Jumat, 21 September 2018

Breaking News

  • BNN Amankan 2 Kg Sabu-sabu dan 24 Ribu Pil Ekstasi di Pekanbaru   ●   
  • KEIN RI Gelar Seminar 'Literasi Pariwisata dan Strategi Pengembangan Kawasan Pariwisata Unggulan di Riau   ●   
  • Baterai Traffic Light di Bengkalis Hilang Digondol Maling   ●   
  • KARIB Berharap Andi Rachman Bisa Duduk Bersama Syamsuar-Edy   ●   
  • Dua JCH Asal Pekanbaru Diisolasi di KKHI   ●   
  • Gubernur Andi Belum Bicarakan Soal 'Nyaleg' ke Wagubri   ●   
  • BPS Sebut Jumlah Orang Miskin di Riau Berkurang   ●   
  • BNN Riau Musnahkan 10 Kg Sabu Senilai Rp15 Miliar   ●   
  • Walikota Pekanbaru Mutasi Pejabat Eselon III dan IV   ●   
  • 40 Anggota Paskibra Pekanbaru Siap Tampilkan yang Terbaik di HUT RI
Muhibbah

Ini 7 Tempat Hidup Baru Jika Dunia 'Kiamat' oleh Perang Nuklir
Senin, 13 Februari 2017 00:29 WIB
Ini 7 Tempat Hidup Baru Jika Dunia Kiamat oleh Perang Nuklir
Ilustrasi/int
(CAKAPLAH) - Perang nuklir tentu bukan hal yang main-main. Sekali perang dicetuskan, tentu akan ada banyak korban yang berjatuhan. Belum lagi ilmuwan memprediksi bahwa perang nuklir adalah penyebab kiamat yang bisa terjadi dalam waktu dekat.

Dalam hal ini, sebenarnya ada kebijakan keamanan bernama 'kepastian saling menghancurkan' atau mutually assured destruction (M.A.D.) yang bisa menjaga perang nuklir tidak terjadi. Meski demikian, memikirkan betapa 'kiamatnya' dunia jika hal tersebut terjadi, memikirkan rencana B bukanlah hal buruk.

Ada beberapa tempat di dunia yang cukup aman jika kiamat yang dibuat oleh manusia ini akhirnya terjadi. Berbagai tempat ini tersedia karena sangat aman, atau sangat terpencil sehingga aman dan cocok untuk melanjutkan penghidupan. Salah satunya di Indonesia.

1. Kepulauan Svalbard

Karena letaknya yang berada di Skandinavia, tak heran jika 60 persen dari kepulauan Svalbard dikelilingi oleh gletser dan gunung es. Kepulauan Svalbard terkenal oleh para ahli geografi sebagai 'pemukiman paling utara' di Bumi. Tentu karena terpencilnya tempat ini, jangkauan radiasi nuklir mungkin tak akan sampai ke sini.

Hal paling menarik yang menjadikan Svalbard cocok untuk tempat hidup di masa depan adalah sebuah tempat bernama Svalbard Global Seed Vault. Ini adalah sebuah kubah di salah satu pulau paling utara di kepulauan ini. Ini adalah sebuah bunker tempat menyimpan bibit dan biji-bijian tumbuhan secara global, terutama tanaman asli Svalbard.

Tempatnya pun menarik. Svalbard yang terpencil dan berada di paling ujung Norwegia, tempat ini sering digunakan sebagai tempat penelitian ilmiah tentang atmosfer dan kelautan. Hal paling menarik di Svalbard adalah kemunculan Northern Lights atau Aurora Borealis yang sangat indah.

2. Madagaskar, Afrika

Kita mungkin sangat familiar dengan nama Madagaskar dan sangat mudah untuk mencarinya di peta dunia. Namun kita tentu tak sadar betapa terisolasinya tempat ini. Oleh karena itu, tempat ini sangat cocok untuk berlindung dari paparan nuklir dari pihak peperangan.

