Selasa, 25 Juni 2019

Breaking News

  • 5 Bulan Menunggak, Dewan Minta Penghuni Rusunawa Yos Sudarso Taat Aturan   ●   
  • Bawang Merah Sebabkan Inflasi di Riau 0,11 Persen   ●   
  • 100 Hari Pertama sebagai Gubernur, Syamsuar Disibukkan dengan Kampanye Capres   ●   
  • Penculik Anak di Siak Ternyata Sering Cabuli Anak Tirinya   ●   
  • Kasus Rommy, Tiga Pejabat Kemenag Diperiksa KPK   ●   
  • Warga Bengkalis Tewas Disambar Petir Saat Menanam Kacang   ●   
  • Demokrat Riau Kampanye Akbar 11 April di Pekanbaru, SBY dan AHY Tak Hadir   ●   
  • KPK Ingatkan Pemilih Jangan Minta Uang ke Caleg   ●   
  • Amril Mukminin Sampaikan 13 Program Strategis Pemkab Bengkalis   ●   
  • Komisi IV DPRD Riau Minta PUPR Cek Dugaan Retak Flyover Mal SKA
Muhibbah

Aplikasi e-Pinter DPMPSP Bengkalis Permudah Pelayanan Perizinan
Rabu, 26 Desember 2018 19:14 WIB
Aplikasi e-Pinter DPMPSP Bengkalis Permudah Pelayanan Perizinan
Ruang pelayanan DPMPSP dan Aplikasi e-Pinter Bengkalis
BENGKALIS (CAKAPLAH) - Berbagai upaya terus dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis guna memberikan kemudahan pelayanan terhadap masyarakat dan pelaku usaha untuk mengurus perizinan dan non perizinan.


Sejak 2017 lalu, dalam hal pelayanan perizinan, Pemkab Bengkalis melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu (DPMPSP) Kabupaten Bengkalis telah membangun aplikasi perizinan yaitu Elektronik Pelayanan Perizinan Terpadu atau disingkat e-Pinter.

Aplikasi ini sangat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat Bengkalis dan pelaku usaha. Agar lebih nyaman diakses, DPMPSP Kabupaten Bengkalis tahun 2018 mengadakan pengembangan aplikasi tersebut secara online dan penambahan beberapa modul perizinan.
 
 
[Foto: Operator aplikasi e-pinter sedang melakukan akses e-pinter]
 
Pengembangan aplikasi e-Pinter memberikan kemudahan bagi masyarakat dan pelaku usaha yang selama ini mengurus perizinan secara manual dengan datang langsung ke Kantor DPMPSP dan menghabiskan waktu dan biaya.

Layanan aplikasi tersebut dapat dimanfaatkan pemohon dan penerima layanan dengan mengakses website http://dpmpsp.bengkaliskab.go.id lalu mengklik gambar perizinan online (e-Pinter) atau http://epinter.bengkaliskab.go.id.

Pemohon harus terlebih dahulu melakukan pendaftaran/registrasi dengan memasukkan data sesuai identitas yang berlaku dan alamat email yang aktif, kemudian e-Pinter akan mengirimkan username dan password ke email pemohon, sehingga pemohon dapat login ke Aplikasi e-Pinter dan mengajukan permohonan perizinan yang diinginkan.
 
 
[Foto: Tampilan Aplikasi e-Pinter di website]
 
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala DPMPSP Kabupaten Bengkalis, Basuki Rahmad, AP, M.Si didampingi Kepala Bidang Pengaduan Kebijakan dan Pelaporan Pelayanan, Hj. Eldawati menjelaskan, keberadaan dan pengembangan Aplikasi e-Pinter ini juga untuk mendukung tugas pokok fungsi (Tupoksi) DPMPSP. Tidak hanya mudahnya mengurus perizinan akan tetapi masyarakat atau pelaku usaha yang merasa dirugikan, dapat langsung menyampaikan keluhan melalui layanan pengaduan.

