Jumat, 29 Maret 2024

Breaking News

  • Catatan Banjir Terparah, Bupati Zukri: Ini Harus jadi Perhatian Pemerintah Pusat   ●   
  • Jalan Sudirman Ujung Tergenang Banjir, PUPR Riau Turunkan Ekskavator Amfibi Bersihkan Parit   ●   
  • Akibat Galian IPAL, Jalan Ahmad Dahlan dan Balam Ujung Pekanbaru Ambruk   ●   
  • Berhasrat Ikut Pilgub Riau, Syamsurizal Incar Septina jadi Wakil
Agung Nugroho - Ramadan 2024M

CAKAP PRAKTISI
Berebut Berteduh di Pohon Beringin
Selasa, 12 September 2017 11:42 WIB
Berebut Berteduh di Pohon Beringin
Bagus Santoso
MENDEKATI tahaban Pemilihan Gubernur Riau (Pilgubri ), Angin semakin kencang menerpa rindangnya pohon beringin lambang Partai Golkar di Riau.

Masa bakti Andi Rachman sebagai gubernur akan habis jabatan pada tanggal 19 Februari 2019. Namun pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah, sesuai jadwal KPUD dimajukan 8 bulan lebih cepat yaitu tanggal 27 juni 2018.

Sangat wajar kalau aroma persaingan terjadi hampir disemua internal partai politik ( parpol) tidak hanya di tubuh Golkar tetapi merata. Khusus Golkar sememang patut diperebutkan karena di Riau Golkar masih seksi dan tetap berdaun rindang.

Terbukti Pemilu Legislatif tahun 2014 Golkar masih berjaya menjadi pemenangnya dengan merebut 14 kursi dari 65 kursi di gedung DPRD Riau. Golkar masih lumayan gagah dengan 14 kursi meski turun 1 kursi jika jika dibandingkan hasil pemilu sebelumnya tahun 2009 mendapat 15 kursi. Dengan modal 14 kursi Golkar sudah cukup syarat untuk melayarkan perahu sendiri mengusung kader Golkar menuju kancah perebutan kursi Riau satu.

Berdasarkan peluang tersebutlah sedikitnya 4 kader Golkar potensial berusaha keras untuk mendapatkan surat dukungan dari induk semang DPP Golkar dengan ketua sekarang Setyo Novanto ( Setnov).

Ke- empat orang kuat Golkar yakni  Andi Rachman Ketua Golkar Riau, berikutnya Haris, Yopi Arianto, Syamsuar masing- masing Sebagai Ketua Golkar yang juga menjabat sebagai Bupati Pelalawan, Bupati Inhu dan Bupati Siak.

Baru- baru ini terdengar kabar pemberitaan di media, bahwa DPP Golkar lebih memilih Andi Rachman sebagai calon Gubernur Riau 2019-2023. Kabar ini tentu menjawab teka- teki yang selama ini menjadi bahan analisa dan tarik- tarikan sesama kader Golkar.

Dari awal banyak yang memprediksikan Andi Rachman sebagai ketua Golkar Riau lebih berpeluang di calonkan Golkar tersebab faktor incumben. Hanya saja selama proses waktu menunggu kepastian tak terelakkan ' perang dingin ' sesama kader di bawah pohon beringin.

Keputusan DPP Golkar sempat tertunda- tunda. Pada awalnya dijanjikan akan diputuskan bulan juli yang lalu. Sebagaimana dikatakan langsung oleh Setnov saat berkunjung ke Dumai ( 11/6) . Setnov juga menegaskan bahwa dasar DPP Golkar akan menetapkan dukungan berdasarkan survei. Kalau surveinya bagus, ya kita dukung begitulah Setnov mengatakan pada waktu itu.

Seiring dengan gencarnya sesama kader Golkar riuh mensosialisasikan diri, Lembaga Survei Indonesia - LSI merilis hasil survei terbaru terkait kecenderungan calon pemilih di Pilgubri 2018. Ternyata Haris menjad kandidat yang paling diinginkan responden.

Hasil survey yang dilakukan DPP Golkar melalui LSI, seandainya 5 orang calon yang didukung akan maju sebagai calon Gubernur Riau 2018 mendatang, mana yang dipilih. Dari hasil survey tersebut, Haris memperoleh 13,2 persen. Masih survey LSI, Haris juga lebih unggul dari anggota DPR RI Lukman Edy  12,1 persen.

Sedangkan calon incumben yang juga Gubernur Riau Andi Rachman diposisi ketiga dengan persentase 10,8 persen.  Kemudian mantan Bupati Rokan Hulu Achmad 10,6 persen. Bupati Siak Syamsuar 8,4 persen.

