Rabu, 22 Mei 2024

Breaking News

  • Catatan Banjir Terparah, Bupati Zukri: Ini Harus jadi Perhatian Pemerintah Pusat   ●   
  • Jalan Sudirman Ujung Tergenang Banjir, PUPR Riau Turunkan Ekskavator Amfibi Bersihkan Parit   ●   
  • Akibat Galian IPAL, Jalan Ahmad Dahlan dan Balam Ujung Pekanbaru Ambruk   ●   
  • Berhasrat Ikut Pilgub Riau, Syamsurizal Incar Septina jadi Wakil
Kelmi April 2024

FOTO:
Pulau Semut, Sepetak Daratan Asri Pelipur Lelah Warga Kota Pekanbaru
Minggu, 08 Oktober 2023 10:44 WIB
Pulau Semut, Sepetak Daratan Asri Pelipur Lelah Warga Kota Pekanbaru

Pengunjung Pulau Semut bersiap sebelum melempar joran ke Sungai Siak. Pulau Semut menjadi daya tarik tersendiri bagi warga Pekanbaru sekitar yang hobi memancing dan hendak melepas lelah di akhir pekan. Di tengah sungai, tampak kapal tanker milik Pertamina tengah melintas. Foto: Yusni Fatimah Lubis

WALAU nyaris di penghujung hari, suasana di Pulau Semut, pinggiran Kota Pekanbaru masih terang. Udara panas khas ibukota Provinsi Riau itu sedikit tersamarkan di pulau berukuran 15x15 meter ini.

Yang dimaksud Pulau Semut memang hanyalah sepetak daratan kecil di pinggir Sungai Siak, Kota Pekanbaru, yang luasnya tak lebih dari 225 meter persegi.

Daratan kecil ini dinamai Pulau Semut karena selain bentuknya yang kecil, dulunya pulau ini dihuni banyak semut.

Pulau Semut awalnya menyatu dengan daratan utama, yakni wilayah Jalan Pembina III, Kelurahan Limbungan, Kecamatan Rumbai Timur, Kota Pekanbaru.

Namun abrasi mengikis pinggiran daratan ini hingga terputus. Abrasi terjadi akibat hempasan gelombang Sungai Siak yang muncul setiap ada kapal-kapal tanker melintas, termasuk kapal milik Pertamina saat mengangkut bahan bakar.

Sungai Siak memang jalur transportasi air dengan intensitas padat. Dalam sehari, bisa 2 kapal besar yang lewat di area ini dan menimbulkan gelombang besar hingga ke pinggir sungai.

Pulau Semut kini menjadi objek wisata teranyar di Kota Bertuah-julukan Kota Pekanbaru-. Konsep wisatanya menekankan kepada pendidikan lingkungan dan konservasi alam.

Keasrian dan ketenangan yang ditawarkan tempat ini layak menjadi pelipur lelah warga Kota Pekanbaru yang sudah sepekan berjibaku dengan beragam rutinitas.

Ada sekitar 1.000 jiwa yang bermukim di sekitar wilayah Pulau Semut. Tepatnya terdiri dari tiga rukun tetangga (RT).

Banyak pohon rindang di Pulau Semut. Udara dari uapan air Sungai Siak tampaknya juga berpengaruh menurunkan suhu panas di sekitar daerah ekowisata ini.

Matahari masih sangar sebenarnya di saat waktu sudah menunjukkan pukul 15.34 wib. Hari Rabu (5/10/2023). Namun, paparan surya tak menyurutkan kegembiraan tiga hingga lima orang pemancing di lokasi ini melempar joran mereka. Lalu menyusunnya berbaris bertumpu pada ujung-ujung papan dermaga di pinggir sungai, berharap ada ikan lapar yang menyambar.

Bilah-bilah kayu yang terpasang hingga menjorok lebih ke badan sungai berderit-derit saat para pemancing itu bergerak di atasnya.

