Jumat, 29 Maret 2024

Breaking News

  • Catatan Banjir Terparah, Bupati Zukri: Ini Harus jadi Perhatian Pemerintah Pusat   ●   
  • Jalan Sudirman Ujung Tergenang Banjir, PUPR Riau Turunkan Ekskavator Amfibi Bersihkan Parit   ●   
  • Akibat Galian IPAL, Jalan Ahmad Dahlan dan Balam Ujung Pekanbaru Ambruk   ●   
  • Berhasrat Ikut Pilgub Riau, Syamsurizal Incar Septina jadi Wakil
Agung Nugroho - Ramadan 2024M

Tembus Rp718 Miliar, Bapenda: Terima Kasih Warga Pekanbaru untuk Tahun 2022 yang Luar Biasa!
Kamis, 05 Januari 2023 19:48 WIB
Tembus Rp718 Miliar, Bapenda: Terima Kasih Warga Pekanbaru untuk Tahun 2022 yang Luar Biasa!
Pemerintah Kota Pekanbaru menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Warga Pekanbaru atas kontribusi aktif dalam pembayaran pajak selama tahun 2022.

PEKANBARU (CAKAPLAH) - Pajak Daerah merupakan salah satu andalan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di kota bertuah. Berapapun nominal yang disetorkan masyarakat memiliki andil besar untuk Pembangunan kota Pekanbaru, yang juga dapat didistribusikan untuk program-program menyentuh di berbagai sendi kehidupan warganya.

Hal ini diungkapkan Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) kota Pekanbaru Alek Kurniawan SP MSi.

“Uang hasil pembayaran pajak daerah, berapapun nominalnya memiliki andil besar bagi Pemko untuk membiayai berbagai keperluan publik,” ungkap pria yang akrab disapa Akur itu.

Akur menuturkan bahwa majunya Kota Pekanbaru tidak terlepas dari kesadaran masyarakat dalam memenuhi tanggung jawabnya membayar pajak. Pajak tersebut nantinya akan kembali lagi ke rakyat dalam bentuk pembangunan dan program pro rakyat lainnya.

“Mulai program kesehatan, program infrastruktur seperti pemeliharaan jalan, hingga pelayanan pendidikan dan program lainnya, sebagian besar dibiayai dari uang pajak yang disetorkan masyarakat,” tambahnya

Makanya Akur mengapresiasi warga Pekanbaru atas realisasi pajak yang sampai 30 Desember 2022 tembus di angka Rp718 milyar lebih. Realisasi itu setara 96,76% dari target yang telah ditetapkan pada tahun 2022.

Selain itu pihaknya pun mengapresiasi kinerja tim Bapenda yang terus bekerja maksimal dalam optimalisasi pemungutan pajak daerah sampai berakhirnya tahun 2022 ini.

“Memang masih ada beberapa objek pajak yang belum tergarap maksimal seperti sarang burung walet, MBLB dan Air Tanah. Tapi ada objek pajak yang hampir menyentuh realisasi 100% yaitu Pajak Hiburan, dan Pajak Parkir,” imbuhnya.

Ia mengakui masih ada objek pajak yang potensial namun realisasinya masih berkisar di angka 80%-an yaitu PBB dan Pajak Reklame. Makanya ia menggarisbahwahi bahwa tidak akan berpuas diri sampai di Rp718 miliar saja, Akur menyebut masih banyak tugas dalam optimalisasi pemungutan pajak daerah sebagaimana arahan dari Pj. Walikota Muflihun kepada dirinya saat dilantik selaku Kabapenda pada 21 November 2022 yang lalu.

Terlebih ada beberapa objek pajak yang belum tergarap maksimal yaitu Pajak Air Tanah, Pajak Sarang Burung Walet dan Pajak Mineral Bukan Batuan dan Logam (MBLB). Yang menurutnya memberikan kontribusi negatif terhadap persentase penerimaan Pajak secara keseluruhan.

“Kita masih banyak PR, makanya kita akan terus berbenah dan mengevaluasi sehingga kedepannya target yang telah ditetapkan dapat kita capai untuk seluruh objek pajak,” sebutnya.

“Tapi bagaimanapun Kami Keluarga Besar Bapenda Kota Pekanbaru menyampaikan apresiasi atas partisipasi seluruh masyarakat yang telah memenuhi dan melaksanakan kewajiban perpajakan untuk Pembangunan kota Pekanbaru yang berkelanjutan. Terimakasih untuk tahun 2022 yang luar biasa!” sambungnya.

