Senin, 20 September 2021

Breaking News

  • Harga Sawit di Riau Naik Lagi, Tembus Rp2.800 Perkilogram   ●   
  • Kabar Gembira! Saudi Arabia segera Beri Izin Umrah, Jamaah Diminta Manfaatkan Fasilitas Vaksin   ●   
  • DPRD Riau Dukung Sekolah Tatap Muka Dimulai Lagi   ●   
  • Pasokan Listrik untuk Blok Rokan Dipastikan Aman   ●   
  • Polda Riau Sudah Periksa Syamsuar Terkait Karikatur Gubernur Drakula   ●   
  • Kejagung Tetapkan Pelanggar PPKM Darurat Diancam 1 Tahun Penjara   ●   
  • Cegah Penyebaran Varian Delta, Masuk Riau Lewat Jalur Darat dan Laut Wajib Swab Antigen   ●   
  • Gubri: Zona Merah dan Oranye Dilarang Salat Idul Adha di Masjid   ●   
  • Ditanya Perkembangan Perkara Suap Annas Maamun di RAPBD Riau Tahun 2014-2015, KPK Bungkam   ●   
  • WNA Masuk Indonesia, PKS: Jangan Sampai Publik Mengira PPKM Darurat Hanya Lip Service!
Yamaha 18-21 September 2021

Opini:
Polemik Berita Mutasi Pejabat Riau, Dalam Perspektif Kehumasan Pemerintah di Era Digital
Senin, 13 Januari 2020 17:31 WIB
Polemik Berita Mutasi Pejabat Riau, Dalam Perspektif Kehumasan Pemerintah di Era Digital

Beberapa hari belakangan Pemerintah Provinsi Riau dihantam opini miring pasca gelombang pertama pelantikan pejabat setingkat eselon 3 dan 4 di era kepemimpinan Gubernur Syamsuar-Edy Natar. Yang jadi isu hangat adalah berita dilantiknya sejumlah keluarga petinggi Gubernur dan Sekretaris Daerah pada sejumlah jabatan. Sejatinya, secara persentase kerabat petinggi Riau yang dilantik sebenarnya tidak seberapa.

Namun entah kenapa isu ini kemudian menjadi seksi dan bergulir bak bola salju. Di mulai dari skala media lokal Riau, isu ini kemudian menjadi menasional. Media siber dan media sosial skala nasional membuat isu ini menjadi makin ramai. Seperti media siber detik.com, mediaIndonesia.com, dan tempo.co dan lainnya. Bahkan Lembaga Penyiaran atau elevise skala nasional pun tak ketinggalan menjadikannya berita dan rubrikasi.

Akun media sosial panfage FB, Deny Siregar, Mak Lambe Turah, KataKita ikut memposting berita ini. Kaskus pun membuat tread dengan sumber berita mengutip dari mediaindonesia.com. Sejumlah pengamat dan politisi lokal dan nasional akhirnya ikut terseret berkomentar. Pejabat Pusat pun menanggapi. Dan isu itu terus bergulir dan belum berhenti hingga tulisan ini dibuat.

Dalam tulisan ini, penulis tidak menelisik dari mana asal mula pemberitaan. Apakah media massa atau media sosial. Melalui aplikasi seperti Drone Emprit, hal tersebut bisa ditelusuri. Yang perhatian penulis adalah minim dan low respon-nya Pemerintah Provinsi Riau pada awal-awal opini mencuat. Tercatat hanya Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Riau, Ikhwan Ridwan, yang merespon dan itu dengan pernyataan yang sangat normatif bahwa pelantikan tersebut sudah sesuai aturan.

Kemudian yang menjadi perhatian penulis, bertepatan ketika isu hangat ini bergulir kencang, posisi Kehumasan Pemeritahan Provinsi Riau memang sedang dalam ‘kegalauan’ besar. Ibarat pasukan tempur, gelombang mutasi tersebut juga sekaligus membuat Satuan Kerja Kehumasan kehilangan komando. Karena Biro Humas, Protokol dan Kerjasama (HPK) yang sebelumnya menjadi rumah Humas Pemerintah Provinsi Riau, terlikuidasi sebagai implikasi diberlakukannya Peraturan Menteri Dalam (Permendagri) Nomor 56 Tahun 2019 Tentang Pedoman Nomenkaltur dan Unit Kerja Sekretariat Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Namun mencermati lampiran Pemendagri 56./2019 tersebut, fungsi Kehumasan Pemerintah Provinsi Riau sesungguhnya bukan hilang atau terlikuidasi. Karena ada rumah barunya di Biro Admistrasi Pimpinan. Salah satu Bagiannya adalah Bagian Materi dan Komunikasi Pimpinan. Merujuk lampiran pada Permendagri tersebut, tugas pokok Bagian Materi dan Komunikasi Pimpinan ini ‘serupa’ atau sebangun dengan Bagian Humas saat saat masih di Biro HPK. Karena itu Bagian Materi dan Komunikasi Pimpinan ini ada fungsi Juru Bicara, publikasi, kerja sama media dan dokumentasi kepala daerah dan wakil kepala daerah.

