Sabtu, 18 Mei 2024

Breaking News

  • Catatan Banjir Terparah, Bupati Zukri: Ini Harus jadi Perhatian Pemerintah Pusat   ●   
  • Jalan Sudirman Ujung Tergenang Banjir, PUPR Riau Turunkan Ekskavator Amfibi Bersihkan Parit   ●   
  • Akibat Galian IPAL, Jalan Ahmad Dahlan dan Balam Ujung Pekanbaru Ambruk   ●   
  • Berhasrat Ikut Pilgub Riau, Syamsurizal Incar Septina jadi Wakil
Kelmi April 2024

CAKAP RAKYAT
Pentingnya Memproteksi Aset Bangsa
Selasa, 08 Agustus 2023 08:18 WIB
Pentingnya Memproteksi Aset Bangsa
H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM.

Tren meningkatnya jumlah Warga Negara Indonesia (WNI) yang memilih pindah menjadi Warga Negara Singapura (WN Singapura) perlu mendapat perhatian serius dari Negara (baca: Pemerintah). Sepintas kepindahan WN Indonesia ke Negara lain tampak biasa. Namun ada fenomena berbeda teruntuk kasus Singapura. Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) mengungkapkan bahwa sepanjang tahun 2019-2022 total 3.912 warga negara Indonesia pindah kewarganegaraan Singapura.

Kemudian sebagian besar dari mereka yang pindah kewarganegaraan berada dalam kelompok usia produktif (antara 25 hingga 35 tahun). Dua hal barusan yakni dari segi jumlah yang cukup banyak dan rentang usia produktif patut mengundang keprihatinan. Kalau terus dibiarkan khawatir akan berpengaruh terhadap agenda dan kepentingan dalam negeri. Mengingat selama ini Pemerintah kerap menggadang-gadangkan bonus demografi sebagai modal penting kebangkitan perekonomian bangsa di masa mendatang.

Menurut informasi, rendahnya angka fertilitas mendorong Singapura berusaha menggenjot populasi dari sekitar 5 juta kini menjadi 6,9 juta di tahun 2030. Caranya, selain membujuk warganya punya anak, kebijakan paling getol yaitu memberi kewarganegaraan kepada tenaga profesional dari negeri lain. Tercatat tiap tahun, 15.000-25.000 orang diberi status kewarganegaraan Singapura. Sudah barang tentu, syarat menjadi WN Singapura bukanlah perkara mudah. Prosedurnya pasti sulit. Memang terdapat syarat Permanent Resident yang mewajibkan calon warga negara memenuhi kriteria tinggal dan telah menikah dengan warga negara Singapura selama minimal dua tahun.

Namun tak hanya itu. Pemerintah Singapura pastinya sangat selektif memilih individu yang layak mendapatkan status kewarganegaraan. Artinya, orang Indonesia yang beralih kewarganegaraan bukan “kaleng-kaleng”. Secara kualitas dan kompetensi jelas sangat mumpuni. Wajar fenomena perpindahan perlu diwaspadai. Bahkan akademisi dan ilmuwan Indonesia menyebut ini alarm tanda bahaya. Seiring meningkatnya pelarian modal Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia ke Singapura, bisa bikin brain drain di dalam negeri. Demikian kata ahli. Brain drain bermakna bahwa efek perpindahan orang-orang pintar dan terdidik dalam jumlah signifikan ke luar negeri, pada akhirnya membuat negara asal kehilangan “otak” yang terampil. Sebab yang pindah pada dasarnya individu produktif, punya keahlian dan talenta terbaik.

Kendati perpindahan kewarganegaraan sesuatu yang sah selama dilakukan secara legal, berikut alasan demi memperoleh taraf hidup lebih baik juga dinilai lumrah. Akan tetapi dalam konteks negara modern, SDM dilihat sebagai aset berharga. Indonesia bangsa besar tak pernah kekurangan orang pintar. Meski bukan berarti membiarkan talenta terbaik pergi begitu saja. Sangat merugi manusia berbakat lari ke Negara lain atau tak terpakai akibat minim dukungan dan perhatian di negara sendiri. Pemerintah mulai pusat hingga daerah mesti evaluasi total. Ironisnya bukannya berbenah, Sikap Pemerintah RI merespon ribuan WNI yang pindah menjadi WN Singapura sungguh di luar nalar. "Mereka yang pindah ini usia-usia produktif, potensial. Kita berharap kebijakan Global Talent Visa menarik minat talenta terbaik dunia datang dan berkontribusi di Indonesia," tutur seorang pejabat tinggi Imigrasi.

Global Talent Visa merupakan salah satu bentuk Golden Visa yang diberikan ke WNA ahli dan terampil di bidangnya untuk berkontribusi terhadap perekonomian dan pengembangan SDM di Indonesia. Sangat disayangkan, wacana dan gagasan yang dimunculkan justru mengampanyekan langkah menggaet SDM dari luar negeri. Padahal di dalam negeri saja begitu banyak yang disia-siakan kemampuannya.

