Rabu, 23 Juni 2021

Breaking News

  • Tahun Ini Pemberangkatan Jamaah Haji Indonesia Kembali Dibatalkan   ●   
  • Truck Terguling di Jalan Sudirman Pekanbaru   ●   
  • Jalan Arifin Achmad menuju Jalan Soekarno Hatta terjadi kemacetan parah, Jumat (26/3/2021) malam, pukul 20.00 wib, akibat banjir paska hujan deras.   ●   
  • Penembakan Kembali Terjadi di Pekanbaru, DPRD Minta Polisi Rutin Tes Psikologi   ●   
  • Kepala BPKAD Kuansing Tidak Penuhi Panggilan Jaksa   ●   
  • Kabar Baik, Tunjangan ASN Pemprov Riau segera Cair   ●   
  • Dukung Vaksinasi Covid-19, Pemprov Riau Refocussing Anggaran DAU 8 Persen   ●   
  • Zukri-Nasarudin Ditetapkan Sebagai Bupati dan Wakil Pelalawan Terpilih   ●   
  • Dewan Dukung Polisi Periksa Kadis DLHK Soal Tumpukan Sampah   ●   
  • Nunggak PBB di Pekanbaru Rumah Ditempel Stiker
Yamaha 21 Juni 2021
Polling
Pemerintah Kota Pekanbaru mulai mewajibkan warganya melampirkan bukti sudah vaksin Covid-19/sudah mendaftar jika ingin mengurus dokumen administrasi. Apakah Anda setuju?


3 Pucuk Suku Tambusai Luruskan Kekeliruan Pengangkatan Uyang Ompek Dibalai Lembaga Kerapatan Adat Luhak Tambusai
Senin, 09 Maret 2020 11:13 WIB
3 Pucuk Suku Tambusai Luruskan Kekeliruan Pengangkatan Uyang Ompek Dibalai Lembaga Kerapatan Adat Luhak Tambusai
3 Pucuk Suku Tambusai Luruskan Kekeliruan Pengangkatan Uyang Ompek Dibalai Lembaga Kerapatan Adat Luhak Tambusai

ROHUL (CAKAPLAH) - Tiga Pucuk Suku Tambusai akhirnya angkat bicara terkait adanya dugaan pelanggaran adat dalam pelaksanaan penabalan Raja Adat Luhak Tambusai dan Uyang Ompek Dibalai. Salah satu pelanggaran adat istiadat yang paling disorot yaitu pengangkatan Sutan Mahmud dan Uyang Bosa Nugoi sebagai salah satu unsur Uyang Ompek Dibalai yang dikukuhkan.

Ingin meluruskan dan menegakkan kemurnian adat di Luhak Tambusai, 3 Pucuk Suku Tambusai menjelaskan bagaimana seharusnya proses pengangkatan Uyang Ompek Dibalai itu dilakukan.

Khalifah H Bukhori bergelar Rajo Boka (Uyang Tuo Tau Induk Majo Rajo) didampingi Khalifah Suprizal gelar Datuk Rajo Sulembang Rokan (Induk Suku Majo Rajo) menjelasakan, sebelum Penabalan Raja Luhak Tambusai dan Uyang ompek Dibalai, sebenarnya jabatan Sutan Mahmud sudah ditetapkan oleh Para Induk Suku nun Limu atau Sibah Dalam. Dan, juga sudah disahkan oleh Kepala Lembaga Kerapatan Adat Luhak Tambusai sebelumnya. Hal ini masih sah berlaku sepanjang adat serta untuk Uyang Bosa Nugoi juga telah ditunjuk berdasarkan musyawarah induk nun limu tersebut. Namun anehnya, jabatan Sutan Mahmud dan Uyang Bosa Nugoi tersebut diganti sepihak, tanpa melibatkan para Induk Suku Nun Limu.

Lebih jauh lagi Datuk Tanjung bergelar Datuk Srimahrajo (Induk Srimahrajo) dan Tungkeknyo Datuk Rajo Mat Bonsu, Uyang nun lah Lusuh dek mumakai dan lah pasa dek munompuh menjelaskan, sepanjang adat, proses penenunjukan Sutan Mahmud dan Uyang Bosa Nugoi itu adalah Hak dari Suku Nun Limu (Sibah Dalam) yang berasal dan diusulkan dari Induk Dalam dan Induk Majorokan oleh Induk Sukunya masing - masing, bukan oleh anak kemenakan. Karena nanti akan menjadi pimpinan datuk yang limu. Penunjukan Sutan Mahmud, Uyang Bosa Nugoi, Datuk Bunaro dan Imam Majo Soih tidak mengenal hak veto dari raja apalagi keluarga Bangsawan.
Penunjukan dan pengangkatan Sutan Mahmud dan Uyang Bosa Nugoi adalah hak dari Limu Induk atau Sibah Dalam sedangkan Datuk Bunaro dan Imam Majo Soih hak dari Sembilan Suku atau Sibah Lua.

