Rabu, 24 April 2024

Breaking News

  • Catatan Banjir Terparah, Bupati Zukri: Ini Harus jadi Perhatian Pemerintah Pusat   ●   
  • Jalan Sudirman Ujung Tergenang Banjir, PUPR Riau Turunkan Ekskavator Amfibi Bersihkan Parit   ●   
  • Akibat Galian IPAL, Jalan Ahmad Dahlan dan Balam Ujung Pekanbaru Ambruk   ●   
  • Berhasrat Ikut Pilgub Riau, Syamsurizal Incar Septina jadi Wakil
Kelmi April 2024

Peringkat Dua UN SMP/MTs Se-Riau
Kerja Keras Kuansing Bidang Pendidikan Mulai Menampakkan Hasil
Kamis, 04 Juli 2019 09:50 WIB
Kerja Keras Kuansing Bidang Pendidikan Mulai Menampakkan Hasil
Kabid Dikdas PK-PLK Disdikpora Kabupaten Kuansing, Banjirman SPd MM.

(CAKAPLAH) - Kerja keras dari jajaran Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) untuk meningkatkan mutu pendidikan mulai menampakkan hasil. Setidaknya hal ini dapat dilihat dari hasil Ujian Nasional (UN) tahun 2019 ini untuk tingkat SMP/MTs, dimana Kuansing berhasil menempati peringkat kedua dari 12 kabupaten/kota se-Provinsi Riau.

Hasil yang membanggakan ini membuat jajaran dinas yang dipimpin Jupirman SPd itu lega dan sangat bersyukur. Pasalnya, hal ini memang sudah menjadi tekad dan komitmen jajaran dinas ini untuk memperbaiki peringkat UN SMP/MTs ini, tatkala Kuansing berada di peringkat terbawah se-Riau tahun 2018 lalu.

"Alhamdulillah berkat kerja keras semua pihak, kita berhasil memperbaiki peringkat hasil Ujian Nasional tingkat SMP/MTs kita dari yang paling bawah tahun lalu menjadi petingkat kedua tahun ini. Apresiasi dan terima kasih kami haturkan kepada semua pihak, terutama kepada guru dan siswa atas prestasi ini," ujar Kepala Disdikpora Kuansing Jupirman SPd melalui Kabid Dikdas Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus (PK-PLK) Banjirman SPd MM dalam perbincangannya dengan CAKAPLAH.com, Rabu (3/7/2019) di ruang kerjanya.

Lantas, apa kiat Dinas Dikpora Kuansing sehingga berhasil meningkatkan kualitas siswanya yang dibuktikan dengan terjadinya lompatan peringkat hasil UN SMP/MTs ini?

Menjawab pertanyaan ini, Banjirman menjelaskan, berdasarkan evaluasi yang dilakukan pihaknya diketahui bahwa rendahnya nilai UN siswa di Kuansing selama ini pada umumnya disebabkan ketidaktahuan siswa akan bentuk soal. Bentuk soal ini sendiri bersumber dari kisi-kisi yang ada.

"Terkadang kisi-kisinya sudah ada, cuma guru-guru kita untuk mengaplikasikan kisi-kisi itu ke indikator untuk pembuatan soal mungkin tidak bisa, atau kurang paham, atau tidak mendekati sama sekali prediksi yang akan timbul dari kisi-kisi tersebut," ujar Banjirman.

Bertolak belakang dari itu, pihak Dinas Dikpora Kuansing mendatangkan nara sumber untuk membedah kisi-kisi tersebut. Dengan adaya bedah kisi-kisi itu akan menghasilkan indikator dan membuatkan soal yang berhubungan dengan kisi-kisi tersebut.

"Ibarat main bola, posisi bola sudah tahu dimana letaknya, di pojok mana dia berada. Kalau selama ini, orang tahu bola ada di lapangan bola, tapi dimana letaknya tidak tahu," ujar Banjirman menganalogikan.