Survey LSI mengkerucutkan  menjadi 3 orang. Ternyata pilihan masyarakat Riau tetap menempatkan Haris paling atas dengan persentase 16,8 persen. Selanjutnya Andi Rachman naik ke posisi kedua 12,9 persen, serta ketiga Syamsuar 12,5 persen.

Meskipun Survey LSI menempatkan Haris pada posisi tertinggi DPP Golkar sampai bulan Juli yang dijanjikan, Setnov belum juga memastikan siapa jagoan Golkar yang dimajukan.

 DPP Golkar menyatakan hasil survei pak Haris Bupati Pelalawan  memang selalu unggul, namun belum ada yang dominan, hal tersebut dikatakan Wasekjen Pemenangan Sumatera II DPP Partai Golkar, Sudirman Almon ketika itu.

Sekitar tiga hari terakir, bersamaan kabar pemberitaan surat dukungan DPP Golkar dijatuhkan kepada Andi Rachman-
Lembaga survei Indo Barometer merilis hasil survei teranyar yang telah dilakukan di seluruh wilayah Propinsi Riau meliputi 12 Kabupaten, Kota medio17–26 Agustus 2017.

Data Indo Barometer merupakan perbandingan data dua survei yaitu survei 22 - 31 maret dengan survei 17 - 26 agustus .Ternyata hasilnya kurang lebih sama dengan hasil survei LSI dimana ketua Golkar Riau Andi Rahman masih kalah jauh dengan Haris . Haris menempati posisi pertama dengan tingkat dukungan sebesar 4.4 persen, disusul Andi Rachman 3,6 persen, Syamsuar 1,5 persen,Yopi Arianto 1,3 persen.

Jika melihat hasil kedua lembaga survei yakni LSI dan Indo Barometer, DPP Golkar telah memberikan dukungan kepada Andi Rachman maka Setnov telah mengingkari pernyataanya sendiri saat kunjungan di Dumai. Kendati demikian karena ini adalah ranah internal Golkar tidak bisa orang lain mencampuri urusan internal partai Berlambang pohon beringin ini.

Yang pasti Setnov juga meminta kepada kadernya untuk berusaha agar Golkar pada Pilgub Riau 2018 menang. Walaupun syarat kursi sudah cukup untuk mengusung calon sendiri, namun dia mewanti- wanti untuk berkoalisi dengan partai lain. Tercatat meski Golkar berkoalisi tetapi paket calon yang dimajukan biasanya paket Golkar - Golkar. Sebut saja Rusli Zainal - Mambang Mit, Anas Ma'mun - Andi Rachman.

Haris, Yopi dan Syamsuar

Lalu bagaimana dengan Haris, Syamsuar, Yopi Arianto setelah Golkar menetapkan Andi Rachman. Haris yang dinyatakan tertinggi meraih dukungan oleh dua lembaga survei LSI dan Indo Barometer, tidak kendor semangatnya . Haris dengan tegas menyatakan tetap akan maju dalam Pemilihan Gubernur meski tanpa menggunakan perahu Partai Golkar.

Haris tetap optimis akan mendapatkan kendaraan melalui parpol lainnya. Bahkan Haris juga telah mempersiapkan diri jika nantinya tidak mendapat dukungan dari parpol akan menempuh melalui jalur independen .

Tidak di dukungnya Haris oleh DPP Golkar ternyata tidak membuatnya berkecil hati, malahan disikapi dengan bijak. Apalagi peristiwa demikian juga sudah pernah dilewati  tercatat waktu maju  sebagai calon Bupati Pelalawan Haris tidak di usung Golkar.

Padahal Haris menjabat sebagai Ketua Golkar Pelalawan. Hebatnya Haris keluar sebagai pemenang dan tetap setia dengan Golkar meskipun partainya sendiri tidak mendukung. Akankah sejarah berulang kembali untuk Haris, tanpa di dukung Golkar menang.

Melihat sepak terjang dan kepiawaian Politisi senior sekelas Haris , banyak kalangan memprediksikan Haris akan mampu memperoleh dukungan parpol lain. Kabarnya dengan tidak mendapatkan perahu Golkar , Haris menjadi incaran banyak parpol yang siap memberikan dukungan.Boleh jadi karena parpol sudah membaca peluang Haris menang lebih besar. Dikabarkan parpol yang sudah inten komunikasi antara lain PDIP, PAN, PKS, Nasdem, Demokrat, Gerindera serta PKB.

