Selasa, 22 Mei 2018

Breaking News

  • Terapkan Single Salary, Sekdaprov Riau Terima Tunjangan Tertinggi yakni Rp69,5 Juta   ●   
  • Dewan Minta Pemko Pekanbaru Pantau Pasar Ramadan Agar Jalan tak Macet   ●   
  • Nilai Tukar Rupiah Tembus Rp14.198 per USD   ●   
  • KPU Verifikasi Ulang Data Perbaikan Dukungan 18 Balon DPD RI Asal Riau   ●   
  • Plt Gubernur Riau Minta Generasi Muda Jaga Persatuan dan Kesatuan Sempena Harkitnas   ●   
  • TNI di Pelalawan Terus Sosialisasi Cegah Dini Karhutla   ●   
  • BMKG prediksi Siang Ini Riau Hujan, Malam Hari Berawan   ●   
  • Andi Rachman Blusukan ke Pasar Ramadan dan Salat Berjemaah Bersama Masyarakat Sungai Guntung   ●   
  • MPW PP Riau Berbagi Takjil Gratis kepada Masyarakat Kurang Mampu   ●   
  • DPP dan BPOM Temukan Makanan Mengandung Borak
MuhibbahAndi
Polling
polling gubernur riau 2018 Siapakah Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau Periode 2019-2024 Pilihan Anda?


Ini 7 Tempat Hidup Baru Jika Dunia 'Kiamat' oleh Perang Nuklir
Senin, 13 Februari 2017 00:29 WIB
Ini 7 Tempat Hidup Baru Jika Dunia Kiamat oleh Perang Nuklir
Ilustrasi/int
(CAKAPLAH) - Perang nuklir tentu bukan hal yang main-main. Sekali perang dicetuskan, tentu akan ada banyak korban yang berjatuhan. Belum lagi ilmuwan memprediksi bahwa perang nuklir adalah penyebab kiamat yang bisa terjadi dalam waktu dekat.

Dalam hal ini, sebenarnya ada kebijakan keamanan bernama 'kepastian saling menghancurkan' atau mutually assured destruction (M.A.D.) yang bisa menjaga perang nuklir tidak terjadi. Meski demikian, memikirkan betapa 'kiamatnya' dunia jika hal tersebut terjadi, memikirkan rencana B bukanlah hal buruk.

Ada beberapa tempat di dunia yang cukup aman jika kiamat yang dibuat oleh manusia ini akhirnya terjadi. Berbagai tempat ini tersedia karena sangat aman, atau sangat terpencil sehingga aman dan cocok untuk melanjutkan penghidupan. Salah satunya di Indonesia.

1. Kepulauan Svalbard

Karena letaknya yang berada di Skandinavia, tak heran jika 60 persen dari kepulauan Svalbard dikelilingi oleh gletser dan gunung es. Kepulauan Svalbard terkenal oleh para ahli geografi sebagai 'pemukiman paling utara' di Bumi. Tentu karena terpencilnya tempat ini, jangkauan radiasi nuklir mungkin tak akan sampai ke sini.

Hal paling menarik yang menjadikan Svalbard cocok untuk tempat hidup di masa depan adalah sebuah tempat bernama Svalbard Global Seed Vault. Ini adalah sebuah kubah di salah satu pulau paling utara di kepulauan ini. Ini adalah sebuah bunker tempat menyimpan bibit dan biji-bijian tumbuhan secara global, terutama tanaman asli Svalbard.

Tempatnya pun menarik. Svalbard yang terpencil dan berada di paling ujung Norwegia, tempat ini sering digunakan sebagai tempat penelitian ilmiah tentang atmosfer dan kelautan. Hal paling menarik di Svalbard adalah kemunculan Northern Lights atau Aurora Borealis yang sangat indah.

2. Madagaskar, Afrika

Kita mungkin sangat familiar dengan nama Madagaskar dan sangat mudah untuk mencarinya di peta dunia. Namun kita tentu tak sadar betapa terisolasinya tempat ini. Oleh karena itu, tempat ini sangat cocok untuk berlindung dari paparan nuklir dari pihak peperangan.