Hal senada ikut diungkapkan Sekretaris Bapenda, Ade Rinaldi SE yang menyebutkan berbagai upaya, inovasi, dan terobosan terus dilakukan pihaknya untuk meningkatkan PAD yang tentunya ditujukan untuk pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

Ia mengklaim pihaknya telah memetakan upaya optimalisasinya lewat intensifikasi, ekstensifikasi dan digitalisasi, yang diterjemahkan dalam 4 langkah besar yaitu: Pendataan ulang dan upgrade database perpajakan, pengembangan teknologi informasi yang memadai, penguatan kualitas SDM di Bapenda dan Penguatan inovasi, regulasi dan kerja sama.

“Kita bersama pak Kaban telah petakan 4 langkah utama lewat upgrade database, penguatan teknologi informasi, kualitas SDM, optimalisasi inovasi, regulasi dan Kerjasama. Highlight-nya kita sebut dengan istilah Intensifikasi, Ekstensifikasi dan Digitalisasi Pajak Daerah,” Sebut Ade.

"Semangat kawan-kawan Bapenda, Realisasi kita sampai sore ini tutup diangka Rp718-an miliar atau capaianya hampir di 97%-an dari target yang telah ditetapkan," tandasnya.

Ia menjelaskan, jika kinerjanya ditilik dari capaian persentase, penerimaan BPHTB menjadi kinerja yang paling tinggi di angka 103.23 %. Begitupun jika ditinjau dari nominalnya, penerimaan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) mendominasi dengan angka hampir Rp 187 miliaran. Diikuti selanjutnya oleh Pajak Restoran sebesar 102,52% di angka Rp122 miliar, Pajak hotel 101,44% di angka Rp40 miliaran, Pajak Penerangan Jalan 100,73 % dengan angka Rp147 miliar dan pajak lainnya (Pajak Parkir, Hiburan, Reklame, Air Tanah, PBB dan MBLB) di angka Rp222 miliaran.

Mantan Kepala Bidang retribusi, PADL dan Dana Bagi Hasil Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Riau ini menyebutkan bahwa realisasi penerimaan pajak daerah kota Pekanbaru menorehkan capaian yang “luar biasa” dan menorehkan “sejarah baru” karena tembus di angka Rp718 miliar.

Karena jika disandingkan year to year realisasi 2022 dengan tahun 2021 yang terealisasi di angka Rp587 miliar naik secara nominal diangka Rp131 miliar atau setara naik 23%-an. Jika disandingkan dengan realisasi pajak 2019 senilai Rp620 miliar (masa sebelum pandemi melanda) atau berselisih naik di angka Rp98 miliar atau naik porsentase realisasinya 16%-an.

Secara memadai ia mengungkapkan pertumbuhan positif realisasi pajak daerah year to year untuk 5 tahun terakhir secara berurutan mulai tahun 2018-2022 adalah Rp499 miliar, Rp620 miliar, Rp573 miliar, Rp587 miliar dan Rp718 miliar.

“Memang disaat pandemi melanda terdahulu, kita agak melandai. Alhamdulillah tahun 2022 sudah menggeliat kembali,” sebutnya.

Sejak ditukangi ‘duet’ Akur dan Ade, berbagai terobosan digesa Bapenda dalam rangka menciptakan kemudahan dan kemurahan layanan perpajakan di organisasi yang dipimpinnya. Bahkan pihaknya secara massif terus mengajak masyarakat untuk melunasi pajak daerahnya sampai tutup tahun karena adanya penghapusan denda (sanksi administratif) terhadap 11 Jenis Pajak Daerah yang dikelola yaitu PBB, BPHTB, Pajak Hotel, Pajak Restoran, Pajak Reklame, Air Tanah, Penerangan Jalan, Parkir, MBLB, Sarang Burung Walet dan Pajak Hiburan.
"Terimakasih Warga Pekanbaru. Semoga sinergi baik selama ini terus terjalin untuk Pekanbaru yang lebih maju," apresiasinya.

Ditempat terpisah, Pj Walikota Pekanbaru Muflihun turut mengapresiasi kinerja Bapenda dan tim, atas capaiannya selama tahun 2022. Meski diakuinya belum menyentuh di angka 100%, tapi realisasi pajak mencetak ‘babak baru’ sejak Bapenda ini ada. Tak lupa ia menyampaikan apresiasi kepada masyarakat Pekanbaru yang telah berkontribusi aktif melalui pembayaran pajak mereka.