Paradoks

Penghasilan diduga kuat pendorong utama WN Indonesia melirik tinggal atau pindah kewarnegaraan. Meski bukan faktor tunggal. Hal lain ikut berkontribusi. Dari segi peluang, Singapura menyajikan kesempatan kerja di sektor formal jauh lebih banyak ketimbang di Indonesia. Bagi para mahasiswa atau kaum intelektual yang menekuni bidang sains, tingginya gap sarana dan prasarana antara Indonesia dengan tetangga (Singapura dan Malaysia) turut mempengaruhi minat bertahan atau memilih pindah. Makin klop menengok kecenderungan belakangan dimana elit Pemerintah dan elit perguruan tinggi di dalam negeri lebih sibuk berpolitik daripada memikirkan peningkatan kualitas pendidikan. Daya kritis kampus pun kian tergerus.

Disamping itu, kebijakan tenaga kerja memicu persepsi negatif. Data Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) per November 2022 mencatat sebanyak 111.746 orang Tenaga Kerja Asing (TKA) masuk ke Indonesia. Angka ini cetak rekor tertinggi sejak 2017. Pemakaian TKA sebenarnya sah-sah saja selagi dalam rangka alih pengetahuan dan teknologi (transfer of knowledge) ke tenaga kerja lokal. Tapi mirisnya di lapangan berkata lain. Hasil investigasi Ombudsman RI menemukan TKA khususnya dari China sebagian besar bekerja sebagai buruh kasar dan selevel kuli. Temuan dibenarkan oleh Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko paska kunjungan ke Morowali Sulawesi Tengah. Benar-benar terbalik. Singapura mendatangkan SDM bernilai tinggi dari Indonesia. Sementara “selera” Pemerintah Indonesia malah buruh kasar. Demi layani keinginan investor, derajat bangsa dipertaruhkan.

Berdasarkan pemaparan, selayaknya perpindahan WN Indonesia ke luar negeri dapat disikapi secara seksama. Ini PR pusat dan daerah. Mengenai ketenagakerjaan, kebijakan dan sistem Upah Minimum Provinsi (UMP) yang tepat kuncinya. Supaya generasi muda berprestasi di Indonesia memperoleh pendapatan sepadan. Jangan sampai mereka berusia produktif dan berbakat dibiarkan digaji murah. Kekhawatiran lain, ketika mereka tak dihargai sepadan, bakat yang semula bermanfaat positif bisa disalahgunakan ke arah lain. Faktor penghasilan lebih tinggi dan kehidupan teramat layak inilah daya tarik ditawarkan negara kayak Singapura guna menggaet SDM terampil.

Terakhir tak kalah penting, perubahan paradigma pembangunan SDM. Misalkan sektor pendidikan dan kesehatan, penggunaan istilah “belanja” dalam alokasi belanja pemerintah dianggap tak relevan lagi. Paling pas dipakai kata “investasi”. Berhubung investasi, maka logikanya yang akan dituai tergantung sebanyak apa yang ditanam. Seorang WNI yang mengajar di Nanyang Technological University (NTU) Singapura, Profesor Sulfikar Amir pernah membocorkan trik Singapura “merekrut” warga dari negara tetangga. Diantaranya melalui pemberian beasiswa kuliah di universitas bergengsi di negara itu. Penerima beasiswa hibah biaya pendidikan atau tuition grant dikenakan syarat: harus bekerja di perusahaan Singapura selama tiga sampai empat tahun. Setelah bekerja dan menikmati berbagai kemudahan, ujungnya mereka memutuskan pindah Negara.

Belajar dari Singapura, upaya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menggalakan beasiswa SMA, SMK, S1,S2 dan S3 dari beberapa Negara semisal Pemerintah Jerman untuk belajar dan bekerja di sana sudah bagus. Namun hendaknya ada strategi jangka panjang yang dimuat dalam dokumen rencana daerah. Tujuannya menjaga agar SDM Riau yang mumpuni dapat diberdayakan potensinya membangun daerah dan membuka berbagai peluang mereka mengabdi di negeri sendiri.

