Minggu, 17 Februari 2019

Breaking News

  • Insiden Perusakan Baliho Demokrat, AHY Susul SBY ke Riau   ●   
  • Plt Gubri: Hari Pahlawan Momentum Menebar Rasa Cinta Tanah Air   ●   
  • Hari Ini Riau Masih Berpotensi Diguyur Hujan   ●   
  • Walikota Terbitkan SE Moratorium PNS Pindah Masuk ke Pemko Pekanbaru   ●   
  • Waspadai HIV/AIDS dan LGBT, Disdik Minta Guru dan Orang Tua Awasi Anak Didik   ●   
  • Selundupkan Sabu-sabu dari Malaysia, Warga Asal Aceh Diciduk KPPBC Dumai   ●   
  • Tak Bayar Pajak, Bapenda Segel Tiang Reklame di Pekanbaru   ●   
  • Pemkab Bengkalis Galang Dana Rp263 Juta untuk Korban Bencana di Sulteng   ●   
  • PAN Riau Sayangkan DPRD Kuansing Lambat Memproses PAW Andi Nurbay   ●   
  • BPBD Riau Kirim Kantong Mayat dan Bantuan Logistik ke Daerah Siaga Darurat Banjir
Muhibbah
Polling
polling presiden 2019 Siapakah Pasangan Capres dan Cawapres 2019 Pilihan Anda?


Kampar di Bawah Kepemimpinan Aziz Zaenal-Catur Sugeng Susato
Membangun Kampar Dengan 3i
Selasa, 23 Mei 2017 15:38 WIB
Membangun Kampar Dengan 3i
Bupati Kampar Aziz Zaenal dan Wakil Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto

“KITA sudah mendengar nama Pak Azis, Pak Azis orangnya agamis. Kalau Bapak setuju, kami ingin membangun pabrik (percetakan) Al-Quran di Kampar. Kami butuh lahan sekitar 25 hektar,” kata warga Arab Saudi yang nampak serius mengutarakan keinginannya, Rabu pekan lalu kepada Bupati Kampar, Azis Zaenal.

Kemudian, Azis Zaenal membalasnya tak kalah serius. ”Jangankan 25 hektar, 100 hektar akan saya siapkan,” ujar lelaki 67 tahun ini semangat.

Wajah mantan Ketua Komisi C DPRD Riau ini sumringah begitu mendengar bahwa warga Arab tersebut berencana membangun pabrik Al-Quran terbesar kedua di dunia setelah Majma‘ Malik Fahd Li Thibaah Mushaf Syarif di Kota Madinah.

Tak hanya Al-Quran biasa, versi Braille untuk tuna netra pun akan dicetak di pabrik yang bakal menyedot investasi sekitar Rp1 triliun itu. ”Mereka sudah siapkan duit Rp25 miliar untuk pembelian lahan,” cerita Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Riau ini.

Tadinya, kata mantan Direktur Operasional di PT Wijaya Karya lntrade Jakarta ini, investor Arab Saudi itu datang ke Riau untuk berinvestasi di daerah lain. Namun, ia justru tertarik berinvestasi di Kabupaten Kampar. Salah satu alasannya adalah kondisi geografis, wilayah Kabupaten Kampar strategis, dekat kemana-mana.

Misalnya, dari Bandara Sultan Syarif Kasim ll Pekanbaru, hanya ditempuh 15-20 menit. Jika ingin mengirim logistik via kapal ke Pelabuhan Dumai, hanya butuh waktu tiga jam, persis jarak Karawang-Tanjung Priok. Jarak ini akan lebih pendek lagi jika jalan tol Pekanbarui - Dumai sudah rampung.

Agar rencana pembangunan lima tahun ke depan lebih terarah dan para investor juga lebih mudah datang, kata pemilik slogan 'Kerja dan Kerja Kampar Maju' ini sudah membagi kabupaten seluas 10.983  KM2 dengan penduduk 800 ribuan jiwa itu menjadi empat zona.

