Kamis, 18 April 2024

Breaking News

  • Catatan Banjir Terparah, Bupati Zukri: Ini Harus jadi Perhatian Pemerintah Pusat   ●   
  • Jalan Sudirman Ujung Tergenang Banjir, PUPR Riau Turunkan Ekskavator Amfibi Bersihkan Parit   ●   
  • Akibat Galian IPAL, Jalan Ahmad Dahlan dan Balam Ujung Pekanbaru Ambruk   ●   
  • Berhasrat Ikut Pilgub Riau, Syamsurizal Incar Septina jadi Wakil
Kelmi April 2024

Satu Persatu Program Prioritas Diluncurkan, Bukti Perhatian Pj Walikota kepada Masyarakat
Selasa, 07 Februari 2023 14:51 WIB
Satu Persatu Program Prioritas Diluncurkan, Bukti Perhatian Pj Walikota kepada Masyarakat
PEKANBARU (CAKAPLAH) - Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun memastikan berbagai program priorotas seperti santunan kematian, beasiswa bagi mahasiswa berprestasi dari keluarga tidak mampu, subsidi bunga bagi pelaku UMKM, Kunjungan Rumah Masyarakat Hidup Sehat (Kurma Manis) maupun bantuan makanan bagi warga tidak mampu, anak terlantar dan penyandang disabilitas, akan dijalankan oleh Pemerintah Kota Pekanbaru di Tahun 2023 ini.

"Insya Allah semuanya bisa terlaksana tahun ini. Saat ini satu persatu program prioritas mulai kita luncurkan," ujar Pj Walikota Pekanbaru Muflihun.

Muflihun menegaskan bahwa pemerintah kota tetap menjalankan program prioritas walau masih ada puluhan miliar rupiah tunda bayar.

"Pemerintah kota sudah punya janji ke masyarakat terkait program prioritas ini. Kita ingin lebih dekat ke masyarakat. Seluruh program prioritas akan tetap kita luncurkan di tahun ini sesuai dengan janji saya sebelumnya kepada masyarakat," ungkapnya.

Launching Layanan Kurma Manis

Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun secara resmi meluncurkan program Kunjungan Rumah Masyarakat Hidup Sehat (Kurma Manis) Senin (30/1/2023). Peresmian program ini berlangsung di Puskesmas Sapta Taruna, Jalan Sapta Taruna.

"Alhamdulillah hari ini sama-sama kita menyaksikan launching program Kunjungan Rumah Masyarakat Hidup Sehat atau Kurma Manis," ujar Muflihun usai peresmian, Senin (30/1/2023).

Ia mengatakan program ini bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk mendapatkan akses pelayanan kesehatan di Kota Pekanbaru.

"Tentunya setelah launching ini memang untuk pelayanan belum sepenuhnya seratus persen maksimal, pasti ada kekurangan. Namun hari ini kita sudah beranikan diri untuk memberikan ruang komunikasi yang cepat kepada masyarakat terkait dengan kesehatan," Cakapnya.

Disampaikan Muflihun, tentunya ini akan terus dilakukan evaluasi. Sehingga ini bisa jadi program yang mempunyai manfaat positif bagi masyarakat. Sehingga ketika masyarakat sakit tak bisa berkunjung ke dokter karena berbagai faktor, hari ini tinggal menelpon call center atau nomor yang sudah disediakan.
 
"Harapan kedepan masyarakat Pekanbaru bisa merasakan fasilitas kesehatan yang ada di Pekanbaru. Jika nantinya ketika pasien tidak bisa diobati di rumahnya, maka akan dirujuk ke rumah sakit," sebutnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldy mengatakan ini merupakan salah satu program prioritas Pj Walikota disamping program lain yang langsung bersentuhan dengan Masyarakat. Harapannya ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

"Untuk prosedur layanan Kurma Manis ini,  bisa didapatkan oleh masyarakat di Pekanbaru dengan cara menghubungi Call Center di nomor 0851-0731-1234 atau bisa juga diakses melalui layanan emergency Call yang dikoordinir oleh Diskominfo dengan nomor 112," ucapnya.

Kedepan pihaknya sedang memproses untuk memperbaiki sistemnya lagi lebih baik kedepannya untuk layanannya, sehingga mudah masyarakat terlayani dan tidak dibebankan biaya yaitu layanan 119.

"Namun karena ini masih dalam tahap proses, saat ini mengandalkan nomor call center tadi. Dan itu memang masih berbayar sesuai dengan provider masing-masing," jelasnya.