Madagaskar adalah sebuah negara berbentuk pulau yang sedikit terpisah dengan daratan benua hitam. Meski di luarnya terdapat pantai-pantai indah, peradaban di Madagaskar dibentengi oleh hutan, serta 'karst' yang terbentuk dari batu kapur. Kars ini adalah kontur permukaan Bumi yang berbentuk depresi tertutup yang terbuat dari batu kapur atau gamping. Dengan ini, seakan-akan jika kita di dalam Madagaskar, kita sudah dibentengi oleh beberapa tembok penghalau.

Belum lagi, Madagaskar ini sangat terpencil dan terisolasi dari dunia luar. Saking terpencilnya, warga Madagaskar tetap berkomunikasi menggunakan bahasa Perancis yang jadi bahasa nasionalnya sejak lama, dan hidup dengan biaya hidup super murah, tak lebih dari Rp 20.000 per hari tiap individunya

3. Rusia

Tentu Rusia bisa jadi akan ada dalam salah satu pihak perang jika hal tersebut terjadi. Namun bukan berarti di Rusia sendiri tidak ada tempat aman. Paling tidak kita bisa hitung ada dua tempat aman di Rusia.

Pertama adalah gunung Yamantau, di Mezhgorye, Republik Bashkortostan, Rusia. Tempat ini adalah tempat dibangunnya shelter nuklir di era Perang Dingin yang sebenarnya banyak dibangun di penjuru Rusia, namun dihancurkan karena runtuhnya era Soviet. Yang tersisa adalah di salah satu subyek federal Rusia yakni Bashkortostan tepatnya di gunung Yamantau.

Pada tahun 2000 lalu, fasilitas shelter nuklir di tempat ini diklaim adalah tempat paling aman nuklir di dunia, dengan mampu meredam 6 hantaman bom nuklir seara langsung. Dalam shelter ini juga bisa menampung 60.000 orang dengan cukup makanan dan air untuk berbulan-bulan.

Selain di Gunung Yamantau, tempat kedua di Rusia yang cukup aman adalah Yakutsk. Tempat ini tak cuma terpencil, namun juga salah satu tempat terdingin di dunia, hingga membuat orangnya sangat jarang keluar rumah sehingga cukup damai.

Bagaimana tidak, ketika musim salju, temperaturnya dapat mencapai minus 64,4 derajat celcius. Sebagian besar rumah di Yakutsk dibangun dari beton dikarenakan temperatur mengerikan ini. Rumah di Yakutsk bisa jadi sebuah shelter sederhana dari paparan nuklir

4. Edinburgh of the Seven Seas, Tristan da Cunha

Mungkin ini adalah tempat dengan peradaban paling terpencil di dunia. Nama negaranya pun tentu jarang kita dengar, yakni Tristan da Cunha. Satu-satunya jalan untuk menuju ke sana adalah perjalanan kapal selama 6 hari dari Afrika Selatan, menuju arah barat ke Samudera Atlantik. Tak ada bandara, minim fasilitas, dan jauh, adalah kombinasi pas untuk lari dari 'kiamat'.

Tempat berpenghuni 300 kepala keluarga ini cukup menarik untuk jadi tempat berlindung dari perang. Tebing tinggi yang indah yang diselimuti rumput layaknya padang golf yang jadi salah satu hal menarik di sana, bisa membuat kita seakan-akan terlindungi dari belahan dunia diobrak-abrik oleh nuklir.

5. Kepulauan Pitcairn

Kepulauan Pitcairn adalah salah satu tempat paling terpencil di dunia, di mana tempat ini tak memiliki bandara dan juga tak punya pelabuhan. Jika kiamat di dunia ini terjadi karena pemanasan global, mungkin tempat ini tak akan selamat dan tenggelam. Namun jika Bumi hancur lebur karena perang nuklir, bisa dijamin kalau tempat ini tak akan kena.

