Rabu, 01 Februari 2023

Breaking News

  • Terbukti Kolusi, Mantan Rektor UIN Suska Riau Divonis 2 Tahun 10 Bulan Penjara   ●   
  • Awal Tahun 2023 Sejumlah Daerah di Riau Berpotensi Terjadi Karhutla   ●   
  • Waspada!! Awal Tahun 2023 Sejumlah Daerah di Riau Ini Berpotensi Terjadi Karhutla   ●   
  • Awal 2023, Penularan HIV/AIDS di Riau Beresiko Alami Kenaikan   ●   
  • 24 Desa di Riau Masuk Kategori Desa sangat Tertinggal, Mayoritas di Kampar   ●   
  • 12.966 Wisatawan Kunjungi Siak Sepanjang Libur Nataru   ●   
  • Tiga ASN Pemprov Dipecat Tidak Hormat Sepanjang 2022   ●   
  • Proses Tahap II Mandek, Tersangka Karhutla PT BMI tak Kunjung Diadili   ●   
  • 532 Peserta Tidak Lulus Seleksi PPPK Tenaga Kesehatan Pemprov Riau   ●   
  • Jalan Rusak di Riau Capai 1.035 Km, Gubernur Akui Jadi 'PR' 2023
Bapenda dan NasDem

Bapenda Pekanbaru Hadir di FGD Bank Indonesia, Bahas Prospek Pendapatan Daerah Tahun 2023
Rabu, 25 Januari 2023 12:51 WIB
Bapenda Pekanbaru Hadir di FGD Bank Indonesia, Bahas Prospek Pendapatan Daerah Tahun 2023

PEKANBARU (CAKAPLAH)-Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Pekanbaru Alek Kurniawan, SP., M.Si bersama Kepala Bidang Perencanaan dan Pengembangan Pendapatan Daerah (P3D) dan Bidang Pajak Daerah I, menghadiri kegiatan Forum Group Discussion (FGD) dalam rangka meningkatkan pendalaman kinerja fiskal Tahun 2022 dan prospek pendapatan daerah tahun 2023 yang dilaksanakan di ruang Rapat Excellece, Gedung A Lantai 2 Gedung Bank Indonesia Kantor Perwakilan Provinsi Riau, Selasa (24/1/2023).

Kegiatan FGD dipimpin langsung oleh Kepala Bank Indonesia Kantor Perwakilan Provinsi Riau melalui Deputi Maria Cahyaningtyas.

Dalam kesempatan itu, Kepala Bapenda Alek Kurniawan mengatakan, perkembangan realisasi pendapatan daerah di Kota Pekanbaru selama tahun 2022.

Dirinya menuturkan, pendapatan terealisasi sebesar 92,15 persen dengan komposisi kontribusi 33,85 persen oleh Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan sisanya 66 persen masih bersumber dari Pendapatan Transfer.

Dari 33,85 persen kontribusi PAD tersebut, pajak daerah telah berkontribusi sebesar 92,6 persen terhadap PAD,. Artinya menurut Alek Kurniawan, pajak daerah telah memiliki posisi strategis dalam pendapatan asli daerah di Kota Pekanbaru.

“Realisasi pendapatan daerah tahun 2022 sebesar 92,15 persen, dari PAD berkontribusi 33,85 persen. Untuk PAD sendiri, pajak daerah telah berkontribusi hampir diangka 92,6 persen terhadap PAD,” sebut Alek Kurniawan.

Untuk pajak daerah sendiri, lanjutnya, jika kinerjanya ditilik dari capaian persentase, penerimaan BPHTB menjadi kinerja yang paling tinggi di angka 103.23 persen. Begitupun jika ditinjau dari nominal, penerimaan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) mendominasi dengan angka hampir Rp 187 miliar.

Kemudian disusul pajak Restoran sebesar 102,52 persen di angka Rp 122 miliar, Pajak hotel 101,44 persen lebih kurang di angka Rp 40 miliar, Pajak Penerangan Jalan 100,73 persen dengan angka Rp 147 miliar dan pajak lainnya (Pajak Parkir, Hiburan, Reklame, Air Tanah, PBB dan MBLB) di angka lebih kurang Rp 222 miliar.

