Kamis, 28 Maret 2024

Breaking News

  • Catatan Banjir Terparah, Bupati Zukri: Ini Harus jadi Perhatian Pemerintah Pusat   ●   
  • Jalan Sudirman Ujung Tergenang Banjir, PUPR Riau Turunkan Ekskavator Amfibi Bersihkan Parit   ●   
  • Akibat Galian IPAL, Jalan Ahmad Dahlan dan Balam Ujung Pekanbaru Ambruk   ●   
  • Berhasrat Ikut Pilgub Riau, Syamsurizal Incar Septina jadi Wakil
Agung Nugroho - Ramadan 2024M

Setahun Rektor Akhmad Mujahidin dan Sengkarut di UIN Suska Riau
Selasa, 03 September 2019 12:21 WIB
Setahun Rektor Akhmad Mujahidin dan Sengkarut di UIN Suska Riau
Proyek pembangunan di UIN

PEKANBARU (CAKAPLAH) - Setahun sudah Prof Akhmad Mujahidin menjabat Rektor Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau sejak Juli 2018 lalu. Akhmad Mujahidin kerap mendapatkan protes dari civitas akademika UIN Suska. Dari persoalan mahasiswa, manajemen kampus hingga proyek yang mangkrak. Lho?

Kusnadi baru saja meletakkan ballpoint ke tumpukan kertas di hadapannya. Sepertinya ia telah selesai mengkoreksi beberapa kalimat yang ada di berkas tersebut.

"Ini lagi menyempurnakan kesimpulan untuk nanti saya serahkan ke PTUN. Lusa ada sidang kesimpulan. Dan mungkin seminggu setelah itu, sudah sidang putusan," ujar pria yang baru saja diberhentikan sebagai Wakil Rektor II UIN Suska Riau oleh rektor Akhmad Mujahidin.

Kusnadi menggugat Akhmad Mujahidin selaku Rektor UIN Suska ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Pekanbaru karena tak terima dirinya diberhentikan. Menurut penyandang doktor filsafat ini, alasan pemecatan dirinya tak sesuai dengan aturan yang ada sehingga ia pun optimis bisa memenangkan gugatan di PTUN.

"Doakan saja gugatan saya bisa dikabulkan pengadilan. Sehingga SK pemberhentian saya segera dicabut dan saya bisa kembali lagi bekerja melakukan pembenahan-pembenahan di kampus yang saat ini cukup memprihatinkan," kata lulusan doktoral UPI Bandung ini.

Kasus Kusnadi hanyalah satu dari persoalan yang dihadapi UIN Suska dalam setahun kepemimpinan Akhmad Mujahidin. Bahkan, saat baru menjabat rektor, Akhmad Mujahidin pun pernah bermasalah dengan mahasiswa. Ia dianggap telah melakukan aksi kekerasan dengan menampar mahasiwa berseragam resimen mahasiswa (Menwa) di hadapan ribuan mahasiswa baru UIN Suska yang sedang mengikuti kegiatan pengenalan kampus tahun 2018.

“Kami menolak tindak kekerasan di dalam kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK). Dimana kemarin itu ada mahasiswa yang ditampar oleh rektor sewaktu habis apel akbar, kemudian pada hari ini saat pembukaan PBAK ini, ada mahasiswa yang diminta push up serta dijambak rambutnya karena dinilai panjang. Padahal rambutnya pendek menurut kita,” sebut pengurus BEM UIN Suska 2018 kala itu, Haris Oky Adi Supinta.

Tak hanya tentang dugaan kekerasan terhadap mahasiswa, kepemimpinan Akhmad Mujahidin pun dinilai tak mampu mengakomodir nilai demokrasi dalam kegiatan mahasiswa. Buktinya, baru-baru ini, Unit Kegiatan Khusus dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKK/UKM) menyampaikan protesnya kepada rektor.

Menurut Aqif Sofwandi selaku juru bicara UKK/UKM, rektor telah melakukan tindakan semena-mena kepada aktivitas mahasiswa di UKK/UKM UIN Suska. Misalnya, Akhmad berencana akan memilih langsung ketua dan pengurus UKK/UKM. Padahal semestinya, yang memilih ketua dan pengurus tersebut adalah anggota UKK/UKM yang bersangkutan yang sesuai AD/ART masing-masing organisasi.

