Senin, 17 Juni 2024

Breaking News

  • Catatan Banjir Terparah, Bupati Zukri: Ini Harus jadi Perhatian Pemerintah Pusat   ●   
  • Jalan Sudirman Ujung Tergenang Banjir, PUPR Riau Turunkan Ekskavator Amfibi Bersihkan Parit   ●   
  • Akibat Galian IPAL, Jalan Ahmad Dahlan dan Balam Ujung Pekanbaru Ambruk   ●   
  • Berhasrat Ikut Pilgub Riau, Syamsurizal Incar Septina jadi Wakil
Kelmi April 2024

Diduga Bukan Kasus Biasa, Keluarga Korban Pembunuhan Sadis di Kuansing Minta Pelaku Dihukum Setimpal
Rabu, 26 Juli 2023 14:54 WIB
Diduga Bukan Kasus Biasa, Keluarga Korban Pembunuhan Sadis di Kuansing Minta Pelaku Dihukum Setimpal
Ilustrasi

PEKANBARU(CAKAPLAH) - Keluarga korban pembunuhan sadis di Cerenti, Kuantan Singingi (Kuansing) mendatangi Kepolisian Resort Kuantan Singigi (Kuansing) untuk pemeriksaan lanjutan kasus terbunuhnya Arsyad Bin A Rachim, Selasa (25/7/2023). Korban meninggalkan seorang istri dan 3 orang anak yang masih kecil.

Didampingi kuasa hukumnya, Alhamran Ariawan, M.H dan Ali Husin Nasution, S.H, pelapor, yakni paman korban dan saksi yang merupakan istri korban, memberikan serangkaian jawaban untuk keperluan Bukti Acara Pemeriksaan (BAP) yang dilakukan oleh penyidik Polres Kuansing.

”Dalam pemeriksaan, keluarga korban banyak menemukan kejanggalan dan telah memberikan informasi dan bukti untuk memperkuat BAP perkara ini," ungkap Kuasa hukum, Alhamran Ariawan.

Arsyad (41) ditemukan meninggal dalam kondisi bersimbah darah sekira pukul 17.35 WIB pada 4 Juli 2023 di Jalan Pertanian Pematang Sialang, Dusun 3 Desa Kompe Berangin, Cerenti, Kuansing.

Untuk penyidikan, kepolisian melakukan otopsi jenazah korban di RS Bayangkara-Pekanbaru. Melalui konperensi pers yang digelar oleh Polres Kuansing pada 7 Juli, 2023, kepolisian menyampaikan pengakuan, tersangka melakukan 9 kali pembacokan dengan parang pada tubuh korban.

Kematian korban masih meninggalkan duka mendalam bagi keluarga almarhum.

Korban pertama kali ditemukan oleh Saksi Nasrian (warga Desa Kompe Berangin) dalam kondisi bersimbah darah dan luka-luka yang mengerikan.

Sekira pukul 17.35 WIB, saksi Nasrian pulang dari kebun melewati tempat kejadian perkara (TKP). Di perjalanan, saksi Nasrian melihat korban sudah tergeletak di tengah jalan dengan kondisi bersimbah darah. Kemudian Saksi Nasrian langsung memberitahu keluarga korban (Erni Endrawati) untuk meminta pertolongan dan menyampaikan kondisi korban kepada istri korban (Maida Herlina). Ketiganya kemudian berangkat ke TKP.

Kepolisian Resort Kuantan Singingi bergerak cepat, sehari kemudian tepatnya tanggal 5 Juli 2023 pelaku pembunuhan adalah PT alias Yandi alias Ebe, berhasil ditangkap yang tidak lain adalah warga desa yang sama dengan korban. Dia merupakan anak kandung Kepala Desa setempat.

Kapolres Kuansing AKBP Pangucap Priyon Soegito menyampaikan bahwa pelaku pembunuhan yang berhasil ditangkap adalah PT alias Yandi alias Ebe, merupakan pelaku tunggal.