Mantan Kepala BPKAD Pekanbaru ini juga menyampaikan realisasi penerimaan pajak daerah kota Pekanbaru menorehkan capaian yang luar biasa dan menorehkan sejarah baru karena tembus di angka Rp 719 miliar di tahun 2022 lalu.

Jika dibandingkan year to year realisasi 2022 dengan tahun 2021 yang terealisasi di angka Rp 587 miliar, naik secara nominal diangka Rp 131 miliar atau setara naik 23 persen. Jika disandingkan dengan realisasi pajak 2019 senilai Rp 620 miliar (masa sebelum pandemi melanda) atau berselisih naik di angka Rp 98 miliar atau naik persentase realisasinya 16 persen.

Dirinya mengakui masih ada objek pajak yang potensial namun realisasinya masih berkisar di angka 80 persen, yakni PBB dan Pajak Reklame. Sementara ada beberapa objek pajak, sebutnya Alek Kurniawan, belum tergarap maksimal, seperti pajak sarang burung walet, MBLB dan Air Tanah. Namun disisi lain, ada objek pajak yang hampir menyentuh realisasi 100 persen, yaitu Pajak Hiburan, dan Pajak Parkir.

Lanjutnya, dari pendapatan di Tahun 2023 yang telah ditetapkan senilai Rp 2.6 triliun, PAD ditarget berkontribusi sebesar 35,62 persen dari total pendapatan yang ada. Untuk hal itu, Bapenda sudah menyiapkan berbagai strategi untuk mewujudkannya lewat strategi yang disebutnya IED.

IED sendiri merupakan singkatan dari Intensifikasi, Ekstensifikasi dan Digitalisasi. Lebih lanjut ia juga menuturkan bahwa Intensifikasi dan Ekstensifikasi adalah upaya teknis dalam mengoptimalkan penerimaan pajak daerah, sementara digitalisasi merupakan media untuk mempermudah masyarakat dalam mendapatkan pelayanan. Dengan hal tersebut ia meyakini akan mampu menggenjot penerimaan pajak daerah ke depannya.

Ia mengklaim, pihaknya telah memetakan upaya optimalisasi IED tersebut lewat 4 langkah besar, yakni pendataan ulang dan upgrade database perpajakan, pengembangan teknologi informasi yang memadai, penguatan kualitas SDM di Bapenda dan Penguatan inovasi, regulasi dan kerjasama.

“Kita turunkan konkretnya dalam 4 langkah besar. Pendataan ulang dan upgrade database perpajakan, pengembangan teknologi informasi yang memadai, penguatan kualitas SDM di Bapenda dan Penguatan inovasi, regulasi dan kerjasama,” ujarnya.

Secara lengkap dan memadai ungkap Alek Kurniawan, pendataan ulang dan upgrade database perpajakan strategi rinci dari pemetaan pertama ini adalah lewat, pendataan ulang dan upgrading database pajak.

Kemudian melalui penyusunan grand design pendapatan daerah dan pengelolaannya. Kemudian menghimpun data dan melakukan verifikasi dan validasi terhadap alamat wajib dan objek pajak melalui turun lapangan pada saat penagihan pajak.

Kemudian menghimpun data potensi individual pada PBB-P2. Melakukan Sensus PBB-P2, serta pendekatan persuasif dengan upaya dengan pemanggilan terhadap objek pajak baru.

Pengembangan Teknologi Informasi yang memadai, Tahapan ini dilakukan lewat pemanfaatan layanan teknologi informasi bagi layanan perpajakan, diantaranya, SIM PBB/SISMIOP (Aplikasi PBB); SIPADA/ Sistem Informasi Pajak Daerah. Dan aplikasi 9 pajak daerah lainnya, yakni E-BPHTB (Aplikasi BPHTB), POSPBB (Aplikasi pembayaran PBB di UPT), ADPEL.

