Selasa, 24 November 2020

Breaking News

  • KPK Tuntut Direktur PT Mitra Bungo Abadi 10 Tahun Penjara Dalam Kasus Korupsi Jalan Poros di Bengkalis   ●   
  • Bos Pertamina Gerah Diserang Gara-gara Harga BBM Tak Turun   ●   
  • 10 Staf DPR RI Dinyatakan Positif Covid-19   ●   
  • Pelantikan Pengurus DPD I Golkar Riau Ditunda karena Covid-19   ●   
  • DPD RI Tetap Tolak Pilkada Serentak 9 Desember 2020   ●   
  • Kejaksaan Agung akan Periksa Jaksa Penuntut 2 Polisi Penyiraman Novel Baswedan   ●   
  • Kecewa Putusan Bebas Tiga WNA, Mahasiswa Demo PN Bengkalis   ●   
  • Bulan Depan Pemko Pekanbaru 'Lelang' Jabatan Sekda dan Kepala OPD   ●   
  • Hasto Akui RUU HIP Diusulkan PDIP   ●   
  • Infeksi Virus Corona di Seluruh Dunia Tembus 10 Juta Kasus
Yamaha 16 November 2020

Barcelona Kandaskan Perlawanan Spurs di Wembley
Kamis, 04 Oktober 2018 04:37 WIB
Barcelona Kandaskan Perlawanan Spurs di Wembley
AFP/Ian Kington
(CAKAPLAH) - Barcelona bersuka, Tottenham Hotspur berduka. Laga kedua Grup B Liga Champions 2018/19 dituntaskan Barcelona dengan kemenangan 4-2.


Bertanding di Wembley Stadium nyatanya tak memampatkan keran gol anak-anak asuh Ernesto Valverde.

Empat gol di laga ini diciptakan oleh Phillipe Coutinho (2'), Ivan Rakitic (28'), dan Lionel Messi (56', 90'). Sementara, dua gol balasan tim tuan rumah berhasil dicetak oleh Harry Kane (52') dan Erik Lamela (66').

Berlaga di hadapan pendukung sendiri, Spurs turun dengan kekuatan penuh. Terlebih, laga pertama mereka saat melawan Inter Milan berakhir dengan kekalahan. Mauricio Pochettino turun arena dengan mengusung formasi 4-2-3-1.
Penyerang tunggal Harry Kane ditopang oleh trio Lucas Moura-Erika Lamela-Son Heung-min.
Sementara, formasi 4-3-3 yang dipakai Barcelona mendapuk Coutinho-Luiz Suarez-Lionel Messi sebagai trisula serangan. Di lini pertahanan, ada Jordi Alba-Clament Lenglet-Gerard Pique-Nelson Semedo yang mengawal kiper Marc-Andre ter Stegen.

Barcelona hanya membutuhkan waktu dua menit untuk membukukan keunggulan pertamanya. Prosesnya bermula dari umpan terobosan Messi ke area sayap kiri yang berhasil diterima dan diteruskan oleh Alba kepada Coutinho.

Lantas, sang bintang Brasil melepaskan sepakan ke pojok kiri gawang. Gol cepat initak hanya buah dari kerja sama Messi dan Alba, tetapi juga blunder Hugo Lloris dalam membaca arah bola. Alhasil, keunggulan 1-0 menjadi milik Barcelona di menit kedua.

Tersentak dengan gol cepat tadi, Spurs berusaha menekan sedapat mungkin. Dalam 15 menit pertama, ada dua upaya bangunan serangan yang mereka upayakan. Yang pertama, muncul pada menit ketujuh. Son dan Harry Winks bahu-membahu membangun serangan dari area sayap kiri.

Memanfaatkan kealpaan pemain Barcelona untuk menjaga Lamela, Winks melepaskan umpan kepada rekannya itu. Sayangnya, penyelesaian akhir Lamela terlampau spekulatif sehingga membuat sundulannya tak berarti apa pun bagi tim tamu.

Lima menit berselang, giliran Trippier yang melepaskan umpan terobosan kepada Lucas. Kali ini, serangan dibangun dari sebelah kanan kotak penalti lawan. Lamela kembali menjadi sosok yang disasar untuk menerima bangunan serangan itu. Namun, penyelesaian akhir tak sempat dilakukan Lamela. Sebabnya, ia terlambat merespons sehingga serangan mampu dikandaskan oleh Lenglet.

