Minggu, 17 Januari 2021

Breaking News

  • Jargas di Pekanbaru Bakal Mati Total hingga Sore Nanti   ●   
  • Stimulus dan Penghapusan Denda Pajak di Pekanbaru Berlanjut   ●   
  • PAN Tolak Rencana Gubernur Riau Ngutang untuk Infrastruktur   ●   
  • Walikota Minta Dinas PUPR Gesa Pengerjaan Komplek Perkantoran Tenayan Raya   ●   
  • KUA-PPAS APBD Provinsi Riau 2021 Disepakati Rp9,032 Triliun   ●   
  • KUA-PPAS APBD Provinsi Riau 2021 Disepakati Rp9,032 Triliun   ●   
  • Terdampak Covid-19, Realisasi Retribusi KIR di Pekanbaru Menurun   ●   
  • BEM UIR Siap Kawal Kedatangan Habib Rizieq ke Riau   ●   
  • Pemko Pekanbaru Ingatkan Pelaku Usaha Tetap Patuhi Protokol Kesehatan   ●   
  • Wakil Walikota Dumai Eko Suharjo Wafat
Yamaha 14 Januari 2021

Pandemi Bukan Hambatan Berliterasi
Senin, 28 Desember 2020 10:03 WIB
Pandemi Bukan Hambatan Berliterasi

ROHUL (CAKAPLAH) - Pandemi Covid-19 tak menghalangi semangat sejumlah anak muda untuk tetap produktif dalam menggali potensi diri dan ilmu pengetahuan.

Diinisiasi Green House Koempai, sejumlah kelompok pemuda pecinta lingkungan Rohul seperti Obuk Adventure, Pondok Cerdas, WISS dan Shelter Adventure Riau, berkumpul untuk berdiskusi dan berliterasi dengan tema "Sinergi Alam Desember" di salah satu sudut Desa Lubuk Bendahara, Sabtu (26/12/2020).

Bersama Ketua PWI kabupaten Rokan Hulu Engki Prima Putra, Sekjen PWI Amin Syukri, dan Wakil Ketua Bidang Organisasi Maruba Habehaan, kami diberi penghormatan menjadi Narasumber di bidang jurnalistik dalam kegiatan tersebut.

Selain dari PWI kabupaten Rokan Hulu, turut juga berpartisipasi Plt Rektor Universitas Pasirpangaraian DR. Hardianto dan tentu saja Owner GH Koempai, Yusro Fadli.

Suasana di GH Koempai sangat dingin karena lokasi basecamp GH Koempai yang berada di perbukitan ditambah dengan derasnya Hujan yang turun sore itu tidak menyurutkan keceriaan para peserta dalam mengikuti kegiatan yang dilaksanakan dengan penuh kesederhanaan.

Terpancar kesan wajah serius dan penuh semangat dari para peserta saat berdiskusi tentang banyak hal mulai dari Pandemi, Jurnalistik, Alam dan Pariwisata. Suasana saat itu semakin hangat saat hadirnya secangkir Kopi Khas Kumpai yang disuguhkan. Kopi tersebut dimasak dengan tungku berbahan bakar kayu. Suasana terasa nyaman ketika siulan burung walet yang terbang di atas bersaut-sautan.

Awal diskusi, kami dari PWI tak lupa memberi pesan mengingatkan kepada para peserta untuk tetap disiplin mentaati Protokol Kesehatan (Prokes). Ya, apalagi kalau bukan 3 M, Tetap memakai Masker, biasakan Mencuci tangan dan Menghindari Kerumunan.

Pesan yang disampaikan ke peserta tersebut tidak lain sebagai tanggung jawab PWI Rokan Hulu yang ikut dilibatkan oleh Dewan Pers dan Satgas Covid-19 dalam program Follow Ship perubahan Perilaku.

"Mari kita tetap disiplin menerapkan 3 M, karena kita tidak tahu kapan Pandemi ini akan berakhirnya, untuk itu kebiasaan 3 M ini harus tetap kita budayakan," cakap Ketua PWI Rohul Engki Prima Putra saat memperkenalkan diri.

