Kamis, 22 April 2021

Breaking News

  • Truck Terguling di Jalan Sudirman Pekanbaru   ●   
  • Jalan Arifin Achmad menuju Jalan Soekarno Hatta terjadi kemacetan parah, Jumat (26/3/2021) malam, pukul 20.00 wib, akibat banjir paska hujan deras.   ●   
  • Penembakan Kembali Terjadi di Pekanbaru, DPRD Minta Polisi Rutin Tes Psikologi   ●   
  • Kepala BPKAD Kuansing Tidak Penuhi Panggilan Jaksa   ●   
  • Kabar Baik, Tunjangan ASN Pemprov Riau segera Cair   ●   
  • Dukung Vaksinasi Covid-19, Pemprov Riau Refocussing Anggaran DAU 8 Persen   ●   
  • Zukri-Nasarudin Ditetapkan Sebagai Bupati dan Wakil Pelalawan Terpilih   ●   
  • Dewan Dukung Polisi Periksa Kadis DLHK Soal Tumpukan Sampah   ●   
  • Nunggak PBB di Pekanbaru Rumah Ditempel Stiker   ●   
  • Fraksi PKS DPRD Pekanbaru Siap Potong Gaji untuk Korban Bencana Alam
Yamaha 20 April 2021
Polling
Jika Pilkada Provinsi Riau Digelar Hari Ini, Siapa Yang Anda Pilih?

Helat Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau baru akan digelar pada 2024 mendatang. Namun, sejumlah nama tokoh dan politikus yang digadang-gadang bakal dijagokan maju sudah bermunculan. Karena itu, CAKAPLAH.com kembali membuka polling pembaca mengenai siapa figur yang layak memimpin Riau pada 2024 mendatang versi pembaca. Setidaknya terdapat 8 nama yang diperkirakan bakal maju di Pilgubri mendatang. Mulai dari Petahana, Ketua Partai, Kepala Daerah hingga anggota DPR RI disebut-sebut bakal turun gelanggang pada 2024 mendatang.

Menteri Airlangga Beberkan Alasan Pemerintah Berikan Insentif PPnBM di Tengah Pandemi
Senin, 01 Maret 2021 20:18 WIB
Menteri Airlangga Beberkan Alasan Pemerintah Berikan Insentif PPnBM di Tengah Pandemi
Airlangga Hartarto

JAKARTA (CAKAPLAH) - Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menjelaskan alasan pemerintah memberikan insentif Pajak Pertambahan Nilai Barang Mewah atau PPnBM.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, hal ini dikarenakan industri manufaktur berkontribusi 19,88 persen terhadap pertumbuhan domestik bruto (PDB).

"Namun, ini kontraksi di sektor alat berat, alat angkut, otomotif turun ke minus 19,86 persen. Kemudian industri ini, turun kurang dari 50 persen di sisi kapasitas normal dari 80 persen ke 40 persen," ujarnya saat konferensi pers, Senin (1/3/2021).

Kemudian, Airlangga menjelaskan, lebih rinci lagi untuk motor turun 43,57 persen, mobil 48,38 persen, dan suku cadang 23 persen.

Selain itu, sektor otomotif memiliki 1,5 juta tenaga kerja secara langsung dan 4,5 juta tidak langsung, serta ada 7.451 pabrik atau Rp 700 triliun sumbangan terhadap PDB.

"Nah sektor ini yang dibawah 1.500 cc, tingkat kandungan dalam negerinya tertinggi, sehingga diberikan fasilitas pengurangan PPnBM selama 3 bulan yaitu mulai 100 persen, 50 persen, dan 25 persen," pungkas Airlangga.

Tingkatkan industri otomotif

Sementara itu, Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang menyebutkan, relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) untuk produk otomotif khususnya mobil penumpang bertujuan untuk meningkatkan purchasing power di masyarakat dan jumpstart pada perekonomian nasional.

Menurutnya, industri otomotif merupakan salah satu sektor yang terkena dampak dari Covid-19 dan relaksasi ini untuk menggairahkan kembali pertumbuhannya.