Menurut Kapolres, penyebab terjadinya pembunuhan ini sangat sederhana sekali, yaitu diawali adanya kesalahpahaman antara korban dan pelaku, dimana pelaku saat itu mengendarai sepeda motor yang bermuatan sawit dalam keranjang mengeber-ngeber gas sepeda motor di hadapan korban.
Kemudian ditegur oleh korban dan pelaku tidak terima berlanjut dengan perkelahian fisik. Pada saat perkelahian ada warga yang melintas kemudian melerai cekcok diantara keduanya. Setelah selesai memisahkan, saksi lansung pulang begitu juga pelaku pergi arah desa dan korban langsung menuju kebun miliknya yang tidak jauh dari TKP. Ternyata, masih menurut Kapolres, pelaku diduga lanjut mengikuti korban sampai terjadi pembunuhan yang tidak jauh dari pondok korban.

Penyidik telah menahan pelaku di Rumah Tahanan Polres Kuansing dan menetapkan kepada tersangka pelaku Pasal Pembunuhan biasa sesuai Pasal 338 Jo Pasal 351 ayat (3) KUH Pidana.

Keluarga korban telah menunjuk Kantor Hukum Alhamran Ariawan, MH & Associates dengan memberikan Kuasa Hukum keluarga kepada Alhamran Ariawan, M.H., dan Ali Husin Nasution, S.H untuk mendampingi keluarga korban dalam proses hukum dibunuhnya almarhum Arsyad Bin A Rahim.

Kuasa Hukum keluarga almarhum berpendapat agar proses hukum dilakukan secara fair, transparan dan inparsial, selain memenuhi kepastian hukum juga untuk memenuhi rasa keadilan bagi keluarga korban yang ditinggalkan 3 orang anak menjadi yatim dan hendaknya penegakan hukum memberikan manfaat secara sosial agar pembunuhan yang sia-sia tidak lagi terulang apapun alasannya.

"Penyidik perlu mendalami perilaku pelaku yang secara sadis dan membabi buta membunuh korban. Apakah korban dipengaruhi obat-obatan terlarang (narkoba) sehingga memicu perilaku korban membunuh secara sadis di bawah kesadaran normal atau apa yang menjadi motif pelaku melakukan pembunuhan," sebut Kuasa Hukum Alhamran Ariawan.

Kuasa hukum juga meminta penyidik mendalami motif pelaku melalui saksi-saksi. Selain itu, Kuasa Hukum juga menyebut kasus ini bukanlah kasus pembunuhan biasa.

"Pembunuhan ini bukanlah pembunuhan biasa, tapi pembunuhan yang sangat sadis, keji dan terencana, oleh karenanya perlu dilakukan metode pendekatan scientific crime investigation yaitu metode yang memadukan teknik prosedur dan juga teori ilmiah guna melawan kejahatan dan memenuhi kebutuhan hukum," sebutnya lagi.

Dia juga meminta mendalami perilaku dan keseharian pelaku, yang pada akhirnya menduga pelaku membunuh korban bukanlah sekedar karena pelaku mengeber-ngeber gas sepeda motor sebagai pemicu. Tapi diduga karena sering dinasehati korban soal pencurian tersebut, sehingga pelaku menganggap korban menghalang-halangi perkerjaanya.

"Pelaku diduga sering melakukan pencurian sawit, baik perusahaan maupun sawit masyarakat sekitar, dan sudah beberapa kali tertangkap namun dilindungi dan diselesaikan melalui mediasi karena ibu pelaku adalah Kepala Desa," jelas Alhamran Ariawan lagi.

Dia juga mengutarakan kasus ini ada dugaan pembunuhan berencana. Karena pelaku dan korban setelah berkelahi dan dilerai, beredar informasi pelaku sempat mengantarkan sawit ke tempat penjualan.