Empat zona tersebut antara lain: Pertama Kawasan Tapung Raya yang diproyeksi menjadi kawasan industri hilir berbahan baku kelapa sawit. Crude Palm Oil (CPO) yang selama ini langsung dikirim keluar, nanti akan diolah di Tapung Raya menjadi ragam turunan. Mulai dari mentega, minyak goreng dan produk lain, bakal dibikin di sini.

Zona kedua, Xlll Koto Kampar dan Serantau Kampar Kiri yang menjadi kawasan pariwisata dan industri pengalengan ikan. Sebab di sana ada objek wisata alam dan air terjun dan kawasan PLTA Koto Panjang yang setiap hari menghasilkan ratusan ton ikan. Letaknya yang berada di jalur lintas Sumatera Barat - Riau dan lintas Barat Sumatera membuat kawasan ini semakin menggiurkan.

Zona ketiga, Kecamatan Tambang, kawasan ini akan menjadi kawasan industri layaknya Kawasan Industri Makassar (KIMA). “Kontur tanah di Rimbo Panjang itu datar. Makanya di sana sangat cocok dibangun Kawasan lndustri Kampar (KIK). Kita sudah punya lahan di sana dan itu akan kita perluas lagi,"ayah empat anak ini merinci.

Bagi pendiri Virajaya Grup ini, industri adalah sektor yang mampu menyerap manpower secara massal. Multiplayer effect yang ditimbulkan oleh industri juga luar biasa. Para pelaku ekonomi baru akan bermunculan. Ini akan menjadi sumber pendapatan baru bagi daerah.

Azis mencontohkan pada rencana pembangunan pabrik Al-Quran tadi. “Secara manpower kita sangat diuntungkan. Ribuan tenaga kerja akan terserap. Secara religi, kita bakal mendapat berkah dari Allah. Dan yang teramat penting lagi bahwa Kampar ‘Negeri Serambi Mekkah’, punya pabrik Al-Quran,” semangat Azis mengurai.

Sektor pertanian juga sudah harus berbasis teknologi. “Petani di Jawa saja sudah menghasilkan 12 ton gabah per hektar per tahun. Masa kita masih 1,7 ton? Dapat apa petani dengan hasil segitu? Boro-boro untung, balik modal saja enggak," katanya.


Di kawasan Siak Hulu, ada gas yang bisa disedot hingga 3 juta kaki kubik per hari. Kalau dijadikan bahan bakar pembangkit listrik, gas sebanyak ini akan bisa memutar mesin berkekuatan 12 Mega Watt (MW). "Saya sudah komunikasi dengan Kalila untuk pengelolaan gas ini,” katanya.

Aziz Zaenal dan Catur Sugeng Susanto dilantik jadi Bupati dan Wakil Bupati Kampar oleh Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman

Selanjutnya, Kota Bangkinang akan menjadi kawasan pendidikan dan keagamaan. Jika pabrik Al-Quran tadi sudah berjalan, Azis ingin melengkapinya dengan membangun menara Al-Quran di Bangkinang. Komplek Islamic Center yang berdiri di pusat kota, juga akan dibenahi agar orang yang datang lebih merasa nyaman. Nantinya, komplek ini akan diurus secara profesional.

”Selama ini komplek itu hanya jadi persinggahan, bukan destinasi. Nah ke depan, saya ingin Bangkinang jadi destinasi orang-orang yang datang dari arah Sumbar maupun Pekanbaru. Kawasan wisata Stanum yang menyimpan sejarah zaman Jepang itu juga akan kita benahi,” ujarnya.

Penjelasan panjang lebar tadi menjadi satu dari sederet alasan Azis kenapa program kerja yang akan digenjot hingga lima tahun mendatang adalah 3i (lnfrastruktur, Industri dan lnvestasi). Dia yakin program ini akan membawa Kampar maju lebih pesat. “Infrastruktur kita siapkan, industri kita kembangkan dan investor kita cari. Ketiganya ini menghasilkan multiplayer effect yang sangat luar biasa," katanya.