"Saat ini negara-negara lain juga memberikan stimulus khusus untuk industri otomotif selama pandemi Covid-19. Seperti pengurangan pajak penjualan sebesar 100 persen untuk mobil rakitan dalam negeri dan potongan pajak 5 persen untuk mobil yang dirakit di negara asalnya," ucap Agus dalam keterangannya, Sabtu (13/2/2021).

Maka dari itu, lanjut Agus, Kementerian Perindustrian mengusulkan relaksasi PPnBM perlu dilakukan selama tahun 2021, dengan skenario PPnBM 0 persen dengan periode Maret-Mei 2021, PPnBM 50 persen periode Juni-Agustus 2021 dan 25 persen dengan periode September-November 2021.

"Upaya ini tentu dengan mempertimbangkan kondisi ekonomi saat ini, sehingga relaksasi dilakukan secara bertahap," kata Agus.

Dengan pemberlakuan relaksasi PPnBM secara bertahap, Agus meyakini, dapat terjadi peningkatan produksi yang akan mencapai 81.752 unit.

"Selain itu dengan relaksasi ini juga diperkirakan ada penambahan output industri otomotif akan menyumbang pemasukan negara sebesar Rp1,4 triliun," ujarnya.

"Kebijakan tersebut juga akan berpengaruh pada pendapatan negara yang diproyeksi terjadi surplus penerimaan sebesar Rp1,62 triliun," kata Agus.

"Industri pendukung otomotif sendiri menyumbang lebih dari 1,5 juta orang dan kontribusi PDB sebesar Rp700 triliun," lanjutnya.

Ia menyebutkan, dalam menjalankan bisnisnya industri otomotif berkaitan dengan industri lainnya dengan kontribusi industri bahan baku sekitar 59 persen dalam industri otomotif.

Usulan perubahan PP 73/2019

Sebelumnya, Menperin menegaskan, perubahan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 73 tahun 2019 merupakan salah satu upaya pemerintah untuk menurunkan emisi gas buang yang bersumber dari kendaraan bermotor. Peraturan tersebut diundangkan tahun 2019 dan akan diberlakukan pada Oktober 2021.

"Perubahan PP ini diharapkan dapat mendorong peningkatan pendapatan pemerintah, menurunkan emisi gas buang, dan meningkatkan pertumbuhan industri kendaraan bermotor nasional," kata Agus.

Di samping itu, skema pajak PPnBM berbasis flexi engine (FE) dan CO2 berdasarkan PP 73/2019 akan mampu mendorong pertumbuhan kendaraan rendah emisi dengan memberikan gap pajak yang cukup dengan kendaraan konvensional, sekaligus meminimalkan penurunan industri lokal dengan menetapkan kisaran pajak sesuai daya beli masyarakat.

“Revisi PP 73/2019 akan mengakselerasi pengurangan emisi karbon yang diperkirakan mencapai 4,6 juta ton CO2 pada tahun 2035,” ungkap Agus.

Selain itu, menurut Agus, nantinya industri pendukung kendaraan listrik juga akan mengalami kenaikan dan diharapkan pada tahun 2025 produksi kendaraan listrik nasional untuk roda 4 dapat mencapai 20 persen dari kapasitas produksi atau mencapai 400,000 kendaraan.

Ia juga menjelaskan, usulan perubahan PP 73/2019 mempertimbangkan infrastruktur dari industri otomotif nasional. Sehingga perlu dilakukan peningkatan secara gradual, yang nantinya dapat dievaluasi kembali melihat peningkatan dari infrastruktur kendaraan listrik dan kondisi industri otomotif nasional.

“Usulan perubahan PP 73/2019 akan memberikan dampak positif, diantaranya Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai atau BEV menjadi satu satunya mendapatkan preferensi maksimal PPnBM 0 persen," kata Agus.

Selain itu, menurut Agus, usulan tarif PPnBM untuk PHEV sebesar 5 persen sejalan dengan prinsip semakin tinggi emisi CO2, maka tarif PPnBM semakin tinggi nilai PPnBM-nya.

Menurut Menperin, perubahan terhadap PP 73/2019 diperlukan untuk menyesuaikan dengan kondisi dunia otomotif internasional, di mana kendaraan listrik terus mengalami kenaikan di Eropa dan Amerika Serikat

Kemudian perubahan PP ini juga, ungkap Agus, dapat mendorong investasi di industri kendaraan bermotor nasional, baik dari sektor hulu maupun hilir yang dapat mendorong penyerapan tenaga kerja.

