Jumat, 29 Maret 2024

Breaking News

  • Catatan Banjir Terparah, Bupati Zukri: Ini Harus jadi Perhatian Pemerintah Pusat   ●   
  • Jalan Sudirman Ujung Tergenang Banjir, PUPR Riau Turunkan Ekskavator Amfibi Bersihkan Parit   ●   
  • Akibat Galian IPAL, Jalan Ahmad Dahlan dan Balam Ujung Pekanbaru Ambruk   ●   
  • Berhasrat Ikut Pilgub Riau, Syamsurizal Incar Septina jadi Wakil
Agung Nugroho - Ramadan 2024M

Siapa Juara Premier League, ManCity Atau Liverpool?
Sabtu, 11 Mei 2019 06:01 WIB
Siapa Juara Premier League, ManCity Atau Liverpool?
Pertandingan Premier League antara Manchester City melawan Liverpool
(CAKAPLAH) - Gila. Mungkin itulah kata yang pas ditujukan untuk Premier League musim ini. Bagaimana tidak, saat hampir semua liga-liga top Eropa sudah menemukan juaranya sebelum musim berakhir, kompetisi kasta teratas Negeri Ratu Elizabeth harus menentukan sang kampiun hingga pekan terakhir. Yang gila lagi, ada persaingan Liverpool dan Manchester City, dua tim terakhir yang saling sikut demi menjadi yang terbaik di Inggris.

Sebelum membahas persiapan kedua tim jelang pertandingan pamungkas, sejenak mari kita lihat tabel klasemen sementara hingga pekan ke-37.

City saat ini berada di posisi puncak klasemen dengan catatan 95 poin. Sementara itu, Liverpool berada setingkat di bawahnya dengan jarak hanya satu poin dari The Citizens. Dari catatan poin kedua tim itu jelas, Premier League musim ini tergambar begitu panas dan sangat ketat.

Baik City maupun Liverpool wajib menang dalam laga hidup mati nanti. Sebab jika hanya seri apalagi kalah, maka mimpi menjadi juara Premier League secara otomatis akan terkubur. Terutama untuk Liverpool, yang belum pernah merasakan satu kali pun juara sejak format First Division berubah menjadi Premier League pada 1992 silam.

Lantas bagaimana soal peluang kedua tim? Dengan kualitas tim yang hampir sama, Liverpool dan City jelas punya peluang yang sama. Tapi sepertinya, City lebih beruntung sedikit jika dilihat dari calon lawannya. Ya, City akan melawat ke American Express Community Stadium, markas klub papan bawah, Brighton and Hove Albion.

Mengapa City disebut sedikit beruntung? Brighton saat ini sudah dipastikan bertahan di Premier League musim depan. The Seaguls hampir pasti akan finis di posisi ke-17 atau 16. Jadi, Brighton tentu takkan terlalu membuang tenaganya bak tim yang tengah berjuang dari jerat degradasi.

Sementara itu, City jelas unggul segalanya. Di atas kertas, City diprediksi bakal dengan mudah menghentikan perlawanan Brighton. Apalagi jika berkaca pada pertemuan pertama di Etihada Stadium pada 29 September 2018, saat itu The Sky Blues menang meyakinkan 2-0.

Sebaliknya bagi Liverpool, yang masih harus waspada dengan lawan terakhirnya. Ya, The Anfield Gang bakal menjamu tim pembunuh raksasa, Wolverhampton Wanderers, di Anfield. Mengapa anak asuh Juergen Klopp harus waspada?

Meskipun unggul kualitas pemain, Liverpool harus berkaca pada beberapa tim papan atas lainnya, yang pernah jadi korban agresivtas pasukan Nuno Espirito Santo. Ya, Arsenal, Chelsea, dan Manchester United, pernah ditumbangkan Diogo Jota cs. Jadi, bukan tanpa alasan mengapa Liverpool harus berhati-hati dan tetap fokus menghadapi laga melawan Wolves. Sebab jika sampai konsentrasi menurun, bukan tak mungkin Wolves bakal menghancurkan harapan Liverpool menjadi juara.