”Yang diinginkan oleh investor cuma dua; aman dan untung. Daerah kita sangat strategis, dekat ke mana-mana, beda dengan daerah lain yang ke mana-mana jauh. Potensi Kampar juga luar biasa. Harga lahan masih murah, manpower juga begitu. Jadi tidak ada sebenarnya alasan bagi investor untuk tidak tertarik datang ke Kampar,” kata Azis optimistis.

Agar investor makin kepincut, kata Azis, investor harus merasakan kenyamanan. "Kita memfasilitasi listrik, air dan sarana jalan. Industri akan terus tumbuh di Kampar jika kita menyambutnya dengan senang hati. Untuk itulah mindset itu diubah. Saya yakin, dengan kelebihan yang kita punya, investor akan berbondong-bondong datang ke sini. Tapi kalau investornya sudah dibajak duluan, dimintai saham, dimintai duit, pasti kaburlah semua,” ujarAzis.

Agar misi besar ini jalan dengan lancar, Azis bergegas membenahi internal pemerintahannya. Bagi dia, perubahan mindset staf hingga pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sangat penting. Mental menunggu harus beralih jemput bola.

Kebiasaan menganggap bekerja adalah kewajiban, harus berubah menjadi kebutuhan.
Oleh sebab itulah, Azis membutuhkan para pimpinan OPD yang inovatif dan professional. Pimpinan OPD yang mampu menggali sumber pendapatan baru untuk mengisi pundi-pundi daerah, efektif menggunakan anggaran, tidak bermental KKN dan piawai ‘jualan’ program kerja ke pemerintah pusat.

Perubahan mindset tadi, kata Azis, tidak hanya pada urusan kinerja, tapi juga perilaku terhadap masyarakat, agar masyarakat merasakan mempunyai pemimpin dan memiliki pengayom. "Saya akan tata sistem birokrasi agar lebih andal dan professional. Aparatur Sipil Negara (ASN) enggak boleh numpuk di kota, harus menyebar ke desa, agar orang kampung terurus juga,” katanya.

Lagi-lagi Azis sangat berharap kepada semua pegawainya untuk bekerja serius, dengan hati. “Jangan pernah berfikir nyogok demi jabatan. Kelakuan semacam ini akan merusak. Sebab yang nyogok pasti akan kepikiran terus gimana caranya balik modal. Kalau sudah begini, kapan lagi akan kerja bener? Bekerjalah sepenuh hati. Saya akan sangat objektif menilai. Yang berprestasi pasti akan kebagian reward. Ltu janji saya,” katanya.

Azis juga minta semua personil kompak. Kekompakan yang bakal dia contohkan bersama wakilnya Catur Sugeng Susanto. Bagi Azis, Catur tak sekadar wakil, tapi juga saudara sekaligus adik. “Kuncinya komunikasi dan saling mengingatkan. Kami akan selalu bekerja sesuai jobdesk,”ujarnya.

Sebagai pemimpin dan bapak bagi masyarakat Kampar, Azis sadar bahwa dia punya banyak kekurangan. Lantaran itu dia akan terus belajar, mendengar dan meminta masukan para tokoh, alim ulama dan cerdik pandai. Maklum, selama ini dia dan istrinya, Nur'aini terbiasa di dunia bisnis.

Sebagai ketua Tim Penggerak PKK, satu saja yang dia minta kepada istrinya: Jadilah lbu bagi semua warga Kampar. Azis yakin istrinya mampu untuk itu. Sebab dia tahu bahwa Nur'aini adalah sosok yang sederhana.

”Dia pasti akan banyak belajar, mendengar dan meminta masukan. Dulu hidup kami sangat susah, pengalaman inilah yang membikin kami sadar bahwa hidup tak boleh sombong. Toh enggak ada yang mesti disombongkan. Semua akan tinggal saat kain kafan membalut tubuh kita," tenang suara Azis berucap.