"Diperkirakan investasi yang akan masuk senilai lebih dari Rp50 triliun sampai dengan lima tahun yang akan datang," ungkap Agus.***

Editor : Jef Syahrul
Sumber : Tribunnews.com
Kategori : Serantau
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Polling
Jika Pilkada Provinsi Riau Digelar Hari Ini, Siapa Yang Anda Pilih?

Helat Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau baru akan digelar pada 2024 mendatang. Namun, sejumlah nama tokoh dan politikus yang digadang-gadang bakal dijagokan maju sudah bermunculan. Karena itu, CAKAPLAH.com kembali membuka polling pembaca mengenai siapa figur yang layak memimpin Riau pada 2024 mendatang versi pembaca. Setidaknya terdapat 8 nama yang diperkirakan bakal maju di Pilgubri mendatang. Mulai dari Petahana, Ketua Partai, Kepala Daerah hingga anggota DPR RI disebut-sebut bakal turun gelanggang pada 2024 mendatang.
Artikel Terkait
0 Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Rabu, 21 April 2021
Rusia Siap Pasok 20 Juta Dosis Vaksin Sputnik untuk Vaksinasi Gotong Royong
Rabu, 21 April 2021
Ketua MPR RI Kembali Tegaskan Pentingnya Pendidikan Pancasila kepada Anggota MPR Baru
Selasa, 20 April 2021
Ketua MPR Minta Airlangga Hartarto Terbitkan Payung Hukum Pencairan THR
Jumat, 16 April 2021
Pancasila Tidak Masuk Mata Pelajaran Wajib, MPR RI dan BPIP Minta Revisi Standar Nasional Pendidikan

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Senin, 12 April 2021
Terapkan Digitalisasi, Operasi PT CPI Makin Kompetitif
AMSI
Topik
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan
Minggu, 06 Januari 2019
Alam Mayang, Liburan Tak Mesti Keluar Kota

CAKAPLAH TV lainnya ...
Kamis, 22 April 2021
Personel Lantas Berumur 54 Tahun Ini Jadi Petugas Teladan, Warga: Polisi Baik Itu Memang Ada
Kamis, 22 April 2021
Cegah Penyebaran Covid-19, Polsek Kerumutan Pasang Spanduk Imbauan Protokol Kesehatan
Kamis, 22 April 2021
Polsek Pangkalan Kuras Sosialisasikan Saber Pungli ke Anggota SPSI
Kamis, 22 April 2021
Keamanan dan Prokes di Desa Segati Dipantau Ketat Polsek Langgam

Serantau lainnya ...
Kamis, 15 April 2021
6 Mall Terbesar di Jakarta dengan Fasilitas yang Lengkap
Selasa, 13 April 2021
Gebrakan Terbaru dari Maybank Indonesia Lewat Program My Happy & Lucky Bank
Selasa, 13 April 2021
Agar Tetap Sehat, Ini 7 Cara Makan yang Baik Ketika Berbuka Puasa
Kamis, 01 April 2021
Bingung Cari Tempat Nongkrong di Pekanbaru? Ke Foodpedia Jalan Tanjung Datuk Aja

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 31 Desember 2020
Tutup Tahun 2020 BOB PT BSP Pertamina Hulu Tajak Sumur Migas
Jumat, 28 Agustus 2020
PGN Komitmen Bangun Infrastruktur Baru Untuk Mendorong Bauran Energi Nasional
Jumat, 28 Agustus 2020
Jaga Ketahanan Listrik di Batam, PGN dan PT Energi Listrik Batam (ELB) Teken Perjanjian Jual Beli Gas
Senin, 17 Agustus 2020
Promo Merdeka 17 LSP, Program PGN Gratis Isi Gas kepada Pelanggan GasKu

Advertorial lainnya ...
Selasa, 13 April 2021
Bukan Mimpi Lagi, Ini 2 Mobil Terbang yang sudah Dapat Izin Mengudara
Jumat, 12 Maret 2021
Picu Penggumpalan Darah, Negara-negara di Eropa Hentikan Vaksin AstraZeneca
Senin, 08 Maret 2021
Trik Melihat Status WhatsApp Orang Lain Tanpa Ketahuan
Senin, 18 Januari 2021
Kaget dengan Harga Samsung Galaxy S21 Ultra

