Jumat, 25 Juni 2021

Breaking News

  • Tahun Ini Pemberangkatan Jamaah Haji Indonesia Kembali Dibatalkan   ●   
  • Truck Terguling di Jalan Sudirman Pekanbaru   ●   
  • Jalan Arifin Achmad menuju Jalan Soekarno Hatta terjadi kemacetan parah, Jumat (26/3/2021) malam, pukul 20.00 wib, akibat banjir paska hujan deras.   ●   
  • Penembakan Kembali Terjadi di Pekanbaru, DPRD Minta Polisi Rutin Tes Psikologi   ●   
  • Kepala BPKAD Kuansing Tidak Penuhi Panggilan Jaksa   ●   
  • Kabar Baik, Tunjangan ASN Pemprov Riau segera Cair   ●   
  • Dukung Vaksinasi Covid-19, Pemprov Riau Refocussing Anggaran DAU 8 Persen   ●   
  • Zukri-Nasarudin Ditetapkan Sebagai Bupati dan Wakil Pelalawan Terpilih   ●   
  • Dewan Dukung Polisi Periksa Kadis DLHK Soal Tumpukan Sampah   ●   
  • Nunggak PBB di Pekanbaru Rumah Ditempel Stiker
Yamaha 21 Juni 2021
Polling
Pemerintah Kota Pekanbaru mulai mewajibkan warganya melampirkan bukti sudah vaksin Covid-19/sudah mendaftar jika ingin mengurus dokumen administrasi. Apakah Anda setuju?


Sidak Pembangunan PKS PT YBS, Repol: Jangan Sampai Nanti Limbah Dibuang ke Sungai
Kamis, 16 April 2020 09:13 WIB
Sidak Pembangunan PKS PT YBS, Repol: Jangan Sampai Nanti Limbah Dibuang ke Sungai
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kampar Repol menyampaikan penjelasan kepada Project Supervisor PT YBS Niko Hermawan di depan pabrik kelapa sawit yang sedang dibangun, Rabu (15/4/2020).

KAMPAR (CAKPALAH) - Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kampar Repol kembali meninjau pembangunan sebuah pabrik kelapa sawit (PKS) di Desa Teluk Paman Timur, Kecamatan Kampar Kiri, Rabu (15/4/2020).

Dalam peninjauan kedua ini Repol yang didampingi sejumlah pejabat eselon III dari beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) Kabupaten Kampar di hadapan Project Supervisor Manager Niko Hermawan dan petugas keamanan PT Yuni Bersaudara Sejahtera menegaskan bahwa ia kembali turun ke lokasi pembangunan pabrik ini tidak ada niat untuk menghambat investasi.

Namun selaku wakil rakyat dan pimpinan di DPRD Kabupaten Kampar apalagi sebagai perwakilan dari masyarakat Serantau Kampar Kiri ingin pihak perusahaan mengikuti semua aturan dan memenuhi segala jenis perizinan.

Disamping itu, satu hal terpenting lagi ia tidak ingin dikemudian hari setelah beroperasi, perusahaan ini membuang limbah ke sungai karena sungai adalah sumber kehidupan masyarakat dan selama ini Sungai Subayang yang melintas di desa ini tercemar oleh limbah.

Dari pantauan, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kampar Repol tiba sekira pukul 10.30 WIB di Desa Teluk Paman Timur dan berhenti di samping water intage yang berada di sebuah lahan di seberang jalan dari bangunan pabrik didirikan.

Tak lama berselang ia sampai di lokasi ini datang Kepala Desa Teluk Paman Timur Rino Candra dan Kapolsek Kampar Kiri AKP Yulisman dan pihak kecamatan dan kemudian Kepala Bidang Pentaatan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kampar Riswandi, Kepala Bidang Kerusakan Lingkungan Hidup DLH Kampar Idrus dan Kabid Usaha Perkebunan Dinas Perkebunan, Peternakan dan Kesehatan Hewan Tamrin .

Setelah istirahat siang disusul Kepala Bidang Pengaduan DPMPTSP Kampar Fauzan, Kabid Penegakan Perda Satpol PP Kampar H Sawir dan Sekretaris Satpol PP Kampar Agustar.

Sebelum para pejabat OPD itu datang Repol didampingi warga dan awak media langsung berjalan kaki ke arah bukit mengikuti sebuah jalan yang baru dibuka. Sampai di lokasi pabrik yang berjarak sekira 400 meter dari Jalan Lipatkain-Gema, Repol langsung meninjau sebuah kolam yang dibangun di bagian timur pabrik. Menjelang sampai ke kolam, terdapat dua pipa besi yang melintasi sebuah parit. Pipa itu diperkirakan mengarah ke water intake yang berjarak sekira 500 meter dari pabrik yang menyeberangi Jalan Lipatkain-Gema.

