Rabu, 29 September 2021

Breaking News

  • Harga Sawit di Riau Naik Lagi, Tembus Rp2.800 Perkilogram   ●   
  • Kabar Gembira! Saudi Arabia segera Beri Izin Umrah, Jamaah Diminta Manfaatkan Fasilitas Vaksin   ●   
  • DPRD Riau Dukung Sekolah Tatap Muka Dimulai Lagi   ●   
  • Pasokan Listrik untuk Blok Rokan Dipastikan Aman   ●   
  • Polda Riau Sudah Periksa Syamsuar Terkait Karikatur Gubernur Drakula   ●   
  • Kejagung Tetapkan Pelanggar PPKM Darurat Diancam 1 Tahun Penjara   ●   
  • Cegah Penyebaran Varian Delta, Masuk Riau Lewat Jalur Darat dan Laut Wajib Swab Antigen   ●   
  • Gubri: Zona Merah dan Oranye Dilarang Salat Idul Adha di Masjid   ●   
  • Ditanya Perkembangan Perkara Suap Annas Maamun di RAPBD Riau Tahun 2014-2015, KPK Bungkam   ●   
  • WNA Masuk Indonesia, PKS: Jangan Sampai Publik Mengira PPKM Darurat Hanya Lip Service!
Yamaha 28-29 September 2021

Sidak Pembangunan PKS PT YBS, Repol: Jangan Sampai Nanti Limbah Dibuang ke Sungai
Kamis, 16 April 2020 09:13 WIB
Sidak Pembangunan PKS PT YBS, Repol: Jangan Sampai Nanti Limbah Dibuang ke Sungai
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kampar Repol menyampaikan penjelasan kepada Project Supervisor PT YBS Niko Hermawan di depan pabrik kelapa sawit yang sedang dibangun, Rabu (15/4/2020).

KAMPAR (CAKPALAH) - Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kampar Repol kembali meninjau pembangunan sebuah pabrik kelapa sawit (PKS) di Desa Teluk Paman Timur, Kecamatan Kampar Kiri, Rabu (15/4/2020).

Dalam peninjauan kedua ini Repol yang didampingi sejumlah pejabat eselon III dari beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) Kabupaten Kampar di hadapan Project Supervisor Manager Niko Hermawan dan petugas keamanan PT Yuni Bersaudara Sejahtera menegaskan bahwa ia kembali turun ke lokasi pembangunan pabrik ini tidak ada niat untuk menghambat investasi.

Namun selaku wakil rakyat dan pimpinan di DPRD Kabupaten Kampar apalagi sebagai perwakilan dari masyarakat Serantau Kampar Kiri ingin pihak perusahaan mengikuti semua aturan dan memenuhi segala jenis perizinan.

Disamping itu, satu hal terpenting lagi ia tidak ingin dikemudian hari setelah beroperasi, perusahaan ini membuang limbah ke sungai karena sungai adalah sumber kehidupan masyarakat dan selama ini Sungai Subayang yang melintas di desa ini tercemar oleh limbah.

Dari pantauan, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kampar Repol tiba sekira pukul 10.30 WIB di Desa Teluk Paman Timur dan berhenti di samping water intage yang berada di sebuah lahan di seberang jalan dari bangunan pabrik didirikan.

Tak lama berselang ia sampai di lokasi ini datang Kepala Desa Teluk Paman Timur Rino Candra dan Kapolsek Kampar Kiri AKP Yulisman dan pihak kecamatan dan kemudian Kepala Bidang Pentaatan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kampar Riswandi, Kepala Bidang Kerusakan Lingkungan Hidup DLH Kampar Idrus dan Kabid Usaha Perkebunan Dinas Perkebunan, Peternakan dan Kesehatan Hewan Tamrin .

Setelah istirahat siang disusul Kepala Bidang Pengaduan DPMPTSP Kampar Fauzan, Kabid Penegakan Perda Satpol PP Kampar H Sawir dan Sekretaris Satpol PP Kampar Agustar.

Sebelum para pejabat OPD itu datang Repol didampingi warga dan awak media langsung berjalan kaki ke arah bukit mengikuti sebuah jalan yang baru dibuka. Sampai di lokasi pabrik yang berjarak sekira 400 meter dari Jalan Lipatkain-Gema, Repol langsung meninjau sebuah kolam yang dibangun di bagian timur pabrik. Menjelang sampai ke kolam, terdapat dua pipa besi yang melintasi sebuah parit. Pipa itu diperkirakan mengarah ke water intake yang berjarak sekira 500 meter dari pabrik yang menyeberangi Jalan Lipatkain-Gema.

