Jumat, 19 April 2024

Breaking News

  • Catatan Banjir Terparah, Bupati Zukri: Ini Harus jadi Perhatian Pemerintah Pusat   ●   
  • Jalan Sudirman Ujung Tergenang Banjir, PUPR Riau Turunkan Ekskavator Amfibi Bersihkan Parit   ●   
  • Akibat Galian IPAL, Jalan Ahmad Dahlan dan Balam Ujung Pekanbaru Ambruk   ●   
  • Berhasrat Ikut Pilgub Riau, Syamsurizal Incar Septina jadi Wakil
Kelmi April 2024

CAKAP RAKYAT
Dibalik Covid-19; Antara Kesombongan dan Konspirasi
Jum'at, 20 Maret 2020 15:11 WIB
Dibalik Covid-19; Antara Kesombongan dan Konspirasi

BENAR atau tidaknya dugaan konspirasi dibalik penyebaran virus corona terkait perang dagang antara Amerika Serikat dan China, atau adanya upaya kelompok Negara kaya untuk selalu menekan Negara berkembang dan miskin, virus corona akan terus menyerang dan menyerang ke seluruh penjuru belahan dunia. Di balik konspirasi ekonomi politik kesehatan dunia, setidaknya virus corona ini ingin meluluh-lantakan kesombongan pemimpin-pemimpin bangsa yang pada akhirnya harus ditanggung oleh rakyat.

Kata Buya Hamka, penyebab orang menolak kebenaran adalah sombong. Keangkuhan dan kesombongan pemerintahan Xi Jinping menyebabkan banyak negara dunia tidak simpatik lagi. Cina seolah-olah menjadi musuh bersama banyak negara. Bahkan Henry Kissinger sebagaimana dilansir hidayatullah.com menyebutkan bahwa Cina berhasil dan sukses melawan keadidayaan Amerika Serikat. Mantan Sekretaris Negara Amerika Serikat ini mengatakan fantasi Amerika Serikat untuk mendominasi China sangat tidak realistis. Cina telah menang. Oleh karena itu, Amerika yang dulunya memiliki keunikan dan kekuatan terbesar sudah harus menerima kenyataan dan terbiasa dengan fakta bahwa mereka sekarang memiliki pesaing dengan kekuatan yang mungkin lebih dominan. Bahkan Henry mengatakan persaingan itu abadi.

Ulah kesombongan inilah yang pada akhirnya menyebebabkan negeri tirai bambu porak poranda hanya dengan virus yang berdiameter 20 nanometer dengan 1nm sama dengan 1 meter dikali 10 pangkat 9. Ukuran tersebut lebih kecil daripada bakteri. Virus corona yang muncul di Wuhan merebak begitu cepat hingga menelan korban jiwa. Akibatnya, transportasi di China lumpuh, bandara ditutup, ribuan orang antre di rumah sakit untuk mendapatkan obat, puluhan orang antri di apotik untuk membeli masker. Bahkan ada diantara warga di China yang berkelahi hanya untuk berebut membeli masker.

Menurut catatan Johns Hopkins CSSE, pada tanggal 29 Februari 2020 yang terjangkit virus ini juga semakin bertambah yaitu 85.146 kasus di seluruh dunia. Dilansir CNBC Indonesia Per Rabu (11/3/2020) pagi, menurut Johns Hopkins CSSE jumlah total korban terinfeksi corona meningkat yang mencapai 118.582 di seluruh dunia, dengan korban meninggal sebanyak 4.262 orang. Dari total itu, sekitar 81.000 kasus terpusat di China,. Kondisi ini menyebabkan lumpuhnya semua sektor, khususnya ekonomi global.