Bulan ini menjadi bulan pertama bagi Azis Zaenal menahkodai daerah dengan 21 kecamatan dan 250 desa/kelurahan itu. Daerah yang di Utara berbatasan dengan Pekanbaru-Siak, di Selatan berbatas dengan Kuantan Singingi, Barat dengan provinsi Sumatera Barat dan Rokan Hulu serta di Timur berbatasan dengan Pelalawan-Siak.
Di pundak Azis bergantung banyak harapan. Beragam harapan dari masyarakat yang ingin melihat fajar lebih cerah di tanah barokah berjuluk 'Serambi Mekkah'.

Editor : Ali
Sumber : Gatra
Kategori : Kabupaten Kampar, Pemerintahan
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Polling
Siapakah Pasangan Capres dan Cawapres 2019 Pilihan Anda?

Berita Lainnya
Senin, 04 Februari 2019 12:20 WIB
Impor Riau Turun 23,18 Persen
Jum'at, 08 Februari 2019 11:04 WIB
Hari Ini Riau Masih Berpotensi Diguyur Hujan
Jum'at, 08 Februari 2019 05:40 WIB
Drama 4 Gol, Valencia Gagalkan Kemenangan Betis
Minggu, 17 Februari 2019 07:16 WIB
Fakta-fakta Tergelincirnya Lion Air di Pontianak
Sabtu, 16 Februari 2019 21:47 WIB
Kunjungan Pangeran Saudi ke Indonesia Ditunda
0 Komentar
Berita Pilihan
Selasa, 12 Februari 2019
Warga yang Punya KTP Setelah Penetapan DPT akan Masuk Pemilih Khusus
Selasa, 12 Februari 2019
Polri Apresiasi BEM UIR Ciptakan Pemilu Damai dan Anti Hoax
Senin, 11 Februari 2019
Cemarkan Nama Baik Bupati Bengkalis, Toro Divonis 1 Tahun Penjara
Senin, 11 Februari 2019
Jaringan Listrik Terganggu saat Hujan Deras, Ranting Patah Penyebabnya
Senin, 11 Februari 2019
Salman, Siswa Korban Tertimpa Pagar Sekolah Kini Telah Siuman
Senin, 11 Februari 2019
Polisi Akhirnya Tahan Kades Pedekik, Bengkalis
Senin, 11 Februari 2019
Mendagri Sebut Gubernur Riau Terpilih Dilantik 20 Februari
AMSI
Topik
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan
Minggu, 06 Januari 2019
Alam Mayang, Liburan Tak Mesti Keluar Kota

CAKAPLAH TV lainnya ...
Minggu, 17 Februari 2019
TNI AD akan Rekrut 15 Ribuan Pemuda-Pemudi Terbaik Bangsa
Sabtu, 16 Februari 2019
Areal Kerja PT CSS DiAtur KLHK RI
Jumat, 15 Februari 2019
Lantik Dua Pengurus Anak Cabang, Ini Pesan Ketua MPC Pemuda Pancasila Pekanbaru
Jumat, 15 Februari 2019
Firdaus: Anggaran PMBRW Tahun Ini Meningkat

Serantau lainnya ...
Selasa, 12 Februari 2019
Tiga Alasan Mengapa Ibu Usai Persalinan Tidak Perlu Menerima Tamu
Rabu, 26 Desember 2018
Optimisme Para Perempuan Bekerja, Berpikir Mampu dan Tidak Membatasi Diri
Kamis, 06 Desember 2018
Usai Dapatkan 10 Bus dari Kemenhub, Ayat Ajak Masyarakat Naik Bus TMP
Rabu, 05 Desember 2018
Bupati Mursini Hadiri Rapurna TMMD TA 2018 di Mabes TNI Cilangkap