Di lokasi ini dua orang dari pihak perusahaan sempat mempertanyakan kedatangan Repol dan menyampaikan bahwa ia tak berhak masuk kawasan pabrik. Melihat hal itu Repol langsung balik ke titik pertama ia turun atau di samping water intake di pinggir jalan lintas Lipatkain-Gema. Ternyata salah satu diantaranya adalah Project Supervisor PT YBS Niko Hermawan dan rekannya.

Setelah sampai di titik pertama, ternyata beberapa pejabat dari DLH dan Dinas Perkebunan PKH juga sampai di lokasi. Ia juga melihat sebuah kolam yang diakui pihak perusahaan sebagai water intake. Kemudian rombongan kembali masuk ke areal pabrik. Namun kali ini mereka masuk melalui pintu depan yakni dari Jalan Lipatkain-Batusasak.

Di sini Project Supervisor PT YBS Niko Hermawan bersama rekannya dan didampingi seorang petugas keamanan baru tampak menerima kedatangan Repol dan beberapa pejabat dan staf dari DLH Kampar.

Di hadapan Project Supervisor PT YBS Niko Hermawan PT YBS, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kampar ini menegaskan bahwa kedatangannya ke lokasi ini tidak dalam rangka menghambat investasi namun Sekretaris DPD Partai Golkar Kampar itu meminta pihak perusahaan mentaati segala aturan dan melengkapi semua izin. Investasi menurutnya akan membuka peluang kerja bagi tenaga kerja lokal dan meningkatkan ekonomi masyarakat.

Ia juga menegaskan bahwa apa yang dilakukan ini agar pengelola pabrik tidak membuang limbah ke sungai karena Repol masih mempertanyakan adanya dua buah pipa di dalam tanah. Pipa itu terlihat pas di belakang pabrik. Setelah sampai di water intake pipa hanya terlihat satu buah dan ia mengaku merasa curiga satu pipa lagi mengarah ke sungai.

"Kita cek kondisi di lapangan dan telah ditemukan ada dua pipa berasal dari pabrik. Satu mengarah ke kolam yang di seberang jalan. Namun yang satu lagi ke mana," beber Repol.

Mantan aktivis kampus diawal reformasi itu mengungkapkan bahwa saat rapat dengar pendapat di DPRD Kampar Senin kemarin DLH mengakui bahwa water intake yang dibangun tak jauh dari Sungai Subayang ini belum diurus izinnya.

Selanjutnya Repol mengungkapkan bahwa pembangunan pabrik tak sesuai dokumen yang diajukan ke pemda dengan yang dibangun di lapangan atau tidak sesuai dengan site plan atau rencana bangun dan hal ini diakui pihak DLH yang ikut dalam peninjauan ini.

Oleh sebab itu Repol meminta pipa yang ditanam di tanah dibongkar dan tidak lagi ditanam di dalam tanah. Pembongkaran pipa ini disaksikan beberapa pihak termasuk DPRD Kampar.

Repol menegaskan agar perusahaan tidak membuang limbah ke sungai dan mengolah limbahnya sebaik-baiknya tanpa mengorbankan lingkungan.

Terhadap enam pemasok bahan baku berupa buah kelapa sawit untuj pabrik ini sebagaimana yang disampaikan oleh Kabid Usaha Perkebunan Tamrin maka Repol meminta dinas tersebut memeriksa perjanjian dan dokumen lainnya.

Setelah meninjau areal pabrik dan berbincang dengan Project Supervisor PT YBS Niko Hermawan, Waka DPRD Kampar dan rombongan langsung keluar dari area pabrik. Tak lama setelah itu datang Kepala Bidang Pengaduan DPMPTSP Kampar Fauzan, Kabid Penegakan Perda Satpol PP Kampar H Sawir dan Sekretaris Satpol PP Kampar Agustar.
Mereka juga meninjau ke lokasi pembangunan pabrik. Setelah keluar dari lokasi itu Fauzan selaku Kabid Pengaduan DPMPTSP menyatakan siap melaksanakan aturan yang ada dan memberi peluang kepada perusahaan untuk segera menuntaskan berbagai hal berkaitan perizinan.

Berkaitan kedatangan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kampar dan beberapa pejabat dari OPD Kampar, Project Supervisor PT YBS Niko Hermawan ketika dikonfirmasi di lokasi pembangunan PKS menjelaskan bahwa kolam yang dibangun di area yang dipagar, tepatnya di seberang jalan dari belakang pabrik itu akan digunakan sebagai tempat mengumpulkan cadangan air seandainya debit air untuk pabrik tidak cukup.

"Ada rencana namun dengan segala izin dan secara segala legalitas sosial masyarakat dan desa," ungkap Niko.

