Sabtu, 21 Juli 2018

Breaking News

  • Hari Ini 12 Hotspot Terdeteksi di Sumatra   ●   
  • UU Antiterorisme Yang Baru Polri Bisa Langsung Tangkap Tamatan ISIS   ●   
  • LAM Riau Minta Presiden Jokowi Ganti Menteri Agama   ●   
  • BRG Safari Ramadan ke Universitas Riau   ●   
  • RRI Pekanbaru dan Baznas Salurkan Bantuan untuk 30 Keluarga Mustahik   ●   
  • Polres Kampar Siap Amankan dan Lancarkan Arus Mudik dan Arus Balik Lebaran   ●   
  • Diskes Pekanbaru Siapkan Personel di Posko Mudik Lebaran   ●   
  • Dishub Pasangan Spanduk Imbauan Keselamatan Mudik di Ruas Jalan Provinsi   ●   
  • Plt Walikota Instruksikan ke Camat dan Lurah Dukung Pihak Kepolisian   ●   
  • Kasus Politik Uang, Nur Azmi dan Ajudan Divonis Bebas
Muhibbah

Lecehkan Wartawan, Kapolri Didesak Tindak Tegas Kapolres Waykanan
Selasa, 29 Agustus 2017 06:09 WIB
Lecehkan Wartawan, Kapolri Didesak Tindak Tegas Kapolres Waykanan
Ilustrasi/Int
(CAKAPLAH) - Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Tito Karnavian didesak segera memberikan tindakan dan sanksi tegas kepada para anak buahnya yang bertindak kelewat batas dengan melecehkan para pekerja pers dan media.


Salah seorang Jurubicara Paguyuban Persahabatan Jurnalis Indonesia (PPJI) Jhon Roy P Siregar menyampaikan, pelecehan terhadap profesi wartawan yang dilakukan oleh Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Waykanan, Bandar Lampung, AKBP Budi Asrul Kurniawan terhadap wartawan Radar Lampung (Jawa Pos Grup) tidak boleh didiamkan begitu saja.
 
"Sudah terlalu sering oknum aparat Kepolisian diberbagai daerah melakukan pelecehan terhadap pekerjaan wartawan, bukan hanya pelecehan, tindak kekerasan juga dialami para jurnalis. Sedangkan kepada jurnalis saja pun mereka melakukan pelecehan dan kekerasan, bagaimana pula dengan masyarakat biasa, para petani, buruh, nelayan dan masyarakat kecil lainnya? Ini tidak boleh didiamkan. Pak Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian harus menindak tegas dan memberikan sanksi yang tegas kepada oknum aparatnya yang begitu,” tutur Jhon Roy P Siregar, di Jakarta.
 
Pria yang berprofesi sebagai wartawan nasional di Jakarta itu pun mengatakan, selain harus melakukan permintaan maaf, Kapolres Waykanan itu juga harus diproses Propam Mabes Polri. Dia mengingatkan, selama ini Kapolri Jenderal Tito Karnavian selalu membangun kampanye untuk melakukan reformasi di tubuh korps Bhayangkara itu, terutama terhadap personil kepolisian yang tidak bermutu.
 
"Ini sama saja dia (Kapolres Waykanan) meludahi wajah pimpinannya sendiri yaitu wajah Pak Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian. Harus bertindak tegas dong. Jangan seenaknya bertindak sesuka hati mentang-mentang pakai dinas polisi. Lihat tuh banyak proses hukum yang mandeg di tangan polisi. Itu akibat kinerja oknum polisi yang tidak beres kok,” tutur Jhon.
 
Wakil Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Federasi Media, Informatika dan Grafika Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (DPP FMIG) itu pun berharap, kejadian seperti itu tidak terulang lagi kepada wartawan, atau kepada pihak manapun di Republik Indonesia.
 
"Polisi itu aparatur penegak hukum, harusnya pro rakyatnya, dan melindungi masyarakatnya. Sesalah apapun warga, jangan malah dilecehkan seenaknya. Harus diusut tuh Kapolres,” tutur Jhon.
 
Sebelumnya, Kapolres Waykanan AKBP Budi Asrul Kurniawan beraksi kelewat batas terhadap wartawan. Ketika jurnalis hendak mengabadikan sebuah cekcok yang nyaris berujung chaos, dia malah melarang sang pewarta untuk mengabadikan peristiwa tersebut.
 
Perwira menengah itu malah menghina profesi wartawan dan mendiskreditkan media cetak di Lampung. Di hadapan dua wartawan, Budi menyamakan profesi jurnalis dengan kotoran hewan.
 
