Rabu, 21 April 2021

Breaking News

  • Truck Terguling di Jalan Sudirman Pekanbaru   ●   
  • Jalan Arifin Achmad menuju Jalan Soekarno Hatta terjadi kemacetan parah, Jumat (26/3/2021) malam, pukul 20.00 wib, akibat banjir paska hujan deras.   ●   
  • Penembakan Kembali Terjadi di Pekanbaru, DPRD Minta Polisi Rutin Tes Psikologi   ●   
  • Kepala BPKAD Kuansing Tidak Penuhi Panggilan Jaksa   ●   
  • Kabar Baik, Tunjangan ASN Pemprov Riau segera Cair   ●   
  • Dukung Vaksinasi Covid-19, Pemprov Riau Refocussing Anggaran DAU 8 Persen   ●   
  • Zukri-Nasarudin Ditetapkan Sebagai Bupati dan Wakil Pelalawan Terpilih   ●   
  • Dewan Dukung Polisi Periksa Kadis DLHK Soal Tumpukan Sampah   ●   
  • Nunggak PBB di Pekanbaru Rumah Ditempel Stiker   ●   
  • Fraksi PKS DPRD Pekanbaru Siap Potong Gaji untuk Korban Bencana Alam
Yamaha 20 April 2021
Polling
Jika Pilkada Provinsi Riau Digelar Hari Ini, Siapa Yang Anda Pilih?

Helat Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau baru akan digelar pada 2024 mendatang. Namun, sejumlah nama tokoh dan politikus yang digadang-gadang bakal dijagokan maju sudah bermunculan. Karena itu, CAKAPLAH.com kembali membuka polling pembaca mengenai siapa figur yang layak memimpin Riau pada 2024 mendatang versi pembaca. Setidaknya terdapat 8 nama yang diperkirakan bakal maju di Pilgubri mendatang. Mulai dari Petahana, Ketua Partai, Kepala Daerah hingga anggota DPR RI disebut-sebut bakal turun gelanggang pada 2024 mendatang.

Mengenal Lebih Dekat Menko Perekonomian Airlangga Hartarto
Minggu, 28 Februari 2021 23:53 WIB
Mengenal Lebih Dekat Menko Perekonomian Airlangga Hartarto

(CAKAPLAH) - Airlangga Hartarto adalah sosok pengusaha yang masuk ke dunia politik praktis kader dan fungsionaris partai Golkar.

Airlangga Hartarto adalah sosok yang ditunjuk Presiden Jokowi untuk menjabat sebagai Menko Perekonomian Kabinet Indonesia Maju 2019-2024.
Menggantikan peran Darmin Nasution yang tak lagi terpilih, ini adalah musim kedua Airlangga Hartarto sebagai seorang menteri, setelah sebelumnya terpilih karena reshuffle Kabinet Indonesia Kerja sebagai Menteri Perindustrian menggantikan Saleh Husin.

Peran Airlangga sangat diharapkan bisa menyambung kolaborasi yang apik antar kementerian lembaga bidang ekonomi, juga pengembangan akseleratif untuk Kawasan Ekonomi Khusus atau kawasan industri lainnya. Demi lahirnya industri unggulan berbasis ekspor dan substitusi impor.

Beberapa tugas penting dari Presiden Jokowi yang harus dituntaskan seperti beberapa isu-isu yakni: mendorong keuangan inklusif, meminimalisir defisit neraca perdagangan, mengevaluasi paket kebijakan dan kebijakan satu peta dengan kerja sama ekonomi sub regional, sampai mengawal sistem integrasi terpadu (OSS) dan mewujudkan Kredit Usaha Rakyat secara nyata.

Belum lagi peran sentralnya untuk terus memonitor-mengawasi kerja Tim Pengendalian Inflasi Pusat (TPIP) dan Indonesia National Single Window (INSW).

Siapa Airlangga Hartanto dengan Kehidupan KeluarganyaAirlangga Hartarto adalah anak dari pasangan (alm) Ir. Hartarto Sastrosoenarto dan R. Hartini Soekardi. Nama ayahnya adalah nama yang menjadi kepercayaan Presiden Soeharto dalam kabinet pemerintahan Orde Baru. Selama lima belas tahun, tiga periode, ayah Airlangga ini menjabat sebagai menteri di berbagai posisi.