"Kalaupun kita ambil air dari air danau pasti kita lakukan dengan segala legal dan izin dari pihak berwenang dan itupun belum pasti. Kalau masih kurang pipa itu digunakan untuk bantu suplai air ke pabrik. Namun sumber air kami tetap dari waduk besar yang kami gali di tanah kami sendiri. Itu kan air itu bukan kolam limbah," terang Niko.

Selain itu sumber air juga berasal dari danau yang terbentuk secara natural di belakang pabrik dan akan disalurkan ke kolam utama.

Mengenai adanya kecurigaan pipa mengarah ke sungai dan akan dijadikan saluran pembuangan limbah Niko mengaku kurang tahu. "Kalau itu saya kurang tahu juga sampai di sana. Yang pasti bisa saya yakinkan yang tadi, yang kita bendung itu fungsinya untuk sumber air," ujarnya.

Ia juga menegaskan, jika nanti ada pembuangan limbah semua itu akan dikoordinasikan dengan pihak berwenang. "Pasti dilakukan dengan prosedur, kewajiban kita dan syarat-syarat pembuangan limbahnya dan bla bla bla," bebernya.

Dalam kesempatan ini Niko juga mengakui bahwa ada kesalahan pihaknya dalam melaksanakan pembangunan karena tidak sesuai dengan site plan. Suda datang kita sudah punya izin tapi site plan tak presisi kita bangun

"Kita baru sadar pas ditandatangani kita menyanpaikan terima kasih dan kita dikasih tahu bahwa salah kita," akunya.

Namun minggu ini kesalahan itu sudah diperbaiki satu hari adanya hearing di DPRD. "Kita cek kita ada kesalahan," ulasnya.

Pihaknya juga langsung datang ke DLH Kampar meminta panduannya seperti apa dan minta nasehat apa yang perlu dirubah dan sampai hari ini masih dalam proses perubahan," pungkasnya.

Penulis : Akhir Yani
Editor : Ali
Kategori : Serantau
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Artikel Terkait
0 Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Selasa, 28 September 2021
Letjen TNI Mar (Purn) Nono Sampono Sebut Indonesia Negara Maritim yang Kekuatan Lautnya Lemah
Senin, 20 September 2021
Wakil Ketua MPR Ingatkan Publik Tak Mengklaim Diri sebagai Kelompok Pancasilais
Senin, 13 September 2021
Kata NasDem Jika Amandemen Terbatas UUD 1945 Dilakukan, Malah Akan Buka Kontak Pandora
Kamis, 19 Agustus 2021
Tak Ingin Partainya dan MKD Dianggap Disfungsi, Junimart Pastikan Tindak Lanjuti Dugaan Pelanggaran Etik Arteria

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Senin, 12 April 2021
Terapkan Digitalisasi, Operasi PT CPI Makin Kompetitif
AMSI
Topik
Jumat, 07 Mei 2021
Dugaan Penggelapan Jual Beli Tanah, Rico Berharap Proses Hukum Tetap Berjalan
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan

CAKAPLAH TV lainnya ...
Selasa, 28 September 2021
Bahas SDGs kepada Parlemen Dunia, Puan Tekankan Pentingnya Global Akhiri Pandemi
Selasa, 28 September 2021
Ekonomi Ditargetkan Tumbuh 5,2 Persen di APBN 2022, Banggar DPR dan Pemerintah Sepakati Asumsi Makro
Selasa, 28 September 2021
Pemkab Pelalawan Sampaikan Ranperda APBD-P 2021
Selasa, 28 September 2021
Lakukan MoU dengan Bank Riau Kepri, Bupati Meranti Optimis Perekonomian Masyarakatnya Meningkat

Serantau lainnya ...
Senin, 20 September 2021
Kabar Gembira, Mulai Hari Ini Sudah Bisa Sarapan di Warung Koffie Batavia Lagi
Jumat, 17 September 2021
Cara Pakai Aplikasi PeduliLindungi untuk Masuk Bioskop
Jumat, 10 September 2021
Pemuda Pancasila Turunkan 22 Kadernya untuk Bantu Pemerintah Tangani Covid-19
Selasa, 07 September 2021
Binatang Kesepian di Jerman Pakai Aplikasi Kencan Tinder Temukan Pemilik Baru

Gaya Hidup lainnya ...
Rabu, 04 Agustus 2021
Sebelum Dilantik, ASN di Meranti Harus Mengikuti Psiotes
Kamis, 15 Juli 2021
BEM Se-Riau: Bank Riau Kepri Merupakan BUMD Paling Produktif Se-Riau
Kamis, 31 Desember 2020
Tutup Tahun 2020 BOB PT BSP Pertamina Hulu Tajak Sumur Migas
Jumat, 28 Agustus 2020
PGN Komitmen Bangun Infrastruktur Baru Untuk Mendorong Bauran Energi Nasional