Minggu 'Mukjizat' Liverpool

Sekali lagi Liverpool mengharapkan 'mukzijat' kembali datang. Setelah melakukan comeback brilian saat menghadapi Barcelona di semifinal Liga Champions, The Reds kembali membutuhkan keajaiban untuk menjadi juara. Sebab seperti yang dikatakan tadi, City sedikit lebih beruntung dalam laga melawan Brighton.

Tak terlalu tegang, Klopp mengatakan bahwa bermain di akhir pekan dan tentunya di laga pamungkas musim selalu menyenangkan. Manajer berpaspor Jerman tahu jika timnya butuh mukjizat lagi. Akan tetapi, satu-satunya cara untuk menjaga semua kemungkinan juara adalah kemenangan baginya.

"Ini adalah pekan mukjizat. Saat-saat dimana ada permainan sepakbola hebat. Dari sudut pandang kami, jika ada momen permainan sepakbola yang hebat di akhir pekan, itu akan sangat menyenangkan," ujar Klopp dikutip BBC.

"Saya pikir mungkin banyak orang berharap saya bisa duduk di sini dan mengatakan 'Ok, Setelah tidak membicarakan final Liga Champions dan disebut sulit untuk menjadi juara'. Saat ini, kami juga berada di final dan itu masih sulit. Satu-satunya hal yang harus kami lakukan adalah memenangkan," kata Klopp.

Selain itu, Klopp juga menegaskan sudah berpikir keras soal laga melawan Wolves yang dikenal militan dan kerap membuat sulit tim-tim elite Inggris. Dalam pandangannya, Klopp melihat Wolves tidak hanya ingin menjadi tim penggembira Premier League. Raul Jimenez cs dianggap Klopp punya ambisi untuk membuktikan mereka punya peluang bersaing di tim-tim lain, termasuk enam tim teratas.

Sekali lagi Klopp menegaskan, kemenangan melawan Barcelona tidak jadi jaminan timnya akan kembali beringas dalam laga melawan Wolves. Akan tetapi, manajer berusia 51 tahun ini percaya bahwa timnya akan memberikan seluruh tenaganya untuk menang di laga itu.

"Kami sudah memikirkan Wolves. Anda mendapatkan jutaan pesan dan tidak ada yang berbicara soal akhir pekan ini (usai comeback melawan Barcelona). Mereka berbicara bahwa 'Semuanya sulit dipercaya' dan 'Semoga mendapatkan yang terbaik di final'. Tapi, kami harus bermain melawan Wolves saat ini," ucap Klopp melanjutkan.

"Itu tidak ada hubungannya dengan akhir pekan, kecuali kami harus percaya diri. Wolves ingin menunjukkan bahwa mereka bukan hanya sebagai tim penumpang di Premier League, tapi mereka adalah tim sepakbola yang nyata. Saya menghormatinya dan kami harus siap," katanya.

City Hidup dalam Mimpi

Fokus memang harus menjadi masing-masing tim. Harga mati dalam laga melawan Brighton jelas kemenangan. Dengan begitu, City dipastikan bakal menjadi juara Premier League musim ini, dan mencatat back to back alias berhasil mempertahankan gelar juara musim lalu.

Itulah yang yang ditekankan Pep Guardiola kepada para pemainnya untuk menghadapi pertandingan nanti. Manajer berpaspor Spanyol ini nampaknya ogah berharap dan melihat laga Liverpool melawan Wolves. Baginya, fokus dan memenangkan pertandingan melawan Brighton akan berarti juara. Jadi menurutnya, tak ada gunanya mengurusi hasil Liverpool melawan Wolves.

"Lebih baik untuk fokus pada apa yang harus kami lakukan. Jika kami menang, kami tidak harus melihat hal lain lagi. Sebuah mimpi untuk berada di sini. Saya tidak mengharapkan ini saat kami tertinggal tujuh poin (dari Liverpool pada awal 2019)," ujar Guardiola dikutip BBC.