Serangan virus corona tidak saja meluluh-lantakkan kondisi jiwa manusia saja, akan tetapi sektor ekonomi global juga mengalami keterpurukan yang begitu buruk terhitung sejak krisis keuangan global. Seperti dikutip dari kompas.com yang dilansir CNBC menyebutkan bahwa pertumbuhan ekonomi global diproyeksikan melambat menjadi 2,8 persen pada tahun 2020. Menurut Bank of Amerca Clobal Research, kondisi ini adalah pertama kalinya sejak krisis keuangan global pada 2008-2009, dimana pertumbuhan ekonomi dunia tidak sampai pada angka 3 persen. Pemberat utamanya adalah wabah virus corona yang memukul aktivitas ekonomi di China sejalan dengan menyebarnya virus tersebut.

Kini, Covid-19 tidak saja menyebar di wilayah China, Italia, Iran dan beberapa negara lainnya, akan tetapi virus ini juga sudah mulai menyebar ke beberapa kawasan lainnya seperti Malaysia dan Singapura, termasuk Indonesia. Di awal munculnya virus corona di beberapa negara, para pengambil kebijakan di Indonesia hanya bisa berseloroh terhadap kondisi di Negara lain. Ada yang mengatakan rakyat Indonesia itu sudah kebal dengan virus, ada yang mengatakan virus itu biasa-biasa saja, ada juga yang menganjurkan agar rakyat Indonesia banyak-banyak minum jamu agar daya tahan tubuh lebih kuat, dan berbagai pernyataan lainnya. Lebih parahnya lagi, terdapat beberapa individu di negeri Pancasila ini yang terkesan mengolok-olokkan penyebaran virus ini dengan membuat status dan meme di media sosial yang terkesan mengejek dan lucu-lucuan. Alhasil, kini Indonesia menjadi bagian dari serangan virus corona.  

Ini membuktikan bahwa, mulai dari pemimpinnya hingga rakyatnya menunjukkan sikap yang tidak bijak terhadap penyebaran virus ini. Sebagian masyarakat Indonesia menganggap Covid-19 itu bisa diatasi dengan mudah. Bahkan, fenomena ini dijadikan alat kepentingan politik untuk saling salah menyalahkan dan saling sudut menyudutkan dalam mengambil kebijakan penanganan Covid-19. Parahnya lagi masih ada saja elit-elit politik mencantolkan politik identitas terhadap fenomena ini. Padahal, virus yang mematikan ini akan terus menyerang, menyerang dan pada akhirnya menelan korban jiwa. Ini terbukti dengan meningkatnya jumlah penderita positif corona setiap hari di Indonesia yang mencapai 309 jiwa. Hingga Jumat, 20 Maret 2020 pukul 13.00, detik.com melansir bahwa jumlah korban meninggal akibat COVID-19 yang disebabkan virus corona di Indonesia berjumlah 309 orang termasuk yang sudah sembuh dan yang meninggal berjumlah 31 orang. Sementara itu, WNI yang berada di luar negeri dan berstatus positif mengidap Covid 19 di 8 negara berjumlah 48 orang. Dari 48 orang tersebut, 10 diantaranya sembuh.

Kita harus belajar model penanganan virus flu burung H5N1 yang dilakukan mantan Menteri Kesehatan RI, Dr. dr. Siti Fadilah Supari, Sp.Jp (K) dalam bukunya berjudul Tangan Tuhan Dibalik Virus Flu Burung.  Siti Fadilah mencatat bahwa sebagai penyakit menular yang baru, virus H5N1 yang mematikan ini bukan hanya mengancam keselamatan jiwa Rakyat Indonesia, bahkan mengancam keselamatan kehidupan umat manusia di dunia. Beberapa tahapan yang beliau lakukan pada saat itu diantaranya adalah memberikan pemahaman kepada masyarakat dan mengajak untuk bersatu menanggulangi virus flu burung dengan sikap disiplin dan bertindak cepat guna mencari jalan keluar. Kemudian memberikan tindakan medis yang cepat dan tepat terhadap korban agar dapat sembuh dan terhindar dari kematian. Tidak hanya itu saja, Siti Fadilah juga mengajak para ilmuan di bidang kesehatan untuk terus bangkit lebih inovatif mencari temuan-temuan baru berupa peralatan vaksin dan obat-obatan untuk menghadapi ancaman yang lebih besar dalam upaya membuat rapid detection kit (alat pemeriksa cepat), obat oseltamivir dan vaksin Flu Burung strain Indonesia.

