Rabu, 19 Juni 2024

Breaking News

  • Catatan Banjir Terparah, Bupati Zukri: Ini Harus jadi Perhatian Pemerintah Pusat   ●   
  • Jalan Sudirman Ujung Tergenang Banjir, PUPR Riau Turunkan Ekskavator Amfibi Bersihkan Parit   ●   
  • Akibat Galian IPAL, Jalan Ahmad Dahlan dan Balam Ujung Pekanbaru Ambruk   ●   
  • Berhasrat Ikut Pilgub Riau, Syamsurizal Incar Septina jadi Wakil
Kelmi April 2024

Waduh, Sebagian PAD Parkir Pekanbaru Digunakan untuk Operasional UPT Parkir
Jum'at, 27 Oktober 2023 11:16 WIB
Waduh, Sebagian PAD Parkir Pekanbaru Digunakan untuk Operasional UPT Parkir

PEKANBARU (CAKAPLAH) - Penerapan Perwako Parkir Kota Pekanbaru menuai polemik di tengah masyarakat Kota bertuah. Bagaimana tidak, sejak diberlakukannya Perwako tersebut, hampir semua ritel, toko dan tempat usaha serta ruas jalan terdapat petugas parkir.

Dinas Perhubungan dengan jemawa mengungkapkan terjadinya kenaikan Pendapatan Asli Daerah (PAD) pasca berlakunya Peraturan Walikota (Perwako) Nomor 9 tahun 2022 tentang pola pengelolaan keuangan Badan Layanan Umum Daerah pada Unit Pelaksana Teknis Perparkiran pada 2021 itu.

Hanya saja, dalam Perwako kontroversi tersebut, terdapat poin yang cukup menyita perhatian. Dari penelusuran CAKAPLAH.com, dalam Perwako khususnya halaman 57 terdapat adanya pembagian dana insentif operasional BLUD UPT Parkir Dishub maksimal sebesar 60 persen.

Dari maksimal 60 persen dana operasional yang diambil dari PAD parkir itu, 40 persen diperuntukkan bagi biaya pegawai.

Misalnya pada tahun 2022, dari total Rp 9,7 miliar PAD parkir, lebih separo atau hampir Rp6 miliar dipotong untuk anggaran operasional.

Bayangkan, jika PAD parkir saat ini yang sudah mencapai Rp11 Miliar (data hingga bulan ini), maka 60 persen itu ada sekitar Rp6,6 Miliar untuk biaya operasional. Dari Rp6,6 miliar tersebut 40 persen atau Rp2,6 miliar dialokasikan untuk belanja pegawai (dengan komposisi 20 persen untuk insentif dan 20 persen untuk investasi).

Ini baru data sampai bulan ini, jika sampai akhir tahun target Rp16 Miliar bisa tercapai, maka 60 persen dari jumlah tersebut adalah Rp9,6 miliar. Angka yang cukup besar untuk belanja operasional sekelas UPT Parkir Dishub.

Disisi lain, UPT parkir bukanlah pihak yang melakukan pungutan parkir secara langsung, karena melainkan pihak ketiga yang menerima kontrak kerjasama yang melakukan pungutan retribusi parkir. Sehingga UPT parkir dinilai janggal menerima dana insentif yang cukup menggiurkan tersebut.

Terkait hal tersebut, CAKAPLAH.COM sudah mencoba menghubungi Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) untuk melakukan konfirmasi, namun telpon tidak diangkat. Sementara itu, Kepala UPT Perparkiran Pekanbaru Radinal Munandar saat ini sedang menjalani pendidikan di luar kota sehingga jabatannya di Plh kan.

Plh UPT Perparkiran Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru Khairunnas saat dikonfirmasi mengatakan pihaknya akan melakukan koordinasi terlebih dahulu dengan kepala UPT dan juga Kadishub.

"Saya koordinasi dengan kepala UPT dan Kadis ya," ujarnya singkat.

Sebelumnya diberitakan Kepala UPT Perparkiran, Radinal Munandar menceritakan PAD retribusi parkir dari tahun ke tahun terus mengalami kenaikan.

Ia lupa, jika saat ini sistem perparkiran sudah dikelola pihak ketiga dan retribusi yang dipungut pun sudah naik dan hampir di semua jalan di Pekanbaru dipungut parkir tanpa ada pengecualian.