Selain itu, Guardiola juga merasa sedikit tak percaya saat ini City malah mampu berbalik unggul atas Liverpool. Padahal pada awal 2019, Sergio Aguero cs sempat tertinggal tujuh poin di belakang Liverpool. Konsisten jadi kuncinya. Guardiola menyebut bahwa performa apik City sepanjang musim ini adalah sebuah fakta yang tak bisa dibantah.

"Kami menunjukkan banyak hal. Jika kami melakukan back to back itu akan sangat menyenangkan. Tetapi, tidak ada yang akan berubah terlalu banyak. Faktanya kami telah bermain dengan sangat baik sepanjang musim," eks pelatih Barcelona dan Bayern Munich.

Jadi, siapakah yang akan mengenakan mahkota juara Premier League musim ini? Apakah City yang akan mencatat sejarah untuk pertama kali juara dalam dua musim beruntun? Ataukan Liverpool yang juga berpeluang meraih gelar Premier League pertamanya setelah 18 gelar terdahulu di First Division?
Editor : Ali
Sumber : VIVA.co.id
Kategori : Olahraga
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Senin, 06 Februari 2023 05:52 WIB
Barcelona Lumat Sevilla 3-0
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Jumat, 29 September 2023
Komisi II Usul Kementerian ATR/BPN dan KLHK Kolaborasi Selesaikan Redistribusi Tanah
Jumat, 29 September 2023
Setjen DPR Berikan Perhatian Terhadap Pensiunan Melalui P3S
Kamis, 28 September 2023
TikTok Shop Cs Dilarang, Ketua DPR Berharap Aturan Baru Ciptakan Keseimbangan Pasar Digital dan Konvensional
Kamis, 21 September 2023
Ancaman DBD Meningkat, Puan Dorong Sosialisasi Masif Tekan Risiko Kematian

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 07 November 2023
Riau Terima Penghargaan Bhumandala Award 2023
Senin, 12 Desember 2022
Kapolda Riau Resmikan Kantor Pelayanan Terpadu Polres Rohil di Bagansiapiapi
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'

CAKAPLAH TV lainnya ...
Kamis, 28 Maret 2024
Jelang Pilkada, Subdit Politik Dir Intelkam Polda Riau Silaturahmi dengan Pengurus Partai Gelora Rohul
Kamis, 28 Maret 2024
HIPMI Pekanbaru Gelar Buka Puasa Bersama dan Santuni Anak Yatim
Kamis, 28 Maret 2024
Pemprov bersama Masjid Annur Riau Serahkan Santunan ke 150 Anak Yatim
Kamis, 28 Maret 2024
Ketua Komisi Kejaksaan Apresiasi Kerja Kejagung Usut Mega Korupsi Tambang Timah

Serantau lainnya ...
Kamis, 28 Maret 2024
RAFI 2024, Telkomsel Berbagi Harapan dan Perkuat Semangat Kebersamaan
Rabu, 27 Maret 2024
Kick Off Riau Sharia Week 2024, BI Gelar Capacity Building Nazhir Wakaf Produktif
Kamis, 21 Maret 2024
Eka Hospital Pekanbaru Beri Kiat Olahraga Saat Puasa
Senin, 18 Maret 2024
Jalan-jalan dengan Nyaman Bersama Sinar Jaya: Layanan dan Pemesanan Online

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 02 Maret 2023
Wadah Menyalurkan Bakat, Ketua DPRD Riau Yulisman Hadiri Festival Musik Akustik di SMA Negeri 1 Pasir Penyu Inhu
Rabu, 01 Maret 2023
Rapat Paripurna, DPRD Provinsi Riau Umumkan Reses Masa Persidangan I Tahun 2023
Selasa, 28 Februari 2023
Kunjungi Kemendikbud, Komisi V DPRD Riau Bahas Persoalan PPDB
Kamis, 23 Februari 2023
Disdik Gelar Pelatihan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru SD Se-Kota Pekanbaru

Advertorial lainnya ...
Kamis, 29 Februari 2024
Telkomsel dan ZTE Wujudkan Pengalaman Gigabit yang Andal dan Efisien
Selasa, 20 Februari 2024
Samsung Hadirkan Galaxy S24 Series dengan Kecerdasan Software Canggih
Jumat, 09 Februari 2024
Apple Kembangkan 2 Prototipe iPhone Lipat Bergaya Flip
Kamis, 01 Februari 2024
Samsung Buka-bukaan Soal Keunggulan Exynos 2400 di Galaxy S24 dan S24+

