Jumat, 23 Februari 2024

Breaking News

  • Catatan Banjir Terparah, Bupati Zukri: Ini Harus jadi Perhatian Pemerintah Pusat   ●   
  • Jalan Sudirman Ujung Tergenang Banjir, PUPR Riau Turunkan Ekskavator Amfibi Bersihkan Parit   ●   
  • Akibat Galian IPAL, Jalan Ahmad Dahlan dan Balam Ujung Pekanbaru Ambruk   ●   
  • Berhasrat Ikut Pilgub Riau, Syamsurizal Incar Septina jadi Wakil
HUT CAKAPLAH 7 - PJ Walikota Muflihun

CAKAP RAKYAT
Kesetaraan Kunci Pembangunan
Minggu, 03 Desember 2023 09:08 WIB
Kesetaraan Kunci Pembangunan
Dr. (H.C.) H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM.

"Sesungguhnya Allah tidak melihat rupa dan harta benda kalian, tetapi Dia melihat hati dan amal perbuatan kalian." (Hadits Riwayat Muslim)

Sabda Nabi Muhammad SAW di atas menegaskan bahwa semua manusia setara dihadapan Tuhan. Hanya ketakwaan dan amal pembeda. Berangkat dari paradigma, maka tiap manusia hendaknya memperoleh kesetaraan hak dan kewajiban serta peluang untuk melakukan hal terbaik dalam hidupnya. Tanpa diskriminasi dan perbedaan. Oleh karena itulah di hari Peringatan Disabilitas Internasional yang jatuh pada 3 Desember, perlu menyegarkan kembali urgensi dukungan, perhatian, perlindungan dan pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas.

Teruntuk Indonesia, kesetaraan isu utama. Laporan resmi menunjukan bahwa Indeks inklusivitas Indonesia tergolong rendah di kawasan ASEAN, yaitu di peringkat 125. Di bawah Filipina, Vietnam, Singapura dan Thailand.

Sebagai informasi, peringkat indeks inklusivitas dihitung berdasarkan pengukuran holistik pengembangan kebijakan inklusif yang salah satu fokusnya kesetaraan penyandang disabilitas. Peringkat tadi alarm sekaligus pengingat dan pendorong untuk terus meningkatkan aksesibilitas bagi kelompok rentan termasuk penyandang disabilitas. Sikap kepedulian bukan wujud keluasan hati dan rasa kasihan. Inklusivitas kunci mewujudkan pertumbuhan dan kemajuan bangsa. Karena masing-masing kita mempunyai potensi dan ruang berkontribusi. Melalui pembangunan inklusivitas dan pelibatan akan muncul rasa saling memiliki. Seumpama bangunan, tak akan berdiri kokoh tanpa material yang berpadu dan saling memperkuat.

Pendekatan makin penting mengingat sekitar 28,05 juta atau lebih dari 10 persen total penduduk di Indonesia merupakan penyandang disabilitas. Secara persentase jumlah signifikan. Banyak kalangan penyandang disabilitas memiliki kemampuan dan prestasi. Dalih inilah yang mendorong kami di Komisi V DPRD Riau menyambut baik rencana penggabungan SMA Olahraga dengan PPLP Riau menjadi Sekolah Keberbakatan Olahraga (SKO). Kita ingin disabilitas diberi porsi. Diharapkan Riau proyek percontohan nasional pembinaan atlit disabilitas. Apalagi mereka punya iven kejuaraan tersendiri secara nasional maupun internasional. Bahkan capaian terbilang luar biasa. Sempat viral Timnas Persatuan Sepakbola Amputasi Indonesia (PSAI) yang berhasil lolos ke Piala Dunia Sepakbola Amputasi 2022 di Turki.

Lebih hebat lagi mereka tanpa dukungan Pemerintah. Kembali ke konteks Riau, ini kesempatan lahirkan talenta daerah. Ditambah belum lama berselang (29/9/2023), Riau mendapat kehormatan sebagai tuan rumah Coaching Clinic Nasional SOIna dan Kejurprov Senam Gymnastics dan TOT Nasional dan Kejurprov Senam Ritmik dan Artistik. Kegiatan yang ditaja Special Olympics Indonesia (SOIna) Pengprov Riau itu dibuka oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Riau. Special Olympics merupakan organisasi internasional yang diakui International Olympic Committee, satu-satunya Olimpiade Olahraga khusus para penyandang disabilitas intelektual di dunia.

