Selasa, 29 November 2022

Breaking News

  • Pemprov Riau Akui Gubri Batal ke Meranti, Erisman: Katanya Ada Penolakan Bupati Tapi Alasannya Kita Tak Tahu   ●   
  • Setubuhi Wanita Terbelakang Mental, Pria di Bengkalis Ditangkap Polisi   ●   
  • Pimpinan MPR Pastikan Pilkada 2024 Tetap Dipilih Rakyat Langsung   ●   
  • Arab Saudi Percepat Proses Visa Umrah, Hanya Perlu 24 Jam   ●   
  • Jumpai Sekdako Pekanbaru, REI Riau Keluhkan Lambatnya Penerbitan Izin
Yamaha 27-30 November 2022

Apkasindo Apresiasi Kajati Riau Dr Supardi di Hari Pahlawan
Kamis, 10 November 2022 16:44 WIB
Apkasindo Apresiasi Kajati Riau Dr Supardi di Hari Pahlawan

PEKANBARU (CAKAPLAH) - Bersempena dengan Hari Pahlawan Nasional 10 November 2022 dan HUT Apkasindo ke 22, DPP Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) menganugerahkan Kajati Riau Dr Supardi sebagai pahlawan petani sawit.

Ketua Umum DPP Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkansindo) yang membawahi 22 Provinsi penghasil sawit, Dr. Gulat ME Manurung, MP., C.APO, C.APO mengatakan, perjalanan panjang perkebunan kelapa sawit rakyat di Indonesia telah banyak menorehkan hasil dan manfaat kepada perekonomian Indonesia.

Hal ini dapat dibenarkan karena dari 16,38 juta hektar perkebunan kelapa sawit di Indonesia, 42% nya (6,87 juta ha) adalah dikelola oleh petani sawit. Dalam perjalanan perkebunan sawit rakyat tersebut, saat ini petani sawit sudah masuk ke generasi kedua.

Namun seiring perjalanan perkebunan sawit rakyat tersebut, semakin banyak terungkap ketidakadilan yang diterima oleh petani sawit, terkhusus dalam keadilan harga TBS (Tandan Buah Sawit). Semua biaya proses pengolahan TBS menjadi CPO di PKS dibebankan ke harga TBS Petani sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Pertanian Nomor 01 Tahun 2018.

Poin yang menghangat kembali adalah potongan timbangan TBS di PKS (Pabrik Kelapa Sawit) yang sudah tidak aneh lagi mencapai 15% dan potongan Biaya Operasional Tidak Langsung (BOTL) yang besarannya dipatok maksimum 2,63% sebagaimana diatur dalam Permentan tadi.

BOTL adalah potongan harga TBS Petani sebelum diumumkan ke masyarakat umum saat rapat penetapan harga ditiap-tiap Disbun Provinsi sawit. Menurut Permentan 01/2018 bahwa Potongan BOTL ini dipergunakan untuk cost of money sebesar 1,33% (bunga dan biaya bank, asuransi keamanan pengiriman uang), penyusutan timbangan CPO/PK dalam transportasi 0,30% dan Over head kebun plasma (kegiatan penetapan harga TBS, Pembinaan Pekebun dan pembinaan kelembagaan pekebun) 1,0%, sehingga totalnya maksimum 2,63%.

Selain BOTL dikenal juga BOL (Biaya Operasional Langsung), yaitu biaya yang dikeluarkan oleh PKS dalam proses pengolahan TBS menjadi menyak sawit (CPO).

"Kami sangat bersyukur, teriakan di media-media dari petani sawit di Riau, langsung direspon oleh Bapak Jaksa Agung dan ditindaklanjuti oleh Pihak Kejaksaan Tinggi Riau, meskipun teriakan yang sama juga ada di provinsi lain. Kajian dan konfirmasi keterangan ke berbagai pihak sudah dilaksanakan oleh pihak Kejati Riau sejak Bulan September lalu, termasuk ke Petani sawit, korporasi dan Dinas Perkebunan Provinsi Riau tentunya," kata Gulat, Kamis (10/11/2022).

Konfirmasi ini, kata Gulat, sudah berlangsung hampir tiga bulan dan masing-masing pihak sudah memberikan keterangannya sesuai dengan apa yang diketahui, didengar dan dirasakan.