Tidak sampai disitu saja, Siti Fadilah juga menegaskan bahwa persoalan penanganan virus flu burung lebih jauh menuntut ketegasan komitmen kita untuk selalu menjaga Kedaulatan Bangsa dan Negara Republik Indonesia. Sesuatu yang sangat di luar dugaan banyak orang, ternyata WHO CC di luar sepengetahuan Indonesia -memberikan sampel virus Flu Burung strain Indonesia pada beberapa perusahaan di negara maju. Kemudian mereka mengembangkannya menjadi vaksin dan dijual secara komersial dengan harga mahal kepada Negara miskin dan berkembang.  Dalam catatannya, Siti Fadilah menyebutkan bahwa berbagai konspirasi negara-negara maju terhadap negara-negara miskin dan berkembang, satu persatu terbongkar. Selama 50 tahun, sistem pengorganisasian kesehatan dunia berlangsung sangat eksploitatif. Dikuasai oleh kehendak-kehendak yang tidak manusiawi. Didasari ketamakan penumpukan kapital dan nafsu untuk menguasai dunia.

Oleh karena itu, terdapat beberapa langkah strategis yang harus menjadi perhatian bagi masyarakat dan stakeholder terkait penanggulangan covid 19, yaitu; pertama, memberikan literasi kesehatan sejak dini kepada masyarakat akan bahaya covid 19 dan mengajak untuk bersatu menanggulangi virus tersebut dengan pola hidup bersih dan sehat. Kedua, memberikan tindakan medis yang cepat dan tepat terhadap korban agar dapat sembuh dan terhindar dari kematian. Ketiga, memberikan kesempatan kepada para ilmuan untuk berinovasi dalam pencegahan dan penemuan vaksin dan obat-obatan untuk menghadapi ancaman yang lebih besar. *** 

Penulis : Dr. Aidil Haris, S.Sos., M.Si, Dosen Tetap Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Riau
Editor : Jef Syahrul
Kategori : Cakap Rakyat
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Selasa, 07 Februari 2023 12:12 WIB
Kesejahteraan Pekerja dan Martabat Bangsa
Senin, 06 Maret 2023 09:43 WIB
Kebijakan Untuk Digugu Dan Ditiru
Rabu, 28 Desember 2022 10:22 WIB
Regulasi Mengatasi Penyimpangan
Kamis, 23 Februari 2023 08:02 WIB
Investasi Paling Untung Itu SDM
Senin, 07 November 2022 10:01 WIB
Pariwisata Memperkuat Budaya
Sabtu, 11 Maret 2023 08:40 WIB
Wanita Dan Daya Saing Bangsa
Selasa, 29 November 2022 11:31 WIB
Korpri Dan Misi Mulia Bagi Negeri
Selasa, 20 Desember 2022 17:48 WIB
Kesetiakawanan Butuh Keteladanan
Kamis, 12 Januari 2023 08:38 WIB
Nasibmu Wahai Buruh Dan Pekerja
Minggu, 12 Februari 2023 19:23 WIB
Pers Dan Peran Mendidik Bangsa
Rabu, 25 Januari 2023 08:01 WIB
Tekad Ekstrem Atasi Kemiskinan
Senin, 09 Januari 2023 08:03 WIB
Pelayanan Adalah Pondasi
Jum'at, 20 Januari 2023 08:02 WIB
Budaya Sarana Memajukan Bangsa
Rabu, 23 November 2022 12:01 WIB
Permenaker 18, PHP?
Jum'at, 03 Februari 2023 08:16 WIB
Riau Dan Cita Destinasi Medis
Sabtu, 31 Desember 2022 15:07 WIB
2023 dan Asa Lebih Baik
Senin, 30 Januari 2023 08:04 WIB
Kearifan Lokal Solusi Persoalan Gizi
Senin, 21 November 2022 08:31 WIB
Anak Aset Bangsa
Selasa, 28 Februari 2023 10:09 WIB
Insiden Kerja, Sampai Kapan?
Kamis, 23 Maret 2023 08:03 WIB
Ramadhan Bulan Produktif
Sabtu, 24 Desember 2022 08:01 WIB
Walau Anomali, Selamat Argentina! Indonesia?
Senin, 16 Januari 2023 08:02 WIB
Pentingnya Pengawasan
Senin, 20 Maret 2023 08:01 WIB
Riau Yang Tak Berdaya
Kamis, 02 Februari 2023 13:04 WIB
Tahun Politik dan Siklus Perubahan Bangsa
Rabu, 15 Maret 2023 10:07 WIB
Perjuangkan Hak Honorer!
Senin, 27 Februari 2023 11:22 WIB
Demokrasi Dibajak Oligarki
Jum'at, 03 Maret 2023 08:20 WIB
Menjaga Kedaulatan Negara
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Jumat, 29 September 2023
Komisi II Usul Kementerian ATR/BPN dan KLHK Kolaborasi Selesaikan Redistribusi Tanah
Jumat, 29 September 2023
Setjen DPR Berikan Perhatian Terhadap Pensiunan Melalui P3S
Kamis, 28 September 2023
TikTok Shop Cs Dilarang, Ketua DPR Berharap Aturan Baru Ciptakan Keseimbangan Pasar Digital dan Konvensional
Kamis, 21 September 2023
Ancaman DBD Meningkat, Puan Dorong Sosialisasi Masif Tekan Risiko Kematian