Maka dari itu Dinas Dikpora Kuansing melakukan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Universitas Riau (Unri). Dinas Dikpora Kuansing mendatangkan dosen-dosen Unri sebagai nara sumber untuk memberikan pelatihan kepada guru-guru di Kuansing. Adapun dana untuk pelatihan ini berasal dari APBD Kuansing. Dalam arti kata, dukungan dari pemerintah sangat membantu sekali.

"Dari awal sebelum kita berkoordinasi dengan pihak Unri itu, judul kita adalah bagaimana supaya nilai UN itu meningkat, bertitik tolak dari kisi-kisi Ujian Nasional 2019. Dari situ titik tolak orang Unri itu, karena itu judulnya mengangkat nilainya. Alhamdulillah berhasil. Soal yang keluar dari kisi-kisi itu tudak jauh dari apa yang dibahas oleh guru-guru kita dengan nara sumber tersebut," jelas Banjirman.

Bupati Kuansing Drs H Mursini MSi didampingi Kepala Disdikpora Jupirman SPd dan Sekretaris Disdikpora Masrul Hakim saat meninjau pelaksanaan Ujian Nasional tingkat SMP/MTs beberapa waktu lalu.

Setelah melakukan bedah kisi-kisi pembuatan soal dengan dosen Unri bersama guru-guru itu, lalu diterbitkanlah soal try out ke siswa. "Kita cobakan soal itu kepada siswa. Alhamdulillah, dari soal-soal yang kita ujikan kepada siswa itu, nampaklah kenaikannya dari hasil Ujian Nasional yang dulu," ujar Banjirman lagi.

Meskipun dari try out yang dilakukan tersebut kenaikan hasil sudah nampak, namun hal ini tidak lantas membuat pihak Dinas Dikpora cepat berpuas diri. Upaya lain masih dilakukan yakni dengan mengumpulkan seluruh kepala sekolah melalui Forum Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS), bagaimana pula upaya sekolah untuk meningkatkan hasil Ujian Nasional ini.

"Dari dinas telah kita lakukan pelatihan guru-guru dengan dosen Unri. Dari pihak MKKS juga. Sama misinya, dengan juga meningkatkan hasil Ujian Nasional tersebut, dengan cara memanfaatkan dana sekolah, dana BOS (Biaya Operasional Sekolah) misalnya.

Pihak MKKS juga bekerjasama dengan widyaiswara, ada widyaiswara bersumber dari Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP), ada widyaiswara dari Dinas Pendidikan Provinsi, juga bekerjasama dengan pihak lain, dengan beberapa penerbit. Semua penerbit dirangkul untuk sama-sama membantu supaya nilai ini naik.

Nah, dari hasil Diklat yang dilakukan oleh MKKS bekerjasama dengan widyaiswara tadi, Unri, LPMP Dinas Pendidikan Provinsi tadi itu, juga sama misinya, melatih guru bidang study Ujian Nasional, untuk membuat soal yang mendekati yang akan timbul, yang akan keluar di Ujian Nasional itu. Bertolak dari kisi-kisi itu tadi. Setelah dilakukan pelatihan sekaligus membuat soal itu, langsung diujicobakan lagi ke siswa. Dari hasil dua kali try out itu nampak kenaikan yang signifikan.

"Alhamdulillah berkat doa dan dukungan orang tua wali murid juga," ujar Banjirman.

Banjirman juga berharap orang tua wali murid mendukung program-program sekolah agar mutu pendidikan di Kuansing ini lebih baik dibandingkan dua tahun sebelumnya.

"Saya tidak pula beriming-iming harus mencapai petingkat satu, dua, atau tiga, tidak. Saya hanya ingin bagaimana supaya hasil Ujian Nasional siswa kita itu meningkat dari dua tahun sebelumnya, itu saja. Saya target cuma itu," ujar Banjirman.

Banjirman menyadari betul pepatah bijak yang mengatakan bahwa mempertahankan suatu prestasi itu lebih sulit dari meraih prestasi itu sendiri. Perlu upaya yang lebih keras lagi untuk mempertahankan prestasi yang sudah sangat bagus tersebut.