Di kejauhan terdengar suara sekumpulan pemuda ber-yel-yel dan bernyayi-nyanyi. Mereka mahasiswa yang tengah camping dan mengikuti kegiatan kampus di lokasi ini.

Di sudut lain pulau ini, beberapa anak beranak tampak santai duduk melihat-lihat ke riak sungai. Kotak-kotak bekal mereka terbuka dan sudah disantap sebagiannya.

Pengunjung lainnya terlihat hanya duduk di bawah teduhnya bayangan pepohonan beragam jenis di daratan utama Pulau Semut.

Pada 2-4 Juli 2023 lalu, digelar Festival Pacu Sampan Tradisional di pulau ini. Pembukaannya dilakukan oleh Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun pada Jumat (4/8/2023). Event tiga hari itu semakin melambungkan nama Pulau Semut.

Pulau imut-imut ini terletak tak begitu jauh dari pusat Kota Pekanbaru. Bisa ditempuh dalam 20 menit dengan mengendarai sepeda motor atau mobil.

Ekowisata Pulau Semut adalah potensi wisata yang dinilai cukup menjanjikan, karena satu-satunya wisata pulau tak jauh dari tengah kota.

Dulunya, Pulau Semut yang semakin kecil akibat abrasi, rupanya menjadi keprihatinan bagi salah satu warga di wilayah ini, Supardi. Ia ingin daratan tersisa tak jauh dari rumahnya itu bisa diselamatkan, sekaligus bisa dimanfaatkan oleh orang-orang.

"Saya awalnya hanya ingin menjadikan daerah ini lokasi pemancingan. Saya tebas semua rumput dan ilalang di Pulau Semut ini. Luar biasa banyak semutnya. Saya masuk hutan, nyari kayu. Bawa keluar sendirian, untuk bikin jembatan," jelas Supardi yang kini jadi Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pulau Semut, Rabu (5/10/2023).

"Saya dibilang orang gila oleh warga lain karena yang saya lakukan," kenangnya.

Dengan tangan tuanya, ia pun berhasil membangun bilah-bilah jembatan penghubung Pulau Semut ke daratan utama.

Para pemancing pun mulai melirik spot-spot di Pulau Semut. Untuk diketahui, diantara jenis ikan yang bisa ditemukan di Sungai Siak adalah Ikan Baung, Ikan Selais, Gabus, hingga Udang Air Tawar.

Apa yang dimulai Supardi ternyata lambat laun membuat warga sekitar sadar bahwa yang pria tua itu lakukan mulai berdampak. Mereka lambat laun ikut mendukung. Di tahun 2020, secara swadaya mereka bahu membahu membangun jembatan dengan bahan dan peralatan seadanya.

Keberadaan Pulau Semut pun akhirnya menarik perhatian PT Pertamina Patra Niaga di tahun 2021.

Bantuan dan pendampingan mulai diberikan PT Pertamina Patra Niaga, sebagai bentuk Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

"Bantuan yang kita berikan untuk Pulau Semut sesuai kebutuhannya, misalnya butuh turap, kita bantu bangun dengan memberdayakan masyarakat," jelas Hanifah, Community Development Officer (CDO) PT Pertamina Patra Niaga Fuel Terminal Sei Siak, Rabu (5/10/2023) di hadapan awak media.

Dijelaskannya lagi, intervensi Pertamina Patra Niaga dilakukan dalam bentuk bantuan penghijauan, pembangunan jembatan, bronjong untuk turap, dan fasilitas lainnya.

Setelah diturap, daratan Pulau Semut pun bertambah luas, sudah menjadi sekitar 300-an meter persegi.

Penghijauan Mangrove di Pulau Semut dilakukan dengan menanam beragam pohon, seperti Ketapang Kencana dan bibit buah agar lokasi ini menjadi lebih asri dan menyerap karbon demi udara Kota Pekanbaru yang lebih bersih.

Pokdarwis Pulau Semut juga telah terbentuk dengan anggota yang kini mencapai 30 orang lebih. Mereka berbagi tugas mengelola tempat ini. Mulai dari perawatan, pengamanan, hingga pengawasan untuk kenyamanan pengunjung.