"Hasilnya biarlah pihak kejaksaan Riau yang menyimpulkan. Namun yang pasti tujuan dari semua pihak dalam keterangan kepada pihak Kejati Riau adalah bagaimana supaya petani sawit mendapatkan keadilan dalam harga TBS, sehingga baik korporasi sawit maupun petani sawit sama-sama menerima porsinya (margin) sesuai dengan haknya masing-masing," cakap Gulat lagi.

Hasil kajian dari Kejati Riau tentang perjalanan BOTL ini, kata Gulat, sudah mulai dirasakan petani sawit terkhusus di Riau. Dimana tim penetapan harga TBS Riau dalam perhitungan biaya BOL dan BOTL setiap hari Senin dan Selasa tiap minggunya sudah lebih rasional dan transparan.

Sebelumnya, kata Gulat, sulit sekali perwakilan petani sawit saat rapat penetapan harga mendapatkan data-data yang menjadi rujukan penetapan harga TBS petani. Padahal Permentan mengamanahkan transparan baik invoice penjualan CPO, dasar pengeluaran BOL dan dasar pemotongan BOTL serta pertanggungjawabannya semua diatur prosedurnya.

Gulat juga menyampaikan bahwa perihal Permentan 01/2018, kaitannya dengan BOTL dan BOL, DPP Apkasindo sudah rapat kordinasi dengan DPP GAPKI (Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia), disela-sela acara IPOC Bali.

“Komunikasi kami petani sawit dengan GAPKI cukup bagus dan pihak GAPKI Pusat selalu mendengar serta menindaklanjuti keluhan kami Petani ke Anggota GAPKI cabang Provinsi, hanya permasalahannya tidak semua korporasi sawit anggota GAPKI," lanjut Gulat.

“Keterbukaan dalam rapat Tim lenetapan harga TBS di Riau saat ini, murni karena campur tangan dari Kejati Riau melalui pengkajian tatacara penetapan BOL dan BOTL”, kata Gulat.

Terhadap hal itu, kata Gulat lagi, dalam waktu dekat DPP Apkasindo akan menyurati Jaksa Agung, supaya mempertimbangkan penugasan semua Kejati di Provinsi sawit supaya melakukan pendampingan saat rapat penetapan harga TBS dan memonitor pembelian harga TBS Petani di 1.118 PKS seluruh Indonesia, sebagaimana yang sudah dimulai oleh Kejati Riau.

"Harga TBS petani di Riau pada satu bulan terakhir sudah berangsur naik seiring semakin transparannya tatacara perhitungan penetapan harga TBS. Karena memang pada prinsipnya baik BOL maupun BOTL adalah sama-sama beban terhadap harga TBS Petani. Artinya, semakin kecil BOL dan BOTL, maka semakin terdongkrak harga TBS Petani. Indikator ini dapat dilihat dengan naiknya harga TBS letani di Riau sejak masalah BOL dan BOTL ini dikaji oleh Kejati Riau.

Jadi kenaikan harga TBS Riau, kata Gulat turut disumbang dengan semakin tertibnya administrasi tatacara penetapan harga TBS di Dinas Perkebunan Riau.

"Lihat saja harga CPO di Bulan Oktober lalu, dimana kenaikannya cenderung stabil, tapi harga TBS Penetapan Disbun Riau cenderung bergerak naik. Naiknya harga TBS ini langsung berdampak kepada naiknya NTP (nilai tukar petani) bulan Oktober menjadi 143,86 di Riau, dari bulan sebelumnya (Sept) 139,27," ulasnya.

Fenomena dikajinya penetapan harga TBS di Disbun Riau, telah menjadi yurisprudensi bagi 21 Provinsi sawit lainnya di Indonesia karena telah membuka mata semua pihak bahwa ada beberapa poin dalam BOL dan BOTL tersebut yang bisa dihemat untuk mendongkrak harga TBS Petani.

"Kasian kami petani sawit, karena disaat harga pupuk sudah naik sampai 300% dan apalagi Kementerian Pertanian sudah tidak meng!lokasikan lagi pupuk subsidi untuk petani sawit, tentu pengehematan dan pengefisienan BOL dan BOTL akan sangat berarti bagi kami petani sawit, sekalipun itu hanya dapat mendongkrak Rp50-150/kg TBS. Namun jika dihitung sejak awal Oktober sampai tanggal 9 November, harga TBS Petani sawit di Riau sudah terdongkrak rerata Rp350-450/kg TBS untuk semua kelompok umur tanaman sawit," cakapnya.