Tekno dan Sains lainnya ...
Selasa, 13 April 2021
Tips Sehat saat Puasa: Olahraga Ringan dan Penuhi Nutrisi
Senin, 18 Januari 2021
Terlalu Lama Pakai Masker Sebabkan Mata Kering, Ini Cara Mencegahnya
Rabu, 06 Januari 2021
Jembatan Siak IV Kerap Jadi Titik Kumpul Pesepeda di Pekanbaru
Selasa, 08 Desember 2020
Miss Interglobal Indonesia 2020 Kunjungi Isabell's Beauty Treatment

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Minggu, 18 April 2021
Di Webinar Unilak, Sandiaga Jabarkan Strategi Peluang Usaha di Masa Pandemi
Jumat, 16 April 2021
Lestarikan Lingkungan, Dosen Teknik UIR Turun ke Masyarakat
Minggu, 11 April 2021
FIA Unilak Tandatangani PKS Perubahan Iklim, Menteri LHK: Rintisan dan Akan Terus Meluas
Sabtu, 10 April 2021
Sambut Ramadan, IKA PCR Bagikan Paket Sembako ke Masyarakat Pekanbaru

Kampus lainnya ...
Jumat, 15 Mei 2020
BRI Salurkan Bantuan Rp 22,16 Miliar Hasil Donasi 62 Ribu Karyawan untuk Covid-19
Kamis, 23 April 2020
PT SRL dan Mitra Bagikan 17.500 Paket Sembako di Tiga Provinsi
Senin, 23 Maret 2020
PT Musim Mas Salurkan Bantuan Ternak Sapi untuk Kelompok Tani di Pelalawan
Jumat, 20 Maret 2020
PKS Sindora Rohil Segera Beroperasi, Manajemen Siapkan Program CSR Jangka Panjang

CSR lainnya ...
Polling
Jika Pilkada Provinsi Riau Digelar Hari Ini, Siapa Yang Anda Pilih?

Helat Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau baru akan digelar pada 2024 mendatang. Namun, sejumlah nama tokoh dan politikus yang digadang-gadang bakal dijagokan maju sudah bermunculan. Karena itu, CAKAPLAH.com kembali membuka polling pembaca mengenai siapa figur yang layak memimpin Riau pada 2024 mendatang versi pembaca. Setidaknya terdapat 8 nama yang diperkirakan bakal maju di Pilgubri mendatang. Mulai dari Petahana, Ketua Partai, Kepala Daerah hingga anggota DPR RI disebut-sebut bakal turun gelanggang pada 2024 mendatang.

PKB Kampar - Catur Sugeng
Terpopuler

05

Senin, 19 April 2021 14:01 WIB
Gubernur Riau Cabut Izin Mudik Lokal
Ucapan Ramadan Syahrul Aidi
Foto
Pesonna Hotel Januari 2021
Selasa, 13 April 2021
Diungkap Sahabat, Billy Sering Bengong Sulit Lupakan Pesona Amanda Manopo
Rabu, 31 Maret 2021
Aa Gym Cabut Gugatan Cerai ke Teh Ninih
Jumat, 19 Maret 2021
Diduga Terlibat Perdagangan Anak sebagai PSK, Artis Cynthiara Alona Terancam 10 Tahun Penjara
Minggu, 14 Maret 2021
"Budak" Meranti dan Dumai Wakili Riau di Kompetisi LIDA 2021

Selebriti lainnya ...
Diskes Rohul 2021
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Selasa, 13 April 2021
Fatwa MUI Perbolehkan Buka Puasa Bersama
Jumat, 26 Maret 2021
Bermartabat dengan Zakat
Sabtu, 06 Maret 2021
Subhanallah, Anggota TNI Ini Ajarkan Mengaji Anak-anak di Pedesaan Rohul
Jumat, 15 Januari 2021
Membuka Pintu Rezeki di Waktu Pagi

Religi lainnya ...
Ucapan Ramadan
Indeks Berita
Nyepi 14 Maret 2021 - APRIL RAPPHUT Kampar 2021 - APRIL-RAPP
www www