Minggu, 17 Januari 2021

Breaking News

  • Jargas di Pekanbaru Bakal Mati Total hingga Sore Nanti   ●   
  • Stimulus dan Penghapusan Denda Pajak di Pekanbaru Berlanjut   ●   
  • PAN Tolak Rencana Gubernur Riau Ngutang untuk Infrastruktur   ●   
  • Walikota Minta Dinas PUPR Gesa Pengerjaan Komplek Perkantoran Tenayan Raya   ●   
  • KUA-PPAS APBD Provinsi Riau 2021 Disepakati Rp9,032 Triliun   ●   
  • KUA-PPAS APBD Provinsi Riau 2021 Disepakati Rp9,032 Triliun   ●   
  • Terdampak Covid-19, Realisasi Retribusi KIR di Pekanbaru Menurun   ●   
  • BEM UIR Siap Kawal Kedatangan Habib Rizieq ke Riau   ●   
  • Pemko Pekanbaru Ingatkan Pelaku Usaha Tetap Patuhi Protokol Kesehatan   ●   
  • Wakil Walikota Dumai Eko Suharjo Wafat
Yamaha 14 Januari 2021

Cara Beli Token Listrik Prabayar Terbaru dan Paling Efektif
Sabtu, 12 Desember 2020 18:58 WIB
Cara Beli Token Listrik Prabayar Terbaru dan Paling Efektif
Meteran listrik prabayar

(CAKAPLAH) - Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa saat ini sudah banyak orang yang lebih memilih menggunakan token listrik PLN untuk penggunaan listrik rumah mereka. Mengapa demikian? Tentu karena penggunaan token dinilai jauh lebih hemat dan nyaman dibandingkan pascabayar. Hal ini membuat pengguna listrik pascabayar beralih ke listrik token. Dengan penggunaan token ini dapat diartikan juga Anda menggunakan listrik pintar.

Lalu, sebenarnya apa itu token? Nah token di sini merupakan salah satu produk yang dikeluarkan oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN) yang sedang melakukan sebuah inovasi baru bernama Listrik Pra Bayar (LPB). Dengan adanya fasilitas inilah pelanggan bisa mengisi daya listriknya sendiri menggunakan satu buah kartu. Nah bagaimana cara dan proses pengisiannya? Simak penjelasannya dibawah ini.

Cara Mengisi Token Listrik Pra Bayar Terbaru

Diatas telah sedikit disinggung mengenai apa itu Token Listrik PLN. Token ini sendiri merupakan jenis pembayaran listrik yang dilakukan menggunakan kartu. Dengan menggunakan token ini, Anda bisa mengatur sendiri kontrol pemakaian listrik tiap harinya. Anda juga bisa jauh lebih berhemat dibandingkan dengan menggunakan listrik biasa. Lalu bagaimana cara pengisian token ini yang baik dan benar? simak penjelasannya berikut ini.

1. Cara pertama yang harus Anda lakukan yaitu berikan kode token listrik kepada penjual voucher listrik. Nah jika transaksi telah selesai, Anda akan mendapatkan struk yang berisikan 20 angka kode token.

2. Setelah Anda mendapatkan 20 angka kode token tersebut, masukkan kode yang terdapat pada struk tersebut ke meteran listrik Anda. Caranya cukup mudah, Anda tinggal mengetikkan 20 angka tersebut lalu tekan enter.

3. Bagi Anda yang menemukan kesalahan dalam pengetikan, tidak perlu panik. Anda bisa menghapusnya dengan menekan tombol backspase.

4. Jika Anda sudah selesai memasukkan 20 angka dan telah menekan tombol enter, maka akan muncul tulisan benar atau accept pada meteran Anda. Jika sudah ada tulisan tersebut, maka tandanya kode yang Anda masukkan sudah benar dan akan ditampilkan pada layar meteran jumlah nilai kWh dan daya yang Anda beli.

5. Berbeda lagi jika setelah Anda memasukkan 20 angka dan menekan tombol enter muncul tulisan salah atau reject, berarti ada kemungkinan kode 20 angka yang Anda masukkan salah. Anda harus lebih berhati hati dalam memasukkan kode tersebut agar berhasil terisi dengan sempurna.

6. Setelah semua berhasil, Anda sudah bisa menikmati fasilitas listrik pra bayar. Jangan lupa untuk selalu menghemat dan mengontrol penggunaan listrik di rumah Anda.

Token Hilang? Yuk Cek Nomor Token Listrik Anda dengan Tips Berikut Ini

Saat ini Anda pasti sudah paham bagaimana cara mengisi token dengan baik dan benar sesuai prosedur yang berlaku. Tapi adakah dari Anda yang terkadang kesal dengan token yang tiba-tiba hilang entah ke mana? Nah, sebenarnya ada beberapa tips untuk Anda yang kehilangan nomor token, agar bisa kembali untuk diisi kedalam meteran. Caranya cukup murah, simak penjelasan berikut untuk lebih lengkapnya.

