Rabu, 28 Februari 2024

Breaking News

  • Catatan Banjir Terparah, Bupati Zukri: Ini Harus jadi Perhatian Pemerintah Pusat   ●   
  • Jalan Sudirman Ujung Tergenang Banjir, PUPR Riau Turunkan Ekskavator Amfibi Bersihkan Parit   ●   
  • Akibat Galian IPAL, Jalan Ahmad Dahlan dan Balam Ujung Pekanbaru Ambruk   ●   
  • Berhasrat Ikut Pilgub Riau, Syamsurizal Incar Septina jadi Wakil
HUT CAKAPLAH 7 - PJ Walikota Muflihun

Upaya Tekan Inflasi, Pj Walikota Ajak Masyarakat dan ASN Tanam Cabai di Pekarangan Rumah
Selasa, 06 September 2022 09:28 WIB
Upaya Tekan Inflasi, Pj Walikota Ajak Masyarakat dan ASN Tanam Cabai di Pekarangan Rumah

PEKANBARU (CAKAPLAH) - Program menanam cabai di pekarangan rumah dirancang sebagai upaya pengendalian inflasi di tanah air tak terkecuali di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau.

Kegiatan itu dimasifkan sejak adanya kebijakan nasional untuk mengendalikan inflasi di daerah yakni melakukan gerakan tanam cabai di pekarangan.

Sebagaimana diketahui Provinsi Riau masuk dalam lima besar provinsi dengan tingkat inflasi tertinggi di Indonesia yaitu berada di urutan ke-4, yaitu Provinsi Jambi 8,22 persen, Sumatera Barat (Sumbar) 8,01 persen, Bangka Belitung (Babel) 7,77 persen, Riau 7,04 persen, dan Aceh 6,69 persen.

Hasil pemantauan Badan Pusat Statistik (BPS), pada bulan Juli 2022, Provinsi Riau mengalami inflasi sebesar 0,83 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 113,37. Dengan besaran inflasi bulan Juli 2022 tersebut, maka Inflasi Tahun Kalender (Januari - Juli) 2022 sebesar 6,17 persen dan inflasi Tahun Ke Tahun (Juli 2021 - Juli 2022) sebesar 7,04 persen.

Dari 3 kota IHK di Provinsi Riau, semua kota mengalami inflasi yaitu, Kota Pekanbaru sebesar 0,88 persen, Kota Dumai sebesar 0,57 persen dan Kota Tembilahan sebesar 0,91 persen.

Pemicu inflasi adalah pangan, terutama cabai merah, terlebih Riau bukanlah provinsi penghasil atau produsen. Salah satu upaya yang bisa dilakukan saat ini adalah dengan melakukan gerakan menanam cabai di pekarangan rumah. Tidak hanya untuk program pengendalian inflasi, namun juga bisa menghemat pengeluaran bagi ibu-ibu rumah tangga.

Hal inilah yang saat ini digalakkan oleh Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru. Penanaman cabai di pekarangan rumah dinilai bisa menjadi salah satu cara untuk membantu pemerintah dalam menurunkan angka inflasi yang cukup tinggi.

"Kita selalu mengajak masyarakat untuk bisa memanfaatkan pekarangan rumah sebagai tempat bercocok tanam seperti untuk menanam cabai ataupun bawang," ujar Penjabat (Pj) Wali kota Pekanbaru Muflihun S.STP M.AP , Selasa (6/9/2022).

Ia mengatakan ajakan bercocok tanam ini bukan tanpa alasan. Selain bisa membantu memenuhi kebutuhan rumah tangga, kata dia, juga dapat menghemat pengeluaran belanja sehari-hari mengingat kedua komoditi itu kerap mengalami kenaikan harga.

"Karena itu saya imbau pada masyarakat agar mau bertanam di pekarangan rumah, minimal untuk belanja hariannya bisa lepas," Cakapnya.

Selain itu, pihaknya juga mengajak Camat dan Lurah untuk mensosialisasikan kepada masyarakat agar memanfaatkan lahan atau tanah kosong. Rencananya, pihaknya akan menggelar penanaman cabai serentak di 15 kecamatan yang ada di Kota Pekanbaru.

"Makanya kita mencanangkan penanaman cabe serentak di 15 kecamatan. Kepada Camat yang memiliki lahan terbanyak akan diberikan reward kepada Camatnya. Nantinya hasilnya akan dijual di pasar-pasar terdekat," jelasnya.