Alih-alih mencetak gol penyama kedudukan, Spurs kembali kebobolan pada menit 28. Rakitic sukses memanfaatkan umpan Coutinho yang mengarah ke depan area penalti. Bola hasil tembakan voli gelandang asal Kroasia itu sempat menabrak tiang dalam gawang, sebelum meluncur deras ke gawang yang dikawal Lloris.

Tiga menit sebelum kelahiran gol ini, Kane sebenarnya punya peluang untuk menggiring skor menjadi 1-1. Penyerang Timnas Inggris itu melepaskan tembakan keras ke arah gawang.

Sayangnya, arah tembakan itu begitu mudah dibaca oleh Ter Stegen. Tanpa kesulitan berarti, sang penjaga gawang sanggup menangkap bola dan membuat Kane kembali gigit jari.

Bermain di kandang lawan pada kenyataannya tak membuat Barcelona kehilangan dominasinya. Berusaha mengurung permainan lawan, Blaugrana tetap menjaga penguasaan bola, setidaknya di sepanjang babak pertama.

Hal ini dapat dilihat dari catatan statistik pertandingan. Terhitung, Barcelona memenangi 63,5% penguasaan bola, berbanding 36,5% milik Spurs.

Mengakhiri babak pertama dengan keunggulan 2-0 tidak menjadi perkara ajaib bila melihat catatan agresivitas Barcelona. Terhitung, mereka menciptakan 9 upaya tembakan dengan 5 di antaranya mengarah ke gawang di sepanjang paruh pertama. Sementara Spurs hanya melepaskan satu tembakan ke arah gawang.

Ketertinggalan 0-2 tak cukup hebat untuk membuat Spurs memasuki babak kedua sebagai gerombolan inferior.

Saat laga babak kedua baru berjalan tujuh menit, Kane membuktikan bahwa sengatnya belum habis. Setelah dua kali gagal membukukan penyelesaian akhir yang berbuah gol, kepahlawanan Lamela menunjukkan rupanya yang lain. Kali ini, ia bertindak sebagai sosok yang memberikan assist kepada sang penyerang tunggal.

Yang patut diberi kredit bukan hanya penyelesaian akhir Kane, tapi juga kejeliannya dalam mengecoh penjagaan Semedo. Dengan melakukan manuver gerakan sedikit memutar, Kane menciptakan ruang yang cukup untuk melepaskan sepakan kencang di sisi kanan pertahanan lawan. Ter Stegen yang terlambat mengantisipasi harus membayar mahal dengan kegagalan mempertahankan catatan nirbobol.

Namun, sorak-sorai pendukung Spurs kembali terhenti dua menit berselang. Penyebabnya, apa lagi kalau bukan gol tim tamu. Kali ini, Messi yang menjadi antagonis penghuni Wembley. Memanfaatkan assist Alba, La Pulga sukses memaksa Lloris memungut bola dari gawang sendiri untuk ketiga kalinya.

Intensitas permainan semakin meninggi di babak kedua. Hal ini terbukti dengan balas-membalas gol yang belum terhenti sampai di torehan Messi.
Pada menit 66, Spurs kembali memperkecil jarak ketertinggalan. Lamela lagi-lagi menjadi pahlawan karena kali ini, ia berhasil menorehkan gol kedua bagi Spurs lewat tendangan dari luar kotak penalti.

Sebenarnya, bola kiriman Lamela sempat membentur kaki Lenglet sebelum melesat ke pojok kanan gawang. Untuk sementara, Spurs memperkecil ketertinggalan menjadi 2-3.

Situasi menegangkan belum berhenti. Tiga kali kebobolan dalam satu laga rupanya belum membuat Lloris jera bermain api. Pada menit 67, kiper asal Prancis itu nyaris membuat blunder fatal yang bisa saja mencoreng namanya.

Setelah mengecoh Suarez di luar kotak penalti, Lloris mencoba melepaskan umpan pendek ke Ben Davies. Sayangnya, bola tersebut berhasil direbut oleh Messi. Namun, keberuntungan masih berteman dengan Spurs. Alderweireld berhasil memutus tembakan Messi di sisi kanan kotak penalti.