• Via Penjual Voucher

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah via penjual voucher token tempat Anda membelinya. Anda bisa kembali ke tempat dimana Anda membeli token PLN tersebut. Setelah itu minta petugas atau penjual token untuk melacak atau bisa juga mengirimkan ulang 20 angka token PLN yang sudah Anda beli sebelumnya. Anda tidak perlu khawatir, karena setiap penjual sudah pasti memiliki histori atau riwayat transaksi setiap pembelinya.

Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi kantor PLN terdekat. Setelah itu Anda hanya tinggal meminta bantuan untuk cek 20 digit angka token yang telah Anda beli sebelumnya. Cara ini memang terbilang cukup rumit dan memakan banyak waktu, apalagi bagi Anda yang memiliki kesibukan luar biasa.

• Via Online

Cara kedua dan tentunya jauh lebih praktis yaitu melakukan cek via online. Cara ini tentu sangat efektif bagi Anda yang memiliki kesibukan luar biasa, karena bisa dilakukan dimana pun dan kapan pun. Caranya cukup mudah, Anda hanya tinggal mengunjungi website PLN yaitu layanan.pln.co.id/InfoPrepaid.html. Setelah mengunjungi website tersebut, Anda bisa mengisikan informasi identitas diri Anda berupa nomor meter atau ID pel, disertai dengan nama pelanggan, kelompok tarif (R1 untuk rumah tangga reguler atau R1T untuk rumah tangga yang tidak mampu).

Jangan lupa juga dengan besaran daya listrik ditempat tinggal Anda, apakah 450V, 900V, 1300V, atau besaran lainnya. Jika data yang Anda isikan telah benar, maka nanti akan muncul serangkaian riwayat atau histori pembelian prepaid PLN Anda. Untuk Anda yang ingin menemukan kode token yang hilang atau lupa, tinggal melihat dan mencocokkan kapan waktu Anda melakukan pengisian token tersebut. Anda bisa klik dua kali pada kode token yang ada, maka selanjutnya akan muncul pop up kode token yang Anda cari.

• Cek Sisa Rupiah Token

Agar Anda tidak mengalami kejadian listrik mati mendadak karena kehabisan kode token, ada baiknya untuk selalu cek sisa rupiah di token Anda. Seperti yang telah diketahui, bahwa meteran listrik pada setiap rumah pasti memiliki merk yang berbeda-beda. Cara cek sisa kWh pada tiap meteran pun sebenarnya cukup mudah. Nah, tahap pertama yaitu Anda bisa mengetahui merk meteran apa yang Anda gunakan di rumah. Hal ini tentu karena ada beberapa meteran yang sudah langsung menampilkan informasi sisa kWH dan rupiah listrik.

Tetapi ada juga jenis meteran yang tidak menampilkan sisa kWH. Anda bisa menekan kode 801 untuk mengecek sisa listrik yang ada. Selain itu, Anda juga bisa mencoba ketik kode 07 lalu tekan enter. Khusus bagi Anda pengguna listrik pra bayar seperti ini, ada baiknya untuk selalu menyimpan kartu yang berisikan informasi ID Pelanggan PLN dengan baik dan benar. Anda juga bisa mencatatnya ulang di smartphone atau tempat lain, agar ketika hilang Anda masih bisa mengisi token.

Ikuti Tips Berikut Agar Token Listrik Tetap Hemat

Dimana pun Anda tinggal, baik di rumah sederhana, rumah mewah, apartemen, dan tempat tempat lain, tentu ingin memangkas biaya pengeluaran listrik agar jauh lebih murah. Hal ini tentu karena listrik merupakan kebutuhan primer yang hampir setiap orang memerlukannya. Padahal seperti yang kita tahu, saat ini tarif dasar listrik mulai naik beberapa kali lipat sehingga pengeluaran akan listrik menjadi lebih besar. Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghemat pengeluaran listrik di tiap bulannya. Berikut cara-caranya.

• Pilih Daya Sesuai Kemampuan

Cara yang pertama dan cukup banyak diremehkan oleh sebagian besar orang yaitu pilih daya listrik sesuai dengan kemampuan bayar Anda. Berbeda daya listrik artinya berbeda pula harga per kWHnya. Untuk golongan listrik daya 450 V dan 900 V biasanya masih bisa mendapatkan subsidi dari pemerintah. Hal ini dikarenakan listrik dengan daya tersebut diperuntukkan untuk masyarakat kurang mampu.