Ia menegaskan, pananaman cabai ini untuk mengurangi harga cabai yang tinggi di Pekanbaru. "Ini dilakukan untuk mengurangi harga cabe di Kota Pekanbaru," jelasnya.

Tak hanya itu saja, lanjut Muflihun, dirinya juga mendorong kepada ASN dan kepada seluruh anggota Forkopimda untuk juga menanam cabai di pekarangan rumah sehingga jadi budaya kedepan.

"Sehingga masyarakat diharapkan bisa mengikutinya sehingga nanti kalau mencari cabai tak perlu lagi mencari di pasar tapi sudah ada di rumah. Jadi ketika harga cabai mahal pun, masyarakat tidak khawatir karena sudah ada cabai di pekarangan. Saya kira ini adalah langkah yang sangat tepat, seperti saya katakan tadi, minimal bisa untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari," harapnya.

Dijelaskan Muflihun, beberapa waktu lalu dirinya mendampingi Gubernur Riau saat melaunching gerakan menanam cabai di pekarangan oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemprov Riau dan masyarakat untuk memperkuat tanaman pangan dan sebagai upaya mengendalikan inflasi di Provinsi Riau.

Kegiatan ini ditaja oleh Pemprov Riau melalui Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Riau bekerja sama dengan Bank Indonesia Perwakilan Riau, bertempat di Jalan Thamrin Lapangan FKIP UNRI Pekanbaru, Senin (29/08/2022).

Pada saat itu, jumlah bibit yang dibagikan sekitar 65.000 bibit cabai dalam polybag terdiri dari 30.000 untuk diserahkan kepada kelompok tani binaan Bank Indonesia, 20.000 polybag diserahkan kepada ASN pada OPD lingkup Pemprov Riau dan 15.000 polybag untuk KWT (Kelompok Wanita Tani) dan masyarakat di kota Pekanbaru kota Dumai dan Indragiri hilir.

Muflihun mengatakan Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Riau, Syahfalefi saat itu menyebutkan, bahwa kebutuhan cabe merah untuk Provinsi Riau sekitar 29.193 ton tingkat konsumsi 4,53 kg per kapita per tahun.

Sementara, produksi tahun 2021 14,097 ton dengan luas panen 1.555 hektar rata-rata produktivitas 8,4 ton per hektar. Maka terdapat kekurangan sebesar 15.096 ton atau 51,71 persen.

Kekurangan inilah yang selama ini dipenuhi dari provinsi tetangga seperti Sumatera barat dan Sumatera Utara. Namun apa yang terjadi pada saat ini dari daerah penghasil cabe utama juga diterpa oleh tingkat inflasi yang lebih tinggi dari provinsi Riau.

Hal ini disebabkan, adanya kegagalan panen disebabkan oleh kondisi iklim yang tidak stabil dan juga tingginya biaya produksi sebagai dampak dari kenaikan sarana produksi. Serta pupuk dan besarnya disparitas harga antara produsen dengan konsumen yang diterima oleh pelaku pasar.

Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun yang tampak ikut menanam bibit cabai di kawasan tersebut menyampaikan berdasarkan arahan Gubri setelah rapat dengan Presiden RI Joko widodo, pemerintah daerah di Riau harus bekerjasama dalam mengendalikan inflasi.

Untuk itu, Muflihun menghimbau masyarakat Pekanbaru mendukung gerakan menanam cabai dengan memanfaatkan pekarangan rumah. Dengan demikian tentu sangat bermanfaat menekan anggaran belanja kebutuhan rumah tangga.

"Seperti kata Pak Gubri Syamsuar tadi, kita harus siap dengan kondisi beberapa komoditas yang mahal di pasaran saat ini. Solusinya tentu, kita tanam sendiri. Setidaknya bisa menghemat belanja rumah tangga," ujarnya.

"Kami akan membudidayakan cabai di setiap kecamatan. Minimal, persediaan cabai terbantu dengan kehadiran cabai lokal," imbuhnya.

Dengan begitu, harga cabai bisa lebih murah. Sehingga ke depannya, inflasi kembali rendah di Pekanbaru.