Aplikasi administrasi pelayanan 9 pajak daerah lainnya yakni, Smart Tax Pekanbaru (Aplikasi Mobile Android dan iOS Pelayanan Pajak Daerah), SIREDA (Aplikasi Retribusi Daerah), Master Penerimaan PBB (Aplikasi pencatatan penerimaan PBB), Monitoring PBB (Aplikasi tracing pelayanan PBB dan administrasi pendaftaran PBB dari Smart Tax) dan E-SPTPD (Aplikasi administrasi pelaporan pajak daerah lainnya dari Smart Tax).

Disektor lain, pembayaran pajak dapat secara casless bekerja sama dengan Bank Riau Kepri, Bank BNI, Bank BJB, Bukalapak, Traveloka, Tokopedia, Link Aja dan Alfamart. Bahkan Bapenda memasifkan pemanfaatan Transaction Monitoring Device (TMD) untuk monitoring omset (peredaran usaha) objek pajak daerah bersifat self assessment secara real time. Dalam publikasinya, Bapenda turut masif sosialisasi via media sosial dan portal pemberitaan di pekanbaru.go.id dan kanal pemberitaan lainnya.

Sementara yang akan digesa lainnya adalah Pengembangan Aplikasi Pemetaan Data PBB melalui Smart Map, Optimalisasi Layanan Daring H2H Data BPHTB dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN), Pengembangan Aplikasi Penyampaian SPPT PBB-P2 serta Pemanfaatan What’s App Call Centre Dalam Layanan Pajak Daerah.

Penguatan kwalitas Sumber Daya Manusia di Bapenda Pekanbaru Kualitas Sumber Daya Manusia di Bapenda diterjemahkan dengan strategi, pertama meningkatkan kemampuan dan kapasitas petugas pelayanan, baik dalam penguasaan teknologi informasi maupun teknik komunikasi melalui pelaksanaan In House Training (In House Training Aplikasi Single Windows, In House Training Pelayanan dan In House Training Teknik Komunikasi).

Kedua, penguatan peran penilai pemerintah dalam penilaian individual PBB-P2. Ketiga, penguatan pemeriksa dalam pengawasan pajak daerah yang bersifat self assessment (Melibatkan APIP untuk penguatannya). Keempat, optimalisasi peran Juru Sita Pajak Daerah dalam Penagihan Pajak objek objek tertentu.

Kelima, optimalisasi peran Satgas Pajak Bapenda yang berfungsi sebagai garda terdepan dalam penertiban dan penyampaian ketetapan pajak kepada Wajib Pajak. Keenam, optimalisasi layanan informasi pajak daerah non tatap muka lewat What’s App Call Centre.

Penguatan inovasi, regulasi dan kerjasama dalam penguatan inovasi, disampaikan Kepala Bapenda, pihaknya akan mengoptimalkan optimalisasi pemanfaatan barcode reklame, kemudian implementasi ETP / QRIS. Membuka pos pembayaran pajak daerah di mall dan titik titik keramaian. Pemberian Stimulus BPHTB dan PBB-P2 dan penghapusan sanksi administrasi pajak daerah.

Kemudian usulan split transaksi WP terpisah terhadap pajaknya dan langsung masuk ke Kasda. Serta masif melakukan roadshow Tim Penyuluhan Pajak Daerah dan Optimalisasi Layanan Daring/ Non Tatap Muka yang memadai. Dan optimalisasi pemanfaatan E-SPTPD dalam pelaporan pajak daerah self assessment dibarengi penguatan di bidang pengawasan dan pengendalian pajak daerah.

Disektor penguatan regulasi, cara yang ditempuh adalah, percepatan penyusunan Perda Pajak dan Retibusi Daerah sesuai UU HKPD. Dan memfasilitasi regulasi untuk kemudahan dan kemurahan pajak daerah dalam rangka optimalisasi dan perbaikan database perpajakan daerah.

Sementara di sektor kerjasama, pihak Bapenda memperkuat kerjasama dengan seluruh stakeholder terkait dalam rangka intensifikasi dan ekstensifikasi pajak daerah. Diantaranya, perluasan kerjasama dengan bank dan lembaga pembayaran online terkait kemudahan pembayaran pajak. Bekerjasama dengan Kejaksaan dalam penagihan pajak upaya paksa. Bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Pekanbaru dalam pendataan data wajib pajak.

