Senin, 22 April 2024

Breaking News

  • Catatan Banjir Terparah, Bupati Zukri: Ini Harus jadi Perhatian Pemerintah Pusat   ●   
  • Jalan Sudirman Ujung Tergenang Banjir, PUPR Riau Turunkan Ekskavator Amfibi Bersihkan Parit   ●   
  • Akibat Galian IPAL, Jalan Ahmad Dahlan dan Balam Ujung Pekanbaru Ambruk   ●   
  • Berhasrat Ikut Pilgub Riau, Syamsurizal Incar Septina jadi Wakil
Kelmi April 2024

CAKAP RAKYAT:
Pemilu dan Fenomena Gangguan Jiwa
Sabtu, 02 Maret 2024 12:09 WIB
Pemilu dan Fenomena Gangguan Jiwa

(CAKAPLAH) - Antusiasme untuk menjadi wakil rakyat dan daerah tergambar dari data calon yang maju untuk DPR RI yaitu 9.917 orang dengan jumlah kursi yang tersedia hanya 580, DPD dari 668 calon memperebutkan 152 kursi. Sedangkan untuk tingkat provinsi para calon memperebutkan sebanyak 2.372 kursi, dan untuk Kabupaten/Kota sebanyak 17.510 kursi. Sementara banyaknya calon jumlahnya berkali lipat dari Kursi yang tersedia, sebagian besarnya sudah dipastikan gagal, sehingga sangat beresiko mengalami gangguan jiwa (mental disorder).

Fenomena Pilu di Pemilu

Bertarung di arena pemilu begitu menguras energi, dalam keadaan budaya politik elit dan masyarakat yang belum membaik membuat ongkosnya begitu besar. Tidak sedikit mereka yang berani menjual aset, menggadaikannya hingga meminjam uang untuk memperjuangkan keyakinan politiknya itu. Melihat tingginya harapan yang tidak seimbang dengan jatah kursi yang tersedia membuat beberapa rumah sakit memprediksi akan ada dampak kejiwaan bagi para calon nantinya sehingga butuh perawatan khusus pasca pemilu.

Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Prof Dr Ildrem Provinsi Sumatera Utara saat itu telah menambah ruang tempat tidur sebanyak 100 dari 300 yang sudah tersedia (Kompas/18/2/2024). Rumah Sakit Jiwa Tampan Provinsi Riau juga melakukan penguatan pada poli khusus untuk antisipasi kemungkinan adanya calon yang gagal dan mengalami depresi saat pemilihan pada 14 Februari mendatang (Riaupos/2/2024). Termasuk di beberapa rumah sakit lainnya  di Indonesia juga menyiapkan hal yang sama seperti yang kita baca di jendela media.

Dalam rangkuman penulis, banyak kisah pilu pasca pemilu 14 Februari 2024 lalu, seperti Depok Jawa Barat, sejumlah calon wakil rakyat mendatangi dokter untuk berkonsultasi terhadap gejala jiwa telah mereka alami karena gagal terpilih 14 Februari lalu. (Media Indonesia/21/2/2024). Kemudian sehari setelah pemilu, terhitung 40 calon mendaftarkan dirinya dibagian perawatan kejiwaan RSUD Tamansari, Jakarta Barat. (Harian Disway/19/2/2024).

Baru-baru ini beredar pula video seorang calon yang diduga stres akibat gagal dalam Pemilu. Saking stresnya, pria tersebut mengenakan setelan jas setiap hari seolah-olah sudah menjadi anggota dewan (www.tvOnenews.com?/27/2/2024). Ada lagi video yang beredar di media sosial yang diduga stres lantaran gagal dalam Pemilu meminta kembali uang yang telah ia berikan. Calon wakil rakyat di Kecamatan Sempu, menarik kembali bantuan paving block yang akan digunakan untuk pemavingan jalan kampung Dusun Panjen dan Sumberejo Banyuwangi Jawa Timur. (Kompas/19/2/2024)