Madagaskar adalah sebuah negara berbentuk pulau yang sedikit terpisah dengan daratan benua hitam. Meski di luarnya terdapat pantai-pantai indah, peradaban di Madagaskar dibentengi oleh hutan, serta 'karst' yang terbentuk dari batu kapur. Kars ini adalah kontur permukaan Bumi yang berbentuk depresi tertutup yang terbuat dari batu kapur atau gamping. Dengan ini, seakan-akan jika kita di dalam Madagaskar, kita sudah dibentengi oleh beberapa tembok penghalau.

Belum lagi, Madagaskar ini sangat terpencil dan terisolasi dari dunia luar. Saking terpencilnya, warga Madagaskar tetap berkomunikasi menggunakan bahasa Perancis yang jadi bahasa nasionalnya sejak lama, dan hidup dengan biaya hidup super murah, tak lebih dari Rp 20.000 per hari tiap individunya

3. Rusia

Tentu Rusia bisa jadi akan ada dalam salah satu pihak perang jika hal tersebut terjadi. Namun bukan berarti di Rusia sendiri tidak ada tempat aman. Paling tidak kita bisa hitung ada dua tempat aman di Rusia.

Pertama adalah gunung Yamantau, di Mezhgorye, Republik Bashkortostan, Rusia. Tempat ini adalah tempat dibangunnya shelter nuklir di era Perang Dingin yang sebenarnya banyak dibangun di penjuru Rusia, namun dihancurkan karena runtuhnya era Soviet. Yang tersisa adalah di salah satu subyek federal Rusia yakni Bashkortostan tepatnya di gunung Yamantau.

Pada tahun 2000 lalu, fasilitas shelter nuklir di tempat ini diklaim adalah tempat paling aman nuklir di dunia, dengan mampu meredam 6 hantaman bom nuklir seara langsung. Dalam shelter ini juga bisa menampung 60.000 orang dengan cukup makanan dan air untuk berbulan-bulan.

Selain di Gunung Yamantau, tempat kedua di Rusia yang cukup aman adalah Yakutsk. Tempat ini tak cuma terpencil, namun juga salah satu tempat terdingin di dunia, hingga membuat orangnya sangat jarang keluar rumah sehingga cukup damai.

Bagaimana tidak, ketika musim salju, temperaturnya dapat mencapai minus 64,4 derajat celcius. Sebagian besar rumah di Yakutsk dibangun dari beton dikarenakan temperatur mengerikan ini. Rumah di Yakutsk bisa jadi sebuah shelter sederhana dari paparan nuklir

4. Edinburgh of the Seven Seas, Tristan da Cunha

Mungkin ini adalah tempat dengan peradaban paling terpencil di dunia. Nama negaranya pun tentu jarang kita dengar, yakni Tristan da Cunha. Satu-satunya jalan untuk menuju ke sana adalah perjalanan kapal selama 6 hari dari Afrika Selatan, menuju arah barat ke Samudera Atlantik. Tak ada bandara, minim fasilitas, dan jauh, adalah kombinasi pas untuk lari dari 'kiamat'.

Tempat berpenghuni 300 kepala keluarga ini cukup menarik untuk jadi tempat berlindung dari perang. Tebing tinggi yang indah yang diselimuti rumput layaknya padang golf yang jadi salah satu hal menarik di sana, bisa membuat kita seakan-akan terlindungi dari belahan dunia diobrak-abrik oleh nuklir.

5. Kepulauan Pitcairn

Kepulauan Pitcairn adalah salah satu tempat paling terpencil di dunia, di mana tempat ini tak memiliki bandara dan juga tak punya pelabuhan. Jika kiamat di dunia ini terjadi karena pemanasan global, mungkin tempat ini tak akan selamat dan tenggelam. Namun jika Bumi hancur lebur karena perang nuklir, bisa dijamin kalau tempat ini tak akan kena.

Tak cuma sangat terpencil dan berada sangat jauh dari pusat perang, tempat ini sangat subur. Anda bisa menanam tumbuhan apapun dan buah akan bermunculan dengan sangat banyak. Belum lagi perairannya sangat kaya dengan berbagai jenis ikan yang bisa dikonsumsi.