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 07 November 2023
Riau Terima Penghargaan Bhumandala Award 2023
Senin, 12 Desember 2022
Kapolda Riau Resmikan Kantor Pelayanan Terpadu Polres Rohil di Bagansiapiapi
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'

CAKAPLAH TV lainnya ...
Jumat, 19 April 2024
Rahmansyah Bacawako Pekanbaru Gelar Halal Bihalal Bersama Masyarakat dan Tokoh
Selasa, 16 April 2024
Kapolres Pelalawan Turun Langsung Cek Rumah Warga yang Ditinggal Mudik
Selasa, 16 April 2024
Pembenahan di Pelabuhan RoRo Bengkalis Berdampak Positif ke Pelayanan dan Antrean
Selasa, 16 April 2024
Plt Bupati Asmar Hadiri Halalbihalal di Desa Mengkirau

Serantau lainnya ...
Minggu, 07 April 2024
Pererat Silaturahmi, Siwo PWI Riau Gelar Buka Bersama BJB dan PSSI
Kamis, 04 April 2024
5 Ide Resep Masakan Pakai Rice Cooker, Cocok untuk Anak Kos!
Kamis, 04 April 2024
Rekomendasi Fashion Wanita Zaman Sekarang
Jumat, 29 Maret 2024
Pengusaha Wanita di Riau Bagi-bagi Takjil Gratis kepada Pengguna Jalan

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 02 Maret 2023
Wadah Menyalurkan Bakat, Ketua DPRD Riau Yulisman Hadiri Festival Musik Akustik di SMA Negeri 1 Pasir Penyu Inhu
Rabu, 01 Maret 2023
Rapat Paripurna, DPRD Provinsi Riau Umumkan Reses Masa Persidangan I Tahun 2023
Selasa, 28 Februari 2023
Kunjungi Kemendikbud, Komisi V DPRD Riau Bahas Persoalan PPDB
Kamis, 23 Februari 2023
Disdik Gelar Pelatihan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru SD Se-Kota Pekanbaru

Advertorial lainnya ...
Kamis, 29 Februari 2024
Telkomsel dan ZTE Wujudkan Pengalaman Gigabit yang Andal dan Efisien
Selasa, 20 Februari 2024
Samsung Hadirkan Galaxy S24 Series dengan Kecerdasan Software Canggih
Jumat, 09 Februari 2024
Apple Kembangkan 2 Prototipe iPhone Lipat Bergaya Flip
Kamis, 01 Februari 2024
Samsung Buka-bukaan Soal Keunggulan Exynos 2400 di Galaxy S24 dan S24+