Bukan itu saja, dia juga menyatakan koran di Lampung tidak ada yang membaca. Penghinaan tersebut dia lontarkan saat penertiban massa pro dan kontra batu bara yang hampir terlibat chaos di Kampung Negeribaru, Blambangan Umpu, Waykanan, sekitar pukul 02.30 WIB pada Minggu (27/8/2017).
 
Berdasar informasi yang dihimpun, hampir terjadi chaos antara massa yang pro dan kontra angkutan batu bara di Kampung Negeribaru. Saat itulah Kapolres Waykanan dan anggotanya datang untuk menenangkan situasi. Pada saat bersamaan, dua wartawan elektronik bermaksud mengabadikan peristiwa tersebut dengan kamera dan perekam mereka.
 
Melihat hal itu, Budi langsung melarang awak media melaksanakan tugasnya meliput peristiwa tersebut. Dia beralasan trauma dengan kejadian di Tulungbuyut, Gununglabuhan. Sebab, rekamannya yang berbicara di depan khalayak kala itu diunggah ke media sosial sehingga mendapatkan beragam tanggapan dari netizen.
 
Di dalam rekaman dan media sosial yang beredar, AKBP Budi Asrul Kurniawan berkata saat ini orang lebih suka menonton televisi. "Sekarang orang nonton HBO, bokep. Ngapain nonton berita," ujar Budi. Bahkan menantang wartawan lainnya untuk menantangnya. Dia siap diserang.
 
Secara terpisah, saat dimintai konfirmasi oleh Radar Lampung (Jawa Pos Group), Sekretaris Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Lampung Jefri Ardi dengan tegas meminta Kapolres Waykanan segera meminta maaf secara terbuka kepada dua jurnalis tersebut. IJTI Lampung mengancam membawa masalah itu kepada Kapolda Lampung atau Kapolri jika Budi Asrul Kuniawan tidak menanggapinya.
 
Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kadivpropam Mabes Polri), Brigjen Martuani Siregar Sormin mengatakan bahwa pihaknya akan segera memroses Kapolres Waykanan, Bandar Lampung, AKBP Budi Asrul Kurniawan atas pelecehan yang dilakukannya terhadap wartawan.
 
"Kami akan periksa yang bersangkutan untuk pelanggaran kode etiknya, yaitu ucapan yang tidak pantas. Kita akan segera periksa yang bersangkutan mengenai ucapannya di depan publik yang terkesan melecehkan profesi, dan tidak patut terhadap rekan-rekan media,” tutur Brigjen Pol Martuani Siregar Sormin, ketika dikonfirmasi.
 
Brigjen Pol Martuani Siregar Sormin juga berjanji akan melakukan proses secepatnya. “Ya kita baru dapat beritanya dan segera diproses,” ujarnya.
 
Beberapa jam berikutnya, Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kadivpropam Mabes Polri), Brigjen Martuani Siregar Sormin menyampaikan, bahwa pada hari Minggu tanggal 27 Agustus 2017 sekira pukul 02.30 Wib bertempat di Kampung Negeri Baru Kecamatan Blambangan Umpu, Kabupaten Way Kanan, Kapolres Way Kanan Polda Lampung AKBP Budi Asrul Kurniawan telah memberikan statment yang dianggap telah menghina wartawan dan koran Lampung dengan bahasa wartawan satu jelek semua jelek, koran lampung kelas cacingan, sekarang orang ga baca koran....bangun tidur baca whatsaap.
 
"Tindak lanjut yang dilakukan, pada hari Senin tanggal 28 Agustus 2017 sekira pukul 10.00 Wib, Kapolres Way Kanan telah datang ke kantor Ikatan Jurnalis TV Indonesia (IJTI) di Way Kanan dengan tujuan untuk klarifikasi dan penyampaian permohonan maaf,” tutur Birgjen Pol Martuani.
 
Dia menyampaikan, pertemuan itu juga dihadiri oleh 2 (dua) orang wartawan yang pada saat kejadian ada di lokasi yaitu Dedy Tornado (Wartawan Radar TV) dan Dian Firasta Wartawan Online Tabikpun.com.
 
"Kapolres atasnama pribadi dan institusi memohon maaf atas pernyataan yang telah disampaikan dan siap menerima kalau seandainya akan ada tuntutan hukum kepada Kapolres Way Kanan,” ujarnya.
 
Setelah pertemuan tersebut, lanjut Martuani, semua pihak saling memaafkan dan akan menjadi pelajaran untuk kerjasama selanjutnya dan pihak wartawan menerima permohonan maaf Kapolres Way Kanan.
 
"Terhadap Kapolres Way Kanan telah dilakukan oleh Kabid Propam Polda Lampung, pemanggilan terkait dengan permasalahan tersebut dan apabila ditemukan pelanggaran disiplin dan atau kode etik akan dilakukan proses sesuai ketentuan yang berlaku,” ujarnya.
 