Bekerjasama dengan DPMPTSP dalam rangka sinkronisasi potensi pajak daerah. Bekerjasama dengan DJP Kanwil Riau dalam pertukaran data-data strategis dalam rangka menggali potensi potensi kebocoran pajak daerah.

Optimalisasi kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Riau terkait adanya penambahan objek pajak baru sesuai UU HKPD (Opsen PKB dan Opsen BBNKB). Optimalisasi kerjasama dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN). Menjalin komunikasi aktif dengan Diskominfo Pekanbaru dalam optimalisasi layanan pajak daerah berbasis teknologi informasi.

Bekerja sama dengan Dinas Pertanahan kota Pekanbaru dalam optimalisasi pemanfaatan aplikasi SMART PETAKU untuk PBB-P2 dan BHPHTB, serta Satgas Bapenda bekerjasama dengan Satpol PP Pekanbaru dalam penertiban OP tertentu.

Bukan hanya dengan instansi pemerintahan, Bapenda juga menggaet stakeholder non pemerintahan, seperti menjalin komunikasi aktif dengan komunitas-komunitas yang ada kaitannya dengan optimalisasi pajak daerah seperti PHRI, Ikatan Notaris Indonesia, dan komunitas terkait lainnya, serta menggaet pemuka agama dalam sosialisasi pembayaran pajak, terutama Pajak PBB-P2 kepada umat atau jemaat masing-masing, guna mendorong edukasi kepatuhan Wajib Pajak.

“Mudah-mudahan ini dapat menggenjot pajak daerah kedepannya, syaratnya hanya satu, semua harus bersinergi. Kami sangat senang atas undangan dari BI ini. Mudah-mudahan lewat BI, sinergitas kami dengan pihak perbankan akan lebih kuat lagi,” pungkasnya.

Penulis : Unik Susanti
Editor : Yusni
Kategori : Serantau
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Artikel Terkait
0 Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Selasa, 02 November 2021
Terima Aspirasi PPPK Guru, DPR Desak Peserta Yang Memenuhi Passing Grade Diluluskan
Senin, 01 November 2021
Komisi III DPR Dukung Langkah Kapolri Perbaiki Institusi Polri
Senin, 01 November 2021
Pimpinan DPR Sebut Kita Bersyukur Indonesia Jabat Presidensi G20
Minggu, 31 Oktober 2021
Arzetti Dukung Pemerintah Sosialisasikan Bahaya BPA

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Senin, 12 Desember 2022
Kapolda Riau Resmikan Kantor Pelayanan Terpadu Polres Rohil di Bagansiapiapi
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan

CAKAPLAH TV lainnya ...
Selasa, 31 Januari 2023
Begini Padatnya Kegiatan Gubernur Syamsuar
Selasa, 31 Januari 2023
Diresmikan Rektor dan Anggota DPR, Rusun Unilak Bisa Tampung 48 Mahasiswa
Selasa, 31 Januari 2023
Masrul Gusti Terpilih Jadi Ketua PWI Rohil Periode 2022-2025
Selasa, 31 Januari 2023
Muswil Resmi Dibuka, Aspedi Riau Diharapkan Bangkit dan Berkembang Pasca Pandemi

Serantau lainnya ...
Selasa, 31 Januari 2023
3 Zodiak Jalani Hidup Paling Beruntung Bulan Februari 2023
Senin, 30 Januari 2023
Berdesain Unik, Pojok Baca RSUD Tengku Rafian Siak Juara 1 Lomba Perpustakaan
Selasa, 24 Januari 2023
Si Kembar Atlet Sepatu Roda Rohul Raih Gelar Perdana 2023
Jumat, 20 Januari 2023
Masakan Dapur Lapas Pekanbaru Resmi Bersertifikasi Halal dari MUI