Tekno dan Sains lainnya ...
Kamis, 18 April 2024
Ini Dia Manfaat Merawat Gigi, Yuk, Kunjungi Klinik Gigi Terdekat Sekarang!
Kamis, 22 Februari 2024
Pemula di Dunia Yoga? Inilah Panduan Cara Memilih Matras Yoga yang Tepat
Sabtu, 27 Januari 2024
Cegah Resistensi, Gunakan Obat Antibiotik dengan Bijak
Senin, 15 Januari 2024
14 Persiapan Penting Awal Kehamilan untuk Calon Ibunda dan Buah Hati

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Sabtu, 06 April 2024
Rangkaian Ramadan Ceria Umri Berakhir, 5.000 Orang Terima Manfaat
Selasa, 26 Maret 2024
BPH UMRI Gelar Lomba Ibadah Praktis Sesuai Tuntunan HPT
Senin, 25 Maret 2024
Berhadiah Umrah dan Beasiswa, Umri Gelar Lomba Tahfidz Alquran
Kamis, 21 Maret 2024
UPT Promosi dan Penerimaan Mahasiswa Baru UMRI Taja Ifthor Jama’i

Kampus lainnya ...
Rabu, 03 Mei 2023
Kompilasi Semarak Silaturahmi Satu HATI, CDN Bangkinang Santuni Anak Yatim
Rabu, 05 April 2023
Safari Ramadan, PT Musim Mas Salurkan Paket Sembako untuk Anak Yatim dan Fakir Miskin
Selasa, 04 April 2023
Telkomsel Siaga Rafi Sumbagteng Salurkan CSR untuk Panti Jompo bersama Dompet Dhuafa Riau
Jumat, 03 Maret 2023
Tingkatkan Kesehatan dan Budaya Lokal, Bank Mandiri Serahkan Bantuan ke Posyandu dan Grup Rebana

CSR lainnya ...
Jumat, 09 Februari 2024
Lika-liku 7 Perjalanan Asmara Ayu Ting Ting hingga Tunangan dengan Anggota TNI
Minggu, 28 Januari 2024
Huh Yunjin Bak Sehati Dengan Han So Hee Kala Cuma Pakai Dalaman Di Trailer LE SSERAFIM
Sabtu, 27 Januari 2024
Gigi Hadid dan Bradley Cooper Tak Sungkan Perlihatkan Kemesraan
Rabu, 24 Januari 2024
Park Ji-hyun Ungkap Persiapan Membinangi Drama Terbarunya

Selebriti lainnya ...

Mutiara Merdeka Hotel - April 2024
Terpopuler
Iklan CAKAPLAH
Foto
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Senin, 14 Agustus 2023
Pengurus Masjid Nurul Ikhlas Kubang Minta Tunjuk Ajar ke Wagubri
Sabtu, 12 Agustus 2023
Gebyar Kandis Bersholawat Bakal Dihadiri Ribuan Jemaah NU
Senin, 31 Juli 2023
Mualaf Riau Butuh Pembinaan, Begini Caranya...
Sabtu, 29 Juli 2023
Mantan Wawako Pekanbaru, Ayat Cahyadi Turut Saksikan Pengukuhan Pengurus Masjid Al-Hamidah Rejosari

Religi lainnya ...
Rabu, 13 Maret 2024
Kepala BKPSDM Pekanbaru Harapkan Kinerja ASN Maksimal Selama Bulan Ramadan
Jumat, 08 Maret 2024
Pemko Pekanbaru Sudah Tetapkan Jam Kerja ASN Selama Ramadan 1445 H
Rabu, 28 Februari 2024
Pemko Pekanbaru Masih Tunggu Juknis Pusat Terkait Seleksi CPNS dan PPPK
Selasa, 27 Februari 2024
Kepala BKPSDM Dampingi Pj Walikota Terima Penghargaan Anugerah Kualitas Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Tahun 2023

Galeri Foto lainnya ...
Indeks Berita
www www