“Adanya Aplikasi e-Pinter ini masyarakat bisa mengajukan permohonan secara online dan tidak perlu datang ke kantor untuk mendaftarkan perizinan, kemudian pemohon juga bisa mengecek status perizinan setiap saat. Masyarakat juga dapat mengetahui apabila permohonan perizinannya ditolak atau diterima, serta SMS perizinan telah selesai dan dapat diambil. Kemudian masyarakat juga bisa menyampaikan keluhannya,” terang Basuki Rahmad kepada wartawan.

Mantan Camat Mandau ini menjelaskan, layanan Aplikasi e-Pinter baik perizinan maupun non perizinan serta layanan pengaduan berbasis web, diharapkan meningkatkan kemampuan dan kinerja DPMPSP Kabupaten Bengkalis. Sasaran utamanya adalah, dalam penyelenggaraan pelayanan publik dapat tercapai secara optimal. Karena informasi dan layanan yang diberikan dapat diakses secara online kapan saja dan dimana saja melalui media internet.

Basuki menegaskan, salah satu tugas pemerintah yang menjadi tuntutan masyarakat adalah terselenggaranya pelayanan publik yang baik. Perizinan merupakan salah satu wujud pelayanan publik yang sangat menonjol dalam tatanan pemerintahan dan harus terus dibenahi serta ditingkatkan secara kualitas.
 
 
[Foto: Kantor DPMPSP Kabupaten Bengkalis Jalan Antara]
 
“Kemajuan teknologi yang pesat serta potensi pemanfaatannya yang luas, membuka peluang bagi pengaksesan, pengelolaan, dan pendayagunaan informasi dalam volume yang besar secara cepat dan akurat,” katanya lagi.

Kemudian, upaya ini juga sejalan dengan Visi dan Misi Bupati Bengkalis Amril Mukminin, “Terwujudnya Kabupaten Bengkalis sebagai Model Negeri Maju dan Makmur di Indonesia”. Yaitu, terwujudnya pemerintahan yang berwibawa, transparan dan bertanggungjawab serta melaksanakan kepemimpinan dengan bijak, berani dan ikhlas. Merealisasikan prioritas pembangunan daerah, yakni pemantapan birokrasi dan kelembagaan daerah yang profesional, dan berintegritas. Peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM), dan penguatan ekonomi daerah.

“Sekali lagi, Aplikasi e-Pinter adalah untuk mempermudah masyarakat, dan untuk memenuhi apa yang dibutuhkan masyarakat terhadap produk perizinan. Sesuai dengan motto kita, Ramah (Responsif, Akuntabel, Melayani, Arif dan Harmonis, red),” imbuh Sekretaris DPMPSP ini.

Kepala Bidang Pengaduan Kebijakan dan Pelaporan Pelayanan, Hj. Eldawati, Aplikasi e-Pinter yang sudah dibuka, selanjutnya ada format pendaftaran perizinan online. Bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu pemohon bisa secara mandiri dan bisa menggunakan jasa Front Office (FO) Kantor DPMPSP Kabupaten Bengkalis.

Selain dari pengurusan perizinan dengan Aplikasi e-Pinter, bisa juga melalui Sistem Perizinan Terintegrasi Secara Online atau Online Single Submission (OSS). Sedangkan khusus untuk e-Pinter, Eldawati menyontohkan, seperti pengurusan perizinan kesehatan. Pemohon bisa menyampaikan secara mandiri dengan menginput data-data atau syarat yang diperlukan untuk kemudian diajukan.
 
 
[Foto: Pelaksana Tugas (Plt) Kepala DPMPSP Kabupaten Bengkalis, Basuki Rahmad, AP, M.Si]
 
“Jika pemohon datang sendiri ke kantor layanan pihak FO juga bisa membantu, setelah itu bisa diisi formulirnya. Data yang diisikan oleh FO dibantu dengan berkas yang pemohon bawa, formulir yang harus diisi, kelengkapan yang harus dilampirkan dengan cara discan,” paparnya.