Tak cuma sangat terpencil dan berada sangat jauh dari pusat perang, tempat ini sangat subur. Anda bisa menanam tumbuhan apapun dan buah akan bermunculan dengan sangat banyak. Belum lagi perairannya sangat kaya dengan berbagai jenis ikan yang bisa dikonsumsi.

Dibandingkan dengan Tristan de Cunha, di Pitcairn hanya ada 50 orang dan kini mereka sangat getol untuk menarik penduduk baru untuk tinggal di tempat yang berjarak 3.000 mil dari Selandia Baru ini

6. London, Inggris

London, meski terletak di Eropa dengan kondisi yang cukup berbahaya untuk perang, mungkin bisa jadi tempat yang aman untuk berlindung di mengerikannya radiasi nuklir. Di London, tepatnya di Whitehall, Anda bisa menemukan sebuah fasilitas militer canggih yang bernama Pindar. Pintu gerbang tempat ini berada di bawah Kementerian Pertahanan. Tempat ini juga merupakan salah satu bunker paling aman di dunia. Bunker ini dibangun tahun 1990, dan kini digunakan untuk sentra komunikasi.

7. Indonesia Timur

Siapa sangka Indonesia adalah tempat yang aman jika ada perang nuklir di dunia. Mungkin kita masih akan merasa was-was jika berada di daerah barat Indonesia yang masih penuh dengan infrastruktur. Namun kita bisa lebih baik dalam mencari penghidupan baru pasca perang ini membumihanguskan dunia ini, jika kita berada di Indonesia timur.