Regulasi

Bicara tataran kebijakan, Negara memang telah memberi atensi. Sebut saja lahirnya Undang-Undang (UU) nomor 8 tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas yang ditindaklanjuti aturan turunan diantaranya: Peraturan Presiden (Perpres) No 67/2020 tentang Syarat dan Tatacara tentang Pemberian Penghargaan terhadap Pemenuhan Hak Difabel; Pembentukan Komisi Nasional Disabilitas (Perpres No 68/2020); Peraturan Pemerintah (PP) No 39/2020 mengenai akomodasi layak bagi penyandang disabilitas dalam proses peradilan; Kesetaraan bidang Pendidikan (PP No 13/2020); Permukiman yang layak (PP No 42/2020); Urusan ketenagakerjaan (PP No 60/2020); Penghargaan kepada pihak yang memenuhi hak disabilitas (PP No 75/2020); dan PP No 52/2019 tentang penyelenggaraan sosial penyandang disabilitas meliputi perlindungan sosial, pemberdayaan sosial, jaminan sosial dan rehabilitasi sosial.

Di luar itu terdapat pula peraturan setingkat menteri, seperti Peraturan Menteri Sosial No 2/2021 tentang Kartu Penyandang Disabilitas; Peraturan Menteri Ketenagakerjaan No 3/2021 tentang Pedoman Pemberian Penghargaan Nasional kepada Perusahaan dan BUMN yang Mempekerjakan Tenaga Kerja Penyandang Disabilitas. Adapun tindak lanjut di level daerah, berdasarkan data sebagian sudah memiliki Peraturan Daerah (Perda) terkait penyandang disabilitas. Salah satunya Provinsi Riau yang sudah menerbitkan Perda No 18/2013 tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Penyandang Disabilitas berikut aturan turunan Peraturan Gubernur (Pergub) No 106/2015 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perda 18/2013. Sesuatu yang patut disyukuri. Wujud kepedulian dan respon daerah atas hak penyandang disabilitas. Dukungan regulasi modal penting. Tinggal sekarang bagaimana bisa konsekuen menerapkan di lapangan. Sehingga instrumen yuridis bukan formalitas belaka. Tidak sebatas di atas kertas atau hitam di atas putih.

Terlebih realita masih jauh dari ekspektasi. Bappenas di tahun 2021 melaporkan bahwa 71,4 persen pekerja penyandang disabilitas bekerja di sektor informal. Sungguh kontras dibanding pekerja nondisabilitas. Angka tadi selaras dengan temuan Organisasi Buruh Internasional (ILO) di tahun 2020 bahwa proporsi penyandang disabilitas yang mempekerjakan diri sendiri (self-employed) lebih tinggi daripada non-penyandang disabilitas. Fenomena tersebut tak berarti penyandang disabilitas lebih memilih mandiri.

Namun tidak ada pilihan asbab tingginya diskriminasi perlakuan dari pelaku usaha atau perusahaan. Merespons fenomena, di tahun 2021 Pemerintah mengeluarkan Peraturan Presiden (Perpes) No 53/2021 tentang Rencana Aksi Nasional HAM 2021-2025. Pemerintah mencanangkan peningkatan akses pelayanan hak-hak dasar bagi penyandang disabilitas. Mencakup penyerapan tenaga kerja penyandang disabilitas di sektor formal; peningkatan aksesibilitas, informasi, dan kualitas pelayanan publik; serta perlindungan hukum dan sosial.

Sinkronisasi

Tapi lagi-lagi ikhtiar harus sinkron mulai atas ke bawah begitu sebaliknya. Pendekatan kebijakan untuk mewujudkan kesetaraan tak cukup layanan rehabilitasi sosial yang menggunakan pendekatan keluarga, komunitas dan resedensial. Aspek paling mendasar yang dinginkan saudara kita penyandang disabilitas adalah pemenuhan dan aksesibilitas hidup layak. Kendati skala Riau perlahan memperlihatkan progres, jalan membangun provinsi/kota/kabupaten yang inklusif masih panjang. Boleh dibilang setakad ini keberhasilan program tergantung inisiatif dan itikad Kepemimpinan di daerah. Artinya belum terkoordinasi secara sistematis dan komprehensif. Di sinilah idealnya Pemerintah Provinsi (Pempov) Riau memainkan peran. Mengacu ke dokumen RPJMD, sudah dituangkan ke dalam Standar Pelayanan Minimal Pendidikan (SPM) bidang pendidikan terkhusus peserta didik penyandang disabilitas beserta penambahan dan peningkatan sarana prasarana pendidikan disabilitas di 12 kabupaten/kota se-Provinsi Riau.

