Sabtu, 02 Maret 2024

Breaking News

  • Catatan Banjir Terparah, Bupati Zukri: Ini Harus jadi Perhatian Pemerintah Pusat   ●   
  • Jalan Sudirman Ujung Tergenang Banjir, PUPR Riau Turunkan Ekskavator Amfibi Bersihkan Parit   ●   
  • Akibat Galian IPAL, Jalan Ahmad Dahlan dan Balam Ujung Pekanbaru Ambruk   ●   
  • Berhasrat Ikut Pilgub Riau, Syamsurizal Incar Septina jadi Wakil
Pelantikan Pj Gubri - PT Riau Petroleum

CAKAP RAKYAT
Membangun Manusia Desa
Selasa, 07 November 2023 12:13 WIB
Membangun Manusia Desa
Dr. (H.C.) H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM.

Saat pembukaan acara Rapat Kerja Penyelenggaraan Urusan Pemerintah Desa se Provinsi Riau Tahun 2023 yang bertempat di SKA CoEx Pekanbaru (2/11/2023), Syamsuar dalam pidatonya membanggakan keberhasilan program Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau. Seperti diketahui, sepanjang 2019-2023 Pemprov sudah menyalurkan BKK teruntuk 1.591 desa di 10 kabupaten se-Provinsi Riau. Total Rp1,12 triliun digelontorkan.

Mengacu ke data, hasil yang diperoleh memang menggembirakan. Di tahun 2019 jumlah desa mandiri hanya 10 desa lalu bertambah signifikan menjadi 600 desa di tahun 2023. Adapun desa maju dari 163 desa pada 2019 bertambah 585 desa di 2023. Bukan hanya meng-upgrade status desa, di sisi lain mengurangi desa kategori tertinggal. Rinciannya: jumlah desa berkembang di tahun 2019 berjumlah 951 desa berkurang menjadi 406 desa. Begitupula desa tertinggal dan desa sangat tertinggal yang secara keseluruhan sebanyak 467 desa di tahun 2019 sekarang tak ada lagi.

Membaiknya nasib desa di Riau tercermin dalam Indeks Desa Membangun (IDM), yang mana indeks Riau 2023 atau masuk kelompok Maju dengan skor 0,7707. Riau pun “naik kelas”. Semula peringkat ke-17 menanjak ke-7 dari 36 Provinsi di Indonesia. Kami selaku anggota DPRD Provinsi Riau mengapresiasi capaian tadi. Ini secuil keberhasilan manakala BKK dipergunakan sebagaimana mestinya. Dalam kerangka Otonomi Daerah (Otoda) membuktikan desentralisasi dan penyerahan sebagian tugas dan kewenangan ke daerah dapat membawa perubahan signifikan.

Sebaliknya, menarik kewenangan yang telah diserahkan ke daerah kembali ke pusat seperti urusan Minerba yang ditempuh Pemerintahan Joko Widodo dinilai antitesis reformasi dan desentralisasi. Walau perjalanan Otoda penuh kekurangan dan banyak cabaran, ini hanya perkara proses dan waktu. Negara maju di dunia ini memakan proses panjang. Bukan satu malam. Esensi Otoda adalah kepercayaan dan saling menguatkan. Pusat membimbing Pemda begitu seterusnya Pemda memperkuat tata kelola pemerintahan desa. Proses kolektif inilah jalan membangun dan memajukan bangsa.

Kontribusi

Dana yang sudah disalurkan ke desa terbilang besar. Baik yang bersumber dari APBN dan APBD. Oleh karena itu perlu pengawasan dan pengelolaan secara baik sesuai petunjuk yang telah diberikan. Supaya dipergunakan dan diprioritaskan untuk membangun desa, memberdayakan masyarakat, meningkatkan pelayanan publik, mengentaskan kemiskinan, memajukan perekonomian dan mengatasi kesenjangan. Kita berharap desa terus berbenah dengan pembangunan. Namun pembangunan dimaksud bukan sekedar polesan fisik dan proyek mercusuar kayak gedung perkantoran. Bagaimana pembangunan ditempuh menghasilkan output berupa peningkatan taraf hidup manusia desa, memajukan desa dan menyukseskan agenda nasional.