Bagaimana tidak, Indonesia timur adalah tempat yang masih sangat kental dengan unsur budaya, di mana masyarakatnya masih sangat bergantung dengan alam. Tempat-tempat seperti kaki Gunung Inerie di Flores, Wae Rebo di Flores, Sumba, Tanah Toraja, Raja Ampat, Puncak Jaya, semua tempat-tempat tersebut adalah tempat di mana masyarakatnya masih sangat bergantung dengan alam dengan kondisi wilayah cukup terisolir.
Editor : Ali
Sumber : Merdeka.com
Kategori : Tekno dan Sains
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Artikel Terkait
Sabtu, 30 September 2017 19:42 WIB
TechInAsia Edukasi Starup Lokal di Pekanbaru
Minggu, 24 September 2017 22:49 WIB
Xiaomi Mi 7 Bisa Isi Daya Tanpa Kabel?
0 Komentar
Berita Pilihan
Kamis, 06 September 2018
Pemprov Riau Defisit Anggaran, Kordias: Kedepan Bangun Kepercayaan dengan DPRD
Rabu, 05 September 2018
Rupiah Loyo, Polri Peringatkan Pengusaha Jangan Timbun Pangan
Rabu, 05 September 2018
BCA Finance Targetkan 150 SPK di Pekan Raya Otomotif
Rabu, 05 September 2018
Jelang Pemilu 2019, Pemprov Riau Tuntaskan Persoalan Tapal Batas
Rabu, 05 September 2018
Dishub Pekanbaru Kembali Ajukan Unit Bus Baru ke Ditjen Perhubungan
Rabu, 05 September 2018
Di Bank, Dolar AS Sudah Dijual Lebih dari Rp15.000
Rabu, 05 September 2018
Bawaslu Perintahkan KPU Kampar Masukkan Tiga Bacaleg dalam DCS
Rabu, 05 September 2018
Kini Warga Kampar Bisa Hasilkan Uang dari Sampah, Begini Caranya
Rabu, 05 September 2018
Hina UAS di Facebook, Ini Pengakuan Jony Boyok
Rabu, 05 September 2018
FPI Serahkan Pelaku Penghinaan Terhadap UAS ke Polda Riau
Rabu, 05 September 2018
Hina UAS di Facebook, Jony Boyok Dijemput FPI Pekanbaru
Rabu, 05 September 2018
Defisit Anggaran, Rekanan PUPR Riau Siap Terima Resiko Tunda Bayar
Rabu, 05 September 2018
Dua JH Asal Bengkalis Batal Kembali ke Tanah Air, Ini Sebabnya
Rabu, 05 September 2018
DPRD Riau Desak Pusat Segera Bayar Tunda Salur DBH
Rabu, 05 September 2018
Pemprov Riau Terancam Bangkrut?
Rabu, 05 September 2018
Blanko Tak Tersedia, Disdukcapil Rohil Batasi Pencetakan e-KTP
Rabu, 05 September 2018
Korupsi Rp687 Juta, Kades Puteri Sembilan Bengkalis Ditahan
Rabu, 05 September 2018
Survey LSI, Jokowi-Ma'ruf Ungguli Prabowo-Sandi di Medsos
Rabu, 05 September 2018
Heboh, Kantong Plastik Khas Indonesia Jadi Tas Mahal di Eropa
Rabu, 05 September 2018
Ada Banyak Hadiah Menarik dari Telkomsel di Harpelnas 2018
Rabu, 05 September 2018
Irwansyah Lintang, Terpidana Proyek Keramba Melawan Saat Ditangkap
Rabu, 05 September 2018
Pemerintah Diminta Panggil Pengusaha 'Penimbun' Dolar
Rabu, 05 September 2018
46 Hotspot Terdeteksi di Sumatera, Riau Sumbang 2 Titik
Rabu, 05 September 2018
Tak Kuorum, Paripurna Penyampaian Reses DPRD Kampar Diskors Tiga Kali
Rabu, 05 September 2018
Jokowi Resmi Lantik 9 Gubernur dan Wakil Gubernur Terpilih di Istana
Rabu, 05 September 2018
Pasca Pilgubri, Firdaus-Ayat Kembali Tampil Mesra
Rabu, 05 September 2018
FPI Rohil Ancam Tutup Paksa Judi Gelper
Rabu, 05 September 2018
Cegah Potensi Konflik, Polresta Bentuk Forum Pemilu Aman dan Damai
Rabu, 05 September 2018