Untuk itu, pihaknya tetap mempertahankan program tahun 2019 ini untuk menghadapi tahun 2020. Bahkan juga akan menambah nara sumber, yang dulunya nara sumber untuk bedah kisi-kisi itu didatangkan dari provinsi, bersama dengan Unri dan Disdik Provinsi, untuk tahun ini pihaknya juga akan mencari nara sumber ke Pusdiklat Kemendikbud di Jakarta. Artinya, nara sumber itu adalah orang yang langsung membuat soal itu.

"Rencana kita begitu. Kemarin saya sudah hubungi orang Pusdiklat saat kami ada kegiatan di Pekanbaru. Mudah-mudahan dana yang kita anggarkan itu tidak terkena rasionalisasi. Itu harapan kita," ulas Banjirman. (Advertorial)

Penulis : Suharman
Editor : Ali
Kategori : Kabupaten Kuantan Singingi, Pendidikan, Pemerintahan
Idulfitri 1445 Riau Petroleum
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Jumat, 29 September 2023
Komisi II Usul Kementerian ATR/BPN dan KLHK Kolaborasi Selesaikan Redistribusi Tanah
Jumat, 29 September 2023
Setjen DPR Berikan Perhatian Terhadap Pensiunan Melalui P3S
Kamis, 28 September 2023
TikTok Shop Cs Dilarang, Ketua DPR Berharap Aturan Baru Ciptakan Keseimbangan Pasar Digital dan Konvensional
Kamis, 21 September 2023
Ancaman DBD Meningkat, Puan Dorong Sosialisasi Masif Tekan Risiko Kematian

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 07 November 2023
Riau Terima Penghargaan Bhumandala Award 2023
Senin, 12 Desember 2022
Kapolda Riau Resmikan Kantor Pelayanan Terpadu Polres Rohil di Bagansiapiapi
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'

CAKAPLAH TV lainnya ...
Selasa, 23 April 2024
Workshop Pengembangan Ekosistem Ekonomi Kreatif di Riau Diikuti Puluhan Insan Ekraf
Selasa, 23 April 2024
Bahas Cooling System Pemilu, Korum PPI Riau Terima Kunjungan PKDN Sespimti Polri
Selasa, 23 April 2024
Izin Tinggal Peralihan Jembatani Proses Transisi Izin Tinggal WNA di RI
Selasa, 23 April 2024
Gelar Workshop UKMK Berbasis Kelapa Sawit, Aspek-Pir Riau Angkat Tema Kecantikan

Serantau lainnya ...
Minggu, 07 April 2024
Pererat Silaturahmi, Siwo PWI Riau Gelar Buka Bersama BJB dan PSSI
Kamis, 04 April 2024
5 Ide Resep Masakan Pakai Rice Cooker, Cocok untuk Anak Kos!
Kamis, 04 April 2024
Rekomendasi Fashion Wanita Zaman Sekarang
Jumat, 29 Maret 2024
Pengusaha Wanita di Riau Bagi-bagi Takjil Gratis kepada Pengguna Jalan

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 02 Maret 2023
Wadah Menyalurkan Bakat, Ketua DPRD Riau Yulisman Hadiri Festival Musik Akustik di SMA Negeri 1 Pasir Penyu Inhu
Rabu, 01 Maret 2023
Rapat Paripurna, DPRD Provinsi Riau Umumkan Reses Masa Persidangan I Tahun 2023
Selasa, 28 Februari 2023
Kunjungi Kemendikbud, Komisi V DPRD Riau Bahas Persoalan PPDB
Kamis, 23 Februari 2023
Disdik Gelar Pelatihan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru SD Se-Kota Pekanbaru

Advertorial lainnya ...
Sabtu, 20 April 2024
7 Keunggulan Samsung Galaxy S23 Ultra, Dapatkan di Blibli
Kamis, 29 Februari 2024
Telkomsel dan ZTE Wujudkan Pengalaman Gigabit yang Andal dan Efisien
Selasa, 20 Februari 2024
Samsung Hadirkan Galaxy S24 Series dengan Kecerdasan Software Canggih
Jumat, 09 Februari 2024
Apple Kembangkan 2 Prototipe iPhone Lipat Bergaya Flip