Semua bisa ditempuh bila kemandirian desa terwujud. Topik kemandirian relevan diangkat. Salah satu indikator mengukur kemandirian desa ialah pendapatan. Desa harus mampu menggali pendapatan secara optimal dan berkeadilan. Berkeadilan disini bermakna upaya menggali pendapatan jangan sampai memberatkan warga. Seiring meningkatnya pendapatan akan meminimalisir ketergantungan kepada bantuan Pemda dan Pusat. Meski dana desa akan tetap ada sebab sudah diatur regulasi, akan tetapi ketergantungan akut bukan sinyal bagus.

Secara teori ini disebut pola hubungan instruktif. Ujungnya peran pemerintah di atas lebih dominan daripada pemerintah tingkat di bawah. Maknanya perangkat desa gagal menunjukkan kinerja sesuai kewenangannya, termasuk ekstensifikasi dan intensifikasi sumber pendapatan. Hal sama berlaku ketika Provinsi dan Kabupaten terlalu bergantung ke bantuan finansial pusat. Ketergantungan pertanda belum terpenuhinya spirit Otoda di sisi keuangan.

Selain itu, dalam bingkai Otoda desa tak semata menuntut tapi juga dituntut berkontribusi terhadap kepentingan nasional. Apalagi peran desa sangat vital dalam konsep politik model apapun. Ironisnya di kita, desa belum belum lepas dari imej tertinggal. Kendati menyuplai Sumber Daya Manusia (SDM) pekerja dan komoditas ke kota, sayang buahnya justru lebih banyak dinikmati kota.

Berangkat dari fenomena, dana desa kunci membangun desa berdikari. Cukup banyak success story desa yang mampu menghasilkan pendapatan lalu dipakai untuk membangun dan mensejahterakan warga. Contoh fenomenal Desa Sekapuk, Kecamatan Ujung Pangkah, Gresik, Jawa Timur. Desa yang dihuni 6.000 warga itu dijuluki desa miliarder mengingat Pendapatan Asli Desa (PAD) mencapai Rp 3,412 miliar.

Ini efek keberhasilan pengelolaan dana oleh Pemerintah Desa. Mereka memfasilitasi transaksi keuangan masyarakat seperti transfer uang, pembayaran listrik, air pengisian pulsa dan lain-lain melalui BUMDes, mengelola air masyarakat (PAM), bisnis pengelolaan sampah lewat Unit Kebersihan Desa hingga yang bikin kesohor memoles lahan bekas tambang jadi destinasi wisata. Terobosan barusan memasukan Desa Sekapuk ke anggota ASEAN Village Network (AVN). Warga turut kecipratan berkah. Mulanya berpenghasilan Rp 400.000 sebulan kini kisaran Rp 6-7 juta perbulan. Makin kagum, dulu desa ini tertinggal. Kesenjangan sosial sangat tinggi dan rawan konflik.

Pola seperti ini yang dikehendaki dari desa. Sehingga ekonomi nasional digerakkan dari bawah (bottom up). Sekaligus memutus “eksodus” manusia ke kota yang membuat desa ditinggal insan produktif. Sementara SDM dibutuhkan guna membantu kepentingan nasional lewat penguatan sektor pertanian dan perkebunan yang identik sebagai keunggulan desa. Terlebih isu ketahanan pangan amat urgen. Bicara pertanian Indonesia jauh tertinggal. Menurut laporan bank dunia tahun 2018, baru 10 persen petani indonesia memakai teknologi modern. Mayoritas masih tradisional.

