ke-65 Provinsi Riau

Gaya Hidup lainnya ...
Selasa, 26 Juli 2022
Hari Mangrove Sedunia, Gubri Tanam 200.000 Bibit Mangrove di Bengkalis
Senin, 25 Juli 2022
GALERI FOTO: Buka MTQ XL Provinsi Riau di Rohil, Gubri: Mari Syiarkan Alquran di Bumi Melayu
Jumat, 10 Juni 2022
Tutorial Mengubah Alamat Warga di Kecamatan Pemekaran, Disdukcapil Pekanbaru Beri Kemudahan
Kamis, 09 Juni 2022
Disdukcapil Pekanbaru Gencar Sosialisasikan Perubahan Adminduk

Advertorial lainnya ...
Minggu, 07 Agustus 2022
iPhone 14 Pro Ucapkan Selamat Tinggal Notch
Kamis, 04 Agustus 2022
Sukses Dihelat di Pekanbaru, STEAM Cup Sumatera Direncanakan Digelar Setiap Tahun
Selasa, 19 Juli 2022
Bengkalis Creative Network MoU dengan Meet Up Co-Working dan Founders Live
Senin, 27 Juni 2022
Fenomena Planet Sejajar Akan Terjadi Lagi 28 Juni 2022!

Tekno dan Sains lainnya ...
Kamis, 07 Juli 2022
Permudah Pasien, Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Pekanbaru Buka Layanan Poliklinik Sore
Rabu, 06 Juli 2022
Pemko Pekanbaru Kejar Target Angka Stunting 6 Persen di 2024, Optimis Tercapai
Minggu, 03 Juli 2022
Penyebab Keputihan Darah yang Perlu Anda Ketahui
Selasa, 28 Juni 2022
Sosialisasi Layanan Kaki Palsu RS Awal Bros, Gubri Serahkan Kaki Palsu ke Pasien

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Minggu, 07 Agustus 2022
Gandeng RRI Pekanbaru, HIMA Humas UMRI Gelar Pelatihan Penyiaran
Sabtu, 06 Agustus 2022
Mahasiwa Kukerta Unri Edukasi Warga Pekanbaru Tentang Stunting
Rabu, 03 Agustus 2022
Paska Kunjungan KKN, Bupati Pelalawan Ingin Kerjasama dengan IPB University
Selasa, 02 Agustus 2022
Rektor Unilak Studi Banding ke UNP Bahas Program MBKM

Kampus lainnya ...
Selasa, 07 Juni 2022
7 Perusahaan Keroyokan Bersihkan Sungai Kerumutan Sepanjang 30 Kilometer
Rabu, 01 Juni 2022
MTSN 2 Pangkalan Lesung Dapat Bangunan Baru dari PT Musim Mas
Selasa, 24 Mei 2022
Pentingnya Tingkatkan Perekonomian Masyarakat, Asian Agri Gelar Pelatihan Bagi UMKM Riau, Sumut, dan Jambi
Minggu, 09 Mei 2021
Ramadan Penuh Berkah, BRI Bagikan Bingkisan ke Panti Asuhan, Panti Werdha, Jurnalis dan Masyarakat

CSR lainnya ...
Polling
Pemko Pekanbaru berencana menaikkan tarif parkir tepi jalan umum September 2022. Untuk kendaraan roda dua jadi Rp 2.000 dan roda empat Rp 3.000. Bagaimana menurut Anda?


PCR 2022
Terpopuler
Khas Agustus 2022
Foto
HUT Riau 2022 - PT SPR
Diskes Rohul Agustus 2022
Minggu, 15 Mei 2022
Rasa Bintang Lima Harga Kaki Lima, Burjobar dan Roti Cha Milik Arya Saloka dan Ferry Ardiansyah Hadir di Pekanbaru
Jumat, 13 Mei 2022
Beredar Foto Menag Yaqut Rangkul 'Ragil Mahardika', Ansor: 1000% Editan!
Jumat, 06 Mei 2022
Cantiknya Sophia Latjuba saat Lebaran, Tetap Stylish Walau Pakai Sarung
Rabu, 27 April 2022
Dikira Mualaf, Ternyata Ini Alasan Celine Evangelista Sering Pakai Baju Muslim

Selebriti lainnya ...
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Senin, 04 Juli 2022
FPKB Kembali Salurkan Alquran Untuk Anak - Anak Mengaji di Pekanbaru
Minggu, 26 Juni 2022
Tinjau Kelayakan Pendidikan, Gubri Sambangi Pondok Tahfidz Quran Bengkalis
Jumat, 24 Juni 2022
Peduli Masyarakat Kurang Mampu, LAZISMu Riau Launching Warung Makan 2000
Rabu, 27 April 2022
Dompet Dhuafa Volunteer Riau Gelar Puncak Serambi

Religi lainnya ...
Indeks Berita
www www