Dalam sepekan, sekitar 500 orang berkunjung ke Pulau Semut. Tidak ada biaya tiket untuk masuk lokasi Wisata Pulau Semut. Cukup membayar uang parkir sebesar Rp5.000 untuk satu motor dan Rp10.000 untuk satu mobil.

Hasil dari kutipan parkir akan digunakan untuk pemeliharaan lokasi wisata Pulau Semut.

Demi kenyamanan pengunjung wisata Pulau Semut, PT Pertamina Patra Niaga juga membantu pembangunan infrastruktur seperti sumur, sambungan listrik, hingga fasilitas mandi cuci kakus (MCK),

Yang paling mencolok di Pulau Semut adalah keberadaan Saung Edukasi bantuan PT Pertamina Patra Niaga. Pengunjung bisa beristirahat di saung ini sembari menatap keindahan alam sekitar Sungai Siak.

"Bila beruntung bisa melihat monyet. Bisa edukasi pengunjung tentang primata di sekitar Pulau Semut," sebut Hanifah lagi, sembari menekankan bahwa di sungai ini juga ada buaya.

PT Pertamina Patra Niaga berharap dengan berkembangnya fasilitas di Pulau Semut, bisa mewujudkan konservasi alam dan budaya, bisa meningkatkan pendapatan masyarakat, dan pemberdayaan sosial masyarakat.

Namun, demi kemajuan Wisata Pulau Semut, diperlukan juga penambahan fasilitas lain, seperti perbaikan akses jalan masuk, penyediaan tong-tong sampah di banyak titik, penambahan toilet, kios atau lapak pedagang, hingga fasilitas permainan anak.

Saung Edukasi Pulau Semut, tempat pengujung berteduh dan melepas lelah. Selain jadi tempat edukasi bagi pengunjung, saung ini juga jadi titik nyaman untuk menikmati keasrian alam di Pulau Semut sembari mengamati fauna di sekitar wilayah ini. Foto: Yusni Fatimah Lubis



Sejumlah pemancing di Pulau Semut dengan sabar menunggui joran yang disandarkan di pinggir dermaga, menanti umpannya dimakan ikan. Foto: Yusni Fatimah Lubis


Papan informasi di Saung Edukasi Wisata Pulau Semut, bantuan PT Pertamina Patra Niaga Fuel Terminal Sei Siak. Kepedulian PT Pertamina Patra Niaga terhadap pengembangan Ekowisata Pulau Semut menjadi pendorong, sekaligus harapan bagi warga sekitar untuk menjaga keasrian alam dan menaikkan taraf ekonomi. Foto: Yusni Fatimah Lubis



Pengunjung menikmati pemandangan sore hari di salah satu balai-balai, tak jauh dari turap bantuan Pertamina Patra Niaga untuk menahan abrasi Pulau Semut. Warga Pekanbaru kini memiliki variasi pilihan berwisata yang murah dan dekat usai lelah beraktivitas selama sepekan penuh. Foto: Yusni Fatimah Lubis



Kapal tanker milik Pertamina pembawa bahan bakar minyak (BBM) melintas di Sungai Siak, tampak begitu dekat dengan Pulau Semut. Dermaga jadi spot pilihan pengunjung saat memancing di sekitar Pulau Semut. Foto: Yusni Fatimah Lubis


"Tak perlu mematikan cahaya orang lain untuk membuatmu bercahaya". Para pemancing di dermaga Pulau Semut dengan sabar menunggui joran masing-masing. Foto: Yusni Fatimah Lubis



Pulau Semut diberi fasilitas jembatan penghubung daratan utama menuju Pulau Semut. Di sekitarnya pohon bakau tampak rimbun menjadi penjaga abrasi dan penyerap karbon. Foto: Yusni Fatimah Lubis