Dengan membeli listrik pada golongan daya 450 V atau 900 V akan menerima besaran kWH yang lebih banyak dibandingkan dengan daya di atasnya. Jadi Anda bisa memperkirakan terlebih dahulu berapa daya listrik yang dibutuhkan sehari-hari. Apabila terlalu besar, Anda bisa meminta ke kantor PLN untuk menurunkan daya listrik tersebut. Semakin besar daya kWH yang Anda gunakan, maka semakin mahal juga harga yang harus Anda bayar.

• Gunakan Listrik Pra Bayar

Cara berhemat yang kedua, tentu Anda bisa menggunakan Listrik pra bayar. Listrik satu ini memiliki sistem pembelian token atau voucher. Jadi dengan menggunakan listrik pra bayar, Anda bisa mengatur sendiri pengeluaran listrik setiap harinya. Tentu hal ini bisa menjadikan Anda lebih hemat dan bijak dalam proses pemakaian listrik selama satu bulan. Alokasi listrik yang tepat juga bisa mendukung berkurangnya pemanasan global di dunia.

• Ganti Lampu dengan LED

Tips yang ketiga, Anda bisa mengganti lampu di rumah Anda dengan lampu LED. Saat ini telah banyak ditemukan produsen yang menjual lampu berjenis LED. Hal ini tentu karena lampu dengan jenis LED jauh lebih hemat energi dibandingkan dengan lampu model biasa. Selain itu lampu jenis ini juga dinilai lebih terang, tidak panas, dan warnanya yang natural serta lebih halus.

Jadi, dengan menggunakan lampu LED Anda bisa mendapatkan cahaya yang sangat terang, akan tetapi energi yang dibutuhkan hanya sedikit. Bayangkan saja jika Anda mengganti 10 titik lampu, sudah pasti rumah Anda akan jauh lebih hemat energi bukan. Pastikan juga membeli lampu LED dari merk yang sudah terkenal agar tidak mudah rusak dan mendapatkan garansi.

• Gunakan TV LED dengan Fitur Hemat Energi

Hampir sama seperti lampu, Anda juga bisa mengganti TV tabung di rumah dengan menggunakan TV LED. Apalagi jika TV LED tersebut dilengkapi dengan fitur hemat energi. Tentu hal ini merupakan investasi terbaik yang bisa menghemat pengeluaran listrik Anda tiap bulannya. Dengan adanya fitur hemat energi, Anda bisa meredupkan lampu LED dalam TV, cahaya akan jauh lebih nyaman dan dingin di mata.

• AC Sesuai Kebutuhan

Selanjutnya bagi Anda yang memiliki AC di rumah, jangan lupa untuk selalu menggunakannya sesuai dengan kebutuhan. Jangan menggunakan AC dengan boros, bijaklah dalam mengatur suhu ruangan rumah Anda. hal ini tentu dikarenakan semakin besar daya yang ada pada AC, semakin besar pula biaya listrik yang harus Anda tanggung.

• Cabut Steker dari Colokan Jika Tidak Digunakan

cara yang terakhir dan paling sering terjadi yaitu steker yang terus menempel dicolokkan meskipun tidak digunakan. Hal ini tentu akan membuat listrik rumah Anda menjadi lebih boros. Anda harus mencabut steker ini dari colokan agar tidak menyedot listrik rumah Anda secara terus-menerus. Selain untuk menghemat listrik, mencabut steker dari colokan juga menghindarkan Anda dari korsleting yang tentunya sangat berbahaya.

Nah seperti itulah sedikit informasi mengenai token listrik, cara pembeliannya, cek nomor, dan juga tips menghemat token listrik dengan baik dan benar. sebagai masyarakat yang baik, Anda harus lebih bijak lagi dalam mengelola kelistrikan rumah. Hal ini tentu untuk mengurangi adanya pemanasan global yang terjadi di dunia. Gunakan tips-tips diatas agar Anda jauh lebih mengerti tentang listrik dan tokennya. Selamat mencoba!***

Editor : Jef Syahrul
Kategori : Serantau
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Artikel Lainnya
0 Komentar
Berita Pilihan
Jumat, 30 Oktober 2020
Ini 342 Nama Peserta Lulus CPNS 2019 Kota Pekanbaru, Lihat Linknya di Sini
AMSI
Topik
Jumat, 22 Maret 2019
Plastik Masih Menjadi Permasalahan Utama Pencemaran Lingkungan di Kuansing
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan

CAKAPLAH TV lainnya ...
Sabtu, 16 Januari 2021
Tekan Angka Kriminal, Polsek Pangkalan Lesung Gencar Gelar Patroli
Sabtu, 16 Januari 2021
Cegah Covid-19, Polsek Kuala Kampar Gelar Operasi Yustisi Gabungan
Sabtu, 16 Januari 2021
Polsek Bunut Lakukan Patroli C3 Serta Sosialisasi Prokes
Sabtu, 16 Januari 2021
Polsek Pangkalan Kerinci Laksanakan Patroli C3