Dibandingkan dengan Tristan de Cunha, di Pitcairn hanya ada 50 orang dan kini mereka sangat getol untuk menarik penduduk baru untuk tinggal di tempat yang berjarak 3.000 mil dari Selandia Baru ini

6. London, Inggris

London, meski terletak di Eropa dengan kondisi yang cukup berbahaya untuk perang, mungkin bisa jadi tempat yang aman untuk berlindung di mengerikannya radiasi nuklir. Di London, tepatnya di Whitehall, Anda bisa menemukan sebuah fasilitas militer canggih yang bernama Pindar. Pintu gerbang tempat ini berada di bawah Kementerian Pertahanan. Tempat ini juga merupakan salah satu bunker paling aman di dunia. Bunker ini dibangun tahun 1990, dan kini digunakan untuk sentra komunikasi.

7. Indonesia Timur

Siapa sangka Indonesia adalah tempat yang aman jika ada perang nuklir di dunia. Mungkin kita masih akan merasa was-was jika berada di daerah barat Indonesia yang masih penuh dengan infrastruktur. Namun kita bisa lebih baik dalam mencari penghidupan baru pasca perang ini membumihanguskan dunia ini, jika kita berada di Indonesia timur.

Bagaimana tidak, Indonesia timur adalah tempat yang masih sangat kental dengan unsur budaya, di mana masyarakatnya masih sangat bergantung dengan alam. Tempat-tempat seperti kaki Gunung Inerie di Flores, Wae Rebo di Flores, Sumba, Tanah Toraja, Raja Ampat, Puncak Jaya, semua tempat-tempat tersebut adalah tempat di mana masyarakatnya masih sangat bergantung dengan alam dengan kondisi wilayah cukup terisolir.
Editor : Ali
Sumber : Merdeka.com
Kategori : Tekno dan Sains
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Polling
Siapakah Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau Periode 2019-2024 Pilihan Anda?

Artikel Terkait
Sabtu, 16 September 2017 16:07 WIB
Pemindai Wajah Bisa Tembus Kacamata Hitam
Sabtu, 30 September 2017 19:42 WIB
TechInAsia Edukasi Starup Lokal di Pekanbaru
Minggu, 24 September 2017 22:49 WIB
Xiaomi Mi 7 Bisa Isi Daya Tanpa Kabel?
Rabu, 26 April 2017 19:21 WIB
HP Kenalkan PC Bisnis EliteBook x360
Selasa, 11 April 2017 20:03 WIB
Xiaomi Mi 6 Bakal Diluncurkan 19 April
0 Komentar
Berita Pilihan
Selasa, 16 Januari 2018
Andi Rachman Balon Gubernur Terkaya, Hardianto Belum Sampaikan LHKPN ke KPK
Selasa, 16 Januari 2018
Februari, Pemprov Riau Usulkan Lagi Nama Calon Direktur BRK
Selasa, 16 Januari 2018
Andi Optimis Tahun Ini Jembatan Siak IV Bisa Dilalui
Selasa, 16 Januari 2018
Pengedar Ekstasi Ditangkap di Depan PN Pekanbaru
Selasa, 16 Januari 2018
Daihatsu Sudirman Sudah Cetak 30 SPK All New Terios, Ini Harganya
Selasa, 16 Januari 2018
Kejati Tahan Tersangka Baru Korupsi Bappeda Rohil
Selasa, 16 Januari 2018
RTRW Riau Tahap Penyelesaian KLHS di KLHK
AMSI
Topik
Selebriti Selebriti
Selasa, 15 Mei 2018
Pelawak Gogon Srimulat Meninggal Dunia
Jumat, 11 Mei 2018
Berhijab, IDP Tak Takut Karier Meredup
Selasa, 08 Mei 2018
Uyaina Arshad Asal Malaysia Terpilih Jadi Putri Muslimah Asia 2018
Jumat, 04 Mei 2018
Nikita Jelaskan Soal Operasi Vaginanya, Begini Reaksi Warganet!

Selebriti lainnya ...
Gaya Hidup Gaya Hidup
Jumat, 04 Mei 2018
Percaya atau Tidak, Ini Zodiak Paling Banyak Melahirkan Pemimpin Besar
Rabu, 14 Maret 2018
Ini Dia 6 Fashion Item untuk Mendukung Penampilan Perempuan
Rabu, 31 Januari 2018
6 Zodiak Berikut Paling Merasakan Dampak Fenomena Gerhana Bulan Malam Ini
Rabu, 20 Desember 2017
Bagaimana Cara Cetak Foto di Atas Cappucino?

