Sabtu, 13 April 2024

Breaking News

  • Catatan Banjir Terparah, Bupati Zukri: Ini Harus jadi Perhatian Pemerintah Pusat   ●   
  • Jalan Sudirman Ujung Tergenang Banjir, PUPR Riau Turunkan Ekskavator Amfibi Bersihkan Parit   ●   
  • Akibat Galian IPAL, Jalan Ahmad Dahlan dan Balam Ujung Pekanbaru Ambruk   ●   
  • Berhasrat Ikut Pilgub Riau, Syamsurizal Incar Septina jadi Wakil
Idul Fitri 1445 / 2024 - PT Riau Petroleum

Minim Pengusaha, Timnas Amin Banyak Berlatar Belakang Militer, Ulama, dan Budayawan
Rabu, 15 November 2023 07:05 WIB
Minim Pengusaha, Timnas Amin Banyak Berlatar Belakang Militer, Ulama, dan Budayawan
Pasangan capres-cawapres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) akhirnya mengumumkan captain beserta struktur timnas AMIN. Marsekal Madya (Purn) Muhammad Syaugi Alaydrus ditunjuk menjadi captain dari pasangan calon dari Koalisi Perubahan tersebut. Foto:

(CAKAPLAH) - Kapten dan ko-kapten tim pemenangan pasangan capres-cawapres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 'Amin' telah ditetapkan pada Selasa (14/11/2023). Pimpinan tim pemenangan Amin terdiri atas berbagai latar belakang, tapi terpantau minim dari kalangan pengusaha.

Nama-nama tim pemenangan Amin yang diumumkan pada Selasa hari ini berjumlah 17 orang. Meliputi satu orang kapten, satu orang ketua harian/co-kapten, 12 orang co-kapten, satu orang sekretaris jenderal, satu orang bendahara, dan satu orang tim hukum nasional.

Sosok-sosok yang masuk dalam tim pemenangan Amin hadir langsung bersama dengan Anies dan Imin di rumah pemenangan Jalan Pangerang Diponegoro 10, Menteng, Jakarta Pusat.

Muhammad Syaugi Alaydrus dipilih sebagai kapten tim pemenangan Amin. Syaugi diketahui berlatar belakang militer. Dia merupakan purnawirawan TNI AU yang seorang pilot jet tempur F-16 Fighting Falcon dengan 2.000 jam pengalaman terbang dengan F-16.

Syaugi yang dikenal sebagai mantan kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) itu merupakan peraih Adi Makayasa dan penerima anugerah Bintang Dharma.

Kemudian, co-kapten yang juga Ketua Harian Tim Pemenangan Amin yang dipilih oleh Anies yakni Sudirman Said. Sudirman diketahui merupakan orang terdekat Anies yang berlatarbelakang seorang aktivis antikorupsi.

Sudirman merupakan eks menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI pada 2014-2016. Pria asal Brebes, Jawa Tengah, itu juga merupakan salah satu pendiri MTI (Masyarakat Transparansi Indonesia), pejuang kemanusiaan yang memimpin rekonstruksi tsunami Aceh dan mantan sekjen PMI.

Setelah mengenalkan Syaugi dan Sudirman Said, Anies lantas mengenalkan sederet co-kapten tim pemenangan Amin. Thomas Trikasih Lembong merupakan salah satu co-kapten yang berlatarbelakang sebagai ekonom atau pengusaha.

Thomas Lembong merupakan lulusan dari Harvard University Amerika Serikat dan seorang profesional yang berpengalaman di dunia bisnis banking dan investment, baik dalam dan luar negeri. Dia juga merupakan eks Menteri Perdagangan RI (2015-2016) dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal RI (2016-2019).

Selain Thomas Lembong, co-kapten yang digandeng Amin adalah Leontinus Alpha Edison, co-founder Tokopedia. Leontinus merupakan pria asal Pontianak, Kalimantan Barat yang memiliki hobi bersepeda serta mendirikan Jelajah Cycling Series sebuah kompetisi balap sepeda yg telah mendapatkan lisensi dari Union Cycliste Internationale (UCI), induk organisasi sepeda di seluruh dunia.

