Selasa, 11 Mei 2021

Breaking News

  • Truck Terguling di Jalan Sudirman Pekanbaru   ●   
  • Jalan Arifin Achmad menuju Jalan Soekarno Hatta terjadi kemacetan parah, Jumat (26/3/2021) malam, pukul 20.00 wib, akibat banjir paska hujan deras.   ●   
  • Penembakan Kembali Terjadi di Pekanbaru, DPRD Minta Polisi Rutin Tes Psikologi   ●   
  • Kepala BPKAD Kuansing Tidak Penuhi Panggilan Jaksa   ●   
  • Kabar Baik, Tunjangan ASN Pemprov Riau segera Cair   ●   
  • Dukung Vaksinasi Covid-19, Pemprov Riau Refocussing Anggaran DAU 8 Persen   ●   
  • Zukri-Nasarudin Ditetapkan Sebagai Bupati dan Wakil Pelalawan Terpilih   ●   
  • Dewan Dukung Polisi Periksa Kadis DLHK Soal Tumpukan Sampah   ●   
  • Nunggak PBB di Pekanbaru Rumah Ditempel Stiker   ●   
  • Fraksi PKS DPRD Pekanbaru Siap Potong Gaji untuk Korban Bencana Alam
Yamaha 7 Mei 2021
Polling
Kasus penyebaran Covid-19 di provinsi Riau terus meroket. Kini sudah menyentuh angka 46.047 Orang. Bahkan, angka kematian mencapai 1.133 jiwa. Menurut Anda, bagaimana upaya Pemprov Riau menekan penyebaran Covid-19?


Bupati Kampar Sebut Ocu Mapan Gerakan Nyata Wujudkan Ketahanan Pangan
Kamis, 11 Juni 2020 15:20 WIB
Bupati Kampar Sebut Ocu Mapan Gerakan Nyata Wujudkan Ketahanan Pangan

BANGKINANG (CAKAPLAH) - Sebuah terobosan brilian kembali dilakukan Pemerintah Kabupaten Kampar dalam menggerakkan masyarakat secara bersama-sama untuk memenuhi kebutuhan pangan dengan memanfaatkan lahan pekarangan dan lahan tidur. Gerakan itu dinamakan Ocu Mapan yang merupakan singkatan dari Optimalisasi Cara Untuk Mandiri Pangan.

Pencanangan Gerakan Ocu Mapan dilakukan Bupati Kampar H Catur Sugeng Susanto di sebuah pekarangan milik warga yang dimanfaatkan oleh Kelompok Tani Wanita (KTW) Melati di Kelurahan Langgini, Kecamatan Bangkinang Kota, Kamis (11/6/2020).

Pencanangan ini dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Kampar M Faisal, sejumlah Forkopimda Kampar dan perwakilan, Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar H Yusri, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kampar Cokroaminoto, sejumlah Kepala OPD Kampar, perwakilan dari Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Riau, perwakilan dari Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Riau, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kampar Hj Muslimawati, sejumlah kepala perbankan, pengurus KTNA Kampar, Kepala Bulog Cabang Kampar, camat dan Ketua TP PKK kecamatan se-Kabupaten Kampar, sejumlah kepala desa, kelompok tani, Ketua KTW Melati Langgini dan Lurah Langgini Riska Jonita.

Bupati Kampar H Catur Sugeng Susanto menyampaikan, Gerakan Ocu Mapan yang namanya diambil dari panggilan khas kepada kaum laki-laki di Kabupaten Kampar merupakan suatu kearifan lokal dari Kampar sehingga program ini mudah diingat dan dikenali.

Catur mengatakan, Gerakan Ocu Mapan dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan pada umumnya dan kebutuhan pangan dan gizi para keluarga khususnya. Program ini juga mendukung pengendalian inflasi. Dengan adanya program unggulan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) yang telah dibentuk beberapa waktu lalu dan dijalankan dengan serius bisa meraih penghargaan atau TPID award maupun penghargaan yang diberikan oleh PKK.

Catur menambahkan, Ocu Mapan tentunya untuk dapat memberikan kepastian kepada masyarakat apalagi ditengah pandemi Covid-19.

"Dengan kreatifitas dan inovasi yang ada, kita semua dapat memanfaatkan pekarangan yang belum dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan pangan," terang Catur.