Lalu apa kata Yopi Arianto dan Syamsuar, khusus Yopi kader Golkar yang selalu membayang- bayangi pada setiap lembaga survey. Dengan santun Yopi mengatakan meskipun dirinya sudah siap lahir batin untuk maju pada pilgub tetapi akan melihat situasi dan dinamika politik yang selalu berubah dengan dinamisnya.

Yopi Arianto mantan anggota DPRD Riau yang juga Bupati Inhu dua periode terus melakukan penjajakan dan memohon kelapangan dada dari para seniornya di Golkar jika pada akhirnya dia ikut bertanding. Hal yang sama juga di katakan oleh Syamsuar Ketua Golkar Siak dan juga menjabat Bupati 2 periode.

Yopi Arianto dan Syamsuar sama- sama mempunyai basis masa yang ril dan dikabarkan sudah mendapat signal lampu hijau dari parpol antara lain PAN, PDIP, PKS, PKB, Hanura, Gerindera dan yang lainnya. Dari ke empat kader Golkar yang muncul di survey. Sosok paling menarik untuk di sorot adalah Yopi Arianto, karena Yopi kader muda Golkar yang selalu muncul namanya dalam setiap survei. Disamping diketahui punya basis dukungan yang riil dari paguyuban Jawa.

Melihat hasil survei,  Yopi Arianto menjadi kartu joker di kancah pergumulan politik saat ini. Yopi yang pada pencalonan Bupati tidak diusung Golkar jelas punya basis masa sebagai kader Golkar . Disamping itu Yopi juga memiliki kedekatan persahabatan dengan PDIP, PAN, PKS dan Perindo.  Terbukti pada pencalonan sebagai ketua Golkar Inhu Yopi tidak diusung Golkar melainkan oleh parpol lain.

Jika paket Jagoan dari Golkar  tetap sesama kader golkar alias Golkar- Golkar, maka posisi Yopi jika rela menjadi wakil Gubernur maka menentukan semua calon. Bisa jadi pasangan itu Haris - Yopi, Andi - Yopi atau Syamsuar - Yopi.

Lain halnya jika tidak terjadi paket Golkar - Golkar, maka tokoh politisi muda yang pernah dinobatkan sebagai Bupati termuda se Indonesia saat menjadi Bupati Inhu peiode pertama. Sosok Yopi berpotensi menjadi 'kuda hitam' untuk bertarung merebut kursi Gubernur, paket Yopi dangan kader PDIP. Paket Yopi - kader PAN. Yopi - kader Gerindera atau Yopi - Demokrat. Peluang untuk maju sebagai Gubernur atau Wakil Gubernur sangat besar.

Dengan melihat hasil survei Indo Barometer dari tiga orang kader Golkar elektabilitas Andi berada pada urutan nomor dua di bawah Haris lalu Yopi. Jika 3 orang tidak menemukan chemistry berpaket maka membuka 'lapak' tiga kader Golkar bertempur merebut kursi Gubernur.

Namun dari sejarah Golkar Riau yang selalu memaketkan sesama kadernya, berkemungkinan DPP Golkar 'memaksa' Andi digandengkan dengan Syamsuar, Haris atau Yopi. Persoalannya muncul apakah Syamsuar, Haris dan Yopi mau dijodohkan.

Dari hasil pengamatan selama proses sosialisasi terlihat ke empat orang kader Golkar saling berkunjung baik dalam agenda kerja maupun loby politik. Namun dari gestur tubuh yang diperlihatkan Hanya Haris - Yopi yang terlihat kompak dan saling mendukung. Boleh jadi meskipun Haris dan Yopi sebagai kader Golkar meski tidak di didukung Golkar akan berpasangan dengan mesra.

Andi dan Syamsuar, nampaknya akan tetap bersikukuh dengan niat awal yaitu sebagai Gubernur, bermakna sulit  untuk dipasangkan. Perkembangan terkini justeru Syamsuar meski terlihat kikuk duduk dan berjalan dengan Firdaus ( Demokrat) saat acara di Kampar bersama tokoh Nasional Amin Rais.

Sebenarnya, Ada stok kader Golkar lainnya yang potensi meskipun tidak muncul di dalam survei yaitu Wardan Bupati Inhil dan Suparman Bupati Rokhul serta Septina Primawati Ketua DPRD Riau.

Bagaimana dengan calon lain di luar Golkar, Sebut saja Lukman Edy kader PKB yang pada survey mendapat dukungan tinggi, Begitu juga Achmad, Irwan Nasir serta Firdaus Wako Pekanbaru. Dengan dinamika yang berkembang setidaknya akan muncul satu calon di luar Golkar.