"Sutan Mahmud itu merupakan Pimpinan Induk-induk Suku Sibah Dalam (Induk Suku Nun Limo), yang dicalonkan dari Suku Induk Dalam sesuai dengan alur patutnya oleh Induk suku Induk Dalam. Kemudian selanjutnya dibahas bersama oleh Induk – induk Suku Nun Limu. Setelah disesuaikan dengan alur patutnya barulah diserahkan kepada Lembaga Kerapatan Adat Melayu Luhak Tambusai untuk ditabalkan, begitulah proses semestinya menurut adat Lamu Pusako usang dan sama halnya dengan Uyang Bosa Nugoi," cakapnya.

Menurut Datuk Rajo Boka dan Datuk Srimahrajo, jika sudah ditunjuk dan disetujui oleh Induk Nun Limu (Induk-induk Sibah Dalam) dan disahkan oleh Kepala Lembaga Kerapatan Adat Melayu Luhak Tambusai terdahulu maka tidak bisa diberhentikan begitu saja tanpa ada alas an yang jelas. Jabatan Sutan Mahmud maupun Uyang Bosa Nugoi kalau ingin menggantikannya ada 3 syarat yang harus dipenuhi yaitu karena alasan meninggal dunia, Mundur dengan alasan yang bisa diterima dan berbuat malu di dalam nugoi.

“Jadi kalau mau sutan Mahmud itu diganti dan Uyang Bosa Nugoi dipilih haruslah melaui syarat musyawarah Induk Nun Limu. Bukan oleh anak kemenakan ataupun yang tak jelas kedudukannya dalam adat. Nah, sampai adanya Penabalan Adat kemarin, Sutan Mahmud yang lama masih sah secara adat," terangnya.

Lain halnya dengan Datuk Temenggung (sahabat Runding Raja) ditanya tentang Penobatan Raja Adat Luhak Tambusai, beliau berkisah bahwa semenjak adanya rencana Penobatan Raja Adat dan Penakbalan Kepala Lembaga Kerapatan Adat Melayu Luhak Tambusai serta Uyang Ompek Dibalai, belum pernah mereka bertanya pendapat ataupun mengajak ikut serta dalam merancang helat tersebut.

Sementara itu, Bakhtar Yamin, MPd bergelar Datuk Majolelo menegaskan, Pengangkatan Sutan Mahmud dan Uyang Bosa Nugoi merupakan kewenangan induk Sibah Dalam (suku nun limu) yaitu, Induk Dalam, Induk Majo Rokan, Induk Sri Mahrajo, Induk Majo Rajo Dan Induk Majolelo.

Namun ironisnya, dalam penunjukan dan Pengangkatan Sutan Mahmud, Uyang Bosa Nugoi dan Datuk Bundaro (Uyang Ompek Dibalai) tersebut, sama sekali tidak mengikuti jalur adat. Lebih parah lagi, pengangkatan dan Penunjukan Sutan Mahmud, Uyang Bosa Nugoi dan Datuk Bundaro dilakukan secara sepihak.

"Waktu pemberhentian sutan Mahmud yang sah dan pengangkatan yang baru, pengesahan Uyang Bosa Nugoi dan Datuk Bundaro, Penobatan ataupun Penakbalan belum dilakukan, seharusnya Raja dinobatkan dahulu, dan Kepala Lembaga ditakbalkan baru boleh mengesahkan uyang ompek dibalai. Untuk mengganti Sutan Mahmud harus melalui induk Suku Nun limu dengan musyawarah tidak bisa tunjuk-tunjuk saja. Adat itu di anjak layuo di umbuik mati (adat sudah memiki pola dan tidak bisa rubah) namunyo adat lamo pusako usang," ucapnya.

Selain meluruskan dan menjelaskan kepada anak kemenakan terkait pengangkatan Sutan Mahmud, ada beberapa hal yang juga harus diluruskan terutama terkait penabalan Raja Adat Luhak Tambusai. Sepanjang adat seharusnya, Penabalan Raja Adat Luhak Tambusai harus dihadiri oleh seluruh suku yang ada di Luhak Tambusai, kemudian karena Luhak Tambusai adalah Luhak yang tertua di Rokan Hulu maka empat luhak yang lain yaitu, Luhak Rambah, Luhak Kepenuhan, Luhak Kunto Darusalam dan Luhak Rokan, juga harus hadir.