Gas 3 Kilo Langka di Pelalawan, Pengecer Malah Bebas Borong Gas
Rabu, 05 September 2018
PLN Beri Diskon Biaya Penyambungan Tambah Daya dan Balik Nama Gratis
Rabu, 05 September 2018
Dikomandoi Septina, DPRD Riau Serahkan Bantuan untuk Korban Gempa Lombok
Rabu, 05 September 2018
Apresiasi Masyarakat Riau, Sandi Uno: Terimakasih Atas Sambutan Luar Biasanya
Rabu, 05 September 2018
Efek Pelemahan Rupiah, Pemerintah Tunda Proyek Infrastruktur
Rabu, 05 September 2018
Kembangkan Kawasan Sport Center, Ini yang Dilakukan Dispora Pekanbaru
Rabu, 05 September 2018
Pelatih Ternama Meminta Aturan Gol Tandang Ditinjau Ulang
Rabu, 05 September 2018
Hidupkan Motor Injeksi Tak Perlu Menunggu Lampu Indikator Mati
Rabu, 05 September 2018
Juventus Pertimbangkan Rekrut Marcelo
Rabu, 05 September 2018
Ada Bendi di Kawasan RTH, Ini Kata Dishub Pekanbaru
Rabu, 05 September 2018
Pengangkutan Sampah Tak Maksimal, Kinerja GTJ Dipertanyakan
Selasa, 04 September 2018
Rupiah Rontok, Pemerintah Tunda 15.200 MW Pembangkit Listrik
Selasa, 04 September 2018
Simpan Shabu di Rumah, Warga Rohil Diciduk Polisi
Selasa, 04 September 2018
Pemko Pekanbaru akan Deklarasikan Pemilu Damai
Selasa, 04 September 2018
Satpol PP dan Bapenda Rohil Turunkan Spanduk Tak Berizin
Selasa, 04 September 2018
Abdul Wahid: Kalau Ada yang Mengadang UAS Tausiah, Mereka Termakan Hoax
Selasa, 04 September 2018
5.038 Peserta Secara Serentak Ikuti Tari Gemu Famire Gabungan se-Provinsi Riau
Selasa, 04 September 2018
Rupiah Melemah, BI sudah Intervensi Rp 7,1 Triliun di Pasar Sekunder SBN
Selasa, 04 September 2018
Nasehat Ustaz Abdul Somad untuk Sandiaga Uno
Selasa, 04 September 2018
Nilai Tukar Rupiah Melemah, Sandiaga Uno Ajak Masyarakat Doakan Jokowi
Selasa, 04 September 2018
Rapat Istimewa di Hari Jadi UIR, Rektor: Banyak Kemajuan telah Kita Raih
Selasa, 04 September 2018
150 Sekolah Peserta FAC Raih Penghargaan
Selasa, 04 September 2018
Sandiaga Uno Dikejar Emak-emak Hingga ke Mobil
Senin, 03 September 2018
Dakwah UAS Diintimidasi, Begini Sikap GMMK
Senin, 03 September 2018
Jamaah Haji Meninggal Dapat Santunan Rp18,5 Juta
Senin, 03 September 2018
Siang Hingga Malam Hari, Sebagian Riau Diguyur Hujan
Senin, 03 September 2018
Jokowi Komentari Pengadangan #2019GantiPresiden, Sandiaga Bakal Ditepuk Tepung Tawar di LAMR
Senin, 03 September 2018
Wakili Riau di Piala Menpora U-14, PSBS Kampar Berutang Rp35 Juta
Senin, 03 September 2018
Pemprov Riau akan Beri Bonus ke Atlet Peraih Mendali di Asian Gamas
Senin, 03 September 2018
Disinggung Berpolitik di Kampus, Sandiaga Sindir Jokowi dan Ma'ruf Amin
Senin, 03 September 2018
Saat Artis Cantik Datang, Pengunjung Teluk Jering Capai 11 Ribu
Senin, 03 September 2018
Tanah Runtuh, Penambang Emas di Jambi Terjebak di Lubang Tambang
Senin, 03 September 2018
Merasa Diancam dan Diintimidasi, UAS Batalkan Ceramah di Sejumlah Daerah
Senin, 03 September 2018
Messi Dua Gol, Barcelona Hajar Tim Promosi 8-2
Senin, 03 September 2018
MU Menang, Tottenham Kalah di Liga Inggris
Minggu, 02 September 2018
Penutupan Asian Games 2018, JK: Indonesia Bersahabat untuk Asia
Minggu, 02 September 2018
