Jumat, 19 April 2024

Breaking News

  • Catatan Banjir Terparah, Bupati Zukri: Ini Harus jadi Perhatian Pemerintah Pusat   ●   
  • Jalan Sudirman Ujung Tergenang Banjir, PUPR Riau Turunkan Ekskavator Amfibi Bersihkan Parit   ●   
  • Akibat Galian IPAL, Jalan Ahmad Dahlan dan Balam Ujung Pekanbaru Ambruk   ●   
  • Berhasrat Ikut Pilgub Riau, Syamsurizal Incar Septina jadi Wakil
Kelmi April 2024

Musrenbang RKPD 2024 Kabupaten Bengkalis, Rumuskan Fokus Pembangunan dan Kolaborasi Bangkitkan Ekonomi UMKM
Sabtu, 18 Maret 2023 10:52 WIB
Musrenbang RKPD 2024 Kabupaten Bengkalis, Rumuskan Fokus Pembangunan dan Kolaborasi Bangkitkan Ekonomi UMKM
Musrenbang RKPD Tahun 2024 Pemerintah Kabupaten Bengkalis

BENGKALIS(CAKAPLAH)-Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bengkalis menggelar Musrenbang dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun 2024, Kamis (16/3/2023) di Balai Kerapatan Wisma Daerah Sri Mahkota Bengkalis.

Rancangan tema pembangunan Pemerintah Kabupaten Bengkalis Tahun 2024 yakni “Mengembangkan Potensi Wilayah Perbatasan dan Lokus Pembangunan Kawasan”.

Berangkat dari tema tersebut, pada tahun ketiga priodesasi RPJMD ini, pembangunan Kabupaten Bengkalis akan difokuskan pada kebijakan yang mendukung pemulihan dan peningkatan yang mencangkup dua prioritas. Pertama pengembangan potensi wilayah perbatasan dan kedua pengembangan lokus pembangunan kawasan.

Bupati Kasmarni didampingi Wakil Bupati Bagus Santoso memberikan pengarahan

"Kedua prioritas ini tentunya akan berfokus kepada ekonomi perikanan, perkebunan, dan perdagangan (lintas batas), pesisir, lingkungan hidup, budidaya perikanan, sumber daya manusia, maritim pulau-pulau kecil dan wisata bahari,”ucap Bupati Bengkalis, Kasmarni saat membuka Musrenbang RKPD tahun 2024

Dalam Musrenbang tersebut, tampak hadir Wakil Bupati Bengkalis H Bagus Santoso, Plt Sekda dr. Ersan Saputra, Kepala Bappeda Rinto, Anggota DPRD Sofyan dan Rubi Handoko, Kepala Bappedalitbang Provinsi Riau Emri Juli Harnis, Kepala Perangkat Daerah, Camat se-Kabupaten Bengkalis serta tamu undangan lainnya.

Kasmarni mengatakan, Pemerintah Kabupaten Bengkalis juga akan fokus pada infrastruktur, penataan destinasi pariwisata, pertanian, perkebunan, penataan kawasan perkotaan dan penataan kawasan kumuh.

Adapun sasaran target indikator untuk tahun 2024 nantinya adalah pertama, indikator makro tahun 2024 pada pertumbuhan perekonomian, dengan target sebesar 0,61-1,23%.

Kemudian, indikator tingkat pengangguran sebesar 6,8 – 6,62%, indikator tingkat kemiskinan sebesar 6,28 – 6,18%, indikator indeks pembangunan manusia (IPM) sebesar 74,55 – 74,9% dan terakhir, indikator gini rasio sebesar 0,263 – 0,260.

Bupati mengatakan, Musrenbang dalam rangka penyusunan RKPD tahun 2024 ini merupakan momentum penting bagi semua pihak, mengingat forum ini merupakan tahun perencanaan ketiga perjalanan rencana pembangunan jangka menengah daerah Kabupaten Bengkalis tahun 2021-2026.

Untuk itu Kasmarni berharap, momentum ini hendaknya dapat dijadikan sebagai landasan yang kuat dalam menyusun perencanaan pembangunan, tidak saja untuk rencana pembangunan jangka pendek, akan tetapi bagaimana bisa meletakkan dasar-dasar pembangunan yang kokoh dan berkelanjutan serta bersinergikan dengan pemerintah pusat, pemerintah provinsi riau baik secara sektoral maupun secara kewilayahan.