Maka ada tiga prediksi Pilgubri tahun 2018 pertama ada tiga pasang calon yang berlaga 2 pasang diantaranya kader Golkar. Kedua sedikitnya akan ada 4 paket 3 paket kader Golkar dan 1 parpol lainnya, ketiga juga mengemuka akan terjadi laga 'kambing' sesama kader Golkar yaitu poros Andi Vs poros Haris.

Akhirnya, kembali kepada hasil survey Indo Barometer yang baru saja dirilis dengan jumlah sampel sebanyak 800 responden, dengan margin of error sebesar 3.46 peren pada tingkat kepercayaan 95 persen, Bahwa calon incumben yang maju Pilkada namun memiliki tingkat kepuasan yang rendah di bawah 50 persen, biasanya tidak diinginkan kembali oleh masyarakat.

Dimana dari hasil survei menunjukan bahwa yang menginginkan Andi Rachman kembali menjadi Gubernur Riau sebesar 24,6 persen, ada pun yang tidak menginginkan sebesar 44,1 persen dan tidak tahu atau tidak menjawab sebesar 31,3 persen.

Untuk menguji dan membuktikan keakuratan lembaga survei tersebut hanya menunggu waktu saja. Apakah benar Andi tidak akan terpilih lagi lalu survei membuktikan Haris pemenangnya. Atau malah sebaliknya, akan ada kemunculan sosok pemimpin Riau baru.

Hal yang paling pasti saat ini adalah menjelang helat pilgubri, suhu politik sudah memanas  sepanas udara langit diatas bumi lancang kuning - membuat para kader Golkar gerah ingin berebut berteduh di bawah pohon beringin.
Penulis : Bagus Santoso, Praktisi Politik, Anggota DPRD Provinsi Riau.
Editor : Ali
Kategori : Politik, Riau
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Lainnya
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Jumat, 29 September 2023
Komisi II Usul Kementerian ATR/BPN dan KLHK Kolaborasi Selesaikan Redistribusi Tanah
Jumat, 29 September 2023
Setjen DPR Berikan Perhatian Terhadap Pensiunan Melalui P3S
Kamis, 28 September 2023
TikTok Shop Cs Dilarang, Ketua DPR Berharap Aturan Baru Ciptakan Keseimbangan Pasar Digital dan Konvensional
Kamis, 21 September 2023
Ancaman DBD Meningkat, Puan Dorong Sosialisasi Masif Tekan Risiko Kematian

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 07 November 2023
Riau Terima Penghargaan Bhumandala Award 2023
Senin, 12 Desember 2022
Kapolda Riau Resmikan Kantor Pelayanan Terpadu Polres Rohil di Bagansiapiapi
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'

CAKAPLAH TV lainnya ...
Kamis, 28 Maret 2024
Jelang Pilkada, Subdit Politik Dir Intelkam Polda Riau Silaturahmi dengan Pengurus Partai Gelora Rohul
Kamis, 28 Maret 2024
HIPMI Pekanbaru Gelar Buka Puasa Bersama dan Santuni Anak Yatim
Kamis, 28 Maret 2024
Pemprov bersama Masjid Annur Riau Serahkan Santunan ke 150 Anak Yatim
Kamis, 28 Maret 2024
Ketua Komisi Kejaksaan Apresiasi Kerja Kejagung Usut Mega Korupsi Tambang Timah

Serantau lainnya ...
Kamis, 28 Maret 2024
RAFI 2024, Telkomsel Berbagi Harapan dan Perkuat Semangat Kebersamaan
Rabu, 27 Maret 2024
Kick Off Riau Sharia Week 2024, BI Gelar Capacity Building Nazhir Wakaf Produktif
Kamis, 21 Maret 2024
Eka Hospital Pekanbaru Beri Kiat Olahraga Saat Puasa
Senin, 18 Maret 2024
Jalan-jalan dengan Nyaman Bersama Sinar Jaya: Layanan dan Pemesanan Online

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 02 Maret 2023
Wadah Menyalurkan Bakat, Ketua DPRD Riau Yulisman Hadiri Festival Musik Akustik di SMA Negeri 1 Pasir Penyu Inhu
Rabu, 01 Maret 2023
Rapat Paripurna, DPRD Provinsi Riau Umumkan Reses Masa Persidangan I Tahun 2023
Selasa, 28 Februari 2023
Kunjungi Kemendikbud, Komisi V DPRD Riau Bahas Persoalan PPDB
Kamis, 23 Februari 2023
Disdik Gelar Pelatihan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru SD Se-Kota Pekanbaru