Pengunjung Pulau Semut melintasi jembatan penghubung ke daratan utama. Rimbun daun pepohonan membuat mata yang memandang menjadi segar. Begitu juga dengan udara di sekitarnya yang menjadi bersih dan kaya oksigen. Foto: Yusni Fatimah Lubis



Suasana di lokasi Ekowisata Pulau Semut yang rindang dan diberi sejumlah fasilitas penunjang agar pengunjung semakin betah. Ekowisata ini selain memberdayakan sosial warga setempat juga menggerakkan perekonomian warga. Foto: Yusni Fatimah Lubis

Penulis : Yusni Fatimah Lubis
Editor : Jef Syahrul
Kategori : Kota Pekanbaru, Lingkungan, Ekonomi
Idulfitri 1445 Riau Petroleum
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Jumat, 29 September 2023
Komisi II Usul Kementerian ATR/BPN dan KLHK Kolaborasi Selesaikan Redistribusi Tanah
Jumat, 29 September 2023
Setjen DPR Berikan Perhatian Terhadap Pensiunan Melalui P3S
Kamis, 28 September 2023
TikTok Shop Cs Dilarang, Ketua DPR Berharap Aturan Baru Ciptakan Keseimbangan Pasar Digital dan Konvensional
Kamis, 21 September 2023
Ancaman DBD Meningkat, Puan Dorong Sosialisasi Masif Tekan Risiko Kematian

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 07 November 2023
Riau Terima Penghargaan Bhumandala Award 2023
Senin, 12 Desember 2022
Kapolda Riau Resmikan Kantor Pelayanan Terpadu Polres Rohil di Bagansiapiapi
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'

CAKAPLAH TV lainnya ...
Selasa, 21 Mei 2024
Majelis Hakim PN Pekanbaru Tolak Gugatan Novrina
Senin, 20 Mei 2024
Silaturahmi dan Pembinaan Mesjid se-Kecamatan Tuah Madani, Muflihun Sampaikan Hal Ini
Senin, 20 Mei 2024
Kepengurusan Segera Berakhir, PWI Bengkalis Bentuk Panpel Konferkab
Senin, 20 Mei 2024
80 Peserta Dapat Pelatihan Sembelih Halal dari Masjid Al Birru Pekanbaru

Serantau lainnya ...
Minggu, 07 April 2024
Pererat Silaturahmi, Siwo PWI Riau Gelar Buka Bersama BJB dan PSSI
Kamis, 04 April 2024
5 Ide Resep Masakan Pakai Rice Cooker, Cocok untuk Anak Kos!
Kamis, 04 April 2024
Rekomendasi Fashion Wanita Zaman Sekarang
Jumat, 29 Maret 2024
Pengusaha Wanita di Riau Bagi-bagi Takjil Gratis kepada Pengguna Jalan

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 02 Maret 2023
Wadah Menyalurkan Bakat, Ketua DPRD Riau Yulisman Hadiri Festival Musik Akustik di SMA Negeri 1 Pasir Penyu Inhu
Rabu, 01 Maret 2023
Rapat Paripurna, DPRD Provinsi Riau Umumkan Reses Masa Persidangan I Tahun 2023
Selasa, 28 Februari 2023
Kunjungi Kemendikbud, Komisi V DPRD Riau Bahas Persoalan PPDB
Kamis, 23 Februari 2023
Disdik Gelar Pelatihan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru SD Se-Kota Pekanbaru

Advertorial lainnya ...
Jumat, 17 Mei 2024
Topup Diamond FF Murah Solusi Hemat untuk Gamer Free Fire
Jumat, 17 Mei 2024
Top Up PUBG untuk Pemula: Panduan Lengkap dan Langkah-Langkah Mudah
Kamis, 25 April 2024
Rekomendasi HP Samsung Terbaik di Harga 2 Jutaan, Apa Saja?
Sabtu, 20 April 2024
7 Keunggulan Samsung Galaxy S23 Ultra, Dapatkan di Blibli