Tidak hanya itu, Peraturan Menteri Komunikasi dan Informasi (Permenkominfo) Nomor 8 Tahun 2018 Tentang Tentang Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan Konkuren Bidang Komunikasi dan Informatika,pada Bab II menjelaskan tentang Sub Urusan Informasi dan Komunikasi Publik. Pada Bagian Kesatu, Pasal 4 ayat (1), dijelaskan Pemerintah Daerah provinsi dan kabupaten/kota menyelenggarakan Urusan Pemerintahan bidang komunikasi dan informatika sub urusan informasi dan komunikasi publik, termasuk kehumasan Pemerintah Daerah.

Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan bidang komunikasi dan informatika sub urusan informasi dan komunikasi publik sebagaimana dimaksud pada ayat (1) meliputi: (a). perumusan kebijakan teknis bidang informasi dan komunikasi publik; (b). monitoring opini dan aspirasi publik; (c).monitoring informasi dan penetapan agenda prioritas komunikasi Pemerintah Daerah; (d). pengelolaan konten dan perencanaan Media Komunikasi Publik; (e). pengelolaan Media Komunikasi Publik; (f). pelayanan Informasi Publik; (g). layanan hubungan media; (h). kemitraan dengan pemangku kepentingan; (i). manajemen komunikasi krisis; (j). penguatan kapasitas sumber daya komunikasi publik; dan (k).dukungan administratif, keuangan, dan tata kelola komisi informasi di daerah.

Dengan regulasi yang sudah ada tersebut, sesungguhnya Kehumasan Pemerintah Provinsi Riau pada Era Digital ini bisa lebih kuat karena dipayungi regulasi yang memadai. Apalagi, Pemerintah Provinsi Riau setakad ini juga sudah menjalankan kanal-kanal digital sebagai corong informasi. Setidaknya tercatat ada : www.mediacenter.riau.go.id, www.humas.riau.go.id, www.streaming.riau.go.id, instagram (IG) humas_riau, IG infopublik.riau, dan IG diskomininfoprovriau. Kini pertanyaannya, apakah dalam mutasi eselon3 dan 4 gelombang pertama tersebut, struktur tersebut sudah disesuaikan regulasi baru dan diisi dengan pejabat yang sesuai dengan kompetensinya untuk menjalakan tantangan kehumasan pemerintahan pada era digital ini?

Pengamatan penulis, akun IG humas_riau belum memberi respon beberapa hari pasca heboh mutasi pejabat. Namun Senin (13/1/2020), akun IG dengan 12,5 ribu follower tersebut sudah menjawab isu hangat tentang mutasi pejabat yang bergulir. Dilengkapi grasfis dan narasi yang merespon pemberitaan yang sudah terlanjur bergulir jauh. Begitu juga www.mediacenter.riau.goi.id, juga merespon dengan sebuah berita yang diposting Ahad (12/1/2020), pukul 23.50 WIB, dengan judul “Saiman: Mutasi Adalah Penyegaran Biasa dan Tidak Ada Yang Dilanggar”.

Praktisi Public Relations ternama di Indonesia, Agung Laksamana, dalam bukunya, Public Relations in the Age of Disruption, mengatakan harus diakui, dunia digital telah mendisrupsi dunia media. Otomatis juga berdampak pada dunia kehumasan (Public Relations). Ketua Badan Pengurus Pusat (BPP) Perhumas Indonesia ini, mengatakan, 10 tahun lalu, PR hanya perlu memperhatikan media tradisional. Kini, PR harus memonitor dan menganalisis semua channel, mulai dari Twitter, LinkedIn, YouTube, Facebook, LINEToday, hingga grup WhatsApp. Jumlah media online pun terus bertambah.

Sementara Chief Executuve Officer (CEO) Bambodoea Communication, Heri Rakhmadi, dalam Tabloid Inspirasi Edisi 20 Tahun 2019, menginventarisasi ada lima lingkaran persoalan internal Humas Pemerintahan atau Government Public Relations (GPR). Yaitu: organisasi dan sumber daya manusia; alat ukur, monitoring dan evaluasi; mekanisme birokrasi dan anggaran, infrastruktur kehumasan, kesadaran pimpinan dan dukungan internal.