Ir. Hartarto Sastrosoenarto pertama kali masuk kabinet sebagai Menteri Perindustrian Kabinet Pembangungan VI. Kemudian berpindah sebagai Menteri Koordinator Bidang Produksi dan Distribusi Kabinet Pembangunan VI. Terakhir, ia menyelesaikan perjalanan sebagai pejabat dengan Menteri Koordinator Pengawasan dan Pembangunan dan Pendayagunaan Aparatur Negara Kabinet Pembangunan VII.

Peran Ir. Hartarto sebagai pemrakarsa Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1984 tentang perindustrian, saat mulai menjabat di tahun 1983 sebagai Menperin dua periode saat itu, berhasil meraih PDB nasional sekitar 28 persen.

Airlangga Hartarto lulus dari Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada tahun 1987. Melanjutkan gelar master di Monash University, Australia tahun 1996. Setahun kemudian, ia meraih Master of Management Technology dari The University of Melbourne, Australia.

Kecintaannya akan almamater UGM, tak menjadikan dirinya sungkan untuk terus terlibat di tengah kesibukannya sebagai pengusaha dan politisi, tercatat ia adalah anggota Majelis Wali Amanat UGM selama sepuluh tahun sejak 2002 hingga 2012, Wakil Ketua Umum Keluarga Alumni UGM (KAGAMA) 2005-2009 dan Anggota Dewan Penasihat KAGAMA 2009-2014.

Bahkan, di saat sosoknya menjabat Ketua Keluarga Alumni Fakultas Teknik UGM di tahun 2003, ia adalah satu dari pemrakarsa Herman Johannes Award, suatu penghargaan di bidang inovasi teknologi.

Perjalanan Bisnis Hingga Politik Airlangga HartantoAirlangga Hartarto sejatinya seorang pengusaha dalam perjalanan awal karirnya. Selepas lulus kuliah ia memulai bisnis lewat PT. Graha Curah Niaga, perusahaan yang bergerak di bidang distribusi pupuk. Berlanjut sebagai Presiden Komisaris PT Fajar Surya Wisesa (FASW) di tahun 1987. Dengan posisi Presiden Direktur, ia memimpin PT. Jakarta Prime Crane di tahun 1991.

Pada tahun 1998 ia memutuskan masuk ke dalam Partai Golkar, sampai di tahun 2004 ia ditunjuk sebagai Wakil Bendahara Partai periode 2004-2009. Mencoba peruntungan sebagai calon legislatif akhirnya berbuah manis. Ia masuk ke dalam parlemen DPR periode 2009-2014 dengan jabatan Ketua Komisi VI DPR-RI, yang mengurusi sektor perdagangan, perindustrian, koperasi, UKM, dan BUMN.

Satu musim periode telah dijalaninya, ia mencoba kedua kalinya dan berhasil. Lewat Dapil Jawa Barat V Kabupaten Bogor, Airlangga Hartarto meraih dukungan 113.939 suara yang menaruh harapan. Dalam periode keduanya, ia membidangi urusan energi sumber daya mineral, lingkungan hidup, riset, dan teknologi.

Skandal Setya Novanto yang saat itu tersangkut kasus e-KTP, memaksa posisinya sebagai Ketua Umum Golkar saat itu terpaksa beralih. Sosok Airlangga Hartarto akhirnya terpilih resmi sebagai Ketua Umum Golkar per tanggal 13 Desember 2017.
Melanjutkan pada pemilihan kembali Ketua Umum di tahun 2019, namanya menjadi satu-satunya sosok yang terpilih secara aklamasi lewat dukungan pemilik suara resmi anggota Munas.

Keberpihakan posisi Golkar di sisi Jokowi saat Pilpres, menjadikan sosoknya dipercaya mengemban tugas melanjutkan Saleh Husin sebagai Menteri Perindustrian, pasca reshufle Kabinet Indonesia Kerja 1 tahun 2016.