"Alhamdulillah untuk PAD kita dari jasa layanan parkir tepi jalan umum di Kota Pekanbaru saat ini memang mengalami kenaikan yang sangat signifikan," ujarnya.

Ia mengatakan selama dikelola oleh UPT, adapun PAD dari jasa layanan parkir tepi jalan umum di Kota Pekanbaru target tertinggi yang tercapai adalah Rp9,2 Miliar.

"Itu paling tinggi ya. Kalau untuk sekarang ini (tahun 2023) masih belum tutup tahun kita sudah dapat untuk PAD nya itu di angka Rp11 Miliar. Jadi memang terjadi kenaikan yang sangat signifikan," cakapnya.

Dirincikan Radinal, pada tahun 2016 adapun PAD dari jasa layanan parkir tepi jalan umum di Kota Pekanbaru adalah Rp8,2 Miliar, selanjutnya tahun 2017 PAD yang didapat adalah Rp8,8 Miliar, kemudian tahun 2018 PAD yang didapat Rp9,2 Miliar, tahun 2019 PAD yang didapat Rp8,4 Miliar dan pada tahun 2020 itu PAD yang didapat adalah Rp3,8 Miliar. Adapun itu pengelolaan parkir masih belum di pihak ketiga kan atau masih dikelola oleh UPT.

Awal September 2021 mulai dilakukan kerjasama dengan pihak ketiga. Saat itu untuk PAD yang didapat dari Rp3,8 Miliar naik menjadi Rp6 Miliar. Kemudian di tahun 2022 PAD yang didapat adalah Rp9,7 Miliar dan untuk tahun 2023 ini hingga Bulan Oktober PAD yang sudah dikantongi mencapai Rp11 Miliar.

"Jadi memang ada kenaikan," jelasnya.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru Yuliarso mengatakan untuk potensi sumber PAD ini sudah terukur dan pasti.

"Jika dibandingkan memang ada kenaikan. Di tahun ini saja, hingga bulan ini sudah Rp11 miliar lebih untuk PAD yang sudah didapat," ujar Yuliarso.

Adapun untuk target tahun ini di APBD adalah mencapai Rp16 Miliar. Pihaknya optimis angka tersebut tercapai. Meskipun di lapangan ini perlu usaha keras. Artinya diperlukan usaha yang ekstra untuk bisa menindaklanjuti hal ini karena semuanya sudah terukur dengan ikatan kontrak.

"Contohnya pengelola si A itu sudah berkontrak perhari, sekian perbulan sekian, makanya itu lebih terukur.
Jadi kalaupun kita memberikan data, sebenarnya data kita pun udah tertuang dalam kontrak kita dengan pihak ketiga," jelasnya.

Soal kebocoran parkir, dirinya menjamin sudah tidak ada karena semua pengelola itu sudah memiliki hak dan tanggungjawab.
Misalkan hak mereka mendapatkan retribusi parkir itu tapi ada kewajiban mereka juga menyampaikan kewajiban besaran kesepakatan pendapatan itu kepada Pemko Pekanbaru.

"Nah itu sudah tertuang di kontrak, jadi mana lagi yang bocor. Makanya bisa saya jamin itu tidak ada lagi (kebocoran parkir)," sebutnya.

Dan itu dikatakan Yuliarso, untuk di lapangan mereka juga menghadapi banyak resiko. Mulai dari hari hujan, jalan rusak, hari libur dan lain sebagainya.

"Tapi kita punya ukuran nah itu yang kita sepakati bersama pihak ketiga. Sehingga kita tuangkan dalam kontrak. Kita sudah membuat kesepakatan dan ikatan bahwa hak pemko itu tidak bisa diganggu gugat apabila mereka tak memenuhi komitmen ada konsekuensi, itu yang harus dikedepankan," tegasnya.

Disinggung terkait adanya dugaan aliran dana parkir kepada oknum di Dinas Perhubungan, Yuliarso menanyakan dugaan aliran dana itu seperti apa.

