Selasa, 21 Mei 2019

Breaking News

  • 5 Bulan Menunggak, Dewan Minta Penghuni Rusunawa Yos Sudarso Taat Aturan   ●   
  • Bawang Merah Sebabkan Inflasi di Riau 0,11 Persen   ●   
  • 100 Hari Pertama sebagai Gubernur, Syamsuar Disibukkan dengan Kampanye Capres   ●   
  • Penculik Anak di Siak Ternyata Sering Cabuli Anak Tirinya   ●   
  • Kasus Rommy, Tiga Pejabat Kemenag Diperiksa KPK   ●   
  • Warga Bengkalis Tewas Disambar Petir Saat Menanam Kacang   ●   
  • Demokrat Riau Kampanye Akbar 11 April di Pekanbaru, SBY dan AHY Tak Hadir   ●   
  • KPK Ingatkan Pemilih Jangan Minta Uang ke Caleg   ●   
  • Amril Mukminin Sampaikan 13 Program Strategis Pemkab Bengkalis   ●   
  • Komisi IV DPRD Riau Minta PUPR Cek Dugaan Retak Flyover Mal SKA
Muhibbah

Dimulai Era Gubernur Rusli Zainal
Berikut Kronologi Singkat Pembangunan Jembatan Siak IV Pekanbaru
Rabu, 13 Februari 2019 22:56 WIB
Berikut Kronologi Singkat Pembangunan Jembatan Siak IV Pekanbaru
PEKANBARU (CAKAPLAH) - Butuh sepuluh tahun bagi Pemerintah Provinsi Riau menuntaskan pembangunan Jembatan Siak IV jalan Sudirman Pekanbaru. Jembatan yang kini disematkan nama Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah (Marhum Bukit) itu akan diresmikan pada Kamis (14/2/2019) pagi besok oleh Wan Thamrin Hasyim menjelang berakhirnya masa jabatannya sebagai Gubernur Riau 2014-2019.


Pembangunan Jembatan Siak IV yang menghubungkan pusat Kota Pekanbaru dengan Limbungan, Rumbai Pesisir tersebut sempat mangkrak bertahun-tahun. Kelanjutan pembangunannya baru kembali dimulai diakhir masa jabatan gubernur Arsyadjuliandi Rachman dan diresmikan oleh gubernur Wan Thamrin Hasyim.

Jembatan yang memiliki panjang 800 meter ini proses pembangunannya memiliki sejarah panjang. Dimana jembatan yang menghabiskan anggaran lebih kurang Rp440 miliar itu dibangun hingga pergantian empat gubernur Riau yakni Rusli Zainal, Annas Maamun, Arsyadjuliandi Rachman dan Gubernur Wan Thamrin Hasyim.

Namun jika dirunut ke belakang, pembangunan Jembatan Siak IV di Pelita Pantai Sudirman Ujung Pekanbaru tersebut dimulai dari tahun tahapan perencanaan tahun 2001 oleh Konsultan perencanaan CV Sigma Momen yang dianggarkan menggunakan dana APBN. Namun studi kelayakan (FS) baru dimulai lima tahun oleh CV Entercom Rekayasa. Pada tahun 2007 dilakukan review design terhadap perencanaan Jembatan Siak IV oleh PT Diantama Rekanusa.

Sementara, pelaksanaan fisiknya telah dimulai sejak tahun 2009 oleh PT Istaka Karya meliputi struktur bangunan bawah dari sisi Rumbai Pesisir, pekerjaan ini dibiayai APBD.

Tahun 2010, dilanjutkan oleh PT Palas Bukit Tangguh yang masih mengerjakan struktur bangunan bawah (sisi Rumbai), pekerjaan ini dibiayai APBD. Lalu, di tahun yang sama dilanjutkan oleh PT Bina Riau Sejahtera menggunakan APBD-P untuk mengerjakan struktur bangunan bawah (sisi Rumbai) dan pengaman tebing (Sheet Pile).