Tekno dan Sains lainnya ...
Kamis, 18 April 2024
Ini Dia Manfaat Merawat Gigi, Yuk, Kunjungi Klinik Gigi Terdekat Sekarang!
Kamis, 22 Februari 2024
Pemula di Dunia Yoga? Inilah Panduan Cara Memilih Matras Yoga yang Tepat
Sabtu, 27 Januari 2024
Cegah Resistensi, Gunakan Obat Antibiotik dengan Bijak
Senin, 15 Januari 2024
14 Persiapan Penting Awal Kehamilan untuk Calon Ibunda dan Buah Hati

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Sabtu, 06 April 2024
Rangkaian Ramadan Ceria Umri Berakhir, 5.000 Orang Terima Manfaat
Selasa, 26 Maret 2024
BPH UMRI Gelar Lomba Ibadah Praktis Sesuai Tuntunan HPT
Senin, 25 Maret 2024
Berhadiah Umrah dan Beasiswa, Umri Gelar Lomba Tahfidz Alquran
Kamis, 21 Maret 2024
UPT Promosi dan Penerimaan Mahasiswa Baru UMRI Taja Ifthor Jama’i

Kampus lainnya ...
Rabu, 03 Mei 2023
Kompilasi Semarak Silaturahmi Satu HATI, CDN Bangkinang Santuni Anak Yatim
Rabu, 05 April 2023
Safari Ramadan, PT Musim Mas Salurkan Paket Sembako untuk Anak Yatim dan Fakir Miskin
Selasa, 04 April 2023
Telkomsel Siaga Rafi Sumbagteng Salurkan CSR untuk Panti Jompo bersama Dompet Dhuafa Riau
Jumat, 03 Maret 2023
Tingkatkan Kesehatan dan Budaya Lokal, Bank Mandiri Serahkan Bantuan ke Posyandu dan Grup Rebana

CSR lainnya ...
Jumat, 09 Februari 2024
Lika-liku 7 Perjalanan Asmara Ayu Ting Ting hingga Tunangan dengan Anggota TNI
Minggu, 28 Januari 2024
Huh Yunjin Bak Sehati Dengan Han So Hee Kala Cuma Pakai Dalaman Di Trailer LE SSERAFIM
Sabtu, 27 Januari 2024
Gigi Hadid dan Bradley Cooper Tak Sungkan Perlihatkan Kemesraan
Rabu, 24 Januari 2024
Park Ji-hyun Ungkap Persiapan Membinangi Drama Terbarunya

Selebriti lainnya ...

Mutiara Merdeka Hotel - April 2024
Terpopuler
Iklan CAKAPLAH
Foto
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Senin, 14 Agustus 2023
Pengurus Masjid Nurul Ikhlas Kubang Minta Tunjuk Ajar ke Wagubri
Sabtu, 12 Agustus 2023
Gebyar Kandis Bersholawat Bakal Dihadiri Ribuan Jemaah NU
Senin, 31 Juli 2023
Mualaf Riau Butuh Pembinaan, Begini Caranya...
Sabtu, 29 Juli 2023
Mantan Wawako Pekanbaru, Ayat Cahyadi Turut Saksikan Pengukuhan Pengurus Masjid Al-Hamidah Rejosari

Religi lainnya ...
Rabu, 13 Maret 2024
Kepala BKPSDM Pekanbaru Harapkan Kinerja ASN Maksimal Selama Bulan Ramadan
Jumat, 08 Maret 2024
Pemko Pekanbaru Sudah Tetapkan Jam Kerja ASN Selama Ramadan 1445 H
Rabu, 28 Februari 2024
Pemko Pekanbaru Masih Tunggu Juknis Pusat Terkait Seleksi CPNS dan PPPK
Selasa, 27 Februari 2024
Kepala BKPSDM Dampingi Pj Walikota Terima Penghargaan Anugerah Kualitas Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Tahun 2023

Galeri Foto lainnya ...
Indeks Berita
www www