"Tetapi kenyataannya ada beberapa suku yang tidak ikut serta dalam Pnobatan tersebut dan hanya dua luhak pula yang hadir. Kalau sepanjang adat biarlah anak kemenakan yang menilai sah atau tidaknya," tegasnya.

3 Pucuk Suku Luhak Tambusai ini berharap, agar tidak menjadi preseden buruk bagi anak kemenakan kedepan dalam adat istiadat di Luhak Tambusai, terutama ketidakhadiran dari Induk yang Tiga, Induk Srimahrajo, Induk Majo Rajo dan Induk Majolelo dalam acara Penobatan dan Penabalan yang lalu, perlu adanya pelurusan kembali terhadap Penabalan Raja Adat Luhak Tambusai dan Uyang Ompek Dibalai di Luhak Tambusai. Sehingga Kemurnian adat istiadat Luhak Tambusai dapat terjaga dan terpelihara. Untuk itu, jalur musyawarah menjadi solusi agar adat istiadat ini tetap tegak.

“Kusuik Bonang cari ujung pangkanyo, Kusuik rambuik Sikek munyulosaikannyo, Kusuik bulu paruh muluruihkannyo. Biaso Dubalang salah tanggkok, Rajo salah hokum, namun musyawarah dan mufakatlah yang utama menyelesaikannya,” cakapnya.

Penulis : Ari
Editor : Ali
Kategori : Serantau
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Polling
Pemerintah Kota Pekanbaru mulai mewajibkan warganya melampirkan bukti sudah vaksin Covid-19/sudah mendaftar jika ingin mengurus dokumen administrasi. Apakah Anda setuju?

Artikel Lainnya
0 Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Selasa, 08 Juni 2021
Pemerintah Diimbau Hentikan Impor Alkes, Bamsoet: Sektor Kesehatan Ini Justru Dinikmati oleh Asing
Senin, 07 Juni 2021
Soal Wawasan Kebangsaan, FPKB MPR RI: Itu Sesuatu yang Fundamental, Penting untuk Indonesia
Jumat, 28 Mei 2021
Ketua MPR RI Luncurkan Buku ke-19 Berjudul ‘Cegah Negara Tanpa Arah’
Selasa, 25 Mei 2021
Sosialisasikan 4 Pilar Kebangsaan, Achmad: MPR Dorong 4 Pilar Masuk Kurikulum Pendidikan Nasional

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Senin, 12 April 2021
Terapkan Digitalisasi, Operasi PT CPI Makin Kompetitif
AMSI
Topik
Jumat, 07 Mei 2021
Dugaan Penggelapan Jual Beli Tanah, Rico Berharap Proses Hukum Tetap Berjalan
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan

CAKAPLAH TV lainnya ...
Selasa, 22 Juni 2021
Ketua KPU Kampar Serahkan Penghargaan Kepada Kapolres dan Waka Polres
Selasa, 22 Juni 2021
Kelola Potensi Gas Bumi Kampar, PT BKSE Teken MoU dengan PT BBG
Selasa, 22 Juni 2021
Rapat Evaluasi Kinerja Camat, Bupati Rohil Minta Tingkatkan Pelayanan
Selasa, 22 Juni 2021
Kapolsek Ukui Dampingi Wakapolres Pelalawan Tinjau Posko PPKM

Serantau lainnya ...
Senin, 31 Mei 2021
Segera Diluncurkan, Biografi Presiden Penyair Sutardji Calzoum Bachri
Minggu, 30 Mei 2021
UIR dan IAEI Riau Edukasi Pelaku Usaha di Pekanbaru tentang Konsep Laundry Syariah
Selasa, 11 Mei 2021
Tampil Cantik saat Lebaran, Fajar Cosmetic Ramai Pengunjung
Rabu, 05 Mei 2021
7 Cara Gampang Agar Lebih Mudah Bangun untuk Sahur

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 31 Desember 2020
Tutup Tahun 2020 BOB PT BSP Pertamina Hulu Tajak Sumur Migas
Jumat, 28 Agustus 2020
PGN Komitmen Bangun Infrastruktur Baru Untuk Mendorong Bauran Energi Nasional
Jumat, 28 Agustus 2020
Jaga Ketahanan Listrik di Batam, PGN dan PT Energi Listrik Batam (ELB) Teken Perjanjian Jual Beli Gas
Senin, 17 Agustus 2020
Promo Merdeka 17 LSP, Program PGN Gratis Isi Gas kepada Pelanggan GasKu