Penulis : H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM (Anggota Komisi V DPRD Provinsi Riau)
Editor : Ali
Kategori : Cakap Rakyat
Idulfitri 1445 Riau Petroleum
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Selasa, 07 Februari 2023 12:12 WIB
Kesejahteraan Pekerja dan Martabat Bangsa
Senin, 17 April 2023 08:04 WIB
Memuliakan Malam Mulia
Jum'at, 19 Mei 2023 08:04 WIB
Modal Sosial Kebangkitan Nasional
Kamis, 01 Juni 2023 09:30 WIB
Tameng Itu Bernama Pancasila
Sabtu, 08 Juli 2023 08:53 WIB
PPDB: Momen Membangun Mentalitas
Rabu, 28 Desember 2022 10:22 WIB
Regulasi Mengatasi Penyimpangan
Kamis, 30 Maret 2023 07:50 WIB
Modal Sosial Bangun Negeri
Kamis, 23 Februari 2023 08:02 WIB
Investasi Paling Untung Itu SDM
Senin, 08 Mei 2023 09:06 WIB
Berantas Diskriminasi Dunia Kerja!
Senin, 06 Maret 2023 09:43 WIB
Kebijakan Untuk Digugu Dan Ditiru
Sabtu, 11 Maret 2023 08:40 WIB
Wanita Dan Daya Saing Bangsa
Rabu, 03 Mei 2023 08:01 WIB
Pendidikan Adalah Koentji
Selasa, 20 Desember 2022 17:48 WIB
Kesetiakawanan Butuh Keteladanan
Sabtu, 13 Mei 2023 08:22 WIB
Perawat Dan Masa Depan Bangsa
Sabtu, 27 Mei 2023 16:24 WIB
Belanja Berkualitas, SDM Naik Kelas
Rabu, 25 Januari 2023 08:01 WIB
Tekad Ekstrem Atasi Kemiskinan
Minggu, 23 Juli 2023 16:04 WIB
Perlindungan Anak Tanggung Jawab Bersama
Selasa, 23 Mei 2023 08:31 WIB
Guru “Merdeka” Menuju Merdeka Belajar
Minggu, 12 Februari 2023 19:23 WIB
Pers Dan Peran Mendidik Bangsa
Senin, 09 Januari 2023 08:03 WIB
Pelayanan Adalah Pondasi
Jum'at, 04 Agustus 2023 11:05 WIB
Ketersediaan Beras Dukung Pertumbuhan Ekonomi
Selasa, 04 April 2023 14:35 WIB
Iqra’ Gerbang Ilmu Dan Kebenaran
Jum'at, 21 April 2023 21:28 WIB
Misi Menjaga Fitrah
Rabu, 12 Juli 2023 10:14 WIB
Koperasi Dan Misi Solidaritas Sosial
Minggu, 09 April 2023 10:35 WIB
Kesehatan Untuk Semua
Kamis, 22 Juni 2023 09:16 WIB
Pentingnya Pemerataan Pendidikan
Senin, 31 Juli 2023 08:03 WIB
Toleransi Bukan Kolaborasi
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Jumat, 29 September 2023
Komisi II Usul Kementerian ATR/BPN dan KLHK Kolaborasi Selesaikan Redistribusi Tanah
Jumat, 29 September 2023
Setjen DPR Berikan Perhatian Terhadap Pensiunan Melalui P3S
Kamis, 28 September 2023
TikTok Shop Cs Dilarang, Ketua DPR Berharap Aturan Baru Ciptakan Keseimbangan Pasar Digital dan Konvensional
Kamis, 21 September 2023
Ancaman DBD Meningkat, Puan Dorong Sosialisasi Masif Tekan Risiko Kematian

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 07 November 2023
Riau Terima Penghargaan Bhumandala Award 2023
Senin, 12 Desember 2022
Kapolda Riau Resmikan Kantor Pelayanan Terpadu Polres Rohil di Bagansiapiapi
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'

CAKAPLAH TV lainnya ...
Jumat, 17 Mei 2024
Polemik UKT: Pemuda Muhammadiyah Riau Kritik Negara Gagal Hadirkan Pendidikan Terjangkau
Jumat, 17 Mei 2024
GC Korean BBQ & Hotpot - Cols Froy Mal Pekanbaru Bersertifikat Halal
Jumat, 17 Mei 2024
Pj Gubri Dukung Penuh Parade Bhineka Tunggal Ika FPK Riau
Jumat, 17 Mei 2024
SBSI Ajak Disnaker Riau Buka Diskusi Bahas Persoalan Tenaga Kerja

Serantau lainnya ...
Minggu, 07 April 2024
Pererat Silaturahmi, Siwo PWI Riau Gelar Buka Bersama BJB dan PSSI
Kamis, 04 April 2024
5 Ide Resep Masakan Pakai Rice Cooker, Cocok untuk Anak Kos!
Kamis, 04 April 2024
Rekomendasi Fashion Wanita Zaman Sekarang
Jumat, 29 Maret 2024
Pengusaha Wanita di Riau Bagi-bagi Takjil Gratis kepada Pengguna Jalan