Aktivis Perempuan

Sementara itu, 10 co-kapten lainnya yang dipilih oleh Anies-Imin berlatar belakang dari kalangan akademisi, budayawan, hingga politikus. Dari kalangan politisi, yakni Al Muzammil Yusuf adalah politikus senior yang merupakan Ketua Umum pertama PKS periode 2002-2003 yang seorang alumnus Universitas Indonesia.

Ada juga Sutoyo sebagai co-kapten yang merupakan kalangan politisi. Sutoyo adalah Bupati Bojonegoro dua periode (2008-2013, 2013-2018), membawa daerahnya menjadi percontohan pada ajang Open Government Partnership (OGP) Subnational Government Program atau Percontohan Pemerintah Daerah Terbuka. Dia juga merupakan rektor (2000-2004) dan Dosen Universitas Muhammadiyah Gresik.

Kemudian, co-kapten Nihayatul Wafiroh. Dia dikenal sebagai tokoh penggerak perempuan yang merupakan anggota DPR RI. Sebelum masuk politik, Nihayatul merupakan aktivis dan akademisi.

Ada juga co-kapten Mohammad Jumhur Hidayat yang merupakan aktivis pergerakan dan pemberdayaan rakyat. Dia merupakan Kepala BNP2TKI (2007-2014) dan Kepala Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (2022-2027).

Ada Kakak Gus Baha

Co-kapten lainnya dari kalangan ulama dan budaya. Yakni ada nama Yusuf Muhammad Martak. Ia merupakan Ketua Gerakan Nasional Pembela Fatwa (GNPF) Ulama. Kemudian, Azrul Tanjung yang merupakan pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI). Dia merupakan Ketua Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat (KPEU) dan seorang peneliti sekaligus akademisi dengan fokus pengembangan ekonomi syariah.

Co-capten dari kalangan ulama lainnya yakni Nasirul Mahasin. Dia merupakan ulama asal Rembang yang menjadi pengasuh Popes Tahfidzul Quran, Rembang. Pria yang pernah menjabat sebagai Wakil Bupati Rembang (2000-2005) itu merupakan kakak dari Gus Baha.

Lalu co-kapten Maksum Faqih. Ia adalah pengasuh pondok pesantren Langitan, Widang, Tuban, tokoh pendidik, yang merupakan putra bungsu Alm. KH Abdullah Faqih.

Adapun co-kapten dari kalangan budayawan yakni Ki KTT H Lebdo Nagoro Anom Suroto. Ia adalah budayawan senior, penerima anugerah nama Lebdocarito dari Keraton Surakarta. Ia juga seorang dalang wayang kulit Purwa yang pernah mendalang di lima benua.

Co-kapten terakhir yakni Ki KTT H Lebdo Nagoro Anom Suroto. Ia adalah budayawan senior penerima anugerah nama Lebdocarito dari Keraton Surakarta, dalang wayang kulit Purwa dan pernah mendalang di lima benua juga.

Tokoh sepakbola

Adapun, Sekretaris Jenderal tim pemenangan Amin yakni Novita Dewi. Ia merupakan womenpreneur yang pernah menjabat sebagai Direktur Utama Jakarta Experience Board (JXB) (2019-2023). Ia merupakan peraih Chief Marketing Officer (CMO) of The Year 2022 dan 2023 atas perannya mentransformasi BUMD Jakarta Tourisindo atau yang sekarang lebih dikenal menjadi XB.

Di bawah kepemimpinan Novita Dewi, XB mampu mengubah JXB atau sebelumnya Jakarta Tourisindo yang selalu merugi menjadi perusahaan yang membukukan laba tiga tahun berturut-turut. Novita mendapatkan predikat mahasiswi berprestasi UNS Solo 2022. Ia Lulus sebagai mahasiswi terbaik dengan predikat cumlaude.