"Unit Kegiatan Khusus dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKK/UKM) UIN Suska Riau menolak kebijakan-kebijakan sepihak Rektor Prof Akhmad Mujahidin yang tidak sesuai dengan aturan yang berlaku dan sejumlah kebijakan yang semena-mena," ungkap Aqif dalam konferensi pers yang digelar media Agustus lalu.

Dan dalam tuntutannya, UKK/UKM meminta rektor segera mencairkan dana kegiatan mahasiswa agar organisasi mahasiswa bisa berjalan dengan baik di kampus.

"Kita minta rektor mempercepat mencairkan dana organisasi mahasiswa (Ormawa) karena semenjak dari awal tahun hingga sekarang (Agustus, red) UKK/UKM masih belum menerima anggaran kampus untuk kegiatannya," ujar aktivis pers mahasiswa tersebut.

Tidak sampai disitu, baru-baru ini UIN Suska Riau telah melaporkan mahasiswanya ke Polda Riau. Mahasiswa ini dilaporkan karena mahasiswa melakukan aksi demo.

"Iya, benar saya memang dilaporkan ke Polda," ujar mahasiswa yang dilaporkan tersebut, Yudi, kepada CAKAPLAH.com awal Juli lalu.

Mutasi Jabatan

Tak hanya sengkarut mahasiswa, mutasi pegawai dan dosen pun menimbulkan gejolak. Bahkan, ada dosen dan pegawai telah membuat aduan ke pengaduan online ke lapor.go.id.

"Saya telah buat aduan ke lapor.go.id. Soal mutasi pejabat di UIN yang langgar aturan, masuk dalam aduan saya. Dan sudah direspon," kata seorang dosen yang enggan disebutkan namanya.

Ada beberapa nama dan jabatan yang diprotes para dosen ini. Misalnya, nama Suriani yang kini menjabat sebagai Kepala UPT Pusat Pengembangan Bisnis (P2B) UIN Suska Riau. Suriani diprotes menjabat posisi kini karena posisi tersebut harusnya diisi oleh pejabat fungsional dosen. Sedangkan Suriani adalah fungsional Pustakawan.

"Pasal 59 Peraturan Menteri Agama (PMA) nomor 23 tahun 2014 tentang Statuta UIN Suska Riau yang mengatur Persyaratan calon Kepala Unit Pelaksana Teknis, salah satunya menentukan bahwa kepala UPT harus memiliki pangkat fungsional dosen, minimal Lektor. Sedangkan Suriani adalah fungsional Pustakawan Madya," ungkap sumber CAKAPLAH tersebut.

Selain Suriani, sejumlah nama lainnya juga disebut-sebut diangkat secara ganjil. Misalnya, Ahmad Supardi yang pernah menjabat Kepala Kanwil Agama Riau diangkat menjadi Plt Wakil Rektor II.

Pengangkatan Ahmad Supardi yang kini menjabat sebagai Kepala Biro Administrasi Umum Perencanaan dan Keuangan (AUPK) ini dinilai menyimpang dari PMA nomor 13 tahun 2014.

Tidak itu saja, pengangkatan Hanifah Aidil Fitri sebagai Kabag Perencanaan dan Plt Kabag Keuangan pun mendapat protes. Karena dianggap melanggar aturan yang ada. Begitu juga pengangkatan Laily Kurniati sebagai Plt Kabag Umum juga dianggap bermasalah.

"Pengangkatan pejabat-pejabat ini muaranya nanti kepada penggunaan anggaran. Kita khawatir pengangkatan pejabat dan pelaksana tugas ini berpotensi terhadap terjadinya korupsi di UIN. Sebab, pengangkatannya tak berdasar hukum dan seolah-olah UIN tak punya orang berkompeten yang bisa menjabat posisi tadi karena yang diangkat itu termasuk orang dekat rektor," jelas sumber tadi.

Yang jadi perhatian juga, pengangkatan ketua dan sekretaris jurusan di UIN juga dianggap bermasalah. Menurut sumber tadi, dalam statuta UIN yang berhak mengangkat ketua dan sekretaris jurusan itulah dekan, bukan rektor. "Sementara ada pemberhentian pengurus jurusan itu berdasarkan SK rektor. Ini jelas salah," jelasnya.

Gedung Mangkrak

UIN sedang membangun Gedung Dosen Terpadu. Namun hingga saat ini gedung tersebut mangkrak alias belum selesai.