Mantan anggota DPRD Kabupaten Kampar dua periode ini menyebutkan, kegiatan ini akan dikembangkan sampai tingkat kecamatan dan desa. "Saya minta ke camat agar diberi atensi ke program ini," ulasnya.

Dengan adanya program ini tak ada lagi masyarakat yang kekurangan pangan. "Paling tidak setiap KK yang memiliki lahan pekarangan atau yang tidak memiliki lahan dengan inovasi penanaman di polybag bisa tingkatkan ketahanan pangan keluarga," bebernya.

"Ini keinginan dan tekad kita bersama. Kita harus bersungguh-sungguh. Kita tak tahu sampai kapan pandemi Covid-19 ini berakhir," ulasnya.

Dalam wawancara dengan wartawan Catur Sugeng Susanto menyampaikan gerakan ini merupakan salah satu bentuk perhatian pemerintah daerah melalui Dinas Ketahanan Pangan. Lahan pekarangan dan lahan tidur kiranya dapat diberdayakan oleh masyarakat untuk ditanam tanaman yang dapat dikonsumsi sehari-hari para keluarga seperti tanaman sayur-sayuran dan dimanfaatkan untuk peternakan seperti beternak bahkan perikanan jika lahan masih tersedia. Paling tidak bisa memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari keluarga.

"Langsung aplikasinya di lapangan. Kita terus dorong terbentuknya kelompok tani dan kelompok wanita. Untuk pendampingan budidaya ini Pemda memberikan langsung kebutuhan seperti bibit ayam, sayuran, cabe dan lainnya," tuturnya.

Ketika ditanyakan anggaran, Bupati menyebutkan bahwa Pemkab sudah menyediakan anggaran dan anggaran juga diharapkan dari APBD Riau dan APBN. "Ini program selaras sejalan dengan pemerintah pusat," terang Catur. Ia minta camat dan kades terus mendorong dan memfungsikan lahan tidur.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kampar Cokroaminoto dalam laporannya menyampaikan, istilah Ocu Mapan diambil dari istilah, dari bahasa ocu. "Dimana itu sebutan panggilan masyarakat Kampar. Mapan adalah kondisi keadaan bisa memenuhi kebutuhan hidup secara mandiri," terang Cokro.

Optimalisasi cara untuk mandiri pangan dengan pengertian mengoptimalkan lahan- lahan pekarangan, lahan sekitar pekarangan, lahan tidur, lahan di sela-sela perkebunan dan sawah dan lainnya.

Selanjutnya optimasliasi kinerja sumber daya alam dan sumber daya manusia, aparatur, mulai RT, RW, kepala dusun, kepala desa, PPL, PPL, camat dan kepala dinas teknis terkait.

Ia menambahkan, program ini bersinergi dengan PKK kabupaten, kecamatan dan desa serta penyuluh. "Sesuai komitmen BPTP Riau Ibu Salawati, Ocu Mapan akan mendapat pendampingan teknologi BPTP Riau dan merek akan memberikan bibit pepaya, kubis dan bunga kol," kata Cokro.

Cokro berharap semua stake holder terkait dapat memberikan kontribusi mendukung gerakan Ocu Mapan termasuk meningkatkan alokasi anggaran mulai dari dana desa. Pihaknya akan terus berjuang merebut APBD Riau dan dana dari Kementerian terkait dan tidak kalah penting melalui penyuluhan sosialiasi dan pembinaan sehingga dapat dilaksanakan secara swadaya.

Setelah pencanangan ini Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kampar berharap dapat dibantu tim sekretariat pelaksana gerakan Ocu Mapan melalui koordinasi dibawah koordinasi Sekda dan instansi terkait, asisten ekonomi, Kepala Bagian SDA, camat, lurah dan kades dan target realisasi terukur.

Dari pantauan, dalam kegiatan pencanangan ini juga diserahkan bantuan untuk gerakan Ocu Mapan secara simbolis yang dibagikan Bupati Kampar, Ketua DPRD, Ketua TP PKK Kampar. Selanjutnya dilakukan pembukaan selubung papan nama Pencanangan Gerakan Ocu Mapan oleh Bupati Kampar dan selubung papan nama Kelompok Tani Wanita Melati Kelurahan Langgini oleh Ketua TP PKK Kampar Hj Muslimawati.