Kemudian, tahun 2010-2013 dianggarkan melalui dana multiyears (tahun jamak) yang dikerjakan oleh PT PP-Waskita Hutama (KSO) menggunakan APBD, sesuai Perda Nomor 7 Tahun 2010. Pada tahun itu dikerjakan seluruh pekerjaan sisi Jalan Jenderal Sudirman, pekerjaan pylon sampai dengan stage 6 hilir, stage 8 hulu, pekerjaan timbunan jalan akses, pekerjaan aproach span sisi Rumbai.

Akan tetapi pada tahun 2013 pembangunan jembatan Siak IV yang sudah mencapai progres sebesar 70 persen terhenti dan mangkrak bertahun-tahun.

"Angka pasti saya tak ingat. Tapi berdasarkan gambaran kasar informasi yang diterima saat pembangunan terhenti tahun 2013 persentasenya sekitar 70 persen," kata mantan Kasi Cipta Karya Dinas PUPR Riau, Thomas kepada CAKAPLAH.COM, Rabu (13/2/2019).

Thomas mengatakan, angka 70 persen itu kontraknya masuk dengan akses jalan yang arah ke Limbungan, Rumbai Pesisir.

"Waktu itu satu kontrak dua kegiatan, jembatan dan jalan arah Limbungan. Tapi saat dilanjutkan kontraknya terpisah antara jembatan dengan akses jalan arah ke Limbungan," jelasnya.

Setelah mangkrak sekitar empat tahun, pembangunan Jembatan Siak IV kembali dilanjutkan dengan kontraktor PT Brantas Abipraya (Persero). Kelanjutan proyek stategis ini menggunakan APBD sesuai MoU antara Pemprov Riau dengan DPRD Riau Nomor 32/KPTS/PIMP/DPRD/2016, Nomor 021/NK/XI/2016.

Pada tahun ini, dikerjakan pylon stage 7 sampai dengan 17 bagian hilir, stage 9 sampai dengan 17 bagian hulu, pekerjaan aproach span sisi Rumbai (P6-Pylon), pekerjaan mesin span, bangunan pelengkap jembatan.

Sementara itu Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Riau, Dadang Eko Purwanto mengatakan dengan adanya jembatan Siak maka daerah yang dihubungkan dengan jembatan sangat besar terhadap perkembangan ekonomi, dan perkembangan Kota Pekanbaru.

"Terutama daerah kecamatan Rumbai Pesisir itu akan terbuka dan secara otomatis daerah itu akan terangkat. Kita bisa bayangkan adanya jembatan masyarakat di sana lebih mudah aksesnya ke pusat kota," katanya.

Karena menurutnya jembatan ini tujuannya untuk mengimbangi pesatnya pembangunan kota Pekanbaru, dimana jalan Jenderal Sudirman yang merupakan jalan protokol terhalang oleh aliran sungai Siak.

Diakui Dadang proses pembangunan dan penyelesaian Jembatan Siak IV membutuhkan waktu yang panjang. Dikatakannya, untuk fisik pembangunan dimulai tahun 2009, namun ia mengatakan kontrak pembangunannya dimulai 13 Desember 2010 sampai dengan tanggal 16 Desember 2013 dengan anggaran multiyears.

Setelah itu, sebut Dadang, pembangunan jembatan berhenti sampai tahun 2016. Namun dia tak bisa menjelaskan secara detail apa persoalannya sehingga pembangunan berhenti begitu saja.

"Saya kurang tahu pasti apa persoalannya saat itu. Entah persoalan keuangan saya kurang tahu. Tapi ini mungkin karena saat itu masa peralihan Gubernur Rusli Zainal ke Gubernur Riau Annas Maamun," katanya.

Namun sepengatahuan Dadang, pembangunan jembatan berhenti karena Gubernur Annas Maamun tidak mau melanjutkan sebelum bangunan yang ada  dilakukan audit terlebih dahulu.

"Pak Annas tak mau melanjutkan karena belum diaudit waktu itu. Baru setelah diaudit dilanjutkan pembangunan pada tahun 2017 saat kepemimpinan Gubernur Arsyadjuliandi Rachman," ujarnya.

Karena menurut Dadang saat itu keinginan Gubernur Arsyadjuliandi Rachman sangat kuat untuk melanjutkan pembangunan jembatan Siak IV.