Selepas gol di menit 66 itu, Spurs mulai trengginas. Peluang demi peluang mereka ciptakan sehingga membuat barisan pertahanan Barcelona kerepotan. Setidaknya, ada lima tembakan mengarah ke gawang yang mereka lepaskan pasca-gol itu.

Bahkan pada menit 84, Lucas nyaris menyamakan kedudukan. Berlari ke sisi kiri area penalti, sang winger mengirim tembakan kencang ke arah gawang. Beruntung bagi Barcelona karena Lenglet tiba-tiba datang memblok bola.

Keasyikan menyerang, Spurs melupakan apa yang namanya pertahanan. Sikap abai ini lantas harus dibayar mahal di pengujung laga, pada menit 90. Tanpa kawalan, Messi berhasil menggiring bola hingga kotak penalti dan mengantarkannya pada situasi satu lawan satu dengan Lloris.

Lantas, sepakannya yang mengarah ke pojok kanan gawang lagi-lagi gagal diamankan oleh sang penjaga gawang. Akibatnya, Barca menjauh 4-2 di pengujung laga.

Bila ada yang pantas diberikan kredit atas gol Messi ini, maka ia adalah Alba yang berhasil membaca pergerakan Messi dan celah yang ditimbulkan lawan sebelum memberikan umpan tarik kepada sang penyerang. Gol ini menjadi yang terakhir di laga ini. Barcelona pulang dari Wembley berbekal cerita kemenangan 4-2.
Editor : Jef Syahrul
Sumber : Kumparan.com
Kategori : Olahraga
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Minggu, 04 Oktober 2020 22:12 WIB
Arsenal Kalahkan Sheffield 2-1
Jum'at, 15 Juni 2018 21:03 WIB
Uruguay Menang Dramatis Atas Mesir
Minggu, 16 September 2018 05:04 WIB
Madrid Imbang di Markas Bilbao
Jum'at, 12 Juli 2019 23:03 WIB
Barcelona Hargai Griezmann Rp12,6 Triliun
Kamis, 18 Oktober 2018 22:21 WIB
Gasak Taiwan, Timnas U-19 Puncaki Klasemen
Komentar
Berita Pilihan
Jumat, 30 Oktober 2020
Ini 342 Nama Peserta Lulus CPNS 2019 Kota Pekanbaru, Lihat Linknya di Sini
AMSI
Topik
Jumat, 22 Maret 2019
Plastik Masih Menjadi Permasalahan Utama Pencemaran Lingkungan di Kuansing
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan

CAKAPLAH TV lainnya ...
Senin, 23 November 2020
Jelang Pilkada Pelalawan, Bhabinkamtibmas Polsek Kerumutan Sampaikan Imbauan Kamtibmas
Senin, 23 November 2020
Cegah Penyebaran Covid-19, Polsubsektor Pelalawan Gelar Operasi Yustisi
Senin, 23 November 2020
Polsek Pangkalan Kerinci Sosialisasi Saber Pungli
Senin, 23 November 2020
Polsek dan Bhayangkari Bonai Darussalam Bangun Taman Ketahanan Pagan

Serantau lainnya ...
Senin, 09 November 2020
KD Tea & Coffee House, Tempat Ngeteh Asik di Pekanbaru
Rabu, 23 September 2020
Strategi Mengelola Pinjaman Online Saat Pandemi Corona
Sabtu, 04 Juli 2020
Lebih dari 5 Juta Orang Berebut Dapatkan Air Jordan 1 x Dior
Rabu, 18 Maret 2020
7 Cara Liburan Murah nan Menyenangkan

Gaya Hidup lainnya ...
Jumat, 28 Agustus 2020
PGN Komitmen Bangun Infrastruktur Baru Untuk Mendorong Bauran Energi Nasional
Jumat, 28 Agustus 2020
Jaga Ketahanan Listrik di Batam, PGN dan PT Energi Listrik Batam (ELB) Teken Perjanjian Jual Beli Gas
Senin, 17 Agustus 2020
Promo Merdeka 17 LSP, Program PGN Gratis Isi Gas kepada Pelanggan GasKu
Sabtu, 15 Agustus 2020
Optimalkan Portofilio Hilir, PGN Kejar Pengembangan Bisnis Global LNG