Setelah semua diisi, maka akan dikirim ke tahap pertama dari FO menuju Back Office (BO). Dari BO ini ada login tersendiri untuk dilakukan verifikasi berkas yang dilampirkan.

Nah, apabila dari pendaftaran secara mandiri, pemohon juga harus mengisi form yang sudah ditentukan. Lalu dikirim ke BO untuk diverifikasi. Kemudian, data yang masuk akan dicek termasuk apakah ada catatan atau tidak. Jika dinyatakan lengkap, permohonan bisa diproses ke jenjang berikutnya hingga terbit perizinan. Begitu juga sebaliknya jika dokumen persyaratan yang dilampirkan tidak lengkap maka akan ditolak atau dikembalikan ke pemohon.

Jalur mandiri akan diinformasikan secara manual atau nomor telepon yang aktif. Untuk proses yang dibantu oleh FO, berkas yang diserahkan akan di cek keasliannya oleh BO,” ujarnya lagi.

Terkait dengan izin yang sudah diterbitkan melalui Aplikasi e-Pintar ini, pemohon atau masyarakat yang melakukan pengambilan harus membawa berkas atau dokumen asli sesuai persyaratan yang dilampirkan. Selanjutnya kembali akan dicek atau verifikasi secara intensif agar tidak terjadi kekeliruan.
Penulis : Agus Setiawan
Editor : Jef Syahrul
Kategori : Pemerintahan, Kabupaten Bengkalis
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Jum'at, 21 Desember 2018 20:20 WIB
Disdukcapil Bengkalis Musnahkan 14.210 KTP
Kamis, 14 Februari 2019 18:25 WIB
Pemkab Bengkalis Tetapkan Status Siaga Karhutla
Senin, 21 Januari 2019 22:02 WIB
Tiga Siswa SMPN 11 Sei Alam Jadi Duta Imigrasi
0 Komentar
Berita Pilihan
Sabtu, 22 Juni 2019
Heboh, Warga Siak Temukan Bayi Baru Lahir dalam Kantong Plastik
Sabtu, 22 Juni 2019
Gubernur Riau Batalkan Kerjasama Pembuatan Aplikasi Pengaduan dengan Telkomsel
Sabtu, 22 Juni 2019
Supporter Tuding Gubernur Tak Serius Bantu PSPS Riau
AMSI
Topik
Jumat, 22 Maret 2019
Plastik Masih Menjadi Permasalahan Utama Pencemaran Lingkungan di Kuansing
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan

CAKAPLAH TV lainnya ...
Minggu, 23 Juni 2019
Siswi dan Guru SMPN 2 LBJ Terima Piagam Lomba Karya Tulis
Minggu, 23 Juni 2019
LPTQ Bengkalis Gelar Pelatihan Sistem e-MTQ dan Administrasi Berbasis IT
Sabtu, 22 Juni 2019
Waka Polres Pimpin Bakti Religi di Masjid Darul Jannah & Gereja GKP
Jumat, 21 Juni 2019
MPP Pekanbaru Dikunjungi Pemkab Barru Sulsel

Serantau lainnya ...
Kamis, 20 Juni 2019
Baju Warna Ini Membuat Perempuan Tampak Lebih Memikat di Mata Pria
Sabtu, 25 Mei 2019
5 Hadiah Menarik Pengganti Uang THR Bagi Anak-Anak
Kamis, 09 Mei 2019
5 Kebiasaan yang Dapat Diubah untuk Mencegah Kerontokan Rambut
Minggu, 28 April 2019
Gaya Hijab Casual untuk Kamu yang Feminin

Gaya Hidup lainnya ...
Minggu, 23 Juni 2019
DPRD Gelar Rapat Paripurna HUT ke-235 Kota Pekanbaru
Jumat, 21 Juni 2019
Pemkab Bengkalis Terus Pertahankan Tradisi Lampu Colok
Kamis, 20 Juni 2019
DPRD Bengkalis Sepakat Tetapkan Ranperda Penyertaan Modal ke BRK Jadi Perda
Rabu, 19 Juni 2019
Wujudkan Tertib Penyusunan Pengelolaan Keuangan dan Aset, Inspektorat Rohul Gelar Coaching Clinic