Advertorial lainnya ...
Minggu, 09 Mei 2021
5 Smartphone Terbaru dari Oppo Tahun 2021
Senin, 03 Mei 2021
Aturan Privasi Baru WhatsApp Berlaku Kurang dari 2 Pekan Lagi
Kamis, 29 April 2021
Dua Minggu Lagi WhatsApp akan Blokir Kamu
Selasa, 13 April 2021
Bukan Mimpi Lagi, Ini 2 Mobil Terbang yang sudah Dapat Izin Mengudara

Tekno dan Sains lainnya ...
Kamis, 17 Juni 2021
Pentingnya Menjaga Pola Hidup Untuk Kesehatan Kulit, Begini Penjelasan dr Vee Clinic
Rabu, 05 Mei 2021
Kurang Minum Air Putih saat Berbuka Bisa Bikin Berat Badan Melonjak
Selasa, 13 April 2021
Tips Sehat saat Puasa: Olahraga Ringan dan Penuhi Nutrisi
Senin, 18 Januari 2021
Terlalu Lama Pakai Masker Sebabkan Mata Kering, Ini Cara Mencegahnya

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Kamis, 17 Juni 2021
Bantu Hadapi Dunia Kerja, Fikom UIR Luncurkan Program Magang bagi Mahasiswa
Jumat, 11 Juni 2021
Perdana di Pekanbaru, Santri di Pondok Pesantren Terima Vaksin Covid-19
Rabu, 09 Juni 2021
Tingkatkan SDM Daerah, PCR Lakukan Pertemuan dengan Pemkab Meranti
Selasa, 01 Juni 2021
Alumni di Meranti Dukung Dr Moris Jadi Ketua IKA Unri

Kampus lainnya ...
Minggu, 09 Mei 2021
Ramadan Penuh Berkah, BRI Bagikan Bingkisan ke Panti Asuhan, Panti Werdha, Jurnalis dan Masyarakat
Jumat, 15 Mei 2020
BRI Salurkan Bantuan Rp 22,16 Miliar Hasil Donasi 62 Ribu Karyawan untuk Covid-19
Kamis, 23 April 2020
PT SRL dan Mitra Bagikan 17.500 Paket Sembako di Tiga Provinsi
Senin, 23 Maret 2020
PT Musim Mas Salurkan Bantuan Ternak Sapi untuk Kelompok Tani di Pelalawan

CSR lainnya ...
Polling
Pemerintah Kota Pekanbaru mulai mewajibkan warganya melampirkan bukti sudah vaksin Covid-19/sudah mendaftar jika ingin mengurus dokumen administrasi. Apakah Anda setuju?


Unilak 1 Juni 2021
Terpopuler

04

Pelantikan Bupati Siak - Pemkab Siak
Foto
Idul Fitri 1442 Syahrul Aidi
Waisak 26 Mei 2021 - APRIL
Kamis, 29 April 2021
7 Artis Indonesia dengan Bayaran Selangit
Selasa, 13 April 2021
Diungkap Sahabat, Billy Sering Bengong Sulit Lupakan Pesona Amanda Manopo
Rabu, 31 Maret 2021
Aa Gym Cabut Gugatan Cerai ke Teh Ninih
Jumat, 19 Maret 2021
Diduga Terlibat Perdagangan Anak sebagai PSK, Artis Cynthiara Alona Terancam 10 Tahun Penjara

Selebriti lainnya ...
Muswil PPP 29 Mei 2021
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Idul Fitri 1442 BRK
Senin, 14 Juni 2021
Santri Rumah Qur'an Hajjah Rohana Tak Hanya Fokus Tahfiz Tapi Juga Belajar Pokok Keislaman
Selasa, 18 Mei 2021
Hukum Menggabung Puasa Qada Ramadan dan Syawal
Jumat, 07 Mei 2021
Rilis Lagu Bertema 'Tak Mudik', Azwa Nasyid dan Azam Voice Bikin Sedih Hilang
Rabu, 05 Mei 2021
4 Golongan Manusia Mendapat Kebahagian dan Kesengsaraan

Religi lainnya ...
PKB Kampar - Catur Sugeng
Indeks Berita
Ucapan Ramadan Syahrul AidiPesonna Hotel Januari 2021Diskes Rohul 2021APRIL/RAPP - ImlekNyepi 14 Maret 2021 - APRIL RAPPHUT Kampar 2021 - APRIL-RAPP
www www