Adapun, Bendahara Umum tim pemenangan Amin yakni Gede Widiade. Ia adalah tokoh Sepakbola Indonesia asal Bali. Pernah memimpin tujuh klub di Liga Indonesia dari berbagai kasta kompetisi. Ia juga yang membawa Persija Jakarta menjadi juara pada 2018. Gede diketahui merupakan pemilik puluhan lapangan sepakbola di Indonesia yang dapat digunakan oleh anak-anak Indonesia untuk berlatih.

Sementara, tim hukum nasional di tim pemenangan Amin ada Ari Yusuf Amir. Ia merupakan pengacara senior yang berpengalaman, diantaranya menangani perkara sengketa di Mahkamah Konstitusi (MK). Pernah menjadi kuasa hukum mantan Ketua KPK Antasari Azhar, kuasa hukum mantan Kabareskrim Polri Susno Duadji, kuasa hukum mantan KSAD Jenderal Purn, Ryamizard Ryacudu, dan perkara-perkara lainnya.

Editor : Ali
Sumber : Republika.co.id
Kategori : Politik
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Jumat, 29 September 2023
Komisi II Usul Kementerian ATR/BPN dan KLHK Kolaborasi Selesaikan Redistribusi Tanah
Jumat, 29 September 2023
Setjen DPR Berikan Perhatian Terhadap Pensiunan Melalui P3S
Kamis, 28 September 2023
TikTok Shop Cs Dilarang, Ketua DPR Berharap Aturan Baru Ciptakan Keseimbangan Pasar Digital dan Konvensional
Kamis, 21 September 2023
Ancaman DBD Meningkat, Puan Dorong Sosialisasi Masif Tekan Risiko Kematian

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 07 November 2023
Riau Terima Penghargaan Bhumandala Award 2023
Senin, 12 Desember 2022
Kapolda Riau Resmikan Kantor Pelayanan Terpadu Polres Rohil di Bagansiapiapi
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'

CAKAPLAH TV lainnya ...
Kamis, 11 April 2024
Ribuan Warga Salat Idul Fitri di Polres Siak
Rabu, 10 April 2024
Pernah Bikin Heboh Gegara Berkelahi, Bupati Rohil dan Wakilnya Lepas Pawai Takbir Idulfitri
Senin, 08 April 2024
Polsek Kampar Kiri Bagi-bagi Takjil dan Buka Puasa Bersama Anak Yatim 
Minggu, 07 April 2024
MPW Pemuda Pancasila Riau Santuni 500 Anak Panti Asuhan

Serantau lainnya ...
Minggu, 07 April 2024
Pererat Silaturahmi, Siwo PWI Riau Gelar Buka Bersama BJB dan PSSI
Kamis, 04 April 2024
5 Ide Resep Masakan Pakai Rice Cooker, Cocok untuk Anak Kos!
Kamis, 04 April 2024
Rekomendasi Fashion Wanita Zaman Sekarang
Jumat, 29 Maret 2024
Pengusaha Wanita di Riau Bagi-bagi Takjil Gratis kepada Pengguna Jalan

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 02 Maret 2023
Wadah Menyalurkan Bakat, Ketua DPRD Riau Yulisman Hadiri Festival Musik Akustik di SMA Negeri 1 Pasir Penyu Inhu
Rabu, 01 Maret 2023
Rapat Paripurna, DPRD Provinsi Riau Umumkan Reses Masa Persidangan I Tahun 2023
Selasa, 28 Februari 2023
Kunjungi Kemendikbud, Komisi V DPRD Riau Bahas Persoalan PPDB
Kamis, 23 Februari 2023
Disdik Gelar Pelatihan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru SD Se-Kota Pekanbaru

Advertorial lainnya ...
Kamis, 29 Februari 2024
Telkomsel dan ZTE Wujudkan Pengalaman Gigabit yang Andal dan Efisien
Selasa, 20 Februari 2024
Samsung Hadirkan Galaxy S24 Series dengan Kecerdasan Software Canggih
Jumat, 09 Februari 2024
Apple Kembangkan 2 Prototipe iPhone Lipat Bergaya Flip
Kamis, 01 Februari 2024
Samsung Buka-bukaan Soal Keunggulan Exynos 2400 di Galaxy S24 dan S24+