Pemko Mulai Lakukan Pendataan Lahan Tidur

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setdako Pekanbaru Drs. H. Syoffaizal, M.Si menyebutkan, saat ini pemerintah kota telah mulai melakukan pendataan terhadap lahan tidur di tiap kecamatan.

"Untuk sementara sudah ada laporan dari sejumlah kecamatan di antaranya Kecamatan Rumbai Timur ada 14 hektar, Tuah Madani 2 hektar, Payung Sekaki 1 hektar," ucapnya, Senin (5/9/2022).

Disampaikan Syoffaizal, dengan menggalakkan penanaman cabai merah diharapkan inflasi yang kini di angka 7,01 persen bisa terus ditekan. Sebab, salah satu pemicu inflasi karena terjadinya kenaikan harga barang seperti cabai, bawang dan telur ayam.

"Jadi untuk menekan inflasi, bapak Pj walikota mengajak warga menanam cabai. Untuk itu butuh lahan, maka kita data lahan kosong di kecamatan. Dengan cara menanam, minimal kita bisa memenuhi kebutuhan harian sehingga bisa menekan inflasi," ulas Syoffaizal.

Berdasarkan laporan Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan), lanjut dia, kebutuhan cabai dan bawang merah di Kota Pekanbaru mencapai 140 ton per minggu.

"Ini kalau kita tanam, butuh luas lahan 160 hektar," paparnya.

Lebih jauh disampaikan Syoffaizal, pemanfaatan lahan tidur telah memiliki dasar hukum berupa Peraturan Walikota (Perwako) Pekanbaru Nomor 213 Tahun 2020 tentang Pemanfaatan Lahan Tidur.

"Perwako ini nanti ada turunannya SK (surat keputusan) penginventarisir lahan tidur, linknya Dinas Pertanian dan akan melibatkan camat dan lurah," tutupnya.

Editor : Yusni
Kategori : Serantau
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Artikel Terkait
0 Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Jumat, 29 September 2023
Komisi II Usul Kementerian ATR/BPN dan KLHK Kolaborasi Selesaikan Redistribusi Tanah
Jumat, 29 September 2023
Setjen DPR Berikan Perhatian Terhadap Pensiunan Melalui P3S
Kamis, 28 September 2023
TikTok Shop Cs Dilarang, Ketua DPR Berharap Aturan Baru Ciptakan Keseimbangan Pasar Digital dan Konvensional
Kamis, 21 September 2023
Ancaman DBD Meningkat, Puan Dorong Sosialisasi Masif Tekan Risiko Kematian

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 07 November 2023
Riau Terima Penghargaan Bhumandala Award 2023
Senin, 12 Desember 2022
Kapolda Riau Resmikan Kantor Pelayanan Terpadu Polres Rohil di Bagansiapiapi
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'

CAKAPLAH TV lainnya ...
Selasa, 27 Februari 2024
Kejari Rohil dan BPJS Ketenagakerjaan Dumai Tandatangani Kesepakatan Bersama
Selasa, 27 Februari 2024
SF Hariyanto jadi Pj Gubernur Riau, Ini Harapan Ketum IPP
Selasa, 27 Februari 2024
Kapolres Siak Pimpin Rakor Kesiapan Pleno Rekapitulasi Hasil Pemilu 2024 Tingkat Kabupaten
Senin, 26 Februari 2024
Sambut Ramadan, PMI Rumbai Taja Donor Darah

Serantau lainnya ...
Kamis, 04 Januari 2024
FoodPedia Tanjung Datuk Berubah Menjadi "Aurora 86 Caffee and Resto", Suasana Nongkrong Jadi Lebih Seru!
Minggu, 17 Desember 2023
7 Fashion Item wanita populer Dari 9 to 12
Selasa, 12 Desember 2023
7 Tips Memilih Stroller Bayi yang Tepat, Beli Pakai Promo Year End Sale Blibli Biar Makin Hemat!
Jumat, 24 November 2023
Modena Luncurkan Purifier Hood Series, Gabungan Cooker Hood dan Air Purifier Pertama di Indonesia

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 02 Maret 2023
Wadah Menyalurkan Bakat, Ketua DPRD Riau Yulisman Hadiri Festival Musik Akustik di SMA Negeri 1 Pasir Penyu Inhu
Rabu, 01 Maret 2023
Rapat Paripurna, DPRD Provinsi Riau Umumkan Reses Masa Persidangan I Tahun 2023
Selasa, 28 Februari 2023
Kunjungi Kemendikbud, Komisi V DPRD Riau Bahas Persoalan PPDB
Kamis, 23 Februari 2023
Disdik Gelar Pelatihan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru SD Se-Kota Pekanbaru