Advertorial lainnya ...
Minggu, 23 Juni 2019
Inikah Pilihan Warna Google Pixel 4?
Minggu, 23 Juni 2019
Xiaomi Matikan Seri Mi Max dan Mi Note
Kamis, 20 Juni 2019
Apple Pindahkan Produksi iPhone dari China ke Indonesia?
Kamis, 20 Juni 2019
Inilah Tanggal Terbaru Peluncuran Duo Galaxy Note10

Tekno dan Sains lainnya ...
Kamis, 20 Juni 2019
Jangan Menikahinya, Ini 7 Tanda Dia Bukan Husband Material!
Jumat, 14 Juni 2019
4 Tes Untuk Mencari Tahu Seseorang Mandul atau Tidak
Kamis, 16 Mei 2019
Memahami 5 Jenis Kerutan pada Wajah dan Tips Mengatasinya
Rabu, 15 Mei 2019
Efek Berhenti Olahraga Ketika Ramadan

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Senin, 24 Juni 2019
Mahasiswa Unilak Juara 3 Dayung Sempena HUT Kota Pekanbaru
Senin, 24 Juni 2019
UIR dan University Sebha Libya Bahas Kerjasama Pendidikan dan Penelitian
Minggu, 23 Juni 2019
Di Usia 37, Unilak Melangkah Menuju Universitas Unggul 2030
Sabtu, 22 Juni 2019
Perkenalkan Dunia Kerja Teknik Perkapalan ke Mahasiswa, PNB Gandeng PT BKI

Kampus lainnya ...

PLN
Terpopuler
IKLAN WAISAK APRIL
Foto
PTPN5
Senin, 27 Mei 2019
BRI Pasirpengaraian Berbagi Bahagia dengan Dhuafa dan Anak Yatim
Sabtu, 27 April 2019
PGN Komit Perkuat Bisnis Gas
Jumat, 26 April 2019
Kembangkan Industrialisasi UMKM RAPP Gelar Temu Usaha Pelaku UMKM
Minggu, 07 April 2019
BOB Bantu Ruang Kelas untuk MTs LKMD Kasikan, Kampar

CSR lainnya ...
Kamis, 20 Juni 2019
Gus Miftah Beberkan Rencana Deddy Corbuzier Setelah Mualaf
Kamis, 20 Juni 2019
Catat! Raisa Rilis Lagu Baru 10 Juli 2019
Kamis, 23 Mei 2019
Tiap Ustaz Arifin Ilham Pulang dari Luar Kota, Ketiga Istrinya Setor Hafalan Alquran
Rabu, 08 Mei 2019
Terbelit Kasus Penistaan Agama, Andre Taulany Diistirahatkan Dari NET TV

Selebriti lainnya ...
Senin, 22 April 2019
Infrastruktur Jalan, Listrik dan Pendidikan jadi Aduan Masyarakat ke Samsurizal Budi saat Reses
Senin, 22 April 2019
Terkait Persoalan PLN, Ketua DPRD Siak: Wajar Saja Kekesalan Warga Memuncak
Senin, 22 April 2019
Ketua DPRD Berang Pemkab Siak Tak Serius Sikapi Permasalahan Kampung
Senin, 22 April 2019
Ketua DPRD Siak: Gubri Komit Bangun Tanjung Buton

Parlementaria Siak lainnya ...
Rabu, 29 Mei 2019
Dewan: Bayar Zakat Fitrah Jangan Mepet Lebaran
Sabtu, 04 Mei 2019
Ketika Nabi Muhammad Diolok-olok
Selasa, 16 April 2019
Jokowi dan Dua Presiden RI Lainnya yang Mendapat Keistimewaan Bisa Masuk Ka'bah
Selasa, 12 Februari 2019
Bimbang Menentukan Pilihan, Baca Doa Ini

Religi lainnya ...
Indeks Berita
www www