Pada tanggal 27 Juli 2016, Airlangga berhasil mengikuti langkah almarhum ayahnya dulu yang menjabat sebagai Menteri Perindustrian RI. Airlangga Hartarto resmi ditunjuk Jokowi sebagai Menteri Perindustrian RI ke-28 menggantikan Saleh Husin.

Terpilihnya kedua kali Jokowi memenangi pilpres, menggeser naik posisi Airlangga menjadi Menteri Perekonomian RI periode 2019-2014. Sebagai menteri yang menjembatani antar lembaga ekonomi negara, demi terjalinnya kerjasama apik, terintegrasi, dan berakselerasi. Harapan Jokowi pada sektor industri 4.0 dan bagaimana mengurangi defisit anggaran negara menjadi tugas prioritas diantara yang lain.

Di luar kesibukannya sebagai pengusaha dan pejabat pemerintahan juga partai, ia menyempatkan diri menulis beberapa buku seperti "Strategi Clustering dalam Industrialisasi Indonesia" pada 2004, kemudian di tahun 2014 "Membangun Kemandirian, Mewujudkan Kedaulatan Ketahanan Energi Nasional." Lalu dua tahun setelahnya tahun 2016 dengan judul "Merajut Asa: Membangun Industri, Menuju Indonesia yang Sejahtera dan Berkeadilan" terbit pada 2016.

Ia pernah memimpin seluruh Insinyur nasional dalam kurun waktu tiga tahun 2006-2009 sebagai Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia (PII) dan berlanjut dengan Ketua Dewan Insinyur PII periode 2009-2015.

Fakta Menarik Airlangga Hartarto

Orang Ketiga Indonesia. Ia adalah orang ketiga yang menerima penghargaan Lee Kuan Yew Fellowship setelah Sri Mulyani di tahun 2003 dan Kuntoro Mangkusubroto di tahun 2006. Sosoknya dianggap mampu mempererat atmosfer hubungan bilateral antara Singapura dan Indonesia semakin positif. Penghargaan ini didapatkan kala menjabat sebagai Menteri Perindustrian tahun 2017. Beberapa program kunci termasuk memorandum of understanding (MoU) kerjasama di bidang pendidikan dan pelatihan vokasi antara kedua negara.

Belajar dari Sosok Probosutedjo. Diakuinya perjalanan bisnisnya tak luput dari sosok Probosutedjo dalam menjalankan proses bisnisnya hingga di tingkat nasional. Hal ini diungkapkan terbuka saat Airlangga melayat ke rumah duka ketika sang mentor itu meninggal dunia pada Maret 2018. Saya turut berduka cita. Beliau itu senior saya di dunia bisnis, yang selalu menginspirasi junior-juniornya," ujar Airlangga saat melayat di rumah duka, Jalan Diponegoro Nomor 20, Jakarta Pusat, Senin, 26 Maret 2018.

Prinsip Mahatma Gandhi. Mengagumi ajaran Mahatma Gandhi menyangkut tujuh hal yang harus dihindari, yakni kaya tanpa bekerja, kesenangan tanpa kesadaran, pengetahuan tanpa karakter, bisnis tanpa moral, ilmu tanpa kemanusiaan, penghargaan tanpa pengorbanan, dan politik tanpa prinsip

***

Profil Airlangga Hartarto

Nama LengkapAirlangga Hartarto, S.T., M.B.A., M.M.T.

Tempat dan Tanggal LahirSurabaya, 1 Oktober 1962

ProfesiPengusaha, Politisi

Gelar/TitelS.T. (Sarjana Teknik)M.B.A. (Master of Business Administration)M.M.T (Master of Management Technology)

PasanganYanti K. Isfandiari

Harta Kekayaan (LHKPN)Rp 81.550.046.868

***

PendidikanS-2: Master of Management Technology (MMT), Melbourne Business School University of Melbourne, Australia, 1997S-2: Master of Business Administration, Monash University of Australia, Australia, 1996S-1: Fakultas Teknik Mesin, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, 1987

***
Penghargaan2014Satya Lencana Wira Karya

2009Australian Alumni Award for Entrepreneurship

2004Founding Fellow Asean Academy of Engineering Technology ***

Editor : Jef Syahrul
Sumber : voi.id
Kategori : Serantau
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Polling
Jika Pilkada Provinsi Riau Digelar Hari Ini, Siapa Yang Anda Pilih?