Tekno dan Sains lainnya ...
Kamis, 22 Februari 2024
Pemula di Dunia Yoga? Inilah Panduan Cara Memilih Matras Yoga yang Tepat
Sabtu, 27 Januari 2024
Cegah Resistensi, Gunakan Obat Antibiotik dengan Bijak
Senin, 15 Januari 2024
14 Persiapan Penting Awal Kehamilan untuk Calon Ibunda dan Buah Hati
Minggu, 17 Desember 2023
Liburan Sekolah Makin Meriah, Ratusan Peserta Ikuti Khitanan Massal

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Selasa, 26 Maret 2024
BPH UMRI Gelar Lomba Ibadah Praktis Sesuai Tuntunan HPT
Senin, 25 Maret 2024
Berhadiah Umrah dan Beasiswa, Umri Gelar Lomba Tahfidz Alquran
Kamis, 21 Maret 2024
UPT Promosi dan Penerimaan Mahasiswa Baru UMRI Taja Ifthor Jama’i
Jumat, 08 Maret 2024
Semarakkan Ramadan 1445 H, Umri Undang UAS hingga Santuni Seribu Dhuafa

Kampus lainnya ...
Rabu, 03 Mei 2023
Kompilasi Semarak Silaturahmi Satu HATI, CDN Bangkinang Santuni Anak Yatim
Rabu, 05 April 2023
Safari Ramadan, PT Musim Mas Salurkan Paket Sembako untuk Anak Yatim dan Fakir Miskin
Selasa, 04 April 2023
Telkomsel Siaga Rafi Sumbagteng Salurkan CSR untuk Panti Jompo bersama Dompet Dhuafa Riau
Jumat, 03 Maret 2023
Tingkatkan Kesehatan dan Budaya Lokal, Bank Mandiri Serahkan Bantuan ke Posyandu dan Grup Rebana

CSR lainnya ...
Jumat, 09 Februari 2024
Lika-liku 7 Perjalanan Asmara Ayu Ting Ting hingga Tunangan dengan Anggota TNI
Minggu, 28 Januari 2024
Huh Yunjin Bak Sehati Dengan Han So Hee Kala Cuma Pakai Dalaman Di Trailer LE SSERAFIM
Sabtu, 27 Januari 2024
Gigi Hadid dan Bradley Cooper Tak Sungkan Perlihatkan Kemesraan
Rabu, 24 Januari 2024
Park Ji-hyun Ungkap Persiapan Membinangi Drama Terbarunya

Selebriti lainnya ...

Iklan CAKAPLAH
Terpopuler
Foto
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Senin, 14 Agustus 2023
Pengurus Masjid Nurul Ikhlas Kubang Minta Tunjuk Ajar ke Wagubri
Sabtu, 12 Agustus 2023
Gebyar Kandis Bersholawat Bakal Dihadiri Ribuan Jemaah NU
Senin, 31 Juli 2023
Mualaf Riau Butuh Pembinaan, Begini Caranya...
Sabtu, 29 Juli 2023
Mantan Wawako Pekanbaru, Ayat Cahyadi Turut Saksikan Pengukuhan Pengurus Masjid Al-Hamidah Rejosari

Religi lainnya ...
Rabu, 13 Maret 2024
Kepala BKPSDM Pekanbaru Harapkan Kinerja ASN Maksimal Selama Bulan Ramadan
Jumat, 08 Maret 2024
Pemko Pekanbaru Sudah Tetapkan Jam Kerja ASN Selama Ramadan 1445 H
Rabu, 28 Februari 2024
Pemko Pekanbaru Masih Tunggu Juknis Pusat Terkait Seleksi CPNS dan PPPK
Selasa, 27 Februari 2024
Kepala BKPSDM Dampingi Pj Walikota Terima Penghargaan Anugerah Kualitas Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Tahun 2023

Galeri Foto lainnya ...
Indeks Berita
www www