Bahkan, lanjut Martuani, Kapolda Lampung telah melaksanakan press release kepada para jurnalis dan masyarakat untuk memohon maaf terkait permasalahan tersebut.
Editor : Ali
Sumber : RMOL.co
Kategori : Nasional
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Lainnya
0 Komentar
Berita Pilihan
Kamis, 19 Juli 2018
TGB Soal Hubungannya dengan Ustaz Somad Usai Dukung Jokowi
Kamis, 19 Juli 2018
Rizal Ramli: Tinggalkan IMF Dan Bank Dunia Agar Ekonomi Tumbuh Pesat
Kamis, 19 Juli 2018
Maradona: Dalam Lubuk Hatiku, Aku adalah Rakyat Palestina
Kamis, 19 Juli 2018
Kapal Perang Rusia Ditemukan, Angkut Harta Karun Ribuan Triliun
Kamis, 19 Juli 2018
Sirkuit Sachsenring Tetap Masuk Kalender MotoGP 2019
Kamis, 19 Juli 2018
Belum Harmonis dengan Rossi, Marquez: Saya Sudah Minta Maaf
Kamis, 19 Juli 2018
Usai Piala Dunia, Kenapa Harga Ronaldo Anjlok dan Messi Naik?
Kamis, 19 Juli 2018
Wow...! Liverpool Jadikan Pemain 25 Tahun Ini Kiper Termahal Sejagat
Rabu, 18 Juli 2018
KPK Tetapkan Bupati Labuhanbatu Sebagai Tersangka
Rabu, 18 Juli 2018
Eks Sekjen Kemendagri Akui Proyek Pembangunan Gedung IPDN Bermasalah
Rabu, 18 Juli 2018
Hutama Karya Resmi Garap Tol Pekanbaru-Padang
Rabu, 18 Juli 2018
Ditanya Banyak Jalan Rusak, Ini Jawaban Walikota Pekanbaru
Rabu, 18 Juli 2018
Kapitra Ampera Ajukan Syarat Jadi Caleg, Ini Kata PDIP
Rabu, 18 Juli 2018
Bunga Hias Banyak yang Mati, Ini Respon Dinas PU Pekanbaru
Rabu, 18 Juli 2018
Lusa, Pembangunan Masjid Raya Riau Teken Kontrak
Rabu, 18 Juli 2018
DPRD Terus Sisir Kegiatan OPD yang Akan Dirasionalisasi
Rabu, 18 Juli 2018
DLHK: Rasionalisasi Anggaran Penyebab Pemko Pekanbaru Gagal Bangun TPS
Rabu, 18 Juli 2018
Dadang: Progres Pembangunan Dua Flyover di Pekanbaru Over Target
Rabu, 18 Juli 2018
Persoalan Tim Transisi Gubernur Terpilih, DPRD Riau: Jangan Ada Ego Sentris
Rabu, 18 Juli 2018
Rumahnya Terbakar, Pengusaha Rumah Makan Mengaku Rugi Miliaran Rupiah
Rabu, 18 Juli 2018
Polemik Tim Transisi, Pengamat: Gubernur Terpilih tak Bisa Memaksa Kehendak
Rabu, 18 Juli 2018
1.773 Pelajar SMA/SMK se Riau Ikuti UN Perbaikan
Rabu, 18 Juli 2018
Soal Keinginan Tim Transisi Ikut Susun RKPD, Andi Tunggu Hasil Konsultasi dengan Mendagri
Senin, 09 Juli 2018
Pemprov Riau Terima Surat Kemenag, Isinya Buat Wagubri Sakit Hati
Senin, 09 Juli 2018
Ditanya Soal Tunggakan PJU, Ini Kata Walikota Firdaus
Senin, 09 Juli 2018
Status Makin tak Jelas, Puluhan Tenaga RTK di Kampar Kembali Unjukrasa
Senin, 09 Juli 2018
Soal Pelantikan Syamsuar-Edy, Pemprov Riau Tunggu Jadwal Kemendagri
Senin, 09 Juli 2018
Dikabarkan 'Nyaleg', Ini Kata Gubernur Andi Rachman
Senin, 09 Juli 2018
24 Atlet Asal Riau Perkuat Indonesia di Asian Games 2018
Senin, 09 Juli 2018
Partisipasi Pemilih Hanya 59,25 Persen, DPRD Riau Akan Evaluasi Anggaran Pilgub
Senin, 09 Juli 2018
PLN Kembali Lakukan Pemadaman Bergilir, Ini Jadwal dan Lokasinya
Senin, 09 Juli 2018
Rombongan Mahasiswa Bule Takjub Melihat Parade Tari Daerah Riau
Senin, 09 Juli 2018
Gubernur Riau Andi Rachman Terharu Ribuan ASN Beri Kejutan Ulang Tahun Usai Apel
Senin, 09 Juli 2018
Awal Pekan, Harga Cabai Merah dan Hijau Naik di Pekanbaru
Sabtu, 07 Juli 2018
Astaghfirullaah... Baliho Umbar Dada Wanita Terpampang Bebas di Kota Madani
Jumat, 06 Juli 2018
Pengembangan Kawasan Industri Tenayan Masih Menunggu Proses Administrasi
Jumat, 06 Juli 2018
Alasan Keamanan dan Pilpres, Porwanas XIII di Papua Diundur Tahun 2020
Jumat, 06 Juli 2018
Kecewa Enam Elemen Akses Dana Yayasan Belantara, Kaliptra Mundur dari Jikalahari
Jumat, 06 Juli 2018
Amril Ingatkan Warga Hati-hati dengan Informasi Hoax Penerimaan CPNS
Jumat, 06 Juli 2018
Menang Sengketa Informasi Publik, Dendi akan Laporkan KPU dan Bawaslu Riau ke DKPP
Jumat, 06 Juli 2018
Firdaus: Bus TMP akan Kembali Dikelola Perusahaan Daerah
AMSI
Topik
Selebriti Selebriti
Kamis, 19 Juli 2018
OMG! Satu Koleksi Tas Prilly Latuconsina Bisa Buat Pergi Umrah
Rabu, 18 Juli 2018
Dinar Candy Kapok Buka Baju di Jalan
Selasa, 17 Juli 2018
Wajah 'Jadul' Gisel Bikin Warganet Terheran-heran
Minggu, 15 Juli 2018
Ini Alasan Ashanty Minta Anang Mundur Dari DPR