Advertorial lainnya ...
Kamis, 29 Februari 2024
Telkomsel dan ZTE Wujudkan Pengalaman Gigabit yang Andal dan Efisien
Selasa, 20 Februari 2024
Samsung Hadirkan Galaxy S24 Series dengan Kecerdasan Software Canggih
Jumat, 09 Februari 2024
Apple Kembangkan 2 Prototipe iPhone Lipat Bergaya Flip
Kamis, 01 Februari 2024
Samsung Buka-bukaan Soal Keunggulan Exynos 2400 di Galaxy S24 dan S24+

Tekno dan Sains lainnya ...
Kamis, 22 Februari 2024
Pemula di Dunia Yoga? Inilah Panduan Cara Memilih Matras Yoga yang Tepat
Sabtu, 27 Januari 2024
Cegah Resistensi, Gunakan Obat Antibiotik dengan Bijak
Senin, 15 Januari 2024
14 Persiapan Penting Awal Kehamilan untuk Calon Ibunda dan Buah Hati
Minggu, 17 Desember 2023
Liburan Sekolah Makin Meriah, Ratusan Peserta Ikuti Khitanan Massal

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Selasa, 26 Maret 2024
BPH UMRI Gelar Lomba Ibadah Praktis Sesuai Tuntunan HPT
Senin, 25 Maret 2024
Berhadiah Umrah dan Beasiswa, Umri Gelar Lomba Tahfidz Alquran
Kamis, 21 Maret 2024
UPT Promosi dan Penerimaan Mahasiswa Baru UMRI Taja Ifthor Jama’i
Jumat, 08 Maret 2024
Semarakkan Ramadan 1445 H, Umri Undang UAS hingga Santuni Seribu Dhuafa

Kampus lainnya ...
Rabu, 03 Mei 2023
Kompilasi Semarak Silaturahmi Satu HATI, CDN Bangkinang Santuni Anak Yatim
Rabu, 05 April 2023
Safari Ramadan, PT Musim Mas Salurkan Paket Sembako untuk Anak Yatim dan Fakir Miskin
Selasa, 04 April 2023
Telkomsel Siaga Rafi Sumbagteng Salurkan CSR untuk Panti Jompo bersama Dompet Dhuafa Riau
Jumat, 03 Maret 2023
Tingkatkan Kesehatan dan Budaya Lokal, Bank Mandiri Serahkan Bantuan ke Posyandu dan Grup Rebana

CSR lainnya ...
Jumat, 09 Februari 2024
Lika-liku 7 Perjalanan Asmara Ayu Ting Ting hingga Tunangan dengan Anggota TNI
Minggu, 28 Januari 2024
Huh Yunjin Bak Sehati Dengan Han So Hee Kala Cuma Pakai Dalaman Di Trailer LE SSERAFIM
Sabtu, 27 Januari 2024
Gigi Hadid dan Bradley Cooper Tak Sungkan Perlihatkan Kemesraan
Rabu, 24 Januari 2024
Park Ji-hyun Ungkap Persiapan Membinangi Drama Terbarunya

Selebriti lainnya ...

Iklan CAKAPLAH
Terpopuler
Foto
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Senin, 14 Agustus 2023
Pengurus Masjid Nurul Ikhlas Kubang Minta Tunjuk Ajar ke Wagubri
Sabtu, 12 Agustus 2023
Gebyar Kandis Bersholawat Bakal Dihadiri Ribuan Jemaah NU
Senin, 31 Juli 2023
Mualaf Riau Butuh Pembinaan, Begini Caranya...
Sabtu, 29 Juli 2023
Mantan Wawako Pekanbaru, Ayat Cahyadi Turut Saksikan Pengukuhan Pengurus Masjid Al-Hamidah Rejosari

Religi lainnya ...
Rabu, 13 Maret 2024
Kepala BKPSDM Pekanbaru Harapkan Kinerja ASN Maksimal Selama Bulan Ramadan
Jumat, 08 Maret 2024
Pemko Pekanbaru Sudah Tetapkan Jam Kerja ASN Selama Ramadan 1445 H
Rabu, 28 Februari 2024
Pemko Pekanbaru Masih Tunggu Juknis Pusat Terkait Seleksi CPNS dan PPPK
Selasa, 27 Februari 2024
Kepala BKPSDM Dampingi Pj Walikota Terima Penghargaan Anugerah Kualitas Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Tahun 2023

Galeri Foto lainnya ...
Indeks Berita
www www