Di samping itu rehabilitas sosial dasar penyandang disabilitas telantar di dalam panti sosial. Upaya tentu tak sebatas itu. Pemenuhan hak-hak mereka mesti terus diperluas di ranah publik. Selain pendidikan dan kesehatan juga akses ke barang publik dan sarana publik lainnya. Jangankan kabupaten, selevel ibukota Provinsi yaitu Pekanbaru fasilitas publiknya belum memadai dan ramah ke kalangan penyandang disabilitas. Puskesmas, kantor pelayanan publik termasuk halte TMP. Menyoal halte kita sama-sama tahu dan merasakan, kebanyakan tidak dilengkapi dengan bidang miring untuk pengguna kursi roda, tanda isyarat untuk tuna rungu serta pegangan jalur khusus untuk tuna netra. Sebagian halte sebatas anak tangga tidak dilengkapi tempat duduk dan peneduh. Bukan saja tak ramah disabilitas namun ke seluruh pengguna. Semestinya fasilitas umum berpedoman pada standar kenyamanan, keamanan dan keselamatan teristimewa penyandang disabilitas.

Terakhir, semua langkah, program dan kebijakan membutuhkan pijakan yang kuat. Diawali data yang mumpuni dan mutakhir lalu terpenting diiringi pelibatan aktif dari kalangan penyandang disabilitas sejak tahapan perencanaan, pengawasan dan pelaksanaan. Bicara data, contoh perihal pendataan anak disabilitas intelektual. Ini satu dari sekian persoalan yang mengemuka di Provinsi Riau yang belum maksimal hingga saat ini.

Problem semakin kompleks akibat minimnya relawan dan rendahnya kesadaran orangtua yang cenderung tidak terbuka. Menganggap disabilitas sebagai aib pemikiran keliru. Sebab keterbatasan fisik atau kekurangan belum tentu membuat seseorang lemah secara keseluruhan. Sebagaimana disinggung di bagian sebelumnya, mereka dianugerahi keunggulan serupa orang-orang pada umumnya. Pada momen hari Peringatan Disabilitas Internasional, kita ingin supaya semua pemangku kepentingan terlibat aktif dalam upaya memperkuat penyandang disabilitas lebih produktif dan berpartisipasi di segala lini kehidupan. Lebih progresif lagi, mendorong dan memperkuat kepemimpinan dari generasi muda penyandang disabilitas.