"Hal inilah yang harus benar-benar secara jelas dan terang untuk diungkap, karena jika perkelahian pertama sudah selesai, tentu ada waktu pelaku untuk berfikir tindakan apa yang akan dilakukan selanjutnya oleh pelaku. Dia kembali mendatangi korban dengan sebuah rencana dan sudah pasti tahu konsekuensi perbuatannya dimana pelaku menggunakan parang dan diarahkan kepada korban. Selanjutnya, targetnya apa (menginginkan korban mati atau hanya melumpuhkan?) dan ternyata terjadi pembunuhan dengan kondisi luka- luka yang mengerikan, maka memungkinkan ini adalah pembunuhan berencana sebagaimana dimaksud Pasal 340 KUHPidana. Logikanya jika ini perkelahian fisik dan seimbang, tentu pelaku juga akan mengalami luka-luka serius, hendaknya ini juga menjadi perhatian bagi penyidik," tutupnya.

Penulis : Himawan
Editor : Yusni
Kategori : Serantau
Idulfitri 1445 Riau Petroleum
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Artikel Lainnya
0 Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Jumat, 29 September 2023
Komisi II Usul Kementerian ATR/BPN dan KLHK Kolaborasi Selesaikan Redistribusi Tanah
Jumat, 29 September 2023
Setjen DPR Berikan Perhatian Terhadap Pensiunan Melalui P3S
Kamis, 28 September 2023
TikTok Shop Cs Dilarang, Ketua DPR Berharap Aturan Baru Ciptakan Keseimbangan Pasar Digital dan Konvensional
Kamis, 21 September 2023
Ancaman DBD Meningkat, Puan Dorong Sosialisasi Masif Tekan Risiko Kematian

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 07 November 2023
Riau Terima Penghargaan Bhumandala Award 2023
Senin, 12 Desember 2022
Kapolda Riau Resmikan Kantor Pelayanan Terpadu Polres Rohil di Bagansiapiapi
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'

CAKAPLAH TV lainnya ...
Minggu, 16 Juni 2024
Pj Sekdaprov Riau Salat Iduladha di Masjid Raya Annur, 15 Hewan Kurban Disembelih Hari Selasa
Minggu, 16 Juni 2024
Sekdaprov Riau Salat Iduladha di Mesjid Raya An-Nur, Jumlah Hewan Kurban Capai 15 Ekor
Minggu, 16 Juni 2024
Hadiri Graduation Ceremony TK Kemala Bhayangkari Selatpanjang, Bunda PAUD Meranti Sampaikan Pesan Ini
Sabtu, 15 Juni 2024
Semarak Menyambut Hari Bhayangkara ke-78, Kapolres Siak Buka Lomba Mancing

Serantau lainnya ...
Jumat, 07 Juni 2024
"Villa Nafa" Hadir Sebagai Hunian Bernuansa Modern dan Alami di Pekanbaru
Rabu, 22 Mei 2024
Budaya 'Tumpuk Tengah', Kebiasaan Baik yang Viral di Media Sosial
Rabu, 22 Mei 2024
Sejarah Vape Pertama di Indonesia dan Perkembangannya
Minggu, 07 April 2024
Pererat Silaturahmi, Siwo PWI Riau Gelar Buka Bersama BJB dan PSSI

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 02 Maret 2023
Wadah Menyalurkan Bakat, Ketua DPRD Riau Yulisman Hadiri Festival Musik Akustik di SMA Negeri 1 Pasir Penyu Inhu
Rabu, 01 Maret 2023
Rapat Paripurna, DPRD Provinsi Riau Umumkan Reses Masa Persidangan I Tahun 2023
Selasa, 28 Februari 2023
Kunjungi Kemendikbud, Komisi V DPRD Riau Bahas Persoalan PPDB
Kamis, 23 Februari 2023
Disdik Gelar Pelatihan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru SD Se-Kota Pekanbaru

Advertorial lainnya ...
Rabu, 12 Juni 2024
Redmi 13 4G Hadirkan Kamera 108MP, Cukup Rp2 Jutaan Saja
Selasa, 28 Mei 2024
5 Rekomendasi Laptop Lenovo 5 Jutaan, Cocok untuk Pelajar!
Jumat, 17 Mei 2024
Topup Diamond FF Murah Solusi Hemat untuk Gamer Free Fire
Jumat, 17 Mei 2024
Top Up PUBG untuk Pemula: Panduan Lengkap dan Langkah-Langkah Mudah