Tekno dan Sains lainnya ...
Selasa, 21 Mei 2024
Tips Memilih Klinik Gigi yang Tepat untuk Anda dan Keluarga
Kamis, 18 April 2024
Ini Dia Manfaat Merawat Gigi, Yuk, Kunjungi Klinik Gigi Terdekat Sekarang!
Kamis, 22 Februari 2024
Pemula di Dunia Yoga? Inilah Panduan Cara Memilih Matras Yoga yang Tepat
Sabtu, 27 Januari 2024
Cegah Resistensi, Gunakan Obat Antibiotik dengan Bijak

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Jumat, 17 Mei 2024
UIR Terima Bantuan Dana Pendidikan Sebesar Rp70 Juta dari BSI
Kamis, 16 Mei 2024
Mahasiswa PMI UIN Suska Juara 1 Lomba Presenter Fordakom 2024
Selasa, 07 Mei 2024
Seleksi Ketat Beasiswa Pendidikan di Kota Dumai, 49 Peserta Bersaing dalam Ujian Tertulis dan Wawancara
Selasa, 07 Mei 2024
Wisuda ke-68, Rektor: Unilak Semakin Dipercaya Masyarakat Riau dan Indonesia

Kampus lainnya ...
Rabu, 03 Mei 2023
Kompilasi Semarak Silaturahmi Satu HATI, CDN Bangkinang Santuni Anak Yatim
Rabu, 05 April 2023
Safari Ramadan, PT Musim Mas Salurkan Paket Sembako untuk Anak Yatim dan Fakir Miskin
Selasa, 04 April 2023
Telkomsel Siaga Rafi Sumbagteng Salurkan CSR untuk Panti Jompo bersama Dompet Dhuafa Riau
Jumat, 03 Maret 2023
Tingkatkan Kesehatan dan Budaya Lokal, Bank Mandiri Serahkan Bantuan ke Posyandu dan Grup Rebana

CSR lainnya ...
Jumat, 09 Februari 2024
Lika-liku 7 Perjalanan Asmara Ayu Ting Ting hingga Tunangan dengan Anggota TNI
Minggu, 28 Januari 2024
Huh Yunjin Bak Sehati Dengan Han So Hee Kala Cuma Pakai Dalaman Di Trailer LE SSERAFIM
Sabtu, 27 Januari 2024
Gigi Hadid dan Bradley Cooper Tak Sungkan Perlihatkan Kemesraan
Rabu, 24 Januari 2024
Park Ji-hyun Ungkap Persiapan Membinangi Drama Terbarunya

Selebriti lainnya ...

Rahmansyah
Terpopuler
Iklan CAKAPLAH
Foto
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Senin, 14 Agustus 2023
Pengurus Masjid Nurul Ikhlas Kubang Minta Tunjuk Ajar ke Wagubri
Sabtu, 12 Agustus 2023
Gebyar Kandis Bersholawat Bakal Dihadiri Ribuan Jemaah NU
Senin, 31 Juli 2023
Mualaf Riau Butuh Pembinaan, Begini Caranya...
Sabtu, 29 Juli 2023
Mantan Wawako Pekanbaru, Ayat Cahyadi Turut Saksikan Pengukuhan Pengurus Masjid Al-Hamidah Rejosari

Religi lainnya ...
Selasa, 30 April 2024
Kepala BKPSDM Pekanbaru Ucapkan Selamat Atas Penabalan Gelar Adat Kepada Kajati Riau
Senin, 29 April 2024
Kepala BKPSDM Pekanbaru Apresiasi Pekanbaru Juara Umum Gelaran MTQ Tingkat Provinsi Riau
Senin, 29 April 2024
Sekretaris Dinas LHK Kota Pekanbaru Hadiri Rapat SABER Pungli 2024
Jumat, 26 April 2024
Penerimaan CPNS dan PPPK Pekanbaru Dapat Persetujuan Prinsip dari Kemenpan RB

Galeri Foto lainnya ...
Indeks Berita
www www