“Saya atas nama Pemerintah Kota Pekanbaru mengucapkan terima kasih dan menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas pembayaran pajak Warga Pekanbaru yang secara keseluruhan mencapai Rp718 miliar. Pajak yang Bapak/Ibu setorkan menjadi tulang punggung utama pembangunan kota yang kita cintai ini,” ujarnya.

Makanya ia menyebutkan, sejumlah insentif pajak telah diterbitkan Pemko Pekanbaru untuk membantu dunia usaha dan masyarakat agar tidak terpuruk pasca pandemi Covid-19. Diantaranya melalui penerbitan regulasi tentang Pemberian Pengurangan dan/atau Pembatalan Ketetapan BPHTB, Pemberian Pengurangan PBB Akibat Dampak Covid-19 dan Penghapusan Sanksi Administrasi untuk semua Pajak Daerah yang dikelola kota Pekanbaru.

“Semoga kedepannya wajib pajak lebih bisa tertib lagi dalam membayar pajak, karena uangnya akan kembali lagi kepada masyarakat. Makanya kepada Bapenda telah kami perintahkan untuk terus memberikan pelayanan prima dalam urusan perpajakan ini,” pungkasnya.

Penulis : Kholik Aprianto
Editor : Ali
Kategori : Serantau
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Artikel Lainnya
0 Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Jumat, 29 September 2023
Komisi II Usul Kementerian ATR/BPN dan KLHK Kolaborasi Selesaikan Redistribusi Tanah
Jumat, 29 September 2023
Setjen DPR Berikan Perhatian Terhadap Pensiunan Melalui P3S
Kamis, 28 September 2023
TikTok Shop Cs Dilarang, Ketua DPR Berharap Aturan Baru Ciptakan Keseimbangan Pasar Digital dan Konvensional
Kamis, 21 September 2023
Ancaman DBD Meningkat, Puan Dorong Sosialisasi Masif Tekan Risiko Kematian

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 07 November 2023
Riau Terima Penghargaan Bhumandala Award 2023
Senin, 12 Desember 2022
Kapolda Riau Resmikan Kantor Pelayanan Terpadu Polres Rohil di Bagansiapiapi
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'

CAKAPLAH TV lainnya ...
Kamis, 28 Maret 2024
Jelang Pilkada, Subdit Politik Dir Intelkam Polda Riau Silaturahmi dengan Pengurus Partai Gelora Rohul
Kamis, 28 Maret 2024
HIPMI Pekanbaru Gelar Buka Puasa Bersama dan Santuni Anak Yatim
Kamis, 28 Maret 2024
Pemprov bersama Masjid Annur Riau Serahkan Santunan ke 150 Anak Yatim
Kamis, 28 Maret 2024
Ketua Komisi Kejaksaan Apresiasi Kerja Kejagung Usut Mega Korupsi Tambang Timah

Serantau lainnya ...
Kamis, 28 Maret 2024
RAFI 2024, Telkomsel Berbagi Harapan dan Perkuat Semangat Kebersamaan
Rabu, 27 Maret 2024
Kick Off Riau Sharia Week 2024, BI Gelar Capacity Building Nazhir Wakaf Produktif
Kamis, 21 Maret 2024
Eka Hospital Pekanbaru Beri Kiat Olahraga Saat Puasa
Senin, 18 Maret 2024
Jalan-jalan dengan Nyaman Bersama Sinar Jaya: Layanan dan Pemesanan Online

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 02 Maret 2023
Wadah Menyalurkan Bakat, Ketua DPRD Riau Yulisman Hadiri Festival Musik Akustik di SMA Negeri 1 Pasir Penyu Inhu
Rabu, 01 Maret 2023
Rapat Paripurna, DPRD Provinsi Riau Umumkan Reses Masa Persidangan I Tahun 2023
Selasa, 28 Februari 2023
Kunjungi Kemendikbud, Komisi V DPRD Riau Bahas Persoalan PPDB
Kamis, 23 Februari 2023
Disdik Gelar Pelatihan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru SD Se-Kota Pekanbaru