"Untuk itu Kami Petani sawit Indonesia menaruh rasa hormat dan bangga kepada Jaksa Agung yang sudah memerintahkan Kajati Riau untuk langsung mengkaji keluhan Petani sawit tentang tatacara penetapan harga TBS di Disbun dan Pembelian TBS Petani oleh semua Pabrik Kelapa Sawit. Perintah Pak Jaksa Agung telah diwujudkan Kejati Riau dibawah kepemimpinan Bapak Dr. Supardi, SH.,MH. Tanpa ketegasan dan pengalaman lak Kajati Riau, mustahil dikaji persoalan yang sudah 4 tahun berlalu ini, ujar Gulat," papar Gulat.

Atas perhatian dari Kajati Riau kepada petani sawit terkhusus di Riau, kata Gulat, sudah sangat sesuai dengan tagline dari hari pahlawan nasional 2022, yaitu 'pahlawanku teladanku'.

"Semoga apa yang sudah dilakukan oleh Pak Kajati Riau, dapat menjadi inspirasi Kajati-Kajati lainnya, sehingga kesejahteraan ekonomi petani sawit dapat semakin terwujud sebagaimana keinginan Presiden Jokowi terhadap 17 juta Petani sawit dan Pekerja sawit saat pidato Pencabutan larangan ekspor CPO," tukasnya.

Penulis : Satria Yonela
Editor : Yusni
Kategori : Serantau
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Artikel Terkait
0 Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Selasa, 02 November 2021
DPR Ingin Seleksi Calon Anggota KPU-Bawaslu Ciptakan Demokrasi Lebih Baik
Selasa, 02 November 2021
Terima Aspirasi PPPK Guru, DPR Desak Peserta Yang Memenuhi Passing Grade Diluluskan
Senin, 01 November 2021
Komisi III DPR Dukung Langkah Kapolri Perbaiki Institusi Polri
Senin, 01 November 2021
Pimpinan DPR Sebut Kita Bersyukur Indonesia Jabat Presidensi G20

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan
Minggu, 06 Januari 2019
Alam Mayang, Liburan Tak Mesti Keluar Kota

CAKAPLAH TV lainnya ...
Senin, 28 November 2022
Saka Dirgantara Lanud Roesmin Nurjadin Kwarcab Kota Pekanbaru Resmi Dilantik
Senin, 28 November 2022
DPRD dan Pemprov Riau Bahas Ranperda RPPLH dan Pengelolaan Keuangan Daerah
Senin, 28 November 2022
Status Siaga Darurat Banjir di Riau Ditetapkan 1 Desember
Senin, 28 November 2022
Hadapi Tahun Politik, Kakanwil Minta Seluruh ASN Kemenkumham Netral

Serantau lainnya ...
Rabu, 23 November 2022
Kenali PHA: Kandungan Skincare untuk Kulit Sensitif
Rabu, 23 November 2022
Lima Tempat Suci di Dunia, Salah Satunya Jadi Kota Suci Tiga Agama
Selasa, 22 November 2022
Gubri "Pamer" Jaket Bomber Tenun Riau Hasil Desain M Abyan Syah Pelajar Kelas 12 SMA Darma Yudha
Selasa, 15 November 2022
Ada Noda Membandel di Pakaian? Atasi dengan 5 Bahan Dapur Ini

Gaya Hidup lainnya ...
Selasa, 08 November 2022
Festival Halloween Itaewon Tewaskan 154 Orang, Ini 4 Festival Berdarah Lainnya yang Tercatat dalam Sejarah
Senin, 05 September 2022
Merindu Wajah Indah Pekanbaru, Muflihun Optimis Raih Piala Adipura
Senin, 29 Agustus 2022
Peringatan HUT RI Ke-77 Jadi Momentum Refleksi Perjuangan Para Pendiri Bangsa
Selasa, 16 Agustus 2022
GALERI FOTO: Dalam Rangka Hari Jadi ke-65 Provinsi Riau, Ribuan Masyarakat Hadiri Dzikir Akbar Bersama Ustaz Das'ad Latif