“Saat ini kita sedang memasuki dinamika pembangunan yang cukup kompleks dampak dari globalisasi. Di lain pihak terbatasnya sumber daya pembangunan khususnya terbatasnya anggaran, tentunya akan berakibat pula pada pelaksanaan program-program unggulan dan strategis Kabupaten Bengkalis yang telah kita susun dengan baik. Untuk itu, sangat diperlukan adanya penajaman program pembangunan, pemilihan prioritas yang sangat urgen untuk kemudian kita rumuskan menjadi program/kegiatan pembangunan yang efektif dalam upaya menjawab permasalahan pembangunan yang mendasar,” papar Kasmarni.

Kolaborasi Bangkitkan Ekonomi

Musrenbang RKPD Tahun 2024 dikemas berbeda dari tahun sebelumnya. Selain merumus kebijakan fokus pembangunan daerah, Bappeda menginisiasi berbagai kegiatan peningkatan ekonomi masyarakat di area Wisma Daerah dan Jalan Antara Bengkalis dimana lokasi Musrenbang digelar.

Bupati Kasmarni, Plt Sekda dr Ersan Saputra, Kepala Bappeda Rinto dan Forkopimda foto bersama di Malam Kreasi Pesona Bermasa

Kegiatan itu diantaranya, Expo Ekonomi Kreatif, Malam Kreasi Pesona Bermasa, Pagelaran Seni, Pemutaran Film Dokumenter dan Talk Show Ekraf Pesona Bermasa.

“Kami sebut dengan "Musrenbang Kolaborasi” dengan pelibatan komunitas, organisasi dan pelaku ekonomi kreatif dan UMKM di Kabupaten Bengkalis dalam bentuk kegiatan “Community Space Pesona Bermasa 2023”,” ujar Kepala Bappeda Bengkalis Rinto.

Dikatakan, Musrenbang Kolaborasi tersebut juga merupakan bagian dari implementasi program unggulan "Wisma Daerah sebagai Rumah Aspirasi".

Pembukaan Expo Ekonomi Kreatif

Expo ekonomi kreatif dari komunitas, organisasi dan pelaku ekraf di Bengkalis dilaksanakan selama 1 hari full dari pukul 09.00 - 17.30 WIB. Selanjutnya malam harinya dari pukul 18.30 hingga 23.00 WIB akan dilaksanakan “Malam Kreasi Ekonomi” yang biasa dikenal CFN lengkap dgn pagelaran seni, talkshow dan pemutaran film-film dokumenter karya anak-anak Bengkalis.

“Kegiatan ini melibatkan puluhan komunitas dan ratusan pelaku UMKM. Harapan kami tentunya program ini dapat mendukung bangkitnya ekonomi masyarakat,”sebut Rinto.

Perputaran uang capai Rp2 Miliar

Expo ekonomi kreatif dari komunitas, organisasi dan pelaku ekraf di Bengkalis berdampak terhadap peningkatan ekonomi masyarakat. Tidak tanggung-tanggung, kegiatan kolaborasi Bappeda dengan para komunitas dan pelaku Ekraf itu berdampak pada perputaran uang sekitar Rp2 miliar.

Bupati Bengkalis Kasmarni didampingi Plt Sekda dr Ersan Saputra dan Forkopimda membuka resmi Malam Kreasi Pesona Bermasa

"Diperkirakan ada lebih kurang Rp 2 miliar rupiah perputaran uang yang terjadi pada malam kreasi pesona bermasa,"sebut Kepala Bappeda Kabupaten Bengkalis Rinto sebagai leader pelaksanaan kegiatan ini.

Diketahui, Expo Ekonomi Kreatif dan Malam Kreasi Pesona Bermasa melibatkan sebanyak 52 organisasi dan komunitas serta 200 pelaku usaha UMKM Kabupaten Bengkalis.

Inovasi Cerdas

Bupati Kasmarni memberikan apresiasi tinggi dilaksanakannya kegiatan Expo Ekonomi Kreatif dan Malam Kreasi Pesona Bermasa yang di isi dengan air berbagai kegiatan. Menurutnya itu merupakan ide, gagasan serta inovasi pemuda-pemudi cerdas Kabupaten Bengkalis.