Bandingkan petani Vietnam dan Thailand yang adopsi teknologi modern. Mereka mendapat akses dan dukungan pelatihan yang baik berikut peralatan produksi. Tak heran mereka bisa panen 5 kali setahun sementara Indonesia cuman 2 kali setahun. Wajar data BPS melaporkan banyak petani hidup dibawah garis kemiskinan. Sungguh ironis. Indonesia diberkahi lahan pertanian terbesar ke 3 di dunia, diuntungkan keberadaan gunung berapi yang endapan abu vulkanik menyuburkan tanaman plus curah hujan tinggi yang mendukung pertumbuhan padi, namun kita importir beras. Vietnam dan Thailand eksportir karena kualitas beras stabil, biaya produksi murah dan output maksimal meskipun punya lahan terbatas.

Mengembalikan kejayaan sektor agraris idealnya misi utama dana desa. Memfasilitasi petani dan penyuluhan pentingnya beradaptasi dengan teknologi serta program lain menarik minat kalangan generasi muda desa bertani dan berkebun. Mengingat kepentingan nasional tentu tak bisa andalkan inisiatif pihak desa saja. Pemda diharapkan dapat mengonsolidasi agar potensi dan nilai unggul desa di Riau tergarap maksimal. Dalam konteks SDM, terkhusus rumpun urusan pendidikan di lingkup Pemprov Riau, keberadaan sekolah kejuruan pertanian perlu diperbanyak di desa potensial.

Selanjutnya mengenai fasilitasi petani bukan sebatas memberi alat pertanian. Tapi bisa juga menstimulus lahirnya inovasi pemanfaatan teknologi tepat guna (TTG) yang dapat meningkatkan nilai tambah produk unggulan desa. Toh kita banyak perguruan tinggi mentereng dan ternama. Kami yakin tak sedikit pemuda memiliki ide brilian mengembangkan teknologi pertanian. Atau kalangan petani sendiri punya gagasan. Namun tak bisa mewujudkan sebab terkendala anggaran dan dukungan kebijakan. Dana desa semestinya diarahkan ke sana. Yakinlah apabila desa berdaya niscaya bangsa akan berjaya.

Penulis : Dr. (H.C.) H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM. (Anggota DPRD Provinsi Riau)
Editor : Ali
Kategori : Cakap Rakyat
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Kamis, 14 September 2023 08:02 WIB
Riau Yang Menginspirasi
Minggu, 22 Oktober 2023 15:42 WIB
Santri Berdaya Negeri Berjaya
Senin, 25 September 2023 11:52 WIB
Darurat Regenerasi Petani
Sabtu, 28 Oktober 2023 11:39 WIB
Pemuda Dan Ancaman Pembusukan
Selasa, 07 Februari 2023 12:12 WIB
Kesejahteraan Pekerja dan Martabat Bangsa
Jum'at, 03 November 2023 08:31 WIB
Pentingnya Mendidik Mentalitas
Senin, 17 April 2023 08:04 WIB
Memuliakan Malam Mulia
Minggu, 01 Oktober 2023 09:31 WIB
Masih Saktikah Pancasila?
Jum'at, 19 Mei 2023 08:04 WIB
Modal Sosial Kebangkitan Nasional
Kamis, 01 Juni 2023 09:30 WIB
Tameng Itu Bernama Pancasila
Sabtu, 08 Juli 2023 08:53 WIB
PPDB: Momen Membangun Mentalitas
Kamis, 21 September 2023 13:50 WIB
Riau Terhubung Tanda Beruntung
Minggu, 17 September 2023 12:06 WIB
Keselamatan Pasien Prioritas Utama
Kamis, 05 Oktober 2023 09:47 WIB
Memutus Rantai Kerusakan Lingkungan
Rabu, 25 Oktober 2023 17:54 WIB
Estafet Perjuangan Kesehatan
Rabu, 03 Mei 2023 08:01 WIB
Pendidikan Adalah Koentji
Kamis, 23 Februari 2023 08:02 WIB
Investasi Paling Untung Itu SDM
Selasa, 20 Desember 2022 17:48 WIB
Kesetiakawanan Butuh Keteladanan
Sabtu, 13 Mei 2023 08:22 WIB
Perawat Dan Masa Depan Bangsa
Minggu, 12 Februari 2023 19:23 WIB
Pers Dan Peran Mendidik Bangsa
Kamis, 28 September 2023 08:57 WIB
Maulid Nabi Dan Nilai Kepemimpinan
Minggu, 23 Juli 2023 16:04 WIB
Perlindungan Anak Tanggung Jawab Bersama
Jum'at, 04 Agustus 2023 11:05 WIB
Ketersediaan Beras Dukung Pertumbuhan Ekonomi
Kamis, 28 September 2023 18:25 WIB
Pusat Studi Kawasan Asia Tenggara
Kamis, 19 Oktober 2023 11:18 WIB
Cawe-Cawe Ala Feodalisme
Sabtu, 07 Oktober 2023 15:15 WIB
Pasang Surut Hubungan Indonesia-Malaysia
Senin, 11 September 2023 07:05 WIB
Judi Bikin Merugi
Senin, 09 Oktober 2023 13:01 WIB
Pentingnya Skala Prioritas
Kamis, 12 Oktober 2023 08:03 WIB
Dilema Pendidik Zaman Now
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Jumat, 29 September 2023
Komisi II Usul Kementerian ATR/BPN dan KLHK Kolaborasi Selesaikan Redistribusi Tanah
Jumat, 29 September 2023
Setjen DPR Berikan Perhatian Terhadap Pensiunan Melalui P3S
Kamis, 28 September 2023
TikTok Shop Cs Dilarang, Ketua DPR Berharap Aturan Baru Ciptakan Keseimbangan Pasar Digital dan Konvensional
Kamis, 21 September 2023
Ancaman DBD Meningkat, Puan Dorong Sosialisasi Masif Tekan Risiko Kematian