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 02 Maret 2023
Wadah Menyalurkan Bakat, Ketua DPRD Riau Yulisman Hadiri Festival Musik Akustik di SMA Negeri 1 Pasir Penyu Inhu
Rabu, 01 Maret 2023
Rapat Paripurna, DPRD Provinsi Riau Umumkan Reses Masa Persidangan I Tahun 2023
Selasa, 28 Februari 2023
Kunjungi Kemendikbud, Komisi V DPRD Riau Bahas Persoalan PPDB
Kamis, 23 Februari 2023
Disdik Gelar Pelatihan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru SD Se-Kota Pekanbaru

Advertorial lainnya ...
Jumat, 17 Mei 2024
Topup Diamond FF Murah Solusi Hemat untuk Gamer Free Fire
Jumat, 17 Mei 2024
Top Up PUBG untuk Pemula: Panduan Lengkap dan Langkah-Langkah Mudah
Kamis, 25 April 2024
Rekomendasi HP Samsung Terbaik di Harga 2 Jutaan, Apa Saja?
Sabtu, 20 April 2024
7 Keunggulan Samsung Galaxy S23 Ultra, Dapatkan di Blibli

Tekno dan Sains lainnya ...
Kamis, 18 April 2024
Ini Dia Manfaat Merawat Gigi, Yuk, Kunjungi Klinik Gigi Terdekat Sekarang!
Kamis, 22 Februari 2024
Pemula di Dunia Yoga? Inilah Panduan Cara Memilih Matras Yoga yang Tepat
Sabtu, 27 Januari 2024
Cegah Resistensi, Gunakan Obat Antibiotik dengan Bijak
Senin, 15 Januari 2024
14 Persiapan Penting Awal Kehamilan untuk Calon Ibunda dan Buah Hati

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Jumat, 17 Mei 2024
UIR Terima Bantuan Dana Pendidikan Sebesar Rp70 Juta dari BSI
Kamis, 16 Mei 2024
Mahasiswa PMI UIN Suska Juara 1 Lomba Presenter Fordakom 2024
Selasa, 07 Mei 2024
Seleksi Ketat Beasiswa Pendidikan di Kota Dumai, 49 Peserta Bersaing dalam Ujian Tertulis dan Wawancara
Selasa, 07 Mei 2024
Wisuda ke-68, Rektor: Unilak Semakin Dipercaya Masyarakat Riau dan Indonesia

Kampus lainnya ...
Rabu, 03 Mei 2023
Kompilasi Semarak Silaturahmi Satu HATI, CDN Bangkinang Santuni Anak Yatim
Rabu, 05 April 2023
Safari Ramadan, PT Musim Mas Salurkan Paket Sembako untuk Anak Yatim dan Fakir Miskin
Selasa, 04 April 2023
Telkomsel Siaga Rafi Sumbagteng Salurkan CSR untuk Panti Jompo bersama Dompet Dhuafa Riau
Jumat, 03 Maret 2023
Tingkatkan Kesehatan dan Budaya Lokal, Bank Mandiri Serahkan Bantuan ke Posyandu dan Grup Rebana

CSR lainnya ...
Jumat, 09 Februari 2024
Lika-liku 7 Perjalanan Asmara Ayu Ting Ting hingga Tunangan dengan Anggota TNI
Minggu, 28 Januari 2024
Huh Yunjin Bak Sehati Dengan Han So Hee Kala Cuma Pakai Dalaman Di Trailer LE SSERAFIM
Sabtu, 27 Januari 2024
Gigi Hadid dan Bradley Cooper Tak Sungkan Perlihatkan Kemesraan
Rabu, 24 Januari 2024
Park Ji-hyun Ungkap Persiapan Membinangi Drama Terbarunya

Selebriti lainnya ...

Iklan CAKAPLAH
Terpopuler
Foto
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Senin, 14 Agustus 2023
Pengurus Masjid Nurul Ikhlas Kubang Minta Tunjuk Ajar ke Wagubri
Sabtu, 12 Agustus 2023
Gebyar Kandis Bersholawat Bakal Dihadiri Ribuan Jemaah NU
Senin, 31 Juli 2023
Mualaf Riau Butuh Pembinaan, Begini Caranya...
Sabtu, 29 Juli 2023
Mantan Wawako Pekanbaru, Ayat Cahyadi Turut Saksikan Pengukuhan Pengurus Masjid Al-Hamidah Rejosari

Religi lainnya ...
Selasa, 30 April 2024
Kepala BKPSDM Pekanbaru Ucapkan Selamat Atas Penabalan Gelar Adat Kepada Kajati Riau
Senin, 29 April 2024
Kepala BKPSDM Pekanbaru Apresiasi Pekanbaru Juara Umum Gelaran MTQ Tingkat Provinsi Riau
Jumat, 26 April 2024
Penerimaan CPNS dan PPPK Pekanbaru Dapat Persetujuan Prinsip dari Kemenpan RB
Senin, 22 April 2024
Kepala BKPSDM Ikut Semarakkan Pawai Taaruf MTQ Riau di Dumai

Galeri Foto lainnya ...
Indeks Berita
www www