Selanjutnya Bupati Kampar didampingi Ketua DPRD Kampar M. Faisal menaburkan bibit tanaman bayam. Di lokasi yang merupakan pekarangan warga itu juga ditanam sejumlah bibit seperti kangkung, cabe dan tanaman obat keluarga. Bupati dan rombongan juga melihat kandang ayam dan rumah bibit KWT Melati di pekarangan warga ini serta meninjau sekaligus membeli hasil pertanian warga.

Penulis : Akhir Yani
Editor : Jef Syahrul
Kategori : Pemerintahan, Kabupaten Kampar
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Polling
Kasus penyebaran Covid-19 di provinsi Riau terus meroket. Kini sudah menyentuh angka 46.047 Orang. Bahkan, angka kematian mencapai 1.133 jiwa. Menurut Anda, bagaimana upaya Pemprov Riau menekan penyebaran Covid-19?

Berita Terkait
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Senin, 10 Mei 2021
Sikapi Kekerasan Terhadap Umat Islam oleh Israel, PPP: Jangan Lagi Berpikir Jalin Hubungan Diplomatik dengan Israel
Senin, 10 Mei 2021
Sikapi Kekerasan Terhadap Umat Islam Palestina, PPP: Jangan Lagi Berpikir Ada Hubungan Diplomatik Dengan Israel
Kamis, 06 Mei 2021
MPR Harapkan Pandangan dari Kalangan Perguruan Tinggi Untuk Hidupkan Kembali GBHN
Rabu, 05 Mei 2021
Bamsoet: Perkuat Kemitraan antara Perusahaan, Pemerintah, dan Masyarakat Melalui CSR

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Senin, 12 April 2021
Terapkan Digitalisasi, Operasi PT CPI Makin Kompetitif
AMSI
Topik
Jumat, 07 Mei 2021
Dugaan Penggelapan Jual Beli Tanah, Rico Berharap Proses Hukum Tetap Berjalan
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan

CAKAPLAH TV lainnya ...
Senin, 10 Mei 2021
Cegah Penyebaran Covid-19, Polsek Teluk Meranti Pantau Penerapan Prokes
Senin, 10 Mei 2021
Polsek Pangkalan Kerinci Gelar Rapat Anev Penanganan Covid-19
Senin, 10 Mei 2021
Dinsos Bengkalis Salurkan BPNT Otonom ke 12.542 KPM
Senin, 10 Mei 2021
Solusi Larangan Mudik, Kapolsek Kerumutan Sediakan Fasilitas Lebaran Digital

Serantau lainnya ...
Rabu, 05 Mei 2021
7 Cara Gampang Agar Lebih Mudah Bangun untuk Sahur
Selasa, 04 Mei 2021
Go Nasional, Fajar Cosmetic Akan Buka Cabang di Jakarta
Kamis, 29 April 2021
Punya Legalitas, Pekerja Musik di Bawah Naungan SPMI Difasilitasi BPJS
Senin, 26 April 2021
Jalin Silaturahmi, Klinik Kecantikan dr Vee Pekanbaru Gelar Buka Puasa Bersama Brand Ambassador

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 31 Desember 2020
Tutup Tahun 2020 BOB PT BSP Pertamina Hulu Tajak Sumur Migas
Jumat, 28 Agustus 2020
PGN Komitmen Bangun Infrastruktur Baru Untuk Mendorong Bauran Energi Nasional
Jumat, 28 Agustus 2020
Jaga Ketahanan Listrik di Batam, PGN dan PT Energi Listrik Batam (ELB) Teken Perjanjian Jual Beli Gas
Senin, 17 Agustus 2020
Promo Merdeka 17 LSP, Program PGN Gratis Isi Gas kepada Pelanggan GasKu

Advertorial lainnya ...
Minggu, 09 Mei 2021
5 Smartphone Terbaru dari Oppo Tahun 2021
Senin, 03 Mei 2021
Aturan Privasi Baru WhatsApp Berlaku Kurang dari 2 Pekan Lagi
Kamis, 29 April 2021
Dua Minggu Lagi WhatsApp akan Blokir Kamu
Selasa, 13 April 2021
Bukan Mimpi Lagi, Ini 2 Mobil Terbang yang sudah Dapat Izin Mengudara