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 07 November 2023
Riau Terima Penghargaan Bhumandala Award 2023
Senin, 12 Desember 2022
Kapolda Riau Resmikan Kantor Pelayanan Terpadu Polres Rohil di Bagansiapiapi
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'

CAKAPLAH TV lainnya ...
Jumat, 01 Maret 2024
Sambut Ramadan, Advokat Ladies Riau Bagikan Ratusan Sembako ke Warga Kurang Mampu
Jumat, 01 Maret 2024
Bawaslu Tak Punya Kewenangan Rekomendasikan PSU saat Rekapitulasi Tingkat Kabupaten
Jumat, 01 Maret 2024
Mengetuk Pintu Langit, Pegadaian Pekanbaru Bagikan Paket Makanan ke Masyarakat
Jumat, 01 Maret 2024
Pemuda Pancasila Riau Siap Dukung Kepemimpinan Pj Gubri SF Hariyanto Wujudkan Pembangunan

Serantau lainnya ...
Kamis, 04 Januari 2024
FoodPedia Tanjung Datuk Berubah Menjadi "Aurora 86 Caffee and Resto", Suasana Nongkrong Jadi Lebih Seru!
Minggu, 17 Desember 2023
7 Fashion Item wanita populer Dari 9 to 12
Selasa, 12 Desember 2023
7 Tips Memilih Stroller Bayi yang Tepat, Beli Pakai Promo Year End Sale Blibli Biar Makin Hemat!
Jumat, 24 November 2023
Modena Luncurkan Purifier Hood Series, Gabungan Cooker Hood dan Air Purifier Pertama di Indonesia

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 02 Maret 2023
Wadah Menyalurkan Bakat, Ketua DPRD Riau Yulisman Hadiri Festival Musik Akustik di SMA Negeri 1 Pasir Penyu Inhu
Rabu, 01 Maret 2023
Rapat Paripurna, DPRD Provinsi Riau Umumkan Reses Masa Persidangan I Tahun 2023
Selasa, 28 Februari 2023
Kunjungi Kemendikbud, Komisi V DPRD Riau Bahas Persoalan PPDB
Kamis, 23 Februari 2023
Disdik Gelar Pelatihan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru SD Se-Kota Pekanbaru