Saat diskusi dimulai, kami sempat dikejutkan dengan pertanyaan cukup menantang dari moderator Mega Yostari Pane tentang bagaimana menyikapi perkembangan Jurnalistik di era 5.0 serta menyikapi informasi yang menjurus terhadap penggiringan opini pemerintah.

PLt Rektor Universitas Pasirpangaraian DR Hardianto dalam diskusi dalam memberikan jawaban ke peserta dengan konsep retoris. Ia membacakan awal Surat Al-Alaq 'iqra' yang artinya "Bacalah" .

"Agama kita saja memerintahkan kita untuk membaca, membaca itu adalah berliterasi membaca apa saja, buku, informasi dari gadget dan Media masa itu pasti bermanfaat," ujarnya.

Masuk ke Era 5.0 dimana informasi sudah suguhkan dalam tekhnologi. Perkembangan media sosial menjadikan informasi sangat mudah. Namun hal itu justru menjadi dua mata pisau yang sama tajamnya jika tidak cukup literasi untuk mencerna informasi.

"Sama halnya masa pandemi ini, pasti ada hikmah yang bisa kita ambil dari Pandemi ini paling tidak membudayakan kita untuk bagaimana hidup sehat dan juga lebih mencintai alam".

"Begitupun berkembang tekhnologi dan media sosial yang begitu pesat saat ini, kita generasi muda harus cerdas dan bijak dalam bermedia sosial. Manfaatkan lah perkembangan media sosial itu ke arah konstruktif dan mencerdaskan masyarakat lain, jangan justru digunakan untuk hak negatif misalnya menyebarkan hoak atau informasi yang belum jelas kebenarannya," timpalnya.

Terkait pertanyaan tersebut, Wakil Ketua Bidang Organisasi PWI Kabupaten Rokan Hulu Maruba Habehaan menjelaskan, perkembangan media seperti jamur setelah masa reformasi 1999 .

"Yang terjadi sekarang, wartawan membludak, kalau dulu wartawan melamar ke perusahan media, sekarang Media yang melamar Wartawan. Bahkan sekarang, orang yang tak berkompetensi pun mengaku sebagai wartawan" ujar Maruba.

Untuk itu lanjut Maruba, pada tahun 2010 Pemerintah melalui dewan pers sudah melakukan uji kompetensi wartawan (UKW). Meski demikian, masih banyak wartawan yang tidak mengikuti himbauan dewan pers tersebut.

"Jadi wartawan itu harus lulus kompetensi. Ada 3 jenjangnya Muda, Madya dan Utama. Di Rohul hanya PWI yang setia mengikuti anjuran Pemerintah 98 persen sudah kompeten," ujarnya.

Maruba juga menyatakan, selain menanyakan kartu pers, narasumber juga memiliki hak menanyakan apakah wartawan tersebut sudah mengikuti Uji Kompetensi Wartawan.

"Jadi untuk memastikan dan meyakinkan narasumber informasi tersebut sudah diberikan kepada wartawan yang berkompeten," ucapnya.

Sementara itu Sekjen PWI Rohul Amin Syukri mengatakan, perkembangan media kini memang selaras dengan perkembangan Tekhnologi Informasi. Buktinya, banyak media yang kini memanfaatkan media sosial sebagai salah satu media untuk menyebarluaskan produk jurnalistiknya.

"Selain mengikuti perkembangan zaman, ini juga strategi memerangi hoak yang banyak berkembang di media sosial," ujarnya.

Meski demikian, amin menyebut, informasi yang ada media sosial bukanlah seluruhnya produk pers. Karena sebuah pemberitaan itu dikatakan produk jurnalistik jika diterbitkan oleh Perusahaan Pers. Ada tahapan yang harus dilalui sebelum sebuah berita itu diterbitkan terutama harus proses penyaringan redaksi dan Cover Both Side.