Tekno dan Sains lainnya ...
Rabu, 05 Mei 2021
Kurang Minum Air Putih saat Berbuka Bisa Bikin Berat Badan Melonjak
Selasa, 13 April 2021
Tips Sehat saat Puasa: Olahraga Ringan dan Penuhi Nutrisi
Senin, 18 Januari 2021
Terlalu Lama Pakai Masker Sebabkan Mata Kering, Ini Cara Mencegahnya
Rabu, 06 Januari 2021
Jembatan Siak IV Kerap Jadi Titik Kumpul Pesepeda di Pekanbaru

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Selasa, 04 Mei 2021
Mahasiswa Unilak Lolos Hibah Program KBMI Dikti Tingkat Nasional
Minggu, 02 Mei 2021
BEMNUS dan BEMSI Gelar Aksi Seribu Lilin di Pekanbaru, Bacakan 6 Tuntutan
Jumat, 30 April 2021
Menampilkan Karya Ilmiyah Mahasiswa dan Alumni, Tadarus Ramadhan Seri ke-2 PSGA UIN Suska Riau Tuai Pujian
Kamis, 29 April 2021
GMI Sukses Gelar Webinar Pemuda dalam Menangkal Paham Radikal

Kampus lainnya ...
Minggu, 09 Mei 2021
Ramadan Penuh Berkah, BRI Bagikan Bingkisan ke Panti Asuhan, Panti Werdha, Jurnalis dan Masyarakat
Jumat, 15 Mei 2020
BRI Salurkan Bantuan Rp 22,16 Miliar Hasil Donasi 62 Ribu Karyawan untuk Covid-19
Kamis, 23 April 2020
PT SRL dan Mitra Bagikan 17.500 Paket Sembako di Tiga Provinsi
Senin, 23 Maret 2020
PT Musim Mas Salurkan Bantuan Ternak Sapi untuk Kelompok Tani di Pelalawan

CSR lainnya ...
Polling
Kasus penyebaran Covid-19 di provinsi Riau terus meroket. Kini sudah menyentuh angka 46.047 Orang. Bahkan, angka kematian mencapai 1.133 jiwa. Menurut Anda, bagaimana upaya Pemprov Riau menekan penyebaran Covid-19?


Idul Fitri 1442 BRK
Terpopuler
SPR Idul Fitri 1442 H
Foto
Pelantikan Bupati Pelalawan Sukri - Nasarudin
Pelantikan Bupati Pelalawan Sukri - Nasarudin dari DPRD
Kamis, 29 April 2021
7 Artis Indonesia dengan Bayaran Selangit
Selasa, 13 April 2021
Diungkap Sahabat, Billy Sering Bengong Sulit Lupakan Pesona Amanda Manopo
Rabu, 31 Maret 2021
Aa Gym Cabut Gugatan Cerai ke Teh Ninih
Jumat, 19 Maret 2021
Diduga Terlibat Perdagangan Anak sebagai PSK, Artis Cynthiara Alona Terancam 10 Tahun Penjara

Selebriti lainnya ...
PKB Kampar - Catur Sugeng
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Pelantikan Bupati Pelalawan Sukri - Nasarudin Centronet Data Indonesia
Jumat, 07 Mei 2021
Rilis Lagu Bertema 'Tak Mudik', Azwa Nasyid dan Azam Voice Bikin Sedih Hilang
Rabu, 05 Mei 2021
4 Golongan Manusia Mendapat Kebahagian dan Kesengsaraan
Jumat, 30 April 2021
Musala RSUD Selasih Pangkalan Kerinci Berubah Menjadi Masjid
Selasa, 13 April 2021
Fatwa MUI Perbolehkan Buka Puasa Bersama

Religi lainnya ...
Ucapan Ramadan Syahrul Aidi
Indeks Berita
Pesonna Hotel Januari 2021Diskes Rohul 2021Ucapan RamadanAPRIL/RAPP - ImlekNyepi 14 Maret 2021 - APRIL RAPPHUT Kampar 2021 - APRIL-RAPP
www www