Gaya Hidup lainnya ...
Jumat, 15 Februari 2019
Peringati HUT Kabupaten Kampar-69, DPRD Gelar Rapat Paripurna Istimewa
Kamis, 14 Februari 2019
Pokok-pokok Pikiran Dewan Tahun 2019 Diparipurnakan, Ini Isinya
Selasa, 12 Februari 2019
Sebelum Dilantik jadi Gubernur, Syamsuar Pamitan di 14 Kecamatan se Kabupaten Siak
Selasa, 11 Desember 2018
Bupati Bengkalis Terima Penghargaan dari Kemenkumham

Advertorial lainnya ...
Kamis, 14 Februari 2019
WhatsApp Siapkan Fitur Baru Untuk Mengatur Undangan Grup
Sabtu, 29 Desember 2018
Pembaruan Bikin Jengkel Pengguna, Instagram Minta Maaf
Kamis, 27 Desember 2018
Pentingnya OPD Pemerintah Menggunakan ISP Berizin, Bila Tak Ingin Terkena Pidana
Sabtu, 01 Desember 2018
Telkomsel Solusi Digitalisasi Bisnis dan Digital Security Perum Peruri

Tekno dan Sains lainnya ...
Sabtu, 10 November 2018
Jerawat Tumbuh di Miss V Kamu? Jangan Dipencet, Bahaya!
Selasa, 06 November 2018
Lakukan 3 Hal Ini Agar Ruang Tidur Bebas dari Penyakit
Jumat, 26 Oktober 2018
Jurnalis dan Dokter Rentan Alami Saraf Terjepit
Senin, 01 Oktober 2018
Sering Salah, Begini Cara Penanganan Gigitan Ular yang Tepat

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Kamis, 14 Februari 2019
Mahasiswa FMIPA UNRI Belajar Industri Ke PT RAPP
Rabu, 30 Januari 2019
Lahirkan Generasi PASTI, PCR Hadirkan Bunda Romi di Seminar Guru BK
Sabtu, 26 Januari 2019
Lulusan UIR Diimbau Selalu Gunakan Ilmu Padi
Kamis, 24 Januari 2019
Rektor UIR Apresiasi Diskusi Publik KPK

Kampus lainnya ...
Polling
polling presiden 2019 Siapakah Pasangan Capres dan Cawapres 2019 Pilihan Anda?


ACT
Terpopuler
IKLAN IMLEK RAPP
Foto
DPM-PTSP HUT CAKAPLAH
Pentas Lumba-lumba
Rabu, 13 Februari 2019
Menjalin Silaturahmi dengan EVP RAPP
Kamis, 31 Januari 2019
PHE Siak Siap Lakukan Pengeboran Eksplorasi Kotalama
Selasa, 29 Januari 2019
PGN Gagas Gelar Bakti Sosial dan Donor Darah
Senin, 21 Januari 2019
Bantuan Banjir untuk Kampar Kiri dan Kampar Kiri Hulu Disalurkan

CSR lainnya ...
Selasa, 12 Februari 2019
Mulan Jameela Akan Dampingi Dhani Jalani Sidang Kedua
Sabtu, 05 Januari 2019
Promo Produk Pelangsing, Kim Kardashian Malah Diserang Fans
Minggu, 09 Desember 2018
Audi Marissa Batasi Endorse
Sabtu, 08 Desember 2018
Vanessa Ponce de Leon Jadi Juara Miss World 2018

Selebriti lainnya ...
Selasa, 12 Februari 2019
Bimbang Menentukan Pilihan, Baca Doa Ini
Jumat, 23 November 2018
Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Riau Kompleks Berlangsung Semarak
Selasa, 06 November 2018
Keindahan Islam Menginspirasi Desainer Jepang Rancang Hijab
Jumat, 21 September 2018
Ustaz, Kyai: Sebutan di Persia, Pakistan, dan Indonesia

Religi lainnya ...
Indeks Berita
www www