Gaya Hidup lainnya ...
Kesehatan dan Keluarga Kesehatan dan Keluarga
Selasa, 08 Mei 2018
Cara Sederhana Agar Cepat Tidur di Malam Hari
Jumat, 04 Mei 2018
Tidak Semua Cokelat Bisa Atasi Mood Jelek Lho!
Sabtu, 31 Maret 2018
Turunkan Kolesterol Jahat dengan Rajin Makan Bawang Putih
Minggu, 18 Maret 2018
Waspada, Sering Merokok Berisiko Tuli

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Kampus Kampus
Jumat, 05 Januari 2018
UIR Bertekad Jadi Perguruan Tertinggi Terkemuka di Asia Tenggara
Rabu, 29 November 2017
Mubarak Bertekad Jadikan UMRI sebagai Kampus Wisata
Rabu, 25 Oktober 2017
Prodi Ilmu Pemerintahan UIR Tuan Rumah ICODAG dan Kongres Kapsipi
Selasa, 24 Oktober 2017
Bahas Penyeragaman Gelar Akademik, FHS UIN Suska Adakan Seminar

Kampus lainnya ...
Advertorial Advertorial
Minggu, 06 Mei 2018
Jelang Ramadan, RAPP Taja Program Pengobatan Massal Gratis di Simpang Perak Jaya
Jumat, 04 Mei 2018
Terima Beasiswa RAPP, Anak Buruh Laut Ini Terbantu Lanjutkan Kuliah
Senin, 30 April 2018
Binaan RAPP Lulusan Terbaik INSTIPER, Ari Putra: Aku Mulai Jatuh Cinta di Semester 3
Kamis, 26 April 2018
Permudah Pelayanan Publik, Walikota Dumai Rilis Command Center

Advertorial lainnya ...
Polling
polling gubernur riau 2018 Siapakah Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau Periode 2019-2024 Pilihan Anda?



Get the Flash Player to see this player.


Dengarkan di WINAMP a

Streaming Provider by :
KLIKHOST.com

Andi Rachman
Terpopuler

04

IKLAN PLN Unik 21 Mei 2018
Foto
Iklan Siak Fendi naik 10 Mei 2018
Video
Iklan HUT Dumai dari PGN 21 April 2018
Tekno dan Sains Tekno dan Sains
Selasa, 24 April 2018
Advan i6 Diluncurkan, Andalkan Layar Luas
Minggu, 22 April 2018
Whatsapp Bakal Hadirkan Fitur Bisa Copot Admin Grup
Sabtu, 31 Maret 2018
90 Persen Anak Muda di Indonesia Gunakan Internet untuk Medsos
Rabu, 14 Maret 2018
Kembangkan Pasar di Australia, Pertamina Buka Kantor di Sydney

Tekno dan Sains lainnya ...
Kominfo Dian
CSR CSR
Jumat, 18 Mei 2018
5 Kabupaten di Riau Terima Ribuan Paket Gizi dari RAPP
Selasa, 16 Januari 2018
Langka di Pasar, Erajaya Janji Tambah Pasokan Xiaomi Redmi 5A
Senin, 08 Januari 2018
Kades Putri Puyu: Akhirnya Desa Kami Tidak Terisolasi
Rabu, 03 Januari 2018
Raih S-2 ke Thailand, Nani Terkesan dengan Recovery Boiler RAPP

CSR lainnya ...
Dhapu Koffie
Religi Religi
Jumat, 04 Mei 2018
Lupa Jumlah Utang Puasa, Bagaimana Cara Mengganti?
Rabu, 27 Desember 2017
Haji dan Umrah Salah Satu Faktor Dimudahkannya Rezeki
Jumat, 08 Desember 2017
6 Keutamaan Shalat Berjamaah
Jumat, 03 November 2017
Jejak Kajian Islam Soal Luar Angkasa

Religi lainnya ...
Iklan GrandZury
Indeks Berita
www www