Program Subsidi Bunga Pinjaman bagi UMKM

Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru meresmikan program subsidi bunga pinjaman bank di Sukaramai Trade Center (STC), Kamis (26/1). Subsidi bunga pinjaman hanya diberikan kepasa 1.111 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Bank Pekanbaru (PT BPR Pekanbaru Madani).

"Hari ini, kami meresmikan subsidi bunga pinjaman bagi pelaku UMKM di Bank Pekanbaru. Bank Pekanbaru sudah meraup keuntungan pada tahun lalu. Artinya, bank ini sudah mulai sehat," ujar Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Indra Pomi usai peresmian.

Mudah-mudahan dengan subsidi bungan pinjaman ini, para pelaku UMKM bisa kembali berusaha. Tapi, para pelaku UMKM diminta memanfaatkan uang pinjaman ini dengan baik.

"Jangan sampai bermasalah. Jangan hasil usaha digunakan untuk pribadi. Nanti, kepala Dinas Koperasi dan UKM memberikan pelatihan tentang mengelola usaha," ujar Indra Pomi.

Jadi, manajemen usaha juga harus baik. Pinjaman dari Bank Pekanbaru jangan sampai tak dikelola dengan baik.

"Kami targetkan 1.111 UMKM yang diberikan subsidi bungan pinjaman. Bantuan pinjaman ini hanua bagi pelaku UMKM yang memenuhi persyaratan," ungkap Indra Pomi.

Kesempatan yang sama, Direktur Utama (Dirut) Bank Pekanbaru Akhmad Fauzi mengatakan, subsidi bunga pinjaman sebesar 9 persen hanya diberikan bagi 1.111 pelaku UMKM. Jadi, pelaku UMKM hanya dikenakan bunga 3 persen saja. Jika tak disubsidi (normal), bunga pinjaman di bank sebesar 12 persen.

"Plafon anggaran sebesar Rp3 miliar bagi 1.111 pelaku UMKM tahun ini. Pinjaman paling tinggi hanya Rp15 juta," jelasnya.

Namun, pelaku UMKM yang ingin mendapatkan subsidi bunga pinjaman ini harus memenuhi persyaratan yang ditentukan Bank Pekanbaru. Pertama, memenuhi kriteria usaha mikro dan kecil yang produktif dan layak.

Kedua, penduduk Kota Pekanbaru yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Ketiga, bertempat usaha di Kota Pekanbaru.

Keempat, lolos informasi debitur dengan kategori lancar (kredit di bank lain tak macet). Kelima, Kartu Keluarga (KK).

Keenam, pas foto suami, istri, dan atau penjamin. Ketujuh, rencana anggaran biaya penggunaan dana.

Kedelapan, Nomor Induk Berusaha (NIB). Kesembilan, Surat Pakta Integritas bahwa debitur mendapatkan bantuan subsidi bunga dari Pemko Pekanbaru.

Kesepuluh, Surat Keterangan Usaha Mikro dan Kecil dari Dinas Koperasi, Usaha kecil dan Menengah Kota Pekanbaru. Terakhir, persyaratan lain sesuai ketentuan.

Bantuan Makanan untuk Puluhan Orang Terlantar

Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melalui Dinas Sosial (Dinsos) Pekanbaru sudah menyalurkan bantuan makanan kepada 25 orang Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) atau orang terlantar.

Disampaikan Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial (Resos) Dinsos Kota Pekanbaru, Adriani, bantuan diberikan saat orang terlantar ditampung di shelter Dinsos Pekanbaru.

"Untuk saat ini terus berproses, tapi ada beberapa yang sudah diberikan saat mereka berada di shelter. Sampai saat ini sudah sekitar 25 orang," kata Adriani, Selasa (7/2).

PMKS yang ditampung di shelter dikatakan Adriani, merupakan hasil jangkauan dan pengaduan dari pihak kepolisian.

Saat ini lanjut Adriani, ada 4 orang PMKS yang masih ditampung di shelter dan sudah dilakukan asesmen. Setelah asesmen, mereka akan dipulangkan ke pihak keluarga.

"Ada yang asal Mentawai, Sumatera Barat. Mereka akan dirujuk terlebih dahulu ke Dinas Sosial Padang dan akan diteruskan ke pihak keluarganya di Mentawai. Ada bayi usia 8 bulan dan ada anak usia 10 tahun," terangnya.

Lewat media, Kepala Bidang Resos Dinsos Kota Pekanbaru ini mengimbau masyarakat agar tidak memberikan bantuan di jalanan.


"Sesuai dengan arahan bapak Kepala Dinas, janganlah memberi divjalanan. Salurkanlah bantuan ditempat yang telah ditentukan, seperti ke badan amil zakat," pungkasnya.