Namun yang lebih pilu lagi adanya calon yang menyuruh sejumlah orang untuk membongkar kuburan warga. Peristiwa ini terjadi di Kelurahan Kabonga Besar, Kecamatan Banawa, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah. Dalam keterangan video disebutkan bahwa warga itu telah dimakamkan dua tahun lalu di tanah sang calon, namun lantaran keluarganya tak memilihnya, makamnya diminta untuk dipindahkan. (Tempo.co. 20/2/2024)

Beberapa fenomena ini pada umumnya disebabkan oleh gagal dan stres karena sudah menghabiskan uang saat berkampanye, mereka terlalu percaya diri menjadi pemenang namun ternyata bertolak belakang.

Mencari Penyebab

Dalam teori sosial kognitif, bahwa perilaku seseorang tergantung pada harapannya (expectancy) dari hasil yang telah ia usahakan. Dorongan untuk menjadi wakil rakyat dan daerah telah menawarkan berbagai harapan terutama soal perbaikan ekonomi dan tensi apresiasi di tengah masyarakat. Dan bukan rahasia lagi bahwa pendapatan menjadi Anggota DPR, DPD dan DPRD termasuk cukup tinggi dibanding dengan berbagai profesi lainnya. Ditambah dengan uang tunjangan, uang rapat, uang jalan maupun komisi-komisi lainnya, banyak yang tiba-tiba kaya dengan menjadi legislatif dan wakil rakyat, memiliki rumah mewah, mobil bermerk. Sisi lain secara sosial penghargaan terhadap mereka juga tinggi.

Harapan yang begitu besar ketika berhadapan dengan realitas yang bertolak belakang, tentu akan menguras energi psikologis dalam mengahadapi tekanan, hal ini yang memicu stress ditambah lagi oleh tekanan dari luar dan dalam. Dari dalam berupa harapan yang begitu besar namun tidak realistis, dan tekanan luar berupa tekanan lingkungan yang semakin besar oleh persaingan yang ketat dan sebagainya, hal ini yang menghantarkan pada tingkat stress, frustasi atau depresi. Ketika mengalami kecemasan berlebihan, rasa khawatir kehilangan, depresi dan stres makan inilah indikator dari seseorang telah mengalami gejala kejiwaan.

Meluruskan Niat

Hemat penulis gangguan jiwa yang dialami selain memang persoalan kejiwaan diri setiap orang, juga tidak bisa dilepaskan dari faktor motivasi (niat) awal ketika ia mencalonkan diri. Walaupun kadang secara lisan sering dipoles atas nama rakyat, tapi tidak jarang orientasi asli dominan semata hanya untuk membangun pundi ekonomi dan kekuasaan, dan semangat ini dirasakan lumrah oleh publik, makanya mereka siap secara habis-habisan dalam memperolehnya sehingga disaat tidak tercapai, jiwanya mengalami keguncangan yang luar biasa.

Dalam perspektif Islam, niat merupakan titik tolak dimana dan hendak kemana kita berangkat, niat yang mulia akan mendapat hasil dan balasan yang mulia pula, Tuhan sendiri menilai semua aktivitas manusia itu bertolak dari apa yang ia niatkan, kalau ia punya niat baik makan akan mendapat banyak ke baikan dan keselamatan, sebaliknya niat yang sempit akan dapat menjadi belenggu bagi diri dan masyarakat. Rasulullah bersabda: "Sesungguhnya semua perbuatan diawali dengan niat, setiap orang akan mendapatkan sesuatu berdasarkan niatnya" (HR. Bukhari Muslim)