Sedang penulis menyimpulkan, karena kini kita sudah berada di era digital, maka medan pertempuran opini dan pencitraan adalah di kanal-kanal media siber dan sosial. Dan Kehumasan Pemerintah Provinsi Riau harus siap dengan segala sumber dayanya untuk ‘pertempuran’ tersebut.

Penulis : Asril Darma, mahasiswa Program Studi Magister Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Riau
Editor : Jef Syahrul
Kategori : Cakap Rakyat
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Senin, 15 Februari 2021 12:47 WIB
Jangan Mudah Percaya Terhadap Kritik
Jum'at, 17 April 2020 21:05 WIB
Membaca PSBB Pekanbaru
Senin, 16 Oktober 2017 21:05 WIB
Pilkada 2018: Duel Mahal dan Paling Akbar
Rabu, 01 Januari 2020 18:25 WIB
Antara Bulan dan Matahari
Kamis, 06 Juli 2017 16:45 WIB
Salah 1 Menit, Tekor 10 Tahun
Selasa, 02 Mei 2017 14:12 WIB
Demografi dan Pilkada
Senin, 22 Mei 2017 13:16 WIB
Peluang Menang Kalah Petahana
Senin, 09 Oktober 2017 18:29 WIB
Konstelasi Politik Pilgub Riau 2018
Jum'at, 30 Juni 2017 20:03 WIB
Membangun Fly Over dengan Dana CSR
Senin, 02 Oktober 2017 17:07 WIB
Menunggu Nasib 300 Desa Pasca Perda RTRWP Riau
Senin, 14 Agustus 2017 18:08 WIB
Perda Bahasa Melayu
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Senin, 13 September 2021
Kata NasDem Jika Amandemen Terbatas UUD 1945 Dilakukan, Malah Akan Buka Kontak Pandora
Kamis, 19 Agustus 2021
Tak Ingin Partainya dan MKD Dianggap Disfungsi, Junimart Pastikan Tindak Lanjuti Dugaan Pelanggaran Etik Arteria
Selasa, 17 Agustus 2021
Ajak Rakyat Merdeka Dari Pandemi, Aboebakar: Selalu Ada yang Berkhianat Seperti Korupsi Bansos
Sabtu, 14 Agustus 2021
Anggota DPR Ini Sebut Kebijakan PPKM Bawa Indonesia Keluar dari Puncak Kasus Covid-19

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Senin, 12 April 2021
Terapkan Digitalisasi, Operasi PT CPI Makin Kompetitif
AMSI
Topik
Jumat, 07 Mei 2021
Dugaan Penggelapan Jual Beli Tanah, Rico Berharap Proses Hukum Tetap Berjalan
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan

CAKAPLAH TV lainnya ...
Minggu, 19 September 2021
Cegah Penyebaran Covid-19, Polsek Bunut Imbau Warga di Pasar Tetap Terapkan Prokes
Minggu, 19 September 2021
Hari Pertama, Polres Rohul Vaksin 3.895 Warga
Minggu, 19 September 2021
Antisipasi Aksi C3, Polsek Bandar Sei Kijang Patroli Objek Vital
Minggu, 19 September 2021
Polsubsektor Pelalawan Gencar Patroli untuk Cegah Aksi C3

Serantau lainnya ...
Senin, 20 September 2021
Kabar Gembira, Mulai Hari Ini Sudah Bisa Sarapan di Warung Koffie Batavia Lagi
Jumat, 17 September 2021
Cara Pakai Aplikasi PeduliLindungi untuk Masuk Bioskop
Jumat, 10 September 2021
Pemuda Pancasila Turunkan 22 Kadernya untuk Bantu Pemerintah Tangani Covid-19
Selasa, 07 September 2021
Binatang Kesepian di Jerman Pakai Aplikasi Kencan Tinder Temukan Pemilik Baru

Gaya Hidup lainnya ...
Rabu, 04 Agustus 2021
Sebelum Dilantik, ASN di Meranti Harus Mengikuti Psiotes
Kamis, 15 Juli 2021
BEM Se-Riau: Bank Riau Kepri Merupakan BUMD Paling Produktif Se-Riau
Kamis, 31 Desember 2020
Tutup Tahun 2020 BOB PT BSP Pertamina Hulu Tajak Sumur Migas
Jumat, 28 Agustus 2020
PGN Komitmen Bangun Infrastruktur Baru Untuk Mendorong Bauran Energi Nasional

Advertorial lainnya ...
Selasa, 07 September 2021
Apple Tunda Peluncuran Fitur Perlindungan Anak Gara-gara Ini...
Kamis, 26 Agustus 2021
Mau Investasi Kripto? Ini Kelebihan dan Kekurangan Bitcoin dan Ethereum yang Perlu Diketahui
Selasa, 17 Agustus 2021
PT CDI Siap Koneksikan Jaringan Internet Seluruh Kecamatan di Pelalawan
Jumat, 16 Juli 2021
Benarkah Dunia Butuh Dosis Ketiga Vaksin Covid-19?