Beasiswa untuk Mahasiswa Tak Mampu dan Berprestasi

Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru akan memberikan bantuan beasiswa untuk program D3 dan S1 melalui APBD Tahun 2023. Mahasiswa sudah dapat mengajukan bantuan beasiswa dari Pemko Pekanbaru pada Maret 2023 mendatang.


Asisten III Pemko Pekanbaru, Masykur Tarmizi, mengatakan program ini akan dimulai pada Maret 2023 dan mahasiswa bisa mendaftar atau akses secara online.

"Sesuai jadwal yang sudah disusun, Insya Allah kita umumkan bulan Februari dan Maret sudah bisa mendaftar secara online," ujar Masykur.

Ia menuturkan, mahasiswa yang berhak menerima bantuan beasiswa ini merupakan mahasiswa berprestasi dan keluarga tak mampu. Selain itu, mahasiswa berprestasi di bidang olahraga, seni, maupun akademik dapat mengajukan bantuan beasiswa ini.

"Kalau dia dari keluarga tidak mampu, dia terdaftar di DTKS. Kalau dia berprestasi, kita lihat prestasi bidang apa, apakah akademik, ada persyaratan IPK," bebernya.

Pihaknya akan menilai bidang prestasi yang dimiliki para calon pendaftar.

"Kalau prestasi bidang olahraga, misalnya mungkin dia pernah di kejuaraan apa, yang prestasinya nasional, ini bisa kita berikan. Ada prestasi akademik, prestasi di bidang olahraga, bidang seni, ada prestasi di bidang keagamaan," jelasnya.

Selanjutnya kata Masykur, mahasiswa yang telah mendaftar secara administrasi, tim akan melakukan verifikasi terlebih dahulu. Setelah dilakukan verifikasi selanjutnya dilakukan penyaluran beasiswa. "Setelah kita verifikasi baru penyaluran oleh bagian Kesra. Untuk besaran bantuan beasiswa bervariasi. Baik itu untuk S1 atau D3," pungkasnya.
 
Penulis : Unik Susanti
Editor : Yusni
Kategori : Serantau
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Artikel Lainnya
0 Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Jumat, 29 September 2023
Komisi II Usul Kementerian ATR/BPN dan KLHK Kolaborasi Selesaikan Redistribusi Tanah
Jumat, 29 September 2023
Setjen DPR Berikan Perhatian Terhadap Pensiunan Melalui P3S
Kamis, 28 September 2023
TikTok Shop Cs Dilarang, Ketua DPR Berharap Aturan Baru Ciptakan Keseimbangan Pasar Digital dan Konvensional
Kamis, 21 September 2023
Ancaman DBD Meningkat, Puan Dorong Sosialisasi Masif Tekan Risiko Kematian

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 07 November 2023
Riau Terima Penghargaan Bhumandala Award 2023
Senin, 12 Desember 2022
Kapolda Riau Resmikan Kantor Pelayanan Terpadu Polres Rohil di Bagansiapiapi
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'

CAKAPLAH TV lainnya ...
Selasa, 16 April 2024
Kapolres Pelalawan Turun Langsung Cek Rumah Warga yang Ditinggal Mudik
Selasa, 16 April 2024
Pembenahan di Pelabuhan RoRo Bengkalis Berdampak Positif ke Pelayanan dan Antrean
Selasa, 16 April 2024
Plt Bupati Asmar Hadiri Halalbihalal di Desa Mengkirau
Sabtu, 13 April 2024
AKBP Asep Sujarwadi Pimpin Patroli ke Perumahan Warga Jaga Keamanan Saat Libur Idulfitri 1445 H

Serantau lainnya ...
Minggu, 07 April 2024
Pererat Silaturahmi, Siwo PWI Riau Gelar Buka Bersama BJB dan PSSI
Kamis, 04 April 2024
5 Ide Resep Masakan Pakai Rice Cooker, Cocok untuk Anak Kos!
Kamis, 04 April 2024
Rekomendasi Fashion Wanita Zaman Sekarang
Jumat, 29 Maret 2024
Pengusaha Wanita di Riau Bagi-bagi Takjil Gratis kepada Pengguna Jalan

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 02 Maret 2023
Wadah Menyalurkan Bakat, Ketua DPRD Riau Yulisman Hadiri Festival Musik Akustik di SMA Negeri 1 Pasir Penyu Inhu
Rabu, 01 Maret 2023
Rapat Paripurna, DPRD Provinsi Riau Umumkan Reses Masa Persidangan I Tahun 2023
Selasa, 28 Februari 2023
Kunjungi Kemendikbud, Komisi V DPRD Riau Bahas Persoalan PPDB
Kamis, 23 Februari 2023
Disdik Gelar Pelatihan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru SD Se-Kota Pekanbaru