Di lokasi ini dua orang dari pihak perusahaan sempat mempertanyakan kedatangan Repol dan menyampaikan bahwa ia tak berhak masuk kawasan pabrik. Melihat hal itu Repol langsung balik ke titik pertama ia turun atau di samping water intake di pinggir jalan lintas Lipatkain-Gema. Ternyata salah satu diantaranya adalah Project Supervisor PT YBS Niko Hermawan dan rekannya.

Setelah sampai di titik pertama, ternyata beberapa pejabat dari DLH dan Dinas Perkebunan PKH juga sampai di lokasi. Ia juga melihat sebuah kolam yang diakui pihak perusahaan sebagai water intake. Kemudian rombongan kembali masuk ke areal pabrik. Namun kali ini mereka masuk melalui pintu depan yakni dari Jalan Lipatkain-Batusasak.

Di sini Project Supervisor PT YBS Niko Hermawan bersama rekannya dan didampingi seorang petugas keamanan baru tampak menerima kedatangan Repol dan beberapa pejabat dan staf dari DLH Kampar.

Di hadapan Project Supervisor PT YBS Niko Hermawan PT YBS, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kampar ini menegaskan bahwa kedatangannya ke lokasi ini tidak dalam rangka menghambat investasi namun Sekretaris DPD Partai Golkar Kampar itu meminta pihak perusahaan mentaati segala aturan dan melengkapi semua izin. Investasi menurutnya akan membuka peluang kerja bagi tenaga kerja lokal dan meningkatkan ekonomi masyarakat.

Ia juga menegaskan bahwa apa yang dilakukan ini agar pengelola pabrik tidak membuang limbah ke sungai karena Repol masih mempertanyakan adanya dua buah pipa di dalam tanah. Pipa itu terlihat pas di belakang pabrik. Setelah sampai di water intake pipa hanya terlihat satu buah dan ia mengaku merasa curiga satu pipa lagi mengarah ke sungai.

"Kita cek kondisi di lapangan dan telah ditemukan ada dua pipa berasal dari pabrik. Satu mengarah ke kolam yang di seberang jalan. Namun yang satu lagi ke mana," beber Repol.

Mantan aktivis kampus diawal reformasi itu mengungkapkan bahwa saat rapat dengar pendapat di DPRD Kampar Senin kemarin DLH mengakui bahwa water intake yang dibangun tak jauh dari Sungai Subayang ini belum diurus izinnya.

Selanjutnya Repol mengungkapkan bahwa pembangunan pabrik tak sesuai dokumen yang diajukan ke pemda dengan yang dibangun di lapangan atau tidak sesuai dengan site plan atau rencana bangun dan hal ini diakui pihak DLH yang ikut dalam peninjauan ini.

Oleh sebab itu Repol meminta pipa yang ditanam di tanah dibongkar dan tidak lagi ditanam di dalam tanah. Pembongkaran pipa ini disaksikan beberapa pihak termasuk DPRD Kampar.

Repol menegaskan agar perusahaan tidak membuang limbah ke sungai dan mengolah limbahnya sebaik-baiknya tanpa mengorbankan lingkungan.

Terhadap enam pemasok bahan baku berupa buah kelapa sawit untuj pabrik ini sebagaimana yang disampaikan oleh Kabid Usaha Perkebunan Tamrin maka Repol meminta dinas tersebut memeriksa perjanjian dan dokumen lainnya.

Setelah meninjau areal pabrik dan berbincang dengan Project Supervisor PT YBS Niko Hermawan, Waka DPRD Kampar dan rombongan langsung keluar dari area pabrik. Tak lama setelah itu datang Kepala Bidang Pengaduan DPMPTSP Kampar Fauzan, Kabid Penegakan Perda Satpol PP Kampar H Sawir dan Sekretaris Satpol PP Kampar Agustar.
Mereka juga meninjau ke lokasi pembangunan pabrik. Setelah keluar dari lokasi itu Fauzan selaku Kabid Pengaduan DPMPTSP menyatakan siap melaksanakan aturan yang ada dan memberi peluang kepada perusahaan untuk segera menuntaskan berbagai hal berkaitan perizinan.

Berkaitan kedatangan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kampar dan beberapa pejabat dari OPD Kampar, Project Supervisor PT YBS Niko Hermawan ketika dikonfirmasi di lokasi pembangunan PKS menjelaskan bahwa kolam yang dibangun di area yang dipagar, tepatnya di seberang jalan dari belakang pabrik itu akan digunakan sebagai tempat mengumpulkan cadangan air seandainya debit air untuk pabrik tidak cukup.

"Ada rencana namun dengan segala izin dan secara segala legalitas sosial masyarakat dan desa," ungkap Niko.