Bupati Sambut Kedatangan Pertama Jemaah Haji Kampar di Batam
Minggu, 02 September 2018
Gubrak...! Dermaga Darurat Roboh, Tyas Mirasih Batal Keliling Teluk Jering dengan Kapal
Kamis, 23 Agustus 2018
Mau Jadi Jurkam Capres? Ini Jawab Ustaz Abdul Somad
Rabu, 22 Agustus 2018
Plt Kadis PU Perkim Benarkan Sarif Mundur dari Jabatan Kasubag Keuangan
Rabu, 22 Agustus 2018
Jokowi Divonis Lakukan Perbuatan Melawan Hukum di Karhutla
Rabu, 22 Agustus 2018
Ramai-ramai Mengundurkan Diri, Kini Giliran Pejabat di Dinas PU Perkim Kota Pekanbaru
Rabu, 22 Agustus 2018
Abdul Wahid Merasa Haru dan Bersemangat Setelah Didoakan UAS
Rabu, 22 Agustus 2018
Deklarasi Ganti Presiden, Tersebab Cinta NKRI
Rabu, 22 Agustus 2018
Khotbah, Ketua MUI Sumbar 'Harga Mati' Tolak Islam Nusantara
Senin, 20 Agustus 2018
Ini Saran Wagub Riau Sebelum LAMR Temui Pertamina
Senin, 20 Agustus 2018
Lokasi Tabligh Akbar Ustaz Abdul Somad Dipindahkan, Ini Alasannya
Senin, 20 Agustus 2018
Brigjen Widodo Eko Prihastopo Resmi Jabat Kapolda Riau
Senin, 20 Agustus 2018
Malam Nanti, Lima Wilayah di Riau Ini Berpotensi Diguyur Hujan
Senin, 20 Agustus 2018
Ketum PPP Romy Diperiksa KPK untuk Kasus Dugaan Suap
Senin, 20 Agustus 2018
Duh, Halte Bus TMP Malah Jadi Tempat Pembuangan Sampah
Senin, 20 Agustus 2018
Jemaah Tetap Sholat Magrib di Tengah Terjangan Badai di Padang Arafah
Senin, 20 Agustus 2018
Sempat Tak Direstui Jadi Atlet, Kini Defia Raih Emas Asian Games 2018
Senin, 20 Agustus 2018
Yenny Wahid Ingatkan PBNU Agar Tidak Berpolitik Praktis
Sabtu, 18 Agustus 2018
Jaringan Gas Meledak, Tim Teknisi PT SPEM Langsung Turun ke Lokasi
Sabtu, 18 Agustus 2018
Situs prabowosandi Ditawarkan Seharga Rp1 Miliar, jokowimaruf Rp500 Juta
Sabtu, 18 Agustus 2018
Unri Masuk Daftar 100 Perguruan Tinggi Hasil Klasterisasi Kemenristekdikti
Rabu, 15 Agustus 2018
PBNU: Mahfud Itu Bukan NU Tapi MD
Rabu, 15 Agustus 2018
Pejabat Mundur Setelah Dilantik, Ini Komentar 'Menohok' Walikota Pekanbaru
Jumat, 10 Agustus 2018
LAM Riau Diminta Tepuk Tepung Tawar Cawapres Sandiaga Uno, Ini Alasannya
Selasa, 07 Agustus 2018
Pemko Pekanbaru Larang Bangunan Ruko Berjejer di Jalan Soekarno-Hatta
Selasa, 07 Agustus 2018
Ustaz Abdul Somad Sampaikan Pentingnya Ekonomi Umat
Selasa, 07 Agustus 2018
Ini Alasan Penunjukan Riau Petroleum Kelola PI 10 Persen di Blok Siak
Selasa, 07 Agustus 2018
Budayawan Sebut Gedung Perkantoran Tenayan Raya Tak Cerminkan Budaya Melayu
Selasa, 07 Agustus 2018
Setelah Blok Siak, Riau akan Kejar PI 10 Persen di Ladang Minyak Lainnya
Selasa, 07 Agustus 2018
'Lompat Pagar', Tiga Kader PAN Pekanbaru di-PAW
Selasa, 07 Agustus 2018
Sekdaprov Sarankan Tim Transisi Gubernur Terpilih Surati DPRD Riau
Selasa, 07 Agustus 2018
KPK Panggil Bupati Kampar dan Walikota Dumai
Selasa, 07 Agustus 2018
Curva Nord 1955 Galang Dana untuk Bantu Finansial PSPS Riau
AMSI
Topik
Minggu, 19 Agustus 2018
Kecenya Via Vallen di Pembukaan Asian Games
Jumat, 03 Agustus 2018
Kasus Video Mesum Luna Maya dan Cut Tari Dipraperadilankan
Rabu, 25 Juli 2018
Kisah Natalie Sarah dari Mualaf Kini Berhijab
Kamis, 19 Juli 2018
OMG! Satu Koleksi Tas Prilly Latuconsina Bisa Buat Pergi Umrah