Semestinya kita harus menyiapkan diri ketika mau bertarung diarena pemilu, setidaknya punya sikap siap menang siap kalah. Libatkan Tuhan dalam proses, luruskan niat, maksimalkan ikhtiar, agar jiwa tidak merasa hampa akan nilai-nilai perjuangan. Terlebih perjuangan diarena politik dan kekuasaan adalah posisi mulia untuk membangun kemaslahatan umat dan bangsa, maka selayaknya setiap insan meluruskan niat dan tidak memisahkan diri dari keterlibatan Tuhan di dalam proses itu, akan tetapi dalam perjuangan orang sering begitu percaya diri sehingga semata tertumpu pada kedigdayaan rasio dan materi yang terbatas, sehingga ketika berhadapan dengan realitas yang bertolak belakang dari harapan jiwanya mengalami kegoncangan. Semoga dalam setiap perjuangan kita senantiasa meluruskan niat agar tidak salah niat yang akan dapat memakan diri oleh ulah cara pikir sendiri.***

Penulis : Ahmad Tamimi, Pemerhati Sosial
Editor : Jef Syahrul
Kategori : Politik
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Jumat, 29 September 2023
Komisi II Usul Kementerian ATR/BPN dan KLHK Kolaborasi Selesaikan Redistribusi Tanah
Jumat, 29 September 2023
Setjen DPR Berikan Perhatian Terhadap Pensiunan Melalui P3S
Kamis, 28 September 2023
TikTok Shop Cs Dilarang, Ketua DPR Berharap Aturan Baru Ciptakan Keseimbangan Pasar Digital dan Konvensional
Kamis, 21 September 2023
Ancaman DBD Meningkat, Puan Dorong Sosialisasi Masif Tekan Risiko Kematian

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 07 November 2023
Riau Terima Penghargaan Bhumandala Award 2023
Senin, 12 Desember 2022
Kapolda Riau Resmikan Kantor Pelayanan Terpadu Polres Rohil di Bagansiapiapi
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'

CAKAPLAH TV lainnya ...
Senin, 22 April 2024
Pesan Bluebird Pakai WhatsApp, Kenapa Tidak?
Senin, 22 April 2024
Arus Mudik dan Balik Lebaran Aman, Enam Kapolres di Riau Diberi Penghargaan
Senin, 22 April 2024
Jemput Bola, Imigrasi Kelas II TPI Bagansiapiapi akan Berikan Layanan Eazy Passport di Panipahan
Senin, 22 April 2024
Terbanyak di Riau, MAN 2 Pekanbaru Utus 26 Siswa-siswi ke OSN Tingkat Riau 2024

Serantau lainnya ...
Minggu, 07 April 2024
Pererat Silaturahmi, Siwo PWI Riau Gelar Buka Bersama BJB dan PSSI
Kamis, 04 April 2024
5 Ide Resep Masakan Pakai Rice Cooker, Cocok untuk Anak Kos!
Kamis, 04 April 2024
Rekomendasi Fashion Wanita Zaman Sekarang
Jumat, 29 Maret 2024
Pengusaha Wanita di Riau Bagi-bagi Takjil Gratis kepada Pengguna Jalan

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 02 Maret 2023
Wadah Menyalurkan Bakat, Ketua DPRD Riau Yulisman Hadiri Festival Musik Akustik di SMA Negeri 1 Pasir Penyu Inhu
Rabu, 01 Maret 2023
Rapat Paripurna, DPRD Provinsi Riau Umumkan Reses Masa Persidangan I Tahun 2023
Selasa, 28 Februari 2023
Kunjungi Kemendikbud, Komisi V DPRD Riau Bahas Persoalan PPDB
Kamis, 23 Februari 2023
Disdik Gelar Pelatihan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru SD Se-Kota Pekanbaru

Advertorial lainnya ...
Sabtu, 20 April 2024
7 Keunggulan Samsung Galaxy S23 Ultra, Dapatkan di Blibli
Kamis, 29 Februari 2024
Telkomsel dan ZTE Wujudkan Pengalaman Gigabit yang Andal dan Efisien
Selasa, 20 Februari 2024
Samsung Hadirkan Galaxy S24 Series dengan Kecerdasan Software Canggih
Jumat, 09 Februari 2024
Apple Kembangkan 2 Prototipe iPhone Lipat Bergaya Flip