Advertorial lainnya ...
Kamis, 29 Februari 2024
Telkomsel dan ZTE Wujudkan Pengalaman Gigabit yang Andal dan Efisien
Selasa, 20 Februari 2024
Samsung Hadirkan Galaxy S24 Series dengan Kecerdasan Software Canggih
Jumat, 09 Februari 2024
Apple Kembangkan 2 Prototipe iPhone Lipat Bergaya Flip
Kamis, 01 Februari 2024
Samsung Buka-bukaan Soal Keunggulan Exynos 2400 di Galaxy S24 dan S24+

Tekno dan Sains lainnya ...
Kamis, 18 April 2024
Ini Dia Manfaat Merawat Gigi, Yuk, Kunjungi Klinik Gigi Terdekat Sekarang!
Kamis, 22 Februari 2024
Pemula di Dunia Yoga? Inilah Panduan Cara Memilih Matras Yoga yang Tepat
Sabtu, 27 Januari 2024
Cegah Resistensi, Gunakan Obat Antibiotik dengan Bijak
Senin, 15 Januari 2024
14 Persiapan Penting Awal Kehamilan untuk Calon Ibunda dan Buah Hati

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Sabtu, 06 April 2024
Rangkaian Ramadan Ceria Umri Berakhir, 5.000 Orang Terima Manfaat
Selasa, 26 Maret 2024
BPH UMRI Gelar Lomba Ibadah Praktis Sesuai Tuntunan HPT
Senin, 25 Maret 2024
Berhadiah Umrah dan Beasiswa, Umri Gelar Lomba Tahfidz Alquran
Kamis, 21 Maret 2024
UPT Promosi dan Penerimaan Mahasiswa Baru UMRI Taja Ifthor Jama’i

Kampus lainnya ...
Rabu, 03 Mei 2023
Kompilasi Semarak Silaturahmi Satu HATI, CDN Bangkinang Santuni Anak Yatim
Rabu, 05 April 2023
Safari Ramadan, PT Musim Mas Salurkan Paket Sembako untuk Anak Yatim dan Fakir Miskin
Selasa, 04 April 2023
Telkomsel Siaga Rafi Sumbagteng Salurkan CSR untuk Panti Jompo bersama Dompet Dhuafa Riau
Jumat, 03 Maret 2023
Tingkatkan Kesehatan dan Budaya Lokal, Bank Mandiri Serahkan Bantuan ke Posyandu dan Grup Rebana

CSR lainnya ...
Jumat, 09 Februari 2024
Lika-liku 7 Perjalanan Asmara Ayu Ting Ting hingga Tunangan dengan Anggota TNI
Minggu, 28 Januari 2024
Huh Yunjin Bak Sehati Dengan Han So Hee Kala Cuma Pakai Dalaman Di Trailer LE SSERAFIM
Sabtu, 27 Januari 2024
Gigi Hadid dan Bradley Cooper Tak Sungkan Perlihatkan Kemesraan
Rabu, 24 Januari 2024
Park Ji-hyun Ungkap Persiapan Membinangi Drama Terbarunya

Selebriti lainnya ...

Mutiara Merdeka Hotel - April 2024
Terpopuler
Iklan CAKAPLAH
Foto
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Senin, 14 Agustus 2023
Pengurus Masjid Nurul Ikhlas Kubang Minta Tunjuk Ajar ke Wagubri
Sabtu, 12 Agustus 2023
Gebyar Kandis Bersholawat Bakal Dihadiri Ribuan Jemaah NU
Senin, 31 Juli 2023
Mualaf Riau Butuh Pembinaan, Begini Caranya...
Sabtu, 29 Juli 2023
Mantan Wawako Pekanbaru, Ayat Cahyadi Turut Saksikan Pengukuhan Pengurus Masjid Al-Hamidah Rejosari

Religi lainnya ...
Rabu, 13 Maret 2024
Kepala BKPSDM Pekanbaru Harapkan Kinerja ASN Maksimal Selama Bulan Ramadan
Jumat, 08 Maret 2024
Pemko Pekanbaru Sudah Tetapkan Jam Kerja ASN Selama Ramadan 1445 H
Rabu, 28 Februari 2024
Pemko Pekanbaru Masih Tunggu Juknis Pusat Terkait Seleksi CPNS dan PPPK
Selasa, 27 Februari 2024
Kepala BKPSDM Dampingi Pj Walikota Terima Penghargaan Anugerah Kualitas Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Tahun 2023

Galeri Foto lainnya ...
Indeks Berita
www www