"Keinginan pak Andi sangat kuat melanjutkan jembatan  Siak IV, karena anggaran yang sudah dibelanjakan untuk pembangunan awal jembatan sangat besar. Dimana peralatan di bawah jembatan nilainya mencapai Rp50 miliar," ungkapnya.

Atas dasar itu, kata Dadang, maka pembangunan jembatan pada tahun anggaran 2017 dan 2018 dilanjutkan dengan tanggal kontrak 9 Agustus 2017. Dimana kelanjutan pembangunan memiliki nilai kontrak sebesar Rp107.502.791.773,45 yang sumber dananya dari APBD Riau tahun 2017 dan 2018.

Namun sebelum melanjutkan pembangunan jembatan Siak IV dengan kondisi yang sudah ditinggalkan beberapa tahun tersebut, kata Dadang, maka perlu dilakukan kajian, analisa dan review terhadap kondisi aktual jembatan.

"Dengan begitu maka kelanjutan pelaksanaan pembangunan jembatan sesuai dengan kaidah peraturan yang disyaratkan dan kekuatan yang menjadi syarat utama layaknya jembatan untuk dapat dilalui kendaraan," terangnya.

Sekedar tambahan, Jembatan Siak IV Pekanbaru memiliki panjang 800 meter dengan bentang utama 155 meter, bentang pendekat 7 x 45 meter dari arah Rumbai, bentang pendekat 5 x 45 meter dari arah Sudirman dan oprit 35 meter dari arah Rumbai. Lebar jembatan 20,50 meter dan jenis konstruksi cable stayed single pylon H = 75 meter.

Kemudian, panjang bentang 155 meter, kofigurasi kabel radial dengan life end pada bagian pylon, jenis kabel 1 strand 7 wire 0,6" HDPE, jumlah kabel MS dan BS 14 (ka/ki) dengan jarak antar kabel 10 meter. Konstruksi pylon beton dengan multistrand posttension BAR diameter 40 milimeter.
Penulis : Amin
Editor : Jef Syahrul
Kategori : Kota Pekanbaru, Riau, Pemerintahan
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
1 Komentar

Zainal Salam


Kamis, 14 Februari 2019 08:29 WIB
Alhamdulillah. Jazakallahu khairan untuk semuanya.

Berita Pilihan
Jumat, 17 Mei 2019
Kelompok Bertikai Diminta Menahan Diri, Kapolresta Pekanbaru Kerahkan Anggotanya Patroli
Jumat, 17 Mei 2019
5 Bulan Menunggak, Dewan Minta Penghuni Rusunawa Yos Sudarso Taat Aturan
Jumat, 17 Mei 2019
Tawuran di Jembatan Siak IV Berawal dari Senggolan Sepeda Motor
AMSI
Topik
Jumat, 22 Maret 2019
Plastik Masih Menjadi Permasalahan Utama Pencemaran Lingkungan di Kuansing
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan

CAKAPLAH TV lainnya ...
Senin, 20 Mei 2019
Ini Pesan Plt Kepala BPKAD Kepada Seluruh Pegawai
Senin, 20 Mei 2019
Muslimawati Catur Resmi Jabat Ketua Dekranasda Kampar
Senin, 20 Mei 2019
Bupati Kampar Serukan Persatuan dan Kesatuan
Minggu, 19 Mei 2019
Disparpora Meranti Gelar Festival Lampu Colok

Serantau lainnya ...
Kamis, 09 Mei 2019
5 Kebiasaan yang Dapat Diubah untuk Mencegah Kerontokan Rambut
Minggu, 28 April 2019
Gaya Hijab Casual untuk Kamu yang Feminin
Minggu, 28 April 2019
Tips Mudah untuk Menghilangkan Blackheads di Area Wajahmu
Senin, 15 April 2019
Mengintip Makanan dan Minuman Kesukaan Jokowi, Semuanya Kuliner Tradisional Indonesia

Gaya Hidup lainnya ...
Senin, 20 Mei 2019
Buka Puasa Bersama, Pemkab Meranti Eratkan Silaturrahmi dengan Masyarakat di Perantauan
Rabu, 15 Mei 2019
Safari Ramadan di Ruput, Bupati Bengkalis Berikan Sembako dan Santuni Anak Yatim
Selasa, 14 Mei 2019
Bupati Rohul: Jadi Kades Itu Berat, Harus Jadi Teladan Masyarakat
Sabtu, 11 Mei 2019
Pembangunan Bidang Kesehatan, Pemkab Rohil Tingkatkan Status Puskesmas dan Benahi Sistem Pelayanan RSUD