Advertorial lainnya ...
Selasa, 27 Oktober 2020
Tentang Rapid Test Antigen, Pengganti Rapid Test Antibodi
Selasa, 13 Oktober 2020
Tim Umri Serahkan Alat Pengering Buah untuk Masyarakat Desa Kualu Nenas
Sabtu, 04 Juli 2020
Sony Bakal Berubah Nama?
Selasa, 30 Juli 2019
Telkomsel Bundling Smartphone 4G dengan Cashback hingga Rp2 Juta

Tekno dan Sains lainnya ...
Jumat, 16 Oktober 2020
Tips Hindari Covid-19 di Pondok Pesantren
Rabu, 16 September 2020
Yuk Mengenal Langkah-langkah Perawatan Gigi Anak-anak
Sabtu, 04 Juli 2020
Minta Disetop, Pakar Sebut Rapid Test Sangat Tak Akurat, Publik Rugi
Selasa, 12 Mei 2020
Cegah Penularan Wabah, Mahasiswa Kukerta Universitas Riau 2020 Bentuk Tim Relawan Covid-19

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Kamis, 05 November 2020
UIR Wisuda 1.495 Mahasiswa Secara Daring, Lusi Eka Raih IPK Pemuncak 3,92
Senin, 26 Oktober 2020
Rektor Unilak Lantik Pejabatnya Secara Virtual, Ini Nama-nama yang Dilantik
Jumat, 23 Oktober 2020
Didukung Kemenristek/Brin, Dosen UIR Lakukan PKM Sistem Informasi Berbasis Pengaduan Masyarakat
Selasa, 13 Oktober 2020
UNISSA Brunei Gandeng UIR Kerjasama Buka Fakultas Pertanian

Kampus lainnya ...

Protokol Kesehatan 11 November 2020
Terpopuler

03

Duka cita Haidir Anwar Tanjung
Foto
Dapo Kanisya September 2020
RAPP - APRIL HUT Pelalawan Siak Kuansing 12 Oktober 2020
Jumat, 15 Mei 2020
BRI Salurkan Bantuan Rp 22,16 Miliar Hasil Donasi 62 Ribu Karyawan untuk Covid-19
Kamis, 23 April 2020
PT SRL dan Mitra Bagikan 17.500 Paket Sembako di Tiga Provinsi
Senin, 23 Maret 2020
PT Musim Mas Salurkan Bantuan Ternak Sapi untuk Kelompok Tani di Pelalawan
Jumat, 20 Maret 2020
PKS Sindora Rohil Segera Beroperasi, Manajemen Siapkan Program CSR Jangka Panjang

CSR lainnya ...
Hari Jadi Rohul dari Polres Rohul 12 Oktober 2020
Sabtu, 04 Juli 2020
Trending di Twitter, Maudy Ayunda Diduga Adu Mulut dengan Pria saat Live Instagram
Rabu, 01 April 2020
5 Fakta 'Aisyah Istri Rasulullah' yang Aslinya Lagu Cinta dari Malaysia
Rabu, 11 Maret 2020
Besok, Didi Kempot akan Goyang Ribuan Sobat Ambyar Pekanbaru
Selasa, 18 Februari 2020
Ashraf Sinclair Suami BCL Meninggal Dunia

Selebriti lainnya ...
HUT Siak - BSP 12 Oktober 2020
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
HUT Kabupaten Pelalawan - BSP 12 Oktober 2020
Kamis, 10 September 2020
Mau Ikutan Bedah Buku UAS dan Pelatihan Cara Bahagia Menghapal Al-Quran, Begini Cara Mendaftarnya
Sabtu, 04 Juli 2020
Batas Usia Daftar Haji Diminta Lebih Muda
Jumat, 12 Juni 2020
Ini Tiga Golongan yang Diberikan Ujian oleh Allah SWT
Rabu, 29 Mei 2019
Dewan: Bayar Zakat Fitrah Jangan Mepet Lebaran

Religi lainnya ...
Pesonna Hotel Pekanbaru - April 2020
Indeks Berita
FunBike New Normal 12 Oktober 2020NasDem 30 September 2020BSP Hut Riau ke-63APRIL RAPP HUT RI 75BOB PT BSP HUT RI 75APRIL RAPP HUT Riau ke-36Unilak Juli 2020Pemkab Siak New Normal 17 Juni 2020 OkPolres Rohul 27 Juni 2020APRIL RAPP - Waisak 7 Mei 2020APRIL HUT KAMPARHUT Meranti APRILImlek 2019 RAPPRAPP Idul Fitri 1441 / 2020
www www