Kepala Bappeda kabupaten Bengkalis Rinto memberikan sambutan

“Kami menyambut baik sekaligus memberikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh panitia penyelenggara, serta pihak-pihak yang terlibat, atas kreatifitas dan inovasinya, dengan melaksanakan talkshow ekraf pesona bermasa malam kreasi yang dipadukan dengan expo dan penayangan film dokumenter hasil karya putra-putri negeri junjungan yang sangat bermanfaat serta bernilai ekonomis ini,” ujar Kasmarni.

Melalui momentum malam, selain dapat memperkuat silaturrahmi, juga dapat menjadi sarana untuk membangun sinergi dalam menyukseskan berbagai program pembangunan, khususnya dalam konteks pembangunan di sektor industri kreatif serta UMKM agar lebih maju, tangguh, berkembang dan mendunia.

Dengan terwujudnya sinergisitas, kolaborasi dan inklusifitas ini sambung Kasmarni lagi, kedepannya sektor industri kreatif dan UMKM dapat tumbuh dan berkembang dengan pesat di Negeri Junjungan.

Bupati Kasmarni sambangi pelaku UMKM

"Sehingga dapat menopang perkembangan dan pertumbuhan pembangunan sektor pariwisata kita, mengingat, kedua sektor tersebut dapat saling berinovasi dengan mengedepankan kearifan lokal,"pungkas orang nomor satu di Kabupaten Bengkalis itu.

Kepada penyelengara Kasmarni berpesan, program ini jangan berhenti sampai disini, namun program ini harus dibudidayakan karena selain bisa meningkatkan pendapatan masyarakat, juga bisa menjadi objek wisata tersendiri bagi masyarakat.

Penulis : Agustiawan
Editor : Yusni
Kategori : Serantau
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Artikel Terkait
0 Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Jumat, 29 September 2023
Komisi II Usul Kementerian ATR/BPN dan KLHK Kolaborasi Selesaikan Redistribusi Tanah
Jumat, 29 September 2023
Setjen DPR Berikan Perhatian Terhadap Pensiunan Melalui P3S
Kamis, 28 September 2023
TikTok Shop Cs Dilarang, Ketua DPR Berharap Aturan Baru Ciptakan Keseimbangan Pasar Digital dan Konvensional
Kamis, 21 September 2023
Ancaman DBD Meningkat, Puan Dorong Sosialisasi Masif Tekan Risiko Kematian

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 07 November 2023
Riau Terima Penghargaan Bhumandala Award 2023
Senin, 12 Desember 2022
Kapolda Riau Resmikan Kantor Pelayanan Terpadu Polres Rohil di Bagansiapiapi
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'

CAKAPLAH TV lainnya ...
Selasa, 16 April 2024
Kapolres Pelalawan Turun Langsung Cek Rumah Warga yang Ditinggal Mudik
Selasa, 16 April 2024
Pembenahan di Pelabuhan RoRo Bengkalis Berdampak Positif ke Pelayanan dan Antrean
Selasa, 16 April 2024
Plt Bupati Asmar Hadiri Halalbihalal di Desa Mengkirau
Sabtu, 13 April 2024
AKBP Asep Sujarwadi Pimpin Patroli ke Perumahan Warga Jaga Keamanan Saat Libur Idulfitri 1445 H

Serantau lainnya ...
Minggu, 07 April 2024
Pererat Silaturahmi, Siwo PWI Riau Gelar Buka Bersama BJB dan PSSI
Kamis, 04 April 2024
5 Ide Resep Masakan Pakai Rice Cooker, Cocok untuk Anak Kos!
Kamis, 04 April 2024
Rekomendasi Fashion Wanita Zaman Sekarang
Jumat, 29 Maret 2024
Pengusaha Wanita di Riau Bagi-bagi Takjil Gratis kepada Pengguna Jalan

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 02 Maret 2023
Wadah Menyalurkan Bakat, Ketua DPRD Riau Yulisman Hadiri Festival Musik Akustik di SMA Negeri 1 Pasir Penyu Inhu
Rabu, 01 Maret 2023
Rapat Paripurna, DPRD Provinsi Riau Umumkan Reses Masa Persidangan I Tahun 2023
Selasa, 28 Februari 2023
Kunjungi Kemendikbud, Komisi V DPRD Riau Bahas Persoalan PPDB
Kamis, 23 Februari 2023
Disdik Gelar Pelatihan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru SD Se-Kota Pekanbaru