"Pembangunan Gedung Dosen Terpadu UIN Suska Riau tahun 2018 yang dibiayai dari Surat Berharga Syariah Nasional (SBSN) mangkrak. Hanya diselesaikan sekitar 65 persen dari nilai pekerjaan sebesar Rp41,7 miliar," berdasarkan sumber yang diperoleh CAKAPLAH.com.

"Tak hanya persoalan gedung yang belum selesai-selesai, pola penunjukan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan adanya beberapa kali adendum juga disinyalir terdapat kelalaian dari rektor," tambah sumber itu lagi.

Nah, atas beberapa sengkarut yang terjadi di UIN tersebut, beberapa civitas akademika berencana akan menggelar rapat akbar untuk menyikapi persoalan ini. Namun hingga berita ini ditulis, rapat akbar belum juga digelar.

Sementara itu, Rektor UIN Suska Riau, Prof Akhmad Mujahidin, yang dikonfirmasi belum memberikam keterangan resminya. CAKAPLAH.com berusaha menghubungi telpon selulernya namun tak dijawab. Begitu juga pesan singkat CAKAPLAH.com juga belum dibalas. *

Penulis : Alzal
Editor : Ali
Kategori : Kota Pekanbaru, Riau, Pendidikan, Serba Serbi
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Lainnya
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Jumat, 29 September 2023
Komisi II Usul Kementerian ATR/BPN dan KLHK Kolaborasi Selesaikan Redistribusi Tanah
Jumat, 29 September 2023
Setjen DPR Berikan Perhatian Terhadap Pensiunan Melalui P3S
Kamis, 28 September 2023
TikTok Shop Cs Dilarang, Ketua DPR Berharap Aturan Baru Ciptakan Keseimbangan Pasar Digital dan Konvensional
Kamis, 21 September 2023
Ancaman DBD Meningkat, Puan Dorong Sosialisasi Masif Tekan Risiko Kematian

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 07 November 2023
Riau Terima Penghargaan Bhumandala Award 2023
Senin, 12 Desember 2022
Kapolda Riau Resmikan Kantor Pelayanan Terpadu Polres Rohil di Bagansiapiapi
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'

CAKAPLAH TV lainnya ...
Kamis, 28 Maret 2024
Danlanud Roesmin Nurjadin Terima Permintaan Jadi Dewan Penasehat Asykar Theking Pekanbaru
Kamis, 28 Maret 2024
Lebih dari 1000 Siswa MAN 1 Pekanbaru Ikuti Taqodaman Quran, Istighotsah, dan Mujahadah Sekaligus Salurkan ZIS
Rabu, 27 Maret 2024
IOH Ajak Masyarakat Bersama Rayakan Indah Ramadan Lewat Gerakan Sosial dan Pemberdayaan Ekonomi Lokal
Rabu, 27 Maret 2024
Kolaborasi dengan Berbagai Pihak, DPTPH Riau Gelar GPM di Delima

Serantau lainnya ...
Kamis, 28 Maret 2024
RAFI 2024, Telkomsel Berbagi Harapan dan Perkuat Semangat Kebersamaan
Rabu, 27 Maret 2024
Kick Off Riau Sharia Week 2024, BI Gelar Capacity Building Nazhir Wakaf Produktif
Kamis, 21 Maret 2024
Eka Hospital Pekanbaru Beri Kiat Olahraga Saat Puasa
Senin, 18 Maret 2024
Jalan-jalan dengan Nyaman Bersama Sinar Jaya: Layanan dan Pemesanan Online

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 02 Maret 2023
Wadah Menyalurkan Bakat, Ketua DPRD Riau Yulisman Hadiri Festival Musik Akustik di SMA Negeri 1 Pasir Penyu Inhu
Rabu, 01 Maret 2023
Rapat Paripurna, DPRD Provinsi Riau Umumkan Reses Masa Persidangan I Tahun 2023
Selasa, 28 Februari 2023
Kunjungi Kemendikbud, Komisi V DPRD Riau Bahas Persoalan PPDB
Kamis, 23 Februari 2023
Disdik Gelar Pelatihan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru SD Se-Kota Pekanbaru