Penulis : Dr. (H.C) H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM (Anggota Komisi V DPRD Provinsi Riau)
Editor : Ali
Kategori : Cakap Rakyat
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Sabtu, 25 November 2023 10:01 WIB
Guru Dan Perjuangan Tiada Henti
Rabu, 22 November 2023 09:31 WIB
Loker Wajib Lapor, Bikin Ribet?
Minggu, 19 November 2023 19:02 WIB
Edukasi Keuangan Sejak Dini
Rabu, 29 November 2023 08:23 WIB
Abdi Negara Penentu Nasib Bangsa
Kamis, 14 September 2023 08:02 WIB
Riau Yang Menginspirasi
Minggu, 22 Oktober 2023 15:42 WIB
Santri Berdaya Negeri Berjaya
Senin, 25 September 2023 11:52 WIB
Darurat Regenerasi Petani
Sabtu, 25 November 2023 16:21 WIB
Hidup Sehat di Kota Sehat
Sabtu, 28 Oktober 2023 11:39 WIB
Pemuda Dan Ancaman Pembusukan
Kamis, 23 November 2023 17:16 WIB
Urgensi Pilkada Serentak
Selasa, 07 Februari 2023 12:12 WIB
Kesejahteraan Pekerja dan Martabat Bangsa
Minggu, 01 Oktober 2023 09:31 WIB
Masih Saktikah Pancasila?
Selasa, 07 November 2023 12:13 WIB
Membangun Manusia Desa
Jum'at, 03 November 2023 08:31 WIB
Pentingnya Mendidik Mentalitas
Senin, 17 April 2023 08:04 WIB
Memuliakan Malam Mulia
Jum'at, 19 Mei 2023 08:04 WIB
Modal Sosial Kebangkitan Nasional
Kamis, 21 September 2023 13:50 WIB
Riau Terhubung Tanda Beruntung
Minggu, 17 September 2023 12:06 WIB
Keselamatan Pasien Prioritas Utama
Kamis, 01 Juni 2023 09:30 WIB
Tameng Itu Bernama Pancasila
Sabtu, 08 Juli 2023 08:53 WIB
PPDB: Momen Membangun Mentalitas
Kamis, 05 Oktober 2023 09:47 WIB
Memutus Rantai Kerusakan Lingkungan
Rabu, 25 Oktober 2023 17:54 WIB
Estafet Perjuangan Kesehatan
Kamis, 23 Februari 2023 08:02 WIB
Investasi Paling Untung Itu SDM
Kamis, 28 September 2023 08:57 WIB
Maulid Nabi Dan Nilai Kepemimpinan
Minggu, 12 Februari 2023 19:23 WIB
Pers Dan Peran Mendidik Bangsa
Jum'at, 10 November 2023 15:27 WIB
Regenerasi Jiwa Kepahlawanan
Selasa, 14 November 2023 09:25 WIB
Hubungan Tradisional China-Rusia (Uni Soviet)
Kamis, 19 Oktober 2023 11:18 WIB
Cawe-Cawe Ala Feodalisme
Jum'at, 10 November 2023 10:12 WIB
Wajah Kota Masa Depan
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Jumat, 29 September 2023
Komisi II Usul Kementerian ATR/BPN dan KLHK Kolaborasi Selesaikan Redistribusi Tanah
Jumat, 29 September 2023
Setjen DPR Berikan Perhatian Terhadap Pensiunan Melalui P3S
Kamis, 28 September 2023
TikTok Shop Cs Dilarang, Ketua DPR Berharap Aturan Baru Ciptakan Keseimbangan Pasar Digital dan Konvensional
Kamis, 21 September 2023
Ancaman DBD Meningkat, Puan Dorong Sosialisasi Masif Tekan Risiko Kematian

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 07 November 2023
Riau Terima Penghargaan Bhumandala Award 2023
Senin, 12 Desember 2022
Kapolda Riau Resmikan Kantor Pelayanan Terpadu Polres Rohil di Bagansiapiapi
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'

CAKAPLAH TV lainnya ...
Jumat, 23 Februari 2024
Pasca Pemilu 2024, APDESI Rohul Ajak Masyarakat Pererat Silaturahmi
Kamis, 22 Februari 2024
HAM: Bukan Semaunya, Tapi Kebebasan yang Beretika
Kamis, 22 Februari 2024
Telkomsel Luncurkan Program Hadiah Lintas Batas Pertama di Dunia
Kamis, 22 Februari 2024
Pergeseran Kotak Suara dari PPK Bandar Sei Kijang ke KPU Pelalawan Dikawal Ketat Polisi dan TNI

Serantau lainnya ...
Kamis, 04 Januari 2024
FoodPedia Tanjung Datuk Berubah Menjadi "Aurora 86 Caffee and Resto", Suasana Nongkrong Jadi Lebih Seru!
Minggu, 17 Desember 2023
7 Fashion Item wanita populer Dari 9 to 12
Selasa, 12 Desember 2023
7 Tips Memilih Stroller Bayi yang Tepat, Beli Pakai Promo Year End Sale Blibli Biar Makin Hemat!
Jumat, 24 November 2023
Modena Luncurkan Purifier Hood Series, Gabungan Cooker Hood dan Air Purifier Pertama di Indonesia

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 02 Maret 2023
Wadah Menyalurkan Bakat, Ketua DPRD Riau Yulisman Hadiri Festival Musik Akustik di SMA Negeri 1 Pasir Penyu Inhu
Rabu, 01 Maret 2023
Rapat Paripurna, DPRD Provinsi Riau Umumkan Reses Masa Persidangan I Tahun 2023
Selasa, 28 Februari 2023
Kunjungi Kemendikbud, Komisi V DPRD Riau Bahas Persoalan PPDB
Kamis, 23 Februari 2023
Disdik Gelar Pelatihan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru SD Se-Kota Pekanbaru