Advertorial lainnya ...
Kamis, 29 Februari 2024
Telkomsel dan ZTE Wujudkan Pengalaman Gigabit yang Andal dan Efisien
Selasa, 20 Februari 2024
Samsung Hadirkan Galaxy S24 Series dengan Kecerdasan Software Canggih
Jumat, 09 Februari 2024
Apple Kembangkan 2 Prototipe iPhone Lipat Bergaya Flip
Kamis, 01 Februari 2024
Samsung Buka-bukaan Soal Keunggulan Exynos 2400 di Galaxy S24 dan S24+

Tekno dan Sains lainnya ...
Kamis, 18 April 2024
Ini Dia Manfaat Merawat Gigi, Yuk, Kunjungi Klinik Gigi Terdekat Sekarang!
Kamis, 22 Februari 2024
Pemula di Dunia Yoga? Inilah Panduan Cara Memilih Matras Yoga yang Tepat
Sabtu, 27 Januari 2024
Cegah Resistensi, Gunakan Obat Antibiotik dengan Bijak
Senin, 15 Januari 2024
14 Persiapan Penting Awal Kehamilan untuk Calon Ibunda dan Buah Hati

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Sabtu, 06 April 2024
Rangkaian Ramadan Ceria Umri Berakhir, 5.000 Orang Terima Manfaat
Selasa, 26 Maret 2024
BPH UMRI Gelar Lomba Ibadah Praktis Sesuai Tuntunan HPT
Senin, 25 Maret 2024
Berhadiah Umrah dan Beasiswa, Umri Gelar Lomba Tahfidz Alquran
Kamis, 21 Maret 2024
UPT Promosi dan Penerimaan Mahasiswa Baru UMRI Taja Ifthor Jama’i

Kampus lainnya ...
Rabu, 03 Mei 2023
Kompilasi Semarak Silaturahmi Satu HATI, CDN Bangkinang Santuni Anak Yatim
Rabu, 05 April 2023
Safari Ramadan, PT Musim Mas Salurkan Paket Sembako untuk Anak Yatim dan Fakir Miskin
Selasa, 04 April 2023
Telkomsel Siaga Rafi Sumbagteng Salurkan CSR untuk Panti Jompo bersama Dompet Dhuafa Riau
Jumat, 03 Maret 2023
Tingkatkan Kesehatan dan Budaya Lokal, Bank Mandiri Serahkan Bantuan ke Posyandu dan Grup Rebana

CSR lainnya ...
Jumat, 09 Februari 2024
Lika-liku 7 Perjalanan Asmara Ayu Ting Ting hingga Tunangan dengan Anggota TNI
Minggu, 28 Januari 2024
Huh Yunjin Bak Sehati Dengan Han So Hee Kala Cuma Pakai Dalaman Di Trailer LE SSERAFIM
Sabtu, 27 Januari 2024
Gigi Hadid dan Bradley Cooper Tak Sungkan Perlihatkan Kemesraan
Rabu, 24 Januari 2024
Park Ji-hyun Ungkap Persiapan Membinangi Drama Terbarunya

Selebriti lainnya ...

Mutiara Merdeka Hotel - April 2024
Terpopuler
Iklan CAKAPLAH
Foto
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Senin, 14 Agustus 2023
Pengurus Masjid Nurul Ikhlas Kubang Minta Tunjuk Ajar ke Wagubri
Sabtu, 12 Agustus 2023
Gebyar Kandis Bersholawat Bakal Dihadiri Ribuan Jemaah NU
Senin, 31 Juli 2023
Mualaf Riau Butuh Pembinaan, Begini Caranya...
Sabtu, 29 Juli 2023
Mantan Wawako Pekanbaru, Ayat Cahyadi Turut Saksikan Pengukuhan Pengurus Masjid Al-Hamidah Rejosari

Religi lainnya ...
Rabu, 13 Maret 2024
Kepala BKPSDM Pekanbaru Harapkan Kinerja ASN Maksimal Selama Bulan Ramadan
Jumat, 08 Maret 2024
Pemko Pekanbaru Sudah Tetapkan Jam Kerja ASN Selama Ramadan 1445 H
Rabu, 28 Februari 2024
Pemko Pekanbaru Masih Tunggu Juknis Pusat Terkait Seleksi CPNS dan PPPK
Selasa, 27 Februari 2024
Kepala BKPSDM Dampingi Pj Walikota Terima Penghargaan Anugerah Kualitas Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Tahun 2023

Galeri Foto lainnya ...
Indeks Berita
www www