"Kalaupun kita ambil air dari air danau pasti kita lakukan dengan segala legal dan izin dari pihak berwenang dan itupun belum pasti. Kalau masih kurang pipa itu digunakan untuk bantu suplai air ke pabrik. Namun sumber air kami tetap dari waduk besar yang kami gali di tanah kami sendiri. Itu kan air itu bukan kolam limbah," terang Niko.

Selain itu sumber air juga berasal dari danau yang terbentuk secara natural di belakang pabrik dan akan disalurkan ke kolam utama.

Mengenai adanya kecurigaan pipa mengarah ke sungai dan akan dijadikan saluran pembuangan limbah Niko mengaku kurang tahu. "Kalau itu saya kurang tahu juga sampai di sana. Yang pasti bisa saya yakinkan yang tadi, yang kita bendung itu fungsinya untuk sumber air," ujarnya.

Ia juga menegaskan, jika nanti ada pembuangan limbah semua itu akan dikoordinasikan dengan pihak berwenang. "Pasti dilakukan dengan prosedur, kewajiban kita dan syarat-syarat pembuangan limbahnya dan bla bla bla," bebernya.

Dalam kesempatan ini Niko juga mengakui bahwa ada kesalahan pihaknya dalam melaksanakan pembangunan karena tidak sesuai dengan site plan. Suda datang kita sudah punya izin tapi site plan tak presisi kita bangun

"Kita baru sadar pas ditandatangani kita menyanpaikan terima kasih dan kita dikasih tahu bahwa salah kita," akunya.

Namun minggu ini kesalahan itu sudah diperbaiki satu hari adanya hearing di DPRD. "Kita cek kita ada kesalahan," ulasnya.

Pihaknya juga langsung datang ke DLH Kampar meminta panduannya seperti apa dan minta nasehat apa yang perlu dirubah dan sampai hari ini masih dalam proses perubahan," pungkasnya.

Penulis : Akhir Yani
Editor : Ali
Kategori : Serantau
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Polling
Pemerintah Kota Pekanbaru mulai mewajibkan warganya melampirkan bukti sudah vaksin Covid-19/sudah mendaftar jika ingin mengurus dokumen administrasi. Apakah Anda setuju?

Artikel Terkait
Senin, 24 Mei 2021 17:38 WIB
Bupati Kampar Kunker ke Boyolali
0 Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Selasa, 08 Juni 2021
Pemerintah Diimbau Hentikan Impor Alkes, Bamsoet: Sektor Kesehatan Ini Justru Dinikmati oleh Asing
Senin, 07 Juni 2021
Soal Wawasan Kebangsaan, FPKB MPR RI: Itu Sesuatu yang Fundamental, Penting untuk Indonesia
Jumat, 28 Mei 2021
Ketua MPR RI Luncurkan Buku ke-19 Berjudul ‘Cegah Negara Tanpa Arah’
Selasa, 25 Mei 2021
Sosialisasikan 4 Pilar Kebangsaan, Achmad: MPR Dorong 4 Pilar Masuk Kurikulum Pendidikan Nasional

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Senin, 12 April 2021
Terapkan Digitalisasi, Operasi PT CPI Makin Kompetitif
AMSI
Topik
Jumat, 07 Mei 2021
Dugaan Penggelapan Jual Beli Tanah, Rico Berharap Proses Hukum Tetap Berjalan
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan

CAKAPLAH TV lainnya ...
Kamis, 24 Juni 2021
Kesbangpol Gelar Penyuluhan Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai Luhur Pancasila
Kamis, 24 Juni 2021
Ini Penyebab Warga Bengkalis Akrab dengan Pejabat dan Artis Malaysia Gara-gara Televisi
Kamis, 24 Juni 2021
Imbau Masyarakat Ikut Vaksin, Polsek Pangkalan Kuras Gelar Penling
Kamis, 24 Juni 2021
Patroli C3, Polsek Ukui Sambangi Objek Vital dan Tempat Rawan Kejahatan

Serantau lainnya ...
Senin, 31 Mei 2021
Segera Diluncurkan, Biografi Presiden Penyair Sutardji Calzoum Bachri
Minggu, 30 Mei 2021
UIR dan IAEI Riau Edukasi Pelaku Usaha di Pekanbaru tentang Konsep Laundry Syariah
Selasa, 11 Mei 2021
Tampil Cantik saat Lebaran, Fajar Cosmetic Ramai Pengunjung
Rabu, 05 Mei 2021
7 Cara Gampang Agar Lebih Mudah Bangun untuk Sahur

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 31 Desember 2020
Tutup Tahun 2020 BOB PT BSP Pertamina Hulu Tajak Sumur Migas
Jumat, 28 Agustus 2020
PGN Komitmen Bangun Infrastruktur Baru Untuk Mendorong Bauran Energi Nasional
Jumat, 28 Agustus 2020
Jaga Ketahanan Listrik di Batam, PGN dan PT Energi Listrik Batam (ELB) Teken Perjanjian Jual Beli Gas
Senin, 17 Agustus 2020
Promo Merdeka 17 LSP, Program PGN Gratis Isi Gas kepada Pelanggan GasKu