Serantau lainnya ...
Sabtu, 09 Januari 2021
Pilih Salah Satu Hewan untuk Prediksi Masa Depanmu
Rabu, 06 Januari 2021
Puteri Ekowisata Indonesia Perwakilan Riau Endang Sri Rezki Percayakan Perawatan Kulit ke Klinik Isabells Beauty Treatment
Rabu, 06 Januari 2021
Tak Perlu Susah Payah, Ini Untungnya Pakai Aplikasi Pinjam Uang Online
Selasa, 29 Desember 2020
Duo FIFA Liga Dangdut 2018 Kunjungi Isabell's Beauty Treatment

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 31 Desember 2020
Tutup Tahun 2020 BOB PT BSP Pertamina Hulu Tajak Sumur Migas
Jumat, 28 Agustus 2020
PGN Komitmen Bangun Infrastruktur Baru Untuk Mendorong Bauran Energi Nasional
Jumat, 28 Agustus 2020
Jaga Ketahanan Listrik di Batam, PGN dan PT Energi Listrik Batam (ELB) Teken Perjanjian Jual Beli Gas
Senin, 17 Agustus 2020
Promo Merdeka 17 LSP, Program PGN Gratis Isi Gas kepada Pelanggan GasKu

Advertorial lainnya ...
Rabu, 30 Desember 2020
Intip Spesifikasi Realme C11, Smartphone Rp1,5 Jutaan dengan Beragam Fitur Menarik
Selasa, 27 Oktober 2020
Tentang Rapid Test Antigen, Pengganti Rapid Test Antibodi
Selasa, 13 Oktober 2020
Tim Umri Serahkan Alat Pengering Buah untuk Masyarakat Desa Kualu Nenas
Sabtu, 04 Juli 2020
Sony Bakal Berubah Nama?

Tekno dan Sains lainnya ...
Rabu, 06 Januari 2021
Jembatan Siak IV Kerap Jadi Titik Kumpul Pesepeda di Pekanbaru
Selasa, 08 Desember 2020
Miss Interglobal Indonesia 2020 Kunjungi Isabell's Beauty Treatment
Jumat, 16 Oktober 2020
Tips Hindari Covid-19 di Pondok Pesantren
Rabu, 16 September 2020
Yuk Mengenal Langkah-langkah Perawatan Gigi Anak-anak

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Kamis, 31 Desember 2020
Ini Dia Pemenang Lomba Film Dokumenter dan Fotografi Sempena Milad FIB Unilak
Selasa, 22 Desember 2020
Politeknik Caltex Riau Jalin Kerjasama dengan Universitas Baiturrahmah
Senin, 14 Desember 2020
Di Tangan Dosen Unilak, Urine Ternak Diubah Menjadi Pupuk Cair
Senin, 14 Desember 2020
Webinar Mental Health and Social Media Komunikasi Unri Sukses Digelar

Kampus lainnya ...

Telkomsel 7 Desember 2020
Terpopuler
RAPP APRIL NATAL 2020
Foto
Jumat, 15 Mei 2020
BRI Salurkan Bantuan Rp 22,16 Miliar Hasil Donasi 62 Ribu Karyawan untuk Covid-19
Kamis, 23 April 2020
PT SRL dan Mitra Bagikan 17.500 Paket Sembako di Tiga Provinsi
Senin, 23 Maret 2020
PT Musim Mas Salurkan Bantuan Ternak Sapi untuk Kelompok Tani di Pelalawan
Jumat, 20 Maret 2020
PKS Sindora Rohil Segera Beroperasi, Manajemen Siapkan Program CSR Jangka Panjang

CSR lainnya ...
Jumat, 15 Januari 2021
Sempat Menimba Ilmu 3 Tahun di Pesantren, Vicky Prasetyo Ingin Jadi Penceramah
Senin, 11 Januari 2021
Setelah Sebulan Jalani Karantina, Akhirnya Nirina Zubir Negatif Covid-19
Sabtu, 04 Juli 2020
Trending di Twitter, Maudy Ayunda Diduga Adu Mulut dengan Pria saat Live Instagram
Rabu, 01 April 2020
5 Fakta 'Aisyah Istri Rasulullah' yang Aslinya Lagu Cinta dari Malaysia

Selebriti lainnya ...
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Jumat, 15 Januari 2021
Membuka Pintu Rezeki di Waktu Pagi
Sabtu, 09 Januari 2021
Bersyahadat di Masjid Ar Rahman Pekanbaru, Sampang Ganti Nama Jadi Abdul Aziz
Kamis, 26 November 2020
Ustaz Abdul Somad Launching "SPBU" Bersama YTWU
Kamis, 10 September 2020
Mau Ikutan Bedah Buku UAS dan Pelatihan Cara Bahagia Menghapal Al-Quran, Begini Cara Mendaftarnya

Religi lainnya ...
Indeks Berita
www www