Advertorial lainnya ...
Minggu, 19 Mei 2019
Dua Varian Realme X Resmi Diumumkan, Harga Terjangkau!
Minggu, 19 Mei 2019
Ini Dia Zenfone 6, Smartphone Ter-flagship ASUS Berdesain Unik
Rabu, 15 Mei 2019
OnePlus 7 Pro Melenggang, Inilah Harga Resminya
Rabu, 15 Mei 2019
Apple Siapkan Dua Warna Baru untuk iPhone 2019

Tekno dan Sains lainnya ...
Kamis, 16 Mei 2019
Memahami 5 Jenis Kerutan pada Wajah dan Tips Mengatasinya
Rabu, 15 Mei 2019
Efek Berhenti Olahraga Ketika Ramadan
Sabtu, 06 April 2019
Tidur dengan atau Tanpa Bantal, Mana yang Lebih Baik?
Sabtu, 10 November 2018
Jerawat Tumbuh di Miss V Kamu? Jangan Dipencet, Bahaya!

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Selasa, 14 Mei 2019
Kedutaan AS Gelar Ramadan Outreach di Unilak, Rektor Ajak Buka Puasa Bersama
Minggu, 12 Mei 2019
Serahkan Bantuan, Rektor UIR Awali Safari Ramadan di Masjid An-Naba
Kamis, 09 Mei 2019
Belajar dari Para Penerima Beasiswa RAPP
Kamis, 02 Mei 2019
Tim Debat Bahasa Inggris PCR Raih 3rd Runner Up di NPEO 2019

Kampus lainnya ...

PCR
Terpopuler

01

Sabtu, 18 Mei 2019 14:00 WIB
Presiden Terbitkan Aturan Pemecatan PNS
IKLAN WAISAK APRIL
Foto
PTPN5
Sabtu, 27 April 2019
PGN Komit Perkuat Bisnis Gas
Jumat, 26 April 2019
Kembangkan Industrialisasi UMKM RAPP Gelar Temu Usaha Pelaku UMKM
Minggu, 07 April 2019
BOB Bantu Ruang Kelas untuk MTs LKMD Kasikan, Kampar
Rabu, 03 April 2019
Masuki Era 4.0 SMA Plus Taruna Andalan Berikan Pelajaran Industri

CSR lainnya ...
Rabu, 08 Mei 2019
Terbelit Kasus Penistaan Agama, Andre Taulany Diistirahatkan Dari NET TV
Sabtu, 02 Maret 2019
Foto Perdana Syahrini dan Reino Barack Akhirnya Beredar
Senin, 25 Februari 2019
Rami Malek Dinobatkan Jadi Aktor Terbaik di Oscar 2019
Selasa, 12 Februari 2019
Mulan Jameela Akan Dampingi Dhani Jalani Sidang Kedua

Selebriti lainnya ...
Senin, 22 April 2019
Infrastruktur Jalan, Listrik dan Pendidikan jadi Aduan Masyarakat ke Samsurizal Budi saat Reses
Senin, 22 April 2019
Terkait Persoalan PLN, Ketua DPRD Siak: Wajar Saja Kekesalan Warga Memuncak
Senin, 22 April 2019
Ketua DPRD Berang Pemkab Siak Tak Serius Sikapi Permasalahan Kampung
Senin, 22 April 2019
Ketua DPRD Siak: Gubri Komit Bangun Tanjung Buton

Parlementaria Siak lainnya ...
Sabtu, 04 Mei 2019
Ketika Nabi Muhammad Diolok-olok
Selasa, 16 April 2019
Jokowi dan Dua Presiden RI Lainnya yang Mendapat Keistimewaan Bisa Masuk Ka'bah
Selasa, 12 Februari 2019
Bimbang Menentukan Pilihan, Baca Doa Ini
Jumat, 23 November 2018
Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Riau Kompleks Berlangsung Semarak

Religi lainnya ...
Indeks Berita
www www