Tekno dan Sains lainnya ...
Kamis, 26 Agustus 2021
Agar Paru-Paru Kuat saat Terserang Covid-19, Rajin Konsumsi 4 Bahan Makanan Ini
Jumat, 16 Juli 2021
Ayah Bunda, Ini 7 Inspirasi Nama Bayi Perempuan Bermakna Lembut
Kamis, 17 Juni 2021
Pentingnya Menjaga Pola Hidup Untuk Kesehatan Kulit, Begini Penjelasan dr Vee Clinic
Rabu, 05 Mei 2021
Kurang Minum Air Putih saat Berbuka Bisa Bikin Berat Badan Melonjak

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Sabtu, 18 September 2021
Fekonsos UIN Suska Riau Teken MoA dengan Fekon Unilak
Rabu, 15 September 2021
Inovatif, Mahasiswa KKN Unri Buat Handsanitizer Touchless untuk Masyarakat
Selasa, 14 September 2021
Tim PTDM UMRI Diseminasikan Dehydrator Betel Nut kepada Petani Desa Tanjung Alai Kampar
Senin, 13 September 2021
Mahasiswa Umri Ajarkan Pelaku UMKM Bencah Lesung Cara Packing dan Branding Produk

Kampus lainnya ...
Minggu, 09 Mei 2021
Ramadan Penuh Berkah, BRI Bagikan Bingkisan ke Panti Asuhan, Panti Werdha, Jurnalis dan Masyarakat
Jumat, 15 Mei 2020
BRI Salurkan Bantuan Rp 22,16 Miliar Hasil Donasi 62 Ribu Karyawan untuk Covid-19
Kamis, 23 April 2020
PT SRL dan Mitra Bagikan 17.500 Paket Sembako di Tiga Provinsi
Senin, 23 Maret 2020
PT Musim Mas Salurkan Bantuan Ternak Sapi untuk Kelompok Tani di Pelalawan

CSR lainnya ...

HUT TNI AL 10 September 2021 - DPRD Riau
Terpopuler

05

Kamis, 16 September 2021 23:38 WIB
PSPS Riau Tunjuk Jafri Sastra Sebagai Pelatih
HUT RI Ke-76 - APRIL
Foto
DPRD 1
DPRD 2
Jumat, 17 September 2021
Rizky Billar Jawab Isu Lesti Kejora Hamil Duluan, Muncul Isu Nikah Siri
Kamis, 26 Agustus 2021
Istri Buka Suara Soal Kabar Epy Kusnandar Pindah Agama
Jumat, 16 Juli 2021
Jedar Ungkap Pernah Dekat dengan Pria Ternyata Gay, Terbongkar Gara-gara...
Jumat, 02 Juli 2021
Dalang Kondang Ki Manteb Sudharsono Berpulang ke Rahmatullah

Selebriti lainnya ...
DPRD 3
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Permata
Kamis, 26 Agustus 2021
Ampuh Sembuhkan Penyakit, Ini Obat yang Dianjurkan Rasulullah
Selasa, 24 Agustus 2021
Rumah Yatim Salurkan Ratusan Paket Alquran dan Kitab ke Berbagai Ponpes di Pekanbaru dan Kampar Riau
Selasa, 27 Juli 2021
Sabah Ahmedi, Imam Termuda Inggris Lawan Stereotip Lewat Medsos
Jumat, 16 Juli 2021
Jangan Sampai Salah Beli, Berikut Syarat Hewan Kurban

Religi lainnya ...
PCR 3 Agustus 2021
Indeks Berita
HUT Riau 9 Agustus 2021 - SitiBhayangkara 2021 CAKAPLAHPelantikan Bupati Siak - Pemkab SiakUIR 2021HUT Pekanbaru ke-237Pelantikan Bupati Pelalawan Sukri - Nasarudin dari DPRDIdul Fitri 1442 BRKWaisak 26 Mei 2021 - APRILPesonna Hotel Januari 2021Diskes Rohul 2021
www www