Selebriti lainnya ...
Gaya Hidup Gaya Hidup
Kamis, 19 Juli 2018
Kiat Simple Siasati Busana Off-Shoulders Buat Hijaber
Rabu, 18 Juli 2018
Trik Makeup Glowing Highlighter yang Lagi Kekinian
Selasa, 17 Juli 2018
5 Langkah Ini Bisa Buat Warna Jeans Kamu Tahan Lama
Senin, 16 Juli 2018
4 Kesalahan Merias Alis yang Buat Wajah Terlihat Lebih Tua

Gaya Hidup lainnya ...
Kesehatan dan Keluarga Kesehatan dan Keluarga
Kamis, 19 Juli 2018
Sony Xperia XZ3 Sudah Bisa Dipesan
Kamis, 12 Juli 2018
Ahli: Merasa Lebih Muda dari Usia Sesungguhnya Pertanda Otak yang Sehat
Selasa, 26 Juni 2018
Sayuran Ini Ternyata tak Boleh Dijus
Rabu, 30 Mei 2018
7 Manfaat Belimbing Bila Dikonsumsi Ibu Hamil

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Kampus Kampus
Jumat, 05 Januari 2018
UIR Bertekad Jadi Perguruan Tertinggi Terkemuka di Asia Tenggara
Rabu, 29 November 2017
Mubarak Bertekad Jadikan UMRI sebagai Kampus Wisata
Rabu, 25 Oktober 2017
Prodi Ilmu Pemerintahan UIR Tuan Rumah ICODAG dan Kongres Kapsipi
Selasa, 24 Oktober 2017
Bahas Penyeragaman Gelar Akademik, FHS UIN Suska Adakan Seminar

Kampus lainnya ...
Advertorial Advertorial
Sabtu, 02 Juni 2018
Bustami HY: Perkokoh Persatuan Dimomentum Harkitnas
Kamis, 31 Mei 2018
Dinas Perkim Inhil Rencanakan Buka 23 RTH se Inhil
Rabu, 30 Mei 2018
Pj Bupati Inhil: Realisasi Dana Desa Terkendala Peraturan Padat Karya
Senin, 28 Mei 2018
Pemkab Inhil Buka Puasa Bersama Masyarakat di Jakarta

Advertorial lainnya ...
Tekno dan Sains Tekno dan Sains
Kamis, 19 Juli 2018
Resmi Meluncur, ini Harga Nokia X5
Rabu, 18 Juli 2018
Bos Samsung Diam-diam Sudah Pakai Galaxy Note 9
Rabu, 18 Juli 2018
Inilah Penampakan Asli Xiaomi Mi MAX 3
Selasa, 17 Juli 2018
Nokia X6 Versi Global Sudah Muncul di Geekbench

Tekno dan Sains lainnya ...
www www