Tekno dan Sains lainnya ...
Kamis, 18 April 2024
Ini Dia Manfaat Merawat Gigi, Yuk, Kunjungi Klinik Gigi Terdekat Sekarang!
Kamis, 22 Februari 2024
Pemula di Dunia Yoga? Inilah Panduan Cara Memilih Matras Yoga yang Tepat
Sabtu, 27 Januari 2024
Cegah Resistensi, Gunakan Obat Antibiotik dengan Bijak
Senin, 15 Januari 2024
14 Persiapan Penting Awal Kehamilan untuk Calon Ibunda dan Buah Hati

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Sabtu, 06 April 2024
Rangkaian Ramadan Ceria Umri Berakhir, 5.000 Orang Terima Manfaat
Selasa, 26 Maret 2024
BPH UMRI Gelar Lomba Ibadah Praktis Sesuai Tuntunan HPT
Senin, 25 Maret 2024
Berhadiah Umrah dan Beasiswa, Umri Gelar Lomba Tahfidz Alquran
Kamis, 21 Maret 2024
UPT Promosi dan Penerimaan Mahasiswa Baru UMRI Taja Ifthor Jama’i

Kampus lainnya ...
Rabu, 03 Mei 2023
Kompilasi Semarak Silaturahmi Satu HATI, CDN Bangkinang Santuni Anak Yatim
Rabu, 05 April 2023
Safari Ramadan, PT Musim Mas Salurkan Paket Sembako untuk Anak Yatim dan Fakir Miskin
Selasa, 04 April 2023
Telkomsel Siaga Rafi Sumbagteng Salurkan CSR untuk Panti Jompo bersama Dompet Dhuafa Riau
Jumat, 03 Maret 2023
Tingkatkan Kesehatan dan Budaya Lokal, Bank Mandiri Serahkan Bantuan ke Posyandu dan Grup Rebana

CSR lainnya ...
Jumat, 09 Februari 2024
Lika-liku 7 Perjalanan Asmara Ayu Ting Ting hingga Tunangan dengan Anggota TNI
Minggu, 28 Januari 2024
Huh Yunjin Bak Sehati Dengan Han So Hee Kala Cuma Pakai Dalaman Di Trailer LE SSERAFIM
Sabtu, 27 Januari 2024
Gigi Hadid dan Bradley Cooper Tak Sungkan Perlihatkan Kemesraan
Rabu, 24 Januari 2024
Park Ji-hyun Ungkap Persiapan Membinangi Drama Terbarunya

Selebriti lainnya ...

Mutiara Merdeka Hotel - April 2024
Terpopuler
Iklan CAKAPLAH
Foto
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Senin, 14 Agustus 2023
Pengurus Masjid Nurul Ikhlas Kubang Minta Tunjuk Ajar ke Wagubri
Sabtu, 12 Agustus 2023
Gebyar Kandis Bersholawat Bakal Dihadiri Ribuan Jemaah NU
Senin, 31 Juli 2023
Mualaf Riau Butuh Pembinaan, Begini Caranya...
Sabtu, 29 Juli 2023
Mantan Wawako Pekanbaru, Ayat Cahyadi Turut Saksikan Pengukuhan Pengurus Masjid Al-Hamidah Rejosari

Religi lainnya ...
Rabu, 13 Maret 2024
Kepala BKPSDM Pekanbaru Harapkan Kinerja ASN Maksimal Selama Bulan Ramadan
Jumat, 08 Maret 2024
Pemko Pekanbaru Sudah Tetapkan Jam Kerja ASN Selama Ramadan 1445 H
Rabu, 28 Februari 2024
Pemko Pekanbaru Masih Tunggu Juknis Pusat Terkait Seleksi CPNS dan PPPK
Selasa, 27 Februari 2024
Kepala BKPSDM Dampingi Pj Walikota Terima Penghargaan Anugerah Kualitas Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Tahun 2023

Galeri Foto lainnya ...
Indeks Berita
www www