"Saya kan gak ngerti. Kami hari ini setoran kan sudah jelas masuk ke rekening. Misalnya pengelola A kewajiban kepada Pemko contohnya harus setor Rp100 ribu perhari atau perbulan Rp3 juta. Nah nilai itu disetorkan melalui bendahara melalui rekening. Jadi ada bukti transfer dan tanda terima. Kalau itu dipotong kan bisa di cek di kontrak kemudian target capaian. Target capaian kita kan sudah terukur itu," ucapnya

Misal satu bulan ini capaiannya Rp1 Miliar, kalau tak sampai Rp1 miliar apa sebabnya. Bisa jadi harinya berkurang , jadi tidak sama ada yang 30 ada yang 31 hari.
Itu pasti ada selisih, tapi selisihnya terukur. Kalau yang tak terukur bisa dikejar, kemana uangnya.

"Soal adanya dugaan aliran dana itu tadi, kalau ada anggota saya bermain-main bisa dikejar dan bisa dipertanggungjawabkan. Kalaupun ada oknum, saya akan kejar mereka kemana itu. Tolong disampaikan ke saya," jelasnya.

"Dengan adanya ikatan kerjasama dengan pihak ketiga ini, semua memang terukur dan pasti. Maka bisa dikroscek berapa dapatnya berapa kurangnya kemana hilangnya kalau ada yang hilang, berapa yang masuk semua terukur. Jadi semua itu jelas masuk ke rekening," pungkasnya.**

 

Penulis : TIM
Editor : Delvi Adri
Kategori : Kota Pekanbaru, Pemerintahan
Idulfitri 1445 Riau Petroleum
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Komentar

Teguh


Jumat, 27 Oktober 2023 13:33 WIB
Sudah ku duga.........

cakaplah-mpr.jpeg
Jumat, 29 September 2023
Komisi II Usul Kementerian ATR/BPN dan KLHK Kolaborasi Selesaikan Redistribusi Tanah
Jumat, 29 September 2023
Setjen DPR Berikan Perhatian Terhadap Pensiunan Melalui P3S
Kamis, 28 September 2023
TikTok Shop Cs Dilarang, Ketua DPR Berharap Aturan Baru Ciptakan Keseimbangan Pasar Digital dan Konvensional
Kamis, 21 September 2023
Ancaman DBD Meningkat, Puan Dorong Sosialisasi Masif Tekan Risiko Kematian

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 07 November 2023
Riau Terima Penghargaan Bhumandala Award 2023
Senin, 12 Desember 2022
Kapolda Riau Resmikan Kantor Pelayanan Terpadu Polres Rohil di Bagansiapiapi
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'

CAKAPLAH TV lainnya ...
Selasa, 18 Juni 2024
Iduladha 1445 H, Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut Salurkan 127 Hewan Kurban
Senin, 17 Juni 2024
Jelang Pilkada 2024, LLMB Pelalawan Siap Dukung Kondusifitas Kamtibmas
Senin, 17 Juni 2024
Gemaraya Festival Pukau Penonton dengan Penampilan Pagelaran Nusantara
Senin, 17 Juni 2024
Tahun Ini, PT Musim Mas Salurkan 13 Ekor Hewan Kurban

Serantau lainnya ...
Jumat, 07 Juni 2024
"Villa Nafa" Hadir Sebagai Hunian Bernuansa Modern dan Alami di Pekanbaru
Rabu, 22 Mei 2024
Budaya 'Tumpuk Tengah', Kebiasaan Baik yang Viral di Media Sosial
Rabu, 22 Mei 2024
Sejarah Vape Pertama di Indonesia dan Perkembangannya
Minggu, 07 April 2024
Pererat Silaturahmi, Siwo PWI Riau Gelar Buka Bersama BJB dan PSSI

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 02 Maret 2023
Wadah Menyalurkan Bakat, Ketua DPRD Riau Yulisman Hadiri Festival Musik Akustik di SMA Negeri 1 Pasir Penyu Inhu
Rabu, 01 Maret 2023
Rapat Paripurna, DPRD Provinsi Riau Umumkan Reses Masa Persidangan I Tahun 2023
Selasa, 28 Februari 2023
Kunjungi Kemendikbud, Komisi V DPRD Riau Bahas Persoalan PPDB
Kamis, 23 Februari 2023
Disdik Gelar Pelatihan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru SD Se-Kota Pekanbaru