"Jadi informasi yang ada di media sosial baru dikatakan produk pers jika diterbitkan oleh perusahaan pers yang sudah melakukan Ketentuan sesuai Kode etik Jurnalistiknya," terangnya.

Amin juga mengajak kepada para generasi muda pencinta alam untuk ikut berkontribusi dalam memberikan informasi kepada wartawan tidak hanya terkait adanya dugaan pengrusakan alam namun juga sisi-sisi yang bisa dijadikan potensi wisata sehingga berdampak terhadap perkembangan ekonomi masyarakat setempat.

"Melalui media sosial juga bisa, adik-adik bisa tuliskan dan posting keindahan alam kita di Rohul, sehingga ini juga mengangkat dunia pariwisata kita kedepan," ajaknya.

Owners GH Koempai Yusro Fadli menyatakan, kegiatan Sinergi Alam Desember ini terinspirasi dari kurangnya wadah untuk berliterasi dan berdiskusi bagi anak-muda di Rohul. Apalagi, ditambah masa Pandemi Covid-19 dan libur sekolah seperti saat ini, para anak muda perlu diarahkan untuk Berliterasi sehingga tidak terjebak dalam kegiatan yang justru merugikan mereka.

"Kedepan kita akan lebih galakkan lagi diskusi dan wadah literasi seperti ini tentunya dengan tema-tema yang aktual dan menjadi problematika saat ini" tuturnya.

Ia berharap melalui kegiatan diskusi seperti ini menjadi wadah anak-anak muda untuk hal yang positif, menjadikan mereka anak-anak muda yang kritis dan menelurkan gagasan baru masukan bagi pemerintah untuk membangun Rokan Hulu yang lebih maju ke depan.

"Karena kondisi di tengah pandemi Covid-19, kegiatan literasi ini tentunya akan kita sesuaikan pelaksanaan nya dengan menerapkan Protokol Kesehatan yaitu 3 M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak), tapi ini bukan mengurangi substansi tapi tantangan kita untuk lebih semangat," pungkas Fadli.

Penulis : Ari
Editor : Ali
Kategori : Serantau
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Artikel Terkait
0 Komentar
Berita Pilihan
Jumat, 30 Oktober 2020
Ini 342 Nama Peserta Lulus CPNS 2019 Kota Pekanbaru, Lihat Linknya di Sini
AMSI
Topik
Jumat, 22 Maret 2019
Plastik Masih Menjadi Permasalahan Utama Pencemaran Lingkungan di Kuansing
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan

CAKAPLAH TV lainnya ...
Sabtu, 16 Januari 2021
Tekan Angka Kriminal, Polsek Pangkalan Lesung Gencar Gelar Patroli
Sabtu, 16 Januari 2021
Cegah Covid-19, Polsek Kuala Kampar Gelar Operasi Yustisi Gabungan
Sabtu, 16 Januari 2021
Polsek Bunut Lakukan Patroli C3 Serta Sosialisasi Prokes
Sabtu, 16 Januari 2021
Polsek Pangkalan Kerinci Laksanakan Patroli C3

Serantau lainnya ...
Sabtu, 09 Januari 2021
Pilih Salah Satu Hewan untuk Prediksi Masa Depanmu
Rabu, 06 Januari 2021
Puteri Ekowisata Indonesia Perwakilan Riau Endang Sri Rezki Percayakan Perawatan Kulit ke Klinik Isabells Beauty Treatment
Rabu, 06 Januari 2021
Tak Perlu Susah Payah, Ini Untungnya Pakai Aplikasi Pinjam Uang Online
Selasa, 29 Desember 2020
Duo FIFA Liga Dangdut 2018 Kunjungi Isabell's Beauty Treatment