Advertorial lainnya ...
Rabu, 23 November 2022
Walau Bersayap, 7 Burung Ini Tidak Bisa Terbang
Senin, 21 November 2022
Kemenkominfo Gelar Literasi Digital, "Tips Digital: WhatsApp For Business"
Jumat, 18 November 2022
PDS Mudahkan Konsumen Lakukan Transaksi, hanya Lewat Genggaman
Senin, 07 November 2022
Fenomena Gerhana Bulan Total Terjadi Besok, Ini Daftar Wilayah yang Bisa Melihatnya

Tekno dan Sains lainnya ...
Senin, 28 November 2022
Dinas P3AP2-KB Riau Luncurkan Aplikasi Perlindungan Perempuan dan Anak
Senin, 21 November 2022
Aksesoris Travelling Yang Wajib Anda Bawa Saat Hujan
Jumat, 18 November 2022
Cegah Sakit di Musim Hujan dengan Mengonsumsi 7 Makanan Mengandung Vitamin B6
Kamis, 17 November 2022
Eka Hospital Pekanbaru Gelar Seminar Awam Kendali Komplikasi pada Diabetes

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Senin, 28 November 2022
Hendriko Dikukuhkan sebagai Guru Besar Pertama di Politeknik Caltex Riau
Jumat, 25 November 2022
Pemko Pekanbaru Ajak Hima Persis Beri Kontribusi Nyata Bangun Pekanbaru
Rabu, 23 November 2022
Gelaran Puncak Acara Big Event Predatech 2022 Sukses Dilaksanakan Predatech dan LPI
Selasa, 22 November 2022
Diperkuat Unilak, Riau Tambah Medali dari Sepak Takraw di Pomnas 17 Padang

Kampus lainnya ...
Rabu, 09 November 2022
Wijatmoko Rah Trisno Pimpin Forum CSR Provinsi Riau
Rabu, 12 Oktober 2022
BDI EMP Bersama Bakrie Amanah Salurkan Santunan Pendidikan Tahap II
Senin, 10 Oktober 2022
Wujudkan Kota Dumai Bersih, BRK Syariah Bantu Pengadaan Sarana Angkutan Sampah Lewat Program CSR
Minggu, 09 Oktober 2022
BSI dan BSI Maslahat Bantu Pembuatan Sumur Bor Yayasan Al Muslimin Dumai

CSR lainnya ...

Pegadaian Oktober 2022
Terpopuler

03

Khas Hotel November 2022
Foto
DPRD Riau 2022 1
Diskes Rohul Agustus 2022
Sabtu, 26 November 2022
Indra Prasta Simpati Gempa Cianjur, Lelang Gitar Kesayangan
Senin, 21 November 2022
Blak-blakan Nia Ramadhani kepada Merry Riana; Terjerat Kasus Narkoba Jadi Mukjizat Bagi Pernikahanku
Sabtu, 19 November 2022
DDV dan Aksa Bumi Langit Gelar Nonton Bersama untuk Anak-anak Kurang Beruntung
Sabtu, 19 November 2022
Nia Ramadhani Ungkap Terjerat Narkoba Bukan Akhir Dunia

Selebriti lainnya ...
DPRD Riau 2022 2
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
BSP - HUT Siak 12 Oktober 2022
Jumat, 18 November 2022
Pegadaian Tawarkan Produk Arrum Haji, Cicilan hanya Rp22 Ribu Perhari
Senin, 31 Oktober 2022
Forum Pekanbaru Kota Bertuah Taja Peringatan Maulid Nabi
Jumat, 28 Oktober 2022
Niat Awal untuk Pendidikan, Alina Kini Mencintai Islam
Selasa, 25 Oktober 2022
Ustaz Yurnalis di Hadapan Warga Binaan: Jika Ingin Jadi Insan Hebat, Lapangkan Hati

Religi lainnya ...
DPRD Riau Hari Kesehatan Nasional 2022
Indeks Berita
DPRD Riau HUT BRIMOB 2022DPRD Riau HGN 2022HUT RI 77 - APRIL RAPPPertaminaHUT Riau 2022 - PT SPR
www www