Advertorial lainnya ...
Kamis, 29 Februari 2024
Telkomsel dan ZTE Wujudkan Pengalaman Gigabit yang Andal dan Efisien
Selasa, 20 Februari 2024
Samsung Hadirkan Galaxy S24 Series dengan Kecerdasan Software Canggih
Jumat, 09 Februari 2024
Apple Kembangkan 2 Prototipe iPhone Lipat Bergaya Flip
Kamis, 01 Februari 2024
Samsung Buka-bukaan Soal Keunggulan Exynos 2400 di Galaxy S24 dan S24+

Tekno dan Sains lainnya ...
Kamis, 22 Februari 2024
Pemula di Dunia Yoga? Inilah Panduan Cara Memilih Matras Yoga yang Tepat
Sabtu, 27 Januari 2024
Cegah Resistensi, Gunakan Obat Antibiotik dengan Bijak
Senin, 15 Januari 2024
14 Persiapan Penting Awal Kehamilan untuk Calon Ibunda dan Buah Hati
Minggu, 17 Desember 2023
Liburan Sekolah Makin Meriah, Ratusan Peserta Ikuti Khitanan Massal

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Selasa, 26 Maret 2024
BPH UMRI Gelar Lomba Ibadah Praktis Sesuai Tuntunan HPT
Senin, 25 Maret 2024
Berhadiah Umrah dan Beasiswa, Umri Gelar Lomba Tahfidz Alquran
Kamis, 21 Maret 2024
UPT Promosi dan Penerimaan Mahasiswa Baru UMRI Taja Ifthor Jama’i
Jumat, 08 Maret 2024
Semarakkan Ramadan 1445 H, Umri Undang UAS hingga Santuni Seribu Dhuafa

Kampus lainnya ...
Rabu, 03 Mei 2023
Kompilasi Semarak Silaturahmi Satu HATI, CDN Bangkinang Santuni Anak Yatim
Rabu, 05 April 2023
Safari Ramadan, PT Musim Mas Salurkan Paket Sembako untuk Anak Yatim dan Fakir Miskin
Selasa, 04 April 2023
Telkomsel Siaga Rafi Sumbagteng Salurkan CSR untuk Panti Jompo bersama Dompet Dhuafa Riau
Jumat, 03 Maret 2023
Tingkatkan Kesehatan dan Budaya Lokal, Bank Mandiri Serahkan Bantuan ke Posyandu dan Grup Rebana

CSR lainnya ...
Jumat, 09 Februari 2024
Lika-liku 7 Perjalanan Asmara Ayu Ting Ting hingga Tunangan dengan Anggota TNI
Minggu, 28 Januari 2024
Huh Yunjin Bak Sehati Dengan Han So Hee Kala Cuma Pakai Dalaman Di Trailer LE SSERAFIM
Sabtu, 27 Januari 2024
Gigi Hadid dan Bradley Cooper Tak Sungkan Perlihatkan Kemesraan
Rabu, 24 Januari 2024
Park Ji-hyun Ungkap Persiapan Membinangi Drama Terbarunya

Selebriti lainnya ...

Iklan CAKAPLAH
Terpopuler
Foto
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Senin, 14 Agustus 2023
Pengurus Masjid Nurul Ikhlas Kubang Minta Tunjuk Ajar ke Wagubri
Sabtu, 12 Agustus 2023
Gebyar Kandis Bersholawat Bakal Dihadiri Ribuan Jemaah NU
Senin, 31 Juli 2023
Mualaf Riau Butuh Pembinaan, Begini Caranya...
Sabtu, 29 Juli 2023
Mantan Wawako Pekanbaru, Ayat Cahyadi Turut Saksikan Pengukuhan Pengurus Masjid Al-Hamidah Rejosari

Religi lainnya ...
Rabu, 13 Maret 2024
Kepala BKPSDM Pekanbaru Harapkan Kinerja ASN Maksimal Selama Bulan Ramadan
Jumat, 08 Maret 2024
Pemko Pekanbaru Sudah Tetapkan Jam Kerja ASN Selama Ramadan 1445 H
Rabu, 28 Februari 2024
Pemko Pekanbaru Masih Tunggu Juknis Pusat Terkait Seleksi CPNS dan PPPK
Selasa, 27 Februari 2024
Kepala BKPSDM Dampingi Pj Walikota Terima Penghargaan Anugerah Kualitas Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Tahun 2023

Galeri Foto lainnya ...
Indeks Berita
www www