Advertorial lainnya ...
Kamis, 29 Februari 2024
Telkomsel dan ZTE Wujudkan Pengalaman Gigabit yang Andal dan Efisien
Selasa, 20 Februari 2024
Samsung Hadirkan Galaxy S24 Series dengan Kecerdasan Software Canggih
Jumat, 09 Februari 2024
Apple Kembangkan 2 Prototipe iPhone Lipat Bergaya Flip
Kamis, 01 Februari 2024
Samsung Buka-bukaan Soal Keunggulan Exynos 2400 di Galaxy S24 dan S24+

Tekno dan Sains lainnya ...
Kamis, 22 Februari 2024
Pemula di Dunia Yoga? Inilah Panduan Cara Memilih Matras Yoga yang Tepat
Sabtu, 27 Januari 2024
Cegah Resistensi, Gunakan Obat Antibiotik dengan Bijak
Senin, 15 Januari 2024
14 Persiapan Penting Awal Kehamilan untuk Calon Ibunda dan Buah Hati
Minggu, 17 Desember 2023
Liburan Sekolah Makin Meriah, Ratusan Peserta Ikuti Khitanan Massal

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Jumat, 01 Maret 2024
Tim Evaluasi Lapangan Visitasi Usulan Pembukaan Prodi Kebidanan Umri
Jumat, 01 Maret 2024
Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Abdurrab Juara 1 Tingkat Nasional Seminar Hasil Kosabangsa Kemenristek Dikti 2023
Rabu, 28 Februari 2024
Keren, Universitas Abdurrab Kini Punya Alat High Performance Liquid Chromatography
Rabu, 28 Februari 2024
Buka Fakultas Kedokteran, Tim Evaluasi Lapangan Visitasi ke Kampus Universitas Muhammadiyah Riau

Kampus lainnya ...
Rabu, 03 Mei 2023
Kompilasi Semarak Silaturahmi Satu HATI, CDN Bangkinang Santuni Anak Yatim
Rabu, 05 April 2023
Safari Ramadan, PT Musim Mas Salurkan Paket Sembako untuk Anak Yatim dan Fakir Miskin
Selasa, 04 April 2023
Telkomsel Siaga Rafi Sumbagteng Salurkan CSR untuk Panti Jompo bersama Dompet Dhuafa Riau
Jumat, 03 Maret 2023
Tingkatkan Kesehatan dan Budaya Lokal, Bank Mandiri Serahkan Bantuan ke Posyandu dan Grup Rebana

CSR lainnya ...

Iklan CAKAPLAH
Terpopuler

01

Foto
Jumat, 09 Februari 2024
Lika-liku 7 Perjalanan Asmara Ayu Ting Ting hingga Tunangan dengan Anggota TNI
Minggu, 28 Januari 2024
Huh Yunjin Bak Sehati Dengan Han So Hee Kala Cuma Pakai Dalaman Di Trailer LE SSERAFIM
Sabtu, 27 Januari 2024
Gigi Hadid dan Bradley Cooper Tak Sungkan Perlihatkan Kemesraan
Rabu, 24 Januari 2024
Park Ji-hyun Ungkap Persiapan Membinangi Drama Terbarunya

Selebriti lainnya ...
Senin, 28 Agustus 2023
Ketua DPRD Siak Ikut Gerakan Tanam Ribuan Bibit Pohon bersama Polri
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil

Parlementaria Siak lainnya ...
Senin, 14 Agustus 2023
Pengurus Masjid Nurul Ikhlas Kubang Minta Tunjuk Ajar ke Wagubri
Sabtu, 12 Agustus 2023
Gebyar Kandis Bersholawat Bakal Dihadiri Ribuan Jemaah NU
Senin, 31 Juli 2023
Mualaf Riau Butuh Pembinaan, Begini Caranya...
Sabtu, 29 Juli 2023
Mantan Wawako Pekanbaru, Ayat Cahyadi Turut Saksikan Pengukuhan Pengurus Masjid Al-Hamidah Rejosari

Religi lainnya ...
Indeks Berita
www www