Advertorial lainnya ...
Minggu, 09 Mei 2021
5 Smartphone Terbaru dari Oppo Tahun 2021
Senin, 03 Mei 2021
Aturan Privasi Baru WhatsApp Berlaku Kurang dari 2 Pekan Lagi
Kamis, 29 April 2021
Dua Minggu Lagi WhatsApp akan Blokir Kamu
Selasa, 13 April 2021
Bukan Mimpi Lagi, Ini 2 Mobil Terbang yang sudah Dapat Izin Mengudara

Tekno dan Sains lainnya ...
Kamis, 17 Juni 2021
Pentingnya Menjaga Pola Hidup Untuk Kesehatan Kulit, Begini Penjelasan dr Vee Clinic
Rabu, 05 Mei 2021
Kurang Minum Air Putih saat Berbuka Bisa Bikin Berat Badan Melonjak
Selasa, 13 April 2021
Tips Sehat saat Puasa: Olahraga Ringan dan Penuhi Nutrisi
Senin, 18 Januari 2021
Terlalu Lama Pakai Masker Sebabkan Mata Kering, Ini Cara Mencegahnya

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Rabu, 23 Juni 2021
Masyarakat Perlu Memahami dan Menerapkan Etika Berinternet
Kamis, 17 Juni 2021
Bantu Hadapi Dunia Kerja, Fikom UIR Luncurkan Program Magang bagi Mahasiswa
Jumat, 11 Juni 2021
Perdana di Pekanbaru, Santri di Pondok Pesantren Terima Vaksin Covid-19
Rabu, 09 Juni 2021
Tingkatkan SDM Daerah, PCR Lakukan Pertemuan dengan Pemkab Meranti

Kampus lainnya ...
Minggu, 09 Mei 2021
Ramadan Penuh Berkah, BRI Bagikan Bingkisan ke Panti Asuhan, Panti Werdha, Jurnalis dan Masyarakat
Jumat, 15 Mei 2020
BRI Salurkan Bantuan Rp 22,16 Miliar Hasil Donasi 62 Ribu Karyawan untuk Covid-19
Kamis, 23 April 2020
PT SRL dan Mitra Bagikan 17.500 Paket Sembako di Tiga Provinsi
Senin, 23 Maret 2020
PT Musim Mas Salurkan Bantuan Ternak Sapi untuk Kelompok Tani di Pelalawan

CSR lainnya ...
Polling
Pemerintah Kota Pekanbaru mulai mewajibkan warganya melampirkan bukti sudah vaksin Covid-19/sudah mendaftar jika ingin mengurus dokumen administrasi. Apakah Anda setuju?


Pelantikan Bupati Siak - Pemkab Siak
Terpopuler

02

HUT Pekanbaru ke-237
Foto
Idul Fitri 1442 Syahrul Aidi
Waisak 26 Mei 2021 - APRIL
Kamis, 29 April 2021
7 Artis Indonesia dengan Bayaran Selangit
Selasa, 13 April 2021
Diungkap Sahabat, Billy Sering Bengong Sulit Lupakan Pesona Amanda Manopo
Rabu, 31 Maret 2021
Aa Gym Cabut Gugatan Cerai ke Teh Ninih
Jumat, 19 Maret 2021
Diduga Terlibat Perdagangan Anak sebagai PSK, Artis Cynthiara Alona Terancam 10 Tahun Penjara

Selebriti lainnya ...
Muswil PPP 29 Mei 2021
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Unilak 1 Juni 2021
Senin, 14 Juni 2021
Santri Rumah Qur'an Hajjah Rohana Tak Hanya Fokus Tahfiz Tapi Juga Belajar Pokok Keislaman
Selasa, 18 Mei 2021
Hukum Menggabung Puasa Qada Ramadan dan Syawal
Jumat, 07 Mei 2021
Rilis Lagu Bertema 'Tak Mudik', Azwa Nasyid dan Azam Voice Bikin Sedih Hilang
Rabu, 05 Mei 2021
4 Golongan Manusia Mendapat Kebahagian dan Kesengsaraan

Religi lainnya ...
Idul Fitri 1442 BRK
Indeks Berita
Pelantikan Bupati Pelalawan Sukri - Nasarudin dari DPRDUcapan Ramadan Syahrul AidiPesonna Hotel Januari 2021Diskes Rohul 2021APRIL/RAPP - ImlekNyepi 14 Maret 2021 - APRIL RAPPHUT Kampar 2021 - APRIL-RAPP
www www