Advertorial lainnya ...
Selasa, 20 Februari 2024
Samsung Hadirkan Galaxy S24 Series dengan Kecerdasan Software Canggih
Jumat, 09 Februari 2024
Apple Kembangkan 2 Prototipe iPhone Lipat Bergaya Flip
Kamis, 01 Februari 2024
Samsung Buka-bukaan Soal Keunggulan Exynos 2400 di Galaxy S24 dan S24+
Minggu, 28 Januari 2024
Bocoran Model Google Pixel 9 Beredar, Bentuk Mengotak seperti iPhone

Tekno dan Sains lainnya ...
Kamis, 22 Februari 2024
Pemula di Dunia Yoga? Inilah Panduan Cara Memilih Matras Yoga yang Tepat
Sabtu, 27 Januari 2024
Cegah Resistensi, Gunakan Obat Antibiotik dengan Bijak
Senin, 15 Januari 2024
14 Persiapan Penting Awal Kehamilan untuk Calon Ibunda dan Buah Hati
Minggu, 17 Desember 2023
Liburan Sekolah Makin Meriah, Ratusan Peserta Ikuti Khitanan Massal

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Kamis, 08 Februari 2024
STAI Imam Asy-Syafi'i Gandeng Lexie Edu Consultancy Tingkatkan Kemahiran Berkomunikasi Bahasa Inggris
Minggu, 28 Januari 2024
Sejalan dengan Program Unilak, Rektor Dukung Polri Buka Rekrutmen Penyandang Disabilitas
Selasa, 23 Januari 2024
Dukung Indonesia Emas 2024, Unilak Gelar LKBB Tingkat SMA se-Sumatra
Senin, 22 Januari 2024
Diikuti 1.412 Peserta, Pekan Raya Biologi 2024 Resmi Dibuka

Kampus lainnya ...
Rabu, 03 Mei 2023
Kompilasi Semarak Silaturahmi Satu HATI, CDN Bangkinang Santuni Anak Yatim
Rabu, 05 April 2023
Safari Ramadan, PT Musim Mas Salurkan Paket Sembako untuk Anak Yatim dan Fakir Miskin
Selasa, 04 April 2023
Telkomsel Siaga Rafi Sumbagteng Salurkan CSR untuk Panti Jompo bersama Dompet Dhuafa Riau
Jumat, 03 Maret 2023
Tingkatkan Kesehatan dan Budaya Lokal, Bank Mandiri Serahkan Bantuan ke Posyandu dan Grup Rebana

CSR lainnya ...

Iklan CAKAPLAH
Terpopuler
Foto
Jumat, 09 Februari 2024
Lika-liku 7 Perjalanan Asmara Ayu Ting Ting hingga Tunangan dengan Anggota TNI
Minggu, 28 Januari 2024
Huh Yunjin Bak Sehati Dengan Han So Hee Kala Cuma Pakai Dalaman Di Trailer LE SSERAFIM
Sabtu, 27 Januari 2024
Gigi Hadid dan Bradley Cooper Tak Sungkan Perlihatkan Kemesraan
Rabu, 24 Januari 2024
Park Ji-hyun Ungkap Persiapan Membinangi Drama Terbarunya

Selebriti lainnya ...
Senin, 28 Agustus 2023
Ketua DPRD Siak Ikut Gerakan Tanam Ribuan Bibit Pohon bersama Polri
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil

Parlementaria Siak lainnya ...
Senin, 14 Agustus 2023
Pengurus Masjid Nurul Ikhlas Kubang Minta Tunjuk Ajar ke Wagubri
Sabtu, 12 Agustus 2023
Gebyar Kandis Bersholawat Bakal Dihadiri Ribuan Jemaah NU
Senin, 31 Juli 2023
Mualaf Riau Butuh Pembinaan, Begini Caranya...
Sabtu, 29 Juli 2023
Mantan Wawako Pekanbaru, Ayat Cahyadi Turut Saksikan Pengukuhan Pengurus Masjid Al-Hamidah Rejosari

Religi lainnya ...
Indeks Berita
www www