Advertorial lainnya ...
Kamis, 29 Februari 2024
Telkomsel dan ZTE Wujudkan Pengalaman Gigabit yang Andal dan Efisien
Selasa, 20 Februari 2024
Samsung Hadirkan Galaxy S24 Series dengan Kecerdasan Software Canggih
Jumat, 09 Februari 2024
Apple Kembangkan 2 Prototipe iPhone Lipat Bergaya Flip
Kamis, 01 Februari 2024
Samsung Buka-bukaan Soal Keunggulan Exynos 2400 di Galaxy S24 dan S24+

Tekno dan Sains lainnya ...
Kamis, 22 Februari 2024
Pemula di Dunia Yoga? Inilah Panduan Cara Memilih Matras Yoga yang Tepat
Sabtu, 27 Januari 2024
Cegah Resistensi, Gunakan Obat Antibiotik dengan Bijak
Senin, 15 Januari 2024
14 Persiapan Penting Awal Kehamilan untuk Calon Ibunda dan Buah Hati
Minggu, 17 Desember 2023
Liburan Sekolah Makin Meriah, Ratusan Peserta Ikuti Khitanan Massal

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Selasa, 26 Maret 2024
BPH UMRI Gelar Lomba Ibadah Praktis Sesuai Tuntunan HPT
Senin, 25 Maret 2024
Berhadiah Umrah dan Beasiswa, Umri Gelar Lomba Tahfidz Alquran
Kamis, 21 Maret 2024
UPT Promosi dan Penerimaan Mahasiswa Baru UMRI Taja Ifthor Jama’i
Jumat, 08 Maret 2024
Semarakkan Ramadan 1445 H, Umri Undang UAS hingga Santuni Seribu Dhuafa

Kampus lainnya ...
Rabu, 03 Mei 2023
Kompilasi Semarak Silaturahmi Satu HATI, CDN Bangkinang Santuni Anak Yatim
Rabu, 05 April 2023
Safari Ramadan, PT Musim Mas Salurkan Paket Sembako untuk Anak Yatim dan Fakir Miskin
Selasa, 04 April 2023
Telkomsel Siaga Rafi Sumbagteng Salurkan CSR untuk Panti Jompo bersama Dompet Dhuafa Riau
Jumat, 03 Maret 2023
Tingkatkan Kesehatan dan Budaya Lokal, Bank Mandiri Serahkan Bantuan ke Posyandu dan Grup Rebana

CSR lainnya ...
Jumat, 09 Februari 2024
Lika-liku 7 Perjalanan Asmara Ayu Ting Ting hingga Tunangan dengan Anggota TNI
Minggu, 28 Januari 2024
Huh Yunjin Bak Sehati Dengan Han So Hee Kala Cuma Pakai Dalaman Di Trailer LE SSERAFIM
Sabtu, 27 Januari 2024
Gigi Hadid dan Bradley Cooper Tak Sungkan Perlihatkan Kemesraan
Rabu, 24 Januari 2024
Park Ji-hyun Ungkap Persiapan Membinangi Drama Terbarunya

Selebriti lainnya ...

Iklan CAKAPLAH
Terpopuler
Foto
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Senin, 14 Agustus 2023
Pengurus Masjid Nurul Ikhlas Kubang Minta Tunjuk Ajar ke Wagubri
Sabtu, 12 Agustus 2023
Gebyar Kandis Bersholawat Bakal Dihadiri Ribuan Jemaah NU
Senin, 31 Juli 2023
Mualaf Riau Butuh Pembinaan, Begini Caranya...
Sabtu, 29 Juli 2023
Mantan Wawako Pekanbaru, Ayat Cahyadi Turut Saksikan Pengukuhan Pengurus Masjid Al-Hamidah Rejosari

Religi lainnya ...
Rabu, 13 Maret 2024
Kepala BKPSDM Pekanbaru Harapkan Kinerja ASN Maksimal Selama Bulan Ramadan
Jumat, 08 Maret 2024
Pemko Pekanbaru Sudah Tetapkan Jam Kerja ASN Selama Ramadan 1445 H
Rabu, 28 Februari 2024
Pemko Pekanbaru Masih Tunggu Juknis Pusat Terkait Seleksi CPNS dan PPPK
Selasa, 27 Februari 2024
Kepala BKPSDM Dampingi Pj Walikota Terima Penghargaan Anugerah Kualitas Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Tahun 2023

Galeri Foto lainnya ...
Indeks Berita
www www