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 31 Desember 2020
Tutup Tahun 2020 BOB PT BSP Pertamina Hulu Tajak Sumur Migas
Jumat, 28 Agustus 2020
PGN Komitmen Bangun Infrastruktur Baru Untuk Mendorong Bauran Energi Nasional
Jumat, 28 Agustus 2020
Jaga Ketahanan Listrik di Batam, PGN dan PT Energi Listrik Batam (ELB) Teken Perjanjian Jual Beli Gas
Senin, 17 Agustus 2020
Promo Merdeka 17 LSP, Program PGN Gratis Isi Gas kepada Pelanggan GasKu

Advertorial lainnya ...
Rabu, 30 Desember 2020
Intip Spesifikasi Realme C11, Smartphone Rp1,5 Jutaan dengan Beragam Fitur Menarik
Selasa, 27 Oktober 2020
Tentang Rapid Test Antigen, Pengganti Rapid Test Antibodi
Selasa, 13 Oktober 2020
Tim Umri Serahkan Alat Pengering Buah untuk Masyarakat Desa Kualu Nenas
Sabtu, 04 Juli 2020
Sony Bakal Berubah Nama?

Tekno dan Sains lainnya ...
Rabu, 06 Januari 2021
Jembatan Siak IV Kerap Jadi Titik Kumpul Pesepeda di Pekanbaru
Selasa, 08 Desember 2020
Miss Interglobal Indonesia 2020 Kunjungi Isabell's Beauty Treatment
Jumat, 16 Oktober 2020
Tips Hindari Covid-19 di Pondok Pesantren
Rabu, 16 September 2020
Yuk Mengenal Langkah-langkah Perawatan Gigi Anak-anak

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Kamis, 31 Desember 2020
Ini Dia Pemenang Lomba Film Dokumenter dan Fotografi Sempena Milad FIB Unilak
Selasa, 22 Desember 2020
Politeknik Caltex Riau Jalin Kerjasama dengan Universitas Baiturrahmah
Senin, 14 Desember 2020
Di Tangan Dosen Unilak, Urine Ternak Diubah Menjadi Pupuk Cair
Senin, 14 Desember 2020
Webinar Mental Health and Social Media Komunikasi Unri Sukses Digelar

Kampus lainnya ...

Telkomsel 7 Desember 2020
Terpopuler
RAPP APRIL NATAL 2020
Foto
Jumat, 15 Mei 2020
BRI Salurkan Bantuan Rp 22,16 Miliar Hasil Donasi 62 Ribu Karyawan untuk Covid-19
Kamis, 23 April 2020
PT SRL dan Mitra Bagikan 17.500 Paket Sembako di Tiga Provinsi
Senin, 23 Maret 2020
PT Musim Mas Salurkan Bantuan Ternak Sapi untuk Kelompok Tani di Pelalawan
Jumat, 20 Maret 2020
PKS Sindora Rohil Segera Beroperasi, Manajemen Siapkan Program CSR Jangka Panjang

CSR lainnya ...
Jumat, 15 Januari 2021
Sempat Menimba Ilmu 3 Tahun di Pesantren, Vicky Prasetyo Ingin Jadi Penceramah
Senin, 11 Januari 2021
Setelah Sebulan Jalani Karantina, Akhirnya Nirina Zubir Negatif Covid-19
Sabtu, 04 Juli 2020
Trending di Twitter, Maudy Ayunda Diduga Adu Mulut dengan Pria saat Live Instagram
Rabu, 01 April 2020
5 Fakta 'Aisyah Istri Rasulullah' yang Aslinya Lagu Cinta dari Malaysia

Selebriti lainnya ...
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Jumat, 15 Januari 2021
Membuka Pintu Rezeki di Waktu Pagi
Sabtu, 09 Januari 2021
Bersyahadat di Masjid Ar Rahman Pekanbaru, Sampang Ganti Nama Jadi Abdul Aziz
Kamis, 26 November 2020
Ustaz Abdul Somad Launching "SPBU" Bersama YTWU
Kamis, 10 September 2020
Mau Ikutan Bedah Buku UAS dan Pelatihan Cara Bahagia Menghapal Al-Quran, Begini Cara Mendaftarnya

Religi lainnya ...
Indeks Berita
www www