Helat Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau baru akan digelar pada 2024 mendatang. Namun, sejumlah nama tokoh dan politikus yang digadang-gadang bakal dijagokan maju sudah bermunculan. Karena itu, CAKAPLAH.com kembali membuka polling pembaca mengenai siapa figur yang layak memimpin Riau pada 2024 mendatang versi pembaca. Setidaknya terdapat 8 nama yang diperkirakan bakal maju di Pilgubri mendatang. Mulai dari Petahana, Ketua Partai, Kepala Daerah hingga anggota DPR RI disebut-sebut bakal turun gelanggang pada 2024 mendatang.
Artikel Terkait
0 Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Rabu, 21 April 2021
Ketua MPR RI Kembali Tegaskan Pentingnya Pendidikan Pancasila kepada Anggota MPR Baru
Selasa, 20 April 2021
Ketua MPR Minta Airlangga Hartarto Terbitkan Payung Hukum Pencairan THR
Jumat, 16 April 2021
Pancasila Tidak Masuk Mata Pelajaran Wajib, MPR RI dan BPIP Minta Revisi Standar Nasional Pendidikan
Selasa, 13 April 2021
MPR Minta Konsistensi Ditegakkan Guna Kendalikan Penyebaran Pandemi Covid-19

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Senin, 12 April 2021
Terapkan Digitalisasi, Operasi PT CPI Makin Kompetitif
AMSI
Topik
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan
Minggu, 06 Januari 2019
Alam Mayang, Liburan Tak Mesti Keluar Kota

CAKAPLAH TV lainnya ...
Rabu, 21 April 2021
Jembatan Rupat - Dumai akan Gerus Roda Kehidupan Roro? Begini Kata Bupati Bengkalis
Rabu, 21 April 2021
Antisipasi Ancaman, Polsek Bunut Lakukan Penjagaan Ketat di Mako
Rabu, 21 April 2021
Cegah Karhutla, Polsek Pangkalan Lesung Laksanakan Patroli
Rabu, 21 April 2021
Polsek Teluk Meranti Pantau Pendisiplinan Prokes Warga di Lintas Bono

Serantau lainnya ...
Kamis, 15 April 2021
6 Mall Terbesar di Jakarta dengan Fasilitas yang Lengkap
Selasa, 13 April 2021
Gebrakan Terbaru dari Maybank Indonesia Lewat Program My Happy & Lucky Bank
Selasa, 13 April 2021
Agar Tetap Sehat, Ini 7 Cara Makan yang Baik Ketika Berbuka Puasa
Kamis, 01 April 2021
Bingung Cari Tempat Nongkrong di Pekanbaru? Ke Foodpedia Jalan Tanjung Datuk Aja

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 31 Desember 2020
Tutup Tahun 2020 BOB PT BSP Pertamina Hulu Tajak Sumur Migas
Jumat, 28 Agustus 2020
PGN Komitmen Bangun Infrastruktur Baru Untuk Mendorong Bauran Energi Nasional
Jumat, 28 Agustus 2020
Jaga Ketahanan Listrik di Batam, PGN dan PT Energi Listrik Batam (ELB) Teken Perjanjian Jual Beli Gas
Senin, 17 Agustus 2020
Promo Merdeka 17 LSP, Program PGN Gratis Isi Gas kepada Pelanggan GasKu

Advertorial lainnya ...
Selasa, 13 April 2021
Bukan Mimpi Lagi, Ini 2 Mobil Terbang yang sudah Dapat Izin Mengudara
Jumat, 12 Maret 2021
Picu Penggumpalan Darah, Negara-negara di Eropa Hentikan Vaksin AstraZeneca
Senin, 08 Maret 2021
Trik Melihat Status WhatsApp Orang Lain Tanpa Ketahuan
Senin, 18 Januari 2021
Kaget dengan Harga Samsung Galaxy S21 Ultra