Selebriti lainnya ...
Selasa, 18 September 2018
Trik Tidur 'Kilat' ala Tentara AS
Sabtu, 25 Agustus 2018
Gaya Pertunangan Priyanka-Nick Sulit Diterapkan di Indonesia
Kamis, 23 Agustus 2018
Jangan Buang Bekas Kontak Lensa Anda ke Wastafel
Senin, 06 Agustus 2018
'The Batman' Takkan Cerita Asal-usul Manusia Kelelawar Lagi

Gaya Hidup lainnya ...
Sabtu, 15 September 2018
Hasil Penelitian: Diet Lebih Berhasil Jika Anda Masak Sendiri
Rabu, 12 September 2018
Ini Akibatnya kalau Menahan Kentut
Kamis, 30 Agustus 2018
4 Tahun Menikah Tak Punya Anak, Ternyata Pasangan Ini Berhubungan Intim Lewat Anus
Senin, 27 Agustus 2018
Studi: Dokter Hanya Mendengar Keluhan Pasien Selama 11 Detik

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Selasa, 04 September 2018
Mahasiswa UMRI Ciptakan Lingkungan Ramah Anak di Perumahan Warga
Minggu, 02 September 2018
UI: Kami Bukan 'Macan Kertas'
Sabtu, 11 Agustus 2018
Catatkan 415 Inovasi Tahun Ini, IPB Diganjar Anugerah dari Menristek
Jumat, 05 Januari 2018
UIR Bertekad Jadi Perguruan Tertinggi Terkemuka di Asia Tenggara

Kampus lainnya ...
Selasa, 04 September 2018
Galeri Foto: DPRD Pekanbaru Gelar Rapat Paripurna Penyampaian 4 Ranperda
Senin, 13 Agustus 2018
Galeri: Reses, Irmi Syakip Sambangi Masyarakat Kelemantan Barat Bengkalis
Jumat, 10 Agustus 2018
Wardan Berharap Pembangunan Inhil Merata hingga Pelosok Desa
Kamis, 09 Agustus 2018
Pemkab Inhil Peringati Hari Jadi Provinsi Riau Ke-61

Advertorial lainnya ...
Sabtu, 15 September 2018
Siap-siap, WhatsApp Segera Berubah Gelap
Senin, 03 September 2018
Alasan Pengguna Android Beralih ke iOS dan Sebaliknya
Rabu, 08 Agustus 2018
Di Indonesia, Nokia 1 Dijual di Bawah Rp1 Juta
Rabu, 08 Agustus 2018
Inikah Tampang dan Spesifikasi Ponsel Xiaomi Pocophone?

Tekno dan Sains lainnya ...

Iklan Ucapan Nikah
Terpopuler

05

Rabu, 19 September 2018 21:33 WIB
Tenaga Honorer di Rohil Resmi Diberhentikan
TourDeSiak 15072018
Foto
Jumat, 18 Mei 2018
5 Kabupaten di Riau Terima Ribuan Paket Gizi dari RAPP
Selasa, 16 Januari 2018
Langka di Pasar, Erajaya Janji Tambah Pasokan Xiaomi Redmi 5A
Senin, 08 Januari 2018
Kades Putri Puyu: Akhirnya Desa Kami Tidak Terisolasi
Rabu, 03 Januari 2018
Raih S-2 ke Thailand, Nani Terkesan dengan Recovery Boiler RAPP

CSR lainnya ...
Jumat, 21 September 2018
Ustaz, Kyai: Sebutan di Persia, Pakistan, dan Indonesia
Senin, 17 September 2018
Kandungan Alkohol pada Tapai dan Hukumnya
Jumat, 31 Agustus 2018
Di Dalam Tubuh Kita Banyak Setan, Ini Tandanya
Sabtu, 09 Juni 2018
MUI: Mudik Tetap Jalankan Ibadah

Religi lainnya ...
Indeks Berita
www www