Gaya Hidup lainnya ...
Selasa, 08 November 2022
Festival Halloween Itaewon Tewaskan 154 Orang, Ini 4 Festival Berdarah Lainnya yang Tercatat dalam Sejarah
Senin, 05 September 2022
Merindu Wajah Indah Pekanbaru, Muflihun Optimis Raih Piala Adipura
Senin, 29 Agustus 2022
Peringatan HUT RI Ke-77 Jadi Momentum Refleksi Perjuangan Para Pendiri Bangsa
Selasa, 16 Agustus 2022
GALERI FOTO: Dalam Rangka Hari Jadi ke-65 Provinsi Riau, Ribuan Masyarakat Hadiri Dzikir Akbar Bersama Ustaz Das'ad Latif

Advertorial lainnya ...
Selasa, 31 Januari 2023
Oppo Find X6 Series Akan Punya Tiga Varian, Ini Bocorannya
Senin, 16 Januari 2023
Asyik, Layar Samsung Galaxy Z Fold 5 Bakal Minim Kerutan
Sabtu, 14 Januari 2023
30 Anggota API BPD Riau Ikuti Kelas Digital Marketing
Rabu, 04 Januari 2023
Setahun Pasca Merger, IOH dan Twimbit Luncurkan Hasil Riset Empowering Indonesia 2023

Tekno dan Sains lainnya ...
Selasa, 31 Januari 2023
Peringati Hari Kanker Dunia, IDI Pekanbaru akan Gelar Berbagai Kegiatan
Senin, 30 Januari 2023
Prevalensi Stunting di Siak Naik 3 Persen, Wabup: Perlu Perhatian Serius
Senin, 30 Januari 2023
Sederhanakan Birokrasi, BKKBN Riau Terbitkan Surat Tugas Tim Kerja
Senin, 23 Januari 2023
Direktur Kemenkes Minta Layanan Kanker dan Jantung di RSUD Arifin Achmad Riau Ditingkatkan

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Selasa, 31 Januari 2023
Gubernur Syamsuar Bangga Anak Riau Diterima Magang di Thailand dan Filipina
Jumat, 20 Januari 2023
Waka DPRD Riau Hardianto Raih Gelar Magister Manajemen dari Sekolah Pascasarjana Unilak
Rabu, 18 Januari 2023
Syamsuar, Ganjar hingga Risma Hadiri Pelantikan Rektor IPB
Selasa, 17 Januari 2023
Mahasiswa IPB Goes to School ke 80 Sekolah di Riau

Kampus lainnya ...
Rabu, 09 November 2022
Wijatmoko Rah Trisno Pimpin Forum CSR Provinsi Riau
Rabu, 12 Oktober 2022
BDI EMP Bersama Bakrie Amanah Salurkan Santunan Pendidikan Tahap II
Senin, 10 Oktober 2022
Wujudkan Kota Dumai Bersih, BRK Syariah Bantu Pengadaan Sarana Angkutan Sampah Lewat Program CSR
Minggu, 09 Oktober 2022
BSI dan BSI Maslahat Bantu Pembuatan Sumur Bor Yayasan Al Muslimin Dumai

CSR lainnya ...

APRIl - Imlek 2023
Terpopuler
BUMD 2023
Foto
PCR 2023
Khas Hotel November 2022
Selasa, 31 Januari 2023
7 Drakor Terbaru Februari 2023, Ada The Heavenly Idol dan Taxi Driver 2
Senin, 30 Januari 2023
Sosialisasi Upaya Konservasi Gajah, Komedian Komeng dan Djarwo Kwat Kunjungi PLG Minas
Selasa, 10 Januari 2023
Luna Maya Buka Suara Soal Kabar Menikah dengan Gading Marten
Selasa, 06 Desember 2022
Bukan dengan Istri, Shah Rukh Khan Umrah Didampingi Bodyguard

Selebriti lainnya ...
Nataru 2022 April.RAPP
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Jumat, 02 Desember 2022
Lima Waktu Mustajab untuk Berdoa
Jumat, 02 Desember 2022
Amalan Hari Jumat yang Disunnahkan Rasulullah
Jumat, 18 November 2022
Pegadaian Tawarkan Produk Arrum Haji, Cicilan hanya Rp22 Ribu Perhari
Senin, 31 Oktober 2022
Forum Pekanbaru Kota Bertuah Taja Peringatan Maulid Nabi

Religi lainnya ...
Indeks Berita
www www