Tekno dan Sains lainnya ...
Selasa, 28 Mei 2024
Solusi Chatbot WhatsApp untuk Industri Kesehatan dan Layanan Medis
Selasa, 21 Mei 2024
Tips Memilih Klinik Gigi yang Tepat untuk Anda dan Keluarga
Kamis, 18 April 2024
Ini Dia Manfaat Merawat Gigi, Yuk, Kunjungi Klinik Gigi Terdekat Sekarang!
Kamis, 22 Februari 2024
Pemula di Dunia Yoga? Inilah Panduan Cara Memilih Matras Yoga yang Tepat

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Rabu, 12 Juni 2024
Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Fakultas MIPAKes Umri Gelar Kuliah Umum
Senin, 10 Juni 2024
Mahasiswa FEB UIR Borong Penghargaan dari Internasional Accounting Alliances Summit 2024
Minggu, 09 Juni 2024
Bertabur Hadiah, Ratusan Masyarakat Antusias Ikuti Jalan Sehat di Kampus Umri
Rabu, 05 Juni 2024
Peringati Milad ke-16, Umri Gelar Tablig Akbar Bersama Prof DR Achmad Jainuri

Kampus lainnya ...
Rabu, 03 Mei 2023
Kompilasi Semarak Silaturahmi Satu HATI, CDN Bangkinang Santuni Anak Yatim
Rabu, 05 April 2023
Safari Ramadan, PT Musim Mas Salurkan Paket Sembako untuk Anak Yatim dan Fakir Miskin
Selasa, 04 April 2023
Telkomsel Siaga Rafi Sumbagteng Salurkan CSR untuk Panti Jompo bersama Dompet Dhuafa Riau
Jumat, 03 Maret 2023
Tingkatkan Kesehatan dan Budaya Lokal, Bank Mandiri Serahkan Bantuan ke Posyandu dan Grup Rebana

CSR lainnya ...
Jumat, 09 Februari 2024
Lika-liku 7 Perjalanan Asmara Ayu Ting Ting hingga Tunangan dengan Anggota TNI
Minggu, 28 Januari 2024
Huh Yunjin Bak Sehati Dengan Han So Hee Kala Cuma Pakai Dalaman Di Trailer LE SSERAFIM
Sabtu, 27 Januari 2024
Gigi Hadid dan Bradley Cooper Tak Sungkan Perlihatkan Kemesraan
Rabu, 24 Januari 2024
Park Ji-hyun Ungkap Persiapan Membinangi Drama Terbarunya

Selebriti lainnya ...

LW 2
Terpopuler
Iklan CAKAPLAH
Foto
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Senin, 14 Agustus 2023
Pengurus Masjid Nurul Ikhlas Kubang Minta Tunjuk Ajar ke Wagubri
Sabtu, 12 Agustus 2023
Gebyar Kandis Bersholawat Bakal Dihadiri Ribuan Jemaah NU
Senin, 31 Juli 2023
Mualaf Riau Butuh Pembinaan, Begini Caranya...
Sabtu, 29 Juli 2023
Mantan Wawako Pekanbaru, Ayat Cahyadi Turut Saksikan Pengukuhan Pengurus Masjid Al-Hamidah Rejosari

Religi lainnya ...
Selasa, 28 Mei 2024
BKPSDM Kota Pekanbaru Gelar Ujian Dinas dan Ujian Penyesuaian Kenaikan Pangkat Tahun 2024
Senin, 27 Mei 2024
Kepala BKPSDM Pekanbaru Hadiri Rapat Kerja Perdana Bersama Pj Wali Kota Risnandar
Rabu, 22 Mei 2024
BKPSDM Pekanbaru Gelar Workshop "Recharge Penguatan Iman ASN"
Selasa, 21 Mei 2024
Kepala BKPSDM Pekanbaru Irwan Suryadi Dampingi Sekretaris Kota dalam Audiensi dengan Guru PAI

Galeri Foto lainnya ...
Indeks Berita
www www