Advertorial lainnya ...
Selasa, 07 September 2021
Apple Tunda Peluncuran Fitur Perlindungan Anak Gara-gara Ini...
Kamis, 26 Agustus 2021
Mau Investasi Kripto? Ini Kelebihan dan Kekurangan Bitcoin dan Ethereum yang Perlu Diketahui
Selasa, 17 Agustus 2021
PT CDI Siap Koneksikan Jaringan Internet Seluruh Kecamatan di Pelalawan
Jumat, 16 Juli 2021
Benarkah Dunia Butuh Dosis Ketiga Vaksin Covid-19?

Tekno dan Sains lainnya ...
Minggu, 26 September 2021
Vaksinasi Ibu Hamil dan Menyusui, Demi Menjaga Buah Hati dan Kesehatan Keluarga
Kamis, 26 Agustus 2021
Agar Paru-Paru Kuat saat Terserang Covid-19, Rajin Konsumsi 4 Bahan Makanan Ini
Jumat, 16 Juli 2021
Ayah Bunda, Ini 7 Inspirasi Nama Bayi Perempuan Bermakna Lembut
Kamis, 17 Juni 2021
Pentingnya Menjaga Pola Hidup Untuk Kesehatan Kulit, Begini Penjelasan dr Vee Clinic

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Selasa, 28 September 2021
KKN, Mahasiswa UMRI Gelar Penyuluhan Pertanian untuk Dongkrak Ekonomi Warga di Masa Pandemi
Senin, 27 September 2021
Pastikan Prokes, PCR Sudah Gelar Perkuliahan Tatap Muka Terbatas
Minggu, 26 September 2021
SEF Sukses Gelar Webinar Riset Komunikasi Jilid 2
Jumat, 24 September 2021
Direktur Pascasarjana UIR Yudisium 150 Calon Wisudawan

Kampus lainnya ...
Minggu, 09 Mei 2021
Ramadan Penuh Berkah, BRI Bagikan Bingkisan ke Panti Asuhan, Panti Werdha, Jurnalis dan Masyarakat
Jumat, 15 Mei 2020
BRI Salurkan Bantuan Rp 22,16 Miliar Hasil Donasi 62 Ribu Karyawan untuk Covid-19
Kamis, 23 April 2020
PT SRL dan Mitra Bagikan 17.500 Paket Sembako di Tiga Provinsi
Senin, 23 Maret 2020
PT Musim Mas Salurkan Bantuan Ternak Sapi untuk Kelompok Tani di Pelalawan

CSR lainnya ...

HUT TNI AL 10 September 2021 - DPRD Riau
Terpopuler

01

HUT RI Ke-76 - APRIL
Foto
DPRD 1
DPRD 2
Jumat, 17 September 2021
Rizky Billar Jawab Isu Lesti Kejora Hamil Duluan, Muncul Isu Nikah Siri
Kamis, 26 Agustus 2021
Istri Buka Suara Soal Kabar Epy Kusnandar Pindah Agama
Jumat, 16 Juli 2021
Jedar Ungkap Pernah Dekat dengan Pria Ternyata Gay, Terbongkar Gara-gara...
Jumat, 02 Juli 2021
Dalang Kondang Ki Manteb Sudharsono Berpulang ke Rahmatullah

Selebriti lainnya ...
DPRD 3
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Permata
Kamis, 26 Agustus 2021
Ampuh Sembuhkan Penyakit, Ini Obat yang Dianjurkan Rasulullah
Selasa, 24 Agustus 2021
Rumah Yatim Salurkan Ratusan Paket Alquran dan Kitab ke Berbagai Ponpes di Pekanbaru dan Kampar Riau
Selasa, 27 Juli 2021
Sabah Ahmedi, Imam Termuda Inggris Lawan Stereotip Lewat Medsos
Jumat, 16 Juli 2021
Jangan Sampai Salah Beli, Berikut Syarat Hewan Kurban

Religi lainnya ...
PCR 3 Agustus 2021
Indeks Berita
HUT Riau 9 Agustus 2021 - SitiBhayangkara 2021 CAKAPLAHPelantikan Bupati Siak - Pemkab SiakUIR 2021HUT Pekanbaru ke-237Pelantikan Bupati Pelalawan Sukri - Nasarudin dari DPRDIdul Fitri 1442 BRKWaisak 26 Mei 2021 - APRILPesonna Hotel Januari 2021Diskes Rohul 2021
www www