Tekno dan Sains lainnya ...
Selasa, 13 April 2021
Tips Sehat saat Puasa: Olahraga Ringan dan Penuhi Nutrisi
Senin, 18 Januari 2021
Terlalu Lama Pakai Masker Sebabkan Mata Kering, Ini Cara Mencegahnya
Rabu, 06 Januari 2021
Jembatan Siak IV Kerap Jadi Titik Kumpul Pesepeda di Pekanbaru
Selasa, 08 Desember 2020
Miss Interglobal Indonesia 2020 Kunjungi Isabell's Beauty Treatment

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Minggu, 18 April 2021
Di Webinar Unilak, Sandiaga Jabarkan Strategi Peluang Usaha di Masa Pandemi
Jumat, 16 April 2021
Lestarikan Lingkungan, Dosen Teknik UIR Turun ke Masyarakat
Minggu, 11 April 2021
FIA Unilak Tandatangani PKS Perubahan Iklim, Menteri LHK: Rintisan dan Akan Terus Meluas
Sabtu, 10 April 2021
Sambut Ramadan, IKA PCR Bagikan Paket Sembako ke Masyarakat Pekanbaru

Kampus lainnya ...
Jumat, 15 Mei 2020
BRI Salurkan Bantuan Rp 22,16 Miliar Hasil Donasi 62 Ribu Karyawan untuk Covid-19
Kamis, 23 April 2020
PT SRL dan Mitra Bagikan 17.500 Paket Sembako di Tiga Provinsi
Senin, 23 Maret 2020
PT Musim Mas Salurkan Bantuan Ternak Sapi untuk Kelompok Tani di Pelalawan
Jumat, 20 Maret 2020
PKS Sindora Rohil Segera Beroperasi, Manajemen Siapkan Program CSR Jangka Panjang

CSR lainnya ...
Polling
Jika Pilkada Provinsi Riau Digelar Hari Ini, Siapa Yang Anda Pilih?

Helat Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau baru akan digelar pada 2024 mendatang. Namun, sejumlah nama tokoh dan politikus yang digadang-gadang bakal dijagokan maju sudah bermunculan. Karena itu, CAKAPLAH.com kembali membuka polling pembaca mengenai siapa figur yang layak memimpin Riau pada 2024 mendatang versi pembaca. Setidaknya terdapat 8 nama yang diperkirakan bakal maju di Pilgubri mendatang. Mulai dari Petahana, Ketua Partai, Kepala Daerah hingga anggota DPR RI disebut-sebut bakal turun gelanggang pada 2024 mendatang.

PKB Kampar - Catur Sugeng
Terpopuler
Ucapan Ramadan Syahrul Aidi
Foto
Pesonna Hotel Januari 2021
Selasa, 13 April 2021
Diungkap Sahabat, Billy Sering Bengong Sulit Lupakan Pesona Amanda Manopo
Rabu, 31 Maret 2021
Aa Gym Cabut Gugatan Cerai ke Teh Ninih
Jumat, 19 Maret 2021
Diduga Terlibat Perdagangan Anak sebagai PSK, Artis Cynthiara Alona Terancam 10 Tahun Penjara
Minggu, 14 Maret 2021
"Budak" Meranti dan Dumai Wakili Riau di Kompetisi LIDA 2021

Selebriti lainnya ...
Diskes Rohul 2021
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Selasa, 13 April 2021
Fatwa MUI Perbolehkan Buka Puasa Bersama
Jumat, 26 Maret 2021
Bermartabat dengan Zakat
Sabtu, 06 Maret 2021
Subhanallah, Anggota TNI Ini Ajarkan Mengaji Anak-anak di Pedesaan Rohul
Jumat, 15 Januari 2021
Membuka Pintu Rezeki di Waktu Pagi

Religi lainnya ...
Ucapan Ramadan
Indeks Berita
Nyepi 14 Maret 2021 - APRIL RAPPHUT Kampar 2021 - APRIL-RAPP
www www