Tekno dan Sains lainnya ...
Kamis, 22 Februari 2024
Pemula di Dunia Yoga? Inilah Panduan Cara Memilih Matras Yoga yang Tepat
Sabtu, 27 Januari 2024
Cegah Resistensi, Gunakan Obat Antibiotik dengan Bijak
Senin, 15 Januari 2024
14 Persiapan Penting Awal Kehamilan untuk Calon Ibunda dan Buah Hati
Minggu, 17 Desember 2023
Liburan Sekolah Makin Meriah, Ratusan Peserta Ikuti Khitanan Massal

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Sabtu, 06 April 2024
Rangkaian Ramadan Ceria Umri Berakhir, 5.000 Orang Terima Manfaat
Selasa, 26 Maret 2024
BPH UMRI Gelar Lomba Ibadah Praktis Sesuai Tuntunan HPT
Senin, 25 Maret 2024
Berhadiah Umrah dan Beasiswa, Umri Gelar Lomba Tahfidz Alquran
Kamis, 21 Maret 2024
UPT Promosi dan Penerimaan Mahasiswa Baru UMRI Taja Ifthor Jama’i

Kampus lainnya ...
Rabu, 03 Mei 2023
Kompilasi Semarak Silaturahmi Satu HATI, CDN Bangkinang Santuni Anak Yatim
Rabu, 05 April 2023
Safari Ramadan, PT Musim Mas Salurkan Paket Sembako untuk Anak Yatim dan Fakir Miskin
Selasa, 04 April 2023
Telkomsel Siaga Rafi Sumbagteng Salurkan CSR untuk Panti Jompo bersama Dompet Dhuafa Riau
Jumat, 03 Maret 2023
Tingkatkan Kesehatan dan Budaya Lokal, Bank Mandiri Serahkan Bantuan ke Posyandu dan Grup Rebana

CSR lainnya ...
Jumat, 09 Februari 2024
Lika-liku 7 Perjalanan Asmara Ayu Ting Ting hingga Tunangan dengan Anggota TNI
Minggu, 28 Januari 2024
Huh Yunjin Bak Sehati Dengan Han So Hee Kala Cuma Pakai Dalaman Di Trailer LE SSERAFIM
Sabtu, 27 Januari 2024
Gigi Hadid dan Bradley Cooper Tak Sungkan Perlihatkan Kemesraan
Rabu, 24 Januari 2024
Park Ji-hyun Ungkap Persiapan Membinangi Drama Terbarunya

Selebriti lainnya ...

Iklan CAKAPLAH
Terpopuler
Foto
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Senin, 14 Agustus 2023
Pengurus Masjid Nurul Ikhlas Kubang Minta Tunjuk Ajar ke Wagubri
Sabtu, 12 Agustus 2023
Gebyar Kandis Bersholawat Bakal Dihadiri Ribuan Jemaah NU
Senin, 31 Juli 2023
Mualaf Riau Butuh Pembinaan, Begini Caranya...
Sabtu, 29 Juli 2023
Mantan Wawako Pekanbaru, Ayat Cahyadi Turut Saksikan Pengukuhan Pengurus Masjid Al-Hamidah Rejosari

Religi lainnya ...
Rabu, 13 Maret 2024
Kepala BKPSDM Pekanbaru Harapkan Kinerja ASN Maksimal Selama Bulan Ramadan
Jumat, 08 Maret 2024
Pemko Pekanbaru Sudah Tetapkan Jam Kerja ASN Selama Ramadan 1445 H
Rabu, 28 Februari 2024
Pemko Pekanbaru Masih Tunggu Juknis Pusat Terkait Seleksi CPNS dan PPPK
Selasa, 27 Februari 2024
Kepala BKPSDM Dampingi Pj Walikota Terima Penghargaan Anugerah Kualitas Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Tahun 2023

Galeri Foto lainnya ...
Indeks Berita
www www