Advertorial lainnya ...
Selasa, 20 Februari 2024
Samsung Hadirkan Galaxy S24 Series dengan Kecerdasan Software Canggih
Jumat, 09 Februari 2024
Apple Kembangkan 2 Prototipe iPhone Lipat Bergaya Flip
Kamis, 01 Februari 2024
Samsung Buka-bukaan Soal Keunggulan Exynos 2400 di Galaxy S24 dan S24+
Minggu, 28 Januari 2024
Bocoran Model Google Pixel 9 Beredar, Bentuk Mengotak seperti iPhone

Tekno dan Sains lainnya ...
Kamis, 22 Februari 2024
Pemula di Dunia Yoga? Inilah Panduan Cara Memilih Matras Yoga yang Tepat
Sabtu, 27 Januari 2024
Cegah Resistensi, Gunakan Obat Antibiotik dengan Bijak
Senin, 15 Januari 2024
14 Persiapan Penting Awal Kehamilan untuk Calon Ibunda dan Buah Hati
Minggu, 17 Desember 2023
Liburan Sekolah Makin Meriah, Ratusan Peserta Ikuti Khitanan Massal

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Senin, 26 Februari 2024
Melalui Website ortu.uir.ac.id, Kini Orang Tua Bisa Pantau Aktivitas Akademik Anaknya di UIR
Sabtu, 24 Februari 2024
Wisuda XV, STIKes PMC Ajak Lulusan Beri Banyak Manfaat untuk Masyarakat
Jumat, 23 Februari 2024
Telkomsel Dukung Unri Akselerasikan Pengembangan Ekosistem Digital dan Talenta Unggulan
Kamis, 08 Februari 2024
STAI Imam Asy-Syafi'i Gandeng Lexie Edu Consultancy Tingkatkan Kemahiran Berkomunikasi Bahasa Inggris

Kampus lainnya ...
Rabu, 03 Mei 2023
Kompilasi Semarak Silaturahmi Satu HATI, CDN Bangkinang Santuni Anak Yatim
Rabu, 05 April 2023
Safari Ramadan, PT Musim Mas Salurkan Paket Sembako untuk Anak Yatim dan Fakir Miskin
Selasa, 04 April 2023
Telkomsel Siaga Rafi Sumbagteng Salurkan CSR untuk Panti Jompo bersama Dompet Dhuafa Riau
Jumat, 03 Maret 2023
Tingkatkan Kesehatan dan Budaya Lokal, Bank Mandiri Serahkan Bantuan ke Posyandu dan Grup Rebana

CSR lainnya ...

Iklan CAKAPLAH
Terpopuler

05

Foto
Jumat, 09 Februari 2024
Lika-liku 7 Perjalanan Asmara Ayu Ting Ting hingga Tunangan dengan Anggota TNI
Minggu, 28 Januari 2024
Huh Yunjin Bak Sehati Dengan Han So Hee Kala Cuma Pakai Dalaman Di Trailer LE SSERAFIM
Sabtu, 27 Januari 2024
Gigi Hadid dan Bradley Cooper Tak Sungkan Perlihatkan Kemesraan
Rabu, 24 Januari 2024
Park Ji-hyun Ungkap Persiapan Membinangi Drama Terbarunya

Selebriti lainnya ...
Senin, 28 Agustus 2023
Ketua DPRD Siak Ikut Gerakan Tanam Ribuan Bibit Pohon bersama Polri
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil

Parlementaria Siak lainnya ...
Senin, 14 Agustus 2023
Pengurus Masjid Nurul Ikhlas Kubang Minta Tunjuk Ajar ke Wagubri
Sabtu, 12 Agustus 2023
Gebyar Kandis Bersholawat Bakal Dihadiri Ribuan Jemaah NU
Senin, 31 Juli 2023
Mualaf Riau Butuh Pembinaan, Begini Caranya...
Sabtu, 29 Juli 2023
Mantan Wawako Pekanbaru, Ayat Cahyadi Turut Saksikan Pengukuhan Pengurus Masjid Al-Hamidah Rejosari

Religi lainnya ...
Indeks Berita
www www