Advertorial lainnya ...
Rabu, 12 Juni 2024
Redmi 13 4G Hadirkan Kamera 108MP, Cukup Rp2 Jutaan Saja
Selasa, 28 Mei 2024
5 Rekomendasi Laptop Lenovo 5 Jutaan, Cocok untuk Pelajar!
Jumat, 17 Mei 2024
Topup Diamond FF Murah Solusi Hemat untuk Gamer Free Fire
Jumat, 17 Mei 2024
Top Up PUBG untuk Pemula: Panduan Lengkap dan Langkah-Langkah Mudah

Tekno dan Sains lainnya ...
Selasa, 28 Mei 2024
Solusi Chatbot WhatsApp untuk Industri Kesehatan dan Layanan Medis
Selasa, 21 Mei 2024
Tips Memilih Klinik Gigi yang Tepat untuk Anda dan Keluarga
Kamis, 18 April 2024
Ini Dia Manfaat Merawat Gigi, Yuk, Kunjungi Klinik Gigi Terdekat Sekarang!
Kamis, 22 Februari 2024
Pemula di Dunia Yoga? Inilah Panduan Cara Memilih Matras Yoga yang Tepat

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Rabu, 12 Juni 2024
Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Fakultas MIPAKes Umri Gelar Kuliah Umum
Senin, 10 Juni 2024
Mahasiswa FEB UIR Borong Penghargaan dari Internasional Accounting Alliances Summit 2024
Minggu, 09 Juni 2024
Bertabur Hadiah, Ratusan Masyarakat Antusias Ikuti Jalan Sehat di Kampus Umri
Rabu, 05 Juni 2024
Peringati Milad ke-16, Umri Gelar Tablig Akbar Bersama Prof DR Achmad Jainuri

Kampus lainnya ...
Rabu, 03 Mei 2023
Kompilasi Semarak Silaturahmi Satu HATI, CDN Bangkinang Santuni Anak Yatim
Rabu, 05 April 2023
Safari Ramadan, PT Musim Mas Salurkan Paket Sembako untuk Anak Yatim dan Fakir Miskin
Selasa, 04 April 2023
Telkomsel Siaga Rafi Sumbagteng Salurkan CSR untuk Panti Jompo bersama Dompet Dhuafa Riau
Jumat, 03 Maret 2023
Tingkatkan Kesehatan dan Budaya Lokal, Bank Mandiri Serahkan Bantuan ke Posyandu dan Grup Rebana

CSR lainnya ...
Jumat, 09 Februari 2024
Lika-liku 7 Perjalanan Asmara Ayu Ting Ting hingga Tunangan dengan Anggota TNI
Minggu, 28 Januari 2024
Huh Yunjin Bak Sehati Dengan Han So Hee Kala Cuma Pakai Dalaman Di Trailer LE SSERAFIM
Sabtu, 27 Januari 2024
Gigi Hadid dan Bradley Cooper Tak Sungkan Perlihatkan Kemesraan
Rabu, 24 Januari 2024
Park Ji-hyun Ungkap Persiapan Membinangi Drama Terbarunya

Selebriti lainnya ...

LW 2
Terpopuler
Iklan CAKAPLAH
Foto
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Senin, 14 Agustus 2023
Pengurus Masjid Nurul Ikhlas Kubang Minta Tunjuk Ajar ke Wagubri
Sabtu, 12 Agustus 2023
Gebyar Kandis Bersholawat Bakal Dihadiri Ribuan Jemaah NU
Senin, 31 Juli 2023
Mualaf Riau Butuh Pembinaan, Begini Caranya...
Sabtu, 29 Juli 2023
Mantan Wawako Pekanbaru, Ayat Cahyadi Turut Saksikan Pengukuhan Pengurus Masjid Al-Hamidah Rejosari

Religi lainnya ...
Selasa, 28 Mei 2024
BKPSDM Kota Pekanbaru Gelar Ujian Dinas dan Ujian Penyesuaian Kenaikan Pangkat Tahun 2024
Senin, 27 Mei 2024
Kepala BKPSDM Pekanbaru Hadiri Rapat Kerja Perdana Bersama Pj Wali Kota Risnandar
Rabu, 22 Mei 2024
BKPSDM Pekanbaru Gelar Workshop "Recharge Penguatan Iman ASN"
Selasa, 21 Mei 2024
Kepala BKPSDM Pekanbaru Irwan Suryadi Dampingi Sekretaris Kota dalam Audiensi dengan Guru PAI

Galeri Foto lainnya ...
Indeks Berita
www www